23 Situs Freelance Terbaik untuk Cari Uang secara Online

23 Situs Freelance Terbaik untuk Cari Uang secara Online

Jika Anda adalah seorang freelancer yang sedang mencari kerja, Anda mungkin tahu betapa melelahkannya pekerjaan ini. Tapi jangan khawatir, ada banyak sekali situs freelance Indonesia maupun luar yang bisa dikunjungi untuk membantu pekerja profesional seperti Anda mencari pekerjaan sesuai skill dan minat. Dalam artikel ini, kami akan memberi daftar situs freelance terbaik agar Anda bisa menawarkan jasa Anda. Selamat membaca!

Apa Itu Freelance?

Freelance artinya pekerjaan yang dilakukan secara sambilan atau lepas dan tidak terikat dengan perusahaan mana pun. Umumnya, orang yang bekerja freelance akan menerima pembayaran setelah menyelesaikan setiap proyek dari pihak yang membutuhkan jasa mereka.

Apa itu freelancer? Freelancer artinya orang yang bekerja tanpa ada kontrak tetap atau jangka panjang dengan pemberi kerja. Kini, menjadi seorang freelancer merupakan salah satu cara populer untuk mencari uang melalui hobi atau bakat. Anda bebas melamar proyek yang mampu Anda kerjakan atau sukai, dan tidak harus terikat dengan pihak pemberi kerja.

Nah, melalui website freelance, Anda bisa membangun karier freelance Anda, karena situs-situs ini menyediakan layanan bagi Anda untuk menawarkan jasa, atau mencari tawaran kerja yang sesuai dengan minat dan bakat. Melalui situs ini, Anda juga bisa memulai cara dapat uang dari internet dan mencari uang tambahan.

Selain itu, Anda bisa mengasah skill dengan mengambil berbagai proyek berbeda dari berbagai pencari jasa yang berbeda juga. Pada akhirnya, dengan portofolio yang juga berkembang, Anda bisa mendapatkan banyak tawaran proyek. Berikut website freelance terbaik rekomendasi kami.

Di bawah ini, kami memiliki beberapa rekomendasi situs freelancer yang bisa Anda gunakan untuk cari uang tambahan. Website freelance yang kami bahas dalam artikel ini dibagi menjadi dua area, yaitu situs freelance Indonesia dan website freelance lainnya dengan jangkauan internasional.

Daftar Situs Freelance Indonesia

1. Freelancer Indonesia

website freelance indonesia
  • Jenis pekerjaan: Hampir semua jenis pekerjaan
  • Kelebihan: Banyak pekerjaan yang diposting karena merupakan salah satu situs freelance terbesar

Website freelance untuk mencari uang tambahan ini menjadi pasar crowdsourcing terbesar dengan 32 juta user yang terdaftar. Untuk menyesuaikan dengan tingginya angka tersebut, ada ribuan pekerjaan yang bisa Anda pilih sebagai seorang pekerja lepas.

Anda bisa mendaftar di sini secara gratis dan dengan ratusan lowongan yang diposting setiap hari.

2. Sribulancer

Sribulancer dalam daftar situs freelance Indonesia
  • Jenis pekerjaan: Hampir semua, lebih sesuai pasar Indonesia
  • Kelebihan: Menyediakan pembayaran via transfer bank

Kemudian ada Sribulancer. Di situs freelancer Indonesia ini, Anda bisa menemukan berbagai jenis pekerjaan. Seperti Freelancer Indonesia, Sribulancer juga merupakan salah satu yang terbesar dalam daftar situs freelance Indonesia. Karena website ini lebih disesuaikan untuk pasar Indonesia, Anda pun bisa menemukan job yang mungkin akan lebih sesuai dengan keahlian Anda.

Selain itu, mereka juga menyediakan sistem pembayaran via transfer bank sehingga akan lebih memudahkan segalanya, mengingat kartu kredit belum banyak digunakan di Indonesia. 

3. Sribu

Sribu dalam daftar situs freelance Indonesia
  • Jenis pekerjaan: Khusus di bidang desain
  • Kelebihan: Lebih disesuaikan untuk pasar Indonesia

Sribu masih berada di bawah naungan Sribulancer. Bedanya, situs freelancer Indonesia ini lebih eksklusif untuk pekerjaan-pekerjaan yang berhubungan dengan desain. Kalau Anda memang sudah punya keahlian di bidang desain, baik itu desain logo, kemasan produk, maupun desain grafis secara umum, website freelance Indonesia ini bisa jadi pilihan yang tepat untuk cari tambahan penghasilan.

4. Projects

Projects dalam situs freelancer yang direkomendasikan
  • Jenis pekerjaan: Kebanyakan bidang teknologi
  • Kelebihan: Salah satu yang terbesar di Indonesia, banyak job yang ditawarkan

Projects juga merupakan salah satu situs freelancer Indonesia yang paling besar. Jasa yang ditawarkan di website freelance Indonesia ini kebanyakan meliputi hal-hal yang berbau teknologi, seperti 3D modeling dan animasi, data mining dan data entry, marketing dan social media, dan lain sebagainya. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa menemukan pekerjaan selain itu. Ada juga beberapa tawaran pekerjaan untuk menjadi pengajar, asisten pribadi, dan lain sebagainya. 

5. Fastwork

Situs freelancer Fastwork
  • Jenis pekerjaan: Umumnya berkaitan dengan teknologi
  • Kelebihan: Penggunaannya mudah, antarmuka yang simpel dan clean

Situs freelancer untuk cari kerja online ini awalnya didirikan di New York pada tahun 2015, dan memfokuskan areanya di pasar Asia Tenggara. Fastwork masuk ke Indonesia pada tahun 2018, dan hanya setahun setelahnya, mereka sudah berhasil meraih lebih dari 50.000 registered user dengan ribuan transaksi setiap bulannya. Tak heram kini Fastwork pun menjadi salah satu yang paling besar di Indonesia.

Anda bisa menemukan berbagai pekerjaan yang umumnya meliputi area teknologi digital, mulai dari desain grafis hingga gaya hidup seperti menulis caption untuk akun media sosial dan menjadi planner itinerary perjalanan.

6. Indeed

Indeed
  • Jenis pekerjaan: Pekerjaan umum yang ditawarkan perusahaan
  • Kelebihan: Lowongan dialihkan ke website pemberi kerja sehingga cukup tepercaya

Selain untuk mencari pekerjaan full-time, Indeed juga menyediakan wadah bagi perusahaan atau pemberi kerja untuk memposting pekerjaan yang membutuhkan tenaga kerja lepas. Anda bisa mencari kerja online sebagai freelancer di situs ini, yang umumnya diposting oleh perusahaan-perusahaan yang sudah kredibel.

Umumnya, lowongan yang diposting di situs Indeed juga hanya sebagai iklan, dan proses pendaftaran akan dialihkan ke website pemberi kerja. Dengan begitu, risiko adanya lowongan palsu pun lebih rendah. 

7. OLX

OLX untuk cari kerja freelance
  • Jenis pekerjaan: Hampir semua bidang
  • Kelebihan: Sudah banyak dikenal user umum, pengoperasian mudah

Anda mungkin mengenal OLX sebagai situs jual beli barang-barang second, atau tempat untuk jual beli properti dan kendaraan. Jangan salah, ternyata mereka juga menyediakan tempat untuk menawarkan pekerjaan, lho! Ada banyak sekali jenis pekerjaan freelance yang ditawarkan di OLX, mulai dari guru, penulis, hingga ketua arisan. Unik sekali, ya?

Namun, Anda harus waspada saat mencari pekerjaan freelance di OLX karena mereka belum memiliki sistem yang terintegrasi, sehingga proses transaksi harus dilakukan di luar website.

8. LinkedIn

LinkedIn sebagai situs freelancer
  • Jenis pekerjaan: Umumnya penulis dan penerjemah
  • Kelebihan: Kredibel karena merupakan website dengan reputasi yang bagus

LinkedIn mulai populer sebagai situs pencari kerja di Indonesia sejak mewabahnya COVID-19, yang mengharuskan banyak orang mencari pekerjaan, baik akibat terkena imbas wabah ini maupun untuk mencari tambahan. Anda bisa memanfaatkan LinkedIn untuk mencari pekerjaan freelance, baik remote work maupun kerja lepas di sekitar Anda. Cukup sesuaikan saja wilayah dan jenis pekerjaan yang Anda inginkan di bagian filter.

Situs Freelance Terbaik untuk Internasional

1. Fiverr

banner situs freelancer fiverr
  • Jenis pekerjaan: digital marketing, pengembangan web, media sosial
  • Kelebihan: kategori beragam, pendaftaran gratis, kursus online
  • Kekurangan: biaya komisi tinggi, proses pembayaran lama

Freelancer di situs ini bisa menampilkan proyek yang telah diselesaikan pada publik agar calon pengguna jasa bisa memilih siapa pun yang menarik perhatiannya dengan mudah. Fitur ini menjadi alternatif dari cara konvensional yang harus mengontak freelancer satu per satu.

Terlebih lagi, Fiverr menyediakan pelatihan gratis untuk mengembangkan skill Anda dan mengajarkan bagaimana cara mendapatkan klien.

2. Upwork

banner website freelancer upwork
  • Jenis pekerjaan: pemasaran merek, pemrograman, desain website
  • Kelebihan: perlindungan pembayaran, klien yang kredibel, proyek berbasis anggaran
  • Kekurangan: proses seleksi yang lama, biaya layanan yang tinggi

Upwork memberikan berbagai tool untuk mendukung perjalanan karir freelance Anda, seperti collaborative space, pembuat invoice bawaan, dan proses rekrutmen yang transparan. Anda juga bisa bekerja untuk berbagai klien terkenal seperti Microsoft, Airbnb, Dropbox, dan lainnya.

Bagi siapa pun yang mendambakan fleksibilitas dalam pekerjaannya tentu patut mencoba website freelance yang satu ini.

3. Guru

banner web Guru
  • Jenis pekerjaan: pemasaran, pemrograman, administrasi
  • Kelebihan: pembayaran aman, daftar pekerjaan yang disesuaikan, keanggotaan gratis
  • Kekurangan: berpotensi terdapat klien palsu

Setelah mendaftar pada platform ini, Anda akan menjadi bagian dari 3 juta freelancer di seluruh penjuru dunia yang mencari berbagai macam pekerjaan seperti web development, menulis, arsitektur dan lainnya.

4. Toptal

Banner website toptal
  • Jenis pekerjaan: software development, konsultasi keuangan, manajemen sementara
  • Kelebihan: perusahaan dan pekerja profesional, pembayaran dan invoice gratis
  • Kekurangan: proses filter panjang, hanya proyek besar

Toptal adalah situs web freelance yang menjanjikan perusahaan bahwa mereka bisa menyewa 3% freelancer global teratas. Tentunya, Anda bisa menjadi salah satunya jika Anda bekerja cukup keras dalam membangun keterampilan Anda.

5. SimplyHired

banner website simplyhired
  • Jenis pekerjaan: SDM, keuangan, entri data
  • Kelebihan: peringatan email, panduan yang mudah, alat kerja gratis
  • Kekurangan: spam dari website pihak ketiga yang kurang tepercaya

Salah satu hal yang terbaik dari situs ini adalah fiturnya dalam mencari pekerjaan lepas di lokasi terdekat Anda. Ditambah lagi, ada daftar ‘top salaries’ dan tool untuk memperkirakan harga jasa Anda. Kedua hal tersebut sangat membantu untuk mematok pekerjaan apa yang Anda ingin lakukan.

Anda juga bisa membuat resume dan mempelajari berbagai hal dari blog website ini.

6. PeoplePerHour

banner website freelance peoplehour
  • Jenis pekerjaan: pemrograman, jurnalisme, branding
  • Kelebihan: invoice otomatis, daftar berbasis lokasi, pembayaran aman
  • Kekurangan: penawaran gratis dibatasi hingga 15 per bulan

Website ini memiliki sekitar 1,5 juta tenaga lepas yang menggunakan layanannya. Tiap freelancer akan mendapatkan rating, yang mana sangat berguna untuk meningkatkan promosi.

PeoplePerHour tidak mengenakan biaya bagi para pekerja, tapi kompetisi yang terjadi di platform ini begitu menantang. Anda bisa selalu meningkatkan dan mematok harga yang wajar sehingga akan lebih mudah bagi Anda untuk mendapatkan proyek.

7. FlexJobs

banner web flexjobs
  • Jenis pekerjaan: penulisan, pemasaran konten, transkripsi
  • Kelebihan: bebas penipuan, jaminan uang kembali 30 hari, dukungan yang andal
  • Kekurangan: beberapa pekerjaan premium bisa ditemukan di luar platform

FlexJobs tidak hanya sebatas menyediakan platform untuk pekerjaan lepas, tetapi juga mendorong semua orang untuk mencoba jalur karier ini. Selain itu, situs website ini juga mengumpulkan pekerjaan dari seluruh dunia.

Dengan 14,95 USD per bulan, Anda bisa mendapatkan akses penuh ke jaringan perusahaan yang luas, berbagai tes keterampilan, dan deskripsi terperinci dari setiap perusahaan.

8. ProZ

Website freelance ProZ
  • Jenis pekerjaan: penerjemahan, penulisan, berkaitan di bidang bahasa
  • Kelebihan: salah satu yang terbesar untuk penerjemah
  • Kekurangan: persaingan yang sangat ketat, terkadang fee sangat ditekan

Kalau Anda punya pengalaman atau bahkan sudah profesional di bidang bahasa, seperti penerjemahan, subtitling, atau penulisan, cobalah mencari pekerjaan lepas di ProZ. Situs ini merupakan database yang sangat lengkap untuk pekerjaan online di bidang bahasa, serta memiliki forum untuk saling berdiskusi seputar bahasa, misalnya untuk menemukan arti yang paling tepat saat Anda menjumpai kesulitan dalam menerjemahkan sebuah kata.

9. Translators Cafe

Website freelancer Translators Cafe
  • Jenis pekerjaan: penerjemahan, linguist, dan terkait bahasa
  • Kelebihan: paling populer setelah ProZ, banyak job yang ditawarkan
  • Kekurangan: tampilan yang kurang modern

Sama seperti ProZ, situs freelancer Translators Cafe juga fokus pada bidang penerjemahan dan hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan seorang linguist. Ada banyak pekerjaan yang diposting di website ini setiap harinya, dari perusahaan-perusahaan ternama maupun project manager yang sedang menjari penerjemah.

10. Dribbble

Dribbble
  • Jenis pekerjaan: mobile design, ilustrasi, animasi
  • Kelebihan: jaringan besar, komunitas global, inspirasi desain berlimpah
  • Kekurangan: daftar pekerjaan freelance hanya tersedia dengan versi pro

Dribbble adalah salah satu platform paling populer bagi pekerja kreatif untuk saling bertemu, terhubung, dan berinteraksi satu sama lain. Desainer dan seniman menggunakan situs web ini untuk membangun portofolio dan mempromosikan merek mereka.

Untuk menemukan peluang kerja, Anda bisa membuka job board di browser. Ada berbagai jenis pekerjaan di sini, termasuk UI/UX design dan pembuatan konten. Namun, akses ke daftar pekerjaan terbatas untuk pengguna versi premium dengan biaya $5 hingga $15/bulan, yang kemudian akan memasukkan Anda ke daftar prioritas pencarian tenaga kerja lepas.

11. Behance

Behance
  • Jenis pekerjaan: ilustrasi, fotografi, desain web
  • Kelebihan: audiens yang besar, relasi yang luas, konten yang dipersonalisasi
  • Kekurangan: lingkungan yang kompetitif, ukuran file gambar terbatas

Berbeda dari situs freelancer sebelumnya, Behance adalah jejaring sosial untuk pekerja kreatif. Behance menyediakan tempat untuk ditemukan oleh calon pemberi kerja. Semakin banyak profil yang Anda ikuti, semakin banyak postingan yang akan muncul di feed.

Behance juga menyediakan daftar job. Setiap pekerja akan mendapatkan rekomendasi pekerjaan sesuai keahlian dan kategorinya, sehingga akan lebih mudah bagi Anda untuk menemukan pekerjaan lepas yang sesuai dengan keahlian.

12. ServiceScape

ServiceScape
  • Jenis pekerjaan: penulisan akademik, penerjemahan dokumen, penyuntingan naskah
  • Kelebihan: struktur harga khusus, opsi penjadwalan yang fleksibel, komunikasi yang efektif
  • Kontra: persentase komisi tinggi dan bidang keahlian terbatas

ServiceScape dikhususkan untuk penulisan lepas, editorial, dan pekerjaan terjemahan. Platform ini membantu pekerja lepas membangun profil dan mempromosikannya ke basis data klien yang berkembang. Hal yang membedakannya dari platform lain adalah proses perekrutannya. Tanpa perlu mengirimkan penawaran atau proposal, Anda cukup menunggu penawaran job dari klien. Jadi, sempurnakan profil Anda sebaik mungkin.

Metode pembayaran yang digunakan adalah PayPal, cek, dan Gusto. Anda bisa mengatur struktur harga khusus, berbasis proyek atau per jam. Namun, platform ini membebankan biaya komisi sebesar 50% untuk setiap pekerjaan yang diselesaikan.

13. 99Designs

banner 99designs
  • Jenis pekerjaan: desain grafis, web, dan logo
  • Kelebihan: dedicated environment, pembayaran aman, komunitas aktif
  • Kekurangan: biaya layanan tinggi, level desainer bisa dibatasi

Situs kerja lepas ini berfokus pada desainer – dari pembuatan logo hingga sampul buku. Platform ini juga memperbolehkan klien untuk membuat kontes yang bisa diikuti oleh siapa pun yang berada pada 99Designs.

Hanya dengan nol rupiah, Anda bisa memanfaatkan platform untuk menampilkan karya Anda dan meningkatkan kekreatifitasan Anda dengan artikel terkini.

14. Writer Access

banner web frelance writeraccess
  • Jenis pekerjaan: penerjemahan, penulisan, content strategist
  • Kelebihan: memiliki tool untuk meningkatkan efisiensi pekerjaan
  • Kekurangan: jenis pekerjaan terbatas

Jika Anda ingin menjadi seorang penulis lepas (freelance writer), Writer Access bisa menjadi platform yang tepat. Situs ini memiliki berbagai macam pekerjaan terkait menulis termasuk artikel online, studi kasus, laporan ilmiah dan lainnya.

Situs freelance ini memiliki banyak tool seperti content analytics, keyword optimization, dan content planner agar pekerjaan Anda lebih efisien.

15. Designhill

banner designhill
  • Jenis pekerjaan: desain website, brand, dan merchandise
  • Kelebihan: toko online built-in, tidak ada biaya layanan, dukungan obrolan langsung
  • Kekurangan: bukan pilihan yang baik untuk non-desainer

Situs web freelance ini menawarkan harga transparan di muka sehingga klien bisa mengantisipasi berapa biaya desain yang telah selesai. Fitur ini sangat berguna karena ada begitu banyak pekerjaan desain dengan harga yang juga berbeda.

Kesimpulan

Menjadi freelancer tentunya akan memberi Anda fleksibilitas dalam menentukan pekerjaan, dan Anda bebas mengerjakannya di mana saja. Untuk membantu Anda mencari uang tambahan dengan menjadi freelancer, kami sudah merekomendasikan daftar situs freelance yang bisa Anda kunjungi melalui artikel ini.

Nah, untuk membantu Anda mengingat, berikut adalah ringkasan dari semua website freelance yang telah kami bahas di atas.

Daftar situs freelance Indonesia yang direkomendasikan:

  1. Freelancer Indonesia
  2. Sribulancer
  3. Sribu
  4. Projects
  5. Fastwork
  6. Indeed
  7. OLX
  8. LinkedIn

Situs freelance terbaik untuk internasional:

  1. Fiverr
  2. Upwork
  3. Guru
  4. Toptal
  5. SimplyHired
  6. PeoplePerHour
  7. FlexJobs
  8. ProZ
  9. Translators Cafe
  10. Dribbble
  11. Behance
  12. ServiceScape
  13. 99Designs
  14. Writer Access
  15. Designhill

Bagaimana, sudah yakin akan memulai karier Anda sebagai seorang freelancer? Tunggu apa lagi? Mulai sekarang juga!

Author
Penulis

Faradilla Ayunindya

Faradilla adalah penerjemah bahasa Inggris ke bahasa Indonesia yang menyukai segala hal tentang IT dan senang mengikuti tren seputar teknologi. Ia ingin turut berbagi informasi mengenai topik yang sedang populer di dunia online melalui tutorial yang ditulisnya di blog Hostinger.