Cara Membuat Blog yang Menghasilkan Uang, Mudah & Lengkap

Cara Membuat Blog yang Menghasilkan Uang, Mudah & Lengkap

Mencari cara membuat blog? Anda sudah membaca artikel yang tepat. Hingga saat ini, blog atau weblog masih menjadi salah satu topik yang paling populer di Internet. Jurnal online ini mewadahi berbagai profesi, mulai dari mereka yang sekadar menulis hingga yang menjadikannya sebagai mata pencarian utama. Anda pun mungkin pernah tertarik, atau bahkan ingin langsung bikin blog.

Di artikel ini, kami akan membahas semua yang perlu Anda lakukan untuk cara membuat blog. Dari pemilihan niche, hingga faktor yang menentukan kesuksesannya, semuanya ada di sini. Setelah membaca artikel ini, Anda pun akan mengetahui cara bikin blog yang bisa mendatangkan trafik yang konsisten, muncul di pencarian organik Google, serta menghasilkan uang.

Tutorial Video

Tidak sempat membaca? Tenang, kami punya video tutorial yang akan memandu Anda memahami topik ini dengan bahasa dan dialog yang jauh lebih mudah dipahami. Berikut videonya:

Jika ingin tahu detail selengkapnya, silakan lanjutkan membaca artikel ini yang akan membahas seluk beluknya secara lebih mendetail. Selamat membaca!

Blog Itu Apa, Sih?

Menurut Wikipedia, weblog termasuk salah satu jenis website yang memuat tulisan dengan berbagai topik. Biasanya, tulisan (yang kita sebut dengan postingan) ditampilkan dalam kronologi terbalik. Weblog akan menampilkan postingan terbaru, yang kemudian disusul oleh postingan lama.

Bentuknya juga bermacam-macam, misalnya majalah digital, catatan pribadi, pameran online, dan bahkan situs pembelajaran. Biasanya, weblog terdiri atas teks, gambar, video, dan halaman penting lainnya. Audiens bisa menuliskan komentar dan berkomunikasi secara virtual dengan pemilik atau penulis jurnal elektronik ini.

Apabila masih perlu penjelasan lebih lanjut, silakan baca artikel kami yang membahas tentang apa itu blog secara lebih lengkap.

Apa Bedanya Blog dan Website?

Hal pertama yang membedakan blog dan website adalah adanya kolom komentar. Seperti yang sudah disebutkan, weblog memiliki kolom komentar di mana audiens dan blogger bisa berkomunikasi. Komunikasi yang terjalin adalah komunikasi dua arah. Sementara itu, website tidak memiliki kolom komentar sama sekali.

Kemudian, blog bersifat dinamis karena kontennya selalu diperbarui, sedangkan website bersifat statis karena halaman-halaman yang ada di dalamnya jarang sekali diperbarui. Contohnya, halaman produk, informasi layanan, dan Tentang Kami.

Pembeda lainnya adalah nama penulis, tanggal postingan, dan kategori. Pada weblog, ketiga elemen ini terlihat jelas di bagian atas postingan. Sementara itu, Anda tidak dapat menemukan ketiga elemen tersebut di website.

Cara Membuat Blog Pribadi dan Profesional

Di bagian ini, kami akan membahas panduan membuat blog, mulai dari pemilihan provider hosting hingga menginstall platform pengelolaan blog. Tak hanya itu, kami juga akan memberikan berbagai tips membuat blog agar ke depannya Anda bisa sukses.

Mudahnya, berikut cara membuat blog yang menghasilkan uang:

  1. Tentukan niche
  2. Pilih web hosting yang tepat
  3. Daftarkan nama domain
  4. Install platform pengelolaan blog
  5. Publikasikan konten dan kembangkan blog
  6. Promosikan blog
  7. Mulai hasilkan uang melalui blog

Selanjutnya, di bawah ini kami akan menjelaskan poin-poin di atas secara lebih mendetail. Cara bikin blog yang kami jelaskan di sini bisa Anda lakukan untuk membuat blog pribadi maupun bisnis bagi perusahaan atau keahlian Anda.

1. Tentukan niche

Cara membuat blog - menentukan niche

Apa itu niche? Niche adalah topik atau area yang menjadi fokus utama blog Anda. Ya, salah satu cara membuat blog pribadi maupun profesional yang menarik adalah dengan mengulas topik yang disukai. Misalnya, Anda berprofesi sebagai musisi, Anda bisa memilih niche blog seputar musik. Namun, karena topik musik sangat luas, carilah area spesifik untuk menentukan niche yang tepat. Misalnya, Anda bisa mengulas lagu-lagu hip-hop atau yang bergenre pop.

Jika saat ini Anda sedang menjalankan suatu proyek atau membangun bisnis online, Anda juga bisa membagikan informasi mengenai layanan, produk, serta visi dan misi perusahaan melalui blog. Pembaca yang tertarik dengan pembahasan yang disajikan akan singgah di blog Anda. Anda pun bisa mengakuisisi user baru dengan mudah. Win-win solution, bukan?

Memilih niche blog memang memakan waktu yang lama. Namun, dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini, pemilihan niche bisa jadi lebih mudah. Berikut cara memilih niche blog:

  1. Buat daftar hal-hal yang Anda sukai atau kuasai. Bisa soal pekerjaan, aktivitas sehari-hari, atau kegiatan berkebun.
  2. Cari dan riset blog dengan niche yang sama. Cek target pasar untuk mengetahui apakah niche yang dipilih dapat digali lebih dalam atau tidak. Catat konten yang diulas di masing-masing blog, misalnya glosarium, tutorial, atau proyek tertentu.
  3. Tentukan niche yang lebih spesifik. Misalnya, kegiatan berkebun merupakan topik yang sangat luas. Pastinya ada banyak blog yang mengulas topik ini. Jadi, persempit topik dengan membahas cara menanam sayur untuk pemula atau bagaimana mengubah kegiatan berkebun menjadi aktivitas menyenangkan untuk anak-anak.
  4. Cari tahu niche yang ‘menjual’. Apakah ada produk jualan dalam cakupan niche yang dipilih? Apakah produk tersebut menggunakan AdWords? Dan apakah blog kompetitor menawarkan ruang iklan atau memasang banner? Cek semua hal ini untuk menentukan langkah Anda selanjutnya.
  5. Pilih niche yang Anda kuasai. Setiap pembaca ingin mendapatkan informasi yang lengkap dan memuaskan rasa ingin tahu mereka. Apabila Anda hanya ‘sekadar’ menulis postingan, pembaca blog juga akan memperoleh informasi yang ‘setengah-tengah’. Jadi, tinggalkan topik yang tidak disukai dan carilah niche yang benar-benar Anda pahami.
  6. Sering-sering lihat blog dengan niche yang sama. Sesuatu yang luput dibahas oleh blog kompetitor bisa menjadi niche yang menarik untuk diulas.

2. Pilih web hosting yang tepat

Cara buat blog - pilih web hosting

Setelah menentukan niche blog, langkah selanjutnya adalah memilih web hosting. Web hosting ini memungkinkan Anda mengonlinekan website agar orang-orang bisa mengunjungi blog Anda.

Namun, sebelum memutuskan untuk memilih platform web hosting, coba tanyakan hal-hal berikut ini kepada diri Anda sendiri:

  • Apakah Anda ingin membuat blog yang nantinya mendatangkan trafik yang tinggi?
  • Apakah proses setupnya mudah?
  • Apakah ada bantuan pelanggan atau Customer Support?
  • Apakah tersedia fitur untuk membuat blog yang fungsional dan profesional?
  • Berapa biaya berlangganannya?

Setelah menemukan jawabannya, silakan pilih tipe hosting yang sesuai untuk blog Anda. Ada beberapa tipe hosting yang tersedia untuk bikin blog, yang akan kami jelaskan di bawah ini.

Shared Hosting

Ilustrasi shared hosting

Jika ingin memulai cara membuat blog untuk pemula, Anda bisa berlangganan shared hosting.

Tipe hosting ini menaungi banyak website di satu server fisik yang sama. Semua resource (seperti disk space, RAM, dan bandwidth) dibagikan ke masing-masing website.

Server shared hosting selalu dioptimasi dan dimonitor agar setiap website memiliki power yang sama.

Berikut kelebihan dan kekurangan shared hosting.

Kelebihan:

  • Harganya murah dan mudah digunakan.
  • Pembaruan uptime dan server dikelola oleh provider hosting.
  • Bantuan pelanggan 24/7.
  • Memiliki tool 1-click installer untuk menginstall platform pengelolaan blog.

Kekurangan:

  • Berbagi resource server dengan user lain.
  • Opsi konfigurasi terbatas.
  • Tidak ada root access.

Shared Hosting

Cloud Hosting

Ilustrasi Cloud Hosting

Cloud hosting ditujukan untuk pemilik bisnis online dan pemilik website berskala besar. Layanan ini memadukan kecanggihan server dan kesederhanaan shared hosting.

Meskipun lebih besar dari shared hosting, cloud hosting masih menjadi platform yang pas untuk belajar membuat blog. Anda akan mendapatkan lebih banyak resource dan tidak perlu khawatir kalau trafik yang berdatangan mulai meningkat.

Tak seperti shared hosting, semua resource yang ada sepenuhnya akan jadi milik Anda. Dengan cloud hosting, blog Anda punya lebih banyak ruang untuk berkembang.

Kelebihan:

  • Resource dan alamat IP yang dedicated.
  • Bantuan pelanggan 24/7.
  • Resource hanya untuk Anda seorang.
  • Memiliki tool 1-click installer untuk menginstall platform pengelolaan blog.
  • Memperbolehkan upgrade akun dari shared hosting.

Kekurangan:

  • Dibanding shared hosting, biaya berlangganan per bulannya lebih tinggi.
  • Opsi konfigurasi terbatas.
  • Tidak ada root access.

Cloud Hosting

VPS Hosting

ilustrasi VPS hosting

Virtual private server, atau yang disingkat VPS, merupakan layanan hosting yang memberikan kebebasan dan kontrol lebih bagi penggunanya. Namun, pengoperasiannya cukup sulit, terlebih bagi Anda yang belum familiar dengan manajemen server.

Jika Anda hanya ingin mencoba-coba cara membuat blog sendiri, kami sarankan untuk memilih hosting lain alih-alih VPS hosting ini.

Akan tetapi, apabila Anda memang ingin membuat proyek yang lebih besar selain blog, virtual server ini adalah pilihan yang paling tepat.

Kelebihan:

  • Memberikan root access pada user.
  • Alamat IP dan resource yang dedicated.
  • User memiliki kebebasan dan kontrol penuh terhadap environment dan websitenya.
  • User bisa mengubah pengaturan dari sisi server.

Kekurangan:

  • Mengharuskan usernya paham pengetahuan teknis.
  • Mengharuskan usernya memiliki kemampuan manajemen server.
  • Bersifat unmanaged.
  • Pengoperasian yang lebih sulit dari tipe hosting lain.

VPS Hosting

Apabila sudah menentukan web hosting, Anda pun bisa melanjutkan ke cara membuat blog pribadi maupun profesional berikutnya di bawah ini.

3. Daftarkan nama domain

Cara bikin blog - mendaftarkan nama domain

Nama domain merupakan alamat URL unik yang dimiliki setiap website. Karena nama domain menentukan keberhasilan blog Anda, ada banyak hal yang harus dipertimbangkan. Selain itu, jangan terburu-buru mendaftarkannya. Lakukan dengan hati-hati. Kalau perlu, gunakan tool domain name generator untuk memperoleh nama-nama domain yang potensial.

Jika sudah ada calon domain, cek ketersediaannya dengan tool cek domain. Tool ini akan menampilkan nama domain yang dikombinasikan dengan berbagai ekstensi. Pilih ekstensi yang menurut Anda paling pas.

Apabila masih bingung dengan istilah domain dan ekstensi, silakan cek tutorial apa itu domain.

Domain tersedia

Anda juga bisa membaca panduan cara membeli domain di Hostinger untuk mendapatkan penjelasan selengkapnya.

4. Install platform pengelolaan blog

Cara membuat blog - install platform blogging

Sistem Manajemen Konten (CMS) adalah platform yang paling pas jika Anda ingin mencoba cara membuat blog baru. Dengan CMS, Anda bisa:

  • Membuat blog tanpa harus mempelajari coding dan bahasa pemrograman lainnya terlebih dulu.
  • Mempublikasikan konten dan membuat konten baru.
  • Mendedikasikan diri sepenuhnya untuk menulis konten, tanpa harus mengkhawatirkan aspek teknis.
  • Menambahkan fitur baru dengan bantuan plugin dan module.
  • Mengatur tampilan blog dengan menerapkan tema gratis yang ada di library CMS.

Platform terbaik rekomendasi kami untuk cara buat blog adalah WordPress, karena kemudahan pengelolaannya dan semua fitur unggulan yang ditawarkannya. Sebenarnya ada platform lain yang bisa Anda gunakan untuk cara membuat blog gratis, yaitu Blogspot. Namun, fitur yang disediakannya tidak selengkap WordPress. Untuk lebih lengkapnya, silakan baca tutorial kami tentang cara membuat Blogspot.

Cara Membuat Blog Menggunakan WordPress

Platform ini adalah yang paling kami rekomendasikan jika Anda ingin memulai cara membuat blog pribadi. Sebab, WordPress memberikan kemudahan manajemen blog melalui dashboardnya yang intuitif. Kami pun termasuk user WordPress karena menggunakan CMS ini sebagai platform pengelolaan blog untuk tutorial Hostinger.

Setelah memilih platform web hosting dan nama domain, lanjutkan ke cara berikut untuk bikin blog.

  1. Login ke cPanel Anda. Untuk Hostinger, Anda bisa membuka https://hpanel.hostinger.com/
  2. Cari opsi untuk menginstal WordPress. Jika menggunakan Hostinger, penginstalan bisa dilakukan dengan memilih Instalasi Otomatis di bawah Website.
    Instalasi otomatis untuk cara membuat blog di WordPress
  3. Pilih WordPress. Sebuah jendela baru akan muncul.
    Cara membuat blog pribadi dengan WordPress
  4. Isikan detail yang diminta. Informasi tersebut mencakup hal-hal di bawah ini.
    • Periksa apakah nama domain Anda sudah benar.
    • Isikan Administrator Username, Password, dan Administrator Email. Informasi login ini akan digunakan untuk mengakses dashboard WordPress atau area admin Anda.
    • Masukkan Judul Website Anda. Nama blog Anda biasanya ditulis di sini. Nama ini bisa diubah nanti dari pengaturan Identitas Situs di dashboard WordPress.
    • Pilih Bahasa pilihan Anda.
    • Pilih Selalu perbarui ke versi terbaru untuk mendapatkan fitur dan patch keamanan terbaru.
  5. Pilih Install, tunggu hingga selesai.
  6. Akses Admin Area untuk mengelola blog. Untuk melakukannya, ketikkan [domainanda.com]/wp-admin di browser.
    Dashboard WordPress
  7. Pilih tema untuk blog Anda. Untuk melakukannya, klik Appearance untuk melihat koleksi tema WordPress gratis. Pilih tema yang Anda inginkan. Atau, baca artikel kami tentang tema WordPress gratis untuk Mempercantik Website Anda.
    Tema WordPress
  8. Install plugin yang diperlukan. Klik Plugins untuk melihat koleksi plugin gratis. Plugin akan menyempurnakan fungsi blog Anda.
    Direktori plugin WordPress

Berikut tiga plugin yang wajib ada di setiap jenis blog:

  • Yoast SEO – mengoptimasi postingan agar SEO-friendly.
  • Akismet Anti-Spam – mengamankan kolom komentar dari spam.
  • Jetpack – menawarkan kumpulan fitur untuk sistem keamanan, performa, statistik, dan masih banyak lagi.

Cara Menulis Blog di WordPress

  1. Klik Pages dan buat halaman baru. Anda bisa membuat halaman Tentang Kami, Hubungi Kami, dll.
    Halaman WordPress
  2. Klik Posts untuk melihat daftar postingan blog. Pilih Add New untuk buat postingan baru.
    Halaman post WordPress

Selesai! Anda pun berhasil menyelesaikan cara membuat blog pribadi maupun profesional menggunakan WordPress.

Setelah langkah ini selesai, sekarang saatnya menulis dan memublikasikan konten, serta menerapkan strategi untuk mengembangkan blog Anda.

5. Publikasikan konten dan kembangkan blog

Mempublikasikan konten dan membangun blog

Untuk mulai mengembangkan blog, Anda perlu membuat postingan dan beberapa halaman penting yang sebaiknya ada di blog Anda. Di bawah ini, kami akan membahas beberapa metode dan strategi pengembangan blog agar blog Anda ramai pengunjung.

1. Cara Menulis Blog yang Menarik

Sebelum memulai langkah-langkah di bawah ini, Anda harus sudah terlebih dahulu melakukan riset kata kunci sesuai topik yang akan Anda tulis. Nantinya, kata kunci ini berguna untuk mengoptimasi blog Anda di mesin pencari agar trafik ramai. Silakan baca artikel kami untuk mengetahui cara riset keyword yang efektif.

Berikut cara menulis blog yang menarik:

  1. Susun kerangka penulisan lebih dulu.
    Anda bisa memulai cara membuat artikel blog dengan membuat kerangkanya lebih dulu. Mulailah dengan membuat daftar poin-poin pembahasan utama postingan Anda. Anda bisa mulai menyusun heading lebih dulu, menguraikan struktur dari H1 sampai H5 dan meletakkan kata kunci di dalamnya.
  2. Buat tulisan yang informatif dan bermanfaat.
    Setelah menulis poin-poin utama, cara membuat artikel blog berikutnya adalah mengembangkan tulisan Anda. Ketika menulis postingan, pikirkan target audiens Anda. Jangan sekali-sekali mempublikasikan konten yang tidak dikuasai atau Anda sendiri tidak punya waktu untuk menguliknya lebih jauh.
  3. Tambahkan visual yang menarik.
    Sebagai blogger, tentu Anda berharap pembaca terus berkunjung di blog Anda. Selain memastikan kualitas konten, Anda juga harus kreatif. Agar menarik, tambahkan foto, grafis, atau media visual lainnya yang sesuai gaya penulisan Anda ke konten atau postingan.
  4. Hindari kata atau frasa musiman.
    Kata atau frasa musiman di sini meliputi tanggal, bulan, tahun, atau tren musiman tertentu yang tidak berulang (misalnya “Lebaran 2021”). Jangan tambahkan kata atau frasa ini pada URL postingan karena nantinya akan membuat postingan Anda ketinggalan zaman. Jika ingin menambahkannya, letakkan di area yang mudah diubah, misalnya di badan konten atau judul postingan.
  5. Cek ejaan dan keterbacaan artikel.
    Langkah ini juga penting dalam cara menulis artikel blog yang menarik. Baca ulang tulisan Anda melalui preview dan posisikan diri Anda sebagai pembaca atau orang awam. Apakah tulisan sudah enak dibaca? Mudah dipahami? Tidak berputar-putar? Coba tanyakan ini pada diri Anda. Selain itu, Anda juga bisa cek ejaan dan tata bahasa menggunakan tool online.
  6. Tambahkan CTA (Call-to-actions).
    CTA atau call-to-actions bisa dalam bentuk teks apa saja, misalnya mengajak pembaca untuk berlangganan newsletter, membaca postingan terkiat, membeli produk, mengupgrade layanan, dll. Setiap postingan blog setidaknya harus memiliki satu CTA meskipun bentuknya sederhana, seperti mengajak pembaca untuk meninggalkan komentar di kolom yang disediakan.
  7. Aktifkan kolom komentar di setiap postingan.
    Dengan demikian, pengunjung pun bisa berkomunikasi secara virtual dengan Anda. Mintalah pendapat atau saran dan kritik mengenai postingan atau apa yang ingin mereka baca nantinya di blog Anda.
  8. Jangan langsung berharap blog Anda akan ramai.
    Suatu postingan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk muncul di halaman awal mesin pencari seperti Google. Namun, hal ini jangan sampai menyurutkan semangat Anda. Teruslah membuat postingan yang berkualitas. Sedikit demi sedikit, bangunlah blog yang menawarkan solusi bagi pembacanya.

2. Buat Halaman Penting di Blog Anda

Agar blog Anda semakin menarik dan bisa mengundang lebih banyak pengunjung, sebaiknya buat beberapa halaman penting di bawah ini:

  • Tentang kami (about us). Di halaman ini, tambahkan informasi mengenai siapa Anda dan mengapa blog ini dibuat. Tulis tujuan blog, apakah difokuskan untuk urusan bisnis, hobi, atau kisah pribadi.
  • Kontak (contact). Di halaman ini, Anda bisa menampilkan alamat email, akun media sosial, email untuk berlangganan, atau alamat kontak lainnya yang memudahkan pembaca untuk berkomunikasi dengan Anda.
  • Sidebar/Menu. Kolom atau bar yang ada di atas layar, seperti kategori blog, iklan, halaman statis lain, dll.

3. Buat Strategi untuk Mengembangkan Blog

Berikut panduan singkat untuk membuat strategi yang baik:

  1. Tentukan tujuan. Adakah yang ingin Anda capai dengan membuat blog? Cobalah untuk lebih spesifik. Misalnya, Anda ingin mendatangkan 3000 pembaca ke blog di akhir bulan atau mengoptimasi dua postingan agar muncul di halaman pertama Google dalam waktu dua minggu.
  2. Lkukan riset audiens. Siapa yang jadi target blog Anda? Cari tahu konten seperti apa yang mereka sukai, masalah-masalah yang kerap ditemui, dan platform media sosial yang digunakan.
  3. Buat daftar topik dan kata kunci yang berpotensi. Seperti yang sudah kami bahas tadi, setiap postingan wajib memiliki kata kunci. Tentukan kata kunci target yang bisa membawa postingan Anda ke halaman pertama Google. Gunakan tool seperti Google Keyword Planner, Ahrefs Keyword Explorer, dan SEMrush Keyword Research. Kata kunci yang dipakai harus sesuai niche.
  4. Buat jadwal posting rutin. Agar Anda tetap konsisten dan produktif, buatlah jadwal kapan harus menulis blog dan kapan harus mempublikasikannya.

Setelah itu, Anda bisa melanjutkan ke cara bikin blog yang selanjutnya, yaitu mempromosikan blog.

6. Promosikan blog

Karena munculnya postingan di halaman terdepan Google membutuhkan waktu yang lama, keberadaan blog Anda jadi sulit untuk diketahui. Salah satu cara agar blog Anda dikenal banyak orang dan menjangkau audiens yang tepat adalah dengan mempromosikannya. Sebarkan konten blog ke media sosial, buat mailing list, dan jalankan backlink. Cari tahu performa blog Anda di Google Analytics.

Berikut cara agar blog terkenal dan banyak pengunjungnya:

  1. Promosi dari mulut ke mulut.
    Beri tahu orang-orang terdekat kalau Anda sekarang punya blog sendiri. Mintalah bantuan mereka untuk menyebarkannya melalui media sosial. Kalau perlu, tambahkan mereka di mailing list agar tidak ketinggalan konten terbaru.
  2. Tambahkan blog ke mesin pencari.
    Blog Anda akan di-index. Itu berarti blog Anda akan ditambahkan ke daftar situs mesin pencari. Buat akun di Google dan pilih Submit URL di Webmaster Tool. Selain Google, Anda juga bisa menambahkan blog ke Bing dan mesin pencari lainnya.
  3. Jadilah blogger yang aktif.
    Lihat blog, media sosial, forum, dan media lainnya yang relevan dengan niche. Bergabunglah di komunitas terkait untuk membangun hubungan tak hanya dengan blogger tapi juga audiens.
  4. Aktiflah di jaringan sosial.
    Agar blog mendapat lebih banyak kunjungan, langkah awal yang harus Anda lakukan adalah mengikuti blog lain di dalam cakupan niche. Tulis komentar di postingan dan ciptakan koneksi.
  5. Buat guest blog.
    Tawarkan jasa menulis postingan di website atau blog lain. Pastikan blog yang dipilih punya reputasi yang baik dan menggunakan niche yang sama.
  6. Susun mailing list.
    Kirim email ke pembaca yang berisikan artikel terbaru atau penawaran mendatang. Semakin banyak orang yang menanti kehadiran postingan blog, semakin baik pula tanggapan yang diberikan.
  7. Tambahkan iklan atau trafik berbayar.
    Iklan dipandang sebagai salah satu strategi pemasaran terbaik. Anda bisa mempromosikan blog dengan memasang iklan di Facebook atau Google AdWords. Gunakan opsi ini hanya bila Anda benar-benar sudah punya budget yang memang dialokasikan untuk iklan.

7. Mulai hasilkan uang melalui blog

Selain menjadi wadah untuk menyalurkan opini dan membagikan informasi, blog juga bisa jadi sumber pendapatan utama atau sampingan. Ya, Anda bisa mencoba cara mendapatkan uang dari internet melalui blog. Kira-kira, bagaimana, ya, cara bikin blog yang menghasilkan uang?

  1. Pasang iklan di blog.
    Pilihlah iklan yang spesifik dan relevan dengan target audiens atau sesuai dengan topik yang ditulis. Anda bisa memulai strategi ini menggunakan Google Adsense.
  2. Ikuti program afiliasi.
    Melalui program ini, Anda akan bekerja sama dengan pelaku usaha untuk mempromosikan produk dan layanan mereka. Nantinya Anda akan memperoleh komisi. Untuk bergabung di program ini, blog Anda sudah harus punya trafik yang tinggi dan kredibel. Sebagai affiliate, Anda akan diberikan link afiliasi untuk dipasang atau disertakan di blog.
  3. Jual produk dan layanan.
    Anda bisa berjualan produk dan layanan sendiri di blog. Install plugin eCommerce, misalnya WooCommerce, dan berikan kemudahan bagi audiens untuk mencari produk yang diinginkan, menambahkannya ke keranjang belanja (cart), dan melakukan pembayaran.
  4. Buat postingan bersponsor.
    Kalau blog sudah ramai, peluang untuk pihak lain memasang iklan di blog Anda semakin terbuka lebar. Tujuan ditempatkannya iklan di blog yang trafiknya tinggi adalah untuk meningkatkan exposure. Pembayaran akan didasarkan pada seberapa banyak postingan tersebut diklik, jumlah kunjungan, atau transaksi.
  5. Ubah blog jadi portofolio online.
    Punya kemampuan menulis yang baik? Ubah blog Anda menjadi situs yang menyediakan jasa penulisan. Anda juga bisa mengadakan workshop online tentang kepenulisan atau menawarkan diri sebagai penulis lepas.

Apabila ingin membaca selengkapnya, silakan baca artikel kami tentang cara mendapatkan uang dari blog.

Apa Platform Terbaik untuk Buat Blog?

Ada sejumlah faktor yang perlu diperhatikan pada saat memilih platform. Tanyalah pada diri sendiri, sejauh mana kemampuan teknis yang dimiliki? Apakah Anda punya waktu cukup jika ingin memulai cara membuat blog sendiri dan mengelolanya?

Pastikan juga platform blog yang dilirik benar-benar memiliki fitur yang sesuai dengan konsep dan tujuan Anda. Setidaknya Anda bebas membuat konten, menambahkan media, dan melakukan kreasi lainnya sehingga postingan terlihat menarik. Terakhir, hitung budget Anda, khususnya jika Anda tidak selamanya ingin menggunakan blog gratis dan berencana untuk mengembangkannya.

1. WordPress.org

Jika Anda sudah familiar dengan hal-hal berbau teknis dan menyisihkan sekian budget untuk membuat blog, pilihlah sistem manajemen konten seperti WordPress.org. CMS ini sudah banyak digunakan baik untuk blog maupun website. Penggunaannya gratis. Hanya saja, untuk menjalankannya, Anda memerlukan custom domain dan web hosting.

Tingkat kesulitan untuk mempelajari penggunaannya cukup tinggi. Anda butuh waktu, bahkan harus bertanya-tanya atau mencari sumber yang sekiranya dapat mempermudah pengoperasian WordPress tipe ini. Untungnya, di internet, sudah banyak bertebaran tutorial, tips dan trik, dan juga artikel yang membahas WordPress. Anda bisa mengandalkan sumber online untuk memahami CMS terpopuler ini.

WordPress dilengkapi dengan live editor. Anda dapat mengubah dan memodifikasi tampilan blog menggunakan berbagai tema gratis dan berbayar. Untuk postingan dan halaman blog, block editor yang dimiliki WordPress versi Gutenberg menawarkan banyak opsi dan fitur yang layak dicoba.

WordPress juga menyediakan plugin untuk menambahkan fitur dan tool, misalnya tool SEO, sistem keamanan, dan manajemen blog. Setelah menyempurnakan blog, Anda bisa, lho, mencari penghasilan di internet. Terlebih lagi Anda punya kendali penuh atas blog Anda, bukan?

2. WordPress.com

Platform ini berbeda dengan WordPress.org. Menurut Wikipedia Indonesia, WordPress.com adalah situs layanan blog gratis yang menggunakan mesin WordPress, yang menyediakan semuanya untuk Anda. Tidak perlu lagi mencari provider web hosting, berlangganan salah satu paket, dan membuat domain. Anda bisa langsung menggunakan paket gratisnya yang sudah dilengkapi dengan resource yang cukup, termasuk satu subdomain.

Cara membuat blog gratis dengan platform ini jauh lebih mudah. WordPress.com memiliki pustaka atau library yang berisikan tema responsif yang dapat diatur dan disesuaikan. Dengan adanya block editor yang live dan intuitif, Anda bisa bikin blog dalam kurun waktu kurang dari sehari dan tanpa penerapan coding atau kemampuan teknis lainnya.

Manajemen blog juga bisa dilakukan melalui aplikasi WordPress yang tersedia di perangkat iOS dan Android.

Jika ingin memperoleh ruang penyimpanan yang lebih banyak, mengaktifkan domain sendiri, memaksimalkan blog sebagai sumber penghasilan, dan mendapatkan bantuan via email dan chat, paket gratis harus diupgrade ke paket berbayar. Paket personal memiliki sistem pembayaran pertahun meskipun biaya berlangganannya dihitung 4 USD/bulan. Kalau ingin menginstall plugin, paket yang dipilih adalah Business dengan biaya berlangganan sebesar 25 USD/bulan.

3. Medium

Medium ditujukan bagi Anda yang hanya ingin menulis dan tidak begitu memedulikan aspek pembuatan dan desain blog. Anda dapat menulis berbagai topik yang akan dibaca oleh hampir 100 juta pembaca terdaftar.

Tidak ada biaya yang dibebankan kepada penulis, dan penggunaannya juga cukup mudah. Anda bisa langsung menulis dan mempublikasikan konten. Desainnya yang rapi dan minimalis akan memusatkan perhatian pengunjung untuk membaca konten Anda. Peluang untuk berada di halaman pertama mesin pencari juga cukup tinggi karena Medium memiliki domain authority sebesar 96.

Selain bisa dibaca oleh jutaan subscriber, konten yang Anda tulis juga bisa diuangkan melalui Medium Partner Program. Nantinya artikel direkomendasikan ke pembaca yang sudah berlangganan. Namun perlu diingat, artikel tersebut harus melewati quality check yang dilakukan oleh tim editorial Medium terlebih dulu. Pembayaran untuk artikel Anda didasarkan pada jumlah pembaca dan akan dikirim perbulan.

4. Tumblr

Tumblr adalah platform pengelolaan blog yang sangat populer di kalangan anak-anak muda. Kontennya interaktif dan sistemnya hampir serupa dengan media sosial. Orang-orang bisa saling follow blog masing-masing. Niche atau topik yang diulas pun beragam sehingga komunitas di dalamnya lebih variatif.

Buat blog gratis adalah salah satu keunggulan Tumblr. Anda tinggal bikin akun dan menggunakan subdomain yang telah disediakan, kecuali sebelumnya Anda sudah punya domain sendiri. Bagi yang pertama kali menggunakan Tumblr, mungkin akan sedikit bingung saat mengoperasikan bagian dashboard karena area ini juga berfungsi sebagai feed.

Ada tujuh tipe postingan di Tumblr, yaitu teks, kutipan (quote), tautan (link), obrolan (chat), foto, video, dan audio. Pembaca boleh meninggalkan komentar, memberi tanda suka, reblog, dan bahkan membagikan postingan. Satu lagi keistimewaan Tumblr,  yaitu pengguna bisa menambahkan hashtag ke kontennya.

Tumblr memiliki library yang di dalamnya memuat berbagai koleksi tema yang dapat dipilih dan dikelola. Hanya saja, ada batasan seberapa banyak perubahan yang bisa dilakukan oleh pengguna.

5. Blogger

Blogger sering dituju oleh orang-orang yang ingin mengetahui cara membuat blog pribadi. Hal ini tak lepas dari kesederhanaan sistem yang diberikan dan juga tidak adanya keharusan untuk berlangganan hosting. Anda hanya diwajibkan untuk memiliki akun Gmail agar bisa menjalankan platform gratis ini. Satu subdomain juga akan diberikan pada saat pendaftaran dan pembuatan akun.

Dashboard Blogger dirancang semudah mungkin agar pengguna baru bisa langsung memulai cara membuat blog sendiri. Mulai dari menginstall template, menambahkan widget, mengunggah file media, hingga mempublikasikan postingan. Bagusnya lagi, Blogger sudah terintegrasi Google AdSense sehingga Anda bisa segera memperoleh penghasilan melalui blog. Untuk membagikan konten, gunakan layanan Google+ dan tombol sharing bawaan. Jika ingin mengetahui performa blog, ada fitur statistics report (laporan statistik) yang menunjukkan datanya.

Tips Blogging untuk Pemula agar Sukses Bikin Blog

Tips Agar Sukses Blogging

Jika ingin sukses, Anda harus buat perencanaan yang matang. Selain memberi hasil yang lebih efisien, memiliki tujuan dan pandangan yang jelas akan mempermudah Anda dalam menyelesaikan setiap pekerjaan.

Demikian halnya dengan blog yang dimiliki saat ini. Anda tidak bisa berhenti di pencarian cara membuat blog yang bagus saja. Namun, Anda juga harus memahami cara kerjanya. Setiap postingan menghasilkan trafik organik (organic traffic) dan mendatangkan pembaca baru ke blog. Karena itulah, Anda harus punya tujuan ingin menghadirkan konten seperti apa yang layak dibaca pengunjung blog.

Berikut beberapa panduan dan tips blogging terbaik:

1. Pelajari hal-hal dasar tentang SEO

Optimasi mesin pencari menjadi salah satu kemampuan yang harus Anda miliki jika ingin blog muncul di halaman terdepan Google. Dengan memahami SEO, Anda bisa bersaing secara sehat dengan blogger lainnya. Anda juga tahu cara menulis atau membuat konten yang SEO-friendly dengan tetap berpatokan pada niche.

Berikut tiga tutorial yang bisa dijadikan sumber untuk mempelajari SEO:

2. Lakukan riset mengenai kompetitor

Sebagai blogger baru, Anda harus tahu siapa yang jadi saingan Anda di lingkup niche yang sama. Selain lebih aware, meriset kompetitor juga memberi ide dan gagasan dalam membuat konten baru.

Untuk melakukannya, buat daftar 5-10 blog yang peringkatnya bagus. Lalu, gunakan tool khusus, misalnya SimilarWeb, untuk membuat laporan performa.

Similar Web

Meskipun versi gratisnya memberikan data statistik yang terbatas, Anda masih bisa melihat data dari kata kunci organik dan berbayar. Dari laporan ini, Anda dapat menentukan konten seperti apa yang sebaiknya dipublikasikan di blog.

3. Rencanakan pembuatan konten

Buat spreadsheet dan tambahkan ide-ide potensial ke dalamnya. Mulailah dari topik umum, lalu persempit dengan menguraikan topik-topik yang lebih spesifik. Apabila ada topik spesifik yang benar-benar dikuasai, Anda bisa menggunakannya sebagai konten utama.

Setelah mempublikasikannya, jangan langsung berharap kalau postingan tersebut akan membawa banyak pembaca baru. Jadi, Anda harus bersabar sambil tetap memposting konten-konten yang berkualitas. Aktifkan fitur jadwal untuk mempublikasikan artikel secara otomatis dan monitor progress blog Anda.

4. Cek waktu loading blog

Tak hanya menentukan peringkat blog di mesin pencari, waktu loading juga memengaruhi perilaku pengunjung. Apabila halaman blog membutuhkan waktu yang lebih lama untuk loading, pembaca tidak sungkan untuk mengklik tombol keluar atau exit.

Untuk mengecek kecepatan loading laman blog atau konten, gunakan tool, seperti Pingdom atau GTmetrix.

Sementara itu, untuk mengoptimasi halaman demi mempercepat loading, cek ukuran gambar, install plugin caching, atau berlangganan web hosting yang menawarkan kecepatan server.

5. Lakukan maintenance blog

Misalkan saja ada dua jenis blog. Blog A memuat konten yang bagus tapi terjadi error di sejumlah area dan plugin yang diinstall tidak berfungsi sama sekali. Sementara itu, blog B memiliki performa yang baik dari segala sisi. Kira-kira, mana yang akan dipilih pembaca? Sudah tentu blog B, bukan?

Pelihara blog dengan memperbarui software, plugin, dan tema CMS. Buat jadwal untuk membackup situs dan mengecek link-link rusak yang ada di postingan terdahulu. Optimasi database dan lengkapi artikel dengan data serta informasi terbaru yang valid.

6. Audit konten secara rutin

Cara buat blog pribadi maupun profesional Anda agar makin keren adalah dengan mengaudit konten. Cek postingan blog secara berkala dan perbarui setiap informasi yang. Berikan artikel yang aktual kepada pembaca.

Jika ada dua post membahas topik yang sama, gabungkanlah kedua topik tersebut. Di sisi lain, apabila ada postingan yang menurut Anda sudah tak relevan lagi, Anda bebas menghapusnya. Buat halaman error 301 untuk mengarahkan pembaca dari postingan yang dihapus ke postingan terbaru. Terakhir, hapus semua link rusak.

7. Buat akun media sosial

Membangun persona online bukan perkara yang mudah. Untungnya, di zaman yang serba online ini, sudah ada media sosial. Platform ini memudahkan siapa saja yang ingin menyempurnakan persona online mereka di internet.

Facebook Hostinger Indonesia

Memiliki akun media sosial berarti membuka peluang yang lebih lebar bagi user engagement. Anda bisa membagikan artikel baru, rencana artikel yang akan datang, dan artikel yang telah diperbarui dengan informasi terkini.

Facebook dan Twitter adalah contoh media sosial dengan pengikut yang sangat banyak. Selain membangun pertemanan dengan pembaca blog, Anda juga bisa meminta feedback dari mereka. Dengan begini, Anda pun akan tahu apa yang sebenarnya mereka alami dan rasakan.

Media sosial juga jadi strategi pemasaran yang ampuh karena bisa menarik pembaca atau pengunjung baru. Jika konten Anda bermanfaat, mereka tak akan sungkan membagikannya melalui kanal media sosial. Lambat laun, blog akan berkembang dan peluang untuk menghasilkan uang juga makin terbuka lebar.

8. Tulis guest post

Dinamakan guest post atau guest blogging karena Anda menulis artikel di website lain dan menyertakan satu atau dua link yang mengarah ke blog Anda. Dengan membuat guest post, Anda berkesempatan untuk memperkenalkan blog ke audiens yang lebih luas. Selain itu, guest post juga merupakan strategi untuk mendapatkan link eksternal atau link dari website lain.

Lalu, bagaimana caranya agar Anda bisa menulis guest post di website atau blog lain?

  1. Lakukan riset. Cari blog dan blogger yang punya reputasi bagus di niche dan juga industri yang Anda geluti saat ini. Lihat bagaimana mereka menulis kontennya. Pertimbangkan style, voice, atau tone untuk mencapai keseragaman. Setelah itu, baca ketentuan yang ditetapkan untuk guest post.
  2. Jalin koneksi. Tulis komentar, sebarkan konten, berlangganan newsletter, dan ikuti akun media sosial mereka. Beranikan diri Anda untuk bergabung ke dalam komunitas dan sampaikan kalau Anda memiliki value atau pandangan yang sama.
  3. Meminta persetujuan untuk menulis guest post. Kirim draft artikel dan tunggu tanggapan mereka.
  4. Buat konten berkualitas. Jika mereka setuju, buatlah konten yang informatif. Sertakan dua link internet, satu ke blog Anda dan satunya lagi ke sumber online yang lain. Tambahkan kalimat singkat yang mengajak pembaca untuk menuliskan saran dan kritik di kolom komentar.
  5. Follow up. Sering-seringlah mengecek artikel setelah dipublikasikan. Jawab pertanyaan di kolom komentar atau mungkin buat guest post baru. Teruslah berkomunikasi dengan pemilik blog.

9. Gunakan Google Analytics

Salah satu cara membuat blog agar lebih sukses dan mampu bersaing dengan kompetitor adalah mengecek jumlah trafik yang datang.

Trafik seolah memberitahu apa yang dicari dan diinginkan audiens. Hasil ini bisa Anda gunakan untuk membuat konten.

Tool terbaik untuk mengecek jumlah pengunjung, perilaku mereka, dan metriks sosial lainnya adalah Google Analytics.

Google Analytics

Tidak ada biaya yang harus dibayarkan untuk menjalankan software ini. Setiap blogger dan pemilik website bisa mendata segala sesuatu yang berkaitan dengan audiens.

Jika yang Anda cari adalah cara membuat blog dengan WordPress, panduan untuk menambahkan Google Analytics ke platform CMS ini layak untuk dibaca.

10. Tambahkan konten baru ke Google

Setiap harinya ada ribuan website baru yang dibuat dan jutaan artikel blog yang dipublikasikan. Tak heran bila Google dan mesin pencari lainnya membutuhkan waktu untuk meng-index konten baru. Untungnya, ada ‘jalan pintas’ agar konten Anda bisa di-index.

Menambahkan halaman konten atau blog ke Google Search Console akan mempermudah Anda dalam:

  • Memonitor performa blog.
  • Menerima peringatan kalau-kalau ada yang error di blog Anda.
  • Menggunakan berbagai tool testing.
  • Mendapatkan lebih banyak insight dan materi pembelajaran.

Strategi ini juga akan ‘memaksa’ Google untuk crawl blog atau konten Anda.

Fetch konten ke Google Console

11. Manfaatkan backlink

Selain memasukkan kata kunci, memperkuat profil blog dengan membangun backlink juga penting. Bahkan backlink menjadi salah satu faktor yang memengaruhi Google dalam memberi peringkat pada suatu website atau blog.

Mempublikasikan banyak konten dalam sekali waktu atau memperbarui postingan dengan informasi berkualitas tidaklah cukup. Kalau ingin blog muncul di halaman pencarian Google, setidaknya Anda harus memperoleh link dari website lain (backlink).

Untuk memahami strategi ini, bacalah dua panduan berikut:

12. Jangan cepat menyerah dan tetap konsisten

Cara buat blog pribadi maupun profesional sampai akhirnya dikunjungi banyak pembaca membutuhkan waktu yang tak sedikit. Tak heran jika bagi sebagian orang, blog merupakan investasi jangka panjang

Blog tidak serta-merta muncul di SERP Google, apalagi yang usianya masih baru. Menurut beberapa SEO specialist, ada jangka waktu di mana konten Anda ‘terkubur’ dan akhirnya ‘disadari’ oleh Google (disebut juga Google Sandbox).

Jadi, jangan langsung berprasangka yang tidak-tidak bila blog belum juga muncul ke permukaan. Tunggu beberapa saat, dan lihat performa blog di Google.

Tool untuk Optimasi Blog

Entah itu cara bikin blog pribadi atau profesional, Anda membutuhkan tool-tool penting dalam mengelola setiap postingan. Apalagi kalau Anda berencana menambahkan gambar, atau menyunting konten, atau mempublikasikan postingan terjadwal.

1. Optimasi Gambar

Selain membuat blog jadi lebih menarik, pemakaian gambar juga meningkatkan faktor SEO-friendly.

Berikut rekomendasi kami:

  • Unsplash (Gratis). Situs ini menyediakan jutaan gambar beresolusi tinggi. Anda bisa mengunduhnya secara gratis dan menggunakannya untuk blog pribadi atau komersial.
  • Pixabay (Gratis). Anda bisa memilih berbagai gambar untuk blog.
  • Life of Pix (Gratis). Situs ini juga menyediakan berbagai koleksi gambar menarik untuk blog Anda.
  • Death to Stock (Berbayar). Jika Anda menginginkan gambar yang unik dan tidak pasaran, beralihlah ke gambar premium yang disediakan website ini.

2. Desain dan Tampilan Blog

Tampilan dan desain blog yang atraktif akan memukau pengunjung blog. Apabila Anda tidak memiliki kemampuan desain atau Anda ragu bisa menghasilkan tampilan yang elegan, gunakan tool desain terbaik di bawah ini.

Berikut tool desain blog rekomendasi kami:

  • Canva.
    Versi gratisnya menyertakan 1 GB penyimpanan, ribuan template, foto, dan grafis. Anda juga bisa mengekspor desain dalam format PDF, PNG, dan JPG. Pun Canva memungkinkan kolaborasi antaranggota tim.
  • Visme.
    Gunakan tool ini untuk menambahkan infografis, banner blog, grafis media sosial, bagan, video, dan masih banyak lagi. Dengan paket gratis, Anda bisa membuat hingga 5 desain dengan kapasitas 100 MB. Paket premium tersedia seharga 14 USD hingga 25 USD/bulan yang dibayarkan setiap tahunnya.
  • The Noun Project.
    Salah satu cara membuat blog agar lebih menarik adalah dengan menambahkan ikon. Dengan platform ini, Anda bisa membuat ikon. Ikon yang disediakan dalam versi gratis memiliki tulisan Creative Commons. Ikon versi premium tanpa tulisan Creative Commons tersedia seharga 2,99 USD.
  • Pixlr.
    Tool ini bisa Anda guakan untuk menghapus background dan elemen lainnya yang tidak Anda inginkan. Paket Premium tersedia seharga 3,99 USD/bulan. Dengan paket ini, Anda akan memperoleh beragam fitur canggih dan tanpa iklan.
  • PicMonkey.
    Selain sebagai editor foto premium, PicMonkey juga berfungsi sebagai tool desain. Dengan tool ini, Anda bisa memperbaiki kualitas gambar, menambahkan teks, dan menerapkan filter atau efek. Platform ini tersedia dalam versi mobile di iOS dan Android. Tool ini bisa dicoba gratis selama tujuh hari. Setelah itu, Anda harus membayar 72 USD/tahun untuk mengakses penyimpanan cloud berkapasitas 1 GB, pustaka top-tier font, efek premium, tool, dan template.

3. Komunitas Online untuk Belajar Blog

Sangat penting bagi seorang blogger untuk membangun komunikasi dengan pembaca dan followernya. Ciptakan komunitas online di blog dan buka diskusi dengan para pengunjung.

  1. Grup Facebook
    Jumlah pengguna Facebook diprediksi akan meningkat hingga 1.69 miliar. Dengan diaktifkannya Facebook Group, besar kemungkinan postingan Anda akan muncul di feed pengguna lain.
  2. LinkedIn
    Cara membuat blog agar memiliki banyak pengunjung adalah dengan memperkenalkannya melalui komunitas atau grup di LinkedIn. Meskipun tidak sebesar Facebook, LinkedIn memiliki 690 juta pengguna.
  3. Reddit
    Jumlah kunjungan bulanan di Reddit mencapai satu miliar lebih. Dengan angka yang cukup fantastis ini, postingan blog Anda bisa mendatangkan trafik yang tinggi.

3. Tool Promosi Blog

Salah satu cara membuat blog agar lebih dikenal orang adalah dengan mempromosikannya melalui platform media sosial. Jika Anda punya banyak akun media sosial, tool berikut ini akan membantu Anda untuk mempermudah publikasi blog post.

  • Hootsuite
    Anda bisa mengatur jadwal dan mempublikasikan postingan di media sosial sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan. Versi gratis Hootsuite memungkinkan Anda mengelola 3 (tiga) akun media sosial, mengatur jadwal hingga 30 postingan, dan mengintegrasikannya dengan aplikasi dasar. Versi premium tersedia seharga 19 USD/bulan. Dengan versi premium, jumlah postingan yang boleh dipublikasikan tidak terbatas, dan Anda bisa menampilkan metriks performa sebagai insight di blog.
  • Buffer
    Alternatif untuk cara buat blog pribadi maupun profesional Anda menjadi lebih hidup adalah dengan Buffer. Atur jadwal di masing-masing akun media sosial, dan cek linimasa melalui kalender. Paket dasarnya tersedia seharga 12 USD/bulan dan dibayarkan per tahun. Nantinya Anda bisa mengelola delapan akun media sosial dan mengatur jadwal publikasi hingga 100 postingan.

Pertanyaan Umum Seputar Blog

Mengapa Harus Buat Blog?

Di bawah ini kami telah merangkum jawaban dari beberapa pertanyaan umum seputar blog.

Apa keuntungan menjadi blogger?

Ada sejumlah alasan mengapa sampai sekarang masih banyak orang yang mengetikkan kata kunci cara membuat blog di mesin pencari. Salah satunya adalah blog dikenal sebagai platform untuk mengasah kemampuan menulis dan kreativitas lainnya.

Meskipun blog erat kaitannya dengan aktivitas tulis-menulis, beberapa alasan di bawah ini bisa jadi landasan mengapa Anda harus memiliki blog dari sekarang.

Berikut keuntungan menjadi blogger:

  • Untuk pengembangan diri. Pada umumnya, blogger menggunakan blog sebagai wadah untuk mengutarakan pendapat dan memperdalam pengetahuannya di suatu bidang. Bahkan bila dikelola dengan baik, blog bisa jadi senjata untuk menampilkan portofolio ketika Anda ingin mencari pekerjaan penuh (full-time) atau pekerjaan lepas (freelance).
  • Meningkatkan brand awareness. Tak hanya mengejar profit dan keuntungan, pelaku bisnis juga harus mampu meningkatkan brand awarenes. Dengan memiliki blog, Anda bisa membagikan informasi ke audiens, bahkan mengantarkan bisnis ke jenjang lebih tinggi serta jangkauan yang lebih luas.
  • Mengakuisisi user. Banyak channel premium yang meminta Anda untuk membayar biaya berlangganan (misalnya, GoogleAds) demi menarik perhatian dan mengakuisisi pengguna baru. Jika membuat blog, Anda tidak perlu terus-menerus mengeluarkan uang. Meskipun membutuhkan waktu untuk mendatangkan trafik yang banyak, blog dapat menjadi platform yang akan menciptakan penjualan baru dan menaikkan konversi.
  • Lebih mudah dilacak di mesin pencari. Untuk memperoleh lebih banyak pencarian organik (organic search), memiliki blog adalah salah salah satu solusinya. Kuncinya adalah mempertahankan trafik agar selalu stabil.
  • Peluang untuk menjadi influencer. Anggap saja Anda sudah menguasai satu bidang dengan baik. Dengan memiliki blog, Anda bisa menyalurkan kemampuan ini dan membagikannya ke pembaca. Mengelola blog akan membangun persona online, menjalin relasi baru, dan bahkan memperkenalkan ide dan gagasan yang dimiliki.

Apakah kita harus paham coding untuk cara buat blog?

Jawabannya adalah Tidak.

Cara membuat blog tidak harus melibatkan coding dan bahasa pemrograman lainnya. Website builder, seperti Zyro, akan memudahkan Anda dalam membuat website yang diinginkan. Tool ini dilengkapi dengan dashboard yang user-friendly, editor WYSIWYG (what you see is what you get), dan fungsi drag-and-drop. Dengan adanya koleksi template yang dapat dikustomisasi, Anda tidak perlu membuat blog dari nol

Opsi lain bagi pemula adalah mencoba cara buat blog di WordPress. Sistem manajemen konten ini memiliki interface dan fitur yang sedikit lebih rumit dibandingkan platform gratis seperti blogspot. Meskipun demikian, dengan banyaknya website yang mengulas tentang WordPress serta tutorial, forum, dan juga artikel, Anda bisa mempelajari platform ini dengan mudah.

Bagi yang ingin menerapkan cara membuat blog pribadi gratis, bisa pilih Medium. Di platform ini, Anda tidak perlu berlangganan web hosting dan mengaktifkan domain. Pembuatan dan publikasi konten adalah fokus utama Medium.

Apakah nama blog bisa diganti?

Jawabannya adalah Ya, bisa.

Anda bebas mengganti nama blog yang lama dengan nama blog yang baru. Namun, penggantian ini akan mendatangkan sejumlah konsekuensi. Jadi, pada saat membuat nama blog, kami sarankan untuk melakukan pertimbangan secara matang.

Anda diperbolehkan mengganti nama blog bila berada dalam situasi seperti ini:

  • Nama blog saat ini tidak original atau membingungkan pembaca.
  • Nama dan URL blog tidak cocok.
  • Niche blog diganti.

Konsekuensi jika Anda mengganti nama blog:

  • Membingungkan pembaca yang kerap kali mengunjungi blog Anda, persona online yang dibangun pun akan terasa sia-sia.
  • Link eksternal dari situs lain yang mengarah ke blog Anda akan terpengaruh.
  • Anda harus membuat halaman 301 redirect.

Bagaimana cara membuat email profesional dari nama blog?

Kalau ingin menghasilkan uang melalui blog, Anda harus punya email profesional yang mencantumkan nama blog Anda. Untuk membuatnya, Anda sudah harus berlangganan web hosting dan memiliki domain sendiri.

Nantinya Anda akan menggunakan nama domain blog di email dan bukannya nama platform email. Contoh, namaanda@namabloganda.com dan bukannya namaanda@gmail.com. Dengan begini, email Anda tidak akan berakhir di kotak spam pembaca.

Hostinger menawarkan layanna Email Hosting yang terdiri atas beragam paket menarik. Harganya terjangkau, mulai dari Rp.14.129/bulan. Layanan ini terpisah dari paket hosting umum karena memang ditujukan untuk pengguna yang blognya telah dionlinekan di provider lain.

Bagi yang berlangganan hosting di Hostinger, silakan cek tutorial membuat email bisnis atau ikuti tiga langkah di bawah ini untuk membuat email:

    1. Masuk hPanel, scroll ke bagian Email dan pilih Akun Email (Email Account).
    2. Di halaman Create a New Email Account (Buat Akun Email Baru), masukkan nama dan password.
    3. Klik Create (Buat).

Berapa trafik yang dibutuhkan untuk mendapatkan sponsor?

Sayangnya tidak ada jawaban yang spesifik. Jika blog sudah mendapat kunjungan sekurang-kurangnya 1000 pembaca, Anda bisa mengajukan kerja sama. Blog harus terus diperbarui dan dipelihara, tunjukkan ke pihak sponsor bahwa Anda serius dalam hal ini.

Berikut beberapa tips untuk mendapatkan sponsor blog:

  • Buat media kit. Sertakan perkenalan singkat tentang diri Anda, blog Anda dan misinya. Tambahkan informasi kontak, akun media sosial, jumlah kunjungan unik, pageview, page-rank, dan reader analytics.
  • Cari sponsor secara proaktif. Kalau trafik blog masih sedikit, jangan sungkan untuk mencari sponsor. Tunjukkan niat Anda yang ingin beriklan melalui blog post.
  • Buat daftar partnership atau kerja sama. Lakukan riset dan cari pihak sponsor yang berpotensi bekerja sama dengan Anda.
  • Gabung di jaringan postingan bersponspor. Acorn dan TapInfluence adalah dua contoh jaringan yang bisa Anda ikuti. Lengkapi data profil dan Anda akan dipasangkan dengan perusahaan yang tertarik untuk bekerja sama.

Kenapa blog saya belum juga mendapatkan banyak trafik?

Ada banyak faktor yang menyebabkan suatu blog gagal, di antaranya:

  • Kurangnya passion. Anda merasa buntu dan tidak memiliki alasan lagi untuk menjalankan blog.
  • Salah memilih niche. Topik yang bisa Anda tulis hanya sedikit dan manajemen blog akan semakin sulit.
  • Hanya berfokus pada tulis-menulis. Seperti yang sudah kami jelaskan tadi, elemen visual juga penting untuk jurnal online Anda.
  • Tidak menerapkan praktik SEO. Dan Anda juga seolah tidak ‘peduli’ apakah konten mampu mengarahkan lebih banyak trafik atau tidak.
  • Konten yang kurang berkualitas. Informasi yang disampaikan sama sekali tidak berguna dan tidak bernilai. Jadi, untuk apa pembaca kembali ke blog Anda?
  • Promosi konten dengan cara yang salah. Bisa jadi target audiens yang tidak tepat atau konten tidak dibuat untuk pembaca blog saat ini.
  • Blog tidak mobile-friendly. Sebanyak 51.98% trafik internet berasal dari pengguna perangkat mobile.

Di penghujung tahun 2020, jumlah blogger di Amerika Serikat mencapai hingga 31,7 juta orang. Terlebih lagi, di tengah pandemi global ini, hampir semua orang menghabiskan waktu di rumah.

Nah, dalam situasi seperti ini, ada banyak sekali kemungkinan bermunculannya blog baru, beserta pembacanya. Jadi, kalau tidak ada faktor pembeda yang menjadikannya unik, blog Anda akan gagal. Ingatlah untuk menerapkan langkah-langkah cara bikin blog yang kami jelaskan di sini agar weblog Anda berhasil.

Kesimpulan

Kini Anda sudah tahu cara membuat blog dan apa saja yang dibutuhkan agar weblog Anda berhasil menarik pembaca dan jumlah trafiknya bertambah.

Jika masih ada pertanyaan seputar cara buat blog pribadi maupun profesional atau sekadar ingin membagikan kritik dan saran, silakan tinggalkan komentar pada kolom di bawah ini. Terima kasih sudah membaca!

Author
Penulis

Ariata C.

Ariata suka sekali menulis dan menerjemahkan, dan sekarang ini bekerja sebagai translator di Hostinger Indonesia. Lewat artikel dan tutorial yang diterbitkan di blog Hostinger, Ariata ingin membagikan pengetahuan tentang website, WordPress, dan hal terkait hosting lainnya kepada para pembaca.