Cara Login ke Dashboard WordPress

Cara Login ke Dashboard WordPress

Sedang mencari cara login WordPress? Anda sudah membaca artikel yang tepat. Seperti yang Anda tahu, WordPress adalah salah satu CMS yang paling banyak digunakan untuk membuat blog dan website. Berkat opsi manajemennya yang mudah, platform ini menyediakan beberapa cara bagi Anda untuk mengelolanya tanpa ribet, termasuk untuk mengakses halaman WordPress login, atau WP login php.

Dalam artikel ini, kami akan membahas dua cara login WordPress, yang tentunya mudah diikuti oleh siapa pun. Selamat mencoba!

Cara Mengakses WP Admin Login

Biasanya, detail login admin WordPress dibuat ketika CMS ini diinstall. Oleh karena itu, password WordPress berbeda dari password control panel hosting.

Pada umumnya, WordPress diinstall di root domain (direktori public_html akun hosting). Untuk masuk ke WordPress, ketikkan salah satu link ini di browser:

  • www.domainanda.com/wp-admin
  • wwww.domainanda.com/admin
  • www.domainanda.com/login

Apabila Anda tidak bisa login WordPress menggunakan ketiga link di atas, coba URL berikut ini:

  • www.domainanda.com/wp-login.php

Jka berhasil login, Anda akan langsung diarahkan ke dashboard.

Pro Tip

Tandai Remember Me sebelum klik Log In agar Anda tidak perlu memasukkan kredensial lagi saat login nanti.

Halaman login WordPress

Cara Login WordPress Admin dengan Subdirektori

Jika WordPress diinstall di subfolder, misalnya /wp/, URL halaman loginnya akan seperti ini: www.domainanda.com/wp/wp-admin.

Apabila diinstall di sub-domain, URL-nya seperti ini: www.subdomain.domainanda.com/wp-admin.

Karena URL loginnya sama secara default, kami sarankan untuk mengganti linknya dengan alasan keamanan. Anda bisa mengubahnya dengan cara manual atau menginstall plugin.

Cara Lain untuk Masuk WordPress

Berikut beberapa cara alternatif untuk masuk ke WordPress dashboard:

  1. Bookmark URL halaman WordPress login. Caranya, ketik CMD + D. Jika tidak berhasil, pilih Bookmarks -> Bookmark This Page (Safari -> Add Bookmark).
  2. Tambahkan link login ke menu website. Caranya, masuk WordPress admin, klik Appearance -> Menus. Pilih menu yang hendak ditambahkan link login, lalu cari Add menu items -> Custom Links, kemudian masukkan URL login dan tambahkan teks yang ingin dimunculkan.
Tambah link login masuk WordPress
  1. Gunakan Meta widget untuk menambahkan link ke halaman WordPress login, RSS feed situs WordPress, dan WordPress.org. Pilih Appearance -> Widgets dan klik Meta. Setelah itu, tentukan area yang akan ditambahkan widget dan klik Add Widget. Berikan judul pada kolom Title. Klik Save.
Cara login WordPress - Meta Widget

Cara Masuk ke Dashboard WordPress

Cara login admin WordPress adalah dengan melengkapi username, alamat email, dan password yang telah dibuat pada saat platform ini diinstall.

Jika kotak Send me installation instructions via email ditandai ketika proses install WordPress berlangsung, semua info login akan dikirimkan ke email.

Setelah semua detail login diisi lengkap, klik Log In. Nah, kini Anda sudah tahu cara masuk ke dashboard WordPress.

Cara masuk ke dashboard WordPress

Mengatasi Masalah Tidak Bisa Login WordPress

Ada kalanya muncul beberapa kendala atau error saat masuk WordPress admin area. Di bagian ini, kami akan membahas sejumlah permasalahaan umum beserta cara mengatasinya.

Menggunakan Password yang Salah

Jika Anda yakin email yang dimasukkan benar tapi password salah, segera klik link Lost your password? di bawah login form. Kemudian, masukkan username atau email Anda. Link untuk mengubah password akan dikirimkan ke email.

Lupa password login

Apabila password WordPress tidak bisa diganti melalui email, lakukan secara manual dengan mengubah kolom user_pass menggunakan phpMyAdmin. Silakan baca tutorial kami tentang cara mengganti password WordPress untuk mengetahui caranya.

Error Establishing Database Connection

Ketika muncul, error ini akan menghalangi Anda untuk login ke dashboard WordPress. Biasanya error establishing database connection terjadi karena website tidak bisa menerima dan menampilkan informasi yang diambil dari database karena trafik yang buruk atau database rusak.

Untuk mengatasi hal ini, Anda harus segera memperbaiki database atau membuat database yang baru. Silakan baca panduan kami untuk mengatasi masalah “Error establishing database connection“.

WordPress Login Dinonaktifkan

Saking terlalu banyaknya percobaan untuk masuk ke akun WordPress, formulir WordPress login pun dimatikan untuk sementara. Ikutilah instruksi yang diberikan sebelum mencoba login kembali. Kalau lupa password, ganti dengan yang baru.

Kesimpulan

Sampai di sini, Anda sudah tahu cara login WordPress beserta permasalahan umum yang kerap terjadi dan cara mengatasinya. Pada dasarnya, mengatasi masalah WordPress login tidak membutuhkan langkah-langkah yang sulit. Jadi, dengan panduan ini, semoga Anda berhasil menemukan solusinya dan bisa kembali mengakses halaman WP login php.

Jika ada pertanyaan atau kritik dan saran, tinggalkan komentar pada kolom di bawah ini.

Author
Penulis

Ariata C.

Ariata suka sekali menulis dan menerjemahkan, dan sekarang ini bekerja sebagai translator di Hostinger Indonesia. Lewat artikel dan tutorial yang diterbitkan di blog Hostinger, Ariata ingin membagikan pengetahuan tentang website, WordPress, dan hal terkait hosting lainnya kepada para pembaca.