Cara Membuat Blog yang Menghasilkan Uang + Tipsnya 2023

Cara Membuat Blog yang Menghasilkan Uang + Tipsnya 2023

Anda suka menulis atau memiliki hobi yang ingin didokumentasikan dan dibagikan kepada orang lain? Atau, sudah punya bisnis dan ingin membangun kredibilitas di internet? Solusinya bisa dengan cara membuat blog!

Yap, kini blog adalah salah satu opsi jitu untuk menghasilkan uang online. Namun, ada beberapa strategi yang perlu diperhatikan agar bisa sukses dengan blogging. Belum tahu dari mana harus memulai? Tenang, kami sudah menyiapkan tutorial lengkap untuk Anda yang ingin memulai perjalanan sebagai blogger.

Di artikel ini, kami akan membahas semua langkah-langkah cara membuat blog, mulai dari memilih niche dan topik blog, menyiapkan platform blogging, hingga menerbitkan konten dan mempromosikan blog Anda. Yuk simak sampai akhir!

Ada 10 langkah cara membuat blog dan menghasilkan uang darinya yang bisa Anda ikuti:
1. Tentukan niche atau topik blog
2. Pilih platform yang sesuai
3. Buat nama blog yang menarik
4. Mulai setup dan sesuaikan website
5. Buat halaman dan kategori
6. Susun strategi postingan dan konten
7. Mulai buat artikel blog
8. Publikasikan blog
9. Promosikan dan kembangkan blog
10. Hasilkan uang dari blog

Cara Membuat Blog Pribadi dan Profesional

Di bagian ini, kami akan menguraikan setiap cara membuat blog di atas untuk membantu Anda memahami detailnya, serta membagikan tips dan trik untuk sukses dengan blog.

1. Tentukan Niche atau Topik Blog

Niche adalah topik spesifik yang akan menjadi fokus Anda, dan menjadi poin penentu dalam menargetkan audiens. Niche yang menarik juga bisa membantu Anda memilih nama blog yang cocok dengan branding, serta menyusun strategi yang terarah.

Contoh niche bisa membahas tentang buku, traveling, game, fotografi, atau makanan.

Saat memulai blog baru, Anda mungkin tergoda untuk menyertakan berbagai macam ide atau topik blog. Namun, membahas terlalu banyak hal akan membuat Anda tidak fokus, dan biasanya justru berakhir terbengkalai.

Beberapa postingan dengan topik yang berbeda-beda mungkin bisa berhasil, tapi audiens Anda akan tersebar sehingga sulit untuk mendapatkan pembaca setia.

Oleh karena itu, sebaiknya tetaplah fokus pada niche Anda untuk membangun blog yang memiliki followers dan pembaca setia. Audiens yang benar-benar menyukai blog Anda akan menantikan konten berikutnya, sehingga blog Anda akan mendapatkan traffic yang stabil.

Untuk menemukan niche yang cocok agar Anda bisa membuat blog yang sukses, ingat tips berikut:

Pilih Niche yang Anda Sukai atau Minati

Akan lebih mudah untuk menulis topik yang Anda sukai daripada memaksakan diri untuk menulis hal-hal yang tidak Anda minati.

Pertimbangkan hobi dan minat Anda atau topik yang ingin dipelajari lebih lanjut. Kemudian, kerucutkan menjadi topik yang lebih spesifik. Apabila suka hal-hal tentang makanan, cobalah fokus pada masakan tertentu seperti masakan Jepang, Meksiko, atau Italia.

Begitu juga kalau Anda ingin memulai blog tentang buku, cobalah membuat blog yang membahas tips membaca hemat, misalnya mengulas perpustakaan di wilayah Anda yang koleksinya lengkap, atau membahas jenis karya sastra tertentu.

Pilih Niche yang Memiliki Potensi Audiens

Topik utama Anda harus sudah memiliki peminat lain agar Anda tetap bisa menggaet audiens. Gunakan Google Trends untuk melihat volume pencarian keyword yang terkait dengan niche Anda, lalu cari tahu apakah ada cukup banyak orang yang membahasnya di media sosial atau forum komunitas.

antarmuka google trends

Dengan demikian, Anda pun tahu hal-hal apa saja yang sedang tren di niche Anda dan ide postingan seperti apa yang berpotensi mendatangkan engagement (keterlibatan) tinggi.

Tidak Harus Menjadi Ahli untuk Memanfaatkan Niche

Menguasai topik tertentu memang akan membuat Anda terlihat lebih kredibel di mata pembaca, tapi Anda tidak harus menjadi seorang ahli dulu untuk memilih topik blog. Lebih penting untuk memiliki perspektif yang unik tentang niche Anda dan keinginan untuk belajar lebih banyak hal.

Contohnya, Anda mungkin bukan seorang fotografer profesional, tapi Anda masih bisa membuat blog fotografi sebagai pemula. Untuk membantu membangun authority, tambahkan kutipan dari para ahli di blog Anda (expert tip).

2. Pilih Platform Blogging yang Sesuai

Setelah menentukan niche blog, saatnya mulai menyiapkan website untuk blog Anda. Platform blog dibagi menjadi dua kategori: hosted dan self-hosted.

Platform hosted seperti website builder biasanya sudah menyertakan semua hal yang Anda butuhkan untuk memulai blog. Selain itu, Anda tidak perlu membeli hosting dan domain lagi dari penyedia lain.

Di sisi lain, platform self-hosted mengharuskan Anda membeli web hosting secara terpisah. Platform ini biasanya berupa sistem manajemen konten (CMS) yang menyediakan opsi penyesuaian lebih lengkap.

Nah, untuk membantu Anda memahaminya, kami akan memberikan beberapa contoh di bagian berikutnya.

Sistem Manajemen Konten (CMS)

CMS adalah solusi pembuatan website yang paling umum, memungkinkan Anda membuat dan mengelola website dengan mudah menggunakan GUI.

Platform ini sesuai untuk blog berkat fungsinya yang serbaguna, cocok bagi Anda yang ingin mengatur sendiri berbagai aspek website, seperti memilih provider hosting hingga menerapkan langkah-langkah keamanan.

WordPress adalah salah satunya, yang merupakan opsi terpopuler di antara CMS lain dan sudah digunakan oleh hampir separuh dari semua website yang ada di internet saat ini. Karena popularitasnya, ada banyak sekali tema dan plugin WordPress yang bisa Anda pilih untuk menyempurnakan blog.

CMS ini juga memiliki komunitas pengguna yang besar dan aktif berbagi pengetahuan serta informasi berguna seputar platform ini. Oleh karena itu, kami sarankan Anda untuk menggunakan WordPress kalau ingin bikin blog menggunakan CMS.

Namun, Anda harus paham dulu apa itu hosting karena nantinya Anda perlu memilih layanan hosting kalau berencana untuk memulai blog WordPress self-hosted. Managed WordPress hosting bisa menjadi opsi yang tepat kalau Anda tidak ingin menangani hal-hal teknis dan mau lebih fokus membuat konten.

Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan menggunakan CMS seperti WordPress untuk blog:

Kelebihan

  • Kontrol yang menyeluruh. Anda bebas menyesuaikan, mengelola, serta mengganti resource dan beralih provider web hosting.
  • Opsi penyesuaian sangat beragam. Anda bisa menambahkan kode kustom atau memilih plugin dan tema WordPress dari ribuan opsi yang ada di direktori resmi atau pihak ketiga.
  • Mudah disesuaikan dengan kebutuhan. Platform self-hosted bisa mengakomodasi website kompleks dengan berbagai ukuran selama paketnya memiliki resource yang memadai.

Kekurangan

  • Sulit dipelajari. Meskipun menggunakan platform self-hosted jauh lebih mudah daripada menulis coding, tetap saja Anda harus punya skill teknis daripada ketika menggunakan website builder.
  • Waktu setup lebih lama. Tidak seperti setup instan pada sebagian besar platform hosted, platform self-hosted memerlukan beberapa langkah tambahan seperti membeli web hosting, mendaftarkan domain, dan menginstal software platform.
  • Tidak ada dukungan khusus. Sebagian besar platform self-hosted tidak menawarkan dukungan pelanggan. Jadi, Anda harus bergantung pada provider hosting yang saat ini digunakan atau dukungan dari sesama user.
  • Keamanan dan maintenance ditangani sendiri. Anda perlu mengamankan dan melakukan maintenance blog sendiri, seperti menginstal add-on keamanan, backup rutin, dan update software.

Website Builder

Apabila Anda ingin memulai blogging tapi tidak ingin repot dengan setup yang rumit dan penggunaan yang sulit, website builder adalah pilihan terbaik.

Platform ini menghadirkan cara yang mudah untuk membuat website tanpa mengharuskan Anda menguasai skill teknis tingkat lanjut sehingga sangat cocok bagi pemula.

Layanan seperti Hostinger Website Builder menyediakan template yang dirancang oleh profesional untuk memulai proses pembuatan blog bagi para pengguna untuk memulai proses pembuatan blog.

Anda bisa menyesuaikan template blog dengan mudah menggunakan editor drag-and-drop yang user-friendly dan berbagai tool AI seperti AI Writer, AI Heatmap, dan AI Logo Generator.

Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan apabila Anda memilih Website Builder Hostinger:

Kelebihan

  • Setup cepat. Gunakan AI Website Builder untuk membuat blog pribadi atau bisnis Anda hanya dalam beberapa klik. Cukup ketikkan deskripsi singkat blog yang Anda inginkan, lalu Anda bisa langsung mengatur tampilan blog di editor visual dan menyesuaikan elemennya.
  • Template siap pakai. Selesaikan proses desain dengan cepat menggunakan template website responsive dari Hostinger yang didesain khusus untuk mengoptimalkan blog Anda di berbagai perangkat.
  • Fitur penting utama. Website Builder Hostinger menawarkan tool bawaan untuk mempermudah aktivitas blogging, seperti postingan blog visual, pengelompokan artikel berdasarkan kategori, penjadwalan postingan, dan URL kustom.
  • Resource hosting yang memadai. Hanya dengan Rp25900/bulan, Anda sudah mendapatkan domain gratis, backup mingguan, bandwidth unlimited, dan fitur keamanan canggih.

Kekurangan

  • Kurang fleksibel. Sebagian besar website builder dikembangkan dari sistem closed-source. Template dan add-on biasanya hanya bisa didapatkan dari penyedia layanan. Namun, Hostinger Website Builder kompatibel dengan beberapa tool pihak ketiga populer untuk mengembangkan blog, seperti Google Analytics, Hotjar, dan Google AdSense.
  • Tidak ada dukungan telepon. Saat ini, Anda tidak bisa menghubungi tim Customer Success kami melalui telepon. Namun, Website Builder Hostinger menawarkan live chat dan email untuk memastikan Anda mendapatkan semua bantuan yang dibutuhkan.

Website Blogging Pihak Ketiga

Banyak blogger sukses menggunakan website seperti Medium, Blogger (Blogspot), atau Tumblr di samping platform blog. Beberapa website blogging menggunakan algoritme seperti media sosial yang memungkinkan pengunjung menemukan postingan blog yang sedang tren berdasarkan minat mereka.

Dengan memanfaatkan sistem ini, Anda bisa menjangkau audiens secara lebih luas. Anda juga bisa menggunakannya untuk membangun backlink dan mendapatkan lebih banyak pengunjung.

Namun, tetap saja ada beberapa kelebihan dan kekurangan menggunakan website pihak ketiga:

Kelebihan

  • Proses setup yang mudah. Cukup buat akun, lalu Anda siap untuk langsung membuat postingan pertama Anda.
  • Tidak perlu maintenance. Anda tidak perlu menangani hal-hal teknis seperti performa atau keamanan website dan bisa fokus untuk membuat postingan serta mempromosikan blog.
  • Sudah banyak audiens di platform tersebut. Website blogging sudah punya basis pengguna yang bisa Anda manfaatkan untuk membangun online presence. Selain itu, dengan membuat konten yang unik dan bermanfaat, ada peluang postingan Anda dipilih sebagai konten unggulan.
  • Budget lebih terjangkau. Beberapa website blogging tersedia gratis. Dengan begitu, Anda bisa membuat akun di lebih dari satu platform untuk memperluas jangkauan tanpa perlu khawatir dengan biayanya.

Kekurangan

  • Kepemilikan terbatas. Blog Anda dan kontennya akan disimpan di server platform, jadi ada kemungkinan Anda akan kehilangan konten tersebut kalau website tiba-tiba offline atau ditutup.
  • Persaingan yang ketat. Karena berbagi platform dengan blogger lain, mungkin akan sulit bagi Anda untuk menghadirkan sesuatu yang unik dan baru. Biasanya, kontributor dengan reputasi yang sudah bagus akan diprioritaskan di homepage dan mendapatkan sebagian besar porsi traffic.
  • Lebih sedikit opsi monetisasi. Tidak seperti platform lainnya, Anda tidak bisa menampilkan iklan atau menjual produk secara langsung dari website pihak ketiga ini. Satu-satunya cara monetisasi yang bisa dilakukan adalah menggunakan link afiliasi atau bergabung dengan kemitraan.

Platform yang tepat memiliki peran yang penting dalam kesuksesan blogging Anda. Pastikan untuk mencari tahu kebutuhan dan preferensi Anda sebelum menentukan pilihan.

Apabila masih pemula atau ingin menghemat waktu dan tidak ingin repot dengan desain atau coding website, kami merekomendasikan agar Anda memilih builder seperti Hostinger Website Builder.

Di sisi lain, CMS seperti WordPress sangat cocok kalau Anda sudah punya pengalaman dalam membangun website dan memerlukan banyak opsi penyesuaian untuk membuat kode atau menginstal ekstensi khusus.

Selain kedua opsi ini, Anda bisa membuat akun di platform blog populer untuk meningkatkan jangkauan dan membangun audiens yang lebih luas. Namun, jangan hanya menggunakan platform ini karena kurang cocok untuk jangka panjang.

Nah, di artikel ini, kami akan menjelaskan cara membuat blog menggunakan WordPress sebagai platform yang kami pilih. Apabila ingin menggunakan Website Builder Hostinger, jangan ragu untuk mencobanya karena platform ini sangat intuitif dengan alur yang mudah diikuti.

3. Buat Nama Blog dan Dapatkan Nama Domain

Langkah selanjutnya dalam cara menjadi membuat blog pribadi dan bisnis adalah menentukan nama yang sesuai dengan branding Anda. Nama ini tidak hanya harus menarik dan unik, tapi juga relevan dengan industri Anda.

Ada tiga poin utama yang harus Anda terapkan saat menentukan nama untuk blog:

  • Terkait dengan niche Anda. Idealnya, pembaca harus bisa langsung tahu niche Anda dari judulnya. Jadi, pertimbangkan untuk menggunakan kata kunci yang relevan.
  • Tidak lebih dari 2-3 kata. Meskipun beberapa blog dengan nama yang panjang bisa cukup sukses, sebaiknya tetap buat nama atau alamat blog yang pendek.
  • Mudah dieja dan diingat. Untuk memaksimalkan strategi branding, hindari penggunaan angka atau karakter khusus pada nama blog.

Untungnya, Anda bisa menggunakan generator nama blog untuk menemukan inspirasi yang menarik.

Anda hanya perlu memasukkan kata kunci, lalu teknologi AI tool tersebut akan menyarankan berbagai nama untuk Anda. Pilih salah satu yang Anda sukai atau kombinasikan beberapa saran, lalu nama blog baru Anda pun sudah siap!

Setelah menentukan namanya, lanjutkan cara membuat blog dengan mendapatkan domain sesuai nama yang Anda pilih. Domain adalah alamat web yang harus dimasukkan pengunjung untuk mengakses website.

Idealnya, domain harus sama persis dengan judul blog Anda. Namun kalau tidak tersedia, cari alternatif yang mirip atau masih terkait. Hal ini penting agar website Anda lebih mudah diingat dan tidak membuat pengunjung kebingungan.

Anda bisa membeli nama domain dari registrar tepercaya. Beberapa perusahaan web hosting seperti Hostinger juga merangkap sebagai registrar domain. Dengan begitu, Anda bisa sekaligus membeli domain dan hosting agar lebih hemat.

Saran Bacaan

Lihat tutorial kami untuk mempelajari cara mendapatkan nama domain gratis untuk blog baru Anda.

Meskipun .com adalah ekstensi domain yang paling populer, menggunakan TLD unik seperti .xyz, .online, atau .club bisa menjadikan alamat blog Anda lebih unik. Atau, pertimbangkan domain .club kalau Anda menawarkan sistem membership.

4. Mulai Setup dan Sesuaikan Blog

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, beberapa platform blog sesuai untuk kebutuhan dan preferensi yang berbeda-beda, dengan proses setup dan kustomisasi yang juga berbeda.

Di bagian ini, kami akan memberikan panduan langkah demi langkah untuk menyiapkan dan menyesuaikan platform blog WordPress.

Saran Bacaan

Apabila tidak memilih menggunakan CMS, baca tutorial kami untuk mempelajari lebih lanjut cara buat website menggunakan website builder.

Kami akan membahas 3 langkah utama cara membuat blog baru: menginstal CMS, menyesuaikan tampilan blog, dan menambahkan plugin.

Menginstal WordPress

Setelah membeli paket web hosting, lanjutkan dengan menginstal WordPress menggunakan instalasi otomatis yang disediakan oleh web host Anda melalui control panel hosting.

Berikut caranya menggunakan hPanel Hostinger:

  1. Masuk ke member area akun hosting Anda, lalu buka pilih Kelola di samping paket hosting yang akan Anda gunakan untuk menginstal WordPress.
  2. Di sidebar kiri, cari Website → Instalasi Otomatis.
  3. Di bawah WordPress, klik Pilih.
  1. Sebuah jendela akan muncul. Isi kolom yang tersedia dengan detail berikut:
    • Cek apakah nama domain Anda sudah benar.
    • Masukkan username, password, dan email administrator Anda. Informasi login ini akan digunakan untuk mengakses dashboard WordPress atau area admin.
    • Di bagian masukkan judul website, masukkan nama blog Anda. Nama ini bisa diubah nanti melalui dashboard admin WordPress.
    • Pilih bahasa yang diinginkan.
    • Pilih Selalu perbarui ke versi terbaru yang tersedia untuk mendapatkan fitur dan patch keamanan terbaru.
  2. Klik Instal.

Setelah penginstalan selesai, masuk ke admin area WordPress Anda. Di sini, Anda bisa mulai membuat perubahan pada blog yang baru saja dibuat.

Pilih Tema WordPress

Selanjutnya, kami akan membahas cara mendesain website dan menyesuaikan blog WordPress self-hosted menggunakan tema siap pakai yang sudah disediakan.

Tema WordPress adalah template desain siap pakai yang bisa disesuaikan untuk website WordPress. Tersedia opsi gratis dan premium di library WordPress dan marketplace eksternal seperti ThemeForest. Beberapa developer juga menawarkan tema premium pada website mereka sendiri, seperti Astra.

Apabila menggunakan tema berbayar, Anda bisa mendapatkan dukungan khusus, update rutin, dan plugin premium yang sudah disertakan. Meskipun tema gratis umumnya sudah cukup, biasanya tema ini hanya menyertakan dukungan minimal atau tidak sama sekali, yang tentunya sesuai dengan biayanya.

Ketika mencari tema WordPress untuk blog, pertimbangkan faktor-faktor penting berikut:

  • Harga. Apabila akan menggunakan tema premium, pastikan manfaat yang Anda dapatkan sepadan dengan harganya. Cari tahu lebih lanjut dan bandingkan dengan tema lain dengan harga yang sama.
  • Desain. Desain tema harus sesuai dengan konten Anda. Apabila ragu, pilih desain yang mudah digunakan dan simpel, yang menyoroti setiap postingan Anda.
  • Fitur. Cek apakah tema pilihan Anda menyertakan fitur-fitur seperti builder drag-and-drop, layout siap pakai, dan dukungan pelanggan.
  • Tingkat responsif tema. Gunakan tema responsif yang bisa menyesuaikan tampilannya dengan berbagai ukuran layar. Hal ini penting karena lebih dari separuh traffic website berasal dari perangkat seluler.
  • Ulasan pengguna. Sebelum membeli tema, cari tahu apakah orang lain banyak memberikan ulasan positif untuk tema tersebut.

Untuk menginstal dan mengatur tampilan tema dari direktori WordPress, masuk ke dashboard Anda lalu buka Appearance (Tampilan) → Themes (Tema) → Add New (Tambah Baru). Arahkan kursor ke tema blog yang Anda pilih, kemudian klik Install. Setelah selesai, klik Activate (Aktifkan).

Untuk menginstal tema dari sumber eksternal, pilih Upload Theme (Unggah Tema), upload file .zip tema, lalu instal dan aktifkan.

User Hostinger yang menggunakan paket Business Web Hosting atau Cloud Hosting bisa menginstal Tema Blog Hostinger secara gratis. Tema ini tersedia untuk user yang memilih WordPress sebagai platform websitenya pada saat setup.

memilih template website wordpress di hpanel

Instal Plugin dan Tool untuk Menambahkan Lebih Banyak Fungsi

Plugin adalah ekstensi yang bisa menambahkan lebih banyak fungsi pada website. Plugin menyediakan fitur-fitur tambahan dan bisa diinstal dengan mudah tanpa perlu coding, sehingga sangat membantu bagi blogger pemula.

Setiap plugin memiliki fungsi yang berbeda. Ada yang ditujukan untuk meningkatkan keamanan website, sementara lainnya untuk backup, membuat formulir kontak, membatasi komentar, atau mengintegrasikan Google Analytics.

Untuk membantu Anda memilih plugin terbaik, berikut rekomendasi kami:

  • Plugin WordPress Hostinger. Plugin ini sudah terinstal secara default, membantu Anda menyelesaikan proses setup website. Apabila dikombinasikan dengan plugin AI Assistant Hostinger, Anda bisa memanfaatkan tool generator postingan blog AI di dashboard WordPress untuk membuat konten menggunakan kecerdasan buatan, tanpa perlu menulisnya dari nol.
  • iThemes Security. Gunakan plugin ini untuk meningkatkan fitur keamanan website WordPress.
  • UpdraftPlus. Instal untuk mempermudah proses backup dan restore website.
  • WPForms. Buat formulir dengan mudah menggunakan antarmuka drag-and-drop.
  • Akismet Spam Protection. Aktifkan plugin ini untuk mencegah spam dan membersihkan kolom komentar blog.
  • MonsterInsights. Tautkan blog dengan akun Google Analytics untuk memantau performanya.
  • Yoast SEO. Gunakan plugin gratis ini untuk memaksimalkan upaya SEO blog Anda.

Sebaiknya hanya instal ekstensi yang diperlukan, karena nantinya Anda mungkin kerepotan mengupdate semua plugin yang digunakan. Terlalu banyak plugin yang diinstal juga bisa memperlambat blog, jadi pastikan hosting yang Anda pilih memberikan resource server yang memadai.

5. Buat Halaman dan Kategori yang Diperlukan

Halaman ini nantinya diisi dengan konten website. Tidak seperti postingan blog, halaman web standar hanya membutuhkan update dan pengeditan minimal atau bahkan tidak sama sekali. Beberapa halaman yang paling umum adalah:

  • Homepage. Homepage adalah halaman pertama yang akan dilihat pengunjung saat mereka membuka website Anda. Halaman ini harus menyertakan cuplikan postingan blog terbaik dan terbaru Anda.
  • Tentang Saya/Kami. Melalui halaman ini, pengunjung bisa mencari tahu lebih lanjut tentang diri Anda atau perusahaan di balik blog Anda. Anda bisa menyertakan biodata, tujuan website, dan gambar yang relevan.
  • Kontak. Halaman ini berisi informasi kontak yang bisa digunakan pengunjung untuk menghubungi pemilik website. Halaman kontak biasanya menyertakan alamat email, nomor telepon, link ke profil media sosial, formulir kontak, atau alamat dengan lokasinya di Google Maps.

Jenis blog tertentu mungkin membutuhkan halaman selain yang disebutkan di atas. Misalnya, kalau blog Anda menampilkan toko online, Anda mungkin perlu menambahkan halaman produk.

menambahkan halaman baru di wordpress

Untuk membuat halaman website, akses dashboard WordPress dan buka Pages (Halaman) Add New (Tambah Baru). Anda akan diarahkan ke editor Gutenberg. Mulai tulis dan format copywriting halaman web Anda serta tambahkan gambar, video, form, atau elemen lain yang relevan.

Perlu diingat bahwa postingan berbeda dengan halaman website. Postingan digunakan untuk memposting artikel atau konten blog, sedangkan halaman biasanya disertakan di menu navigasi Anda.

Faktor penting lain yang perlu dipertimbangkan adalah kategori postingan. Dengannya, Anda bisa mengelompokkan postingan blog yang serupa sehingga terlihat lebih rapi dan lebih mudah ditemukan.

Di WordPress, Anda bisa menambahkan dan mengedit kategori melalui Post (Posting) → Categories (Kategori) di dashboard. Atau, tambahkan secara langsung melalui editor Gutenberg pada saat penulisan.

6. Susun Strategi Konten dan Promosi Menjelang Rilis

Penting untuk membuat kampanye menjelang launching sebelum Anda mulai menulis blog agar Anda bisa mendapatkan audiens lebih awal. Untuk menyusun strategi konten yang sukses, ikuti rekomendasi berikut:

Tentukan Target yang Jelas

Menetapkan target yang jelas akan membantu Anda memantau apa saja yang berhasil dicapai dan mengidentifikasi hal-hal yang perlu ditingkatkan. Sebaiknya gunakan angka atau patokan yang jelas, misalnya “dapatkan 1.000 subscriber newsletter sampai akhir tahun.” Target yang spesifik membuat progres Anda lebih terukur dan mudah dipantau.

Identifikasi Target Audiens

Kenali karakteristik umum demografi Anda, seperti minat, kebutuhan, masalah umum, dan aspirasi mereka. Tips dari kami, coba cek komunitas online tempat target audiens Anda banyak berkumpul. Cari tahu topik yang mereka minati dan jenis konten yang mereka sukai.

Lakukan Analisis Kompetitor

Cari tahu pesaing utama dalam niche yang Anda fokuskan. Baca dan analisis postingan mereka yang paling populer, cari tahu strategi yang sudah berhasil, dan temukan celah yang bisa dimanfaatkan agar blog Anda bisa lebih baik atau untuk menawarkan perspektif yang berbeda.

Perhatikan topik-topik yang tidak tercakup secara mendetail dalam artikel mereka dan masukkan kekurangan tersebut dalam postingan blog Anda sendiri. Dengan begitu, Anda bisa menjadi sumber yang lebih kredibel dan lengkap dari blog lainnya.

Buat Daftar Topik yang Akan Ditulis

Cari inspirasi topik blog dan perhatikan setiap informasi yang Anda temukan tentang target audiens dan pesaing Anda. Lihat berbagai contoh postingan blog dan buat worksheet database konten yang berisi semua topik yang bisa Anda tulis. Dengan cara ini, Anda bisa mempersiapkan postingan dengan lebih baik dan sudah punya ide untuk postingan blog berikutnya.

Lakukan Riset Kata Kunci

Dapatkan informasi tentang tingkat ketertarikan audiens dan tingkat persaingan setiap topik yang dipilih. Anda harus punya alasan yang kuat berdasarkan data untuk memilih setiap kata kunci. Tool seperti Ahrefs dan Google Trends bisa dimanfaatkan untuk mencari tahu topik yang sedang banyak dicari orang-orang dan jenis konten yang sudah ada di internet.

Jadwalkan Postingan Blog Baru

Untuk menggaet pembaca setia, Anda harus bisa konsisten. Buat jadwal posting rutin dan usahakan untuk mematuhinya daripada menerbitkan banyak postingan sekaligus kemudian menghilang untuk waktu yang lama.

7. Mulai Tulis Postingan Blog

Setelah proses awal di atas selesai, sekarang saatnya Anda menulis postingan blog pertama Anda. Berikut beberapa tips untuk membuat postingan blog yang menarik:

  • Buat tulisan yang jelas dan ringkas. Gunakan bahasa yang mudah dipahami, dengan kalimat dan paragraf yang singkat, rapi, dan jelas. Jangan menggunakan blok teks besar yang bisa membuat pembaca kurang nyaman.
  • Gunakan judul, subjudul, dan daftar. Pemformatan yang terstruktur membantu pembaca menemukan informasi yang mereka butuhkan dengan lebih cepat, terutama kalau mereka hanya punya sedikit waktu untuk membaca postingan Anda.
  • Tambahkan gambar dan infografis. Konten visual membuat postingan Anda lebih menarik. Gambar dan infografis berperan penting, terutama kalau Anda sedang menulis panduan atau ingin menyampaikan data dalam format yang lebih mudah dipahami.
  • Pastikan keaslian konten. Gunakan tool cek plagiarisme untuk mengidentifikasi apakah tulisan Anda mengandung plagiarisme. Tool ini mampu menemukan dan menunjukkan konten duplikat dalam teks yang perlu Anda perbaiki agar tidak menjadi masalah hak cipta di kemudian hari.
  • Terapkan teknik SEO terbaik. Gunakan tool seperti Yoast SEO untuk mengoptimasi tulisan Anda. Dengan membuat konten yang SEO-friendly, blog Anda pun akan lebih mudah ditemukan oleh pembaca melalui mesin pencari seperti Google.

Untuk membuat postingan blog, masuk ke dashboard WordPress Anda lalu buka Posts (Posting) → Add New (Tambah Baru). Anda akan diarahkan ke editor teks WordPress untuk menulis dan memformat konten.

menambahkan postingan baru di dashboard wordpress

Editor WordPress memungkinkan Anda menambahkan dan mengedit blok atau bagian untuk berbagai jenis konten. Blok ini bisa menambahkan elemen seperti teks, media, fitur desain blog, widget, dan kode.

Untuk memilih dan menambahkan blok baru, cukup klik tombol “+ yang terletak di dalam editor.

Apabila ingin menyertakan template siap pakai di postingan baru Anda, temukan item di tab Patterns (Pola).

Setelah selesai menulis, memformat, dan menambahkan konten ke postingan pertama Anda, pastikan semua pengaturannya sudah benar sebelum memublikasikannya. Untuk mengakses opsi tingkat lanjut, klik tombol Settings (Pengaturan) di kanan atas editor.

gutenberg editor wordpress dengan tombol settings yang disorot

Pada sidebar pengaturan, Anda bisa memilih apakah akan mengizinkan komentar, menambahkan tag, mengatur kategori postingan, atau mengupload featured image (gambar unggulan).

Sebelum memublikasikan postingan, lihat Preview (Pratinjau) untuk memastikan semuanya sudah sesuai. Sebagai contoh, cek apakah judul postingan tidak terlalu panjang dan semua paragraf serta gambar sudah sesuai dengan keinginan Anda. Edit postingan lagi kalau diperlukan.

Setelah Anda puas, lanjutkan dan klik Publish (Publikasikan).

8. Publikasikan Postingan Blog

Proses publikasi postingan blog biasanya sangat mudah, seperti yang tadi sudah dijelaskan. Namun, sebaiknya Anda tetap melakukan pengecekan akhir untuk memastikan kualitas terbaik.

Sebelum mengonlinekan postingan blog di internet, perhatikan checklist penerbitan berikut:

Tinjau dan Perbaiki Kesalahan Tata Bahasa dan Ejaan

Kesalahan tata bahasa dan ejaan membuat konten Anda terlihat kurang profesional dan bisa merusak kredibilitas. Oleh karena itu, luangkan waktu untuk mengoreksi postingan sebelum mengonlinekannya.

Salah satu triknya adalah memberikan jeda satu hari antara waktu penulisan dan pengeditan agar Anda bisa melihat artikel secara objektif. Sebaiknya minta orang lain untuk mengoreksinya juga kalau memungkinkan.

Periksa Format dan Struktur

Format dan struktur blog bisa meningkatkan fokus dan perhatian pembaca. Beberapa tips terbaiknya adalah menambahkan daftar isi, mengecek alur pembacaan dari satu bagian ke bagian berikutnya, serta memastikan gaya dan ukuran font mudah dibaca.

Tambahkan dan Optimalkan Elemen Visual

Elemen visual seperti ilustrasi dan grafik membantu menyampaikan informasi secara lebih efektif. Dengan menambahkannya di area yang tepat, Anda bisa turut meningkatkan kualitas konten. Apabila menggunakan CMS seperti WordPress, terapkan strategi optimasi gambar website dengan mengompresi atau mengubah ukurannya agar loading bisa lebih cepat.

Pastikan Semua Link Berfungsi dengan Baik

Link internal dan eksternal membantu pengunjung menelusuri website Anda. Selain itu, link merupakan faktor penentu penting untuk SEO. Pastikan semua link yang Anda sertakan mengarah ke halaman yang tepat.

Pastikan juga Anda menggunakan anchor text (teks yang diberi link) yang tepat karena akan memudahkan Google dan mesin pencari lainnya untuk memahami konteks link dengan lebih baik.

Setelah menyelesaikan checklist di atas dan memastikan semuanya sudah siap, Anda bisa memublikasikan postingan pertama Anda dan mulai mempromosikannya ke audiens yang lebih luas.

9. Promosikan dan Mulai Kembangkan Audiens

Blog WordPress baru Anda sudah online, dan sekarang saatnya memungkinkan orang lain membacanya. Konten yang berkualitas tidak akan ada gunanya kalau tidak bisa menjangkau audiens target. Oleh karena itu, Anda harus menerapkan strategi promosi blog.

Optimasi Blog dengan Strategi SEO

SEO adalah strategi yang digunakan untuk menaikkan peringkat website di mesin pencari.

Penting bagi Anda untuk mendapatkan peringkat tinggi di halaman hasil mesin pencari (SERP), karena sekitar 53% dari semua traffic website berasal dari pencarian organik. Dengan postingan dan halaman website yang mendapatkan peringkat tinggi di Google, Anda bisa memperoleh traffic organik yang stabil tanpa harus mengeluarkan biaya untuk iklan.

Berikut adalah beberapa tips terbaik untuk SEO blog:

  • Lakukan riset keyword. Targetkan long-tail keyword spesifik dengan persaingan yang rendah untuk meningkatkan peluang mendapatkan peringkat tinggi di SERP. Gunakan tool seperti Google Trends, Semrush, atau Ahrefs untuk mengumpulkan informasi terkait kata kunci.
  • Daftarkan ke Google Search Console. Tool yang sangat berguna untuk memantau performa website Anda di Google. Anda bisa melacak kata kunci yang menghasilkan traffic paling banyak, dan website mana yang memiliki link ke website Anda.
  • Instal plugin SEO. Apabila menggunakan WordPress, Yoast SEO adalah salah satu plugin yang paling populer. Sedangkan kalau menggunakan website builder, fitur SEO default yang juga tidak kalah canggih biasanya sudah disertakan.
  • Gunakan strategi on-page SEO terbaik. Beberapa teknik SEO on-page penting yang bisa Anda terapkan di antaranya adalah menambahkan meta description dan mengubah slug permalink.
  • Tingkatkan performa website. Loading halaman yang cepat akan berdampak positif pada SEO. Pastikan Anda mengikuti panduan meningkatkan performa website yang direkomendasikan untuk mempercepat website.

Bangun Audiens di Media Sosial dan Forum Online

Promosi di media sosial dan forum online merupakan cara efektif untuk membangun audiens dan terhubung dengan mereka. Selain itu, Anda bisa menemukan penggemar atau pembaca lain di niche blog yang sama untuk kemudian mengarahkan mereka ke blog Anda.

90% blogger menggunakan media sosial untuk membagikan postingan mereka. Cara ini cukup ampuh untuk menghasilkan traffic, jadi sebaiknya alokasikan waktu untuk menerapkan strategi media sosial yang tepat.

Pertama, pastikan untuk menyertakan informasi media sosial ke blog. Pembaca yang menyukai konten Anda atau mendapatkan manfaat darinya mungkin ingin mengikuti akun media sosial Anda dan membagikan konten Anda kepada orang lain.

Pertimbangkan untuk menggunakan plugin media sosial kalau Anda memilih untuk menggunakan WordPress. Dengan menginstalnya, Anda akan mendapatkan akses ke fitur-fitur seperti widget ikon media sosial, berbagi sosial (social share), dan tombol suka di Facebook.

Langkah selanjutnya adalah memilih platform media sosial untuk mempromosikan blog Anda.

Setiap channel memiliki karakternya sendiri, dan tidak semuanya sesuai dengan niche Anda. Oleh karena itu, penting untuk melakukan riset demografi setiap platform sebelum melakukan promosi di media sosial.

Untuk membantu Anda, kami memiliki informasi terkait platform media sosial terpopuler dan demografi penggunanya agar Anda bisa membuat blog yang sukses:

  • Facebook. Jejaring sosial terbesar dengan sekitar 3miliar pengguna aktif bulanan di seluruh dunia. 17,6% penggunanya adalah pria berusia 25-34 tahun, yang merupakan demografi terbesar di platform ini. Sebagian besar pengguna Facebook juga mengaksesnya melalui perangkat seluler, jadi pastikan blog Anda mobile-friendly.
  • Twitter. Ada lebih dari 300 juta pengguna aktif bulanan di Twitter, dan sebagian besar demografinya adalah pengguna pria. Twitter menyediakan update yang real-time tentang berbagai topik, dan banyak orang yang menggunakan Twitter untuk mencari berita.
  • Instagram. Aplikasi berbagi foto ini memiliki lebih dari 1 miliar pengguna aktif bulanan di seluruh dunia dan merupakan salah satu platform terpopuler untuk influencer marketing. Apabila Anda memiliki konten blog yang menarik secara visual dan target audiens Anda adalah para milenial, Instagram sangat cocok untuk mempromosikan blog Anda.
  • Pinterest. Platform berbagi gambar dan visual ini memiliki lebih dari 450 juta pengguna aktif bulanan. Audiens wanita mendominasi basis penggunanya, dan sebagian besarnya berasal dari Amerika Utara. Channel ini cocok untuk blog yang menargetkan audiens wanita di Amerika.
  • TikTok. TikTok dinobatkan sebagai media sosial dengan pertumbuhan tercepat, memiliki lebih dari 1 miliar pengguna aktif bulanan. Platform ini paling populer di kalangan Gen Z dan memiliki waktu penggunaan tertinggi per hari dibandingkan dengan platform lainnya. Apabila konten blog Anda menargetkan anak muda, cobalah mempromosikannya di TikTok dengan rangkuman video pendek dari artikel Anda.

Susun Strategi Email  Marketing untuk Blog

Dengan email marketing, Anda mengirimkan email ke orang-orang untuk mempromosikan blog. Bahkan di era media sosial, email marketing tetap menjadi cara yang efektif untuk mempertahankan pembaca blog pribadi Anda.

Banyak provider hosting yang menawarkan akun email khusus untuk kliennya. Pertimbangkan untuk membeli email hosting terpisah kalau platform website Anda tidak menyertakannya. Dengannya, Anda bisa membuat alamat email profesional seperti usernameanda@bloganda.com.

Untuk memastikan kampanye email marketing yang sukses, ikuti 3 langkah penting berikut:

  • Pilih tool email marketing. Tool email marketing akan mempermudah pengelolaan kampanye email marketing Anda. Apabila blog Anda dibuat menggunakan WordPress, ada banyak plugin newsletter yang bisa dipilih untuk meningkatkan strategi email marketing.
  • Buat daftar email (mailing list). Selalu dorong pembaca baru untuk subscribe newsletter email Anda di homepage dan halaman blog. Agar mereka semakin tertarik, Anda bisa menawarkan konten eksklusif dan eBook gratis melalui email.
  • Kirim email berkualitas. Pastikan untuk memaksimalkan manfaat yang didapat pembaca dari email Anda. Buat subjek yang menarik dan mencerminkan isi email. Kemudian, tambahkan tombol CTA, seperti “Baca selengkapnya,” yang mengarah ke postingan blog Anda.

Cobalah Tulis Guest Post

Guest post adalah strategi promosi blog dengan membuat konten (postingan tamu) untuk website lain. Gagasan utamanya adalah untuk mendapatkan exposure bagi blog Anda, dengan memperkenalkannya di website yang sudah memiliki banyak followers.

Metode ini juga bisa menjadi kesempatan untuk menyertakan backlink ke blog, yang bisa memberikan dampak positif pada SEO.

Pastikan hanya memilih website yang relevan dengan niche yang Anda fokuskan. Dengan begitu, Anda bisa memastikan guest post Anda bisa menarik target audiens yang ideal.

Saat mengirimkan artikel ke salah satu website yang dipilih, pastikan topiknya sesuai dengan tema website tersebut.

Apabila proposal Anda diterima, mulailah menulis artikel guest post. Selain menambahkan backlink ke blog Anda, gunakan link internal yang mengarahkan pembaca ke postingan lain di website klien.

Selain itu, hindari mempromosikan blog Anda secara terang-terangan dan fokuslah untuk menyajikan konten yang bermanfaat kepada pembaca.

Setelah artikel guest post dipublikasikan, tetap jaga relasi dengan webmaster yang bekerja sama dengan Anda. Apabila guest post berhasil, kemungkinan besar Anda akan diterima juga sebagai penulis di blog lain.

10. Mulai Monetisasi Blog

Setelah berhasil membangun banyak followers, Anda memiliki peluang untuk menghasilkan uang dari blog. Ada banyak cara untuk menghasilkan uang dari blog yang bisa dilakukan. Beberapa metode yang paling umum adalah:

Affiliate Marketing

Dengan menjadi afiliasi, Anda bisa menghasilkan uang dari blog menggunakan link afiliasi. Misalnya, setiap kali pengunjung blog membeli produk melalui link afiliasi, Anda bisa mendapatkan komisi sekitar 5-30% dari harga produk. Tarif sebenarnya akan bergantung pada program dan jenis produk yang ditawarkan.

Iklan Berbayar

Blogger bisa menampilkan iklan di websitenya dengan mendaftar ke jaringan iklan. Jaringan iklan seperti Google AdSense membantu blogger terhubung ke brand yang relevan dengan audiens mereka. Namun, pastikan ruang iklan Anda tidak mengganggu postingan blog untuk memberikan pengalaman membaca yang baik.

Postingan Bersponsor

Cara lain untuk menghasilkan uang dari blog adalah dengan menjangkau sebuah brand dan menulis tentang produk mereka. Sebelum melakukannya, pastikan blog Anda sudah punya pembaca dan traffic yang cukup banyak. Blogger yang sudah sukses akan menarik lebih banyak brand dan memiliki daya tawar yang lebih kuat untuk menghasilkan uang dari setiap postingan.

Produk Digital dan Fisik

Integrasikan fungsi toko online di blog Anda lalu jual produk fisik dan digital yang relevan dengan konten Anda. Misalnya, Anda bisa menjual produk digital seperti e-learning dan eBook yang dikembangkan dari postingan blog yang ada. Atau, Anda juga bisa menjual barang fisik apabila memilih niche yang berhubungan dengan hobi.

Layanan Subscription (Langganan)

Buat konten eksklusif yang hanya bisa dibuka oleh pengunjung yang berlangganan. Pastikan Anda memberikan manfaat langganan yang setara, misalnya dengan rutin menawarkan konten yang unik dan berkualitas.

User WordPress bisa menginstal plugin membership seperti MemberPress atau Paid Member Subscriptions untuk mengaktifkan paywall ke websitenya.

homepage memberpress

Berapa Biaya yang Dibutuhkan untuk Buat Blog?

Sebelum memulai blog, Anda harus tahu dulu biaya yang kira-kira perlu dikeluarkan. Tenang, kami sudah menyiapkan daftar estimasi biaya untuk membuat blog WordPress self-hosted menggunakan Hostinger sebagai provider hosting Anda:

  • Hosting. Paket hosting Premium dari Hostinger adalah pilihan yang ideal untuk blog yang dibuat di WordPress. Harga awalnya hanya Rp25900/bulan.
  • Sertifikat SSL. Sertifikat SSL menunjukkan kepada pembaca bahwa blog Anda aman untuk dikunjungi. Hostinger menawarkan sertifikat SSL secara gratis. Apabila ingin upgrade ke yang lebih canggih, harga sertifikat SSL biasanya mulai dari sekitar $10/tahun (sekitar Rp160.000).
  • Nama domain. Hostinger menawarkan domain gratis selama satu tahun pada sebagian besar paket hosting. Biasanya, harga domain .com adalah Rp150.000 per tahun dengan biaya perpanjangan Rp199.900/tahun.
TLD Registrasi Perpanjangan Transfer
.ai Rp1999900 Rp1999900 Rp2303900
.fun Rp15533 Rp488900 Rp255900
.help Rp145471 Rp354900 Rp354826
.events Rp113900 Rp441900 Rp113900
.ltd Rp140849 Rp305900 Rp305045
.team Rp51900 Rp441900 Rp51900
.ac Rp515900 Rp868900 Rp515900
.eu Rp76373 Rp84900 Rp76369
.in Rp95900 Rp133900 Rp95900
.com Rp147900 Rp229900 Rp142900
.es Rp76369 Rp98900 Rp14900
.co.uk Rp103900 Rp119900 Rp14900
.co.in Rp76369 Rp83900 Rp76369
.ca Rp243900 Rp243900 Rp141925
.games Rp158900 Rp287900 Rp287900
.ind.in Rp98219 Rp109900 Rp114900
.blog Rp69900 Rp401900 Rp401900
.info Rp57900 Rp286900 Rp241900
.community Rp206900 Rp441900 Rp206900
.mobi Rp108709 Rp195900 Rp141925
.capital Rp154900 Rp728900 Rp154900
.name Rp177900 Rp221900 Rp177900
.group Rp143900 Rp176900 Rp176605
.net Rp193900 Rp196181 Rp188900
.services Rp107708 Rp433900 Rp433485
.net.in Rp177900 Rp206900 Rp98219
.top Rp46651 Rp107900 Rp107258
.org Rp121900 Rp196900 Rp141925
.digital Rp51900 Rp395900 Rp396085
.org.in Rp98219 Rp108900 Rp98219
.education Rp158900 Rp330900 Rp330900
.org.uk Rp109149 Rp120900 Rp14900
.zone Rp115900 Rp460900 Rp460900
.pw Rp87295 Rp237900 Rp14900
.wtf Rp58900 Rp441900 Rp58900
.ws Rp251179 Rp500900 Rp398900
.software Rp206900 Rp441900 Rp206900
.xyz Rp28900 Rp203900 Rp139000
.support Rp82900 Rp323900 Rp82900
.be Rp76369 Rp76369 Rp76369
.consulting Rp206900 Rp485900 Rp206900
.ch Rp76369 Rp76369 Rp14900
.chat Rp154900 Rp441900 Rp154900
.co Rp332223 Rp406900 Rp349000
.company Rp71900 Rp144900 Rp144495
.com.co Rp178900 Rp223900 Rp130999
.life Rp43900 Rp449900 Rp449540
.com.es Rp152849 Rp163900 Rp14900
.news Rp143900 Rp337900 Rp337155
.cz Rp294879 Rp294879 Rp14900
.today Rp57997 Rp305900 Rp305045
.de Rp65445 Rp69900 Rp54519
.host Rp44900 Rp1177900 Rp1036900
.fr Rp87295 Rp98900 Rp87295
.click Rp28153 Rp149900 Rp149027
.gr Rp174699 Rp174699 Rp14900
.properties Rp386900 Rp417900 Rp281731
.ist Rp185625 Rp347900 Rp185625
.app Rp228900 Rp258900 Rp228900
.it Rp185625 Rp185625 Rp185625
.academy Rp215900 Rp431900 Rp431900
.nl Rp54519 Rp69900 Rp14900
.expert Rp115900 Rp719900 Rp719900
.nu Rp174699 Rp174699 Rp14900
.pro Rp57900 Rp287900 Rp287900
.pl Rp43595 Rp163900 Rp14900
.jp Rp524900 Rp524900 Rp14900
.se Rp226900 Rp181740 Rp14900
.social Rp123900 Rp440900 Rp123900
.online Rp16164 Rp521900 Rp397399
.global Rp412900 Rp1030900 Rp412900
.store Rp16164 Rp775900 Rp638000
.works Rp61900 Rp441900 Rp61900
.tech Rp16164 Rp781900 Rp553469
.market Rp103900 Rp191900 Rp103900
.cat Rp98219 Rp251900 Rp251179
.green Rp103900 Rp1001900 Rp103900
.ae.org Rp207475 Rp278900 Rp207475
.systems Rp123900 Rp344900 Rp123900
.ag Rp1390000 Rp1390000 Rp1015965
.coach Rp206900 Rp728900 Rp206900
.am Rp715900 Rp715900 Rp480615
.energy Rp154900 Rp1339900 Rp154900
.at Rp185900 Rp185900 Rp130999
.cafe Rp103900 Rp478900 Rp103900
.bz Rp240255 Rp240255 Rp240255
.boutique Rp51900 Rp441900 Rp51900
.cc Rp120075 Rp120075 Rp120075
.biz Rp224899 Rp238900 Rp238965
.cl Rp141925 Rp141925 Rp141925
.email Rp89900 Rp304900 Rp305045
.com.de Rp65445 Rp65445 Rp65445
.guru Rp386900 Rp465900 Rp465595
.com.mx Rp209900 Rp449900 Rp251179
.live Rp57997 Rp337900 Rp337155
.com.pl Rp43595 Rp130900 Rp14900
.network Rp74567 Rp304900 Rp305045
.com.pt Rp207475 Rp207900 Rp207475
.rocks Rp89900 Rp176900 Rp176605
.com.se Rp120075 Rp120075 Rp120075
.solutions Rp104900 Rp305900 Rp305045
.cx Rp179725 Rp237900 Rp207475
.world Rp57997 Rp433900 Rp433485
.dk Rp98219 Rp98219 Rp14900
.press Rp44900 Rp940900 Rp780900
.fm Rp1287900 Rp1287900 Rp884859
.uno Rp15533 Rp313900 Rp241900
.in.net Rp114900 Rp114900 Rp87295
.com.au Rp133488 Rp226900 Rp14900
.info.pl Rp43595 Rp130900 Rp130999
.link Rp134900 Rp163900 Rp149027
.la Rp349509 Rp349509 Rp14900
.cloud Rp14900 Rp295900 Rp295900
.li Rp76369 Rp76369 Rp76369
.business Rp100900 Rp183900 Rp183889
.lt Rp174990 Rp174990 Rp149
.io Rp598900 Rp715900 Rp715900
.lu Rp207475 Rp207475 Rp207475
.dev Rp215900 Rp215900 Rp215900
.lv Rp174699 Rp174699 Rp14900
.ro Rp477900 Rp477900 Rp477900
.me Rp143900 Rp223900 Rp212900
.center Rp129900 Rp287900 Rp287900
.mx Rp601900 Rp601900 Rp360435
.exchange Rp158900 Rp431900 Rp431900
.net.pl Rp43595 Rp130900 Rp14900
.finance Rp215900 Rp719900 Rp719900
.pm Rp109149 Rp109149 Rp109149
.media Rp86900 Rp431900 Rp431900
.pt Rp207475 Rp207475 Rp14900
.studio Rp215900 Rp359900 Rp359900
.re Rp98219 Rp98219 Rp98219
.fi Rp194900 Rp194900 Rp14900
.tf Rp109149 Rp109149 Rp109149
.pk Rp749900 Rp749900 -
.tv Rp500900 Rp500900 Rp349509
.art Rp30900 Rp227900 Rp227900
.vc Rp440000 Rp500900 Rp14900
.bio Rp103900 Rp1030900 Rp103900
.wf Rp109149 Rp109149 Rp109149
.ventures Rp206900 Rp736900 Rp206900
.xxx Rp928559 Rp1048900 Rp928559
.llc Rp265900 Rp485900 Rp265900
.yt Rp109149 Rp109149 Rp109149
.city Rp82900 Rp294900 Rp82900
.us Rp98219 Rp98219 Rp98219
.fyi Rp103900 Rp294900 Rp103900
.id Rp210000 Rp241900 Rp300000
.marketing Rp103900 Rp441900 Rp103900
.co.id Rp356900 Rp386900 Rp228990
.travel Rp412900 Rp1634900 Rp412900
.web.id Rp60000 Rp60000 Rp106800
.run Rp51900 Rp294900 Rp51900
.sch.id Rp60000 Rp60000 Rp66000
.land Rp206900 Rp441900 Rp206900
.or.id Rp60000 Rp60000 Rp106800
.care Rp206900 Rp441900 Rp206900
.ac.id Rp60000 Rp60000 Rp106800
.photography Rp154900 Rp323900 Rp154900
.my.id Rp25000 Rp25000 Rp66000
.plus Rp103900 Rp441900 Rp103900
.site Rp16164 Rp488900 Rp326900
.bet Rp154900 Rp287900 Rp154900
.website Rp16164 Rp390900 Rp241900
.family Rp206900 Rp382900 Rp206900
.space Rp16164 Rp313900 Rp241900
.house Rp154900 Rp441900 Rp154900
.uk Rp114900 Rp128900 Rp14900
.cool Rp103900 Rp441900 Rp103900
.shop Rp14900 Rp503900 Rp429900
.coffee Rp123900 Rp441900 Rp123900
.club Rp200900 Rp406900 Rp150000
.cash Rp206900 Rp441900 Rp206900
.icu Rp44900 Rp406900 Rp355000
.farm Rp154900 Rp441900 Rp154900
.agency Rp104900 Rp304900 Rp305045
.me.uk Rp98219 Rp120900 Rp120900
.asia Rp141925 Rp166900 Rp185900
  • WordPress. Core WordPress bersifat open-source, yang berarti WordPress bisa didownload gratis, serta boleh digunakan dan dimodifikasi dengan cara apa pun yang Anda inginkan.
  • Tema WordPress. Meskipun ada banyak tema gratis yang didesain dengan baik, versi gratis biasanya tidak memiliki banyak fitur, opsi penyesuaian, dan dukungan yang baik. Sebaiknya beli tema premium untuk desain dan fungsi blog yang optimal. Harga termurah di ThemeForest saat ini adalah sekitar $13/lisensi (sekitar Rp210.000).
  • Plugin. Plugin juga banyak yang tersedia secara gratis. Namun, Anda mungkin perlu upgrade beberapa plugin ke versi premium agar bisa mengakses fitur tambahan. Sebagai contoh, menginstal plugin keamanan dan Yoast SEO premium memerlukan biaya sekitar $99/tahun (sekitar Rp1,6 juta).
  • Pemasaran dan SEO. Biaya aktualnya akan bergantung pada metode yang Anda terapkan dan tool yang digunakan. Namun, kalau masih baru mencoba cara membuat blog, Anda bisa mempromosikannya menggunakan platform gratis seperti MailChimp dan Google Trends.
  • Maintenance. Sebagian besar proses maintenance WordPress, seperti update software dan backup, bisa dilakukan sendiri menggunakan tool gratis. Namun, masalah teknis tetap mungkin terjadi, jadi sebaiknya sisihkan sejumlah uang untuk biaya maintenance website.

Dari uraian di atas, total biaya blogging Anda di tahun pertama mungkin bisa mencapai lebih dari 3 juta rupiah. Namun, jumlah ini bisa lebih rendah atau lebih tinggi tergantung pada kebutuhan Anda.

Apabila ingin yang lebih efisien, coba Website Builder Hostinger untuk memulai perjalanan blogging Anda. Dengan tool SEO, integrasi marketing, dan tema yang sudah disertakan, website builder kami memberikan lebih banyak manfaat dibandingkan dengan biaya yang perlu dikeluarkan.

Berikut adalah biaya pembuatan blog kalau menggunakan Hostinger Website Builder:

  • Hosting. Kami merekomendasikan agar Anda menggunakan paket hosting Premium. Biaya langganan untuk 12 bulan hanya Rp44900/bulan. Dengan paket hosting ini, Anda sudah mendapatkan domain gratis selama setahun.
  • Website Builder Hostinger. Sudah disertakan gratis dalam paket hosting kami.
  • Integrasi pihak ketiga. Aplikasi marketing dan analisis populer seperti Hotjar dan Google Analytics tersedia secara gratis untuk setiap user Website Builder Hostinger.
  • Keamanan dan maintenance. Backup mingguan, sertifikat SSL, dan malware scanner semuanya sudah termasuk dalam paket hosting Anda.

Dengan solusi ini, Anda bisa memulai perjalanan blogging dengan biaya yang sangat terjangkau, sekitar Rp600.000 untuk tahun pertama.

Jangan lupa untuk membuat checklist kebutuhan dan menetapkan budget untuk menghindari pengeluaran berlebih. Anda bisa mulai dulu dengan opsi yang lebih terjangkau atau gratis, lalu upgrade ke versi premium setelah berhasil mendatangkan keuntungan dari blog.

Kenapa Harus Membuat Blog?

Awalnya, blog hanya berupa jurnal online yang ditulis oleh seseorang yang ingin mendokumentasikan kehidupan atau hobi mereka. Saat ini, brand-brand besar menggunakan blog sebagai salah satu strategi penting untuk content marketing.

Alasan perlunya membuat blog akan berbeda-beda, tergantung pada orang atau brand yang menginginkannya. Untuk membantu Anda memahami lebih dekat, berikut 4 manfaat blog yang bisa Anda dapatkan:

Membuat Blog untuk Alasan Pribadi

Blog pribadi bisa dimanfaatkan sebagai jurnal digital tanpa perlu memfokuskannya untuk menghasilkan uang atau traffic. Anda bisa menulis dan membagikan cerita tau ide tentang topik tertentu. Apalagi kalau suka menulis atau membuat konten, Anda bisa memanfaatkan blog untuk hobi tersebut.

Mengembangkan Blog untuk Membangun Jaringan

Dengan blog, Anda bisa menjangkau orang-orang baru, pertemanan baru, dan membangun komunitas. Apabila menekuni bidang profesional tertentu, Anda juga bisa memanfaatkannya untuk networking dengan sesama profesional di industri Anda. Rutinlah menjawab komentar di postingan Anda untuk memulai percakapan dengan audiens.

Memulai Blog untuk Menghasilkan Uang

Tidak bisa dipungkiri bahwa blogging adalah salah satu peluang usaha yang menjanjikan. Setelah memiliki basis audiens yang luas, Anda bisa mulai menghasilkan uang dari blog sebagai bisnis sampingan, yang hampir tidak memiliki risiko.

Mengonlinekan Blog untuk Belajar Skill Baru

Anda bisa meningkatkan skill dan belajar hal baru dengan cara membuat blog, seperti menulis, marketing, SEO, dan web development. Sebagai sarana pengembangan diri, Anda bisa memotivasi diri untuk menulis konten yang berkualitas dan mampu menjadi tren di tengah persaingan.

Panduan Blogging untuk Pemula

Meskipun cara membuat blog tampaknya tidak sulit, Anda harus merencanakan strategi blogging yang efektif sebelum mengonlinekannya.

Berikut adalah beberapa tips terbaik yang bisa Anda ikuti untuk membuat blog yang sukses:

Tetapkan Tujuan yang Jelas

Ingat, untuk meningkatkan peluang sukses, Anda perlu memilih niche blogging yang tepat dan menetapkan tujuan serta pencapaian yang jelas untuk memantau progres.

Ketika baru memulai blog, Anda mungkin akan tergiur untuk menulis berbagai hal yang sedang digemari. Namun, kalau ingin mendapatkan penghasilan dengan blogging, Anda harus meluangkan waktu untuk membuat rencana jangka panjang.

Seperti yang tadi sudah dijelaskan, tetapkan angka pencapaian yang jelas, misalnya 10ribu view bulanan dari traffic organik. Di sisi lain, target pendukung bisa berupa hal-hal kecil yang membantu Anda mencapai tujuan utama. Sebagai contoh, Anda bisa menargetkan 10 postingan untuk meraih posisi 3 teratas di SERP.

Tujuan yang jelas membantu Anda tetap fokus, memantau progres dengan jelas, dan mengubah strategi dengan cepat kalau tidak melihat hasil yang diinginkan.

Cek Ulang Pemformatan Postingan

Salah satu cara utama untuk membangun kredibilitas sebagai blogger adalah membuat postingan yang ditulis dengan baik, dengan alur pembacaan yang baik, dan tidak ada kesalahan penulisan fatal.

Mengingat saat ini ada banyak jenis perangkat yang digunakan untuk browsing internet, barisan teks yang terlalu panjang bisa terasa melelahkan saat menggunakan smartphone.

Untuk meningkatkan alur pembacaan, perhatikan elemen-elemen seperti struktur paragraf dan kalimat, judul, dan daftar poin. Pemformatan yang tepat juga meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di mesin pencari dan menjadikan postingan lebih user-friendly.

Kembangkan Daftar Subscriber Blog

Untuk memaksimalkan strategi email marketing, selalu upayakan untuk mengembangkan mailing list blog secara konsisten. Untuk menjaga relasi dengan audiens, gunakan mailing list untuk:

  • Menginformasikan pembaca tentang postingan yang baru dipublikasikan.
  • Berbagi tips dan trik yang berkaitan dengan niche Anda.
  • Mengajak audiens untuk berinteraksi dengan konten dalam bentuk kompetisi atau hadiah.

Semakin banyak manfaat yang bisa ditawarkan kepada pembaca, semakin besar kemungkinan Anda mendapatkan pembaca setia dan memperkuat posisi sebagai seorang ahli di bidang yang ditekuni.

Selain itu, karena email juga bisa difungsikan untuk hal-hal yang lebih dipersonalisasi, cobalah untuk menerapkan strategi perolehan prospek.

Misalnya, ajak pengguna untuk ikut serta dalam mailing list Anda dengan menawarkan konten eksklusif, seperti cheat sheet dan check list. Setelah punya cukup banyak anggota mailing list, Anda bahkan bisa memonetisasi newsletter dengan menjual ruang iklan.

Update Konten yang Sudah Terlalu Lama

Tren pencarian di internet terus berkembang. Artikel blog yang membahas sepatu terbaik di tahun 2022 mungkin sudah ketinggalan zaman dalam waktu satu atau dua tahun dari tanggal publikasi aslinya.

Anda bisa menghindari hal ini dengan melakukan audit dan update konten secara teratur. Gunakan tool riset SEO untuk memantau tren pencarian dan kata kunci, dan perhatikan hal-hal apa saja yang dilakukan kompetitor.

Bersamaan dengan proses tersebut, cobalah memposting lebih banyak konten yang sekiranya tidak lekang oleh waktu dan bisa tetap trending untuk jangka panjang.

Coba Berbagai Cara Monetisasi

Mungkin masih banyak yang belum tahu bahwa ada beberapa cara monetisasi blog selain dengan memenuhi seluruh bagian blog dengan iklan dan banner.

Ketika memutuskan untuk membuat blog, cari tahu berbagai aliran pendapatan yang bisa Anda hasilkan darinya. Uji berbagai strategi monetisasi untuk menemukan yang paling cocok dengan niche Anda.

Sebagai contoh, pembaca Anda mungkin kurang suka dengan konten affiliate marketing, tapi mereka senang dengan postingan bersponsor yang Anda buat dengan baik.

Cara Membuat Blog Tidak Sulit, Kan?

Ada banyak manfaat dan keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan cara buat blog. Misalnya, Anda bisa menggunakannya sebagai sarana pengembangan diri pribadi dan profesional, mulai dari membangun reputasi sebagai seorang ahli, hingga menghasilkan uang.

Untungnya, sekarang Anda bisa membuat blog tanpa perlu ribet untuk langsung memulai perjalanan blogging di internet, juga tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.

Di artikel ini, kami sudah menjelaskan secara lengkap langkah-langkah cara membuat blog untuk pemula maupun profesional, seperti memilih niche yang tepat, memilih platform, menulis dan menerbitkan konten, hingga memonetisasinya.

Semoga artikel ini bisa membantu Anda membuat blog dengan mudah dan menghasilkan uang darinya, ya. Apabila masih memiliki pertanyaan, beri tahu kami lewat kolom komentar di bawah ini yuk!

Pertanyaan Umum Seputar Cara Membuat Blog

Di bagian ini, kami akan menjawab beberapa pertanyaan paling umum tentang cara membuat blog.

Apakah Blogging Menguntungkan?

Tentu saja. Selama orang-orang masih mencari informasi di internet, blog akan tetap menguntungkan. Namun ingat, Anda harus memilih niche dan metode monetisasi yang tepat. Topik blog seperti makanan, kecantikan, dan fashion relatif mudah untuk dimonetisasi. Dengan strategi konten yang tetap dan konsisten, Anda pun bisa cuan dari blog.

Berapa Banyak Uang yang Bisa Didapatkan dari Blogging?

Menurut Ryan Robinson, blogger bisa menghasilkan rata-rata $45.000/tahun. Namun, jumlahnya akan berbeda-beda tergantung pada beberapa faktor seperti topik, pengalaman, dan reputasi blogger di industri yang dipilihnya.

Apakah Blogging Bisa Menjadi Pekerjaan atau Hanya Sampingan?

Kami merekomendasikan blog untuk sampingan saja kalau baru memulai. Anda bisa menjadikan blogging sebagai pekerjaan penuh ketika blog Anda sudah berkembang sehingga bisa mengandalkan pendapatan dari blog untuk kebutuhan sehari-hari.

Bisakah Blogger Pemula Menghasilkan Uang?

Ya, setiap blogger bisa memonetisasi konten mereka. Namun, kalau masih pemula, sebaiknya fokuslah dulu pada pembuatan konten yang berkualitas dan membangun audiens yang luas. Apabila sudah memiliki reputasi yang baik dan pembaca setia, pasti akan jauh lebih mudah untuk menghasilkan uang melalui blog.

Apakah Bisa Membuat Blog Gratis?

Ya, banyak platform yang memungkinkan Anda membuat blog gratis. WordPress adalah salah satu platform paling populer untuk memulai blog. Website seperti Medium dan Tumblr juga bisa menjadi alternatif yang baik untuk blogger baru, atau yang ingin memulai blog tanpa proses setup yang ribet.

Author
Penulis

Faradilla A.

Faradilla, yang lebih akrab disapa Ninda, adalah Content Manager di Hostinger. Ia suka mengikuti tren seputar teknologi, digital marketing, dan belajar bahasa. Melalui tutorial Hostinger ini, Ninda ingin berbagi informasi dan membantu pembaca menyelesaikan masalah yang dialami.