20+ Ide Bisnis Online Menguntungkan dan Cara Memulainya

Semua serba mudah dengan internet. Bahkan, ada banyak sekali ide bisnis online untuk kerja dari rumah tanpa harus membuat toko fisik. Hmm, menarik ya? Bayangkan, Anda bisa memiliki jam kerja yang lebih fleksibel dan menjadi ‘bos’ untuk diri sendiri.

Terlebih lagi, pandemi COVID-19 tiba-tiba membuat sejumlah orang harus bekerja dari rumah. Membuka bisnis di internet menjadi salah satu solusi yang layak dicoba agar Anda tetap bisa mendapatkan pemasukan.

Nah, di artikel ini, kami akan membahas 20+ ide bisnis online paling menguntungkan yang bisa Anda lakukan dari rumah dan dimulai saat ini juga. Yuk, simak artikel ini dan semoga berhasil memulai bisnis!

22 Ide Bisnis Online yang Menguntungkan di Tahun 2022

Yuk coba ide jualan online untuk pemula maupun profesional ini:

1. Pemasaran afiliasi

Pemasaran afiliasi, atau yang disebut juga affiliate marketing, dilakukan dengan menawarkan produk atau layanan mitra dan Anda akan menerima komisi jika berhasil menjualnya. Cara ini menjadi salah satu ide bisnis online yang menguntungkan karena bisa dilakukan dari mana saja.

Banyak online content creator yang mencari uang di internet dengan berbisnis afiliasi berkat pengaruh mereka yang cukup besar. Sebagian besar produk atau layanan yang dipromosikan influencer, terutama dengan metode dari mulut ke mulut, akan menjadi strategi pemasaran yang cukup efektif.

Berikut cara mengeksekusi ide bisnis online ini:

  1. Buat website/blog dengan topik yang spesifik.
    Mulailah dengan membuat website atau blog dengan topik tertentu. Sebagai rekomendasi, silakan baca artikel kami tentang topik blog yang paling banyak dikunjungi.
  2. Cari program afiliasi sesuai topik Anda.
    Setelah menentukan topik, sekarang saatnya mencari program afiliasi yang paling sesuai dengan website atau blog Anda. Untuk membantu Anda, kami sudah menyiapkan daftar program afiliasi terbaik yang bisa Anda coba.
  3. Mulai ide bisnis online Anda dengan pemasaran afiliasi.
    Untuk memulai dan sukses dengan cara ini, rajin-rajinlah memposting konten. Semakin sering Anda melakukannya, semakin bagus kualitas konten yang dihasilkan.

Beberapa program afiliasi yang cukup populer saat ini adalah program afiliasi Hostinger, Amazon, atau ShareASale. Ada banyak sekali produk dan layanan untuk diulas dan dituliskan di blog Anda. Jangan lupa, pilihlah niche yang sesuai dengan topik website atau blog Anda.

Cara mendapatkan uang dari internet dengan bergabung di program afiliasi Hostinger

2. Buat dan dapatkan uang dari blog

Ide bisnis online yang satu ini cukup populer untuk dilakukan saat ini. Ya, Anda bisa dapat uang dari blog dengan menerapkan langkah-langkah yang tepat.

Beberapa blogger bahkan bisa menghasilkan hingga jutaan rupiah dari blog yang dikelolanya. Satu hal yang perlu diingat, Anda harus selalu konsisten dalam mengelola blog yang dimiliki. Anda harus sering memposting konten, berinteraksi dengan audiens, dan selalu up-to-date dengan hal-hal yang sedang tren sesuai niche/topik Anda.

Berikut cara bisnis online menggunakan blog:

  1. Buat blog terlebih dahulu.
    Agar ide bisnis online Anda berjalan lancar, buatlah blog terlebih dulu. Ikuti langkah-langkahnya di artikel kami tentang cara membuat blog. Lalu, supaya blog tidak sering down, cari layanan hosting terbaik dengan bantuan 24/7.
  2. Optimasi blog Anda dengan SEO.
    Selanjutnya, Anda harus menerapkan cara SEO agar trafik blog naik. Dengan demikian, blog Anda akan dikenal secara lebih luas dan bisa memberikan penghasilan.
  3. Hasilkan uang dari blog Anda.
    Setelah membuat blog dan mengoptimasinya, Anda pun bisa mulai kerja online dari rumah dan menghasilkan uang dari blog.

Anda juga bisa belajar dari beberapa blogger ternama, seperti Sue Dunlevie yang mengadakan kursus online untuk membantu subscribernya mengembangkan website.

Bisnis dari rumah dengan bikin blog

3. Jadi content creator di Patreon

Jika Anda punya skill atau keterampilan di dunia seni, cobalah menjadi online content creator di Patreon. Platform penggalanan dana ini memiliki banyak anggota yang membutuhkan dukungan dana dari para audiens yang menyukai karya mereka.

Ide bisnis dari rumah tanpa modal - bergabung di patreon

Nantinya Anda bisa membuat beberapa pilihan berlangganan karya dengan nomina biaya yang berbeda-beda. Karena mereka sudah ‘membayar’, berikanlah konten yang eksklusif mulai dari proses di balik layar hingga kursus online.

Contoh creator yang sukses membangun personanya di Patreon adalah Humans of New York dan Markus Magnusson. Bahkan, mereka juga sudah memiliki fanbase di Patreon.

Untuk memulai ide bisnis online di Patreon ini, ikuti cara berikut:

  1. Siapkan jenis karya Anda dan daftar Patreon.
    Kunjungi halaman sign-up Patreon dan daftarkan diri Anda. Atau, pilih starter kit sesuai karya Anda. Atau, Anda juga bisa mencoba paket berbayar Patreon untuk mendapatkan tool bisnis, yang biayanya diopotong dari keuntungan yang Anda dapatkan.
  2. Lengkapi halaman Patreon Anda.
    Setelah mendaftar, Anda akan diminta untuk melengkapi beberapa informasi akun dan halaman, seperti foto profil, lokasi Anda, dan metode penerimaan pembayaran.
  3. Preview page dan mulai tampilkan karya Anda.
    Selanjutnya, preview halaman Anda untuk melihat apakah Anda sudah siap memamerkan karya Anda yang luar biasa. Setelah semuanya siap, Anda pun bisa memulai ide bisnis online ini.

4. Menjual produk buatan tangan

Ide bisnis online selanjutnya adalah menjual produk buatan tangan. Biasanya, orang-orang mau membayar lebih kalau produk yang dijual itu unik dan tidak ada di tempat lain. Jadi, Anda bisa menetapkan harga jual lebih tinggi dari harga rata-rata di pasaran.

Situs seperti Etsy, eBay, dan bahkan platform media sosial, contohnya Instagram, bisa menjadi tool marketing untuk mempromosikan bisnis atau usaha kecil-kecilan. Meskipun demikian, akan lebih nyaman dan mudah jika punya toko online sendiri. Anda bisa lebih bebas mengelola brand dan tidak perlu membayar biaya tambahan yang biasanya dibebankan oleh pihak ketiga.

Website Bario Neal bisa dijadikan inspirasi kalau-kalau Anda ingin tahu cara jualan online dan mempromosikan produk di internet. Toko online sederhana ini berhasil mempertahankan pelanggannya dalam kurun waktu lama.

Bagi yang baru pertama kali memulai bisnis dari rumah ini, bisa mencari ide dan belajar banyak hal di kursus online seperti Udemy.

5. Jualan barang bekas di OLX atau Facebook

Belakangan ini, permintaan barang bekas cukup tinggi. Ditambah lagi masih banyak orang yang suka berburu produk bagus dan berkualitas dengan harga yang cenderung murah. Meskipun ada banyak pilihan situs ecommerce, OLX dan marketplace Facebook masih berada di urutan paling atas untuk menjual barang-barang bekas.

Untuk memulai ide bisnis online ini, Anda bisa mempelajari kursus yang disediakan oleh Facebook sendiri mengenai cara mulai berjualan di Facebook, atau langsung menjual barang-barang bekas yang sudah Anda kumpulkan.

6. Amazon FBA

Jika ingin skala yang lebih luas dengan jangkauan ke seluruh dunia, Anda bisa mencoba platform Fullfillment by Amazon. Nantinya, Anda menyerahkan pengelolaan stok barang, pengiriman, dan bantuan pelanggan kepada Amazon.

Program ini menjadi solusi terbaik bagi para pebisnis baru yang ingin menikmati kemudahan dalam pengoperasian usaha. Namun, program ini tidak 100% gratis. Anda masih harus membayar biaya pengoperasian dan penyimpanan. Namun, kalau dibandingkan dengan biaya aspek lainnya (jika Anda mengurus segalanya sendirian), biaya FBA jauh lebih murah dan terjangkau.

7. Memulai usaha dropship

Ide bisnis online berikutnya adalah bisnis dropship. Berbeda dari toko online pada umumnya yang harus berurusan dengan pengadaan dan pengelolaan barang, bisnis dropship hanya membutuhkan kesediaan Anda untuk membuat situs e-commerce.

Nantinya, Anda bekerja sama dengan pemasok barang yang akan Anda jual. Barang jualan tersebut bisa diganti labelnya dengan brand sendiri (tentunya sudah melalui kesepakatan bersama). Pada saat pelanggan melakukan pembelian, Anda meminta wholesaler untuk mengirimkan barang pesanannya.

Nah, kalau Anda ingin menjalankan bisnis dari rumah modal sedikit, bisnis dropship bisa jadi ide yang bagus. Bahkan Anda hanya perlu membuat website, memiliki laptop, dan memperoleh akses ke direktori wholesale supplier, seperti SaleHoo dan AliDropship.

Ide bisnis rumahan - Dropshipping

Untuk membuat website dropship, kami menyarankan platform WordPress dan plugin WooCommerce. Selain itu, juga ada dua hal berikut yang patut untuk dipertimbangkan:

  • Pilih niche yang spesifik.
    Sama seperti blog afiliasi, Anda juga harus memilih niche yang spesifik untuk menarik perhatian pelanggan. Gunakan niche produk yang tepat untuk menjual puluhan hingga ratusan barang.
  • Bekerja sama dengan mitra yang punya reputasi bagus.
    Produk harus dikirimkan dalam kondisi yang bagus dan tepat waktu. Jika semuanya serba kurang, reputasi Anda yang jadi taruhannya. Jadi, berhati-hatilah saat memilih pemasok.

Satu fakta yang harus Anda tahu, sebagian besar dropshipper menjual barang yang sama. Jika ingin bersaing di pasar, Anda harus bisa menonjolkan keunikan. Biasanya para pelaku bisnis hanya bermain di satu niche yang spesifik. Misalnya, Mooshe Socks hanya menjual produk kaus kaki dengan desain yang lucu.

8. Menjadi YouTuber

Popularitas YouTube seolah tak ada matinya, apalagi di masa pandemi seperti ini. Banyak orang kerja online dari rumah dan mengisi waktu santainya dengan menonton video YouTube. Sebagai platform yang paling banyak ditonton, YouTube tentu bisa menjadi wadah untuk ‘mencari cuan’ sebanyak-banyaknya.

Dengan jumlah pengguna lebih dari dua miliar orang, berarti ada banyak niche bisnis yang bisa ditelusuri lebih jauh. Misalnya, membuat vlog, streaming video game, hingga cover lagu atau instrumen. Bisa dibilang pilihannya hampir tak terbatas.

Besaran revenue (pendapatan) yang dihasilkan tergantung pada usaha dan strategi pemasaran yang dilakukan melalui channel yang dimiliki. Kebanyakan YouTuber mendapatkan uang dari pemasaran afiliasi, kerja sama (sponsorship), merchandise, dan Google AdSense. Sebagiannya lagi menawarkan kursus online, seperti yang bisa ditonton di channel Jay Shetty.

Menjadi YouTuber tidak bisa hanya bermodalkan kemampuan bicara. Anda juga harus bisa mengedit video dan memiliki peralatan dan perangkat pembuatan video yang bagus.

Jalin komunikasi antara Anda dan subscriber. Bangun fanbase yang solid karena biasanya kerja sama tercipta bila Anda memiliki subscriber yang banyak dan loyal.

9. Menjadi podcaster

Sadar nggak, sihkalau podcast makin hari makin bersinar? Yap! Banyak orang yang memutuskan untuk menjadi podcaster karena bisnis ini cukup menjanjikan. Di Amerika Serikat saja, ada lebih dari 140 juta orang yang mendengar podcast. Peluang ini kemudian dilihat oleh perusahaan dan pebisnis yang ingin mengiklankan produk mereka menggunakan jasa podcaster.

Membuat podcast juga harus memperhitungkan niche yang digunakan. Kalau Anda ingin memproduksi podcast dengan tema yang umum, pastikan konten yang dibagi punya ciri khas agar bisa bersaing dengan podcaster lainnya. Atau, Anda juga bisa membuat podcast tentang berita terkini tapi spesifik. Misalnya, mengulas informasi dan berita seputar social distancing dan virus COVID-19.

Lalu, dari mana podcaster mendapatkan uang? Biasanya mereka akan bergabung di pemasaran afiliasi dan memproduksi konten bersponsor. Kalau podcast sudah punya pendengar yang banyak, Anda bisa mendaftar di jaringan iklan podcast, seperti Midroll.

Berikut yang harus dipersiapkan untuk memulai contoh ide bisnis kreatif ini:

  1. Miliki perlengkapan audio yang mumpuni.
    Podcast dengan suara yang jernih dan “renyah” akan lebih disukai oleh pendengar, mengingat konten jenis ini biasanya mengutamakan suara dalam dialog atau percakapan.
  2. Gunakan software editing suara profesional.
    Untuk mengedit hasil rekaman Anda sehingga bisa memiliki kualitas yang baik, install software editing suara profesional, misalnya Adobe Audition.
  3. Gabung di platform podcast atau buat website sendiri.
    Jika sudah memiliki konten podcast, Anda bisa mulai memublikasikannya di platform suara seperti Spotify atau Apple. Selain itu, Anda juga bisa membuat website sendiri agar bisa lebih leluasa dalam mengelola konten podcast Anda.

10. Membuka kursus online

Dengan adanya internet, semua orang bisa mempelajari apa pun. Sebagai contoh, kalau Anda ingin tahu cara bikin website, tinggal ketik kata kunci di Google dan mesin pencari tersebut akan menampilkan hasil pencarian yang relevan. Bahkan untuk info dan tips, seperti cara memperbaiki mesin pemotong rumput atau cara merebus telur, juga tersedia di internet.

Nah, Anda juga bisa turut memanfaatkan ide bisnis online ini dengan membuat kursus berbayar atau memulai website e-learning. Topik yang bisa Anda pilih juga sangat beragam, tapi pastikan sesuai dengan keahlian yang Anda kuasai.

Di antara banyak tool yang menawarkan kemudahan pembuatan kursus online, ada WooCommerce dan ekstensi Sensei.

Bisnis di Rumah - Tool Buat Website Kursus Online

Sebagai inspirasi, Anda bisa mengunjungi website Kate Bagoy, yang mengadakan kursus online seputar program pelatihan bisnis bagi freelancer dan konsultan.

Bisnis yang bisa dilakukan di rumah - Contoh Tutor Kursus Online yang Sukses

Selain konten tertulis, kursus online juga bisa dihadirkan dalam bentuk video call pribadi atau video call yang dikirimkan ke audiens. Tawarkan juga ebook gratis atau gunakan email marketing untuk memberikan layanan berlangganan sehingga klien tahu seberapa efektif kursus online Anda bisa membantu mereka.

11. Pengembangan web (web development)

Tak bisa dipungkiri, jasa web developer saat ini menjadi salah satu ide bisnis online paling menguntungkan. Hal ini tidak lepas dari meningkatnya pengguna internet di seluruh dunia, yang turut mengharuskan perusahaan dan entrepreneur untuk membangun reputasi mereka dalam bisnis online.

Dibanding pilihan lainnya di artikel ini, profesi menjadi web developer cenderung lebih rumit. Anda harus menguasai berbagai bahasa pemrograman, mulai dari JavaScript hingga Phyton. Bahkan Anda harus tahu cara melakukan maintenance website dan menerapkan strategi SEO.

Jika ingin mencoba cara menjadi web developer, kunjungi situs belajar online, seperti Codecademy dan Treehouse. Tersedia juga website lain yang menyediakan materi belajar coding online secara gratis.

Kemudian, buat portofolio online untuk menampilkan proyek pengembangan web yang sudah Anda selesaikan selama ini. Kalau ingin memperoleh inspirasi, kunjungi website serupa, misalnya website Matt Farley.

12. Pengembangan aplikasi (app development)

Sampai saat ini, aplikasi masih menjadi teknologi yang banyak digunakan. Tak heran kalau pengembangannya terus dilakukan dan kerap dipandang sebagai salah satu sumber mata pencarian terbaik, entah itu utama atau sampingan.

Aplikasi Flush, misalnya, memudahkan penggunanya menemukan toilet yang lokasinya berdekatan dengan mereka. Tool ini tentu menjadi solusi bagi mereka yang sedang di luar rumah dan ingin buang air besar atau kecil.

Kabar baiknya, untuk melakukan app development, Anda tidak wajib menguasai kemampuan coding. AppyPie dan AppShet adalah contoh software yang mengundang siapa pun tanpa latar belakang teknis untuk mendesain aplikasi mobile. Hanya saja, akan lebih baik lagi kalau Anda paham tentang user-friendly mobile experience dan desain antarmuka.

Aplikasi akan lebih banyak diunduh jika gratis. Nantinya Anda bisa menambahkan fitur premium yang harus dibeli dan ruang iklan berbayar.

13. Video game development

Berkembangnya industri video game yang semakin pesat bisa jadi peluang bisnis dari rumah terbaik bagi Anda untuk menghasilkan banyak uang. Sama seperti app development, ada banyak software yang memungkinkan pemula untuk membuat video game tanpa harus menguasai pemrograman terlebih dulu, misalnya Unity dan GameMaker: Studio.

Video game yang bagus harus punya gameplay yang menarik serta challenge (tantangan) yang semakin membuat pemainnya tergoda untuk terus bermain. Semakin bagus kalau Anda juga menyertakan alur cerita. Anda bisa membuat game sederhana, seperti Dots, atau yang lebih rumit dan kompleks, misalnya Clash of Clans.

App development bisa jadi ide bisnis online untuk pemula yang sangat menggiurkan. Buatlah aplikasi game gratis yang bisa diunduh oleh siapa pun dan tambahkan fitur pembelian dalam aplikasi. Misalnya, buat beberapa fitur premium yang akan membantu pemain mencapai tujuannya. Nah, fitur premium ini hanya bisa diakses kalau sudah dibeli.

Atau, Anda juga bisa memasukkan aplikasi game buatan Anda ke Play Store, App Store, atau Stream untuk menjangkau lebih banyak pemain.

14. Bekerja sebagai asisten online (virtual assistant)

Tugas asisten online sama seperti asisten pada umumnya. Hal yang membedakan hanyalah tempat kerjanya. Karena bisa dilakukan di rumah, asisten online bisa jadi ide bisnis online yang menguntungkan. Anda bertugas untuk menangani administrasi yang diserahkan oleh klien, misalnya membalas email, mengatur jadwal temu, membuat spreadsheet menjadi otomatis, dan lain sebagainya.

Tak hanya blog dan website, asisten online juga wajib memiliki ‘niche’ demi mempermudah fokus area dan pasar. Misalnya, Miranda Hassen menawarkan jasa digital marketing untuk enterpreneur kreatif.

Bisa dibilang, hampir tak ada satu pun hal yang membatasi ruang gerak asisten online. Sebagian klien bahkan akan meminta bantuan Anda untuk mengelola toko online, media sosial, hingga website mereka. Pekerjaan ini bisa dijadikan kesempatan untuk mempelajari berbagai bidang.

Berikut cara untuk mulai kerja online dari rumah sebagai virtual assistant:

  1. Siapkan dan sempurnakan CV/resume online Anda.
  2. Upload ke marketplace khusus pekerjaan, misalnya Upwork.
  3. Jangkau calon klien dengan menawarkan jasa Anda secara proaktif.
  4. Buat website portofolio untuk menunjukkan profesionalisme.
Contoh ide bisnis online - profesi asisten online di Upwork

15. Membuka jasa desainer grafis

Punya bakat di bidang seni dan desain? Coba peruntungan dengan melamar sebagai graphic desain freelance.

Sampai saat ini, masih banyak perusahaan yang membutuhkan jasa desain grafis yang akan bertanggung jawab dalam membuat dan merancang visual branding. Bidang pekerjaan Anda meliputi logo, postingan media sosial, infografis, dan lain sebagainya.

Ide bisnis online kreatif ini cocok banget untuk siapa pun karena tidak mengharuskan adanya gelar pendidikan. Namun, bukan berarti Anda tidak perlu mengasah kemampuan desain Anda. Jangan ragu untuk mengikuti kursus online atau membaca buku desain gratis. Miliki juga komputer yang bagus, drawing tablet (tablet khusus gambar), dan software desain grafis, seperti Adobe Creative Cloud.

Lingkup pekerjaan graphic designer cukup kompetitif. Jadi, pastikan Anda punya portofolio yang memiliki ciri khas. Untuk mendapatkan gambaran, Anda bisa berkunjung ke website portofolio seperti Rafael Kfouri.

Website portofolio Rafael Kfouri

Untuk mendapatkan pekerjaan freelance graphic designer, kunjungilah situs loker, seperti Dribbble dan Behance. Kalau belum ada klien yang ingin bekerja sama, mungkin Anda bisa membuka toko online sendiri dan menjual hasil karya.

16. Menjadi guru online dengan kursus video

Memiliki kemampuan akademik di atas rata-rata dan suka mengajar? Jangan sia-siakan bakat Anda! Ubah skill tersebut menjadi ide bisnis online. Anda bisa membuka bimbingan belajar online untuk membantu murid-murid menghadapi tes masuk perguruan tinggi.

Profesi guru online ini bisa langsung dimulai di platform seperti Ruangguru, Teachable, dan Udemy. Ketiga situs ini memberikan kemudahan baik bagi Anda maupun para murid yang ingin mendalami ilmu pengetahuan dari rumah.

Kemudian, jika sudah banyak murid yang bergabung, Anda bisa membuat website kursus online sendiri yang memberikan keleluasaan dan kebebasan dalam menerapkan metode pengajaran dan juga sistem monetisasi.

17. Menulis informasi produk

Informasi produk merupakan materi digital berupa konten untuk audiens. Tipenya bervariasi, mulai dari ebook, webinar, hingga situs keanggotaan. Ide bisnis online unik ini sangat cocok bagi mereka yang ingin kerja online dari rumah.

Konsepnya sama seperti kursus/pelatihan online. Anda harus memahami suatu bidang untuk bisa benar-benar terjun dalam bisnis ini. Anda bisa membuat informasi produk untuk berbagai topik, misalnya menerapkan gaya hidup ‘zen habit‘ atau tips agar diterima sebagai karyawan di bidang perbankan dan investasi.

Jika ingin ulasannya laris-manis, bahaslah sesuatu yang mampu menjawab permasalahan yang sering dihadapi audiens. Selain itu, buatlah landing page dengan image yang kuat untuk menaikkan konversi (mengubah status pengunjung menjadi pelanggan), seperti yang dilakukan Fizzle.

Beranda Fizzle

18. Jadi penulis di Amazon Kindle

Bagi yang punya hobi menulis, mempublikasikan bukunya di Amazon KDP bisa jadi ide bisnis online terbaik, lho. Terlebih lagi Anda bisa melakukannya di mana saja, bahkan dari kamar sambil berbaring dan mendengarkan lagu favorit.

Dengan menerbitkan buku sendiri, Anda memiliki hak atas karya tulisan dan harga jual buku di pasaran.

Proses menerbitkan buku di Amazon tidak begitu sulit. Hanya saja, yang perlu diketahui, Amazon menetapkan potongan biaya dari royalti yang diterima. Jadi, pilihlah opsi royalti yang menurut Anda paling sesuai.

Promosikan buku melalui iklan online dan media sosial. Buatlah landing page yang memuat alasan mengapa buku Anda layak untuk dibaca, seperti yang dilakukan oleh Tim Ferriss.

Bergabunglah di program KDP Select untuk memperoleh tool promosi agar buku lebih dikenal. Namun, dengan mengikuti program ini, berarti buku Anda hanya bisa didapatkan secara eksklusif di Kindle.

19. Memulai jasa online Ad Manager

Iklan digital berperan besar terhadap kesuksesan suatu bisnis. Tak heran kalau banyak pebisnis yang kemudian menginvestasikan sebagian dana di iklan ini. Sayangnya, tidak tidak semua orang tahu cara mengelola iklan.

Sebagai online ad manager, Anda bertugas untuk menangani kebutuhan periklanan di berbagai platform – sesuai yang diminta klien – seperti Google, Facebook, dan Instagram.

Sempurnakan juga pengetahuan marketing Anda dengan mempelajari strategi bidding PPC, ad pricing model (model/tipe harga iklan), dan analytics.

Buatlah website profesional yang mempromosikan layanan manajemen iklan yang Anda geluti. Pasang di akun media sosial, iklan, dan situs lowongan kerja, seperti Workable, untuk mendapatkan klien.

Jika sudah berhasil membangun reputasi yang kuat, cobalah menawarkan diri sebagai seorang konsultan dan pembicara profesional, seperti yang dilakukan Kirk Williams dari Zato Marketing.

20. Membangun website lowongan kerja

Website loker Contena

Sekarang ini semakin banyak orang yang mencari kerja di internet. Sayangnya, tidak semudah itu menemukan lowongan kerja yang masih tersediaBelum lagi pihak lain yang memanfaatkan kesempatan ini dengan mengiklankan loker palsu. Satu-satunya cara adalah dengan berlangganan layanan premium. Selain menghemat waktu (karena tidak perlu scanning dari situs yang satu ke situs lainnya), pencari kerja juga bisa langsung terhubung ke lowongan kerja yang sesuai dengan bidangnya.

Kalau Anda berencana untuk membantu orang-orang yang saat ini masih dalam tahap mencari kerja, dan juga jeli melihat tawaran kerja yang bagus, nggak ada salahnya, kan, membangun website loker? Nantinya Anda bisa memberlakukan biaya berlangganan bulanan bagi mereka yang menginginkan akses premium dan kesempatan lebih besar untuk melamar pekerjaan. Atau terapkan kebijakan pembayaran bagi mereka yang ingin mengiklankan tawaran kerja di situs Anda.

Untuk membangun website loker yang kuat, Anda butuh platform yang andal dan metode pembayaran yang kredibel. Misalnya, Anda bisa mengonlinekan website di platform wordPress dan menginstall plugin untuk menambahkan fitur. Setelah itu, kelolalah dengan baik agar trafik meningkat dan website ramai pengunjung.

Untuk menaikkan trafik baik dari pemasang iklan loker maupun pencari kerja, Anda tidak bisa berharap pada konten website saja. Buatlah blog dan publikasikan konten gratis.

21. Buka jasa reseller hosting

Ide bisnis online yang juga bisa menghadirkan ‘cuan’ berlipat ganda adalah dengan menjadi reseller hosting. Peluang ini makin terbuka lebar kalau Anda juga paham pengembangan website (web development).

Reseller hosting

Konsep dasar dari bisnis online paling mudah ini adalah penyewaan ruang server yang akan digunakan untuk membuat paket web hosting.

Misalnya, sister company Hostinger, yakni Hosting24, menyediakan paket reseller hosting yang sepenuhnya didukung WHM dan cPanel. Software ini nantinya memperbolehkan Anda menetapkan batasan tertentu serta menambahkan atau mengecualikan beberapa fitur.

Jika ingin fokus di bidang pembuatan website, reseller hosting adalah bisnis dari rumah yang paling cocok untuk Anda.

22. Jual beli website dan domain

Jangan sia-siakan pengetahuan web development yang Anda miliki. Coba peruntungan baru, misalnya dengan jual beli website dan domain. Anda hanya perlu membeli website dan domain, kemudian mengelolanya, lalu menjual kembali.

Tahukah Anda kalau orang-orang lebih suka membeli website yang sudah punya nama? Alasannya senderhana, membangun domain authority dan memasang backlink membutuhkan waktu yang lama. Jadi, belilah domain yang punya potensi bisnis, yang bahkan siapa pun rela membayar lebih.

Empire Flippers dan Flippa adalah contoh situs jual beli website. Pastikan website dan domain yang hendak dibeli tidak dalam masa penangguhan atau terindikasi virus.

Flippa

Cara Bisnis Online Mudah untuk Pemula

Secara umum, ada beberapa cara yang perlu Anda lakukan untuk mulai mengeksekusi ide bisnis online yang menguntungkan. Jika sudah menentukan apakah akan menawarkan produk atau jasa, selanjutnya Anda tinggal melakukan langkah-langkah di bawah ini.

Berikut cara bisnis online yang bisa Anda coba:

1. Riset dan cari tahu peluang pasar

Langkah ini harus dilakukan bersamaan ketika Anda sedang memilih ide bisnis online yang akan dijalankan. Dengan demikian, Anda pun bisa memperkirakan berapa banyak modal yang harus dikeluarkan dan keuntungan yang akan didapat.

Produk atau jasa yang Anda tawarkan harus mampu mengatasi masalah yang ada di pasar saat ini. Silakan baca artikel kami tentang produk jualan online terlaris jika Anda ingin menjual produk, atau rekomendasi situs freelance jika Anda ingin menawarkan jasa.

2. Lihat kisaran harga di antara pesaing

Apa pun yang Anda tawarkan dalam ide bisnis online Anda, langkah ini menjadi salah satu cara bisnis online yang paling utama. Jangan tetapkan harga yang terlalu mahal karena mungkin nanti tidak ada yang mau membeli produk Anda, dan pastikan juga harganya tidak terlalu murah agar bisa tetap mendapat untung.

Lakukan perhitungan antara biaya yang Anda keluarkan untuk modal dan produksi, lalu tetapkan harga yang menurut Anda pantas. Jangan lupa juga untuk memberikan kualitas yang sepadan untuk harga yang Anda tentukan.

3. Tentukan model bisnis

Setelah menentukan ide, cara bisnis online berikutnya yang harus Anda lakukan adalah menentukan model bisnis yang akan diterapkan. Ada model B2B (Bisnis ke Bisnis), B2C (Bisnis ke Konsumen), C2B (Konsumen ke Bisnis), atau C2C (Sesama Konsumen). Untuk lebih lengkapnya, silakan baca artikel kami tentang model bisnis e-commerce.

4. Buat website untuk reputasi online

Cara bisnis online ini sangat penting dan bisa dibilang wajib. Jika bisnis offline memiliki toko fisik untuk menunjukkan reputasinya, toko online harus punya website untuk menunjukkan profesionalisme Anda. Website juga penting untuk membangun brand awareness.

Cari tahu lebih lanjut tentang cara bikin website di artikel kami, yang menjelaskan langkah-langkahnya secara lebih lengkap dan mendetail. Pilih cloud hosting murah untuk mengonlinekan website. Biayanya terjangkau, tapi memiliki power canggih untuk performa web lebih maksimal.

5. Pilih strategi pemasaran yang tepat

Selanjutnya, Anda harus menentukan strategi pemasaran yang tepat. Strategi yang menurut kami paling tepat dalam cara bisnis online adalah melalui digital marketing. Anda bisa memilih untuk memasarkannya menggunakan Search Engine Marketing melalui website Anda, menggunakan media sosial, atau memanfaatkan tool pemasaran digital seperti Google Bisnisku.

6. Mulai pasarkan produk Anda

Setelah melakukan langkah-langkah sebelumnya, Anda pun siap untuk memasarkan produk. Tapi, cara bisnis online yang baik tidak berhenti di sini saja. Anda harus melakukan berbagai cara untuk mempertahankan pelanggan agar ide bisnis online Anda tetap menghasilkan uang dari Internet.

Mengapa Harus Punya Ide Bisnis Online?

Saat ini, hampir semua bisnis dan perusahaan memanfaatkan internet untuk menjual produknya. Banyaknya pengguna internet di seluruh dunia juga turut menjadi alasan mengapa Anda harus punya ide bisnis online untuk meningkatkan penjualan. Toko atau lokasi fisik sudah tidak bisa lagi diandalkan sebagai satu-satunya cara untuk memperoleh pendapatan.

Adanya jaringan yang terhubung ke seluruh dunia, jasa pengiriman yang siap mengantarkan barang ke mana pun, dan kemudahan akses membuat pelanggan merasa enggan melakukan transaksi secara offline. Kalau bisa hanya duduk dan menunggu barang diantar sampai rumah, kenapa harus repot-repot keluar?

Tips Mencari Ide Bisnis Online untuk Pemula

Mencari ide bisnis online untuk pemula memang susah-susah gampang, apalagi kalau ini pertama kalinya menjalankan bisnis. Berikut beberapa tips yang perlu diperhatikan saat brainstorming ide bisnis dari rumah:

  • Keahlian. Ada banyak keahlian yang harus Anda kuasai jika ingin mendirikan bisnis sendiri. Untuk mempelajari keahlian tersebut, Anda butuh waktu. Buatlah perhitungan berapa lama waktu yang diperlukan sampai Anda benar-benar khatam.
  • Investasi dan keuntungan. Semua jenis bisnis tidak langsung menuai keuntungan begitu dipublikasikan. Diperlukan waktu dan usaha yang maksimal untuk membawa bisnis hingga sukses. Kalkulasikan jumlah biaya awal yang dibutuhkan dan buat prediksi lamanya waktu bisnis berhasil memperoleh pemasukan.
  • Stabil dan bisa berkembang. Kenyatannya, bisnis sewaktu-waktu bisa bangkrut jika Anda tidak tahu cara mengelolanya dengan baik. Buatlah rencana jangka panjang sehingga bisnis Anda bisa bertahan di tengah-tengah masalah, seperti di saat pandemi ini.
  • Hobi dan minat. Jalankan peluang bisnis di rumah yang masih akan Anda geluti di beberapa tahun ke depan. Sebaiknya, bangun bisnis berdasarkan hobi dan minat.

Kesimpulan

Berbagai kemungkinan bisa Anda lakukan dengan hanya bermodalkan internet, termasuk menjalankan bisnis dari rumah. Di saat-saat krisis seperti ini, ketika pandemi COVID-19 melanda hampir semua negara, memiliki usaha sampingan bisa menjadi solusi terbaik. Anda pun tetap bisa kerja online dari rumah dan menjalankan bisnis online yang menguntungkan.

Untuk memudahkan Anda, kami sudah menyiapkan rangkuman dari semua hal yang kami bahas dalam artikel ini.

Contoh ide bisnis kreatif dan ide bisnis online yang menguntungkan:

  1. Pemasaran afiliasi. Dapatkan komisi dengan mempromosikan produk perusahaan.
  2. Bikin blog. Bagikan informasi sesuai minat Anda kepada pembaca untuk membangun audiens.
  3. Jadi content creator di Patreon. Buat akun di Patreon, bangun fanbase, dan pamerkan karya Anda untuk menerima dukungan.
  4. Jual produk kerajinan tangan. Hasilkan produk atau kerajinan buatan tangan, lalu jual melalui website toko online Anda sendiri atau marketplace.
  5. Jualan barang bekas di OLX atau Facebook. Beli barang bekas, lalu jual kembali untuk mendapatkan keuntungan.
  6. Amazon FBA. Jual produk di Amazon dan gabung dalam program FBA. Pengelolaan stok, pengiriman produk, dan dukungan konsumen dilakukan oleh Amazon.
  7. Bisnis dropship. Teruskan produk secara langsung dari pemasok kepada konsumen di toko e-commerce dengan label Anda sendiri.
  8. Jadi YouTuber. Buat konten video dan dapatkan bayaran melalui iklan, misalnya dari Google AdSense.
  9. Menjadi podcaster. Buat poadcast dan cari penghasilan melalui sponsorship (kerja sama) dan jaringan periklanan podcast.
  10. Mulai jasa kursus online. Buat rencana pembelajaran sendiri, atau adakan kursus melalui video conference tentang berbagai keahlian.
  11. Menjadi web developer. Pelajari coding dan bahasa pemrograman web beserta hal-hal terkait maintenance situs.
  12. Memulai jasa pengembangan aplikasi. Pelajari berbagai kursus jika tidak memiliki latar belakang sebagai programmer, lalu gunakan software development tool untuk membuat aplikasi.
  13. Mengembangkan video game. Buat video game gratis dan dapatkan uang dengan menambahkan fitur premium berbayar bagi pemain.
  14. Menjadi asisten online. Siapkan CV/resume lalu tawarkan melalui situs freelance untuk mengelola tugas administrasi klien.
  15. Desainer grafis. Rencanakan materi visual branding, lalu targetkan klien dari kalangan pebisnis dan entrepreneur.
  16. Menjadi guru online. Gabung menjadi guru di platform e-learning, atau ajarkan materi akademik kepada murid-murid dari seluruh dunia.
  17. Menulis informasi produk. B ebook, situs keanggotaan, webinar, atau produk digital lainnya yang memuat konten untuk konsumen.
  18. Menjadi Penulis di Amazon Kindle. Terbitkan buku Anda sendiri di Amazon.
  19. Buka jasa online ad manager. Kelola iklan klien di Google, Facebook, Instagram, dan platform lainnya.
  20. Buat website loker dengan niche spesifik. Sediakan platform atau website untuk mencari pekerjaan bagi para pencari kerja atau mereka yang ingin memasang iklan loker.
  21. Mulai bisnis reseller hosting. Sewa server hosting dan bangun bisnis hosting sendiri.
  22. Jual beli website dan domain. Beli website dan domain dari situs Flippers atau Flippa dan jual kembali setelah Anda mengelolanya.

Cara bisnis online untuk pemula:

  1. Riset dan cari tahu peluang pasar
  2. Lihat kisaran harga di antara pesaing
  3. Tentukan model bisnis
  4. Buat website untuk reputasi online
  5. Pilih strategi pemasaran yang tepat
  6. Mulai pasarkan produk Anda

Semoga artikel ini bisa memberikan contoh ide bisnis kreatif yang bisa langsung Anda jalankan di tahun 2022 ini. Bagaimana, sudah menemukan ide bisnis online terbaik dan menentukan cara bisnis online untuk menjalankannya? Jika punya pertanyaan, silakan sampaikan melalui kolom komentar di bawah ini. Semoga sukses selalu!

Pertanyaan Umum seputar Cara Bisnis Online

Di bagian ini, kami akan menjawab beberapa pertanyaan umum tentang cara bisnis online.

Berapa lama bisnis mulai mendapatkan keuntungan?

Umumnya, bisnis membutuhkan waktu dua sampai tiga tahun untuk mulai menghasilkan laba. Tapi, perkiraannya bisa bervariasi tergantung jenis bisnis karena masing-masing memerlukan modal, biaya operasional, dan upaya yang berbeda-beda.

Misalnya, blog mungkin bisa menghasilkan keuntungan lebih cepat daripada toko online karena modalnya lebih sedikit. Di sisi lain, freelancer dan kontraktor independen perlu bertahun-tahun sampai skill dan portofolionya mumpuni untuk mendapatkan pekerjaan.

Berapa banyak keuntungan yang bisa saya hasilkan?

Jumlahnya akan berbeda-beda tergantung pada berbagai faktor, misalnya dari strategi pemasaran dan ruang lingkup operasinya.

Misalnya di AS, blogger yang menjual space iklan menghasilkan sekitar $32.800/tahun, sedangkan affiliate marketer menghasilkan rata-rata $52.130/tahun. Mereka mengandalkan traffic website, sehingga exposure website akan turut meningkatkan pendapatan.

Profesional dengan skill tertentu bisa menentukan harga layanannya berdasarkan sertifikasi dan pengalaman. Di AS, gaji pokok rata-rata freelancer adalah $21,07/jam. Tarif ini bisa lebih tinggi kalau lebih banyak pelanggan merasa puas dengan pekerjaan Anda.

Berapa waktu yang harus saya dedikasikan setiap harinya untuk bisnis online?

Semuanya tergantung pada apakah Anda ingin melakukannya sebagai sampingan atau penuh. Kalau sampingan, tiga sampai empat jam setiap harinya mungkin cukup agar Anda masih bisa melakukan kegiatan lain. Kalau untuk pekerjaan penuh, mungkin 60 jam/minggu atau lebih.

Karena bisnis butuh banyak waktu dan upaya, bersiaplah untuk lebih sibuk selama tahun pertama. Sebaiknya tetapkan tujuan bisnis guna menentukan jam kerja yang proporsional untuk pertumbuhan perusahaan yang optimal.

Apakah saya perlu karyawan untuk bisnis online?

Merekrut karyawan bisa mengurangi beban kerja dan meningkatkan efisiensi alur kerja. Orang baru bisa menghadirkan ide-ide baru, yang bisa berkontribusi pada pertumbuhan perusahaan.

Tapi, biayanya bisa menambah pengeluaran bisnis. Selain gaji, Anda mungkin juga perlu membiayai program pelatihan, asuransi kesehatan, dan upah lainnya.

Sebelum merekrut karyawan, pastikan perusahaan Anda mampu membayar biaya untuk anggota baru. Selain itu, evaluasi laba atas investasi masing-masing kandidat untuk memastikan keberhasilan Anda.

Author
Penulis

Ariata C.

Ariata suka sekali menulis dan menerjemahkan, dan sekarang ini bekerja sebagai translator di Hostinger Indonesia. Lewat artikel dan tutorial yang diterbitkan di blog Hostinger, Ariata ingin membagikan pengetahuan tentang website, WordPress, dan hal terkait hosting lainnya kepada para pembaca.