Apa Itu Hosting Web? Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya

Apa Itu Hosting Web? Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya

Web hosting adalah layanan online yang berfungsi untuk menyimpan dan menyajikan semua file website sehingga kontennya bisa diakses oleh siapa pun di internet. Saat membeli hosting, pada dasarnya Anda menyewa ruang di server fisik yang menyimpan semua data website.

Hosting bisa diibaratkan seperti lahan yang Anda sewa untuk membangun rumah atau bisnis (website), menyimpan semua data yang diperlukan agar website bisa beroperasi.

Fungsi hosting adalah mengelola dan menjalankan server, menerapkan langkah-langkah keamanan untuk melindungi website, dan memastikan bahwa data seperti teks, foto, dan file website lainnya bisa disajikan di web browser pengunjung.

Mau tahu lebih lanjut tentang apa itu hosting beserta cara kerja dan jenis-jenisnya? Tenang, semua yang perlu Anda ketahui tentang web hosting akan kami jelaskan di sini. Langsung saja lanjutkan ke bawah ini yuk!

Pengertian Web Hosting dan Cara Kerjanya

Web hosting adalah layanan yang memungkinkan Anda mengonlinekan website atau aplikasi web di internet.

Seperti yang tadi dijelaskan, saat membeli layanan web hosting, Anda sebenarnya sedang menyewa beberapa ruang di server yang menyimpan semua file dan data yang diperlukan agar website Anda bisa online.

Web server yang menghosting website Anda adalah komputer fisik yang terus berjalan sepanjang waktu, memastikan website Anda tersedia setiap saat bagi pengunjung. Nah, dengan membeli server untuk web hosting, Anda menyimpan semua data website di server penyedia layanan hosting.

Saat pengunjung mengakses nama domain Anda di web browser, server web host kemudian akan mengirimkan file yang diperlukan agar website bisa dimuat.

cara kerja web hosting

Memang sih, ada cara hosting website sendiri yang tidak mengharuskan Anda beli hosting. Namun, metode ini membutuhkan skill teknis tingkat lanjut karena semuanya perlu Anda urus sendiri, termasuk peralatan, infrastruktur, hardware, software, dan pemeliharaannya.

Nah! Di sinilah fungsi hosting, yaitu membantu Anda menghosting web tanpa perlu menguasai skill teknis tingkat lanjut, dengan menyediakan dukungan mulai dari penginstalan sampai hal-hal teknis. Website dipastikan terus online secara optimal dengan protokol keamanan yang baik.

Jenis-Jenis Web Hosting

Ada banyak sekali pilihan web hosting yang tersedia saat ini sehingga Anda mungkin kesulitan memilih hosting yang tepat untuk website Anda.

Sebagian besar web host menyediakan beberapa paket hosting yang berbeda untuk berbagai jenis pelanggan, mulai dari pemilik website bisnis hingga blog pribadi.

Kalau baru akan membuat website, sebaiknya cobalah hosting sederhana lebih dulu. Setelah website mendapatkan lebih banyak traffic, Anda bisa upgrade ke paket yang lebih canggih. Anda boleh cek harga hosting di Hostinger dulu untuk mencari tahu berbagai jenis hosting dan biayanya.

Mulai dari yang paling umum, jenis-jenis web hosting adalah:

Shared Hosting

spesifikasi shared hosting

Dengan shared hosting, resource atau sumber daya dari satu server hosting digunakan bersama-sama oleh beberapa klien, termasuk memori, daya komputasi, dan ruang disk.

Namun, shared hosting adalah jenis hosting paling murah dan paling mudah sehingga cocok untuk bisnis kecil dan website pribadi yang tidak memerlukan konfigurasi tingkat lanjut atau bandwidth yang tinggi. Shared hosting bisa menjadi opsi hosting murah terbaik kalau Anda baru akan membuat website.

Kelebihan:

  • Murah dan terjangkau untuk website sederhana
  • Mudah bagi pemula tanpa skill coding
  • Server langsung siap digunakan
  • Tidak perlu maintenance dan administrasi server sendiri

Kekurangan:

  • Kurangnya akses ke konfigurasi server
  • Traffic tinggi di website lain bisa memengaruhi website Anda

VPS Hosting

spesifikasi vps hosting

Dengan VPS hosting, website Anda sebenarnya masih menggunakan ruang server fisik yang sama dengan website lain. Namun, ada partisi virtual tersendiri untuk setiap user sehingga website yang dihosting di VPS akan mendapatkan resource khusus.

Oleh karena itu, Virtual Private Server atau VPS adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin membuat website skala medium, toko online, dan blog besar yang menargetkan pertumbuhan pesat terkait jumlah pengunjung.

Kelebihan:

  • Ruang server khusus
  • Traffic website lain tidak memengaruhi website Anda
  • Akses root ke server
  • Mudah disesuaikan dengan kebutuhan

Kekurangan:

  • Perlu skill teknis untuk mengelolanya
  • Meskipun harganya cukup murah, Anda mungkin perlu menyewa jasa developer untuk mengelola server virtualnya

Cloud Hosting

spesifikasi cloud hosting

Cloud hosting menggunakan beberapa server virtual untuk menghosting website. Jadi, kalau salah satu server mengalami gangguan, server lain akan menggantikannya sehingga performa website Anda tetap optimal.

Karena menggunakan beberapa web server, cloud hosting adalah pilihan tepat bagi bisnis yang punya banyak website dan website berskala besar seperti toko online. Layanan cloud hosting mampu mengakomodasi lonjakan traffic tinggi hampir tanpa down-time.

Kelebihan:

  • Down-time minimal dan hampir tidak ada masalah hardware
  • Menggunakan fitur load balancing untuk menangani traffic tinggi dan mencegah serangan DDoS
  • Mudah disesuaikan dengan kebutuhan karena resource lebih besar

Kekurangan:

  • Akses root tidak selalu tersedia
  • Lebih mahal daripada VPS vs shared hosting

WordPress Hosting

spesifikasi wordpress hosting

WordPress hosting adalah salah satu tipe CMS hosting yang servernya dioptimalkan untuk WordPress agar loadingnya lebih cepat dan minim masalah. Namun, Anda tetap bisa menggunakan jenis web hosting lainnya untuk website yang dibuat menggunakan CMS WordPress.

Biasanya, paket WordPress hosting sudah menyertakan fitur tambahan terkait WordPress, seperti tema WordPress siap pakai, plugin penting untuk cache dan keamanan website, serta tool lainnya.

Kelebihan:

  • Murah dan mudah bagi pemula
  • Performa optimal untuk website WordPress
  • Tim customer support khusus yang sangat paham WordPress
  • Plugin dan tema siap pakai

Kekurangan:

  • Kurang cocok untuk website yang tidak dibuat dengan WordPress

Dedicated Hosting

spesifikasi dedicated hosting

Dedicated hosting menyediakan server fisik yang benar-benar dikhususkan untuk setiap website. Jenis hosting ini memungkinkan Anda mengonfigurasi server sendiri, memilih OS dan software sesuai dengan kebutuhan, dan mengatur seluruh area hosting menurut spesifikasi Anda.

Menggunakan dedicated hosting sebenarnya sama seperti membangun server pribadi, tapi Anda akan mendapatkan keuntungan tambahan berupa dukungan profesional dari perusahaan web host. Jadi, dedicated web hosting sangat cocok bagi bisnis online besar dengan traffic super padat.

Kelebihan:

  • Kontrol penuh terhadap konfigurasi server
  • Performa benar-benar optimal
  • Akses root ke server

Kekurangan:

  • Mahal, lebih cocok untuk bisnis dan perusahaan besar
  • Harus menguasai skill teknis terkait manajemen server

Tips Memilih Hosting Terbaik untuk Website

Seiring berkembangnya website, Anda juga mungkin membutuhkan lebih banyak ruang penyimpanan, bandwidth, dan resource lainnya. Dalam hal ini, Anda bisa upgrade ke paket hosting yang lebih canggih seperti cloud hosting atau VPS.

Jadi, pastikan Anda memilih penyedia hosting terbaik yang menyediakan berbagai jenis layanan sehingga nantinya Anda bisa upgrade kapan saja dengan mudah. Selain itu, ada beberapa faktor yang perlu Anda perhatikan saat menentukan penyedia hosting yang sesuai untuk kebutuhan Anda.

Control Panel

Control panel hosting adalah area untuk mengelola akun hosting tanpa harus login ke web server. Sebaiknya pilihlah web host yang menyediakan control panel dengan UI yang mudah bagi pemula sekalipun.

Hostinger memiliki hPanel yang mudah digunakan serta memungkinkan Anda mengelola file, membuat full backup website, dan menginstal aplikasi website dengan cepat dan efisien.

Uptime yang Terjamin

Web server yang tidak dikelola dengan baik atau tidak stabil akan mengakibatkan downtime yang sering terjadi dan tidak terduga. Tentu saja ini bisa berdampak serius pada bisnis dan kepercayaan pelanggan Anda.

Pastikan penyedia hosting yang Anda pilih menjamin uptime yang optimal, misalnya dengan menyediakan jaminan uptime 99,9%. Hal ini mencerminkan komitmen perusahaan untuk menjaga sistemnya tetap berjalan agar website Anda terus online.

Spesifikasi Teknis

Ruang disk, daya pemrosesan, dan bandwidth yang mencukupi pada layanan hosting adalah fitur minimal yang wajib Anda dapatkan sebagai pelanggan. Oleh karena itu, coba cari fitur lain yang mampu mendukung website Anda agar terus online tanpa masalah.

Di Hostinger, server kami berjalan di CloudLinux dan kami menggunakan teknologi LiteSpeed untuk menjamin kecepatan loading website Anda.

Ulasan Online

Lihat-lihat review hosting website yang memberikan informasi mendetail tentang berbagai provider hosting. Biasanya ulasan online membahas hal-hal seperti uptime dan kecepatan sehingga Anda bisa tahu bagaimana performa provider yang akan dipilih.

Keamanan

Pastikan calon provider hosting pilihan Anda menerapkan langkah keamanan tingkat lanjut untuk membantu melindungi website Anda dari malware atau serangan DDoS.

Langkah-langkah ini mencakup manajemen akses, deteksi malware, backup otomatis, dan update.

Dukungan Pelanggan 24/7

Customer support atau dukungan teknis yang selalu tersedia 24 jam akan sangat membantu ketika website Anda mengalami gangguan, seperti loading yang lemot, crash, atau masalah keamanan tidak terduga.

Cek apakah web host Anda juga menyediakan resource pendukung seperti tutorial dan artikel panduan atau KB (knowledge base).

Layanan Tambahan

Paket hosting yang bagus pasti akan memberikan manfaat yang sepadan atau bahkan lebih dari nominal uang yang Anda keluarkan, terlebih lagi kalau ada add-on dan fitur gratis seperti SSL gratis, layanan email hosting, atau CDN.

Perbedaan Web Hosting dan Nama Domain

Setelah memahami apa itu hosting dan jenis-jenis hosting, Anda mungkin sudah tahu paket mana yang akan dipilih. Selain hosting, Anda juga perlu nama domain untuk mengonlinekan website. Apabila belum tahu perbedaan hosting dan domain, kami akan menjelaskannya.

Web hosting adalah ruang di server untuk menyimpan data dan file website Anda, sedangkan domain adalah alamat website yang memudahkan orang lain untuk menemukan dan mengunjunginya dari browser.

Domain biasanya terdiri dari nama website dan ekstensi (TLD) seperti .com, .org, atau .net. Ada cukup banyak TLD yang tersedia saat ini, dan salah satu yang terbaru adalah .xyz.

Anda bisa membeli domain dan hosting sekaligus dari provider yang sama atau mendapatkannya secara terpisah. Sejumlah perusahaan hosting, termasuk Hostinger, juga bisa mendaftarkan domain untuk Anda.

Kalau Anda sudah memiliki nama domain atau keyword incaran, coba cek ketersediaannya dengan mengetiknya pada kolom di bawah ini.

Cek Domain Murah

Ketik nama domain yang diinginkan dan segera cek ketersediaannya

Setelah menemukan domain yang diinginkan, langsung daftarkan sebelum diklaim orang lain. Apabila tidak membeli domain di perusahaan tempat Anda menghosting website, beli paket hosting dan arahkan domain ke web hosting Anda.

Atau Anda juga bisa membeli paket hosting yang sudah menyertakan domain gratis kalau mau yang lebih mudah dengan harga lebih murah.

Namun, kalau tidak puas dengan layanan yang diberikan, Anda bisa pindah hosting lama ke hosting baru kapan saja. Jangan lupa, pastikan perusahaan tersebut mendukung framework website Anda.

Kesimpulan

Memang ada banyak pertimbangan yang perlu Anda pikirkan ketika akan membuat website baru, termasuk memilih paket hosting dan provider yang paling bagus.

Namun, apa pun jenis website yang akan Anda onlinekan, web hosting adalah hal pertama yang harus dipikirkan. Layanan hosting memungkinkan website tersedia secara online dan bisa dikunjungi oleh siapa saja.

Kalau baru akan terjun ke dunia online, sebaiknya cari tahu dulu apa itu hosting beserta jenis-jenisnya agar Anda bisa menemukan solusi yang hemat biaya dan paling sesuai untuk website Anda. Pahami kelebihan dan kekurangannya serta fitur yang ditawarkan.

Di Hostinger, ada banyak pilihan paket untuk berbagai kebutuhan Anda. Kami juga memberikan jaminan uang kembali dalam 30 hari kalau Anda tidak puas dengan layanan kami, layanan migrasi website gratis, integrasi CMS, dan kode kupon promo untuk membantu Anda berhemat.

Masih memiliki pertanyaan lain atau opini? Yuk sampaikan melalui kolom komentar!

Pertanyaan Umum seputar Apa Itu Web Hosting

Kenapa Harus Beli Hosting?

Membeli hosting dari penyedia layanan web hosting merupakan langkah yang paling mudah dan hemat untuk mengonlinekan situs web. Beberapa perusahaan terbaik juga punya teknologi canggih untuk menjaga performa dan keamanan situs web Anda. Namun, kalau akan membuat blog menggunakan WordPress.com, Anda tidak perlu membeli hosting.

Bisakah Saya Hosting Website Gratis? Bagaimana Cara Kerja Hosting Gratis?

Ya, bisa, tapi tentu saja tidak sebagus hosting berbayar. Paket hosting berbayar lebih mudah disesuaikan serta menyediakan lebih banyak bandwidth, penyimpanan, dan daya pemrosesan. Plus, hosting gratis tidak memiliki fitur tambahan untuk meningkatkan kecepatan dan keamanan situs web.

Berapa Harga Hosting Website?

Jumlah total biaya hosting website bervariasi tergantung pada provider yang Anda pilih, jenis hosting, dan fitur yang diinginkan. Kalau ingin opsi yang murah dan mudah bagi pemula, coba paket WordPress dan Shared Hosting dari Hostinger.

Apa Itu Hosting Gratis?

Hosting gratis adalah opsi yang sesuai kalau Anda baru mulai belajar mengonlinekan situs web. Layanan hosting ini biasanya menyertakan fitur pengelolaan file, maintenance, dan keamanan. Di Hostinger, tersedia paket hosting gratis yang bisa Anda coba untuk mulai go online.

Author
Penulis

Ariata C.

Ariata suka sekali menulis dan menerjemahkan, dan sekarang ini bekerja sebagai translator di Hostinger Indonesia. Lewat artikel dan tutorial yang diterbitkan di blog Hostinger, Ariata ingin membagikan pengetahuan tentang website, WordPress, dan hal terkait hosting lainnya kepada para pembaca.