Cara Membuat Website Tanpa Ribet! [Pemula & Profesional]

Cara Membuat Website Tanpa Ribet! [Pemula & Profesional]

Cara membuat website mungkin menjadi salah satu pertanyaan yang muncul di benak Anda yang ingin berkiprah di dunia online. Yap, bisa dibilang kini website adalah hal yang hampir selalu ada di setiap aspek kehidupan kita. Pasti sekarang ini Anda juga sedang tertarik untuk buat website, kan?

Nah! Di artikel ini, kami akan memandu Anda dengan penjelasan yang lengkap dan gampang diikuti, mulai dari menentukan jenis website, memilih hosting dan domain, sampai optimasinya. Anda juga tidak perlu khawatir dengan hal-hal teknisnya, karena semuanya bisa Anda lakukan tanpa coding!

Tanpa berlama-lama lagi, selamat membaca dan mengikuti langkah-langkah bikin website dari kami! Pastikan untuk membacanya sampai selesai, ya. 😊

Cara Membuat Website Sendiri Tanpa Coding

Sebenarnya, bikin website tidaklah sulit. Siapa pun bisa mengikuti langkah-langkahnya dengan mudah dari awal sampai akhir, walaupun belum menguasai skill teknis seputar web development.

Ada 9 langkah mudah untuk bikin website, yaitu:

  1. Tentukan jenis website dan tujuannya
  2. Pilih layanan web hosting
  3. Daftarkan domain website
  4. Pilih platform pengelolaan website
  5. Instal platform (disarankan WordPress)
  6. Ubah tema dan install plugin
  7. Terapkan strategi SEO terbaik
  8. Promosikan website agar dapat traffic
  9. Pantau performa dengan tool analytics

Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan di bawah ini, ya.

1. Tentukan Jenis Website

Menentukan ide dan jenis website adalah hal paling pertama yang harus Anda lakukan sebelum mulai bikin website. Coba cari inspirasi di internet untuk membantu menentukan jenis situs seperti apa yang akan Anda buat.

Nantinya, poin ini akan memudahkan Anda melakukan langkah berikutnya, seperti memilih domain murah dan platform website.

Sebagai inspirasi, berikut beberapa jenis website yang paling populer:

  1. Website toko online. Toko online adalah salah satu jenis website yang paling banyak dibuat dan dikunjungi saat ini. Siapa saja bisa membangun toko online dengan mudah. Dengan website toko online, Anda bisa mempromosikan dan menjual produk ke pelanggan di seluruh dunia, yang tentunya tidak bisa dilakukan melalui toko fisik.
  2. Blog. Blog adalah jenis website pribadi yang bisa Anda manfaatkan untuk membahas berbagai topik, misalnya untuk kegiatan bisnis (afiliasi, ulasan, niche) atau tentang hobi dan aktivitas Anda. Jenis website ini juga saat ini cukup populer, bahkan bisa Anda bisa mendapatkan uang dari blog.
  3. Website edukasi. Punya hobi atau kemampuan di bidang tertentu? Anda bisa mencoba membuat kursus online atau bikin website yang menawarkan layanan keanggotaan. Dengan website ini, Anda bisa berbagi informasi dan edukasi, sekaligus mengasah keahlian di bidang tersebut.
  4. Website berita. Di era yang serba online ini, membuat situs web berita juga menjadi topik yang cukup populer. Orang-orang sering mencari informasi melalui berbagai sumber. Kalau Anda suka berbagi kisah menarik sehari-hari, cobalah buat website berita online.
  5. Komunitas online. Saat ini, orang-orang mulai mencari hobi baru, sehingga website komunitas menjadi salah satu yang paling banyak dibuat. Anda juga bisa buat website komunitas sebagai wadah bagi orang-orang dengan hobi yang sama dengan Anda.
  6. Portofolio. Yap, jenis website yang satu ini juga populer, terutama di kalangan orang-orang yang bekerja secara online, misalnya sebagai freelancer. Anda bisa membuat website portofolio dan mengembangkannya untuk memperluas jangkauan klien, mengikuti lomba atau kompetisi, dan tawaran bisnis.

Nah, setelah tahu jenis website seperti apa yang ingin Anda buat, silakan lanjutkan ke langkah berikutnya, yaitu memilih web hosting yang sesuai dengan kebutuhan Anda untuk bikin website.

2. Pilih Web Hosting

Setelah mantap dan menentukan akan membuat website seperti apa, sekarang saatnya beli hosting yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Web hosting adalah tempat penyimpanan online yang akan menyimpan semua data situs Anda.

Saat memilih paket hosting yang tepat, pastikan Anda menggunakan layanan yang andal dan tepercaya. Sebab, nantinya ini akan berpengaruh pada performa website yang dibuat.

Ada berbagai pilihan web hosting untuk semua kebutuhan Anda. Dalam membuat website, ada 3 jenis web hosting bisa Anda pilih, yaitu shared hostingcloud hosting, dan VPS hosting.

Berikut 3 jenis web hosting yang paling populer untuk bikin website:

Shared Hosting

Shared hosting adalah pilihan yang paling cocok kalau Anda baru mulai membuat website sederhana. Layanan ini adalah tipe server yang menaungi banyak user dan ditujukan untuk website berskala kecil hingga medium.

Cara kerja shared hosting bisa diumpamakan seperti transportasi umum, misalnya bus atau kereta. Jadi, beberapa website menggunakan resource yang sama dari satu server fisik, seperti penumpang dalam kendaraan umum.

Soal harga, biaya hosting website dengan paket ini bisa dibilang sangat terjangkau. Namun, ada batasan yang cukup ketat agar tiap user bisa memakainya bersama-sama dan tidak menyalahgunakan resource.

Untuk shared hosting, kelebihannya adalah sebagai berikut:

  • Domain gratis. Hanya dengan memilih paket web hosting Premium atau Bisnis, Anda langsung bisa mendapatkan satu domain gratis di tahun pertama, termasuk domain com gratis.
  • Instalasi mudah. Setup tool terpopuler dengan mudah, seperti script e-commerce, content management system, platform blogging, software forum, dan masih banyak lagi!
  • Backup mingguan. Backup file dan database secara otomatis melalui control panel.
  • Control panel sederhana. Panel yang kami kembangkan sendiri untuk memberikan kenyaman dan kemudahan dalam mengelola hosting.
  • FTP/File manager. Nikmati kemudahan mengedit file, direktori, dan kode menggunakan file manager berbasis web. Anda juga bisa menggunakan aplikasi FTP, seperti FileZilla.
  • Cache manager. Dengan adanya cache, website akan melakukan bypass terhadap permintaan PHP dengan membuat halaman statis. Website yang loading-nya cepat akan membuat klien dan pengunjung senang!

Cloud Hosting

Cloud hosting adalah layanan yang paling cocok untuk website toko online, proyek berskala besar, dan website berita online dengan visitor yang kerap datang kembali untuk mengakses informasi.

Layanan ini menawarkan kemudahan shared hosting, tapi dengan kecanggihan virtual server.

Cara kerjanya adalah dengan menyimpan salinan website di beberapa server fisik yang saling bekerja sama. Jadi, kalau ada satu server yang down, server lainnya dalam cluster tersebut akan menjadi penopang agar website Anda tetap online.

Cloud hosting memiliki keunggulan seperti shared hosting, dengan tambahan:

  • Gratis sertifikat SSL seumur hidup. SSL menerapkan HTTPS pada situs Anda, yang kini menjadi standar kelayakan web terbaru.
  • Alamat IP khusus. IP untuk server adalah satu-satunya IP yang dikhususkan bagi Anda.
  • Resource terpisah. Dibanding shared hosting, resource di cloud hosting menjadi milik Anda sepenuhnya dan tidak akan digunakan oleh user lain.
  • Harga terjangkau. Di Hostinger, harga cloud hosting terjamin murah. Cocok untuk Anda yang baru memulai cara membuat website. Misalnya, paket Cloud Startup dengan storage 200 GB hanya dikenakan biaya sebesar Rp150000/bulan saja!

VPS Hosting

Tipe hosting paling cocok untuk Anda yang mau buat website berskala besar, yang nantinya akan dioptimasi penuh. VPS adalah singkatan dari virtual private server dan merupakan pilihan yang tepat bagi user yang menginginkan kebebasan dan kontrol menyeluruh untuk mengelola platform dan website.

Namun, untuk menjalankan VPS hosting, Anda harus punya skill manajemen server dan tahu cara mengoperasikan terminal.

Singkatnya, VPS hosting menawarkan kustomisasi tingkat tinggi terhadap semua opsi yang tersedia. Mulai dari sistem operasi hingga software stack, semuanya bisa Anda kelola berkat adanya akses root.

Di Hostinger, harga paket VPS murah mulai dari Rp85900/bulan.

Nah, dengan VPS hosting, Anda akan mendapatkan keuntungan berikut.

  • Bebas mengelola environment. Akses root memungkinkan Anda membuat software sendiri dan mengontrol berbagai pengaturan di sisi server.
  • Resource terpisah. Tidak ada satu pun user pada server yang bisa masuk dan menggunakan resource Anda.
  • Dedicated IP. Setiap user VPS mendapatkan alamat IP yang semuanya berbeda dan tidak akan bisa digunakan oleh user lain.
  • 1-click OS install. Pilih sistem operasi dari berbagai pilihan distribusi Linux.
  • Server snapshot. Simpan pengaturan file dan server dengan fitur backup/restore otomatis.

Selain ketiga jenis hosting di atas, Hostinger juga menyediakan layanan managed hosting WordPress. Dengan layanan ini, Anda akan mendapatkan bantuan 24/7 terkait WordPress dan hosting. Tersedia juga berbagai paket yang bisa dipilih sesuai kemampuan bujet Anda.

Sudah pilih layanan hosting? Selamat! Mari lanjutkan ke cara bikin website berikutnya, yaitu menentukan nama domain.

3. Temukan Nama Domain

Langkah ketiga dalam cara membuat website adalah menemukan nama domain.

Pastikan Anda memilih nama domain yang unik dan mudah diingat untuk buat website, karena domain adalah alamat yang akan digunakan untuk situs Anda.

Berikut lima tips memilih nama domain:

  1. Jangan pilih nama domain yang sulit dieja.
  2. Pikirkan nama yang memiliki potensi bisnis.
  3. Pilih ekstensi domain sesuai bisnis atau kebutuhan.
  4. Cek ketersediaan dengan tool cek domain.
  5. Pilih nama domain terbaik.
  6. Beli dan daftarkan domain.

Untuk cari nama domain, Anda bisa langsung mengetikkan nama domain yang Anda inginkan ke kolom tool cek domain kami yang sangat mudah digunakan di bawah ini.

Cek Domain Murah

Ketik nama domain yang diinginkan dan segera cek ketersediaannya

Untuk mengetahui langkah-langkah beli domain, silakan baca panduan cara membeli domain.

Apabila sudah membeli domain dan hosting, sekarang waktunya melanjutkan ke langkah paling krusial, yaitu menentukan platform.

4. Pilih Platform dan Mulai Buat Website

Ada 3 opsi yang bisa Anda gunakan untuk buat website. Nantinya, dengan pilihan ini, Anda bisa menentukan akan melakukan langkah-langkah yang seperti apa.

Berikut tiga opsi umum untuk bikin situs web:

  • Menggunakan CMS. Kalau mencari cara membuat website yang paling mudah, Anda bisa menggunakan sistem manajemen konten atau CMS. Salah satu CMS yang memungkinkan Anda bikin website gratis adalah WordPress, yang caranya akan kami jelaskan di bawah nanti.
  • Website builder. Apabila merasa belum punya skill web design sama sekali, cobalah menggunakan website builder. Bahkan, dengan tool ini, Anda bisa melakukan bikin website tanpa coding!
  • Dengan coding. Jika Anda sudah menjadi web developer, pilihan ini tentu tidak akan sulit. Meskipun butuh usaha dan waktu yang lama, Anda bisa bebas menambahkan fitur apa pun untuk pengembangan website.

Di sini, kami akan menjelaskan cara membuat website dengan mudah menggunakan CMS. Ada beberapa CMS terbaik yang bisa Anda gunakan, tapi kami sangat merekomendasikan Anda menggunakan WordPress.

Selain bisa membuat website gratis, konfigurasi dan pengelolaan website WordPress juga gampang banget!

Cara Membuat Website dengan CMS (WordPress)

Sebagai CMS yang paling banyak digunakan, WordPress memungkinkan siapa saja membuat website sendiri. Sebagian orang memanfaatkan WordPress sebagai blogging platform, sedang sebagian lainnya mengubahnya menjadi situs e-commerce bahkan web ulasan dengan beragam pilihan fitur dan plugin.

Ini alasan kenapa CMS WordPress menjadi pilihan terbaik untuk mengonlinekan website:

  • Anda bisa membuat website tanpa coding. Salah satu keunggulan WordPress adalah kemudahan penggunaannya, bahkan bagi pemula. Dengan WordPress, Anda bisa buat website tanpa coding sedikit pun! Kalau sudah punya skill coding dan ingin menjalankan environment sendiri pun, WordPress bisa mewujudkannya untuk Anda.
  • Harganya terjangkau. WordPress memiliki library plugin dan tema, baik yang berbayar maupun tidak, yang bisa Anda install dan aktifkan untuk bikin website responsive dan menarik. Bahkan, kalau Anda ingin buat website secara gratis, WordPress adalah pilihan yang tepat!
  • Tersedia artikel, panduan, dan komunitas yang luas. Banyaknya user dan website yang menggunakan WordPress menjadi salah satu alasan mengapa ada banyak panduan, tips, dan artikel seputar platform ini. Jadi, mudah bagi Anda untuk mendapatkan solusi kalau-kalau mengalami kendala atau error.

Untuk bikin website WordPress, ikuti langkah ini:

1. Install WordPress

Di Hostinger, Anda bisa menginstall WordPress dengan mudah. Kalau sudah menggunakan layanan Hostinger, Anda bisa langsung menginstall WordPress untuk bikin website.

  1. Pertama, login ke https://hpanel.hostinger.com/.
  2. Setelah itu, klik Kelola pada hosting Anda.
  1. Temukan bagian Website di sidebar kiri hPanel, kemudian pilih Instalasi Otomatis.
  1. Anda akan menjumpai beberapa pilihan platform yang bisa digunakan. Pilih WordPress di bagian ini.
  1. Lengkapi informasi yang diminta, seperti judul website, email administrator, serta username dan password administrator. Setelah itu klik Selanjutnya untuk menuju langkah berikutnya.
  1. Tinjau informasi yang ditampilkan. Pilih opsi jadwal update, versi WordPress, dan bahasa, atau biarkan sesuai rekomendasi. Kalau sudah, pilih Install.
  1. Tunggu sampai prosesnya selesai. Setelah itu, Anda pun sudah berhasil menginstal WordPress.

Setelah WordPress berhasil diinstall, ketik [namadomainanda.com]/wp-admin untuk mengakses dashboard. Di halaman login, masukkan informasi yang tadi sudah Anda buat pada proses instalasi.

Halaman login admin wordpress

Kalau sudah berhasil login, Anda akan diminta mengatur beberapa hal untuk kustomisasi WordPress. Ikuti langkah-langkahnya, sampai Anda masuk ke bagian dashboard WordPress. Di sini, Anda bisa mengelola semua hal terkait website, konten, dan user WordPress.

2. Sesuaikan Tema dan Desain

Desain website sangat penting agar situs Anda nantinya bisa menarik pengunjung dan membuat mereka betah berlama-lama membuka website Anda. Desain website yang menarik juga bisa menyempurnakan UX website Anda.

Untuk proses desain, Anda bisa menyewa jasa web designer atau melakukannya sendiri. Tapi ingat, menggunakan jasa web designer mungkin akan membutuhkan biaya yang cukup mahal. Untungnya WordPress sangat mudah dikustomisasi, sehingga Anda pun bisa mencobanya sendiri.

Ada lebih dari 8.800 tema WordPress gratis dan premium di repositori tema WordPress resmi. Beberapa pilihan cocok untuk semua jenis website, sementara lainnya fokus pada tujuan tertentu, misalnya tema toko online, tema portofolio, atau tema blog.

Untuk install theme WordPress, buka panel admin WordPress Anda dan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Dashboard -> Appearance -> Themes lalu pilih tema untuk website Anda. Untuk melihat galeri tema lengkap, klik tombol Add New Theme.
  1. Silakan lihat-lihat pilihan tema yang tersedia, lalu klik Details & Preview atau tombol Preview untuk melihat tampilannya apabila digunakan di website Anda.
  1. Setelah mantap dengan pilihan Anda, klik Install -> Activate. Kalau ingin kembali ke galeri lagi, klik ikon X di pojok kiri atas.
  2. Klik tombol Customize untuk mengedit desainnya.
  1. Sesuaikan tema dengan keinginan Anda. Di sini, Anda bisa mengubah layout, warna, dan font tema.
  1. Klik ikon tablet atau handphone di pojok kiri bawah untuk melihat tampilan website dengan tema ini di berbagai ukuran layar perangkat.

Nah, kalau menggunakan tema premium, Anda harus mengupload file secara manual setelah membelinya.

Kembali ke Dashboard -> Appearance -> Theme -> Add New Theme lalu klik tombol Upload Theme. Pilih file .zip tema, dan pilih Activate setelah proses upload selesai.

3. Install Plugin WordPress

Salah satu kelebihan WordPress adalah galeri pluginnya yang sangat lengkap dengan banyak pilihan. Plugin adalah software yang bisa menambah fungsionalitas website WordPress. Dengan plugin, user bisa memulai cara membuat website tanpa coding untuk segala jenis situs.

WordPress memiliki lebih dari 59.000 plugin gratis dan premium untuk berbagai fungsi, mulai dari meningkatkan keamanan sampai berbagi konten website.

Untuk install plugin WordPress, buka Dashboard -> Plugins -> Add New. Coba lihat-lihat galeri plugin, atau tulis nama plugin di kolom Search plugins untuk menemukan plugin yang Anda cari. Setelah itu, klik tombol Install Now lalu Activate.

Untuk versi premium, upload plugin secara manual setelah Anda membelinya. Buka Dashboard, lalu Plugins -> Add New, kemudian klik Upload Plugins untuk menginstal dan mengaktifkan plugin premium Anda.

Berikut adalah beberapa plugin WordPress terbaik yang bisa Anda install untuk mengoptimalkan website Anda:

  • Contact Form 7 β€“ untuk membuat formulir kontak bagi halaman web Anda.
  • WooCommerce β€“ untuk menambahkan halaman produk dan metode pembayaran dengan mudah. Cocok untuk semua jenis website apabila difungsikan sebagai toko online.
  • Akismet β€“ mengecek komentar dan form kontak untuk mencegah konten berbahaya.
4. Mulai Buat Halaman Website Anda

Ketika memulai cara membuat website, Anda boleh mendesain situs yang hanya memiliki satu halaman, atau beberapa halaman. Kalau ingin membuat beberapa halaman, ini rekomendasi kami:

  • Home (Beranda). Halaman pertama yang dilihat pengunjung saat mengunjungi website Anda. Homepage harus memiliki kecepatan, konten, dan desain yang sangat baik agar bisa menarik audiens.
  • About (Tentang). Berisi informasi lebih lanjut tentang website Anda, misalnya untuk menjelaskan apakah situs Anda ditujukan untuk bisnis atau pribadi.
  • Contact (Kontak). Halaman yang berisi kontak agar pengunjung bisa menghubungi pemilik website apabila punya pertanyaan lebih lanjut.
  • Blog. Dengan blog, Anda bisa mengupdate konten baru ke website secara rutin, sehingga website akan terus fresh.
  • Halaman produk atau layanan. Jual produk dan layanan di halaman lain, terutama untuk toko online.

Untuk membuat halaman pertama di website baru Anda, buka Dashboard -> Pages -> Add New.

Selalu prioritaskan konten yang informatif dan akurat di halaman website Anda, serta sajikan navigasi yang user-friendly. WordPress memiliki block built-in untuk membantu Anda mengatur konten dan layout. Klik ikon + di pojok kiri atas dan cobalah semua block untuk mengoptimalkan halaman.

Nah, untuk halaman blog, Anda tidak perlu menyertakan apa pun di halamannya.

Cukup buka Settings -> Readings, lalu pilih A static page di samping bagian Your homepage displays. Pilih halaman blog kosong pada bagian Post page, kemudian klik Save Changes. Setiap kali Anda menambahkan postingan blog, WordPress akan otomatis menampilkannya di halaman blog.

WordPress juga memiliki plugin page builder untuk mengatur halaman website lebih mudah. Beberapa yang paling populer adalah Beaver Builder dan WPBakery Page Builder. Sebagian besarnya memiliki UI drag-and-drop, desain siap pakai, dan pengubahan ukuran konten.

Ini alasan Anda perlu menggunakan page builder:

  • User-friendly. Anda bisa membuat halaman web yang interaktif dan keren tanpa coding.
  • Lebih cepat. Manfaatkan section dan template siap pakai untuk membuat berbagai jenis halaman tanpa harus merancanfnya dari nol.
  • Fitur tambahan. Tingkatkan fungsionalitas dan desain website dengan menambahkan lebih banyak fitur ke halaman web Anda.

Perlu diingat, beberapa plugin akan lebih cocok untuk jenis website tertentu.

Gunakan satu page builder saja, karena kalau digunakan bersama-sama, Anda mungkin akan menjumpai error dan website akan menjadi lambat.

5. Buat Menu Navigasi dan Widget

Dalam cara membuat website, UX atau pengalaman pengguna harus sangat diperhatikan. Untuk mempermudah navigasi di website WordPress Anda, optimalkan menu dan widgetnya.

Anda bisa mulai dengan membuat menu agar pengunjung bisa menjelajahi halaman web Anda dengan mudah. Apa pun halaman yang dibuka, website Anda harus tetap menampilkan menu yang sama. Atau, buat menu terpisah untuk lokasi yang berbeda.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membuat menu:

  1. Buka Dashboard WordPress -> Appearance -> Menus lalu tuliskan Menu Name (Nama Menu). Pada Menu Settings, tentukan apakah halaman baru perlu ditambahkan ke menu secara otomatis. Kemudian, pilih Display location (Lokasi ditampilkan) di website. Klik Create Menu untuk menyelesaikan proses ini.
  1. Pilih HalamanPostingan, atau Kategori mana yang akan ditambahkan ke Menu. Kemudian, klik Save Menu untuk menerapkan perubahan.

Anda juga bisa menginstal plugin menu WordPress berikut untuk mengoptimalkan desain dan navigasi website:

  • Max Mega Menu β€“ menyediakan menu yang cepat dan responsif untuk membantu pengguna menjelajahi halaman lebih mudah.
  • Responsive Menu – menyediakan lebih dari 150 pilihan kustomisasi dengan UI yang mudah bagi pemula dan ringan.
  • WP Mobile Menu β€“ mengoptimalkan menu website di perangkat mobile dengan menu yang cepat, simpel, dan responsif.

Selain membuat menu yang mudah dinavigasi, Anda juga perlu menyesuaikan widget WordPress. Widget menambahkan konten dan struktur tambahan ke header, footer, dan sidebar website. Beberapa widget terpopuler termasuk postingan terbaru, kalender, dan kolom pencarian.

Beberapa tema memang langsung menampilkan widget tertentu, tapi Anda juga bisa membuat widget kustom. Caranya, buka Appearance -> Widget. Klik ikon + untuk menambahkan konten menggunakan block.

Untuk menyesuaikan widget langsung pada desain web, ikuti langkah ini:

  1. Buka Dashboard -> Appearance -> Customize.
  2. Pilih Widget di bawah menu Customize untuk menampilkan area untuk menambahkannya, seperti Sidebar Right (Sidebar Kanan), Footer, Header, dan Side Section (Bagian Samping).
  1. Pindahkan block untuk mengatur ulang widget, atau klik ikon + untuk menambahkan lebih banyak block. Perubahan yang dilakukan akan langsung terlihat.
  1. Klik Publish untuk menyimpan pengaturan. Anda juga bisa mengklik ikon gear di sebelahnya untuk memilih Save Draft.

Cara Membuat Website dengan Website Builder

Di bagian ini, kami akan menjelaskan langkah pembuatan website dengan Hostinger website builder. Tool ini memungkinkan Anda buat website dengan mudah dan cepat, serta mengatur, mendesain, dan mengelola website.

Semuanya bisa dilakukan tanpa perlu coding! Selain itu, fitur-fitur yang ditawarkan juga bisa memfasilitasi website pribadi, serta membantu memudahkan Anda memulai bisnis online. Ini keuntungan yang akan Anda dapat dengan Hostinger website builder:

  • Keamanan β€“ mematuhi standar PCI untuk informasi pribadi pengunjung.
  • Tool Kecerdasan Buatan (AI) β€“ membantu branding, pemasaran, dan optimasi situs Anda.
  • Setup cepat anti ribet β€“ antarmuka intuitif untuk mengedit dan membuat konten Anda sendiri.

Apabila memilih paket AI Website Builder, Anda bisa langsung memulai proses pembuatan website cukup dengan mengetikkan nama brand, jenis website yang mau Anda buat, serta deskripsi website Anda.

Setelah itu Anda bisa mengklik Buat website, lalu website builder kami akan menyiapkan desain website dengan fungsi dasar yang langsung bisa Anda onlinekan!

Anda juga masih bisa menyesuaikan desainnya lebih lanjut, seperti menambahkan fungsi toko online, blog, serta mengoptimasi website agar mendapatkan ranking tinggi di mesin pencari (SEO).

Pada dasarnya, AI website builder sudah disertakan hampir di semua paket kami. Apabila memilih paket selain AI Website Builder dan ingin menggunakan tool AI untuk membuat website ini, Anda bisa mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

1. Pilih Jenis Website dan Platform

Pertama, Anda akan diminta memilih jenis website yang akan dibuat, seperti toko online, blog, portofolio, atau lainnya.

memilih jenis website yang akan dibuat

Langkah ini penting karena memengaruhi bagaimana desain website Anda akan disiapkan. Setelah itu, pilih apakah akan membuat website baru atau migrasi website. Di tutorial ini kami memberikan contoh untuk membuat baru.

Lanjutkan dengan memilih AI website builder sebagai platform website pada proses berikutnya.

Setelah memilih Website Builder dengan AI dan menentukan nama domain yang akan digunakan, Anda akan diminta untuk memilih domain. Anda bisa menggunakan domain gratis yang sudah diklaim saat membeli paket hosting, atau menggunakan domain sementara.

memilih domain yang akan digunakan

Selanjutnya, pilih apakah Anda akan memulai dari awal menggunakan prompt AI sendiri seperti saat menggunakan paket Website Builder, atau memilih template siap pakai untuk mendesainnya sendiri. Apabila memilih template siap pakai, Anda akan diarahkan untuk memilih template yang diinginkan.

memilih template profesional untuk website builder

Pilih template yang paling Anda sukai dari opsi yang ada. Template ini dibuat oleh desainer, dan dikategorikan menjadi beberapa kelompok seperti eCommerce, Layanan atau Jasa, Fotografi, Restoran, Portofolio, Resume, Acara, dan Landing Page, atau Anda juga bisa memilih template kosong.

Untuk melihat bagaimana tampilannya nanti di website Anda agar lebih mantap saat memutuskan template yang akan digunakan, arahkan kursor ke opsi yang diinginkan dan klik Pratinjau.

Setelah memilih template, lanjutkan dengan mengklik Buat Website untuk langsung memulai cara membuat website tanpa coding dengan tool ini.

Apabila ingin berganti template, temukan opsi Pilih Template pada tombol menu tiga garis di pojok kiri atas lalu pilih template lain yang Anda inginkan.

kembali untuk memilih template lain

Kemudian untuk mulai mendesain website, pilih ikon Style website di sisi kiri untuk menyesuaikan Warna, Teks, dan Tombol. Anda juga bisa mengganti font website dengan opsi yang tersedia.

Gunakan tool drag-and-drop untuk mengubah tata letak halaman dengan mengklik salah satu elemen lalu memindahkannya ke area lain.

Untuk menguji desain dan navigasinya, klik Pratinjau. Kemudian Anda bisa lanjut mengoptimasi responsivitas desain di perangkat seluler dengan mengklik ikon handphone di menu bar atas. Sesuaikan langsung di halaman editor untuk mengubah tampilannya.

Setelah memilih template, Anda bisa lanjut ke cara membuat website berikutnya dengan tool ini, yaitu menambahkan halaman utama website.

Penting! Kalau Anda mengganti tema setelah mendesain dan menyesuaikan halaman, semua setup Anda akan hilang dan perlu diulang lagi dari awal.

2. Mulai Buat Halaman Utama Website

Halaman pertama yang akan dilihat pengunjung adalah homepage. Jadi, buatlah desain yang informatif dan menarik secara visual. Dengan begitu mereka pun akan lebih betah berlama-lama di website Anda.

Homepage yang efektif juga bisa mendorong pengunjung untuk melakukan tindakan yang diinginkan, misalnya melakukan pembelian atau menjadwalkan meeting. Oleh karena itu, pertimbangkan elemen berikut saat membuat homepage:

  • SEO. Sertakan meta title dan description agar website Anda mendapatkan peringkat tinggi di SERP dan mampu mendatangkan lebih banyak traffic.
  • Media. Tambahkan gambar atau video berkualitas agar tampilannya lebih menarik.
  • Menu. Tunjukkan halaman yang ada di website Anda, seperti halaman Tentang atau About Us dan Kontak untuk membantu pengunjung mengenal Anda lebih dekat.
  • Tata letak. Pertimbangkan dengan cermat di mana Anda harus meletakkan informasi penting yang sebaiknya dilihat pengunjung pertama kali, misalnya area untuk CTA.

Kalau menggunakan Hostinger, setiap tema yang ada sudah dilengkapi dengan homepage. Cukup sesuaikan temanya atau jadikan halaman lain sebagai homepage. Untuk melakukannya, klik ikon Menu website di pojok kiri atas.

Pilih halaman yang Anda inginkan sebagai homepage, kemudian klik ikon gear dan klik Jadikan Halaman Beranda.

3. Tambahkan Halaman dan Bagian Lainnya

Meskipun tema Hostinger sudah menyertakan halaman dan bagian default, Anda tetap harus memberikan sentuhan personal dengan membuat halaman sendiri agar website Anda lebih autentik dan estetik.

Kalau memutuskan untuk membuat desain satu halaman, tambahkan satu bagian kosong baru atau gunakan desain yang sudah ada.

Sementara itu, website dengan beberapa halaman biasanya punya halaman Tentang Kami, Blog, dan Kontak untuk menampilkan informasi lebih lanjut. Nah, saat menambahkan lebih banyak halaman, perhatikan hal berikut:

  • Halaman pilihan. Pertimbangkan halaman mana yang akan disertakan dalam menu.
  • Hierarki halaman. Pisahkan halaman utama dengan subhalaman dan buat hierarki halaman yang jelas untuk membantu mesin pencari melakukan crawl dengan lebih baik.
  • Tren. Lihat dan perhatikan desain website lainnya untuk mencari tahu halaman seperti apa yang sekiranya akan menarik pengunjung.

Untuk menghapus atau mengubah urutan halaman, klik ikon Menu website lagi. Ikuti panduan berikut untuk menambahkan halaman baru:

  1. Di area Menu website, klik tombol Tambahkan Halaman yang terletak di bagian bawah.
  2. Sesuaikan pengaturan halaman, seperti Nama dan URL halaman, SEO, dan lain sebagainya.
  3. Setelah itu Anda bebas menambahkan berbagai Elemen yang tersedia untuk halaman Anda, seperti Teks, Tombol, Gambar, Video, Feed Instagram, dan Formulir Kontak.
  1. Selain elemen, ada juga bagian untuk membagi halaman agar terlihat efektif. Arahkan kursor ke area editor, lalu pilih Tambahkan Bagian. Tool ini akan menampilkan beberapa opsi seperti Tambahkan bagian kosong atau untuk memilih bagian siap pakai. Ada beberapa kategori di sini, termasuk Tentang dan Headline.
  1. Kalau sudah selesai, buka Menu website lagi untuk mengoptimalkan halaman. Klik ikon gear di samping Halaman baru Anda lalu pilih Pengaturan.
  2. Di area Umum, ubah Nama di navigasi dan URL Halaman untuk mendeskripsikan halaman. Kemudian di area SEO, tambahkan Judul SEO dan Meta description untuk menjangkau pengunjung dari mesin pencari. Klik Simpan untuk menyelesaikan proses.
4. Optimalkan Struktur Navigasi Website

Saat mendesain website sendiri, jangan lupa untuk mempertimbangkan user experience Anda. Pengunjung harus bisa menelusuri dan menemukan informasi apa pun tanpa kesulitan.

Nah, oleh karena itu, atur menu website Anda agar pengunjung bisa lebih mudah menelusuri halaman. Selain itu, pilih halaman terpenting yang perlu ditampilkan di menu. Ingat, navigasi juga memengaruhi konversi.

Berikut beberapa tips dari kami untuk meningkatkan navigasi website Anda:

  • Jangan membuat terlalu banyak item menu. Cukup sertakan hingga tujuh halaman di menu utama agar pengunjung tidak kebingungan dan menghindari halaman yang terlalu padat.
  • Analisis hasil jangkauannya. Kalau ada halaman yang ternyata kurang menarik pengunjung, pindahkan informasinya ke halaman lain dan hapus halaman dari menu utama.
  • Responsivitas di perangkat seluler. Tampilan menu biasanya berbeda di perangkat seluler, jadi pastikan menu tersebut masih mudah dinavigasi.

Selain urutan menu utama, lokasinya pada halaman web sangat penting untuk navigasi pengguna. Untuk membantu pengunjung menelusuri halaman web Anda secara efisien, jangan lupa untuk mengatur header dan footer.

Header

Di bagian atas halaman web, header biasanya terdiri dari logo, nama website, dan menu bar. Header yang mudah ditelusuri memudahkan pengunjung untuk browsing lebih jauh di website Anda.

Kalau belum punya logo, Anda bisa membuat logo online gratis lebih dulu menggunakan generator maupun mendesainnya sendiri.

Setelah itu, sesuaikan header dengan mengarahkan kursor ke bagian menu pada editor drag-and-drop, lalu klik ikon gear.

Melalui Pengaturan header, Anda bisa mengubah hal-hal berikut:

  • Tata letak. Terdapat opsi Buat sticky header agar header tetap berada di bagian atas halaman web meskipun pengunjung scroll ke bawah. Anda juga bisa mengubah opsi Posisi menuPengaturan jarak item menu, dan Padding.
  • Logo. Pilih apakah Anda ingin menyertakan logo, lalu sesuaikan Lebar logo, Pengaturan jarak item menu, serta Posisi logo.
  • Style. Ubah Background header, misalnya menggunakan warna solid atau gambar. Selain itu, Anda bisa memilih Warna teks header, dan Warna hover.

Footer

Footer yang menarik juga akan membuat pengunjung betah membuka website dan menelusuri lebih banyak halaman.

Nah, Anda bisa membuat footer yang baik dengan menambahkan link navigasi dan informasi penting di bagian bawah website. Sebagian besar footer menyertakan informasi kontak, ikon media sosial, hak cipta, dan link ke halaman lain.

Footer menunjukkan bahwa pengguna sudah mencapai bagian bawah halaman. Link di footer biasanya ditujukan bagi halaman yang memuat banyak teks, seperti syarat dan ketentuan serta kebijakan refund.

Tema yang digunakan akan otomatis memiliki footer. Untuk mengedit elemen yang sudah disiapkan ini, klik elemen dan pilih tombol Edit di atasnya.

Untuk menyesuaikan Footer, klik bagian Footer lalu klik ikon gear.

Akan muncul layout dalam kisi (grid) untuk membantu Anda memindahkan elemen. Sementara itu, Pengaturan bagian bisa digunakan untuk mengubah:

  • Latar belakang. Pilih untuk menggunakan gambar atau warna solid sebagai latar belakang footer.
  • Layout. Aktifkan Paskan ke pemandu untuk mengelola elemen dengan lebih mudah.
  • Anchor. Buat URL khusus untuk footer.
5. Sempurnakan Elemen Visual Website

Elemen visual seperti gambar, video, logo, dan favicon akan membantu pengunjung untuk lebih familiar dengan website Anda.

Terutama untuk video, konten ini mampu menyampaikan konten yang ada di website Anda secara lebih menarik dan informatif sehingga pengunjung cenderung membuka website Anda lebih lama.

Namun ingat, elemen visual harus tetap relevan dengan website Anda. Kalau tidak, pengunjung justru akan merasa bingung dan terdistraksi. Nah, dengan tool website builder, Anda pun bisa menyesuaikan layout elemen visual tanpa perlu repot.

Untuk menambahkan elemen visual apa pun dalam cara membuat website ini, klik tombol Tambahkan elemen di pojok kiri editor.

Gambar

Di area Tambahkan elemen, klik Gambar lalu seret ke halaman Anda. Posisikan elemen di area halaman web yang Anda inginkan.

Tool builder akan menampilkan gambar default pada halaman web. Klik gambar tersebut, lalu pilih Edit gambar untuk membuka Pengaturan gambar.

Kemudian, klik tombol Ganti Gambar untuk mengupload gambar atau memilih yang ada di library stock image gratis milik Hostinger berisi lebih dari 1 juta foto. Pada pengaturan Gambar, jangan lupa untuk menyertakan Alt text yang mendeskripsikan gambar.

Di area Tindakan, tentukan apa yang akan terjadi saat pengunjung mengklik gambar tersebut:

  • Tidak ada. Tidak ada tindakan yang akan terjadi setelah pengunjung mengklik gambar.
  • Buka pratinjau layar penuh. Gambar akan ditampilkan dalam ukuran penuh.
  • Buka tautan. Apabila diklik, pengunjung akan diarahkan ke link yang Anda tambahkan. Ada juga opsi untuk membukanya di tab baru atau redirect halaman.

Untuk memasukkan beberapa gambar sekaligus, klik Tambahkan Elemen lalu pilih Galeri dengan mengklik atau menyeretnya ke halaman.

Seperti biasa, Hostinger akan menambahkan gambar default dulu. Untuk menggantinya, klik elemen dan pilih Kelola galeri.

Klik Tambahkan Gambar untuk memasukkan gambar sendiri. Kemudian, pilih gambar default dan klik ikon tempat sampah untuk menghapus gambar yang tidak dipakai.

Setelah menambahkan gambar, klik elemen lagi dan pilih ikon gear. Pada Pengaturan galeri, ubah Layout, Item per baris, Jarak antara foto, dan tindakan Saat klik.

Video

Proses untuk menambahkan video akan berbeda dengan gambar. Anda perlu mengupload video di YouTube atau Vimeo lebih dulu.

Setelah itu, klik atau seret elemen Video ke halaman web, klik video, kemudian pilih Edit video.

Di area Pengaturan video, ubah Link video menjadi URL video Anda sendiri. Kemudian, pilih apakah Anda ingin video langsung diputar saat pengunjung mengakses halaman. Tapi ingat, fitur Putar otomatis tidak berfungsi di perangkat seluler.

Ada juga opsi untuk memutar video dalam Loop secara default. Untuk Tata Letak, sesuaikan Padding antara video dan elemen lainnya. Agar pengunjung tidak terdistraksi, nonaktifkan Tampilkan kontrol video yang akan menyembunyikan tombol play, pause, dan volume.

Logo dan favicon

Cara membuat website berikutnya adalah menambahkan logo dan favicon. Untuk tujuan profesional, sebaiknya tambahkan logo di halaman Anda. Ini dikarenakan logo akan membuat website jadi lebih kredibel, serta memaksimalkan branding profesional.

Kalau belum memiliki logo, Hostinger memiliki tool AI Logo Maker yang akan membantu Anda.

Tips Berguna

Saat membuat atau mengupload logo, jangan lupa untuk mengatur latar belakangnya menjadi transparan agar lebih cocok dengan warna dan nuansa yang Anda pilih.

Untuk membuat logo baru, klik Tool AI kemudian pilih Tool Pembuat Logo.

tool untuk pembuat logo di website builder hostinger

Setelah itu, pilih bagaimana Anda ingin membuat logo:

  • Buat logo sendiri. Masukkan nama logo Anda, tujuannya, dan di mana Anda ingin menggunakannya. Kemudian, pilih logo untuk menyesuaikan warna, bentuk, dan tata letaknya.
  • Gunakan tool pembuat logo. Pilih logo siap pakai dari galeri yang tersedia lalu atur warna dan bentuknya.

Sementara itu, favicon adalah ikon kecil di tab web browser yang merepresentasikan website. Ikon kecil ini menjadikan website lebih mudah diingat oleh pengunjung, tampak profesional, dan kredibal.

Untuk mengupload favicon, buka Pengaturan website di pojok kiri bawah editor builder, lalu pilih Pengaturan umum.

Di bagian Favicon, klik tombol Tambah Gambar kemudian upload favicon Anda. Klik Simpan Perubahan untuk menyelesaikan prosesnya.

6. Simpan dan Publikasikan Website Anda

Hostinger otomatis menyimpan semua perubahan yang sudah dilakukan. Jadi, Anda tidak perlu khawatir akan kehilangan hasil edit yang belum disimpan.

Cukup cek setiap halaman web dan link yang ada setelah Anda selesai menyesuaikan konten. Apabila semuanya dirasa sudah sesuai keinginan, klik tombol Onlinekan di pojok kanan atas builder.

Selesai! Anda sudah berhasil menyelesaikan langkah membuat website dengan web builder.

5. Sesuaikan dan Optimasi Website

Selamat, Anda sudah sampai pada cara membuat website yang terakhir! Setelah melakukan semua langkah di atas, dari menentukan ide website, pilih domain dan hosting, lalu memilih dan menginstal platform, sekarang saatnya mengoptimasi website.

Selanjutnya, berikut tips dari kami untuk mengoptimasi website Anda:

Selain itu, Anda juga perlu mengaktifkan SSL/TLS demi keamanan situs Anda. SSL akan menerapkan HTTPS, yang kini sudah menjadi peraturan wajib. Apabila web Anda nantinya akan memproses informasi sensitif (misalnya password, informasi pribadi, dan informasi pembayaran), SSL/TLS ini sifatnya wajib.

Untuk lebih lengkapnya, silakan baca artikel kami tentang apa itu SSL/TLS dan cara memasangnya.

Yuk, Mulai Buat Website Sekarang!

Selamat! Kini Anda sudah tahu berbagai cara membuat website. Melalui artikel ini, Anda juga sudah mempelajari beberapa tips pengembangan website dan juga beragam tool terbaik untuk merepresentasikan diri Anda di dunia online.

Untuk membantu Anda mengingat, kami akan meringkas cara buat website yang sudah kami uraikan di artikel ini.

Jadi, kalau ingin bikin website gratis atau tanpa coding, Anda bisa mencoba menggunakan WordPress. Apabila ingin menggunakan layanan lainnya, coba perkirakan estimasi biaya pembuatan website sesuai platform pilihan Anda.

Kalau ingin mencoba yang lebih mudah untuk desainnya, gunakan website builder. Tool ini memungkinkan Anda bikin website tanpa perlu ribet dengan coding dan desainnya.

Nah… tunggu apa lagi? Yuk, mulai buat website Anda sekarang juga!

Author
Penulis

Faradilla A.

Faradilla, yang lebih akrab disapa Ninda, adalah Content Marketing Specialist di Hostinger. Ia suka mengikuti tren seputar teknologi, digital marketing, dan belajar bahasa. Melalui tutorial Hostinger ini, Ninda ingin berbagi informasi dan membantu pembaca menyelesaikan masalah yang dialami.