Panduan Lengkap Cara Membuat Website
access_time
hourglass_empty
person_outline

Panduan Lengkap Cara Membuat Website

Salah satu topik yang paling banyak dicari oleh mereka yang baru mengenal website adalah cara membuat website. Hal ini tak lepas dari fungsi website sebagai fondasi untuk bisnis, portofolio, aplikasi, dan berbagai proyek online lainnya. Karena itulah, sangat penting bagi Anda, bahkan siapa pun, untuk membuat rencana yang matang serta mempelajari berbagai opsi pembuatan website yang tersedia.

Di tutorial ini, kami akan membahas cara membuat website sendiri dengan menggunakan:

  • Sistem manajemen konten (CMS)
  • Script e-commerce
  • Website builder

Setiap cara yang akan kami bahas di tutorial ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Alih-alih menjabarkan semuanya, kami akan berfokus pada aspek-aspek penting yang dibutuhkan dalam pembuatan website. Kami ingin agar Anda lebih mudah dalam mengambil keputusan.

Penawaran spesial! Beli hosting sekarang dan Anda hanya perlu membayar Rp.8.900/bulan.

Beli Hosting

1. Menentukan Ide Website

Cara membuat website - Menentukan Ide

Menentukan ide dan topik adalah hal paling pertama yang harus Anda lakukan sebelum membuat dan mengonlinekan website. Browsing di internet dan Anda bisa menemukan puluhan hingga ratusan ide di sana. Percayalah, dengan eksekusi yang tepat, ide dan topik website bisa berpotensi menghasilkan banyak uang.

Mulailah dengan menentukan tujuan dan kegunaan website. Berikut beberapa tipe website yang paling banyak dibuat orang:

  1. Website e-commerce. Toko online adalah salah satu jenis situs yang paling banyak dikunjungi saat ini. Dengan semakin populernya metode drop shipping, semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk membangun bisnis online, yang tentunya bisa dijadikan peluang usaha utama atau sampingan. Di situs e-commerce, Anda diperbolehkan menjual berbagai barang, baik digital maupun fisik, ke sejumlah audiens di seluruh dunia (metode yang, sayangnya, tidak bisa dilakukan oleh toko fisik).
  2. Blog. Sebagian besar blogger mengawali perjalanan online mereka dari nol. Mereka pasti pernah mengetikkan kata kunci cara membuat blog di mesin pencari. Blog dapat mencakup berbagai jenis topik, misalnya untuk kegiatan bisnis (afiliasi, review, niche blog) atau yang mengulas tentang hobi dan aktivitas (traveling, makanan, musik, dan buku).
  3. Website edukasi. Punya kemampuan di bidang tertentu? Kenapa tidak mencoba untuk membuat kursus online atau website yang menawarkan layanan keanggotaan? Apabila Anda gemar mengembangkan diri di hobi atau bidang tertentu, tak ada salahnya untuk membuat website edukasi. Dengan adanya website ini, tak hanya membagikan informasi, Anda juga bisa melatih diri sendiri agar semakin ahli pada bidang tersebut.
  4. Website berita. Di era yang hampir semuanya serba online ini, membuat situs berita semakin mudah. Mengapa? Hal ini dikarenakan banyak orang yang mencari berita dan informasi melalui berbagai sumber. Jika Anda suka berbagi kisah yang menggugah atau mencengangkan, membuat situs berita online layak untuk dicoba. Penyampaian informasi dan pesan pun menjadi lebih mudah.
  5. Komunitas online. Jumlah komunitas online yang setiap saat semakin meningkat seolah-olah memberi tanda bahwa sekaranglah waktunya untuk membuat dan mengelola komunitas di internet. Semakin cepat Anda mendirikan komunitas online, semakin banyak jumlah audiens yang terkumpul.
  6. Portofolio. Agar keberadaan Anda di dunia internet semakin dilirik, janganlah ragu untuk menunjukkan kemampuan dan kelebihan yang dimiliki. Buatlah situs portofolio dan coba peruntungan Anda dalam memperoleh panggilan kerja dan wawancara, mengikuti lomba atau kompetisi, dan tawaran bisnis.

Setelah tahu website seperti apa yang ingin dibuat, pemilihan hosting dan platform untuk mengonlinekan website akan menjadi lebih mudah.

2. Register Nama Domain

Register nama domain

Sebelum membahas cara membuat web, pikirkanlah terlebih dulu nama yang unik dan catchy untuk website Anda.

Berikut lima langkah untuk membuat nama domain:

  1. Lakukan brainstorming pada nama-nama website yang berpotensi.
  2. Gunakan tool cek domain.
  3. Ketik atau masukkan nama domain yang diinginkan di tool pencari.
  4. Pilih nama domain terbaik.
  5. Selesaikan order dan segera registrasikan domain yang dibeli.

Nama domain tersedia

Mencari nama domain yang tepat untuk website mungkin tidak mudah. Berikut kami berikan beberapa tips yang sekiranya dapat membantu Anda:

  • Buat domain dengan ekstensi .com. Sebagai TLD terpopuler dan paling banyak digunakan, domain .com akan lebih mudah diingat oleh klien dan pengunjung website Anda.
  • Buat alternatif nama domain. Apakah Anda pernah salah ketik nama website di kolom browser? Besar kemungkinan klien dan pengunjung situs juga akan melakukan kesalahan seperti yang Anda buat. Jadi, kami sarankan untuk membuat alternatif dari nama domain utama. Dengan mendaftarkan alternatif nama domain, ketika klien atau pengunjung salah ketik, mereka tetap akan diarahkan ke beranda utama dari website Anda.
  • Nama domain dibuat sesingkat mungkin. Semakin pendek dan unik, semakin mudah bagi siapa pun untuk mengingat nama domain Anda. Nama domain yang dibuat terlalu panjang akan susah untuk diingat.
  • Jangan gunakan tanda penghubung dan angka. Tanda penghubung dan angka digunakan apabila memang diperlukan. Jika tidak, janganlah menyisipkan tanda penghubung dan/atau angka ke dalam nama domain karena hanya akan memperbesar kemungkinan terjadinya salah pengetikan.

Beli domain murah

Untuk informasi selengkapnya, silakan baca tutorial cara beli domain.

3. Pilih Web Hosting

Pilih web hosting

Langkah selanjutnya di cara bikin website adalah pilih hosting yang andal dan tepercaya. Ada berbagai pilihan web hosting, tapi carilah yang sesuai dengan kebutuhan proyek online Anda.

Di Hostinger, kami punya 3 layanan hosting yang bisa digunakan untuk membuat semua jenis website. Mari kita kupas layanan hosting ini satu per satu.

Shared Hosting

cara membuat website sendiri dengan Shared Hosting

Shared hosting merupakan tipe server yang menaungi banyak user dan ditujukan untuk website berskala kecil hingga medium. Anggap saja shared hosting seperti transportasi umum, misalnya bis atau kereta.

Semua website menggunakan resource yang sama yang berasal dari satu server fisik. Meskipun shared hosting merupakan pilihan yang terjangkau, layanan ini memiliki batasan yang cukup ketat. Batasan ini ditentukan agar setiap user memiliki pengalaman online yang sama dan tidak menyalahgunakan resource.

Apa yang akan Anda dapatkan di shared hosting?

Shared hosting menawarkan berbagai tool untuk membuat website, seperti:

  • 1-click installer. Setup tool terpopuler dengan mudah, seperti script e-commerce, sistem manajemen konten, platform blogging, software forum, dan masih banyak lagi!
  • Access manager. Berbagi informasi akun pribadi ke user lain ketika Anda diharuskan untuk bekerja sama dengan banyak orang adalah hal yang sangat riskan. Agar Anda tak perlu membagikan informasi sensitif, ‘hibah’ akses layanan dengan menggunakan access manager.
  • FTP/File manager. Nikmati kemudahan mengedit file, direktori, kode dengan menggunakan file manager berbasis web. Anda juga bisa menggunakan aplikasi FTP, seperti FileZilla.
  • Backup mingguan. Backup file dan database secara otomatis melalui control panel.
  • Cache manager. Caching memampukan website Anda untuk melakukan bypass terhadap berbagai permintaan PHP dengan membuat halaman statis. Website yang loading-nya cepat akan membuat klien dan pengunjung nyaman serta puas!
  • Registrasi domain gratis. Pilih paket hosting Premium atau Bisnis di Hostinger, dan dapatkan domain gratis di tahun pertama.
  • Powerful control panel. Kami bahkan membuat panel yang akan memudahkan Anda dalam mengelola segalanya dengan efisien.

Website apa saja yang bisa dibuat di shared hosting?

Umumnya, shared hosting dapat digunakan oleh semua jenis website atau proyek online. Apabila, untuk sekarang ini, trafik bukanlah fokus utama Anda, maka shared hosting adalah pilihan yang tepat.

Beli Hosting

Cloud Hosting

cara membuat web dengan cloud hosting

Sebagai salah satu layanan terbaru di Hostinger, cloud hosting menawarkan kemudahan shared hosting yang dipadukan dengan kecanggihan virtual server.

Dilengkapi teknologi cloud computing, cloud hosting menawarkan uptime tertinggi dengan cara menyimpan salinan website Anda di beberapa server fisik yang saling bekerja sama. Apabila ada satu server yang down, server lainnya dalam cluster tersebut akan memastikan bahwa semuanya tetap berjalan sebagaimana mestinya.

Apa yang akan Anda dapatkan di cloud hosting?

Selain kemudahan shared hosting, Anda akan mendapatkan:

  • Alamat IP yang dedicated. IP untuk server menjadi satu-satunya IP yang didedikasikan bagi Anda.
  • Resource terpisah. Dibandingkan dengan shared hosting, resource di cloud hosting adalah milik Anda sepenuhnya dan tidak akan digunakan oleh user lain.
  • Gratis sertifikat SSL seumur hidup. Amankan data klien dan pengunjung situs. HTTPS menjadi standar kelayakan web terbaru. Mau tak mau, Anda harus memasang sistem keamanan ini di website Anda.
  • Integrasi CloudFlare. Aktifkan lapisan tambahan dari proteksi DDoS, WAF, tool monitoring, dan fitur tingkat lanjut lainnya

Website apa saja yang bisa dibuat di cloud hosting?

Biasanya cloud hosting akan dimanfaatkan oleh website bisnis yang mengandalkan uptime tertinggi dan juga mengharapkan arus trafik yang besar.

Situs e-commerce, proyek berskala besar, dan situs berita online dengan visitor yang kerap datang kembali untuk mengakses informasi juga bisa mengandalkan kelebihan cloud hosting.

Apabila Anda mencari layanan hosting yang menawarkan kemudahan dan power tapi di satu sisi Anda tidak punya skill pemrograman, cloud hosting-lah jawabannya.

Beli Hosting

VPS Hosting

cara bikin website dengan VPS hosting

VPS adalah singkatan dari virtual private server dan merupakan layanan web hosting pilihan bagi user yang menginginkan kebebasan dan kontrol lebih untuk mengelola platform dan website. Hanya saja, untuk menjalankan VPS hosting, Anda harus punya skill manajemen server dan tahu cara mengoperasikan terminal.

Singkatnya, VPS hosting menawarkan kustomisasi tingkat tinggi terhadap semua opsi yang tersedia. Mulai dari sistem operasi hingga software stack, semuanya bisa Anda kelola berkat adanya akses root.

Apa yang akan Anda dapatkan di VPS hosting?

  • IP yang dedicated. Setiap user VPS mendapatkan alamat IP yang unik dan berbeda dan tidak akan bisa digunakan oleh user lain.
  • 1-click OS install. Pilih sistem operasi dari berbagai pilihan distribusi Linux.
  • Server snapshot. Simpan pengaturan file dan server dengan fitur backup/restore otomatis.
  • Resource terpisah. Tidak ada satu pun user pada server yang bisa masuk dan menggunakan resource Anda.
  • Kebebasan untuk membuat dan mengelola environment. Akses root memungkinkan Anda untuk membuat software sendiri dan mengontrol berbagai pengaturan di sisi server.

Website apa saja yang bisa dibuat di VPS hosting?

Di shared/cloud hosting, server telah dikonfigurasi sehingga Anda tidak akan mungkin bisa bahkan diizinkan untuk mengubah beberapa hal (misalnya, sekumpulan software).

Di sisi lain, VPS memberikan akses root dan kebebasan sepenuhnya bagi Anda untuk membuat dasar yang kuat. Jika Anda ingin membuat dan mengatur segala sesuatunya sendiri, pilihlah virtual server.

Beli VPS

4. Pilih Platform dan Buat Website

Pilih platform dan buat website

Perencanaan yang matang akan memengaruhi proses pembuatan website. Bahkan ide dan topik yang telah dirancang sebelumnya juga ikut menentukan seperti apa website Anda nantinya.

Berikut empat tool yang sering digunakan untuk bikin situs web:

  1. Sistem Manajemen Konten. Pilihan terbaik untuk blog dan website yang mempublikasikan berbagai artikel/konten. WordPress, Joomla, dan Drupal adalah tiga contoh CMS.
  2. Script ecommerce. Dilihat dari namanya saja kita sudah tahu kalau software ini digunakan apabila Anda hendak membuat toko online. PrestaShop, Magento, dan WooCommerce adalah contoh dari script e-commerce.
  3. Website builder. Tool yang menawarkan kemudahan membuat website tanpa harus mengetahui dan menguasai bahasa pemrograman. Manfaatkan interface drag-and-drop yang telah dilengkapi dengan berbagai fitur.
  4. Self-coded website. Jika Anda paham tentang pengembangan web, membuat self-coded site bukan hal yang sulit. Meskipun dalam proses pembuatannya memakan usaha dan waktu yang lama, Anda bisa menjalankan fitur apa pun yang penting bagi perkembangan website.

Cara Membuat Website di WordPress

cara buat website di WordPress

Sebagai sistem manajemen konten yang paling banyak digunakan, WordPress memungkinkan siapa pun untuk membuat website. Sebagian orang memanfaatkan WordPress sebagai blogging platform, sedang sebagian lainnya mengubahnya menjadi situs e-commerce bahkan web ulasan dengan menggunakan beragam pilihan fitur dan plugin.

Berikut alasan mengapa WordPress menjadi pilihan terbaik untuk mengonlinekan website:

  1. Anda tidak perlu paham soal bahasa pemrograman. Hal terbaik dari adanya WordPress adalah kemudahan bagi siapa pun, bahkan para pemula, untuk membuat website tanpa perlu menguasai coding atau bahasa pemrograman. Namun, jika Anda sudah punya skill coding dan ingin menjalankan environment sendiri, WordPress bisa mewujudkannya.
  2. Salah satu CMS dengan harga terjangkau. WordPress memiliki library plugin dan tema, baik yang berbayar maupun tidak, yang bisa Anda install dan aktifkan untuk mewujudkan website menarik dan responsif. Bahkan Anda bisa membuat website gratis dengan WordPress!
  3. Tersedia artikel, panduan, dan komunitas yang besar. Banyaknya user dan website yang menggunakan WordPress menjadi salah satu alasan mengapa ada banyak panduan, tips, dan artikel yang mengulas platform ini. Dengan demikian, akan mudah bagi Anda untuk mendapatkan solusi bilamana mengalami kendala atau error.

Cara Install

Di Hostinger, Anda bisa menginstall WordPress dengan mudah. Cari versi terbaru dari script ini di hPanel dengan mengklik opsi Website, lalu Instalasi Otomatis (Auto Installer).

Install CMS WordPress

 

Lengkapi informasi  yang dibutuhkan.

Informasi Install WordPress

Selama proses install berlangsung, perhatikan yang harus Anda lakukan untuk membuat administrative user dan menambahkan informasi terkait pengaturan dasar.

Admin Area

Setelah WordPress berhasil diinstall, ketik domainanda.com/wp-admin untuk mengakses dashboard.

Halaman login admin wordpress

Saat berada di halaman login, masukkan informasi yang telah dibuat ketika proses install dijalankan.

Tampilan dashboard utama WordPress

Di panel back-end, Anda bisa mengelola apa pun terkait website, konten, dan user WordPress.

Tema dan Desain

Beragamnya jenis tema yang ada merupakan salah satu kelebihan WordPress. Apa pun desain yang ingin diterapkan, Anda pasti akan menemukannya di CMS ini.

Ada lebih dari 7000 tema tersedia di repositori resmi. Untuk mengaksesnya, klik Appearance > Themes.

Halaman appearance tema WordPress

Untuk melihat mode pratinjau dan install tema dari repositori tema WP, pilih opsi Add New.

Jika ingin mengedit tema, klik Appearance > Customize.

Kustomisasi tema WordPress

7000 tema bukanlah jumlah yang sedikit. Memilih yang terbaik di antara sekian pilihan tema yang ada tentu menjadi tantangan tersendiri. Dengan alasan inilah, kami merangkum 60+ tema WordPress terbaik dan gratis.

Konten dan Halaman

Di WordPress, Anda bisa menggunggah dan membuat tiga tipe konten ini:

1. Halaman (Pages) – Di area ini, Anda bisa membuat halaman statis/permanen yang tidak perlu diubah setiap saat. Misalnya, “Tentang Kami”; “Hubungi Kami”; “Home”; dan sebagainya.

Kelola halaman WordPress

2.  Postingan (Posts) – Di area ini, Anda bisa membuat berbagai konten dinamis, misalnya artikel, blog post, dan guest publication.

Manajemen post WordPress3. Media – misalnya file gambar, video, dan audio. Setelah diunggah, Anda bisa langsung melampirkan file ini ke postingan dan halaman.

Upload media baru ke WordPress

Plugin dan Ekstensi

Keunggulan WordPress lainnya adalah jumlah plugin yang tak sedikit dan bisa Anda install untuk menghadirkan berbagai fitur dan fungsi baru. Pilih opsi Plugins, kemudian klik Add New dan install plugin yang dibutuhkan. Plugin yang telah terinstall tersimpan di area Installed Plugins.

Plugin WordPress di dashboard

Berikut 11 plugin WordPress terbaik yang menawarkan berbagai kemudahan pada saat membuat website:

  1. Yoast SEO

Plugin ini mencakup optimasi dasar mesin pencari yang dibutuhkan oleh hampir semua website.

Plugin Yoast SEO WordPress

Dengan plugin ini, Anda dapat:

  • Menambahkan meta titles dan meta descriptions ke postingan/halaman.
  • Mengecek apakah jumlah keyword sudah sesuai dengan ‘tuntutan’ agar postingan Anda bisa muncul di halaman terdepan mesin pencari.
  • Melihat informasi dan saran yang berkaitan dengan readability (kemudahan dan kenyamanan dalam membaca postingan)
  • Memperoleh berbagai saran dan tips sehubungan dengan cara meningkatkan on-site SEO.
  1. All-in-One WP Migration

Tool yang menawarkan kemudahan transfer website berbasis WordPress.

Plugin All in One WP Migration WordPress

Dengan plugin ini, Anda dapat:

  • Membuat backup penuh untuk situs WordPress.
  • Memulihkan backup yang dibuat dengan All-in-One WP Migration.
  • Mencari dan menemukan semua backup dalam satu area saja.
  • Memilih konten/elemen yang harus diimpor atau diekspor.
  1. WooCommerce

Plugin powerful yang dapat mengubah WordPress menjadi situs e-commerce sepenuhnya.

Plugin WooCommerce WP

Dengan plugin ini, Anda dapat:

  • Membuat produk dan kategori.
  • Menambahkan fitur keranjang belanja (shopping cart).
  • Mengonfigurasikan berbagai metode pembayaran.
  • Menetapkan biaya pengiriman dan PPN.

Untuk informasi selengkapnya, silakan baca tutorial WooCommerce.

  1. Really Simple SSL

Perlahan tapi pasti, HTTPS menjadi standar kelayakan terbaru bagi semua jenis website. Google Chrome kini sudah menandai website yang hanya memasang HTTP dengan memberi peringatan ‘not secure’.

Untuk memasang HTTPS, Anda perlu membeli sertifikat SSL terlebih dulu. Di Hostinger, sertifikat keamanan ini bisa Anda beli sekali untuk seumur hidup. Bahkan install SSL pun mudah, hanya dalam sekali klik. Hanya saja, memasang HTTPS di website berbasis WordPress bukanlah hal yang mudah.

Plugin Really Simple SSL WordPress

Untungnya, plugin Really Simple SSL bisa memudahkan Anda dalam mengaktifkan SSL di website berbasis WordPress. Plugin ini akan:

  • Mengarahkan semua permintaan dari HTTP ke HTTPS.
  • Memperbarui URL situs dan beranda (home).
  • Memperbaiki peringatan tidak aman atau konten campuran.
  1. Jetpack

Toolkit all-in-one ini memiliki berbagai fitur bermanfaat yang telah dikembangkan oleh developer.

Plugin Jetpack WordPress

Gunakan plugin ini untuk mengumpulkan data statistik dan menyelesaikan task tingkat lanjut, seperti:

  • Mengaktifkan fitur sharing ke media sosial.
  • Mengatur notifikasi jika website down.
  • Menampilkan postingan terkait di setiap artikel.
  • Memperbaiki kualitas gambar (misalnya, lazy loading atau carousels).
  1. Contact Form 7

Mudahkan pengunjung situs untuk menghubungi Anda melalui formulir kontak.

Plugin Contact Form 7 WordPress

Dengan plugin ini, Anda dapat:

  • Membuat formulir kontak
  • Membuat shortcode demi kemudahan insersi.
  • Mengaktifkan filter spam reCAPTCHA atau Akismet.
  1. Wordfence

Ekstensi untuk meningkatkan keamanan di setiap situs berbasis WordPress.

Plugin WordFence WordPress

Dengan plugin ini, Anda dapat:

  • Menjalankan scan malware/virus.
  • Mengaktifkan web application firewall.
  • Mengonfigurasikan brute-force protection.
  • Memblokir negara atau alamat IP tertentu.
  1. Easy Table of Contents

Hadirkan daftar isi konten agar pengunjung situs lebih mudah dalam melakukan navigasi halaman dan postingan web.

Plugin Easy Table of Contents WordPress

Meskipun terlihat simpel dan sederhana, plugin Easy Table of Contents memiliki berbagai opsi konfigurasi. Anda bisa:

  • Memilih heading yang ingin disertakan.
  • Tidak memunculkan daftar isi di postingan tertentu.
  • Mengatur tema dan skema warna.
  • Menambahkan label, hirarki, dan masih banyak lagi.
  1. TinyPNG

Gambar yang dioptimasi akan menaikkan kecepatan situs. Optimasi gambar adalah salah satu WP task termudah yang seharusnya bisa Anda lakukan.

Plugin TinyPNG WordPress

Dengan plugin ini, Anda dapat:

  • Compress gambar baru setelah diunggah.
  • Optimasi media yang sudah ada.
  • Melihat statistik yang tersimpan.
  • Mengatur kembali ukuran gambar berdasarkan tinggi dan lebar.
  1. bbPress

Ramaikan website Anda dengan menghadirkan kolom forum. Install bbPress dan lihat bagaimana perkembangan komunitas Anda setelah dipasangkan kolom forum.

Plugin bbPress WordPress

Dengan plugin ini, Anda dapat:

  • Mengintegrasikan forum board.
  • Menentukan role untuk user forum.
  • Membuat thread dan topik.
  • Mengirimkan email setelah user berhasil registrasi.

Untuk informasi selengkapnya tentang setup forum di website berbasis WordPress, silakan baca artikel ini.

  1. Beaver Builder

Kadang-kadang Anda ingin mengedit dan menambahkan sesuatu di halaman, tapi sayangnya, editor WordPress default tidaklah cukup untuk memenuhi keinginan Anda.

Plugin Beaver Builder WordPress

Beaver Builder mengaktifkan interface tambahan sehingga Anda bisa mendesain setiap halaman sesuai keinginan. Ubah posisi textbox dengan mudah, terapkan CSS/JS, dan masih banyak lagi!

Kabarnya, WordPress berencana untuk mengganti editor default mereka dengan yang baru bernama Gutenberg. Editor ini belum diperkenalkan dalam bentuk dan format yang resmi, tapi akan disertakan dalam versi terbaru WordPress.

Kini Anda sudah tahu cara membuat website di WordPress, bahkan memahami prinsip dasarnya.

Ingin membuat website sekarang?

Buat website

Cara Membuat Website di Joomla

Gambar cara membuat website di Joomla

CMS lain yang popularitasnya juga menjulang tinggi adalah Joomla. Joomla sudah menjadi saingan WordPress sejak lama dan dikenal sebagai CMS terpopuler kedua setelah WordPress.

Sebagai sistem manajemen konten, Joomla bisa Anda gunakan untuk:

  1. Membuat segala jenis website. Dengan adanya beragam module, Anda bisa membuat website apa pun, mulai dari blog sederhana atau forum hingga situs e-commerce berskala besar.
  2. Mencari informasi dan solusi. Joomla boleh berbangga karena CMS ini memiliki komunitas online terbesar. Karena keunggulan inilah, Anda bisa dengan mudah mencari jawaban dan solusi dari pertanyaan atau kendala yang dialami.
  3. Mengaktifikan fitur baru tanpa harus menguasai bahasa pemrograman terlebih dulu. Kemudahan yang ditawarkan Joomla menjamin bahwa setiap webmaster, bahkan yang masih baru, bisa membuat website pas di segala ukuran layar.

Cara Install

Cara termudah untuk menginstall Joomla adalah dengan menggunakan Auto Installer. Di Hostinger, Auto Installer ada di control panel.

Auto Installer Joomla

Masukkan informasi dasar dan buat administrator user agar Anda bisa lanjut ke proses install.

Install Joomla

Selesai! Langkah selanjutnya adalah buat website.

Admin Area

Agar bisa masuk ke back-end situs Joomla, ketik URL domainanda.com/administrator di browser.

Halaman login admin Joomla

Supaya bisa akses dashboard, masukkan informasi administrasi yang sudah dibuat selama proses setup.

Tampilan utama dashboard Joomla

Sebuah layout sederhana akan muncul. Di layout ini, Anda bisa mengontrol semua aspek website.

Template dan Desain

Agar pengunjung mau mengklik dan mengenal situs Anda lebih jauh, hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari dan memasang template yang menarik dan eye-catching. Joomla menawarkan dua template secara default. Sayangnya, kedua template ini memiliki desain yang minimalis dan di dalamnya hanya terdapat sedikit fitur penting.

Meskipun Joomla tidak menyediakan library tema bawaan yang dapat diakses melalui dashboard, Anda masih bisa menginstall template dengan mencarinya di internet. JoomDev dan ASTemplates adalah dua situs yang menawarkan tema untuk Joomla.

Untuk install template Joomla, buka Install Extensions.

Ekstensi Joomla

Pilih tiga cara untuk setup:

  1. Unggah File Package. Anda hanya perlu drag-and-drop file template yang telah di-compress.
  2. Install dari Folder. Proses ini memperbolehkan Anda mengunggah file template ke lokasi yang spesifik di akun web hosting Anda.
  3. Install dari URL. Jika punya direct link yang mengarah ke file template, Anda bisa menggunakan link tersebut untuk menambahkan template ke situs Joomla.

Contoh template fitness Joomla

Penting! Berhati-hatilah ketika Anda mengunduh dan menginstall template dari pihak ketiga atau sumber yang tidak tepercaya. Kami sarankan agar Anda menggunakan template yang disediakan oleh situs resmi dan tepercaya.

Artikel dan Konten

Ada 3 tipe konten yang bisa Anda buat di Joomla:

1. Artikel (Articles) merupakan unit publikasi dasar yang ada di Joomla (sama halnya dengan postingan WordPress). Di sini, Anda bisa menglampirkan setiap post ke kategori tertentu dan menambahkan tag sehingga artikel dan postingan lebih rapi dan terorganisir.

Kelola artikel Joomla2. Kategori (Categories) memudahkan Anda dalam mengelompokkan artikel yang sudah di-publish berdasarkan kriteria tertentu. Dengan begini, pengunjung situs tidak akan kesulitan mencari konten yang mereka butuhkan.

Kelola kategori artikel Joomla3. Media, merupakan area di mana Anda bisa mengunggah gambar, video, file audio, PDF, dan konten visual lainnya. Nantinya media ini bisa Anda tambahkan ke berbagai artikel.

Kelola file media Joomla

Ekstensi dan Module

Joomla memiliki berbagai macam ekstensi, baik gratis maupun berbayar, yang dapat diinstall langsung melalui dashboard. Anda hanya perlu menginstall modul tambahan yang muncul ketika membuka tab Install Extensions.

Aktifkan install dari web di Joomla

Setelah itu, Anda akan melihat library plugin yang telah dikelompokkan berdasarkan kategori tertentu.

Library Ekstensi Joomla

Berikut 8 ekstensi Joomla terbaik yang akan memudahkan Anda dalam pembuatan website:

  1. Akeeba Backup

Tool powerful milik Joomla yang akan menangani semua kebutuhan migrasi dan backup website. Dengan ekstensi ini, Anda dapat:

  • Membuat backup website sepenuhnya.
  • Memulihkan backup ke server mana pun yang mendukung Joomla.
  • Tidak mengikutsertakan file/folder tertentu atau tabel database.
  • Memilih satu dari beberapa format compression.
  1. Breezing Forms

Dapatkan lebih banyak lead untuk email list dan juga peluang di masa depan dengan menghadirkan formulir kontak di website Anda. Dengan plugin ini, Anda dapat:

  • Membuat dan memasang formulir kontak.
  • Mengamankan formulir kontak dari spam dengan mengaktifkan CAPTCHA.
  • Membuat formulir untuk mengumpulkan kritik dan saran.
  • Menggunakan berbagai contoh formulir kontak yang telah dibuat.
  1. J2Store

Jika website berhasil mendapatkan audiens yang loyal, sudah pasti Anda ingin membuat penghasilan dari sana, bukan? Dengan plugin ini, Anda dapat:

  • Menggunakan interface artikel untuk menambahkan produk dan tipe produk.
  • Setup berbagai metode pembayaran.
  • Mengaktifkan one-page checkout.
  • Mengonfigurasikan pajak dan berbagai mata uang berdasarkan zona.
  1. DJ-ImageSlider

Gambar berkualitas tinggi memudahkan Anda dalam menarik perhatian pengunjung situs sehingga mereka mau mengklik dan mengakses website Anda. Salah satu cara terbaik untuk menampilkan gambar adalah dengan menggunakan sliders atau slideshows. Sliders atau slideshows dimunculkan dengan bantuan ekstensi gratis, berupa DJ-ImageSlider.

  • Kompatibel dengan semua browser utama.
  • Tersedia drag and drop building interface.
  • Opsi kustomisasi yang banyak.
  • Dapat dijalankan di area mana pun pada website Anda.
  1. JCH Optimize

Memiliki website dengan performa tercepat memberikan keunggulan tersendiri. Selain membuat pengunjung situs nyaman ketika mengakses situs Anda, website dengan kecepatan yang andal akan memiliki peringkat yang baik di mesin pencari. Ekstensi ini akan meningkatkan performa website dengan:

  • Menggabungkan file CSS/JS ke dalam satu file.
  • Menerapkan minification dan gzip.
  • Menambahkan gambar latar ke satu sprite.
  1. Sh404SEF

Dengan adanya ekstensi ini, Anda bisa memaksimalkan potensi SEO di website Joomla. Berikut beberapa fitur utama sh404SEF:

  • Manajemen meta title/description.
  • Integrasi Google Analytics dan Tag Manager.
  • Pengalihan otomatis dari halaman error 404 ke alternatif terdekat.
  • Halaman error yang dapat dikustomisasi (misalnya, 404 atau 500).
  1. EasyBlog

Karena Joomla dikenal sebagai sistem manajemen konten, sebagian orang menggunakannya sebagai blogging platform. Apabila fitur default belum cukup, ekstensi ini akan melengkapinya sehingga semua kebutuhan website Anda terpenuhi. Install EasyBlog dan dapatkan:

  • Interface artikel yang baru dan berkualitas.
  • Support terhadap Google AMP dan Facebook Instant Article.
  • Tool migrasi untuk memudahkan transfer website dari platform lain (misalnya, WordPress).
  • Integrasi media sosial (misalnya, Facebook, Twitter, Google+, Pinterest).

EasyBlog tidak menyediakan versi gratis dan hanya menawarkan versi berbayar.

  1. JFBConnect

Platform media sosial adalah salah satu tempat yang paling sering dikunjungi di internet. Situs Anda bisa memanfaatkan platform ini untuk meningkatkan pengalaman browsing audience. Dengan ekstensi JFBConnect, Anda dapat:

  • Setup akun user dengan memperbolehkan mereka menggunakan data media sosialnya.
  • Mengaktifkan 1-click login dengan menggunakan platform media sosial terbesar.
  • Mengaktifkan fitur komentar/like/sharing via Facebook/G+/Twitter.
  • Menjadwalkan sharing artikel otomatis.

Ekstensi ini tidak menawarkan versi gratis dan hanya menyediakan versi berbayar.

Kini Anda sudah tahu cara membuat website sendiri di Joomla.
Ingin membuat website sekarang?

Buat website

Cara Membuat Website di Drupal

Gambar Cara Membuat Website di Drupal

Pemain terbesar lainnya di dunia sistem manajemen konten adalah Drupal. Meskipun memang Drupal sedikit berbeda dari WordPress dan Joomla.

Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya, WordPress dan Joomla tidak mengharuskan usernya untuk menguasai bahasa pemrograman. Namun, hal ini berbeda dengan Drupal. Jika ingin membuat website di Drupal, Anda harus punya skill dan pengetahuan di bidang web development. Sampai saat ini, Drupal adalah salah satu CMS yang powerful dan aman di kalangan developer.

Berikut beberapa kelebihan yang dimiliki Drupal:

  1. Fleksibilitas dan skalabilitas yang tinggi. Platform yang sempurna untuk proyek online kecil dan besar. Jika Anda tahu soal pengembangan web, Drupal adalah CMS yang tepat untuk berbagai jenis website.
  2. Beragam module gratis. Apa pun fitur nya, Anda bisa menemukannya di library yang memuat lebih dari 40.000 module gratis.
  3. Berfokus pada pembuatan dan publikasi konten. Karena Drupal dikategorikan sebagai CMS, manajemen publikasi menjadi lebih mudah. Cari apa pun yang Anda butuhkan untuk publikasi konten di dashboard.

Cara Install

Di Hostinger, Drupal dapat diinstal hanya dalam beberapa menit saja. Gunakan Auto Installer untuk memasang Drupal!

Auto Installer Drupal

Masukkan informasi dasar untuk proses install bersamaan dengan informasi administrator user. Dalam beberapa saat Drupal siap digunakan.

Install Drupal

Admin Area

Agar bisa masuk ke dashboard back-end Drupal, ketik URL domainanda.com/user/login di kolom browser.

Halaman login dashboard Drupal

Melalui panel ini, Anda bisa mengontrol dan mengelola setiap aspek yang ada pada website berbasis Drupal.

Tampilan utama dashboard Drupal

Tampilan dan Desain

Hal pertama yang dibutuhkan website Anda adalah tampilan yang menarik. Repositori tema Drupal yang resmi memiliki lebih dari 2.800 pilihan!

Repositori resmi tema Drupal

Template bisa dicari berdasarkan versi Drupal, status tema, stabilitas, dan filter lainnya.

Contoh tema 8 Drupal

Berikut langkah-langkah install tema Drupal:

  1. Klik opsi Appearance yang ada di menu navigasi bagian atas.
  2. Pilih opsi install new theme.
  3. Salin dan letakkan URL tema atau pilih arsip yang disimpan di komputer.
  4. Klik install dan selesaikan proses setup template Drupal.

Install tema Drupal

Konten dan Halaman

Menambahkan post, menulis artikel, membuat landing page – semuanya bisa Anda lakukan dengan mudah di Drupal dan dapat diakses di area Content.

Halaman konten Drupal

Di area ini, Anda bisa membuat:

  1. Konten (Content), tempat untuk menambahkan artikel (publikasinya bisa dijadwalkan) atau halaman dasar (misalnya, ‘Tentang Kami’).
  2. Komentar, tempat yang Anda buat untuk menampung pesan dan komentar yang ditulis oleh pengunjung situs.
  3. File, tempat penyimpanan gambar dan file media lainnya yang Anda upload selagi membuat konten.

Drupal telah dilengkapi dengan sejumlah fungsi tingkat lanjut sehingga sangatlah wajar jika CMS ini merupakan pilihan terkuat dibanding alternatif sistem manajemen konten lainnya.

Module dan Fungsionalitas

Terakhir, kami akan membahas tentang module Drupal dan cara menambahkan fungsionalitas baru ke website.

Untuk install fitur, buka opsi Extend yang ada di menu bagian atas.

Extend Drupal dengan module

Ada sejumlah module core yang disertakan setiap kali Drupal diinstall. Anda pun bisa menemukan lebih dari 40.000 module Drupal di repositori resminya.

Berikut langkah-langkah untuk menginstall module Drupal:

  1. Klik opsi install new module.
  2. Salin dan letakkan module URL atau pilih dari arsip yang disimpan di komputer.
  3. Klik install dan selesaikan proses setup module Drupal.

Install module Drupal

Kini Anda sudah tahu cara membuat web di CMS Drupal.

Ingin membuat website sekarang?

Buat website

Cara Membuat Website dengan Website Builder

Bikin situs web dengan Website Builder

Jika Anda bukan seorang developer, website builder adalah pilihan terbaik untuk membuat dan mendesain website. Semuanya, mulai dari tema hingga SEO dan fitur cart, dapat dikelola hanya melalui dashboard. Bahkan tool ini juga menawarkan fungsionalitas drag-and-drop yang memungkinkan Anda untuk membuat segala jenis website dan proyek online lainnya.

Tool web builder tidak membutuhkan setup tambahan. Anda hanya perlu mengakses tool Website Builder melalui control panel.

Website Builder

Pastikan semua script lainnya telah di-backup atau dihapus sebelum penggunaan tool. Jika situs dionlinekan dengan menggunakan website builder, file yang sudah ada akan ditimpa.

Layout dan Desain

Membuat tampilan yang menarik perhatian pengunjung situs adalah langkah pertama yang harus dilakukan. Di web builder, terdapat lebih dari 200 template gratis. Anda juga bisa mengimpor segala jenis website dengan menggunakan tool migrasi bawaan.

Pilih template website

Tersedia tema dengan beragam kategori untuk website apa pun. Mulai dari landing pages hingga hotel dan situs e-commerce.

Setelah menemukan tema yang tepat, Anda akan diarahkan ke interface website builder.

Tool dan Proses Pembuatan Website

Di bagian atas layar, ada menu yang menampilkan tool untuk pembuatan website. Mari kita lihat apa saja tool yang ada pada menu.

Tool Website Builder 1

Tool yang pertama Anda lihat memiliki fungsi-fungsi dasar, seperti:

  • Tool untuk publishing, menyimpan (saving) dan back up.
  • Fitur preview
  • Opsi undo/redo.
  • Mengatur ulang (reset) proyek saat ini.
  • Menyesuaikan tingkat responsif (responsiveness) berdasarkan perangkat.

Tool website builder 2

Anda juga akan melihat sekumpulan fitur canggih untuk bikin situs web, seperti:

  • Fitur keranjang belanja (shopping cart).
  • Berbagai metode pembayaran.
  • Integrasi media sosial.
  • Fitur lokasi via Google maps atau Bing maps.
  • Menambahkan video via YouTube.
  • Tool untuk membuat buttons, blocks, dan menu.

Tool website builder 3

Terakhir, lihatlah tool yang ada di menu kanan atas. Dengan tool ini Anda bisa mengontrol dan mengatur berbagai aspek teknis, misalnya:

  • Membuat halaman dan navigasi.
  • Mengatur bahasa (language).
  • Faktor SEO (misalnya, meta title, meta description, keyword, permalink, dan force HTTPS).
  • Identitas situs (favicon, background, style).

Apabila saat ini Anda sedang mengembangkan proyek berskala kecil/medium, tool website builder patut dipertimbangkan. Terlebih lagi, banyak sekali web builder yang bertebaran di internet. Namun, di atas semuanya, web builder mudah digunakan oleh siapa pun!

Kini Anda sudah tahu cara bikin website sederhana dengan menggunakan website builder.
Ingin membuat website sekarang?

Buat Website

5. Buat Rencana untuk Mengembangkan Website Anda

Buat Rencana untuk Mengembangkan Website Anda

Kini Anda sudah tahu berbagai jenis web hosting dan tool terbaik untuk membuat website. Namun, perjalanan belum usai. Justru sebaliknya, perjalanan baru saja dimulai!

Berikut delapan tips yang patut Anda coba jika ingin membuat website terbaik.

Kenali Niche

Menentukan niche dan arah ke mana website Anda akan dikembangkan merupakan salah satu hal terpenting yang tidak boleh tidak dilakukan. Tanpa perencanaan yang matang, bisa jadi semuanya tampak sia-sia dan berantakan.

Beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan:

  • Sadari passion. Jika Anda mengerjakan sesuatu dengan sepenuh hati, hasil yang diperoleh pun akan maksimal. Selain itu, kesempatan untuk sukses di masa depan juga akan terbuka lebar. Misalnya, Anda suka membaca, membuat sebuah blog untuk mengulas buku apa saja yang sudah dan sedang dibaca adalah langkah awal yang baik menuju keberhasilan.
  • Mengevaluasi market. Melihat dan mengetahui apa yang sering dicari orang di internet bisa memberikan gambaran umum mengenai konten/produk yang sebaiknya dimiliki dan dikembangkan. Gunakan tool seperti Google Trends, KWFinder, dan Answer The Public untuk melihat istilah pencarian dan pertanyaan yang terkait dengan niche.
  • Cari tahu siapa kompetitor di niche Anda. Tahukah Anda kalau saingan atau kompetitor bisa menjadi sumber inspirasi terbesar, terlebih lagi jika kompetitornya memiliki nama di bidang tersebut? Dari mereka, Anda bisa mendapatkan ide akan seperti apa website Anda jika dikelola dan dikembangkan. Di samping itu, sebagian besar kompetitor menawarkan program afiliasi. Anda bisa bergabung di program ini untuk mendapatkan penghasilan online dengan mengarahkan pengunjung situs ke platform mereka.
  • Lakukan brainstorming terhadap ide-ide unik. Catat semua ide yang terlintas di benak Anda. Membuat rencana yang sempurna dan matang membutuhkan dedikasi dan waktu yang tak sebentar. Jadi, perhatikanlah langkah-langkahnya dengan saksama, sekecil apa pun!

Buatlah website yang berisikan topik atau niche yang Anda kuasai untuk mendapatkan hasil terbaik. Dengan begitu, Anda mampu menghasilkan konten berkualitas dan selalu kreatif.

Menggunakan Google Analytics

Mengambil keputusan bisa menjadi suatu tindakan yang sangat sulit jika Anda tidak punya dukungan data. Karena itulah, Anda perlu mengumpulkan data statistik agar bisa sukses di dunia online. Salah satu tool yang bisa digunakan adalah Google Analytics (GA).

Di GA, Anda akan mendapatkan informasi mengenai audiens, misalnya dari mana mereka tahu website Anda, apakah mereka melakukan pembelian, berapa lama mereka menjelajahi situs Anda, dan masih banyak lagi.

Contoh data Google Analytics

Jangan khawatir kalau ini pertama kalinya Anda menggunakan GA. Google punya informasi dan kursus yang mendalam soal Google Analytics. Dengan membaca dan mengikuti kursus singkat ini, Anda tahu apa yang harus dilakukan. Berikut kursus online yang bisa Anda ikuti:

Dua kursus di atas akan membahas tips dan trik yang Anda butuhkan untuk mengumpulkan data statistik.

Monitor Penggunaan Resource

Dengan memastikan performa web, situs Anda akan terhindar dari downtime dan masalah yang tak perlu. Selalu cek jumlah resource yang digunakan oleh situs Anda.

Di Hostinger, informasi seperti ini dapat Anda lihat dan cek langsung melalui control panel. Buka Order Usage.

Mengecek penggunaan resource website

Apabila semakin banyak orang yang membuka dan mengakses situs, dan Anda melihat lonjakan besar yang aneh dan tak wajar, itu berarti website membutuhkan lebih banyak resource atau Anda, mau tidak mau, harus menurunkan penggunaan resource dengan melakukan optimasi.

Membuat Staging Environment

Faktor penting untuk pertumbuhan dan perkembangan website adalah update secara berkala dan penambahan fitur baru. Ada dua hal utama yang harus diperhatikan:

  1. Feedback dari visitor/user. Pengunjung situs yang datang dan mengakses website Anda tidak boleh diabaikan. Setiap perubahan yang Anda buat harus memerhatikan kualitas sehingga mereka mau menghabiskan waktu yang lama di situs Anda. Untuk itu, perlu adanya pengumpulan feedback dari visitor atau user.
  2. Staging environment untuk pengembangan website. Mengetes fitur baru yang ditambahkan ke website yang sudah online bukanlah langkah terbaik. Bisa-bisa Anda malah melihat notifikasi error di layar, terlebih jika sesuatu berjalan tidak sebagaimana mestinya. Untuk menghindari hal seperti ini, buat local testing site dengan XAMPP atau gunakan fitur Add Website untuk membuat staging subdomain.

Membuat staging website

Tidak ada satu pun website yang tidak melewati masa kegagalan terlebih dulu. Ada banyak pemilik website yang harus memperbaiki kesalahannya berulang kali. Cari solusi dan buat kesimpulan sembari tetap melangkah maju ke depan.

Menggunakan Protokol HTTPS

Perlahan tapi pasti, HTTPS akan menjadi standar kelayakan terbaru bagi semua web. Jika situs menerima dan menyimpan informasi sensitif (misalnya password, informasi pribadi, dan informasi pembayaran), pemasangan HTTPS menjadi SUATU KEHARUSAN.

Berikut beberapa kegunaan SSL/TLS:

  • Menaikkan peringkat SEO. Mesin pencari, seperti Google, lebih suka website dengan HTTPS daripada yang hanya memasang HTTP.
  • Mendapatkan kepercayaan. User dan pengunjung situs tahu bahwa informasi sensitif yang mereka masukkan tersimpan dan terlindungi dengan baik di situs Anda.
  • Terhindar dari peringatan ‘not secure’. Sejak Chrome versi 68 dirilis, website yang hanya menggunakan HTTP akan mendapatkan peringatan ‘not secure’ tepat di samping URL-nya.

Ilustrasi SSL

Untuk memasang HTTPS, setup sertifikat SSL/TLS terlebih dulu. Di Hostinger, SSL seumur hidup bisa Anda dapatkan secara gratis jika membeli paket hosting Bisnis dengan durasi 12 bulan atau kelipatannya. Bahkan SSL juga tersedia di Power Store.

SSL Seumur hidup di Power Store

Meningkatkan Keamanan

Belakangan ini keamanan menjadi prioritas pemilik dan pengunjung website, terlebih lagi dengan adanya berbagai ancaman di internet. Berikut beberapa ancaman yang kapan saja bisa terjadi di situs Anda:

  • Serangan DoS/DDoS, merupakan jenis serangan internet di mana sebuah situs akan dibanjiri dengan banyak sekali permintaan. Akibatnya, halaman-halaman situs akan merespons dengan sangat lambat atau menjadi tidak responsif sama sekali.
  • Spam. Jika situs Anda memasang kolom komentar atau formulir kontak, orang-orang bisa dengan mudahnya mengirimkan ‘sampah’ ke sana. Sebaiknya aktifkan fitur keamanan (misalnya, captcha) untuk melindungi kolom komentar atau formulir kontak.
  • Brute-force attempts. Jenis serangan ini merujuk pada seseorang yang mencoba menebak password situs Anda dengan memasukkan berbagai kombinasi password (biasanya dengan menggunakan script khusus).
  • Injection dan Vulnerability. Salah satu tipe serangan di internet yang dikategorikan terburuk adalah ketika kode yang mencurigakan atau malware di-‘inject’ karena level keamanan yang lemah.

Untuk mengamankan situs Anda dari serangan online, silakan lakukan langkah-langkah keamanan, seperti:

  • Penggunaan captcha. Tool sederhana tapi efektif untuk memerangi spam, serta melindungi formulir kontak dari tindakan penyalahgunaan.
  • Membatasi usaha login. Buat timeout atau jeda waktu sekitar 5-10 menit setelah user memasukkan password yang salah.
  • Menginstall plugin keamanan. Jika Anda membuat website di WordPress, plugin keamanan yang bisa digunakan untuk menambahkan proteksi tambahan (sayangnya menambah penggunaan CPU) adalah Wordfence atau Sucuri.
  • Selalu update. Script yang outdated hanya akan menambah kemungkinan rentan atau rusaknya sistem keamanan. Karena itulah, Anda disarankan untuk melakukan update secara berkala terhadap template, plugin, dan hal-hal lainnya.
  • Mengaktifkan CloudFlare. Tidak hanya mengamankan situs Anda dari berbagai ancaman dunia maya, tapi mengaktifkan CloudFlare juga akan mempercepat website Anda ketika diakses dari sejumlah lokasi atau negara.

Module CloudFlare Hostinger

Penting bagi Anda untuk memastikan keamanan yang dimiliki oleh platform website yang dipilih. Sebagai contoh, di Hostinger, kami membuat aturan firewall dan memiliki tool monitoring yang real time untuk memblokir brute-force attempts, DDoS, XSS, dan ancaman internet lainnya. Hal ini dimaksudkan agar setiap website yang dionlinekan di layanan kami memiliki performa terbaik dan terhindar dari ancaman atau masalah online.

Meningkatkan Kecepatan Website

Tak ada yang lebih menyebalkan dari website yang loadingnya super lama! Page speed dan waktu loading berperan penting dalam menentukan kenyamanan user saat mengakses atau berada di website Anda. Selain memiliki rating SEO tinggi, website dengan loading cepat akan membuat visitor lebih puas.

Untuk melihat performa situs, gunakan GTmetrix atau PageSpeed Insights by Google.

Tes page speed

Silakan bacca tiga artikel di bawah untuk memaksimalkan kecepatan website:

Anda juga bisa mencari dukungan informasi lainnya yang terkait dengan performa situs di kolom Google Search.

Rencanakan Langkah Selanjutnya

Memiliki website berarti Anda harus menjadi orang yang visioner. Apabila website yang dibuat berfokus pada bisnis, tentukan halaman seperti apa yang hendak dibuat. Anggap saja Anda ingin membuat situs e-commerce. Hal-hal yang harus dipersiapkan adalah produk dan cara untuk mendapatkan user sebanyak mungkin.

Lakukan brainstorming dan tulis semua ide yang Anda miliki di catatan kecil. Dengan demikian, Anda bisa melihat perkembangan yang cukup signifikan dari waktu ke waktu. Selain itu, catatan dan perencanaan ini memberikan kemudahan bagi Anda bilamana hendak mengenalkan suatu produk atau proyek di masa mendatang.

Kesimpulan

Selamat! Kini Anda sudah tahu berbagai cara membuat website.

Anda juga telah mempelajari beberapa tips untuk pengembangan website dan juga beragam tool terbaik untuk merepresentasikan diri Anda di dunia online. Jadi… tunggu apa lagi?

Buat Website SEKARANG

Penulis

Author

Ariata C. / @ariata

Ariata suka sekali menulis dan menerjemahkan, dan sekarang ini bekerja sebagai translator di Hostinger Indonesia. Lewat artikel dan tutorial yang diterbitkan di blog Hostinger, Ariata ingin membagikan pengetahuan tentang website, WordPress, dan hal terkait hosting lainnya kepada para pembaca.

Tutorial terkait

Author

Agus Wibowo Balas

May 10 2018

Saya sebenarnya sudah lama pengen pindah ke Wordpress, tapi masih ragu-ragu..salah satu yang bikin ragu, ya kita mesti belajar lagi dari awal..tapi setelah baca tutorial ini kayaknya mudah sih, hehehe patut dicoba, mantap admin..

    Author

    ariata

    Dibalas pada July 04 2018

    Terima kasih Pak, selamat mencoba :)

Author

Desain Web Balas

May 27 2018

Artikel yang sangat membantu untuk pemula dalam membuat website. Jika ingin belajar pasti bisa hanya saja tidak semua orang memiliki waktu untuk belajar sendiri sehingga akhirnya menyerahkan pembuatan website ke penyedia jasa pembuatan website. Selain ditangani oleh tim yang mumpuni, website juga lebih terurus dengan baik. Nice artikel.

    Author

    ariata

    Dibalas pada July 04 2018

    Terima kasih :)

Author

Tips dan Cara Balas

May 30 2018

Mantap informasinya, daging banget.

    Author

    ariata

    Dibalas pada July 04 2018

    Terima kasih :)

Author

Panda Gila Balas

June 03 2018

Tutorialnya super lengkap dan sangat membantu. Terimakasih. Semoga selalu bersemangat untuk membuat tutorial seperti ini karena semakin banyak netizen Indonesia yang tertarik untuk membuat website, tapi masih awam dengan caranya

    Author

    ariata

    Dibalas pada July 04 2018

    Sama-sama Pak. Jangan ragu juga untuk memberi saran dan kritik agar ke depannya kami bisa lebih baik :)

Author

ROSIDIN Balas

June 06 2018

Apa kah membuat websit hanya bisa dengan menggunakan komputer

    Author

    ariata

    Dibalas pada July 04 2018

    Selamat siang, Kami sarankan untuk membuat website melalui komputer karena adanya berbagai proses yang harus dijalankan. Pembuatannya pun tidak sesederhana membuat blog pribadi. Terima kasih :)

Author

Dwiki Balas

July 09 2018

bermanfaat sekali infonya, terimakasih

Author

Anton Rahmanto Balas

October 08 2018

Bisa dibantu tidak membuat web, bahan foto video dari saya, termasuk artikel, berita, dll ?

Author

Arief Balas

October 12 2018

apa ada cara untuk migrasi dari website buatan sendiri ke cms wordpress ?

Author

Cepimr Balas

November 04 2018

artikelnya bagus saya udah nyoba bikin pake wordpress buat nambah ilmu

Author

Nur Irawan Balas

November 22 2018

Setelah baca artikel ini, saya jadi ingin memindahkan blog saya deh, tapi memang tentang pengolahan html di wordpress itu cukup rumit, aplagi kalau kita baru terjun di dunia blogger

Author

Idola Printing Balas

November 28 2018

artikel sangat bagus, dan bermanfaat

Author

ahmad haikal Balas

January 10 2019

terus di kembangin dari ilmu yg anda tau,lalu di tafsirkan dengan baik agar semua orang dapat mengerti. artikel yg sangat membantu banyak orang

Author

semarangtrans.com Balas

February 14 2019

Artikel sangat membantu dan bermanfaat untuk saya yang pemula membuat web. salam kenal dari sewa mobil mewah semarang

Author

Rita br Purba Balas

February 18 2019

Terima kasih banyak Kak, atas Ilmu yang diberikan. Sungguh bermanfaat sekali untuk pemula seperti saya. Keep being awesome :)

Author

La Irianto Balas

February 25 2019

Terima kasih banyak ilmunya, sangat bermanfaat....semoga Barokah, dan dimudahkan dalam setiap aktivitasnya!!!

Author

Semawur.com Balas

March 13 2019

Pertama dulu pake hosting gratis dari hostinger. Domainnya dari hostinger.. Sekarang web pribadi yang WP menggunakan hostinger semua. Lengkap daaahhh pokoknya..

Author

H Prasetyo Balas

March 27 2019

Sudah sering baca postingan bagaimana cara membuat website, tapi kok masih belum clear juga bagaimana cara memulainya dan sebagianya. Dengan membaca postingan dari hostinger sedikit ada pencerahan walau masih muter-muter di kepala..hehe.

Author

romi Balas

September 09 2019

dari sekian banyak artikel tentang ini, saya baru baca yg selengkap ini,, lengkap dengan fitur apa saja yg harus di persiapkan dan beberapa opsi penunjang lain nya, lanjutkan artikel sejenis nya,, semoga kedepannya lebih menarik,, thx

Author

dedi eka putra Balas

October 08 2019

selamat mencoba buat mas agus,,,semoga ilmunya bermamfaat dan bisa berbagi untuk yg lainya..hehe

Author

Yoga Balas

March 05 2020

Sungguh sangat membantu, terima kasih banyak..

Author

Syam Balas

March 30 2020

bermanfaat infonya .. kbetulan pas buat web yg aq mulai cb bkin.. terima kasih

Author

yandi ahmad ganda saputra Balas

July 16 2020

Terimakasih atas sharing ilmunya terkait website. sangat membantu sekali dan banyak ilmu baru yang diperoleh. Salam Semangat.

Ketik balasan

Komentar*

Nama*

Email*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jadilah bagian dari Hostinger!