Apa Itu Digital Marketing: Pengertian & Strategi Digital Marketing

Apa Itu Digital Marketing: Pengertian & Strategi Digital Marketing

Digital marketing adalah strategi atau upaya untuk memasarkan atau mempromosikan produk melalui segala jenis media digital. Media pemasaran digital mencakup saluran komunikasi yang sering kita jumpai, baik melalui jaringan Internet maupun jaringan lainnya seperti telepon dan televisi. Pengertian digital marketing sendiri dalam bahasa Indonesia berarti pemasaran digital.

Di era yang serbacanggih seperti sekarang ini, pemasaran digital atau digital marketing menjadi sebuah strategi yang bisa dibilang sangat ampuh bagi Anda yang memiliki bisnis. Tapi, apa sih, alasannya? Kenapa cara ini sekarang sangat populer? Nah, dalam artikel ini, kami akan membahas apa itu digital marketing, pengertian digital marketing, manfaat digital marketing, dan digital marketing strategy yang wajib Anda coba untuk meningkatkan penjualan. Selamat membaca!

Pengertian Digital Marketing

Digital marketing adalah salah satu cara untuk mempromosikan dan menjual produk yang dilakukan melalui media digital. Pernah melihat iklan saat mengunjungi website? Atau melihat iklan di TV? Atau bahkan menerima telepon dari bagian sales sebuah perusahaan? Benar, inilah yang disebut sebagai digital marketing.

Kemudian, digital marketing atau pemasaran digital juga memiliki arti yang lebih luas. Digital marketing menurut para ahli adalah penggunaan teknologi digital dan perangkat yang didukung koneksi internet untuk mencapai target pemasaran (Rob Thompson dari Trendjackers). Jadi, definisi digital marketing bisa disimpulkan sebagai kegiatan pemasaran yang melibatkan penggunaan jaringan dan teknologi digital untuk mencapai tujuan pemasaran tertentu.

Kini, berbagai perusahaan mulai menerapkan sistem berbasis internet untuk menjangkau pelanggan secara lebih luas. Pengguna Internet yang mencapai 59,5% di seluruh dunia turut memicu pertumbuhan platform e-commerce dan transaksi online lainnya. Dari sini, Anda pasti sudah punya gambaran mengapa digital marketing strategy kini sangat efektif. Nah, berikut ini, kami akan membahas lebih lanjut tentang manfaat digital marketing yang membuatnya menjadi strategi pemasaran jitu saat ini.

Manfaat Digital Marketing

Setelah menjelaskan apa itu digital marketing dan pengertian digital marketing, selanjutnya kami akan membahas faktor-faktor yang memengaruhi efektivitas pemasaran digital. Tentu saja, faktor utama yang mendukung keberhasilan strategi digital marketing yaitu banyaknya pengguna Internet di seluruh dunia seperti yang sudah kami jelaskan di atas. Hampir semua orang sekarang ini juga lebih memilih untuk melakukan transaksi secara online, apalagi sejak merebaknya wabah COVID-19.

Dari sisi teknologi dan efisiensi, ada juga beberapa alasan yang membuatnya menjadi cara pemasaran yang wajib Anda coba jika sedang merintis atau sudah memiliki bisnis. Berikut manfaat digital marketing untuk bisnis Anda:

1. Penargetan Pasar Lebih Sesuai

Menggunakan berbagai tool digital marketing yang telah didesain sedemikian rupa, Anda bisa memperoleh data yang akurat tentang kebiasaan dan preferensi pengguna terkait segmen pasar tertentu, atau terkait produk dan jasa yang Anda tawarkan.

Dari sini, Anda pun bisa menyusun strategi yang paling sesuai untuk pasar yang Anda target sehingga penerapannya bisa lebih efektif.

2. Evaluasi Strategi Berdasarkan Data

Setelah strategi digital marketing Anda diterapkan, Anda bisa melihat evaluasi dan analisis pemasaran Anda. Data-data seperti tingkat keberhasilan kampanye, jumlah pengguna yang membuka iklan, dan lain sebagainya bisa Anda manfaatkan untuk memperbaiki strategi pemasaran sebelumnya.

Berdasarkan data yang akurat ini, nantinya Anda pun bisa meningkatkan efektivitas campaign agar angka penjualan semakin melesat.

3. Bisa Menjangkau Hampir Semua Pasar

Seperti yang Anda tahu, dunia online tidak terbatas ruang dan waktu. Hampir 24 jam sehari, 7 hari seminggu, dan sepanjang tahun, jaringan-jaringan digital ini selalu terhubung ke berbagai wilayah di dunia. Nah, melalui digital marketing, Anda bisa menjangkau dan saling terhubung dengan pelanggan dari berbagai belahan dunia, kapan pun dan di mana pun.

Hasilnya, jasa atau produk yang Anda tawarkan menjadi selalu tersedia dan bisa dibeli oleh pelanggan kapan saja.

4. Biaya Lebih Murah

Budget yang perlu Anda keluarkan untuk pemasaran digital jauh lebih murah dibandingkan strategi pemasaran tradisional. Anda tidak perlu mencetak poster, atau membuang-buang dana untuk iklan yang tidak efektif atau bertarget.

Ada beberapa cara organik yang bisa Anda lakukan tanpa harus mengeluarkan biaya iklan yang cukup besar. Misalnya, jika sudah punya website atau blog, Anda bisa menerapkan langkah-langkah SEO.

5. Meningkatkan Reputasi Brand

Sudah pasti, dengan semakin banyaknya pengguna Internet dan platform online, Anda bisa meningkatkan reputasi brand melalui pemasaran digital. Sebagian besar pembeli umumnya akan mencari produk atau layanan terlebih dahulu di Internet sebelum memutuskan untuk melakukan transaksi.

Dengan menerapkan pemasaran digital, bisnis Anda akan mudah ditemukan oleh calon pelanggan, dan mereka akan merasa yakin bahwa merek Anda bisa dipercaya, yang akhirnya akan meningkatkan penghasilan online Anda. 

Strategi Digital Marketing: Penjelasan dan Penerapannya

Ada beberapa digital marketing strategy yang bisa Anda lakukan untuk memasarkan produk melalui media digital. Seperti yang sudah kami jelaskan di atas, media-media yang digunakan untuk pemasaran digital meliputi saluran komunikasi yang sebenarnya hampir setiap hari kita jumpai, baik melalui jaringan Internet maupun telepon.

Berikut strategi digital marketing untuk meningkatkan penjualan Anda:

1. Search Engine Marketing (SEM)

Strategi digital marketing yang satu ini ini melibatkan penggunaan mesin pencari, seperti Google, Bing, Yahoo, atau Facebook. SEM sendiri dibagi menjadi dua area, yaitu SEO dan PPC.

Search Engine Optimization

Cara ini dilakukan dengan mengoptimasi konten digital marketing Anda agar muncul di halaman pertama Google tanpa harus membayar ke penyedia iklan. Untuk lebih lengkapnya, silakan baca artikel kami tentang SEO dan cara menerapkannya.

Pay-per-Click (PPC)

Berbeda dengan SEO, PPC dilakukan dengan membayar sejumlah biaya kepada penyedia iklan agar materi digital marketing Anda selalu berada di hasil teratas saat calon pelanggan mencari keyword tertentu sesuai produk Anda. Hasil yang muncul dari PPC biasanya memiliki label “Ad” atau “Iklan”.

SEM sebagai salah satu digital marketing strategy

2. Influencer/Affiliate Marketing

Benar, seperti yang sudah Anda duga, cara digital marketing ini melibatkan pihak lain, yaitu influencer atau mitra afiliasi untuk membantu Anda memasarkan produk. 

Influencer marketing dilakukan dengan membayar jasa influencer di internet, lalu influencer tersebut akan memasarkan produk Anda kepada pengikutnya di jejaring sosialnya.

Affiliate marketing melibatkan mitra, dan Anda membayarkan komisi kepada mitra tersebut apabila mereka berhasil menjual produk Anda. Contohnya, Hostinger memiliki program afiliasi untuk memasarkan produk secara lebih luas.

Program Afiliasi Hostinger sebagai strategi digital marketing

3. Content Marketing

Seperti namanya, cara digital marketing ini dilakukan dengan berbagai proses yang melibatkan konten, baik dengan membuat, mengelola, maupun memposting konten. Anda menggunakan konten untuk “membujuk” pengguna membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Nah, untuk menunjang content marketing, sangat disarankan agar Anda membuat website sendiri, dengan memilih nama domain yang tepat dan layanan web hosting terbaik. Apabila sudah memiliki website, khususnya yang SEO-friendly, Anda bisa mengoptimasi konten di situs Anda agar muncul di halaman pertama mesin pencari sehingga bisnis Anda lebih dikenal secara luas.

4. Email Marketing

Email marketing adalah strategi digital marketing yang dilakukan dengan mengirimkan email kepada pelanggan (subscriber). Poin utama cara ini bukanlah sekadar mengirimkan email, tapi bagaimana Anda membuatnya semenarik mungkin agar pelanggan mau membacanya, bahkan mengeklik promosi dalam email Anda.

Ada beberapa tool email marketing yang bisa Anda gunakan untuk membuat email promosi yang menarik. Silakan baca artikel kami tentang aplikasi email marketing yang akan membantu Anda meningkatkan angka penjualan melalui promosi email.

5. Social Media Marketing

Strategi pemasaran ini dilakukan melalui media sosial, baik dengan mengoptimasi konten Anda maupun dengan “menitip” iklan di jejaring sosial. Anda bisa promosi bisnis melalui TikTok, Facebook, Twitter, atau YouTube. Hampir semua platform media sosial kini menyediakan layanan untuk mempromosikan bisnis.

Facebook Ads untuk social media marketing

Sebenarnya, cara yang digunakan oleh platform-platform ini kurang lebih sama seperti SEM. Mereka menyediakan marketplace yang menjadi wadah bagi Anda untuk mempromosikan bisnis, dan Anda bisa memilih cara organik atau berbayar.

6. Viral Marketing

Viral marketing adalah cara pemasaran yang dilakukan sekreatif mungkin agar orang-orang tertarik untuk membagikannya secara luas. Masih ingat iklan es krim dengan tema drama kolosal kerajaan nusantara yang ada adegan menaiki elang? Yap, ini salah satunya.

Contoh viral marketing

Perusahaan yang membuat iklan ini mengambil latar drama kolosal yang sebenarnya cukup sering trending dan menjadi bahan pembicaraan orang-orang. Mereka pun turut menerapkan semua ciri khas drama tersebut, mulai dari naik elang, menggunakan aktor dan aktris yang sama, bahkan jalan ceritanya.

Namun, ada beberapa hal yang sengaja dibuat “nyeleneh” agar menarik perhatian orang-orang yang menontonnya. Hasilnya, iklan ini pun cepat sekali menjadi viral karena penonton terus membagikannya di berbagai platform jejaring sosial.

7. Mobile Marketing

Metode ini menggunakan media berupa perangkat seluler, tapi dengan cara selain menggunakan koneksi Internet. Mobile marketing sendiri dibagi menjadi 2 bentuk, yaitu telemarketing dan SMS marketing.

Telemarketing 

Cara ini dilakukan melalui telepon, dengan menghubungi nomor ponsel pelanggan. Sebagai contoh, perusahaan yang kerap menggunakan cara ini adalah perbankan atau pembiayaan (finance). Telemarketing juga bisa digunakan sebagai metode yang cukup efektif untuk retensi pelanggan, karena dirasa lebih personal dan membuat pelanggan merasa spesial.

SMS Marketing

Metode ini dilakukan menggunakan layanan SMS untuk mengirimkan pesan promosi massal ke nomor ponsel pelanggan. Meskipun kini SMS sudah jarang sekali digunakan untuk berkomunikasi, beberapa perusahaan masih menggunakan cara ini untuk mempromosikan produk atau layanan mereka. Salah satu keunggulannya adalah cara ini bisa dilakukan dengan cepat dan lebih murah, disebut dengan “SMS Blast”.

8. Radio Advertising

Jangan salah, radio advertising juga termasuk digital marketing strategy loh. Cara ini pernah sangat populer saat pendengar radio masih sangat banyak. Meski begitu, dengan kecanggihan teknologi saat ini yang memungkinkan radio didengarkan melalui Internet, cara ini juga masih cukup ampuh untuk memasarkan produk Anda.

9. TV Advertising

Beriklan di TV sampai saat ini masih menjadi salah satu yang paling populer. Anda bisa membeli slot untuk beriklan ke stasiun televisi untuk memasarkan produk. Semakin populer acara yang sedang tayang, biasanya semakin mahal pula slot iklannya. Jenis-jenis iklan yang ditampilkan juga beragam, seperti iklan di antara jeda acara, iklan running text, atau yang ditampilkan langsung dalam acaranya (sponsor).

Untuk beriklan di TV, Anda bisa menggunakan jasa agensi iklan. Kisaran biaya yang harus Anda keluarkan juga berbeda-beda, tergantung pada stasiun TV yang menayangkannya, waktu penayangan, dan jenis iklan. Berdasarkan hasil riset kami, biaya rata-rata untuk beriklan di TV berkisar antara 14 juta rupiah hingga 110 juta rupiah.

Kesimpulan

Sampai di sini Anda sudah tahu apa itu digital marketing, manfaat digital marketing, dan strateginya. Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa pemasaran digital saat ini menjadi strategi marketing yang sangat ampuh, khususnya dengan semakin canggihnya teknologi digital yang ada di sekitar kita saat ini dan banyaknya pengguna media online di seluruh dunia.

Untuk membantu Anda mengingat, kami telah menyertakan rangkuman tutorial ini.

Berikut manfaat digital marketing bagi bisnis Anda:

  • Penargetan pasar lebih sesuai. Anda bisa beriklan sesuai data preferensi pelanggan.
  • Evaluasi strategi berbasis data. Data keberhasilan campaign bisa dimanfaatkan untuk memperbaiki strategi Anda.
  • Bisa menjangkau hampir semua pasar. Dunia digital tidak berbatas ruang dan waktu.
  • Biaya lebih murah. Budget bisa lebih disesuaikan untuk ROI yang lebih tinggi.
  • Meningkatkan reputasi brand. Anda bisa turut mengembangkan online presence agar lebih dikenal masyarakat.

Kemudian, ada 9 strategi pemasaran digital, di antaranya:

  • Search Engine Marketing (SEM). Memanfaatkan mesin pencari (Google) untuk beriklan. Terdiri dari SEO dan PPC.
  • Influencer/Affiliate Marketing. Bekerja sama dengan influencer atau mitra afiliasi untuk memasarkan produk Anda.
  • Content Marketing. Memaksimalkan konten untuk menarik minat pembeli.
  • Email Marketing. Membuat email seefektif mungkin agar pelanggan mau membaca dan mengeklik promosi kita.
  • Social Media Marketing. Menggunakan media sosial seperti Facebook, Twitter, atau TikTok untuk beriklan
  • Viral Marketing. Membuat konten yang kreatif dan menarik sehingga orang-orang membagikannya secara luas.
  • Mobile Marketing. Mencakup Telemarketing dan SMS marketing melalui ponsel.
  • Radio Advertising. Menggunakan ruang beriklan dari stasiun radio.
  • TV Advertising. Memanfaatkan slot beriklan di stasiun televisi untuk memasarkan produk.

Jadi, sudah memilih digital marketing strategy yang menurut Anda paling pas dengan budget dan preferensi Anda? Silakan sampaikan kepada kami dalam komentar di bawah ini!

Author
Penulis

Faradilla Ayunindya

Faradilla adalah penerjemah bahasa Inggris ke bahasa Indonesia yang menyukai segala hal tentang IT dan senang mengikuti tren seputar teknologi. Ia ingin turut berbagi informasi mengenai topik yang sedang populer di dunia online melalui tutorial yang ditulisnya di blog Hostinger.