Cara Login WordPress dan Mengakses Dashboard Admin

Cara Login WordPress dan Mengakses Dashboard Admin

Setelah membuat website WordPress, tentu saja Anda perlu mengakses dashboard untuk mengelola konten dan pengaturannya. Nah, untuk membuka dashboard, Anda harus masuk lebih dulu ke WordPress. Biasanya, cara login WordPress yang paling umum adalah melalui link langsung.

Apabila website WordPress Anda memiliki banyak user, Anda bisa mengoptimalkan aksesnya dengan metode login kustom. Cara ini bisa meningkatkan keamanan website, karena setiap user akan diberi kredensial login masing-masing untuk mengakses satu admin area WordPress 

Di artikel ini, kami akan membahas cara log in WordPress dengan link langsung, melalui subdirektori dan subdomain, menjelaskan cara masuk ke WordPress dengan lebih cepat, serta cara mengatasi masalah login yang paling umum. Mari mulai dan selamat membaca!

Salah satu cara masuk ke dashboard WordPress yang paling gampang adalah menggunakan link langsung atau direct link. Akan tetapi, Anda harus sudah punya kredensial WordPress untuk melakukan cara ini. 

Kredensial ini adalah username dan password pemilik website atau administrator yang dibuat atau ditentukan pada saat proses install WordPress

Tips Berguna

Biasanya, akan ada pilihan untuk mengirimkan instruksi penginstalan (Send Me) saat Anda menginstal WordPress. Pilih opsi ini untuk menerima email yang berisi kredensial login WordPress Anda.

Berikut cara membuka dashboard admin WordPress Anda menggunakan link langsung: 

  1. Ketik URL website WordPress Anda di kolom alamat browser dengan salah satu path berikut:
    • www.domainanda.com/wp-admin
    • www.domainanda.com/wp-login.php
    • www.domainanda.com/admin
    • www.domainanda.com/login
  2. Browser akan membuka halaman masuk WordPress Anda. Masukkan Username atau Alamat Email dan Password Anda, lalu klik Log In untuk mengakses dashboard WordPress. 

Tips Berguna

Centang pilihan Remember Me pada form halaman login WordPress agar Anda tidak perlu login lagi setiap kali akan mengakses website WordPress Anda.

Cara Login WordPress melalui Subdirektori

Untuk masuk ke WordPress melalui folder subdirektori, gunakan URL yang sama dengan subdirektori. URL login Anda akan terlihat seperti ini:  

  • www.domainanda.com/subdirektori/wp-admin.php
  • www.domainanda.com/subdirektori/login

Kemudian, masukkan kredensial Anda untuk login ke admin area WordPress Anda. 

Cara Login WordPress melalui Subdomain

Mirip dengan cara masuk ke WordPress melalui subdirektori, sertakan subdomain di URL website saat Anda mengakses halaman login admin WordPress. URL loginnya akan terlihat seperti ini:

  • contoh.subdomain.com/wp-login.php
  • contoh.subdomain.com/login

Penting! Karena URL login default untuk mengakses dashboard WordPress selalu sama, ubah URL tersebut agar lebih aman. Untuk melakukannya, gunakan plugin keamanan WordPress seperti WPS Hide Login.

Cara Setting Akses WordPress Kustom

Website WordPress yang dikelola banyak user bisa menggunakan username dan password kustom. Metode ini akan membuat website Anda lebih aman, karena akses user bisa dipisahkan sendiri-sendiri sehingga menurunkan risiko masalah akibat menggunakan satu kredensial bersama-sama. 

Berikut cara membuat kredensial WordPress kustom:

  1. Klik tab Users di dashboard, lalu pilih Add New.
menambahkan user baru
  1. Masukkan Username, Email, dan Password, sekali proses untuk satu user. Centang Send the new user an email about their account (Kirim email ke user baru tentang akun mereka), lalu pilih Role (Peran) tergantung pada hak akses mereka. Klik Add New User, lalu selesai.  
menambahkan user baru 2

Cara Ganti Bahasa WordPress Melalui Halaman Login

Kalau website Anda memiliki banyak user dan mereka menggunakan bahasa yang berbeda-beda, Anda bisa mengaktifkan pilihan bahasa di halaman masuk WordPress. Bahasa yang dipilih juga akan diterapkan pada halaman pendaftaran dan reset password.

Penting! Fitur pilihan bahasa hanya tersedia di WordPress 5.9.

Untuk mengaktifkan pilihan bahasa, Anda harus menginstal bahasa yang diinginkan di dashboard admin WordPress lebih dulu. Buka Settings -> General dan temukan menu Site Language.

Klik menu drop-down, lalu pilih bahasa yang akan diinstal. Klik Save Changes di bagian bawah halaman.

pilihan bahasa wordpress

Setiap kali user mengakses halaman login, mereka akan melihat menu drop-down untuk memilih bahasa. Cukup pilih bahasa, lalu klik Change untuk beralih ke bahasa yang diinginkan.

layar login wordpress

Cara Login WordPress melalui hPanel

Ada cara masuk ke WordPress tanpa username dan password yang bisa Anda lakukan, yaitu melalui akun hosting. Provider web hosting Anda bisa membantu Anda login ke WordPress secara langsung, dengan log in lebih dulu ke akun hosting Anda. 

Berikut cara masuk ke dashboard WordPress menggunakan hPanel Hostinger:

  1. Masuk ke akun hosting Anda, lalu pilih Hosting dari menu utama. Pilih website WordPress Anda dan klik Kelola
  1. Klik tombol Dashboard di bagian WordPress

Penting! Pastikan Anda sudah menginstal WordPress menggunakan layanan hosting Anda. Kalau belum, lakukan melalui Instalasi Otomatis di hPanel.

  1. Klik tombol Edit Website di sisi kanan layar, lalu dashboard WordPress akan terbuka di tab baru. 
edit-website-di-hpanel

Cara Menggunakan Dashboard WordPress

Semua cara login WordPress di atas akan memberikan akses ke dashboard Anda. Berikut beberapa fitur yang ada di area admin WordPress untuk membantu mengoptimalkan website: 

  • Posts – area untuk membuat postingan blog baru di website WordPress Anda.
  • Media – galeri untuk semua jenis media, mulai dari gambar, video, sampai file audio.
  • Pages – area untuk menambahkan dan mengatur halaman di website Anda.
  • Comments – di sini, Anda bisa mengelola komentar dari pengunjung.
  • Appearance – menu untuk menyesuaikan desain dan fitur situs WordPress Anda.
  • Plugin – Anda bisa mendapatkan tool dan fitur tambahan menggunakan plugin WordPress
  • Users – tempat untuk mengelola user yang memiliki akses ke website WordPress Anda. 
  • Tools – di area ini, Anda bisa mengecek informasi tentang kondisi website WordPress Anda, serta cara mengimpor dan mengekspor datanya.
  • Settings – area untuk mengubah pengaturan dashboard dan website WordPress Anda. 
dashboard wordpress

Tips agar Tidak Lupa Username dan Password

Selain yang sudah dijelaskan di atas, ada juga beberapa cara login WordPress dengan cepat. Contohnya, Anda bisa menyimpan URL login WordPress di bookmark atau menggunakan password manager. 

Berikut adalah lima cara masuk ke WordPress dengan mudah dan cepat:

Bookmark URL Login di Browser

Anda bisa mem-bookmark halaman login WordPress di browser agar tidak perlu memasukkan URL loginnya lagi dan lagi setiap akan mengelola website. Metode ini juga membantu meminimalkan risiko salah ketik link login. 

Setiap browser memiliki cara sendiri untuk menyimpan URL login WordPress ke bookmark: 

Google Chrome

Ada tiga cara untuk bookmark URL di Google Chrome:

  • Klik ikon titik tiga di kanan atas browser, lalu pilih Bookmark -> Bookmark tab ini… untuk menyimpan halaman di bookmark. 
  • Tekan tombol Ctrl + D di keyboard Anda. 
  • Klik ikon bintang di samping URL pada kolom alamat browser. 

Anda juga bisa mengedit Nama dan Folder bookmark Anda di kolom bookmark browser.

Mozilla Firefox

Di Mozilla Firefox, Anda juga bisa mem-bookmark URL dengan menekan tombol Ctrl + D di keyboard atau mengklik ikon Bintang. Cara lainnya adalah dengan mengklik menu tiga garis di kanan atas browser, lalu pilih Bookmarks -> Bookmark current tab.

bookmark tab saat ini di mozilla firefox

Mozilla Firefox akan menampilkan pop-up untuk Edit bookmark, termasuk Nama dan Lokasinya. Anda juga bisa menambahkan Tag untuk URL login WordPress.

Microsoft Edge

Kalau menggunakan Microsoft Edge, klik ikon titik tiga di sisi kanan layar lalu pilih Favorites untuk bookmark URL login WordPress. Cara lainnya adalah menekan tombol Ctrl + Shift + O di keyboard, atau dengan mengklik ikon Bintang.

bookmark favorite microsoft edge

Sama seperti di Google Chrome, tersedia juga opsi untuk mengedit Nama dan Folder bookmark.

Tambahkan URL Login di Menu Website 

Cara lainnya untuk login WordPress dengan cepat adalah menambahkan URL login ke menu website. Dengan metode ini, link login akan langsung tersedia di website WordPress Anda. Ikuti langkah-langkah berikut untuk melakukannya:

  1. Masuk ke akun admin WordPress Anda dan buka Dashboard -> Appearance -> Menus. Pilih menu untuk menyertakan URL login, atau buat menu baru. Kalau ingin membuat menu baru, isi kolom di samping Menu Name lalu klik Create Menu
menu di wordpress
  1. Tambahkan URL login WordPress Anda di bawah Custom Links. Masukkan Link Text yang nantinya ditampilkan pada menu Anda. Klik Add to Menu dan Save Menu untuk menyelesaikan proses ini. 
menu custom link di wordpres

Atau, Anda juga bisa menggunakan plugin menu WordPress untuk melakukan langkah ini.

Selain menambahkan URL login ke menu website, Anda juga bisa memasukkannya ke area footer. Untuk melakukannya, gunakan plugin WordPress seperti Theme My Login.

Setelah plugin terinstal, ikuti langkah-langkah berikut untuk menambahkan link login dengan mengedit footer website Anda:

  1. Buka Dashboard -> Appearance -> Widgets. Klik tanda plus untuk menambahkan block WordPress, lalu cari block Theme My Login.
widget theme my login

Tips Berguna

Kami merekomendasikan agar Anda menggunakan block Gutenberg karena menyediakan fitur untuk menyesuaikan halaman Anda dengan mudah.

  1. Pilih Log In pada pilihan Action, kemudian klik Update
wordpress theme my login

Gunakan Widget Meta

Kalau tidak ingin menggunakan plugin, Anda bisa menggunakan widget meta. Ini adalah bagian dari pengaturan default WordPress yang menambahkan link ke halaman login Anda, RSS feed website, dan WordPress.org.

Untuk melakukannya, buka Appearance -> Widgets dan klik tanda plus. Tambahkan block Meta lalu ketik Title (Judul) yang ingin Anda tampilkan di footer website. 

meta login

Gunakan Password Manager

Cara cepat masuk ke WordPress berikutnya adalah dengan menyimpan kredensial Anda. Tapi, demi keamanan username dan password Anda, gunakan tool password manager. Metode ini membantu mencegah serangan brute force yang mungkin menargetkan akun Anda.

Tool password manager membantu menyimpan dan membuat password dengan aman. Berikut beberapa aplikasi password manager terbaik rekomendasi kami:

  • LastPass – tool ini menggunakan master password untuk menyimpan banyak akun, sehingga memberikan cara yang aman untuk membagikan password Anda dengan orang lain. Tersedia versi gratis untuk satu jenis perangkat, paket Premium seharga $3/bulan, dan paket Family seharga $4/bulan untuk beberapa perangkat. 
  • 1Password – menyediakan fitur password sharing yang aman. Ada dua paket harga yang ditawarkan, yaitu Team & Business dan Personal & Family, yang dua-duanya memberikan uji coba gratis 14 hari.  
  • Dashlane – mengenkripsi dan mengisi otomatis password WordPress Anda dengan pengaturan keamanan yang bisa disesuaikan. Tool ini menawarkan paket Team seharga $5/bulan dan paket Bisnis seharga $8/bulan dengan uji coba gratis 30 hari. 

Cara Mengatasi Masalah Login WordPress

Apabila Anda tidak bisa login WordPress atau mengakses dashboard admin, berikut beberapa kemungkinan penyebabnya dan cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya: 

Password Salah

Salah satu masalah paling umum yang menyebabkan user tidak bisa login adalah password WordPress yang salah. Kalau username dan password Anda tidak cocok, WordPress akan menampilkan pesan error berikut di layar login:

error password wordpress

Apabila Anda benar-benar lupa password, klik link Lost your password? di bawah kolom kredensial atau pada pesan error yang muncul. Masukkan Username atau Email Anda, kemudian WordPress akan mengirimkan link reset password ke email Anda.

Penting! Cara lain untuk ganti password WordPress secara manual adalah dengan mengubah user_pass menggunakan phpMyAdmin.

Error Establishing Database Connection

Kemungkinan penyebab lainnya adalah website WordPress Anda gagal membuat koneksi database. Website bisa mengalami error untuk mengambil dan menampilkan informasi dari database karena masalah traffic atau file yang rusak. 

Untuk mengatasi Error Establishing Database Connection ini, perbaiki database Anda atau buat database baru. 

Redirect Login WordPress Berulang

Anda mungkin juga mengalami masalah yang menyebabkan WordPress terus kembali ke halaman wp-admin meskipun kredensialnya sudah benar. Masalah ini termasuk dalam error redirect WordPress

Ada tiga cara untuk memperbaiki error ini: 

Login WordPress Dinonaktifkan

Apabila Anda masih tidak bisa login ke WordPress setelah beberapa kali mencoba, mungkin aksesnya telah dinonaktifkan untuk mencegah serangan brute force. Pesan error akan mencegah Anda masuk selama 20 menit lagi.

Saat mengirimkan informasi ke formulir login, pastikan Anda menggunakan password yang benar. Klik Lost your password? kalau Anda tidak bisa mengingatnya. 

Tips Berguna

Kalau Anda menggunakan plugin keamanan WordPress, sebaiknya nonaktifkan plugin lebih dulu.

Terkunci dari WordPress

Masalah lain yang bisa menyebabkan Anda terkunci dari WordPress meliputi: 

  • White Screen of Death. Naikkan limit memori website WordPress, nonaktifkan plugin, dan atur tema ke default. 
  • Parse error: syntax error. Perbaiki kesalahan ini menggunakan klien FTP.
  • Plugin atau tema bermasalah. Perbaiki file .htaccess yang rusak melalui klien FTP.

Kesimpulan

Akses ke dashboard WordPress akan sangat diperlukan untuk membuat, menyesuaikan, dan mengelola konten di website Anda.

Untuk masuk ke admin area WordPress, masukkan URL website dengan salah satu path berikut:

  • www.domainanda.com/wp-admin
  • www.domainanda.com/wp-login.php
  • www.domainanda.com/admin
  • www.domainanda.com/login

Kemudian, masukkan kredensial WordPress Anda di halaman login untuk mengakses dashboard. Gunakan pola URL yang sama untuk mengakses halaman login website WordPress melalui subdirektori dan subdomain.

Demi keamanan halaman admin yang lebih terjamin, kami menyarankan agar Anda membuat kredensial khusus bagi setiap user apabila website Anda memiliki banyak user. 

Kalau memilih untuk login tanpa harus memasukkan kredensial admin, Anda bisa masuk ke WordPress langsung dari akun hosting Anda. 

Nah, melalui artikel ini, kami juga sudah membagikan beberapa tips untuk membantu Anda mengingat kredensial login dan mengatasi masalah login WordPress. Kalau masih memiliki pertanyaan atau ingin menyampaikan komentar, sampaikan di bawah ini, ya.

Author
Penulis

Faradilla A.

Faradilla, yang lebih akrab disapa Ninda, adalah Content Manager di Hostinger. Ia suka mengikuti tren seputar teknologi, digital marketing, dan belajar bahasa. Melalui tutorial Hostinger ini, Ninda ingin berbagi informasi dan membantu pembaca menyelesaikan masalah yang dialami.