Apa Itu Content Marketing dan Manfaatnya untuk Bisnis Anda

Apa Itu Content Marketing dan Manfaatnya untuk Bisnis Anda

Content marketing adalah strategi atau metode pemasaran menggunakan segala jenis konten, baik tulisan, video, maupun suara. Hampir semua hal yang mengandung gambar, video, atau tulisan di sekitar Anda atau saat menjelajahi internet adalah konten. Pada dasarnya, konten adalah segala sesuatu yang bisa menyampaikan informasi atau pesan kepada orang-orang yang melihatnya.

Saat ini, akses internet dan media yang makin mudah dan bisa dijangkau oleh semua orang turut membuat strategi pemasaran konten menjadi sangat efektif. Tapi, bagaimana Anda bisa mengaplikasikannya? Apa manfaat pemasaran konten bagi bisnis Anda?

Nah, dalam artikel ini, selain menjelaskan tentang apa itu content marketing, kami juga akan menjelaskan contoh pemasaran konten, penerapannya, serta manfaat content marketing untuk bisnis Anda. Check it out!

Contoh Content Marketing dan Penerapannya

Setelah tahu pengertian content marketing, saat ini Anda mungkin sudah punya sedikit gambaran tentangnya. Nah, untuk membantu Anda lebih memahaminya, di bawah ini kami akan menjelaskan content marketing strategy yang akan membantu pertumbuhan bisnis Anda.

Berikut contoh content marketing dan penerapannya:

1. Content Marketing di Website

Content marketing menggunakan website ini umumnya menggunakan copywriting atau teks pemasaran. Seperti yang Anda tahu, website biasanya menjadi jembatan pertama antara bisnis Anda dengan para pelanggan di internet.

Anda harus memiliki website agar pelanggan bisa menjangkau bisnis Anda dari mana saja. Kalau belum punya website, jangan khawatir, karena ada banyak sekali panduan mudah tentang cara membuat website.

Contoh content marketing di website

Website juga umumnya menggunakan halaman statis, yang biasanya tidak terlalu sering berubah. Oleh karena itu, penggunaan copywriting yang asyik dan menarik akan membuat pengunjung betah berlama-lama menjelajahi website Anda.

Nantinya, strategi pemasaran konten Anda pun akan memberikan hasil yang maksimal.

2. Menulis Konten Marketing di Blog

Berbeda dengan website, menulis konten marketing di blog bisa Anda lakukan dengan lebih bebas. Anda juga bisa memperbaruinya setiap saat, atau memposting artikel pemasaran konten setiap hari. Kalau tadi Anda menggunakan copywriting di website, lain halnya dengan tulisan yang Anda buat di blog.

Contoh content marketing di blog

Dengan blog sebagai media pemasaran konten ini, Anda bisa menulis artikel yang lebih panjang lebar dan jelas, misalnya untuk mendeskripsikan produk, lalu menambahkan pesan ajakan kepada pembaca untuk membeli produk Anda. Silakan lihat panduan kami mengenai cara menulis blog yang menarik.

3. Merekam Video dan Mengunggahnya

Video juga merupakan konten yang bisa Anda manfaatkan untuk content marketing. Anda bisa mengunggahnya di berbagai platform yang memiliki banyak audiens, seperti dengan promosi bisnis di TikTok, YouTube, atau Instagram.

Pastikan Anda membuat konten yang sesuai dengan ketentuan setiap platform. Di TikTok atau Instagram, misalnya, cukup unggah video singkat dengan format portrait dan kualitas yang bagus, karena kedua platform ini merupakan platform mobile yang tidak memiliki tampilan landscape. Lain halnya dengan YouTube, Anda bisa mengunggah video yang lebih panjang dengan format landscape.

4. Menyusun E-book

Berikutnya, contoh pemasaran konten yang bisa Anda coba adalah dengan menyusun e-book. Anda bisa menulis panduan atau tutorial, lalu mengunggahnya di website Anda atau mempromosikannya melalui email marketing yang dikirimkan kepada subscriber.

Untuk mengunduh e-book yang Anda buat, pelanggan bisa memasukkan alamat email mereka, yang kemudian bisa Anda masukkan ke mailing list bisnis Anda untuk mengirimkan promosi berikutnya.

5. Mendesain Infografik yang Menarik

Selain tulisan dan video, Anda bisa memanfaatkan infografik sebagai strategi content marketing yang akan turut mengembangkan bisnis Anda. Saat ini, konten-konten berupa audio dan visual sedang banyak sekali diminati user, khususnya di Indonesia. Nah, Anda bisa menggunakan kesempatan ini untuk membuat konten marketing berupa infografik.

Contoh konten marketing melalui infografis

Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk bisnis guna mengunggah infografik yang menarik untuk pemasaran konten, misalnya di Instagram atau Twitter.

Salah satu contoh media yang sangat berhasil dengan infografik di Instagram adalah tirto.id, yang memiliki ciri khas tersendiri sehingga user merasa tertarik untuk menyimaknya, dan pada akhirnya membuka website mereka.

6. Membuat Podcast di Platform Streaming

Menjamurnya platform streaming berlangganan meningkatkan minat masyarakat akan konten digital seperti film dan lagu. Bahkan, beberapa platform streaming lagu juga menyediakan ruang untuk podcast bagi para content creator yang senang berbagi cerita melalui suara.

Pendengar podcast di Indonesia sendiri lumayan banyak, lho! Anda pun bisa memanfaatkan media ini untuk membuat konten marketing, baik membuat channel sendiri sesuai niche Anda maupun bekerja sama dengan content creator lainnya di niche yang sama.

7. Partnership dengan Influencer

Strategi content marketing yang satu ini merupakan gabungan dari semua hal di atas. Anda bisa menggunakan copywriting, audio, video, maupun artikel blog, tapi yang membedakannya adalah, konten tersebut digunakan untuk partnership dengan influencer.

Namun, ada satu hal yang harus Anda ingat. Meskipun influencer yang Anda ajak bekerja sama sudah punya pengaruh kuat, kalau kualitas content marketing Anda tidak dimaksimalkan, kecil kemungkinan konten Anda akan memberikan impact yang signifikan.

Tujuan Content Marketing dalam Pengembangan Bisnis

Bisa dibilang, content marketing adalah salah satu cara pemasaran yang sangat efektif apabila dikelola dengan baik. Anda pasti sering mendengar berbagai pepatah tentang hal-hal yang berkaitan dengan konten, seperti “Satu gambar bermakna ribuan kata,” yang berarti ada begitu banyak pesan di balik sebuah gambar, atau “Buku adalah jendela dunia,” yang berarti tulisan juga bisa memberikan impact yang luar biasa.

Melalui konten yang dikelola dan dioptimasi dengan baik, Anda bisa mencapai berbagai tujuan, tak terkecuali dalam hal bisnis.

Singkatnya, tujuan content marketing adalah untuk mempromosikan bisnis Anda melalui konten yang dikelola dengan baik sehingga bisa meningkatkan exposure dan engagement. Jika diuraikan, ada beberapa poin yang sebenarnya perlu Anda ketahui mengenai tujuan dan manfaat content marketing.

Berikut tujuan content marketing untuk bisnis Anda:

1. Menciptakan Persona Bisnis Profesional

Bisnis yang memiliki konten yang menarik akan menciptakan kesan bahwa mereka benar-benar serius menjalankan bisnisnya. Calon pelanggan pun bisa melihat bahwa bisnis Anda dikelola dengan baik.

Pelanggan yang merasakan kesan ini saat kali pertama membaca atau menyimak konten Anda pasti akan menaruh kepercayaannya pada bisnis Anda. Dengan demikian, mereka pun akan terus kembali melihat konten Anda, yang pada akhirnya bisa turut meningkatkan konversi.

2. Brand Anda akan Semakin Dikenal

Selanjutnya, setelah pelanggan mendapatkan kesan pertama yang bagus dan menaruh kepercayaan pada bisnis Anda, mereka pun akan dengan senang hati melakukan promosi secara tidak langsung dengan memperkenalkan bisnis Anda kepada teman-teman maupun keluarganya. Hingga akhirnya, proses ini terjadi berulang-ulang dan bisnis Anda pun makin dikenal secara luas.

3. Menghasilkan Traffic yang Lebih Tinggi

Masih ada hubungannya dengan poin sebelumnya, jika bisnis Anda semakin dikenal, otomatis traffic yang masuk ke website Anda pun akan meningkat. Ini menjadi keuntungan sendiri bagi Anda, karena traffic yang tinggi tentu saja akan mendatangkan lebih banyak pemasukan. Selain itu, jika Anda juga menerapkan content marketing strategy melalui website atau blog, peringkatnya juga akan meningkat di Google dalam hal SEO.

4. Meningkatkan Angka Penjualan

Seiring dengan meningkatnya traffic ke website Anda, peluang konversi juga bertambah. Dengan konten yang berkualitas, Anda bisa “merayu” atau membujuk pengunjung untuk membeli produk Anda. Nah, maka dari itu, penting bagi Anda untuk memaksimalkan konten dari berbagai sisi, baik konten gambar, copywriting, maupun video di berbagai channel bisnis Anda yang bisa dijangkau calon pengunjung.

5. Mempertahankan Tingkat Retensi

Pelanggan yang menyukai konten Anda dijamin akan terus kembali mengunjungi website atau media yang Anda gunakan untuk berbagi konten. Misalnya saja, Anda membuat strategi content marketing melalui media sosial seperti Instagram. Kalau bisa mempertahankan kualitas konten, orang-orang pasti akan follow akun Anda, dan tetap mengikuti konten yang Anda upload di sana. Jadi, semua tujuan content marketing ini sebenarnya bagaikan rantai yang saling terkait.

6. Memperluas Jaringan Partnership

Terakhir, tujuan dan manfaat content marketing bagi bisnis Anda adalah mengembangkan relasi dan partnership dengan bisnis lainnya. Dari sini, Anda pun bisa melakukan kerja sama dengan perusahaan lain, hingga akhirnya melakukan ekspansi bisnis. Memang luar biasa content marketing ini!

Kesimpulan

Seperti yang Anda tahu, saat ini digital marketing adalah salah satu cara ampuh untuk mengembangkan bisnis. Dari sekian banyak strateginya, content marketing adalah yang paling utama dan mendasar. Alasannya, karena pada dasarnya setiap materi pemasaran pasti membutuhkan konten.

Khususnya di media digital yang kebanyakan penggunanya adalah anak muda, content marketing menjadi metode yang paling tepat untuk memaksimalkan strategi pemasaran Anda. Melalui konten yang disusun dengan baik, Anda bisa mendapatkan perhatian anak-anak muda usia produktif ini dalam upaya mengembangkan bisnis Anda.

Setelah mengetahui apa itu content marketing beserta strategi content marketing dan tujuannya, sekarang adalah saat yang tepat bagi Anda untuk mulai memaksimalkan konten dan belajar digital marketing agar bisnis Anda makin moncer. Yuk! Tunggu apa lagi?

Author
Penulis

Faradilla Ayunindya

Faradilla adalah penerjemah bahasa Inggris ke bahasa Indonesia yang menyukai segala hal tentang IT dan senang mengikuti tren seputar teknologi. Ia ingin turut berbagi informasi mengenai topik yang sedang populer di dunia online melalui tutorial yang ditulisnya di blog Hostinger.