Cara Membuat Blog
access_time
hourglass_empty
person_outline

Cara Membuat Blog

Anda pasti sering mendengar kata ‘blog’, kan? Entah ketika sedang berselancar di internet ataupun pada saat bercakap dengan teman. Bisa dibilang blog sudah memiliki peranan yang cukup besar dalam gaya hidup dan tren masyarakat zaman sekarang. Blog mewadahi berbagai profesi, mulai dari mereka yang sekadar menulis hingga mereka yang menjadikan blog sebagai mata pencarian utama. Fakta yang positif ini tentu mendorong keingintahuan Anda: bagaimana, sih, cara membuat blog?

Di artikel ini, kami akan membahas semua hal yang Anda butuhkan untuk cara membuat blog. Mulai dari pemilihan niche hingga faktor yang menentukan kesuksesan blog. Di akhir artikel ini, kami berharap Anda akan punya blog yang bisa mendatangkan trafik yang konsisten dan muncul di pencarian organik Google.

Sambil membaca panduan ini, Anda bisa langsung mempraktikannya, lho. Klaim diskon dan buat blog sendiri. Ada jaminan 30 hari uang kembali jika Anda tidak puas dengan layanan kami.

Buat Blog

Apa Itu Blog

Menurut Wikipedia, blog adalah salah satu jenis website yang memuat tulisan dengan berbagai topik. Biasanya tulisan (yang kita sebut dengan postingan) ditunjukkan dalam kronologi yang terbalik. Blog akan menampilkan postingan terbaru yang kemudian disusul oleh postingan lama.

Blog sering dijadikan platform untuk mengembangkan kemampuan menulis dan juga mempelajari hal-hal baru, seperti pengembangan web (web development) dan manajemen konten. Anda bebas berkreasi dalam berbagi info ataupun hobi sembari membangun komunitas online. Bahkan blogging bisa memberikan keuntungan, misalnya dengan bergabung di program afiliasi atau menampilkan iklan di blog. Postingan yang Anda publikasikan secara berkala pun bisa menjadi portofolio jika ingin mencari pekerjaan lepas (freelance) atau penuh waktu (full time).

Bentuk blog bermacam-macam, misalnya majalah digital, catatan pribadi, pameran online, dan bahkan situs pembelajaran. Biasanya blog terdiri atas teks, gambar, video, dan halaman penting lainnya. Audiens bisa menuliskan komentar dan berkomunikasi secara virtual dengan pemilik atau penulis blog.

Perbedaan Blog dan Website

Hal pertama yang membedakan blog dan website adalah adanya kolom komentar. Seperti yang sudah disebutkan, blog memiliki kolom komentar di mana audiens dan blogger bisa berkomunikasi. Komunikasi yang terjalin adalah komunikasi dua arah. Sementara itu, website tidak memiliki kolom komentar sama sekali.

Blog bersifat dinamis karena kontennya selalu diperbarui, sedangkan website bersifat statis karena halaman-halaman yang ada di dalamnya jarang sekali diperbarui. Contohnya, halaman produk, informasi layanan, dan Tentang Kami.

Pembeda lainnya adalah nama author, tanggal postingan, dan kategori. Pada blog, ketiga elemen ini terlihat jelas di bagian atas postingan. Sementara itu, Anda tidak dapat menemukan ketiga elemen tersebut di website.

Lalu, Manakah Platform yang Tepat untuk Blog?

Ada sejumlah faktor yang perlu diperhatikan pada saat memilih platform blogging. Tanyalah pada diri sendiri, sejauh mana kemampuan teknis yang dimiliki? Apakah Anda punya waktu cukup untuk membuat dan mengelola blog sendiri?

Pastikan juga platform blog yang dilirik benar-benar memiliki fitur yang sesuai dengan konsep dan tujuan blogging. Setidaknya Anda bebas membuat konten, menambahkan media, dan melakukan kreasi lainnya sehingga postingan terlihat menarik. Terakhir, hitunglah bujet – hal ini penting bagi Anda yang ingin membuat fondasi yang solid atau yang tak ingin selamanya memiliki blog gratis dan berencana untuk berekspansi lebih jauh.

WordPress.org

Jika Anda sudah familiar dengan hal-hal berbau teknis dan menyisihkan sekian bujet untuk blogging, pilihlah sistem manajemen konten seperti WordPress.org. CMS ini sudah banyak digunakan baik untuk blog maupun website. Penggunaannya gratis. Hanya saja, untuk menjalankannya, Anda memerlukan custom domain dan web hosting.

Tingkat kesulitan untuk mempelajari penggunaannya cukup tinggi. Anda butuh waktu, bahkan harus bertanya-tanya atau mencari sumber yang sekiranya dapat mempermudah pengoperasian WordPress tipe ini. Untungnya, di internet, sudah banyak bertebaran tutorial, tips dan trik, dan juga artikel yang membahas WordPress. Anda bisa mengandalkan sumber online untuk memahami CMS terpopuler ini.

WordPress dilengkapi dengan live editor. Anda dapat mengubah dan memodifikasi tampilan blog menggunakan berbagai tema gratis dan berbayar. Untuk postingan dan halaman blog, block editor yang dimiliki WordPress versi Gutenberg menawarkan banyak opsi dan fitur yang layak dicoba.

WordPress juga menyediakan plugin untuk menambahkan fitur dan tool, misalnya tool SEO, sistem keamanan, dan manajemen blog. Setelah menyempurnakan blog, Anda bisa, lho, mencari penghasilan di internet. Terlebih lagi Anda punya kendali penuh atas blog Anda, bukan?

WordPress.com

Lain WordPress.org, lain pula WordPress.com. Disadur dari laman Wikipedia Indonesia, WordPress.com adalah situs layanan blog yang menggunakan mesin WordPress. Anda tidak perlu lagi mencari provider web hosting, berlangganan salah satu paket, dan membuat domain. Anda bisa langsung menggunakan paket gratisnya yang sudah dilengkapi dengan resource yang cukup, termasuk satu subdomain.

Cara membuat blog gratis dengan platform ini jauh lebih mudah. WordPress.com memiliki pustaka atau library yang berisikan tema responsif yang dapat diatur dan disesuaikan. Dengan adanya block editor yang live dan intuitif, Anda bisa bikin blog dalam kurun waktu kurang dari sehari dan tanpa penerapan coding atau kemampuan teknis lainnya.

Manajemen blog juga bisa dilakukan melalui aplikasi WordPress yang tersedia di perangkat iOS dan Android.

Jika ingin memperoleh ruang penyimpanan yang lebih banyak, mengaktifkan domain sendiri, memaksimalkan blog sebagai sumber penghasilan, dan mendapatkan bantuan via email dan chat, paket gratis harus diupgrade ke paket berbayar. Paket personal memiliki sistem pembayaran pertahun meskipun biaya berlangganannya dihitung 4 USD/bulan. Kalau ingin menginstall plugin, paket yang dipilih adalah Business dengan biaya berlangganan sebesar 25 USD/bulan.

Medium

Medium ditujukan bagi Anda yang hanya ingin menulis dan tidak begitu memedulikan aspek pembuatan dan desain blog. Anda dapat menulis berbagai topik yang akan dibaca oleh hampir 100 juta pembaca terdaftar.

Tidak ada biaya yang dibebankan kepada penulis, dan penggunaannya juga cukup mudah. Anda bisa langsung menulis dan mempublikasikan konten. Desainnya yang rapi dan minimalis akan memusatkan perhatian pengunjung untuk membaca konten Anda. Peluang untuk berada di halaman pertama mesin pencari juga cukup tinggi karena Medium memiliki domain authority sebesar 96.

Selain bisa dibaca oleh jutaan subscriber, konten yang Anda tulis juga bisa diuangkan melalui Medium Partner Program. Nantinya artikel direkomendasikan ke pembaca yang sudah berlangganan. Namun perlu diingat, artikel tersebut harus melewati quality check yang dilakukan oleh tim editorial Medium terlebih dulu. Pembayaran untuk artikel Anda didasarkan pada jumlah pembaca dan akan dikirim perbulan.

Tumblr

Tumblr adalah platform blogging yang sangat populer di kalangan anak-anak muda. Kontennya interaktif dan sistemnya hampir serupa dengan media sosial. Orang-orang bisa saling follow blog masing-masing. Niche atau topik yang diulas pun beragam sehingga komunitas di dalamnya lebih variatif.

Buat blog gratis adalah salah satu keunggulan Tumblr. Anda tinggal bikin akun dan menggunakan subdomain yang telah disediakan, kecuali sebelumnya Anda sudah punya domain sendiri. Bagi yang pertama kali menggunakan Tumblr, mungkin akan sedikit bingung saat mengoperasikan bagian dashboard karena area ini juga berfungsi sebagai feed.

Ada tujuh tipe postingan di Tumblr, yaitu teks, kutipan (quote), tautan (link), obrolan (chat), foto, video, dan audio. Pembaca boleh meninggalkan komentar, memberi tanda suka, reblog, dan bahkan membagikan postingan. Satu lagi keistimewaan Tumblr,  yaitu pengguna bisa menambahkan hashtag ke kontennya.

Tumblr memiliki library yang di dalamnya memuat berbagai koleksi tema yang dapat dipilih dan dikelola. Hanya saja, ada batasan seberapa banyak perubahan yang bisa dilakukan oleh pengguna.

Blogger

Blogger sering dituju oleh orang-orang yang ingin mengetahui cara membuat blog pribadi. Hal ini tak lepas dari kesederhanaan sistem yang diberikan dan juga tidak adanya keharusan untuk berlangganan hosting. Anda hanya diwajibkan untuk memiliki akun Gmail agar bisa menjalankan platform gratis ini. Satu subdomain juga akan diberikan pada saat pendaftaran dan pembuatan akun.

Dashboard Blogger dirancang semudah mungkin agar pengguna baru bisa membuat blog sendiri. Mulai dari menginstall template, menambahkan widget, mengunggah file media, hingga mempublikasikan postingan. Bagusnya lagi, Blogger sudah terintegrasi Google AdSense sehingga Anda bisa segera memperoleh penghasilan melalui blog. Untuk membagikan konten, gunakan layanan Google+ dan tombol sharing bawaan. Jika ingin mengetahui performa blog, ada fitur statistics report (laporan statistik) yang menunjukkan datanya.

Cara Membuat Blog

Di bagian ini, kami akan membahas panduan membuat blog mulai dari pemilihan provider hosting hingga menginstall platform blogging. Tak hanya itu, kami juga akan memberikan berbagai tips membuat blog agar ke depannya Anda bisa sukses.

1. Tentukan niche

Cara membuat blog - menentukan niche

Jika saat ini Anda sedang menjalankan suatu proyek atau membangun bisnis online, melalui blog Anda bisa membagikan informasi mengenai layanan, produk, serta visi dan misi perusahaan. Pembaca yang tertarik dengan pembahasan yang disajikan akan singgah di blog Anda. Anda pun dapat mengakuisisi user baru dengan mudah. Win-win solution, bukan?

Apabila yang Anda cari adalah cara buat blog pribadi, Anda punya lebih banyak peluang. Daftar niche atau topik lebih luas, mulai dari traveling (kisah perjalanan), teknologi, berita, makanan, musik, hingga sepatu. Saking banyaknya, Anda bebas memilih satu niche untuk dijadikan topik utama blog.

Peran niche sangat krusial dalam pembuatan blog. Oleh karena itu, janganlah terburu-buru dalam menentukannya. Kami sarankan untuk melakukan riset terlebih dulu.

Salah satu cara membuat blog yang menarik adalah dengan mengulas topik yang disukai. Anda lebih enjoy dalam melakukannya dan hasilnya juga akan lebih baik. Audiens akan merasa puas setiap kali membaca postingan Anda.

Apa itu niche?

Anda punya pertanyaan? penasaran akan sesuatu? atau ingin membaca ulasan produk sebelum memutuskan untuk membeli? Pastinya Anda akan mengetikkan kata kunci terkait dan melakukan pencarian, kan? Nah, informasi yang diperoleh inilah yang jadi asal-muasal niche. Jangkauan niche sangat luas, bisa apa saja. Misalnya, agar tetap up-to-date dengan berita fashion, blog yang Anda ikuti adalah blog fashion. Sebaliknya, jika tidak ingin ketinggalan info musik teranyar, blog yang diikuti pastilah seputar lagu dan penyanyi pendatang baru. Sebenarnya, apa itu niche?

Niche adalah topik atau area yang jadi fokus utama dari blog Anda. Misalnya, Anda berprofesi sebagai musisi. Maka, niche blog akan cenderung bercerita soal musik. Karena topik musik sangat luas, carilah yang spesifik. Anda bisa mengulas lagu-lagu hip-hop atau yang bergenre pop.

Cara memilih niche

Memilih niche blog memang memakan waktu yang lama. Namun, dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini, pemilihan niche bisa jadi lebih mudah.

  1. Buatlah daftar berisikan hal-hal yang Anda sukai atau kuasai, misalnya soal pekerjaan, aktivitas sehari-hari, atau kegiatan berkebun.
  2. Lakukan riset dengan mencari informasi soal blog yang mengambil niche yang sama. Cek target pasar untuk mengetahui apakah niche yang dipilih dapat digali lebih dalam atau tidak. Catat konten yang diulas di masing-masing blog, misalnya glosarium, tutorial, atau proyek tertentu.
  3. Seperti yang sudah disebutkan, carilah niche yang lebih spesifik. Misalnya, kegiatan berkebun merupakan topik yang sangat luas. Pastinya ada banyak blog yang mengulas topik ini. Oleh karena itu, persempit ruangnya dengan membahas cara menanam sayur untuk pemula atau bagaimana mengubah kegiatan berkebun menjadi aktivitas menyenangkan untuk anak-anak.
  4. Kalau ingin blog menghasilkan sejumlah rupiah untuk Anda, carilah niche yang ‘menjual’. Apakah ada produk jualan dalam cakupan niche yang dipilih? Apakah produk tersebut menggunakan AdWords? Dan apakah blog kompetitor menawarkan ruang iklan atau memasang banner? Cek semua hal ini untuk menentukan langkah Anda selanjutnya.
  5. Pilihlah niche yang Anda kuasai. Setiap pembaca ingin mendapatkan informasi yang lengkap dan memuaskan rasa ingin tahu mereka. Apabila Anda hanya ‘sekadar’ menulis postingan, pembaca blog juga akan memperoleh informasi yang ‘setengah-tengah’. Jadi, tinggalkan topik yang tidak disukai dan carilah niche yang benar-benar Anda pahami.
  6. Lakukan blogwalking yang terkait dengan niche Anda. Sesuatu yang luput dibahas oleh blog kompetitor bisa menjadi niche yang menarik untuk diulas.

Jangan khawatir kalau Anda masih belum menemukan niche yang tepat. Blog yang saat ini sudah sukses pasti pernah melakukan berbagai macam cara dan strategi ketika mencari niche.

Kami sarankan untuk jangan mudah menyerah. Teruslah mencari niche blog yang benar-benar membuat Anda tertarik.

2. Pilih web hosting

Cara buat blog - pilih web hosting

Setelah menentukan niche blog, langkah selanjutnya adalah memilih platform blogging. Platform blogging adalah software atau layanan untuk mempublikasikan blog beserta kontennya. Ada dua tipe platform, yakni platform gratis dan platform self-hosted. Berikut akan kami jelaskan lebih rinci mengenai dua tipe tersebut.

Platform gratis

Pemula yang ingin tahu cara membuat blog gratis dan mudah bisa memilih platform ini. Akan tetapi, selayaknya layanan gratis, platform ini memiliki batasan dan aturan yang harus dipatuhi. Selain penggunaan subdomain platform di belakang URL blog (bloganda.situsplatformblog.com), Anda juga tidak bisa menghapus atau menonaktifkan iklan yang terpasang di blog. Mau tak mau Anda harus menerima keberadaan iklan ini meskipun tidak sesuai dengan konsep blog atau bahkan tidak dapat diuangkan. Jika ingin mendapatkan kebebasan lebih dalam mengontrol iklan dan juga URL, kami sarankan untuk buat blog di platform self-hosted.

Platform self-hosted

Platform self-hosted memperbolehkan Anda untuk menggunakan nama domain sendiri. Itu berarti tidak akan ada lagi subdomain platform di belakang URL blog. Anda juga bebas menginstall Sistem Manajemen Konten atau yang disingkat CMSWordPress, Joomla, dan Drupal adalah tiga contoh CMS yang banyak digunakan akhir-akhir ini.

Platform self-hosted tidak gratis. Anda harus mengeluarkan sejumlah biaya untuk berlangganan web hosting dan membuat domain. Setelah itu, Anda baru bisa mengaktifkan CMS. Biasanya CMS bersifat open-source dan gratis.

Hostinger terus mengembangkan infrastruktur server untuk memberikan pengalaman blogging terbaik bagi setiap user.

Dengan control panel yang dibuat dan dikembangkan sendiri oleh Hostinger, Anda bisa segera setup platform blogging hanya dalam satu kali klik saja! Jika butuh bantuan, Anda selalu bisa menghubungi agen Customer Success 24/7.

Web Hosting

Apa itu web hosting?

Agar blog bisa diakses di World Wide Web, Anda harus berlangganan web hosting terlebih dulu. Nantinya ada sejumlah ruang yang dialokasikan untuk menyimpan file dan data blog.

Layanan web hosting disediakan dan dikelola oleh perusahaan web hosting, contohnya Hostinger. Jumlah space atau ruang yang dialokasikan tergantung pada tipe hosting yang Anda pilih. Di Hostinger, Anda bisa memilih Shared Web Hosting, VPS Hosting, Cloud Hosting, atau WordPress Hosting.

Saatnya berlangganan hosting di Hostinger! Ada jaminan 30 hari uang kembali jika Anda tidak puas dengan layanan kami.

Beli Hosting

Tipe hosting

Sebelum memutuskan untuk berlangganan web hosting, kami akan membahas tipe-tipenya secara lengkap di bawah ini.

Shared Hosting

Ilustrasi shared hosting

Bagi Anda yang sedang mencari cara membuat blog untuk pemula, bisa memulainya dengan berlangganan shared hosting.

Tipe hosting ini menaungi banyak website di satu server fisik yang sama. Semua resourcenya (seperti disk space, RAM, dan bandwidth) dibagikan ke masing-masing website.

Server shared hosting selalu dioptimasi dan dimonitor agar setiap website memiliki power yang sama.

Berikut kelebihan dan kekurangan shared hosting.

Kelebihan:

  • Harganya murah dan mudah digunakan.
  • Pembaruan uptime dan server dikelola oleh provider hosting.
  • Bantuan pelanggan 24/7.
  • Memiliki tool 1-click installer untuk menginstall platform blogging.

Kekurangan:

  • Berbagi resource server dengan user lain.
  • Opsi konfigurasi terbatas.
  • Tidak ada root access.

Shared Hosting

Cloud Hosting

Ilustrasi Cloud Hosting

Cloud hosting ditujukan untuk pemilik bisnis online dan pemilik website berskala besar. Layanan ini memadukan kecanggihan server dan kesederhanaan shared hosting.

Meskipun lebih besar dari shared hosting, cloud hosting masih menjadi platform yang pas untuk belajar membuat blog. Anda akan mendapatkan lebih banyak resource dan tidak perlu khawatir kalau trafik yang berdatangan mulai meningkat.

Tak seperti shared hosting, semua resource yang ada sepenuhnya akan jadi milik Anda. Dengan cloud hosting, blog Anda punya lebih banyak ruang untuk berkembang.

Kelebihan:

  • Resource dan alamat IP yang dedicated.
  • Bantuan pelanggan 24/7.
  • Resource hanya untuk Anda seorang.
  • Memiliki tool 1-click installer untuk menginstall platform blogging.
  • Memperbolehkan upgrade akun dari shared hosting.

Kekurangan:

  • Dibanding shared hosting, biaya berlangganan per bulannya lebih tinggi.
  • Opsi konfigurasi terbatas.
  • Tidak ada root access.

Cloud Hosting

VPS Hosting

ilustrasi VPS hosting

Virtual private server, atau yang disingkat VPS, adalah layanan hosting yang memberikan kebebasan dan kontrol lebih bagi penggunanya.

Namun, pengoperasiannya cukup sulit, terlebih bagi Anda yang belum familiar dengan manajemen server.

Jika Anda hanya ingin mencoba-coba cara buat blog sendiri, kami sarankan untuk memilih hosting lain alih-alih VPS hosting ini.

Akan tetapi, apabila Anda memang ingin membuat proyek yang lebih besar selain blog, virtual server ini adalah pilihan yang paling tepat.

Kelebihan:

  • Memberikan root access pada user.
  • Alamat IP dan resource yang dedicated.
  • User memiliki kebebasan dan kontrol penuh terhadap environment dan websitenya.
  • User bisa mengubah pengaturan dari sisi server.

Kekurangan:

  • Mengharuskan usernya paham pengetahuan teknis.
  • Mengharuskan usernya memiliki kemampuan manajemen server.
  • Bersifat unmanaged.
  • Pengoperasian yang lebih sulit dari tipe hosting lain.

VPS Hosting

Ingatlah lima poin ini saat memilih web hosting:

  • Apakah Anda ingin membuat blog yang nantinya mendatangkan trafik yang tinggi?
  • Apakah proses setup-nya mudah?
  • Apakah ada bantuan pelanggan atau Customer Support?
  • Apakah tersedia fitur untuk membuat blog yang fungsional dan profesional?
  • Berapa biaya berlangganannya?

3. Mendaftarkan nama domain

Cara bikin blog - mendaftarkan nama domain

Alamat URL unik yang dimiliki setiap website disebut nama domain. Karena nama domain menentukan keberhasilan blog Anda, ada banyak hal yang harus dipertimbangkan. Pun jangan sampai terburu-buru dalam mendaftarkannya. Lakukan dengan hati-hati. Kalau perlu, gunakan tool domain name generator untuk memperoleh nama-nama domain yang potensial.

Jika sudah ada calon domain, cek ketersediaannya dengan tool cek domain. Tool ini akan menampilkan nama domain yang dikombinasikan dengan berbagai ekstensi. Pilih ekstensi yang menurut Anda paling pas.

Apabila masih bingung dengan istilah domain dan ekstensi, silakan cek tutorial apa itu domain.

Domain tersedia

Anda juga bisa membaca panduan cara membeli domain di Hostinger untuk mendapatkan penjelasan selengkapnya.

4. Menginstall platform blogging

Cara membuat blog - install platform blogging

Sistem Manajemen Konten (CMS) adalah platform yang paling pas jika Anda ingin mencoba cara membuat blog baru. Dengan CMS, Anda bisa:

  • Membuat blog tanpa harus mempelajari coding dan bahasa pemrograman lainnya terlebih dulu.
  • Mempublikasikan konten dan membuat konten baru.
  • Mendedikasikan diri sepenuhnya untuk menulis konten, tanpa harus mengkhawatirkan aspek teknis.
  • Menambahkan fitur baru dengan bantuan plugin dan module.
  • Mengatur tampilan blog dengan menerapkan tema gratis yang ada di library CMS.

Tiga platform blogging yang kami rekomendasikan:

  • WordPress
  • Joomla
  • Drupal

Ketiga platform diinstall bisa diinstall dengan mudah dan cepat di Hostinger. Cukup sekali klik saja!

WordPress

WordPress

WordPress adalah CMS yang paling populer. Tak heran kalau banyak orang yang menggunakan platform ini untuk membuat blog. Selain itu, WordPress juga memberikan kemudahan setup karena tidak mengharuskan usernya memahami coding.

Kami pun termasuk user WordPress karena menggunakan CMS ini sebagai platform blogging untuk tutorial Hostinger.

Kelebihan:

  • Mudah digunakan dan dikelola oleh pemula (beginner-friendly).
  • Memiliki library plugin dan tema gratis.
  • Memberikan kemudahan manajemen SEO.

Kekurangan:

  • Sering dilakukan pembaruan (update).
  • Mengharuskan pemeliharaan (maintenance) secara berkala.

Joomla

CMS Joomla

Joomla adalah saingan WordPress yang sama-sama bersifat open-source dan menjadi rumah bagi banyak blog.

CMS ini dapat diinstall dan dikelola tanpa harus menguasai sistem coding terlebih dulu. Bahkan menurut sebagian orang, mempublikasikan konten blog di Joomla lebih mudah dibanding platform lainnya. Namun, itu semua kembali lagi ke penilaian masing-masing user.

Banyaknya koleksi ekstensi dan plugin gratis menjadikan Joomla sebagai platform yang tepat untuk blogging.

Kelebihan:

  • Dapat diinstall dan dikelola dengan mudah oleh pemula (beginner-friendly).
  • Memiliki admin dashboard yang intuitif.
  • Menawarkan lebih dari 70 pilihan bahasa.

Kekurangan:

  • Kurang fleksibel jika dibandingkan dengan WordPress atau Drupal.
  • Sistem keamanan yang sempat melemah.

Drupal

CMS Drupal

Drupal adalah sistem manajemen konten yang digemari di kalangan web developer.

CMS ini menawarkan opsi kustomisasi terbaik, terutama yang berkaitan dengan penggunaan fitur-fitur kompleks.

Berbeda dari WordPress dan Joomla, Drupal mengharuskan usernya untuk memahami sistem coding. Meskipun demikian, blog yang dibuat lebih fleksibel.

Kelebihan:

  • Lebih didedikasikan untuk web developer.
  • Menawarkan penambahan dan pengaktifan fitur-fitur yang lebih kompleks.
  • Fleksibel dan aman.

Kekurangan:

  • Pengoperasian yang lebih sulit daripada WordPress dan Joomla
  • Mengharuskan penguasaan bidang teknis.
  • Cakupan komunitas blog-nya lebih sempit.

Setelah mengupas kelebihan dan kekurangannya, selanjutnya kami akan menjabarkan cara menginstall tiga platform blogging di atas.

Cara Install WordPress

Cara membuat blog di WordPress sangatlah mudah. Namun sebelumnya, Anda harus menginstall CMS ini terlebih dulu. Bagi yang punya akun di Hostinger, penginstallan dapat dilakukan melalui control panel. Pilih Auto Installer.

hPanel, WordPress

Pilih WordPress dan ikuti langkah-langkah yang diminta.

Install WordPress

Admin Area

WordPress memberikan kemudahan manajemen blog melalui dashboardnya yang intuitif.

Untuk mengakses dashboard WordPress, ketik domainanda.com/wp-admin di browser.

Dashboard WordPress

Tema

Klik Appearance untuk melihat koleksi tema WordPress gratis. Pilih tema yang Anda inginkan.

Tema WordPress

Bingung dengan pilihan tema yang ada? Anda bisa mencoba membaca artikel tema WordPress gratis terlebih dulu.

Plugin

Klik Plugins untuk melihat koleksi plugin gratis. Plugin akan menyempurnakan fungsi blog Anda.

Direktori plugin WordPress

Berikut tiga plugin yang wajib ada di setiap jenis blog:

  1. Yoast SEO – mengoptimasi postingan agar SEO-friendly.
  2. Akismet Anti-Spam – mengamankan kolom komentar dari spam.
  3. Jetpack – menawarkan kumpulan fitur untuk sistem keamanan, performa, statistik, dan masih banyak lagi.
Cara membuat blog post dan halaman blog

Klik Pages dan buat halaman baru (misalnya, Tentang Kami, Hubungi Kami, dll) untuk blog Anda.

Halaman WordPress

Klik Posts untuk melihat daftar postingan blog. Pilih Add New untuk buat postingan baru.

Halaman post WordPress

Cek tutorial WordPress jika Anda ingin memperoleh informasi yang lebih lengkap mengenai CMS ini.

Cara Install Joomla

Joomla dapat diinstall dengan mudah di Hostinger. Pertama-tama, pilih Auto Installer, kemudian ikuti langkah-langkah yang ditampilkan.

hPanel, Joomla

Admin Area

Untuk masuk ke dashboard admin Joomla, ketik domainanda.com/administratorURL di kolom alamat browser.

Demo admin panel Joomla

Template

Klik Template untuk mengubah tampilan dan desain blog serta memilih tema baru.

Menu template Joomla di dashboard

Module

Klik Modules untuk mengelola fungsi atau fitur.

Menu module Joomla di dashboard

Berikut tiga plugin atau module yang wajib ada di setiap blog yang dibuat di Joomla:

  1. K2 – menambahkan fitur dan fungsi demi mempermudah manajemen konten.
  2. EasyBlog – mengganti sistem artikel yang default dengan sistem yang lebih efisien.
  3. Komento – membantu Anda dalam mengelola komentar secara efektif.
Cara buat blog post

Masuk ke Articles dan buat postingan baru.

Buat post baru di Joomla

Cara Install Drupal

Sama seperti WordPress dan Joomla, setup Drupal di Hostinger juga dilakukan melalui control panel. Pilih Auto Installer.

hPanel, drupal

Admin Area

Untuk masuk ke admin dashboard Drupal, ketik domainanda.com/user/login di kolom browser.

Demo admin panel Drupal

Tema

Untuk mengubah tampilan dan desain blog, buka Appearance.

Menu tema Drupal

Module

Buka tab Extend dan aktifkan sejumlah fitur dan fungsi baru di blog dengan menginstall module.

Menu module Drupal

Berikut tiga module yang kami rekomendasikan untuk blog berbasis Drupal:

  1. Admin Toolbar – mengganti toolbar yang lama dengan toolbar yang baru dan lebih fleksibel.
  2. ShareThis – mempermudah Anda dalam menyebarkan postingan di platform media sosial.
  3. Image Effects – menambah efek ke gambar di postingan blog.
Cara bikin blog post

Buka tab Content dan buat postingan, halaman, dan lain-lain yang berkaitan dengan konten. Di tab ini, Anda bisa melakukan segalanya mulai dari penulisan hingga penyuntingan konten.

Buat blog post baru di Drupal

5. Mempublikasikan konten dan membangun blog

Mempublikasikan konten dan membangun blog

Tiga platform blogging sudah Anda ketahui cara installnya. Setelah ini, kami akan membahas bagian penting lainnya dari blog, yakni konten.

Bagaimana seharusnya konten dibuat?

Buatlah konten yang informatif dan berguna bagi target audiens Anda. Jangan sekali-sekali mempublikasikan konten yang tidak dikuasai atau Anda sendiri tidak punya waktu untuk menguliknya lebih jauh.

Sebagai blogger, tentu Anda berharap pembaca terus berkunjung di blog Anda. Selain memastikan kualitas konten, Anda juga harus kreatif. Agar menarik, tambahkan foto, grafis, atau media visual lainnya yang sesuai gaya penulisan Anda ke konten atau postingan.

Aktifkan kolom komentar di setiap postingan agar pembaca bisa berkomunikasi secara virtual dengan Anda. Mintalah pendapat atau saran dan kritik mengenai postingan atau apa yang ingin mereka baca nantinya di blog Anda.

Saat membuat konten, jangan langsung berekspektasi bahwa blog akan ramai. Satu postingan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk muncul di halaman awal mesin pencari seperti Google. Namun, hal ini jangan sampai menyurutkan semangat Anda. Teruslah membuat postingan yang berkualitas. Sedikit demi sedikit, bangunlah blog yang menawarkan solusi bagi pembacanya.

Halaman statis

Halaman statis adalah halaman yang tidak berubah dan biasanya memuat konten yang statis pula. Lengkapi blog dengan halaman statis, seperti:

  • Tentang kami (about us) – Di halaman ini, tambahkan informasi mengenai siapa Anda dan mengapa blog ini dibuat. Tulis tujuan blog, apakah difokuskan untuk urusan bisnis, hobi, atau kisah pribadi.
  • Kontak (contact) – Di halaman ini, Anda bisa menampilkan alamat email, akun media sosial, email untuk berlangganan, atau alamat kontak lainnya yang memudahkan pembaca untuk berkomunikasi dengan Anda.
  • Sidebar/Menu – Kolom atau bar yang ada di atas layar, seperti kategori blog, iklan, halaman statis lain, dll.

Konten dan postingan blog

  • Postingan blog (blog post) – Di postingan blog, Anda bebas mempublikasikan apa saja, mulai dari teks, foto, hingga video. Anda juga bisa mengombinasikan ketiga media ini untuk menghasilkan postingan yang informatif.
  • Konten yang tidak mengenal musim – Bukan berarti Anda tidak boleh mempublikasikan postingan yang hanya berlaku di saat itu saja. Bukan berarti pula Anda tidak boleh mengulas konten dengan mengikuti topik yang sedang trend. Anda boleh menulis konten apa pun. Hanya saja, akan lebih baik kalau konten yang dibuat adalah konten yang relevan dengan audiens kapan pun dibaca. Pastikan untuk selalu memperbarui konten dengan informasi terbaru dan valid.

Apa yang dimaksud dengan strategi konten?

Strategi konten yang dimaksud di sini adalah perencanaan manajemen konten jangka panjang yang hendak diterapkan di blog.

Jika tidak ada perencanaan yang matang, Anda bakal kesusahan dalam membuat postingan yang menarik perhatian pembaca. Apalagi ada lebih dari 4.4 juta postingan blog yang dipublikasikan setiap harinya.

Di sinilah strategi konten berperan penting. Ajukan pertanyaan-pertanyaan di bawah ini ke diri sendiri:

  • Mengapa Anda membuat blog dan menulis konten?
  • Jenis konten seperti apa yang harus dibuat?
  • Apakah konten yang dibuat bisa mencapai tujuan yang diharapkan? Dan bagaimana caranya?

Cara merencanakan strategi

Berikut panduan singkat untuk membuat strategi yang baik:

  1. Menentukan tujuan. Adakah yang ingin Anda capai dengan membuat blog? Cobalah untuk lebih spesifik. Misalnya, Anda ingin mendatangkan 3000 pembaca ke blog di akhir bulan atau mengoptimasi dua postingan agar muncul di halaman pertama Google dalam waktu dua minggu.
  2. Melakukan riset audiens. Siapa yang jadi target blog Anda? Cari tahu konten seperti apa yang mereka sukai, masalah-masalah yang kerap ditemui, dan platform media sosial yang digunakan.
  3. Membuat daftar topik dan kata kunci yang berpotensi. Setiap postingan wajib memiliki kata kunci. Tentukan kata kunci target yang bisa membawa postingan Anda ke halaman pertama Google. Gunakan tool seperti Google Keyword Planner, Ahrefs Keyword Explorer, dan SEMrush Keyword Research. Kata kunci yang dipakai harus sesuai niche.
  4. Membuat jadwal. Agar Anda tetap konsisten dan produktif, buatlah jadwal kapan harus menulis blog dan kapan harus mempublikasikannya.

Sebarkan konten blog ke media sosial, buat mailing list, dan jalankan backlink. Cari tahu performa blog Anda di Google Analytics.

6. Mempromosikan blog

Karena munculnya postingan di halaman terdepan Google membutuhkan waktu yang lama, keberadaan blog Anda jadi sulit untuk diketahui. Salah satu cara agar blog Anda dikenal banyak orang dan menjangkau audiens yang tepat adalah dengan mempromosikannya.

  • Dari mulut ke mulut, di kalangan keluarga dan teman-teman – beri tahu orang-orang terdekat kalau Anda sekarang punya blog sendiri. Mintalah bantuan mereka untuk menyebarkannya melalui media sosial. Kalau perlu, tambahkan mereka di mailing list agar tidak ketinggalan konten terbaru.
  • Tambahkan blog ke mesin pencari – blog Anda akan di-index. Itu berarti blog Anda akan ditambahkan ke daftar situs mesin pencari. Buat akun di Google dan pilih Submit URL di Webmaster Tool. Selain Google, Anda juga bisa menambahkan blog ke Bing dan mesin pencari lainnya.
  • Jadilah blogger yang aktif – lihat blog, media sosial, forum, dan media lainnya yang relevan dengan niche. Bergabunglah di komunitas blogging untuk membangun hubungan tak hanya dengan blogger tapi juga audiens.
  • Aktif di jaringan sosial – Agar blog mendapat lebih banyak kunjungan, langkah awal yang harus Anda lakukan adalah mengikuti blog lain di dalam cakupan niche. Tulis komentar di postingan dan ciptakan koneksi.
  • Guest blog – tawarkan jasa menulis postingan di website atau blog lain. Pastikan blog yang dipilih punya reputasi yang baik dan menggunakan niche yang sama.
  • Mailing list – kirim email ke pembaca yang berisikan artikel terbaru atau penawaran mendatang. Semakin banyak orang yang menanti kehadiran postingan blog, semakin baik pula tanggapan yang diberikan.
  • Iklan atau trafik berbayar – iklan dipandang sebagai salah satu strategi pemasaran terbaik. Anda bisa mempromosikan blog dengan memasang iklan di Facebook atau Google AdWords. Gunakan opsi ini hanya bila Anda benar-benar sudah punya bujet yang memang dialokasikan untuk iklan.

7. Menghasilkan uang melalui blog

Selain menjadi wadah untuk menyalurkan opini dan membagikan informasi, blog juga bisa jadi sumber pendapatan utama atau sampingan. Kira-kira, bagaimana, ya, cara bikin blog yang menghasilkan uang?

  • Memasang iklan di blog – pilihlah iklan yang spesifik dan relevan dengan target audiens atau sesuai dengan topik yang ditulis. Anda bisa memulai strategi ini menggunakan Google Adsense.
  • Program afiliasi – melalui program ini, Anda akan bekerja sama dengan pelaku usaha untuk mempromosikan produk dan layanan mereka. Nantinya Anda akan memperoleh komisi. Untuk bergabung di program ini, blog Anda sudah harus punya trafik yang tinggi dan kredibel. Sebagai affiliate, Anda akan diberikan link afiliasi untuk dipasang atau disertakan di blog.
  • Menjual produk dan layanan – Anda bisa berjualan produk dan layanan sendiri di blog. Install plugin eCommerce, misalnya WooCommerce, dan berikan kemudahan bagi audiens untuk mencari produk yang diinginkan, menambahkannya ke keranjang belanja (cart), dan melakukan pembayaran.
  • Postingan bersponsor – kalau blog sudah ramai, peluang untuk pihak lain memasang iklan di blog Anda semakin terbuka lebar. Tujuan ditempatkannya iklan di blog yang trafiknya tinggi adalah untuk meningkatkan exposure. Pembayaran akan didasarkan pada seberapa banyak postingan tersebut diklik, jumlah kunjungan, atau transaksi.
  • Mengubah blog jadi portofolio online – kalau Anda punya kemampuan menulis yang baik, ubahlah blog menjadi situs yang menyediakan jasa penulisan. Anda juga bisa mengadakan workshop online tentang kepenulisan atau menawarkan diri sebagai penulis lepas.

Cara menampilkan iklan di blog

Ada dua cara untuk menampilkan iklan di blog, yaitu dengan menggunakan tool Google AdSense dan menyediakan ruang beriklan.

Cara buat blog yang menghasilkan uang dengan Google AdSense:

  1. Buat akun di Google Adsense.
  2. Hubungkan Google AdSense ke blog dan tunggu konfirmasi berupa email persetujuan.
  3. Buat ad unit dan tambahkan widget untuk memasang (embed) kode AdSense di blog.

Silakan baca panduan selengkapnya mengenai cara menambahkan AdSense di WordPress.

Cara membuat blog dan menghasilkan uang dengan menyediakan ruang beriklan:

  1. Tambahkan media yang atraktif untuk menampilkan status dan informasi penting yang berkaitan dengan blog Anda.
  2. Kirim email ke advertiser (pemasang iklan) dan beri tahu mereka kalau Anda menyediakan ruang beriklan di blog. Melalui email, nyatakan juga niat Anda untuk bekerja sama.
  3. Kelola iklan dengan Google Ad Manager.
  4. Buat laporan mengenai performa iklan mereka di blog Anda atau tawarkan potongan harga.

Program afiliasi

Anda tak harus selalu berjualan produk untuk mendatangkan keuntungan di blog. Sebagai blogger, Anda bisa memperoleh komisi dari pelaku usaha dengan mempromosikan produk atau layanannya. Carilah merchant yang menawarkan program afiliasi untuk diikuti. Sebelum memutuskan untuk bergabung, pastikan merchat atau produk yang akan dipromosikan menggunakan niche yang sama dengan niche Anda.

Setelah membuat akun afiliasi, Anda akan mendapatkan berbagai materi pemasaran, misalnya banner dan link afiliasi. Pasang di mana saja atau sertakan di postingan. Setiap kali pengunjung baru mengklik iklan dan melakukan pembayaran, Anda akan memproleh komisi.

Bagi yang mengulas konten pengembangan web dan ada postingan terkait web hosting, bergabunglah di Program Afiliasi Hostinger.

Anda tidak perlu membayar apa pun untuk mengikuti program ini. Selain mendapatkan materi pemasaran, Anda juga akan diberikan akun yang dilengkapi dengan control panel afiliasi, Affiliate Manager, dan komisi minimal 60% untuk setiap penjualan.

Amazon Associates adalah bentuk program afiliasi yang ditawarkan Amazon. Program ini dapat diikuti oleh berbagai blog karena menawarkan beragam niche. Tersedia pula jaringan afiliasi, seperti CJ Affiliate dan ShareASale. Cek kelompok merchant di jaringan tersebut dan pilih program afiliasi yang cocok dengan niche blog.

Menulis/menjual eBook (buku digital)

Bagi Anda yang suka menulis atau menguasai bidang tertentu, membuat dan mempublikasikan buku digital sendiri bisa jadi solusi menarik lainnya untuk mempertebal pundi-pundi.

Kalau belum percaya diri, Anda bisa memulai dari postingan blog. Ulas satu topik yang spesifik. Berikut ringkasan panduannya:

  1. Pilih topik dan mulailah menulis.
  2. Pilih format ebook – PDF, EPUB, AZW, atau MOBI.
  3. Pilih software untuk buat ebook – Calibre, Any eBook Converter, Google Docs, dll.
  4. Publikasikan ebook di blog atau platform seperti Kindle Direct Publishing, Kobo Writing Life, dan eBooks.com.

Apabila Anda tidak punya waktu untuk menulis buku, Anda bisa mengikuti program afiliasi. Contohnya, mengulas dan merekomendasikan buku penulis lain. Nantinya Anda akan diberikan komisi jika ada pengunjung yang mengklik link afiliasi dan melakukan pembelian.

Retailer buku digital, seperti eBooks dan Free-Ebooks, punya program afiliasi yang dapat diikuti secara gratis. Retailer ini memiliki sistem komisinya sendiri.

Kerja sama afiliasi (affiliate partnership) juga banyak ditawarkan oleh blogger terkenal, misalnya Remez Sasson (Success Consciousness).

Tips Agar Sukses Blogging

Tips Agar Sukses Blogging

Jika ingin sukses, Anda harus buat perencanaan yang matang. Selain memberi hasil yang lebih efisien, memiliki tujuan dan pandangan yang jelas akan mempermudah Anda dalam menyelesaikan setiap pekerjaan.

Demikian halnya dengan blog yang dimiliki saat ini. Anda tidak bisa berhenti di pencarian cara membuat blog yang bagus saja. Namun, Anda juga harus memahami cara kerjanya. Setiap postingan menghasilkan trafik organik (organic traffic) dan mendatangkan pembaca baru ke blog. Karena itulah, Anda harus punya tujuan ingin menghadirkan konten seperti apa yang layak dibaca pengunjung blog.

Berikut beberapa tips blogging yang efektif:

1. Pelajari hal-hal dasar tentang SEO

Optimasi mesin pencari adalah salah satu kemampuan yang harus Anda miliki jika ingin blog muncul di halaman terdepan Google.

Dengan memahami dasar-dasar SEO, Anda bisa bersaing secara sehat dengan blogger lainnya. Anda juga tahu cara menulis atau membuat konten yang SEO-friendly dengan tetap berpatokan pada niche.

Berikut tiga tutorial yang bisa dijadikan sumber untuk mempelajari SEO:

2. Lakukan riset kata kunci

Riset kata kunci sudah jadi bagian dari SEO. Apabila postingan mengandung kata kunci target, peringkatnya akan lebih cepat naik di halaman pencarian Google.

Pertama-tama, kenali niche yang Anda gunakan. Bergabunglah di komunitas online dan baca blog dengan topik yang sama. Nantinya Anda akan menemukan kesamaan di masing-masing blog atau mungkin ada blog yang sama sekali tidak memberikan solusi bagi pembacanya. Buat daftarnya dan cari topik yang potensial.

Cara lain untuk meriset kata kunci adalah dengan Google Keyword Planner. Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu membuat akun Google. Tool ini akan menampilkan daftar kata kunci dan ide topik berdasarkan niche blog.

Jika menginginkan data kata kunci yang lebih komprehensif, Anda bisa menggunakan tool premium, seperti Ahrefs Keyword Explorer dan SEMrush Keyword Research. Tool ini akan menyarankan sejumlah kata kunci beserta volume pencarian (search volume) dan metriks SEO (SEO metrics).

Tool lain yang menawarkan layanan keanggotan gratis adalah:

  • Google Trends – akan mengategorikan kata kunci berdasarkan frasa populer dan istilah pencarian (search term).
  • Answer the Public – menampilkan pertanyaan dan kata kunci (query) yang paling banyak dicari.
  • KWFinder – tak hanya kata kunci, tool gratis ini juga akan memperlihatkan volume pencarian dan statistik lainnya.

3. Riset kompetitor

Sebagai blogger baru, Anda harus tahu siapa yang jadi saingan Anda di lingkup niche yang sama. Selain lebih aware, meriset kompetitor juga memberi ide dan gagasan dalam membuat konten baru.

Pertama-tama, buat daftar 5-10 blog yang peringkatnya bagus. Lalu, gunakan tool khusus, misalnya SimilarWeb, untuk membuat laporan performa.

Similar Web

Meskipun versi gratisnya memberikan data statistik yang terbatas, Anda masih bisa melihat data dari kata kunci organik dan berbayar. Dari laporan ini, Anda dapat menentukan konten seperti apa yang sebaiknya dipublikasikan di blog.

4. Merencanakan pembuatan konten

Buat spreadsheet dan tambahkan ide-ide potensial ke dalamnya. Mulailah dari topik umum, lalu persempit dengan menguraikan topik-topik yang lebih spesifik. Apabila ada topik spesifik yang benar-benar dikuasai, Anda bisa menggunakannya sebagai konten utama.

Setelah mempublikasikannya, jangan langsung berharap kalau postingan tersebut akan membawa banyak pembaca baru. Jadi, Anda harus bersabar sambil tetap memposting konten-konten yang berkualitas. Aktifkan fitur jadwal untuk mempublikasikan artikel secara otomatis dan monitor progress blog Anda.

5. Membuat akun media sosial

Membangun persona online bukan perkara yang mudah. Untungnya, di zaman yang serba online ini, sudah ada media sosial. Platform ini memudahkan siapa saja yang ingin menyempurnakan persona online mereka di internet.

Facebook Hostinger Indonesia

Memiliki akun media sosial berarti membuka peluang yang lebih lebar bagi user engagement. Anda bisa membagikan artikel baru, rencana artikel yang akan datang, dan artikel yang telah diperbarui dengan informasi terkini.

Facebook dan Twitter adalah contoh media sosial dengan pengikut yang sangat banyak. Selain membangun pertemanan dengan pembaca blog, Anda juga bisa meminta feedback dari mereka. Dengan begini, Anda pun akan tahu apa yang sebenarnya mereka alami dan rasakan.

Media sosial juga jadi strategi pemasaran yang ampuh karena bisa menarik pembaca atau pengunjung baru. Jika konten Anda bermanfaat, mereka tak akan sungkan membagikannya melalui kanal media sosial. Lambat laun, blog akan berkembang dan peluang untuk menghasilkan uang juga makin terbuka lebar.

6. Menulis guest post

Dinamakan guest post atau guest blogging karena Anda menulis artikel di website lain dan menyertakan satu atau dua link yang mengarah ke blog Anda. Dengan membuat guest post, Anda berkesempatan untuk memperkenalkan blog ke audiens yang lebih luas. Selain itu, guest post juga merupakan strategi untuk mendapatkan link eksternal atau link dari website lain.

Lalu, bagaimana caranya agar Anda bisa menulis guest post di website atau blog lain?

  1. Lakukan riset. Cari blog dan blogger yang punya reputasi bagus di niche dan juga industri yang Anda geluti saat ini. Lihat bagaimana mereka menulis kontennya. Pertimbangkan style, voice, atau tone untuk mencapai keseragaman. Setelah itu, baca ketentuan yang ditetapkan untuk guest post.
  2. Jalin koneksi. Tulis komentar, sebarkan konten, berlangganan newsletter, dan ikuti akun media sosial mereka. Beranikan diri Anda untuk bergabung ke dalam komunitas dan sampaikan kalau Anda memiliki value atau pandangan yang sama.
  3. Meminta persetujuan untuk menulis guest post. Kirim draft artikel dan tunggu tanggapan mereka.
  4. Buat konten berkualitas. Jika mereka setuju, buatlah konten yang informatif. Sertakan dua link internet, satu ke blog Anda dan satunya lagi ke sumber online yang lain. Tambahkan kalimat singkat yang mengajak pembaca untuk menuliskan saran dan kritik di kolom komentar.
  5. Follow up. Sering-seringlah mengecek artikel setelah dipublikasikan. Jawab pertanyaan di kolom komentar atau mungkin buat guest post baru. Teruslah berkomunikasi dengan pemilik blog.

Jika Anda ingin mendalami guest post, silakan baca artikel Ahrefs berjudul Guest Blogging for SEO: How to Build High-quality Links at Scale.

7. Menggunakan Google Analytics

Salah satu cara membuat blog agar lebih sukses dan mampu bersaing dengan kompetitor adalah mengecek jumlah trafik yang datang.

Trafik seolah memberitahu apa yang dicari dan diinginkan audiens. Hasil ini bisa Anda gunakan untuk membuat konten.

Tool terbaik untuk mengecek jumlah pengunjung, perilaku mereka, dan metriks sosial lainnya adalah Google Analytics.

Google Analytics

Tidak ada biaya yang harus dibayarkan untuk menjalankan software ini. Setiap blogger dan pemilik website bisa mendata segala sesuatu yang berkaitan dengan audiens.

Jika yang Anda cari adalah cara membuat blog dengan WordPress, panduan untuk menambahkan Google Analytics ke platform CMS ini layak untuk dibaca.

8. Menambahkan konten baru ke Google

Setiap harinya ada ribuan website baru yang dibuat dan jutaan artikel blog yang dipublikasikan. Tak heran bila Google dan mesin pencari lainnya membutuhkan waktu untuk meng-index konten baru. Untungnya, ada ‘jalan pintas’ agar konten Anda bisa di-index.

Menambahkan halaman konten atau blog ke Google Search Console akan mempermudah Anda dalam:

  • Memonitor performa blog.
  • Menerima peringatan kalau-kalau ada yang error di blog Anda.
  • Menggunakan berbagai tool testing.
  • Mendapatkan lebih banyak insight dan materi pembelajaran.

Strategi ini juga akan ‘memaksa’ Google untuk crawl blog atau konten Anda.

Fetch konten ke Google Console

9. Membuat backlink

Selain memasukkan kata kunci, memperkuat profil blog dengan membangun backlink juga penting. Bahkan backlink menjadi salah satu faktor yang memengaruhi Google dalam memberi peringkat pada suatu website atau blog.

Mempublikasikan banyak konten dalam sekali waktu atau memperbarui postingan dengan informasi berkualitas tidaklah cukup. Kalau ingin blog muncul di halaman pencarian Google, setidaknya Anda harus memperoleh link dari website lain (backlink).

Untuk memahami strategi ini, bacalah dua panduan berikut:

10. Bersabar adalah kuncinya

Cara buat blog sampai akhirnya dikunjungi banyak pembaca membutuhkan waktu yang tak sedikit. Tak heran jika bagi sebagian orang, blog merupakan investasi jangka panjang

Blog tidak serta-merta muncul di SERP Google, apalagi yang usianya masih baru. Menurut beberapa SEO specialist, ada jangka waktu di mana konten Anda ‘terkubur’ dan akhirnya ‘disadari’ oleh Google (disebut juga Google Sandbox).

Jadi, jangan langsung berprasangka yang tidak-tidak bila blog belum juga muncul ke permukaan. Tunggu beberapa saat, dan lihat performa blog di Google.

11. Menambahkan CTA (Call to actions)

CTA atau call-to-actions bisa dalam bentuk teks apa saja, misalnya mengajak pembaca untuk berlangganan newsletter, membaca postingan terkiat, membeli produk, mengupgrade layanan, dll.

Setiap postingan blog setidaknya harus memiliki satu CTA meskipun bentuknya sederhana, seperti mengajak pembaca untuk meninggalkan komentar di kolom yang disediakan.

12. Mengecek waktu loading blog

Tak hanya menentukan peringkat blog di mesin pencari, waktu loading juga memengaruhi perilaku pengunjung. Apabila halaman blog membutuhkan waktu yang lebih lama untuk loading, pembaca tidak sungkan untuk mengklik tombol keluar atau exit.

Untuk mengecek kecepatan loading laman blog atau konten, gunakan tool, seperti Pingdom atau GTmetrix.

Sementara itu, untuk mengoptimasi halaman demi mempercepat loading, cek ukuran gambar, install plugin caching, atau berlangganan web hosting yang menawarkan kecepatan server.

13. Pelihara (maintain) blog

Misalkan saja ada dua jenis blog. Blog A memuat konten yang bagus tapi terjadi error di sejumlah area dan plugin yang diinstall tidak berfungsi sama sekali. Sementara itu, blog B memiliki performa yang baik dari segala sisi. Kira-kira, mana yang akan dipilih pembaca? Sudah tentu blog B, bukan?

Pelihara blog dengan memperbarui software, plugin, dan tema CMS. Buat jadwal untuk membackup situs dan mengecek link-link rusak yang ada di postingan terdahulu. Optimasi database dan lengkapi artikel dengan data serta informasi terbaru yang valid.

14. Mengaudit konten

Cara buat blog makin keren adalah dengan mengaudit konten. Cek postingan blog secara berkala dan perbarui setiap informasi yang. Berikan artikel yang aktual kepada pembaca.

Jika ada dua post membahas topik yang sama, gabungkanlah kedua topik tersebut. Di sisi lain, apabila ada postingan yang menurut Anda sudah tak relevan lagi, Anda bebas menghapusnya. Buat halaman error 301 untuk mengarahkan pembaca dari postingan yang dihapus ke postingan terbaru. Terakhir, hapus semua link rusak.

Tool dan Sumber Penting Lainnya untuk Menjalankan Blog

Entah itu cara bikin blog pribadi atau bisnis, Anda membutuhkan tool-tool penting dalam mengelola setiap postingan. Apalagi kalau Anda berencana menambahkan gambar, atau menyunting konten, atau mempublikasikan postingan terjadwal.

Gambar

Selain membuat blog jadi lebih menarik, pemakaian gambar juga meningkatkan faktor SEO-friendly.

Setiap platform blogging memiliki tool khusus untuk menambahkan judul, deskripsi, tag, dan alt text ke gambar. Sertakan juga kata kunci yang relevan di nama gambar atau teks deskripsi agar Google lebih mudah meng-index-nya.

Unsplash adalah salah satu situs yang menyediakan jutaan gambar beresolusi tinggi. Anda bisa mengunduhnya secara gratis dan menggunakannya untuk blog pribadi atau komersil. Anda tidak perlu membuat akun atau mengupgrade akun ke paket berbayar.

Selain Unsplash, juga ada Pixabay dan Life of Pix yang menyediakan berbagai koleksi gambar menarik untuk blog Anda.

Sayangnya, karena gratis, gambar-gambar ini juga digunakan oleh website lain. Jika Anda menginginkan gambar yang unik dan tidak pasaran, beralihlah ke gambar premium yang disediakan Death to Stock.

Harga jual setiap foto berbeda, mulai dari 99 USD untuk penggunaan pribadi hingga $299 untuk penggunaan komersil. Anda juga bisa langsung berlangganan paket Brand dengan biaya 12 USD/bulan yang dibayarkan pertahun. Paket ini menawarkan masa coba gratis selama 14 hari, koleksi gambar yang berbeda-beda setiap bulannya, dan lisensi.

Desain

Tampilan dan desain blog yang atraktif akan memukau pengunjung blog. Apabila Anda tidak memiliki kemampuan desain atau Anda ragu bisa menghasilkan tampilan yang elegan, gunakan tool desain terbaik di bawah ini.

Canva

Canva adalah tool desain gratis yang kami rekomendasikan untuk Anda. Namun sebelumnya, alangkah baiknya Anda mengikuti kursus online atau membaca panduannya terlebih dulu di Design School Canva. Dengan begini, Anda bisa lebih memahami dasar-dasar desain dan branding.

Canva memiliki admin dashboard dan area editor yang mudah digunakan. Tersedia bermacam-macam template untuk pelbagai penggunaan, seperti poster, logo, infografis, website, postingan media sosial, dan masih banyak lagi. Anda juga bisa membuat template sendiri dari nol.

Anda bebas mengatur dan menyesuaikan setiap elemen yang ada. Terlebih lagi Canva juga hadir dalam bentuk aplikasi perangkat mobile. Jadi, Anda bisa mengedit desain blog atau logo dari mana saja. Hanya saja, pengaturan aplikasi smartphone-nya terbatas, berbeda jika Anda menggunakan Canva melalui komputer.

Halaman bantuan Canva memuat banyak artikel dan panduan yang akan memudahkan Anda dalam mengoperasikan tool desain ini.

Canva melengkapi versi gratisnya dengan penyimpanan berkapasitas 1 GB, ribuan template, foto, dan grafis. Anda juga diperbolehkan untuk mengekspor desain dalam format PDF, PNG, dan JPG. Pun Canva memungkinkan kolaborasi antaranggota tim.

Visme

Alternatif tool desain lainnya adalah Visme. Buat postingan lebih menarik dengan menambahkan infografis, banner blog, grafis media sosial, bagan, video, dan masih banyak lagi.

Tersedia template dan ikon yang dapat dimodifikasi serta jutaan gambar. Editor Visme juga sangat intuitif karena menggunakan fitur drag-and-drop dan granular control. Anda bisa memasang konten dari luar dan mengubah desain ke format animasi.

Dengan paket gratisnya, Anda diperbolehkan untuk membuat hingga 5 desain. Ruang penyimpanan yang dialokasikan berkapasitas 100 MB. Koleksi template terbatas, dan Anda hanya bisa mengunduh file dengan format JPG. Untuk paket premiumnya, biaya berlangganannya mulai dari 14 USD hingga 25 USD/bulan yang dibayarkan setipa tahunnya. Upgrade ke paket ini jika Anda benar-benar membutuhkan resource tambahan.

The Noun Project

Cara membuat blog agar lebih menarik, yaitu dengan menambahkan ikon. The Noun Project adalah platform di mana Anda bisa mulai membuat ikon. Untuk mengakses jutaan koleksi ikonnya, Anda tidak perlu membuat akun. Cukup ketik nama ikon yang Anda inginkan di kolom pencarian.

Unduh ikon hitam putih yang berlisensi Creative Commons secara gratis. Jika tidak ingin ada label Creative Commons, beli ikon premium. Masing-masing seharga 2.99 USD.

Pixlr

Pixlr adalah tool editor foto online yang didukung sistem kecerdasan buatan demi memberikan kemudahan dalam penyuntingan foto. Salah satu contoh tool AI yang dimilikinya adalah AI Cutout. Fungsi dari tool ini adalah untuk menghapus background dan elemen lainnya yang tidak Anda inginkan.

Platform ini memiliki dua tipe editor. Pertama, Pixlr X ditujukan bagi mereka yang masih baru dalam dunia edit foto. Tipe ini menghadirkan interface yang mudah dengan berbagai opsi edit.

Kedua, Pixlr E lebih ditujukan bagi mereka yang sudah lihai dalam mengedit foto. Hingga hal-hal yang mendetail pun tak luput dari perhatian. Tipe editor ini menawarkan interface yang rapi dan navigasi yang intuitif.

Pixlr juga tersedia dalam versi mobile. Di paket gratisnya, Anda akan mendapatkan resource yang terbatas, tool editing dasar, dan iklan. Sementara itu, untuk paket Premium, Anda harus membayar biaya berlangganan sebesar 3.99 USD/bulan. Dengan paket ini, Anda akan memperoleh beragam fitur canggih dan tanpa iklan.

PicMonkey

Selain sebagai editor foto premium, PicMonkey juga berfungsi sebagai tool desain. Dengan tool ini, Anda bisa memperbaiki kualitas gambar, menambahkan teks, dan menerapkan filter atau efek. Semua perubahannya akan tersimpan di internet secara otomatis.

PicMonkey memiliki ribuan aset desain, seperti grafis, font (huruf), dan tekstur, yang bisa digunakan untuk membuat logo, iklan, pengumuman, infografis, dll. Tersedia template yang dapat dimodifikasi dan juga kanvas kosong bagi Anda yang tidak ingin mendesain dari nol.

Platform ini dapat diakses dari mana saja karena tersedia dalam versi mobile di iOS dan Android. Tool ini bisa dicoba gratis selama tujuh hari. Setelah itu, Anda harus membayar 72 USD/tahun untuk mengakses penyimpanan cloud berkapasitas 1 GB, pustaka top-tier font, efek premium, tool, dan template.

Google Docs dan Google Calendar

Google Docs adalah tool kolaborasi yang sangat efektif bagi Anda dan tim yang berencana mengelola blog. Editor online serupa Microsoft Word ini dapat diakses secara gratis. Anda bisa membuat, menyunting, dan membagikan file atau dokumen.

Anggota tim bisa langsung menulis komentar atau saran di dokumen yang sama pada saat itu juga. Untuk melihat perubahan di dokumen dan siapa yang melakukannya, Anda bisa mengecek di bagian history atau riwayat. Google Docs juga dapat disunting dengan mode offline dan tersedia di perangkat iOS/Android.

Google Calendar, di sisi lain, akan membantu Anda dalam menetapkan jadwal penyuntingan dan publikasi blog post. Atur tanggal atau deadline dan bagikan ke anggota tim. Tool ini juga terintegrasi dengan Hangouts sehingga Anda bisa lebih mudah menjadwalkan pertemuan atau meeting.

Aplikasi tangkapan layar (screenshot)

Untuk mendukung penjelasan Anda, ada kalanya tangkapan layar atau screenshot harus ditambahkan ke postingan.

Lightshot

Lightshot merupakan software tangkap layar yang dapat digunakan secara gratis. Software ini tersedia untuk Mac, Windows, Chrome, dan browser populer lainnya.

Screenshot semua yang dibutuhkan, entah itu dengan bentuk layar yang besar atau kecil. Salin dan letakkan hasil screenshot ke clipboard atau simpan di komputer. Lightshot juga dilengkapi dengan tool editor sederhana.

FastStone Screen Capture

Jika Anda ingin menangkap layar dalam format video, FastStone Screen Capture adalah solusinya. Rekam aktivitas layar dengan suara dan gerakan mouse, lalu simpan dengan format file WMV.

Hasil tangkapan layar juga bisa disimpan dalam delapan format lainnya, seperti PNG, JPEG, PDF, dan GIF. Dengan dilengkapi editor yang kaya akan fitur, FastStone Screen Capture memungkinkan Anda untuk menambahkan anotasi, watermark, efek, dll. File gambar juga bisa langsung diunggah ke blog post.

FastStone Screen Capture menawarakan masa coba gratis selama 30 hari. Setelah itu, Anda harus membayar lisensi seumur hidupnya sebesar 19.95 USD.

Snagit

Tool premium ini memiliki fitur scrolling  yang unik. Jika Anda mendapati laman web yang panjang, gunakan tool ini dan cukup scroll ke bawah. Layar akan di-screenshot secara vertikal atau horizontal. Snagit bisa merekam layar, webcam, dan audio. Hasil rekaman dapat di-trim atau diubah formatnya ke animasi GIF.

Selain mengekstrak teks dari screenshot, Anda juga bisa mengedit teks. Ganti kata, ubah warna, ukuran, dan font tanpa harus mendesain ulang gambarnya.

Coba tool ini secara gratis selama 15 hari. Setelah itu, Anda harus membayar biaya sekali seumur hidup sebesar 49.95 USD.

Mengecek ejaan dan tata bahasa

Selain berkualitas, buatlah konten yang mudah dibaca dan dipahami. Pastikan kontennya bebas dari kesalahan pengejaan dan juga tata bahasa. Sederhanakan kalimat yang panjang dan rumit.

Grammarly

Grammarly adalah salah satu program yang banyak digunakan untuk mengecek dan memperbaiki kesalahan penulisan. Tool berbasis kecerdasan buatan ini juga akan membantu Anda dalam meningkatkan kualitas gaya penulisan. Penggunaannya mudah, hanya perlu copy and paste teks.

Fungsi Grammarly adalah untuk menyederhanakan kata, melengkapi klausa, dan juga memberi saran bagaimana seharusnya memperbaiki kesalahan penulisan yang Anda lakukan. Saran yang diberikan disertai dengan penjelasan singkat agar Anda bisa memahami yang dimaksud dan tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Grammarly bisa diintegrasikan dengan perangkat Word apa saja. Install tool ini di web browser untuk kemudian digunakan di email dan media sosial.

Versi gratisnya hanya akan mengecek pengejaan, tata bahasa, dan tanda baca. Dengan berlangganan paket Premium seharga 11.66 USD/bulan, Grammarly akan mengecek kejelasan teks, engagement, penyampaian konten, dan plagiarisme.

Ginger

Ginger akan mengecek pengejaan, tata bahasa, serta tanda baca dan juga saran frasa dengan format yang berbeda. Fitur prediksi kata (word predictions) juga akan muncul bersamaan dengan Anda menulis konten.

Apabila ingin memperoleh perspektif yang lain, aktifkan text reader dan dengarkan kalau konten Anda dibaca dalam suara yang nyaring. Ginger akan menganalisa kesalahan yang dibuat dan menyediakan practice sessions sehingga konten dapat diperbaiki dan diperbarui.

Ginger juga menghadirkan layanan terjemahan ke dalam 40 bahasa. Platform ini tersedia untuk Safari, Chrome, Mac, Windows, iOS, dan keyboard Android.

Anda bisa menggunakan fitur pemeriksa grammar, ejaan, dan proofreader tanpa biaya. Namun, panjang karakternya dibatasi hanya sampai 450 saja. Untuk mendapatkan akses penuh, Anda harus membayar biaya berlangganan sebesar 7.49 USD/bulan yang dibayarkan per tahun.

Hemingway Editor

Hemingway Editor akan mengubah konten Anda menjadi konten yang mudah dibaca dan dipahami.

Versi gratisnya akan mendeteksi kata keterangan, bentuk pasif, frasa yang memiliki alternatif lebih sederhana, serta kalimat rumit dan sangat rumit. Skor readibility-nya berbentuk nilai atau angka yang ditampilkan di sudut kanan atas halaman.

Versi desktopnyaPremium, mengharuskan Anda untuk membayar 19.99 USD. Dengan berlangganan paket ini, Anda tidak harus bergantung pada koneksi internet. Postingan yang sudah disunting juga bisa langsung dipublikasikan di Medium dan WordPress, atau diekspor ke perangkat Word yang lain.

Online Correction

Online Correction juga merupakan tool gratis untuk mendeteksi kesalahan dasar dalam tata bahasa. Nantinya tool ini akan menampilkan saran atau solusi untuk memperbaiki kesalahan tersebut. Tak ingin repot? Anda bisa mengaktifkan auto-correct.

Selain bahasa Inggris, Online Correction juga hadir dalam bahasa Jerman, Prancis, dan Rusia. Termasuk juga dialeknya. Karena gratis, ada keterbatasan karakter.

Bekerja sama dengan tim

Bagi sebagian orang, cara membuat blog agar lebih terorganisir adalah dengan membentuk tim kerja. Postingan dapat dipublikasikan secara berkala, dan juga bisa diperbarui manakala dibutuhkan. Berikut tool project management yang wajib dimiliki jika mengelola blog bersama dengan tim.

Slack

Slack adalah alat komunikasi yang hadir dalam versi web, komputer, dan perangkat mobile. Aplikasi pesan instan ini menyediakan channel untuk obrolan pribadi atau channel untuk obrolan bersama tim. Hanya saja, karena banyaknya opsi dan pengaturan yang dimiliki, user baru membutuhkan waktu untuk memahaminya.

Di Slack, Anda bisa membagikan berbagai file dari komputer atau Google Drive. Tersedia juga fitur panggilan audio, video, dan screen sharing. Pengaturan notifikasi dapat disesuaikan dengan keinginan Anda.

Slack dapat diintegrasikan ke lebih dari 2000 aplikasi, seperti Gmail, Trello, Google Calendar, dan Office 365. Data dan informasi akan dilundingi dengan sistem autentikasi dua faktor dan SAML-based single sign-on (SSO).

Versi gratisnya menawarkan fitur yang lebih dari cukup, misalnya tidak ada batasan dalam membuat channel, one-on-one call (telepon antara dua orang), dan pembagian file. Upgrade ke paket Standard jika Anda membutuhkan ruangan penyimpanan tambahan, panggilan grup, sistem keamanan, dll. Biaya berlangganannya sebesar 6.79 USD/bulan untuk satu orang.

Asana

Tool kolaborasi tim selanjutnya adalah Asana. Selain dilengkapi dengan tampilan dashboard yang menarik, Asana juga menghadirkan komunikasi real-time, multiple workspace, fitur drag-and-drop, dan kemudahan navigasi.

Dengan platform ini, Anda bisa buat daftar tugas (to-do list) dan menambahkan task di board.  Gunakan Timeline and Calendar untuk membuat jadwal pembuatan konten dan melacak progres. Untuk melihat task masing-masing anggota tim, cek Workload.

Integrasikan Asana ke berbagai aplikasi, seperti Slack, Office 365, Power Bi, Tableau, dll. Aktifkan fitur otomatis untuk menghemat waktu dan meminimalisir kesalahan. Untuk sistem keamanan, Asana tersertifikasi SOC 2 Type II.

Di Asana versi gratis, Anda bisa bekerja bersama 15 orang. Namun, jika ingin memperoleh laporan tingkat lanjut dan memaksimalkan manajemen tool, upgrade akun gratis ke paket Premium. Biaya berlangganannya sebesar 10.99 USD per bulan untuk satu user. Anda bisa mencoba paket Premium selama 30 hari tanpa biaya.

Trello

Cara bikin blog agar lebih terorganisir adalah dengan menambahkan tool project management seperti Trello. Di dalamnya, terdapat board, daftar (list), task card beserta fitur drag-and-drop dan interface yang intuitif.

Anda bisa membuat board sendiri atau menggunakan template. Board ini dapat diatur ke privateteam, organization, dan public. Agar lebih menarik, ubah background dan warna board. Untuk menambahkan anggota tim, Anda hanya perlu menyertakan username, link, atau email.

Card Trello dapat diberi label, dilengkapi dengan checklist, lampiran, dan tanggal deadline. Delegasikan task ke masing-masing anggota hanya dengan sekali klik. Tersedia add-on integrasi dan power-up. Hubungkan Trello ke Google Drive, Slack, Dropbox, dll.

Jika menggunakan versi gratis, Anda bisa membuat board, daftar, dan card sebanyak mungkin. Bila suatu saat Anda ingin membuat board tim tanpa adanya batasan dan juga memperoleh fitur canggih lainnya, upgrade paket gratis ke paket Business Class. Biaya yang dibebankan sebesar 9.99 USD/ bulan untuk satu orang.

Komunitas online

Sangat penting bagi seorang blogger untuk membangun komunikasi dengan pembaca dan followernya. Ciptakan komunitas online di blog dan buka diskusi dengan para pengunjung.

Facebook Group

Jumlah pengguna Facebook diprediksi akan meningkat hingga 1.69 miliar. Dengan diaktifkannya Facebook Group, besar kemungkinan postingan Anda akan muncul di feed pengguna lain.

Pengaturan privasi Facebook Group dapat disesuaikan dengan tujuan Anda, apakah Anda ingin membukanya untuk Public atau Private and Visible.

Jika memilih Public, siapa pun bisa bergabung atau melihat postingan dan aktivitas grup. Blog post Anda juga bisa menjangkau pembaca dan follower baru. Untuk menjaga alur diskusi agar tetap sesuai dengan niche blog, buatlah peraturan yang tegas.

Apabila Anda memilih Private and Visible, anggota yang ingin bergabung di grup akan dikonfirmasi secara manual. Hanya mereka yang sudah jadi anggotalah yang dapat membaca dan meninggalkan komentar di postingan grup.

LinkedIn

Cara membuat blog agar memiliki banyak pengunjung adalah dengan memperkenalkannya melalui komunitas atau grup di LinkedIn. Meskipun tidak sebesar Facebook, LinkedIn memiliki 690 juta pengguna.

LinkedIn merupakan platform profesional. Tak hanya mendapatkan lebih banyak pembaca baru, perusahan yang berada di satu niche yang sama dengan Anda juga akan tertarik membaca blog post Anda. Siapa tahu di masa mendatang bisa terjalin kerja sama?

Tersedia fitur manajemen komunitas untuk mengirim email mingguan dan memberikan informasi harian atau mingguan tentang aktivitas grup.

Fitur Manager’s Choice memungkinkan Anda menyematkan (pin) postingan ke bagian atas feed grup.

Reddit

Jumlah kunjungan bulanan di Reddit mencapai satu miliar lebih. Dengan angka yang cukup fantastis ini, postingan blog Anda bisa mendatangkan trafik yang tinggi.

Platform ini menjadi rumah bagi jutaan komunitas yang membahas beragam topik. Komunitas ini disebut subreddits. Siapa pun yang sudah buat akun di Reddit bisa berkontribusi, tapi tetap mematuhi kebijakan dan peraturan yang berlaku.

Sebagai moderator subreddit, Anda bisa menyaring tipe postingan yang diperbolehkan di sub, menghapus konten yang tidak pantas, dan menangguhkan user dari komunitas. Anda juga bisa melakukan personalisasi terhadap tampilan sub.

Satu hal yang harus Anda tahu, Reddit berbeda dengan media sosial lainnya. Platform hiburan ini memiliki sistem downvote. Jika konten Anda buruk, user akan memberikan ‘suara bawah’ sebagai tanda bahwa mereka tidak menyukai postingan Anda.

Menjadwalkan publikasi blog post di media sosial

Salah satu cara membuat blog agar lebih dikenal orang adalah dengan mempromosikannya melalui platform media sosial. Jika Anda punya banyak akun media sosial, tool berikut ini akan membantu Anda untuk mempermudah publikasi blog post.

Hootsuite

Hootsuite menawarkan kemudahan untuk mengelola banyak akun media sosial hanya dari satu platform saja. Anda bisa mengatur jadwal dan mempublikasikan postingan di media sosial sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan. Tool ini akan melacak aktivitas media sosial dan kampanye pemasaran dan juga memonitor performanya.

Versi gratis Hootsuite hanya memperbolehkan Anda untuk mengelola tiga akun media sosial, mengatur jadwal hingga 30 postingan, dan mengintegrasikannya dengan aplikasi dasar.

Apabila Anda punya lebih dari sepuluh akun, kami sarankan untuk berlangganan paket premium-nya. Besaran biaya yang dibayarkan dimulai dari 19 USD/bulan dengan masa coba gratis selama 30 hari. Tidak ada batasan jumlah postingan yang boleh dipublikasikan, dan Anda dapat menampilkan metriks performa sebagai insight di blog.

Buffer

Alternatif untuk cara buat blog agar lebih hidup adalah dengan Buffer. Buat konten yang menarik, lalu publikasikan ke berbagai jejaring media sosial hanya dari satu admin dashboard. Atur jadwal di masing-masing akun media sosial, dan cek linimasa melalui kalender.

Buffer juga bisa diandalkan untuk pemasaran di Instagram. Tampilkan komentar pertama selagi mengatur jadwal publikasi post. Tambahkan link blog di bio Instagram dan datangkan trafik dari sana. Reminder atau pengingat akan muncul bila sudah tiba waktunya untuk menerbitkan blog post.

Kenali kelebihan dan kekurangan tool ini dengan memanfaatkan jaminan free-trial 14 hari. Pengunaan kartu kredit tidak diperlukan. Biaya berlangganan untuk paket dasarnya sebesar 12 USD/bulan dan dibayarkan per tahun. Nantinya Anda bisa mengelola delapan akun media sosial dan mengatur jadwal publikasi hingga 100 postingan.

Manajemen waktu

Kadang menulis bisa menjadi aktivitas yang membosankan. Agar Anda tetap fokus dan ‘mematuhi’ jadwal yang sudah ditetapkan, coba gunakan beberapa tool di bawah ini.

E.gg Timer

Tool manajemen waktu ini gratis dna mudah digunakan.

Menulis adalah cara membuat blog agar tetap ramai dan penuh dengan konten berkualitas. Akan tetapi, kadang kala menulis itu melelahkan. Wajar bila Anda ingin beristirahat sejenak. Dengan E.gg Timer, waktu istirahat Anda jadi lebih tertata. Atur waktu sendiri atau gunakan waktu yang ada, misalnya satu jam, Podomoro system, rutinitas tiap pagi (morning routine), dan lain sebagainya. E.gg Timer juga dilengkapi dengan tipe peringatan, volume, dan boks pop-up.

Toggl

Toggl dirancang khusus sebagai tool manajemen waktu dan produktivitas. Selain melacak waktu, Toggle juga memiliki fungsi sebagai editorial calendar – mengatur jadwal untuk menerbitkan blog post.

Dengan paket freemium, Anda bisa mengatur timer, mengubah reminder (pengingat), dan mengintegrasikan Toggl dengan lebih dari 100 aplikasi online, termasuk kalender. Tool manajemen waktu ini juga punya sistem reporting yang akan mengekspor data pelacakan ke file PDF, Excel, dan CSV.

Tersedia dashboard untuk membuat linimasa (timeline) proyek dan melacak progressnya. Toggl tersedia untuk komputer, iOS, Android, dan Chrome.

Mengapa Harus Buat Blog?

Mengapa Harus Buat Blog?

Ada sejumlah alasan mengapa sampai sekarang masih banyak orang yang mengetikkan kata kunci cara membuat blog di mesin pencari. Salah satunya adalah blog dikenal sebagai platform untuk mengasah kemampuan menulis dan kreativitas lainnya.

Meskipun blog erat kaitannya dengan aktivitas tulis-menulis, beberapa alasan di bawah ini bisa jadi landasan mengapa Anda harus memiliki blog dari sekarang.

  • Mengembangkan diri dan kemampuan. Pada umumnya blogger menggunakan blog sebagai wadah untuk mengutarakan pendapat dan memperdalam pengetahuannya di suatu bidang. Bahkan bila dikelola dengan baik, blog bisa jadi senjata untuk menampilkan portofolio ketika Anda ingin mencari pekerjaan penuh (full-time) atau pekerjaan lepas (freelance).
  • Meningkatkan brand awareness. Tak hanya mengejar profit dan keuntungan, pelaku bisnis juga harus mampu meningkatkan brand awarenes. Dengan memiliki blog, Anda bisa membagikan informasi ke audiens, bahkan mengantarkan bisnis ke jenjang lebih tinggi serta jangkauan yang lebih luas.
  • Mengakuisisi user. Banyak channel premium yang meminta Anda untuk membayar biaya berlangganan (misalnya, GoogleAds) demi menarik perhatian dan mengakuisisi pengguna baru. Jika membuat blog, Anda tidak perlu terus-menerus mengeluarkan uang. Meskipun membutuhkan waktu untuk mendatangkan trafik yang banyak, blog dapat menjadi platform yang akan menciptakan penjualan baru dan menaikkan konversi.
  • Lebih mudah dilacak di mesin pencari. Untuk memperoleh lebih banyak pencarian organik (organic search), blogging adalah salah salah satu solusinya. Kuncinya adalah mempertahankan trafik agar selalu stabil.
  • Peluang untuk jadi the next influencer. Anggap saja Anda sudah menguasai satu bidang dengan baik. Dengan memiliki blog, Anda bisa menyalurkan kemampuan ini dan membagikannya ke pembaca. Blogging akan membangun persona online, menjalin relasi baru, dan bahkan memperkenalkan ide dan gagasan yang dimiliki.

Mempelajari WordPress

Banyak artikel yang memuat panduan cara membuat website di WordPress. Namun, apakah Anda sudah mengenal dan memahami platform CMS ini dengan baik? Di internet, ada banyak sekali artikel dan tutorial online yang memudahkan Anda untuk mempelajari WordPress. Sebagai langkah awalnya, Anda bisa memulai dari halaman bantuan WordPress. Di halaman ini, Anda bisa menemukan semua informasi yang dibutuhkan, mulai dari cara install WordPress, cara mengkustomisasikannya, hingga cara memelihara website.

Tersedia juga website yang mendedikasikan halaman knowledge base (pengetahuan dasar) untuk membahas hal-hal seputar WordPress, seperti Tutorial Hostinger dan HostingWiki. Semuanya bisa Anda akses, seperti artikel glosarium dan panduan komprehensif lainnya.

Google dan YouTube juga menjadi sumber yang afdol bilamana Anda membutuhkan panduan berupa video.

Apakah Nama Blog Bisa Diganti?

Anda bebas mengganti nama blog yang lama dengan nama blog yang baru. Hanya saja, penggantian ini akan mendatangkan sejumlah konsekuensi. Jadi, pada saat membuat nama blog, kami sarankan untuk melakukan pertimbangan secara matang.

Anda diperbolehkan mengganti nama blog bila berada dalam situasi seperti ini:

  • Nama blog saat ini tidak original atau membingungkan pembaca.
  • Nama dan URL blog tidak cocok.
  • Niche blog diganti.

Konsekuensi jika Anda mengganti nama blog:

  • Membingungkan pembaca yang kerap kali mengunjungi blog Anda, persona online yang dibangun pun akan terasa sia-sia.
  • Link eksternal dari situs lain yang mengarah ke blog Anda akan terpengaruh.
  • Anda harus membuat halaman 301 redirect.

Berapa Banyak Trafik yang Dibutuhkan Untuk Memperoleh Sponsor?

Sayangnya tidak ada jawaban yang spesifik. Jika blog sudah mendapat kunjungan sekurang-kurangnya 1000 pembaca, Anda bisa mengajukan kerja sama. Blog harus terus diperbarui dan dipelihara, tunjukkan ke pihak sponsor bahwa Anda serius dalam hal ini.

Berikut beberapa tips untuk mendapatkan sponsor blog:

  • Memiliki media kit. Sertakan perkenalan singkat tentang diri Anda, blog Anda dan misinya. Tambahkan informasi kontak, akun media sosial, jumlah kunjungan unik, pageview, page-rank, dan reader analytics.
  • Mencari sponsor secara proaktif. Kalau trafik blog masih sedikit, jangan sungkan untuk mencari sponsor. Tunjukkan niat Anda yang ingin beriklan melalui blog post.
  • Membuat daftar partnership atau kerja sama. Lakukan riset dan cari pihak sponsor yang berpotensi bekerja sama dengan Anda.
  • Bergabung di jaringan postingan bersponspor. Acorn dan TapInfluence adalah dua contoh jaringan yang bisa Anda ikuti. Lengkapi data profil dan Anda akan dipasangkan dengan perusahaan yang tertarik untuk bekerja sama.

Apakah Saya Harus Tahu Coding untuk Cara Buat Blog?

Cara membuat blog tidak harus melibatkan coding dan bahasa pemrograman lainnya. Website builder, seperti Zyro, akan memudahkan Anda dalam membuat website yang diinginkan. Tool ini dilengkapi dengan dashboard yang user-friendly, editor WYSIWYG (what you see is what you get), dan fungsi drag-and-drop. Dengan adanya koleksi template yang dapat dikustomisasi, Anda tidak perlu membuat blog dari nol

Opsi lain bagi pemula adalah cara buat blog di WordPress. Sistem manajemen konten ini memiliki interface dan fitur yang sedikit lebih rumit dibandingkan platform gratis seperti blogspot. Meskipun demikian, dengan banyaknya website yang mengulas tentang WordPress serta tutorial, forum, dan juga artikel, Anda bisa mempelajari platform ini dengan mudah.

Bagi yang ingin menerapkan cara membuat blog pribadi gratis, bisa pilih Medium. Di platform ini, Anda tidak perlu berlangganan web hosting dan mengaktifkan domain. Pembuatan dan publikasi konten adalah fokus utama Medium.

Cara Membuat Email Profesional dari Nama Blog

Kalau ingin menghasilkan uang melalui blog, Anda harus punya email profesional yang mencantumkan nama blog Anda. Untuk membuatnya, Anda sudah harus berlangganan web hosting dan memiliki domain sendiri.

Nantinya Anda akan menggunakan nama domain blog di email dan bukannya nama platform email. Contoh, namaanda@namabloganda.com dan bukannya namaanda@gmail.com. Dengan begini, email Anda tidak akan berakhir di kotak spam pembaca.

Hostinger menawarkan layanna Email Hosting yang terdiri atas beragam paket menarik. Harganya terjangkau, mulai dari Rp.14.129/bulan. Layanan ini terpisah dari paket hosting umum karena memang ditujukan untuk pengguna yang blognya telah dionlinekan di provider lain.

Bagi yang berlangganan hosting di Hostinger, silakan cek tutorial membuat email bisnis atau ikuti tiga langkah di bawah ini untuk membuat email:

  1. Masuk hPanel, scroll ke bagian Email dan pilih Akun Email (Email Account).
  2. Di halaman Create a New Email Account (Buat Akun Email Baru), masukkan nama dan password.
  3. Klik Create (Buat).

Apa yang Jadi Faktor Kesuksesan Blog?

Suatu blog dikatakan sukses apabila mampu mendatangkan trafik yang tinggi dan terus diperbarui.

Pastinya akan ada rasa bosan yang melanda bila Anda terus menulis dalam kurun waktu yang lama. Oleh karena itu, cara bikin blog menjadi lebih berkualitas adalah dengan menulis topik yang Anda sukai. Dengan begini, Anda lebih menikmati setiap prosesnya.

Ingatlah, blog beserta konten tidak serta-merta muncul di Google. Bahkan kalaupun muncul, bisa jadi bukan di halaman depan mesin pencari. Jangan cepat menyerah jika hasil belum sesuai dengan yang diharapkan. Tetapkan standar dan tujuan agar Anda memiliki motivasi untuk terus maju.

Selalu konsisten dengan niche blog. Jika niche blog berubah-ubah, pembaca akan bingung.

Tulislah konten yang informatif, berkualitas, dan menarik. Konten yang demikian akan mendatangkan banyak pengunjung dan juga membangun komunitas di blog.

Terapkan praktik SEO baik di blog itu sendiri maupun di setiap kontennya. Naikkan posisi blog di halaman mesin pencari. Apabila konten berhasil menduduki peringkat pertama Google (pencarian organik), rata-rata CTR yang dihasilkan adalah 31.7%.

Tampilan visual blog juga tak kalah pentingnya. Cari tema yang sesuai dengan konsep blog Anda. Sempurnakan desain dan layoutnya untuk menjamin kepuasan dan kenyaman pembaca ketika menjelajahi situs.

Strategi pemasaran juga berperan besar dalam kesuksesan blog. Tetapkan target auiens, promosikan konten, dan lacak performa blog untuk memperbaiki kualitasnya.

Apa yang Jadi Faktor Kegagalan Blog?

Ada banyak faktor yang menyebabkan suatu blog gagal.

  • Kurangnya passion. Tidak ada alasan lagi untuk blogging.
  • Salah memilih niche. Manajemen blog akan semakin sulit.
  • Hanya berfokus pada tulis-menulis.
  • Tidak menerapkan praktik SEO. Dan Anda juga seolah tidak ‘peduli’ apakah konten mampu mengarahkan lebih banyak trafik atau tidak.
  • Membuat konten yang kurang berkualitas. Informasi yang disampaikan sama sekali tidak berguna dan tidak bernilai. Jadi, untuk apa pembaca kembali ke blog Anda?
  • Mempromosikan konten dengan metode yang salah. Bisa jadi target audiens yang tidak tepat atau konten tidak dibuat untuk pembaca blog saat ini.
  • Blog tidak mobile-friendly. Sebanyak 51.98% trafik internet berasal dari pengguna perangkat mobile.

Di penghujung tahun 2020, jumlah blogger di Amerika Serikat diprediksi akan bertambah hingga 31,7 juta orang. Lalu, bagaimana dengan Indonesia? Terlebih lagi dengan adanya pandemi global ini, hampir semua orang menghabiskan waktu di rumah. Tak menutup kemungkinan akan ada banyak blog baru bermunculan. Jadi, kalau tidak ada faktor pembeda yang menjadikannya unik, blog Anda akan gagal.

Kesimpulan

Kini Anda sudah tahu cara membuat blog dan apa saja yang dibutuhkan agar blog berhasil menarik pembaca dan jumlah trafiknya bertambah. Tunggu apa lagi? Pilih paket hosting yang Anda inginkan dan buat blog sekarang juga di Hostinger!

Jika masih ada pertanyaan seputar cara buat blog atau sekadar membagikan kritik dan saran, silakan tinggalkan komentar pada kolom di bawah ini.

Penulis

Author

Ariata C. / @ariata

Ariata suka sekali menulis dan menerjemahkan, dan sekarang ini bekerja sebagai translator di Hostinger Indonesia. Lewat artikel dan tutorial yang diterbitkan di blog Hostinger, Ariata ingin membagikan pengetahuan tentang website, WordPress, dan hal terkait hosting lainnya kepada para pembaca.

Author

Ruangbisnis Balas

January 16 2018

Terima kasih. Artikel begitu lengkap dan padat. hostinger bukan hanya menjual layanan web hosting berkualitas, tapi juga memberi tutorial yang mantap. Maju terus hostinger

Author

jual produk digital Balas

January 30 2018

terima kasih ya infonya sangat membantu

Author

vinyl lantai rumah sakit Balas

January 31 2018

Terimakasih atas tutorialnya dan ulasanya ya GAN, sangat informatif dan bermanfaat. saya akan coba menerapkannya di blog saya dan semoga berhasil,sekali lagi terimakasih

Author

Mesin Antrian C2000 Balas

February 10 2018

Terimakasih atas informasinya dan semoga kedepannya makin sukses dan jaya selalu

Author

Rasito yanwar Balas

March 15 2018

Terimaksih banyak tutorialnya.. komplit banget.. keep update artikel min...

Author

Agen BandarQ Balas

March 20 2018

terimakasih sudah ngepost artikel yang sangat penting ini. artikel ini sangat membantu saya.

Author

JalanTokek Balas

March 29 2018

Utk plugin apakah cma itu saja yang diperlukan?adakah plugin wordpress yg penting utk diinstall slain yg di jelas kan diatas?

Author

Berita Terkini Balas

April 01 2018

Terima kasih. Infonya sangat membantu. Tutorial dan ulasan nya sangat bermanfaat.

Author

Hartono Balas

April 06 2018

Sangat menarik dan sangat lengkap dijabarkan dari langkah awal hingga selesai. Saya rasa panduan ini sangat bermanfaat untuk para pemula. Terimakasih

Author

Rika Audia Balas

April 07 2018

Terima kasih Informasinya boleh dicoba kk :)

Author

Syafiq Balas

May 14 2018

Hi mba Ariata Panduan untuk membuat web/blog di Wordpressnya sangat lengkap. Cocok nih untuk blogger pemula yang mau nyoba Wordpress. Btw sekedar testimoni untuk Hostinger, fitur Auto-Installer-nya luar biasa cepat & mudah digunakan. Saking cepatnya saya sampai ragu "sudah selesai blom yah instalasinya?" ternyata sudah siap :TOP

    Author

    ariata

    Dibalas pada July 04 2018

    Terima kasih Bapak atas testimoni positifnya :)

Author

TeknoPlug Balas

May 31 2018

wah ternyata mudah juga ya cara membuat blog di wordpress gitu, simpel gak pake lama.

    Author

    ariata

    Dibalas pada July 04 2018

    Selamat mencoba membuat blog di WordPress :)

Author

aritno Balas

June 26 2018

kalau mau menambahkan gambar backgroud bagaimana yaa

Author

ariata Balas

July 04 2018

Terima kasih. Kami senang bisa membantu :)

Author

ariata Balas

July 04 2018

Terima kasih. Selamat membuat website yang bagus :)

Author

Dewi maliana Balas

July 14 2018

Makasih atas infonya, ditunggu artikel selanjutnya

Author

Ani Nuryani Balas

July 19 2018

terima kasih sharing infonya..sangat membantu sekali untuk newbie bloger sukses selalu untuk Hostinger

Author

Karpet Lantai Balas

July 25 2018

komplit banget tutorialnya gan.. terimakasih sudah berbagi..

Author

Heraldi Balas

September 05 2018

trimakasih atas tips wordpressnya sangat bermanfaat..sy sdh agak memahami

Author

Marselina nanci sara wungo Balas

January 02 2019

Terimaksih atas informasinyaa, sudah mgepost artikel ini , karna artikel ini sangat lengkap Semoga makin maju dan makin sukses

Author

gibran Balas

January 12 2019

ulasan yang sangat membantu

Author

Syaffi10 Balas

February 04 2019

Trmksh gan, dikit-dikit ilmu nya akan ane terapkan di blog ane

Author

Panduan Blog Balas

February 12 2019

Wahh pembahasan yang sangat lengkap. Terima kasih banyak :)

Author

Isky Blog Balas

October 30 2019

Terima kasih informasinya, artikelnya sangat membantu ka

Author

Aulia Ritonga Balas

November 03 2019

niat banget yang nulis..keren

Author

Agus darmawan Balas

January 13 2020

Ok banget artikel-artikelnya. Saya bisa belajar blogging dari sini. Terimakasih

Author

Spriyanto Balas

February 04 2020

Pingin coba

Author

Dody seprianto Balas

February 11 2020

Mantap jadi penasaran mau coba

Author

Fifan creation Balas

March 24 2020

Makasih, tutorialnya mantap dan jelas, sukses selalu

Author

dedidhikmat Balas

August 01 2020

sangat membantu untuk pemula dalam pembuatan blogger

Author

Marendra Balas

August 22 2020

Mantap & pengen di coba... terima kasih atas informasi serta artikel yang di berikan... Sukses selalu...

Author

VazGaming Balas

September 11 2020

Wah ternyata semudah itu ya, terima kasih tutorialnya

Author

syafik Balas

October 22 2020

terima kasih banyak.. artikel anda sangatlah membantu bagi saya yang masih pemula sangat

Ketik balasan

Komentar*

Nama*

Email*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jadilah bagian dari Hostinger!