32 Ide Usaha Rumahan yang Lagi Trend di Tahun 2021
access_time
hourglass_empty
person_outline

32 Ide Usaha Rumahan yang Lagi Trend di Tahun 2021

Saat ini, kita semua dituntut untuk menjadi lebih cerdas soal keuangan. Passive income atau pendapatan pasif mulai dikategorikan sebagai financial plan wajib bagi setiap orang. Salah satu cara untuk mendapatkannya adalah dengan memulai usaha kecil atau usaha rumahan. Dengan strategi dan tool yang tepat, usaha Anda bahkan bisa menjadi pekerjaan utama dengan nilai yang mencapai jutaan.

Tentu saja, untuk memulai perjalanan menuju sukses, Anda harus lebih dulu menemukan ide usaha rumahan yang menjanjikan.

32 Ide Usaha Rumahan Online

Mulai dari investasi kecil sampai strategi jangka panjang, kami sudah menyiapkan daftar ide usaha rumahan yang menjanjikan di bawah ini.

1. Buat toko e-Commerce

Saat ini, toko online merupakan salah satu usaha rumahan yang lagi trend. Hampir semua orang pasti pernah atau bahkan sering berbelanja secara online, terbukti dengan meningkatnya penjualan e-Commerce di seluruh dunia.

Bagi konsumen, berbelanja online dirasa lebih mudah daripada harus pergi ke toko fisik. Bagi penjual, mereka tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk mendirikan toko.

Untuk memulai toko online, Anda hanya perlu menyiapkan daftar barang dan platform toko online. Ada banyak opsi yang tersedia, dan yang paling populer adalah WooCommerce karena bisa digunakan dengan CMS favorit semua orang, yaitu WordPress.

Jika baru akan mencoba ide usaha rumahan ini, coba gunakan website builder. Semua yang Anda butuhkan tersedia di satu platform, mulai dari hosting dan nama domain, hingga solusi e-Commerce untuk bisnis baru.

Profitabilitas bisnis Anda akan dipengaruhi banyak faktor, seperti jenis produk dan jasa yang ditawarkan, serta ukuran pasar.

Jika menginginkan cara cepat, cobalah menjual produk yang biaya produksinya rendah dengan margin tinggi. Beberapa contohnya adalah perhiasan, video game, dan aksesori handphone. Atau, coba ide bisnis rumahan yang lebih praktis dengan menjual produk digital karena Anda tidak perlu tempat untuk meyimpannya.

Kunci untuk bisnis e-Commerce yang berhasil adalah efisiensi di berbagai area. Jadi, Anda mungkin harus terlibat dalam desain produk, layanan pelanggan, pemasaran online, dan lainnya. Meskipun terdengar sulit, hasil yang didapat pasti akan sebanding dengan usaha Anda.

2. Mulai bisnis dropship

Ingin menjual produk secara online tanpa harus membuatnya sendiri? Yap, berbisnis dengan metode dropship bisa menjadi ide usaha rumahan yang menjanjikan.

Model bisnis e-Commerce ini mengharuskan Anda bekerja sama dengan pemasok grosir. Kemudian, Anda bisa meminta mereka untuk memasarkan produk atas nama Anda, yang dikenal dengan istilah white labeling.

Jadi, saat konsumen membuat pesanan, Anda harus menghubungi pemasok untuk menjualkan produk kepada konsumen tersebut.

Singkatnya, Anda hanya perlu mencari pelanggan. Proses produksi, penyimpanan item, dan pengiriman akan dilakukan oleh pemasok. Itulah mengapa sistem dropship biasanya hanya perlu sedikit modal di awal, mulai dari 2 juta sampai 4 juta rupiah.

Jika tertarik menjalankan ide bisnis rumahan dengan sistem dropship, kunjungi situs seperti Spocket atau AliDropship. Mereka bisa menyediakan produk untuk disajikan di website Anda.

Ada juga Printify, layanan dropship sesuai permintaan yang menyediakan produk seperti kaus, jaket, cangkir, dan banyak lagi. Anda bisa mengajukan desain kustom, kemudian perusahaan ini akan mencetak dan mengirimkannya.

Saat menentukan ide bisnis rumahan untuk menjual suatu barang, pastikan Anda mengikuti niche tertentu agar bisa membangun brand dan membedakan bisnis Anda dari para pesaing.

Sebagai inspirasi, coba lihat Notebook Therapy. Toko online dengan sistem dropship ini khusus menjual produk-produk alat tulis cantik.

Notebook Therapy

3. Buat website pemasaran afiliasi

Pemasaran afiliasi merupakan salah satu ide usaha rumahan online yang mudah bagi pemula dengan modal kecil.

Anda hanya perlu mempromosikan produk atau jasa seseorang, kemudian berdasarkan kebijakannya, Anda bisa mendapatkan komisi setiap kali konsumen mengeklik atau membeli produk tersebut.

Pemasaran afiliasi kini juga menjadi usaha rumahan yang lagi trend di kalangan para kreator konten. Namun, Anda tetap bisa memulai ide usaha rumahan dari pemasaran afiliasi tanpa harus menjadi kreator.

Beberapa orang melakukannya dengan membuat situs untuk mengulas produk dan menyertakan link ke produk tersebut, seperti This is Why I’m BrokeThis Is Why I'm Broke

Kunci untuk berhasil dalam pemasaran afiliasi adalah memilih niche yang benar-benar Anda kenal dan pahami, karena Anda harus mampu membuat audiens percaya pada pendapat Anda hingga akhirnya membeli produk yang direkomendasikan.

Anda bisa bergabung dalam program afiliasi seperti Afiliasi Hostinger, atau Amazon.com Associate. Ada juga marketplace seperti ClickBank untuk menemukan berbagai produk yang bisa disajikan.

Profitabilitas ide usaha rumahan melalui pemasaran afiliasi akan bergantung pada produk, besaran komisi, dan trafik website Anda. Menurut Affise, jika sudah memiliki audiens, Anda bisa memperoleh pendapatan mulai dari 4 juta hingga 150 juta rupiah dalam sehari.

4. Menjadi blogger

Jika senang menulis dan bercerita, blogging bisa menjadi ide usaha rumahan yang menjanjikan. Anda bisa mengerjakannya di mana saja, membuat konten, sekaligus menghasilkan uang.

Beberapa public figure seperti Molly Yeh memulai kariernya dari blogging. Ia berhasil menerbitkan 2 buku resep masakan dan menjadi pembawa acara di Food Network berjudul Girl Meets Farm.

Untuk memiliki blog yang menghasilkan, trafik website Anda harus cukup tinggi. Berbagai bisnis melihat trafik sebagai peluang konversi berpotensi yang membuat mereka bersedia berbisnis dengan Anda.

Dengan 100 ribu tayangan halaman setiap bulannya, Anda bisa menghasilkan pendapatan antara 15 juta hingga 150 juta rupiah.

Agar berhasil, carilah ide blog yang Anda pahami dan memiliki audiens cukup banyak. Dengan demikian, Anda pun bisa membuat konten yang diminati banyak orang sedari awal.

Setelah menemukan ide, buat postingan secara rutin dan konsisten agar pengunjung tetap setia mengunjungi blog Anda. Pelajari tentang SEO dan pemasaran konten untuk memperluas exposure website Anda di mesin pencari.

Jika sudah mendapatkan audiens, Anda bisa menggunakan iklan, konten bersponsor, dan link afiliasi untuk menghasilkan uang. Beberapa blogger juga memanfaatkan guest post untuk blog bisnis, membuat merchandise, serta membuat kursus online.

5. Menjadi penulis dan terbitkan buku sendiri

Kini, Anda bisa menerbitkan buku sendiri tanpa harus menyerahkan naskah ke penerbit. Ada banyak platform penerbitan mandiri yang sangat mudah diakses sehingga Anda bisa mewujudkan impian menjadi penulis dalam sekejap.

Ide usaha rumahan ini hanya mengharuskan Anda bercerita dalam bentuk tulisan. Anda bisa memilih genre apa pun, tapi untuk membangun usaha rumahan yang menjanjikan, cari topik yang populer di antara pembaca buku terbitan mandiri, seperti romansa, misteri, fantasi, dan fiksi ilmiah.

Setelah selesai menulis buku, jual di situs seperti Amazon KDP atau Barnes and Noble Press. Keduanya memiliki banyak sekali basis pengguna dan tool pemasaran untuk membantu Anda menjangkau pembaca yang tepat.

Amazon bahkan melaporkan bahwa ribuan penulis dengan karya terbitan mandiri di platformnya berhasil mendapatkan lebih dari 750 juta rupiah dari penjualan.

Awalnya Anda mungkin tidak mendapatkan hasil yang signifikan, terutama karena masih baru sebagai penulis. Jadi, penting untuk mencari tahu kebijakan penerbit yang dipilih terkait pembayaran royalti untuk memperkirakan pendapatan Anda.

Cara lainnya, coba jual buku di website Anda sendiri untuk menambah sumber penghasilan. Anda pun bisa mengontrol monetisasi secara lebih menyeluruh. Selain itu, buatlah landing page yang mudah diakses seperti Let’s Go to NYC untuk memasarkan produk Anda melalui iklan online.

Let's Go to NYC

6. Kembangkan dan jual aplikasi seluler

Pernah memikirkan sebuah cara yang mampu mengatasi masalah orang lain? Coba ubah ide tersebut menjadi aplikasi seluler.

Temukan sesuatu yang inovatif, seperti NeuralCam Live. Aplikasi kamera ini bisa menyembunyikan latar belakang dan menyesuaikan pengaturan video dalam panggilan.

Membuat aplikasi memerlukan pengalaman teknis terkait pengembangan. Jika benar-benar baru memulai, platform seperti Udemy atau Codecademy memiliki banyak sekali kursus pembuatan aplikasi seluler yang bisa Anda ikuti. Meskipun sedikit memakan waktu dan uang untuk belajar, Anda nantinya bisa membuat aplikasi yang lebih kompleks dan efisien.

Atau, gunakan software seperti AppyPie yang sudah menyediakan semuanya sehingga Anda tidak harus memiliki latar belakang teknis untuk mulai mengembangkan aplikasi seluler. Meski begitu, tak ada salahnya memahami sedikit tentang user interface dan user experience untuk memastikan kemudahan navigasi aplikasi.

Kemudian, Anda bisa menjual aplikasi atau menyediakannya secara gratis.

Jika ingin menyediakan versi gratis, Anda tetap bisa mendapatkan uang dengan iklan dan pembelian dalam aplikasi. Anda pun bisa menjangkau banyak pengguna, sekaligus menawarkan opsi untuk melakukan pembelian.

7. Menjadi spesialis iklan online

Iklan digital yang kini digunakan oleh berbagai kalangan, baik bisnis maupun individu, memicu timbulnya kebutuhan akan peran ahli di bidang ini. Anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk memulai ide bisnis rumahan dengan menjadi freelance spesialis iklan, yang juga dikenal sebagai spesialis PPC.

Ide usaha rumahan ini sangat sesuai jika Anda sudah memiliki pengalaman di bidang pemasaran. Jika belum, ada banyak sekali sumber daya yang bisa dimanfaatkan untuk belajar, seperti Digital Garage dari Google.

Sebagai spesialis iklan, Anda bertugas membantu klien memenuhi target iklannya di berbagai platform, seperti Google, Facebook, atau Pinterest. Anda perlu menyusun strategi berdasarkan bisnis dan produk mereka agar iklan bisa menjangkau audiens secara akurat.

Oleh karena itu, Anda harus memberikan lebih dari sekadar skill tawar-menawar PPC. Anda harus memahami manajemen proyek, analitik data, sistem KPI, dan banyak lagi.

Jika sudah siap, bergabunglah ke platform seperti Hubstaff Talent atau Upwork untuk mencari klien. Persiapkan website resume dan cantumkan di pencarian berbayar Google untuk menunjukkan keahlian Anda.

Ada beberapa cara untuk menetapkan tarif jasa spesialis iklan. Umumnya, klien perlu membayar sekian persen dari biaya iklan, antara 10% hingga 20%. Jadi, Anda akan tetap dibayar bagaimanapun hasil iklan tersebut nantinya.

8. Mulai bisnis pengembangan web

Pengembangan web menjadi salah satu usaha rumahan yang lagi trend karena demand yang tinggi. Hampir semua perusahaan kini memiliki website, dan salah satu syarat utamanya adalah tampilannya harus menarik, dengan navigasi yang mudah.

Jika memilih ide usaha rumahan di bidang pengembangan web, Anda wajib menguasai bahasa coding dasar yang digunakan dalam pengembangan website. Contohnya adalah HTML, JavaScript, PHP, dan sebagainya. Bagi pemula, kunjungi situs seperti BitDegree untuk belajar dasar-dasarnya.

Agar website terlihat lebih menarik bagi calon pelanggan, sebaiknya pahami juga hal-hal terkait pengembangan seluler dan desain UX. Pengguna perangkat seluler saat ini menyumbang lebih dari separuh trafik internet di seluruh dunia, sehingga website yang Anda kembangkan juga harus responsive.

Untuk memulai, buat portofolio yang rapi dan bagus serta pamerkan proyek terbesar Anda. Dalam bisnis ini, Anda bisa membuat website dari nol atau menyempurnakan yang sudah ada.

9. Menjadi desainer grafis freelance

Jika memiliki keterampilan di bidang desain grafis, skill yang Anda miliki bisa menjadi ide usaha rumahan yang menjanjikan.

Anda bisa membuat desain visual untuk klien, seperti logo, mockup, konten media sosial, dsb. Beberapa desainer grafis juga menjual hasil cetak dan merchandise.

Untuk proses yang lancar, Anda harus menggunakan tool yang tepat. Setidaknya, Anda memerlukan komputer dengan spesifikasi yang cukup canggih, drawing tab, dan pena digital. Tak perlu memilih produk yang mahal, karena ada banyak perangkat di pasaran yang harganya cukup terjangkau dengan spesifikasi yang sudah mumpuni.

Jangan lupa untuk mempelajari software desain grafis seperti Adobe Photoshop dan Illustrator.

Selain itu, Anda juga harus mampu berkomunikasi dengan klien untuk memahami keinginan mereka.

Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja AS, persaingan pasar untuk bisnis desain grafis saat ini makin kompetitif.

Jadi, buatlah portofolio yang menarik secara visual untuk membedakan diri Anda dari para pesaing. Sebagai inspirasi, lihat website milik Alex Coven di bawah ini.

Alex Coven

10. Menyediakan jasa konseling online

Jasa konseling bisa menjadi ide usaha rumahan dengan modal kecil karena Anda hanya memerlukan website, akses internet, dan keinginan untuk membantu orang lain.

Tugas Anda adalah membantu orang-orang meraih target pribadi dan profesionalnya. Jadi, Anda sebaiknya memiliki pengalaman di bidang konseling atau pekerjaan sosial.

Akan lebih baik lagi jika Anda memiliki sertifikat resmi, seperti yang diterbitkan oleh program seperti iPEC. Dengan demikian, Anda bisa menetapkan tarif yang lebih tinggi dan memberikan layanan yang lebih tepercaya sehingga klien akan menganggap Anda lebih kredibel.

Karena ide bisnis rumahan ini dilakukan secara online, Anda tidak harus datang ke lokasi untuk bertemu klien. Anda bisa membuat website untuk menarik pengunjung dari seluruh dunia dan memberikan bimbingan konseling melalui panggilan suara atau video.

Jangan lupa untuk mempromosikan jasa Anda melalui iklan digital dan media sosial. Atau, buat blog atau podcast untuk meningkatkan trafik dan menunjukkan keahlian Anda, seperti yang dilakukan oleh Christine Chen.

11. Menjadi penyedia jasa konsultasi percintaan

Jangan heran, jasa konsultasi percintaan juga bisa menjadi ide usaha rumahan yang menjanjikan. Generasi milenial awal yang kini sudah memasuki usia dewasa membuat jasa ini menjadi bisnis yang prospektif.

Jadi, Anda nantinya bertugas membantu klien mengembangkan kualitas dirinya sehingga bisa memiliki hubungan percintaan yang lebih baik. Fokus utamanya adalah mengasah skill interpersonal, membangun rasa percaya diri, dan bersiap untuk mencari pasangan secara online.

Untuk menyediakan dan memasarkan jasa ini, tentukan sendiri cara yang Anda inginkan. Jika mau, susun program yang komprehensif di website Anda, seperti yang dilakukan oleh Cora Boyd. Kursus Magnetics Love School yang disediakannya mencakup sesi pelatihan, seminar, portal khusus anggota, dan lainnya.

Cora Boyd

Anda juga bisa mengikuti caranya untuk mendapatkan klien. Di samping media sosial, ia sering membuat guest post tentang topik percintaan di blog Tinder, Swipe Life.

Mirip dengan poin nomor 10, Anda juga membutuhkan skill dan pelatihan dalam hal konseling, atau akan lebih baik lagi jika memiliki sertifikat pelatihan guna meningkatkan kredibilitas.

12. Menjadi penerjemah

Jika menguasai bahasa asing, layanan penerjemahan bisa menjadi ide usaha rumahan yang menjanjikan. Anda bisa menerjemahkan berbagai jenis konten, seperti subtitel, konten web, buku, atau lainnya.

Belum memiliki pengalaman profesional? Gabung dengan kelas penerjemahan online dan asah skill dengan mengerjakan proyek percobaan. Jika sudah percaya diri, Anda bisa melakukannya sebagai pekerjaan sampingan. Platform seperti ProZ dan Translated adalah tempat para penerjemah lepas berkumpul untuk mencari pekerjaan.

Apabila sudah siap untuk menjadi penerjemah full-time, perdalam pengetahuan Anda di satu bidang sebagai fokus utama. Anda pun bisa bekerja dengan lebih mudah karena sudah benar-benar memahami latar belakangnya. Plus, Anda bisa menjadi spesialis di bidang tersebut, yang turut meningkatkan tarif layanan Anda.

Penentuan tarif akan bergantung pada tingkat kesulitan, volume, tenggat waktu, dan pasangan bahasa proyek yang Anda terima. Jika ingin memasang tarif lebih tinggi, dapatkan sertifikat dari asosiasi penerjemah resmi seperti ATA.

13. Mengajar les secara online

Bekerja sebagai pengajar les juga bisa menjadi salah satu usaha rumahan yang menjanjikan, dan bisa dilakukan secara part-time.

Pengajar biasanya membantu anak-anak sekolah hingga mahasiswa sesuai bidang yang dikuasainya, misalnya matematika, atau bahasa Inggris. Anda tidak harus memiliki gelar untuk menjadi pengajar, tetapi wajib memiliki pengalaman yang relevan.

Di samping membantu proses belajar, pengajar juga bisa membantu mempersiapkan siswa menghadapi ujian, seperti tes kemampuan bahasa atau tes masuk universitas. Namun, Anda perlu sertifikat yang valid untuk membuktikan kompetensi Anda.

Jika ingin memulai ide usaha rumahan ini, Anda bisa bergabung di situs seperti Chegg atau Skooli. Keduanya sudah memiliki banyak pengguna sehingga Anda bisa lebih cepat mencari murid. Metode yang digunakan bisa melalui teks, panggilan video, papan tulis online, dan lain-lain.

Halaman Chegg Tutors

Atau, Anda bisa membuat website untuk menyelenggarakan kelas. Dengan demikian, Anda bisa mengatur jadwal dan monetisasi secara lebih leluasa. Lebih baiknya lagi, Anda bisa menggunakan metode pengajaran yang beda dari yang lain.

14. Menjadi penyedia layanan SEO

Semua pemilik website tahu bahwa halaman pertama hasil pencarian Google sangatlah berharga. Sayangnya, hanya sedikit bisnis yang paham cara mengaplikasikan SEO ke website mereka sehingga potensi situs untuk muncul di mesin pencari menjadi kurang dimanfaatkan.

Untuk mengeksekusi ide bisnis rumahan sebagai ahli SEO, mulailah dengan menganalisis website, mengidentifikasi masalah peringkat, dan menyusun strategi untuk menaikkan trafik organik dan penempatan SERP.

Umumnya, spesialis SEO harus memiliki pemahaman tentang SEO on-page, off-page, dan teknis. Kemudian, keterampilan yang perlu dimiliki bisa mencakup HTML, keyword mapping, hingga backlink building.

Setelah memahami syarat dasarnya, coba ikuti kursus online untuk mengasah skill sebelum memulai bisnis. Ada baiknya Anda juga selalu mengikuti tren dan memilih tool SEO yang tepat agar bisa meraih kesuksesan jangka panjang.

Tarif untuk spesialis SEO sebagai freelancer bervariasi tergantung wilayah dan keahlian. Menurut Ahrefs, tarif rata-ratanya adalah sekitar $68 atau 1 juta rupiah per jam.

15. Buat dan kembangkan channel YouTube

Suka merekam video atau memiliki hobi menarik yang bisa didokumentasikan? Ubah menjadi peluang untuk mendapatkan uang melalui YouTube. Raksasa platform berbagi video ini memungkinkan semua orang membangun usaha rumahan yang menjanjikan hanya dengan merekam video.

Untuk membuat channel YouTube, pilih niche yang sesuai dengan minat Anda. Jika ingin mewujudkan ide bisnis rumahan melalui channel Anda, cobalah genre seperti memasak, gaming, dan ulasan teknologi.

Niche yang difokuskan harus memiliki banyak audiens agar Anda bisa mendapatkan penonton dengan cepat. Setelah memiliki ribuan subscriber dan 4000 waktu tonton, Anda pun bisa bergabung dalam Program Partner YouTube.

Selanjutnya, Anda bisa mendapatkan penghasilan melalui AdSense. Perjalanan Anda dari sini juga akan lebih mudah karena perusahaan lebih senang bermitra dengan channel yang memiliki banyak audiens. Atau, Anda juga bisa mendapatkan uang dengan menjual merchandise atau penggalangan dana melalui Patreon.

Agar penonton senang menonton video Anda, gunakan peralatan video dengan spesifikasi tinggi. Program editing profesional seperti Adobe Premiere Pro juga akan meningkatkan peluang Anda berkat video yang lebih ciamik.

Jika ingin menjadikan YouTube sebagai bisnis utama, Anda harus meraih minimal 50+ ribu penayangan setiap harinya. Menurut Influencer Marketing Hub, dengan jumlah tersebut, Anda bisa memperoleh hingga $3.500 atau hampir mencapai 50 juta rupiah per bulan. Lebih dari itu, Anda sudah bisa mengandalkan YouTube sebagai penghasilan utama dan memulai ide usaha rumahan lainnya.

16. Menjadi micro-influencer

Memiliki ribuan atau bahkan ratusan ribu follower di media sosial? Saatnya memanfaatkan peluang ini untuk menjadi micro-influencer!

Sebagai influencer, Anda nantinya akan bekerja sama dengan berbagai bisnis untuk mempromosikan produk atau jasa mereka kepada konsumen. Mereka mungkin mengirimkan beberapa barang yang perlu Anda ulas, atau mengajak Anda berkolaborasi. Atau, Anda bisa bergabung dengan jaringan afiliasi guna mencari produk untuk dipasarkan.

Alasan yang menyebabkan micro-influencer lebih disukai oleh beberapa brand adalah tingkat interaksi mereka yang lebih tinggi dibanding kreator konten ternama. Dengan kata lain, pengaruh mereka terhadap keputusan pembelian para follower pun akan lebih tinggi.

Untuk memulai, ciptakan personal branding yang menarik. Artinya, profil Anda harus mampu menunjukkan karakter dan minat Anda, sekaligus membuktikan interaksi yang solid dengan audiens.

Konten yang diposting harus relevan dengan niche Anda dan interaksi follower. Rangkum profil Anda agar terlihat lebih menarik bagi calon partner.

Setelah bekerja sama dengan suatu brand, sebaiknya promosikan produk dengan cara yang terlihat alami. Skill seorang influencer dilihat dari cara mereka mempromosikan produk secara relevan dan tepercaya. Jangan terlihat seperti Anda hanya menjual produk karena calon pembeli akan merasa kurang tertarik.

17. Sediakan jasa editing video

Menjadi YouTuber bukan satu-satunya peluang bagi Anda yang senang membuat video. Jika lebih suka bekerja di balik layar, coba tawarkan jasa editing video.

Banyak perusahaan startup membutuhkan video untuk promosi dan iklan.

Salah satu contoh editor video yang berhasil adalah Lief Ramsaran. Selain menjadi pembuat film, ia juga bekerja sama dengan YouTuber WithWendy untuk memproduksi dan mengedit videonya.

Ide usaha rumahan ini sebenarnya sangat praktis karena Anda hanya perlu komputer dan software editing video. Anda juga mungkin memerlukan penyimpanan tambahan dan Photoshop untuk membuat grafik atau thumbnail yang menarik.

Selain itu, seorang editor harus memiliki kemampuan bercerita agar bisa mengedit video dalam alur yang baik. Narasi video sebaiknya mudah diikuti, dan membuat penonton tertarik mengikutinya dari awal sampai akhir.

Untuk memasarkan bisnis Anda, buat portofolio video yang berisi semua proyek Anda sebelumnya. Kemudian, iklankan layanan Anda ke situs portal pekerjaan kreatif seperti If You Could atau Creativepool.

If You Could

18. Menjadi asisten virtual

Apabila memiliki kemampuan manajemen waktu dan organisasi yang baik, ide bisnis rumahan ini akan sangat tepat untuk Anda.

Sebagai asisten virtual, Anda bertugas untuk membantu para wirausahawan dan bisnis online secara remote untuk membalas email, menjadwalkan janji temu, belanja pribadi, dan sebagainya.

Namun, Anda juga bisa menerima tugas khusus seperti mengelola website, akun media sosial, relasi dengan pelanggan, dan banyak lagi. Contohnya adalah asisten virtual seperti Sandee yang berspesialisasi di bidang jasa desain.

Sandee Virtual Solutions

Untuk pekerjaan ini, Anda harus mampu beradaptasi dengan cepat karena ada berbagai jenis tugas yang harus dilakukan.

Website seperti People Per Hour menyediakan banyak sekali pekerjaan untuk membantu Anda memulai. Anda juga bisa membuat situs resume pribadi untuk menarik calon klien dan mengiklankan jasa secara online.

19. Menjadi pengelola akun medsos perusahaan

Kini, ada banyak sekali bisnis kecil dengan sedikit anggota tim yang membutuhkan jasa para freelancer untuk melakukan tugas tertentu, termasuk pemasaran di media sosial.

Anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk menawarkan jasa sebagai social media manager. Nantinya, Anda perlu menyusun strategi konten untuk memasarkan produk klien, menaikkan trafik, dan meningkatkan angka konversi.

Agar berhasil menjalankan ide bisnis rumahan ini, Anda harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik, serta mampu memahami target pemasaran klien dan menggunakan brand voice mereka. Tugas harian Anda juga mungkin mencakup menjawab pertanyaan pelanggan.

Di samping itu, kemampuan copywriting dan editing foto merupakan skill yang wajib dimiliki. Keduanya dibutuhkan untuk membuat konten yang mampu menarik pengunjung menjadi konsumen. Untuk melakukannya, Anda bisa menggunakan tool seperti Hemingway Editor dan Canva.

Kemudian, Anda harus memahami hal-hal seputar analitik media sosial. Data yang dikumpulkan dari media sosial sangat berguna untuk menyusun rencana bisnis. Coba gunakan aplikasi seperti SproutSocial untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam.

Untuk menemukan klien, buat dan kembangkan profil media sosial serta tunjukkan skill Anda. Buat website portofolio yang menampilkan proyek-proyek sebelumnya untuk membuktikan kredibilitas. Setelah bisnis Anda cukup berkembang, Anda juga bisa menyediakan kursus dan materi pemasaran seperti Natasha dari Sol Studio.

Homepage Sol Studio

20. Menyediakan jasa penulisan proposal hibah

Apabila menyukai riset dan penulisan terstruktur di bidang akademik atau bisnis, Anda bisa mencoba ide usaha rumahan sebagai penyedia jasa penulisan proposal permohonan bantuan dana.

Tugas sehari-hari Anda meliputi penulisan proposal hibah untuk perusahaan nirlaba dan startup. Nantinya, dokumen ini akan digunakan untuk mengajukan permohonan bantuan dana, misalnya dari perusahaan besar atau badan pemerintah.

Proposal ini sebenarnya mirip dengan rencana bisnis, yaitu harus menunjukkan visi dan misi perusahaan, sekaligus menyampaikan mengapa klien membutuhkan dana tersebut.

Sebagai penulis proposal hibah, Anda harus bisa mengomunikasikan poin-poin ini dalam cara yang mampu ‘menyentuh hati’ pemberi hibah. Selain keterampilan menulis, Anda juga harus memahami grafik dan bagan untuk mendukung argumen menggunakan data.

Karena harus berhubungan dengan banyak organisasi, akan sangat baik jika Anda memiliki pengetahuan dasar yang cukup luas agar tidak terbatas pada tipe klien dan pekerjaan tertentu.

Apabila masih belum memiliki pengalaman, coba ikuti kelas menulis di Udemy dan Coursera. Anda juga bisa bergabung dengan Grant Professionals’ Association untuk mendapatkan pelatihan dan terhubung dengan rekan-rekan penulis.

21. Menjadi reseller nama domain

Ide usaha rumahan ini melibatkan proses membeli dan menjual kembali nama domain dengan harga yang lebih tinggi. Menjadi reseller domain merupakan salah satu usaha rumahan yang menjanjikan dengan modal kecil dan potensi laba yang hampir tak terbatas.

Para reseller di bidang ini biasanya menargetkan nama domain yang memiliki peluang bisnis dan menggunakan keyword populer.

Contohnya adalah Hotels.com yang dulu berhasil terjual dengan harga $11 juta. Sesuai namanya, si pembeli menggunakannya untuk membuat situs pemesanan akomodasi.

Nama-nama pendek seperti ini mulai sulit didapatkan, dan para reseller kini mulai menggunakan keyword lokal seperti bostonusedcars.com.

Anda juga harus memantau istilah baru yang mulai naik daun, khususnya jika memiliki potensi bisnis karena mungkin saja ada orang yang ingin memulai bisnis di bidang tersebut.

Untuk menemukan dan membeli nama domain dengan harga murah, gunakan domain checker. Atau, kunjungi situs lelang seperti JustDropped.com untuk menemukan nama domain yang telah kedaluwarsa. Anda bisa membuat halaman landing untuk domain tersebut, lalu mengiklannya di marketplace.

Modal yang harus disiapkan bergantung pada domain yang tersedia. Anda bisa memulai dengan 150 ribu rupiah, tapi akan lebih baik jika menyiapkan modal yang lebih banyak untuk membeli beberapa nama domain guna memperluas peluang penjualan.

22. Buat podcast

Podcast kini menjadi salah satu media hiburan yang cukup populer di seluruh dunia. Dengan semakin banyaknya pendengar dan peluang monetisasi, orang-orang mulai membuat podcast sebagai bisnis sampingan.

Anda tidak perlu memiliki latar belakang teknis untuk menjadi podcaster. Jika merasa memiliki skill interpersonal yang baik dan suara yang enak didengar, Anda sudah punya modal utamanya.

Namun, Anda harus memiliki program yang unik dan menarik karena pasar podcast kini sudah sangat kompetitif. Pilih niche yang tidak terlalu populer dengan level kompetisi yang tidak begitu tinggi, atau buat konsep yang benar-benar baru.

Di samping itu, siapkan peralatan audio dan software editing premium agar audiens merasa nyaman dan puas saat mendengar suara dari podcast Anda.

Siarkan podcast di website Anda agar bisa diakses oleh siapa saja. Kemudian, masukkan juga ke platform seperti Spotify, Apple, dan Google.

Sebagian besar podcaster mendapatkan uang melalui pemasaran afiliasi, live streaming, dan platform penggalangan dana seperti Patreon. Jika sudah memiliki audiens yang cukup besar, cobalah bergabung dengan jaringan periklanan seperti AdvertiseCast.

Homepage Advertisecast

23. Menjadi penulis anonim

Menjadi ghostwriter atau penulis anonim merupakan ide usaha rumahan yang sangat sesuai bagi Anda yang suka menulis tapi tidak mau menunjukkan identitas Anda.

Di sini, Anda menulis konten atas nama orang lain dan mengembangkan gagasan mereka menjadi sebuah karya dalam bentuk tulisan. Kebanyakan penulis anonim biasanya menangani penulisan buku, walaupun ada juga yang menangani tulisan pendek seperti artikel blog.

Umumnya, tugas ini dimulai dengan mewawancarai pemilik ide dan meneliti topik yang dimilikinya agar Anda bisa menuangkan pandangan dan cerita mereka menjadi tulisan. Jika merasa belum memiliki kemampuan ini, simak kursus penulisan anonim online dari Roz Morris untuk mulai belajar.

Untuk memasarkan jasa Anda, buat portofolio online yang memuat proyek-proyek sebelumnya.

Kirimkan ke klien potensial dan tautkan ke portal pekerjaan menulis seperti Reedsy. Rata-rata, para penulis anonim di platform ini bisa menghasilkan sekitar $0,35 atau Rp5.000 per kata. Namun, tarif ini bergantung pada volume dan kualitas proyek.

Reedsy

24. Menjadi pengurus pembukuan online

Jika memiliki cukup pengalaman dengan akuntansi, menawarkan jasa sebagai pengurus pembukuan online bisa menjadi ide usaha rumahan yang menjanjikan untuk Anda.

Sebagian besar pemilik bisnis saat ini membutuhkan bantuan untuk mengelola keuangan perusahaannya. Sebagai pengurus pembukuan, Anda bertugas mengelola laporan keuangan mereka, pembayaran masuk dan keluar, pajak, dan sebagainya.

Namun, dokumen yang Anda tangani biasanya termasuk rahasia, jadi Anda harus bisa dipercaya dan menunjukkan profesionalisme kepada calon klien. Ikuti ujian sertifikasi di wilayah Anda atau gabung dengan asosiasi pengurus pembukuan untuk menunjukkan kredibilitas.

Selain itu, Anda juga harus memiliki skill problem solving yang bagus untuk membantu klien saat mereka menghadapi masalah dengan anggaran atau pajak.

Selain komputer dan aplikasi spreadsheet, software akuntansi seperti FreshBooks bisa menjadi investasi jangka panjang. Software ini bisa membantu menyederhanakan alur kerja sehingga Anda bisa bekerja secara lebih efisien.

Jika ingin menjadi freelance pengurus pembukuan, coba kunjungi platform seperti Upwork untuk menemukan klien.

25. Menjadi pengisi voice-over

Memiliki suara yang unik? Jangan sia-siakan bakat Anda dan cobalah ide usaha rumahan sebagai penyedia jasa voice-over. Anda bisa menyediakannya untuk iklan, buku audio, acara TV, video media sosial, dan banyak lainnya.

Seperti pengisi suara, Anda harus bisa menyesuaikan suara untuk berbagai peran. Makin banyak variasi yang dikuasai, makin banyak pekerjaan yang bisa Anda ambil. Untuk mengasah keterampilan, ikuti kelas pelatihan akting dan dialek.

Kemudian, Anda perlu menyiapkan peralatan rekaman di rumah untuk memulai pekerjaan sebagai pengisi voice-over.

Jika sudah siap, susun portofolio dan sertakan demo untuk menunjukkan variasi suara yang bisa Anda isi. Jangan segan untuk mengambil proyek gratis guna memperbanyak jam terbang.

Untuk menemukan pekerjaan, kunjungi Voices.com yang menyediakan banyak peluang bagi voice actor. Portal freelance seperti Fiverr juga bisa menjadi tempat yang tepat untuk memulai.

Homepage Voices.com

26. Menjadi editor freelance

Apabila memiliki hobi menulis dan sudah lama berkecimpung di dunia penulisan, Anda mungkin ingin mencoba ide bisnis rumahan menjadi seorang editor freelance. Anda bebas memilih proyek yang ingin dikerjakan, menentukan tarif, serta waktu kerja.

Ada beberapa jenis jasa edit yang bisa Anda tawarkan, misalnya editing developmental. Di sini, Anda nantinya fokus pada “gambaran keseluruhan” tulisan yang diedit. Tugas utama Anda adalah memeriksa struktur dan gaya tulisan tersebut.

Jenis lainnya adalah copy editing, atau mengoreksi elemen yang lebih teknis, seperti tata bahasa dan gaya yang digunakan. Anda perlu mendalami dan mengoreksi isi tulisan dengan tepat sesuai tujuan yang ingin dicapai melalui tulisan tersebut.

Anda juga boleh menentukan spesialisasi genre yang sudah cukup dikuasai.

Untuk mempromosikan jasa ini, kumpulkan pekerjaan-pekerjaan terbaik Anda lalu sajikan dalam portofolio online. Atau, tunjukkan contoh before-after tulisan yang Anda edit seperti yang dilakukan oleh Kirsten Janene-Nelson di website miliknya.

27. Menjadi analis data secara remote

Analis data kini tengah menjadi salah satu profesi yang paling banyak dicari. Seiring dengan beralihnya berbagai perusahaan ke sistem yang didasari oleh data, mereka membutuhkan analis data profesional untuk meningkatkan penjualan dan membuat keputusan yang lebih baik.

Namun, proses belajar untuk menjadi analis data akan sedikit sulit. Pertama, Anda harus mempelajari bahasa pemrosesan data, seperti Python atau SQL. Menguasai tool visualisasi data seperti Tableau juga merupakan hal wajib.

Selain itu, Anda perlu skill komunikasi yang baik untuk mengubah data menjadi insight bisnis yang berguna bagi klien Anda.

Jika sama sekali belum berpengalaman, Datacamp memiliki kelas data science dengan materi yang cukup bagus.

Mulailah dengan mengambil beberapa proyek untuk menyusun resume online. Gunakan website seperti Claudia Ten Hoope untuk menemukan inspirasi.

Jika sudah siap, temukan pekerjaan di portal job online. Setelah mendapatkan beberapa klien, Anda bisa bergabung dengan Toptal, portal freelance eksklusif bagi para profesional di dunia digital.

Toptal

28. Desain dan jual font kustom

Jika menekuni hobi lettering atau tipografi, cobalah ide usaha rumahan dengan menjual font. Anda bisa menghasilkan passive income dan memperluas peluang pekerjaan seputar desain.

Anda perlu perangkat tablet dan pena digital untuk memulai. Kemudian, buat font kustom menggunakan Adobe Illustrator atau aplikasi pembuat font seperti RoboFont.

Untuk meningkatkan nilai paket font, buat beberapa gaya dan variasi ketebalan menggunakan bentuk font yang sama. Coba sertakan ikon dekoratif tambahan dan fitur bonus.

Selain itu, Anda juga boleh menunjukkan dan menjelaskan penggunaan font dalam tulisan. Dengan demikian, pengguna bisa memvisualkan penggunaan dan memanfaatkan font Anda dengan lebih baik. Beberapa cara untuk melakukannya adalah dengan membuat logo, mockup produk, atau template postingan media sosial.

Jual font di situs khusus seperti Fontspring dan Creative Market.

Homepage Creative Market

Atau, Anda juga bisa membuat landing page untuk menjual font, seperti Odibee Sans agar bisa menyajikan dan mengontrol tampilan bentuk font dari sudut terbaik secara lebih leluasa.

Harga yang perlu Anda tetapkan bergantung pada di mana dan berapa kali pengguna akan menerapkannya. Umumnya, Anda bisa menetapkan aturan lisensi untuk penggunaan pribadi maupun komersial.

29. Menjadi penyedia jasa penulisan CV

Penulisan CV atau resume kini menjadi salah satu ide usaha rumahan yang menjanjikan bagi Anda yang sedang atau pernah berkecimpung di dunia HR.

Di sini, Anda harus memastikan bahwa dokumen lamaran klien terlihat menarik dan mudah dipahami oleh pemberi kerja. Jadi, Anda harus memiliki keterampilan di bidang penulisan dan pemasaran.

Selain itu, pastikan Anda memahami sistem tracking pelamar (ATS/Applicant Tracking System) karena hampir semua perusahaan kini menggunakannya untuk menyaring dan mengindeks resume sesuai posisi yang dibuka. Jadi, sebaiknya sertakan keyword yang tepat untuk mengoptimasi file klien terhadap sistem.

Biasanya, Anda mulai dengan meninjau resume klien saat ini untuk kemudian disempurnakan. Setelah itu, tentukan apakah Anda perlu mengubah semua isinya atau hanya beberapa bagian.

Ada banyak sekali job seputar penulisan CV di marketplace untuk freelancer. Anda bisa bergabung dengan PARWCC untuk mendapatkan sertifikat, terhubung dengan orang lain di bidang tersebut, dan menemukan pekerjaan.

30. Menyediakan jasa transkripsi file audio

Apabila memiliki skill listening yang mumpuni, Anda bisa mencoba ide usaha rumahan sebagai penyedia jasa transkripsi file audio. Sesuai judulnya, Anda nantinya bertugas untuk mentranskripsikan rekaman audio menjadi dokumen tertulis.

File audio yang harus Anda transkripsikan biasanya digunakan untuk arsip, seperti rapat bisnis atau proses hukum. Dalam hal ini, Anda mungkin perlu mengikuti pelatihan atau mempelajari istilah khusus.

Atau, Anda bisa mengerjakan file video biasa yang memerlukan subtitel untuk SEO.

Di samping memiliki pendengaran yang baik, Anda harus mampu mengetik dengan cepat agar bisa langsung menulis sembari mendengarkan file tanpa harus mengulangnya lagi dan lagi.

Anda juga harus menguasai tata bahasa, ejaan, dan penggunaan tanda baca untuk menulis transkrip secara akurat.

Untuk memulai tugas, Anda hanya memerlukan sebuah laptop, headset berkualitas tinggi, dan software pemrosesan kata dasar. Kemudian, jika sudah cukup berpengalaman, Anda bisa mencoba menggunakan pedal kaki.

TranscribeMe adalah tempat yang tepat untuk mencari pekerjaan seputar transkripsi. Platform ini memiliki pekerjaan dari tingkat dasar sampai ahli sehingga Anda bisa memilih job sesuai kemampuan Anda.

Homepage Transcribeme

31. Menjadi agen sales independen

Banyak bisnis kecil kini lebih memilih untuk merekrut tenaga penjualan freelance untuk menghemat anggaran rekrutmen tim internal. Akhirnya, beberapa agen juga memutuskan untuk menjadi tenaga independen agar bisa lebih fleksibel dalam menentukan klien dan jadwal.

Tugas seorang tenaga penjualan freelance adalah memasarkan produk atau jasa suatu perusahaan kepada calon konsumen. Seperti pemasaran afiliasi, Anda akan dibayar setiap kali seseorang melakukan pembelian.

Jika Anda melakukannya secara online, metode penjualan yang bisa diterapkan adalah dengan membuat demo online dan menjual melalui telepon. Jadi, Anda harus memiliki koneksi internet yang baik dan paket seluler atau VOIP.

Sebagian besar perusahaan merekrut agen penjualan independen dari platform seperti CommissionCrowd. Mereka biasanya memiliki fitur untuk membantu pekerjaan Anda, seperti tool CRM, pipeline penjualan, kursus pelatihan, dan banyak lagi.

Homepage Commissioncrowd

32. Mulai bisnis testing website

Terakhir, coba ide usaha rumahan sebagai penyedia jasa testing website. Banyak perusahaan online dan developer yang membutuhkannya untuk menguji website dan menilai apakah UX-nya sudah cukup baik. Mereka kemudian menggunakan feedback tersebut untuk menyempurnakan situsnya.

Biasanya, perusahaan mencari konsumen biasa untuk menilai website agar mereka bisa melihat tanggapan dari orang-orang yang kemungkinan akan membeli produk mereka.

Cara Anda melakukan tes akan bergantung pada klien. Biasanya, mereka memberikan instruksi yang bisa diikuti atau pertanyaan yang perlu dijawab. Saat menguji website, Anda nantinya harus merekam prosesnya dan menyampaikan pendapat sesuai permintaan perusahaan.

Untuk memulai, Anda bisa mencari job di platform seperti UserTesting. Ambil peluang ini untuk terhubung dengan klien dan belajar lebih banyak hal seputar pengujian website.

Kemudian, cari anggota tim dan buat perusahaan testing Anda sendiri. Dengan demikian, Anda bisa menetapkan tarif sendiri sesuai upaya yang Anda berikan.

Tips Sukses Memulai Usaha Rumahan

Nah, setelah membaca semua ide usaha rumahan di artikel ini, tantangan berikutnya adalah bagaimana Anda bisa mewujudkannya. Jika perlu bantuan, simak tips berikut untuk memulai usaha rumahan yang menjanjikan:

Buat rencana bisnis yang matang

Saat akan memulai bisnis, penting untuk mencari tahu langkah-langkah tepat yang perlu Anda lakukan sebelum mendirikannya. Jika salah langkah, Anda bisa kehilangan konsumen, atau bahkan modal Anda.

Itulah mengapa Anda wajib memiliki rencana bisnis yang matang dan disusun dengan cermat. Untuk blueprint perusahaan, semua yang perlu Anda buat dan kembangkan harus tercakup di dalamnya. Hal-hal ini meliputi informasi seperti model bisnis, produk atau layanan, audiens target, pemasaran, keuangan, dan sebagainya.

Ketika menyusun rencana bisnis, pastikan Anda menentukan target dalam format SMART. Dengan demikian, Anda bisa menetapkan ekspektasi yang realistis mengenai apa yang harus dicapai perusahaan Anda di tahun-tahun pertama.

Fokus pada konsumen

Konsumen yang puas adalah kunci untuk bisnis yang sukses. Dengan menyediakan apa yang dibutuhkan pembeli, mereka pasti akan kembali kepada Anda.

Membuat konsumen merasa puas tidak bisa dengan memberikan produk atau layanan yang bagus saja, Anda juga harus bisa menghadirkan suasana atau proses yang nyaman bagi mereka. Berikut tipsnya:

  • Buat persona pembeli. Profil tiruan yang mewakili konsumen saat ini. Gunakan untuk lebih memfokuskan keputusan bisnis Anda terhadap konsumen.
  • Sempurnakan website agar lebih user-friendly. Situs Anda adalah tempat pertama yang menghubungkan Anda dan konsumen. Agar website lebih mudah digunakan, identifikasi faktor penghambatnya, lalu singkirkan.
  • Jawab pertanyaan dengan cepat. Hampir semua konsumen setuju bahwa respons cepat dari perusahaan adalah hal yang penting. Jika Anda tidak menjawab pesan mereka dalam waktu kurang dari satu jam, mereka mungkin akan berpaling ke penjual lain.

Susun strategi pemasaran online yang solid

Cara pemasaran Anda akan menentukan seberapa baik bisnis Anda bisa menjangkau pasar target. Jadi, penting untuk menyusun strategi pemasaran berdasarkan kesukaan dan kebutuhan audiens.

Pertimbangkan hal-hal berikut untuk membantu Anda:

  • Buat blog. Cara ini menjadi salah satu yang terbaik untuk mengoptimalkan website Anda di mesin pencari dan mendapatkan trafik organik. Jika memutuskan untuk membuatnya, tulis artikel berkualitas yang berguna bagi konsumen, serta memiliki keyword yang baik.
  • Gunakan iklan media sosial. Iklan ini jauh lebih efektif untuk memperluas eksposur brand Anda. Platform seperti Facebook dan Instagram juga bisa menampilkan informasi mendetail tentang audiens Anda melalui tool Insight mereka.
  • Coba pemasaran referral. Cara ini dilakukan dengan memberikan insentif pada konsumen yang mempromosikan bisnis Anda kepada teman-teman dan keluarganya. Beberapa hadiah yang cukup umum meliputi kredit toko, aksesori, kartu hadiah, dan banyak lainnya.

Gunakan tool yang tepat untuk mengelola bisnis

Setelah berhasil memulai ide usaha rumahan pilihan Anda, langkah selanjutnya adalah mengelolanya agar bisa terus bertahan. Sebenarnya tidak sulit untuk mengelola bisnis, asalkan Anda memiliki tool yang tepat. Dengan demikian, Anda bisa memantau pekerjaan sehari-hari sembari mengembangkan bisnis Anda.

Berikut rekomendasi tool mudah untuk mengelola bisnis rumahan Anda:

  • GSuite. Produk Google ini menyediakan semua yang Anda butuhkan untuk menulis dokumen, membuat spreadsheet, menghubungi klien, menyimpan file, mengelola email, dan banyak lagi.
  • Trello. Software manajemen proyek yang cukup populer ini memungkinkan Anda mengatur tugas dan berkolaborasi dengan anggota tim.
  • Quickbooks. Aplikasi akuntansi serbaguna untuk membuat invoice, memantau pengeluaran, mengelola pajak, dan melihat laporan keuangan.

Jadi, Ide Usaha Rumahan Mana yang Anda Pilih?

Nah, demikianlah 32 ide usaha rumahan yang menjanjikan untuk Anda coba. Selain bisa dilakukan di rumah, bisnis seperti yang kami rekomendasikan di sini juga merupakan usaha rumahan yang lagi trend. Jika ingin memulai, pastikan untuk memilih ide yang sesuai dengan keahlian, minat, dan anggaran Anda.

Meski begitu, semua ide bisnis rumahan yang kami berikan di sini hanyalah titik awal dari berbagai proses yang harus Anda jalani. Agar sukses memulainya, Anda harus memiliki rencana yang matang, pengalaman pengguna yang baik, strategi pemasaran yang solid, dan tool yang tepat untuk mengelola pekerjaan.

Sudah memutuskan akan memulai yang mana? Beri tahu kami di bawah ini!

Penulis

Author

Faradilla Ayunindya / @faradilla

Faradilla adalah penerjemah bahasa Inggris ke bahasa Indonesia yang menyukai segala hal tentang IT dan senang mengikuti tren seputar teknologi. Ia ingin turut berbagi informasi mengenai topik yang sedang populer di dunia online melalui tutorial yang ditulisnya di blog Hostinger.

Tutorial pilihan

Tutorial terkait

Ketik balasan

Komentar*

Nama*

Email*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jadilah bagian dari Hostinger!