30 Ide Bisnis Online untuk Pemula yang Paling Cuan 2024

30 Ide Bisnis Online untuk Pemula yang Paling Cuan 2024

Banyak sekali peluang cuan yang bisa Anda manfaatkan dengan cara memulai bisnis online. Sebab, ide bisnis online pada umumnya lebih fleksibel dan memiliki potensi jangkauan yang sangat luas.

Para ahli memperkirakan bahwa pendapatan toko online akan terus tumbuh, bahkan hingga Rp125 triliun pada tahun 2026. Apabila sedang mencari ide usaha online yang bisa dimulai sekarang juga, Anda akan menemukan jawabannya di artikel ini!

Kami akan membahas 30 ide bisnis online untuk pemula dan profesional yang bisa Anda mulai dengan cepat. Kami akan menjelaskan setiap langkah-langkahnya, contoh usaha dan skill yang diperlukan, serta potensi penghasilannya.

Kami juga akan memandu Anda mempersiapkan proses eksekusi ide usaha online yang dipilih agar bisa mulai menghasilkan uang dengan mudah dari rumah. Yuk langsung saja! Jangan lupa membacanya sampai selesai, ya.

Ide Bisnis Online yang Menguntungkan untuk Pemula & Profesional

Memulai bisnis online yang sukses memang membutuhkan banyak waktu dan tenaga. Namun, kalau Anda tahu ide usaha seperti apa yang sesuai dengan skill dan minat, peluang untuk sukses sudah pasti akan terbuka lebar dan Anda pun bisa menjalankan bisnis tanpa terpaksa.

Untuk pemula, Anda bisa mencoba ide bisnis online yang menguntungkan berikut ini lebih dulu:

  1. Jadi Content Creator
  2. Buat Blog dan Daftarkan AdSense
  3. Membangun Channel YouTube
  4. Jualan Foto di Internet
  5. Memulai Bisnis Dropship
  6. Menjadi Freelancer
  7. Membuka Jasa Terjemahan
  8. Menyediakan Layanan Transkripsi
  9. Bergabung dengan Affiliate Marketing
  10. Menawarkan Jasa Pembuatan Website

Nah, di bawah ini kami akan membahas langkah-langkah selengkapnya, beserta banyak cara lainnya yang bisa Anda coba. Yuk scroll ke bawah untuk mulai cuan dari ide bisnis online Anda!

1. Jadi Content Creator

menjadi content creator tiktok sebagai ide usaha online
  • Estimasi pendapatan: Rp300.000-Rp15 juta/bulan, tergantung pada tingginya exposure dan engagement
  • Skill yang dibutuhkan: skill merekam dan editing video, content marketing, dan SEO

Kini, menjadi content creator memang menjanjikan keuntungan yang sungguh menggiurkan. Apalagi di dunia yang hampir semuanya bisa diakses secara online seperti sekarang ini, bisa dibilang semua orang suka konten.

Platform seperti TikTok dan Instagram menyediakan ruang yang mudah bagi siapa pun untuk berbagi ide konten dalam video, audio, atau visual yang menarik.

Jumlah pengguna yang terus bertambah di platform-platform online tersebut tidak hanya menghadirkan ruang bagi Anda untuk mengekspresikan diri, tapi juga menawarkan peluang potensial untuk mendapatkan penghasilan.

Untuk menjadi content creator, cobalah berbagai jenis konten. Misalnya, Anda bisa membuat video reaksi, tutorial, atau sekadar berbagi pengalaman sehari-hari. Tetapkan target yang jelas, misalnya mendapatkan 10.000 followers dan 3 video FYP dalam sebulan.

Dengan menetapkan tujuan ini, Anda akan membuka peluang untuk mendapatkan partner endorsement atau afiliasi, yang bisa dimanfaatkan untuk mulai menghasilkan uang. Selain itu, cobalah platform lain seperti Twitter (X), Facebook, atau Pinterest.

Ingat, konsistensi adalah kunci. Jadi, sebisa mungkin Anda harus rutin membuat konten dan mempostingnya di berbagai platform. Pastikan juga untuk membuat konten yang berpotensi dibagikan oleh banyak orang dengan melihat tren yang sedang naik di setiap platform.

2. Buat Blog dan Daftarkan AdSense

  • Estimasi pendapatan: Rp500 ribu-Rp7 juta/bulan, tergantung pada biaya operasional blog dan channel monetisasi
  • Skill yang dibutuhkan: menulis, content marketing, dan SEO

Membuat blog adalah salah satu ide bisnis online yang paling menguntungkan. Beberapa pengusaha besar seperti Pat Flynn memulai bisnisnya dengan menulis blog tentang skill dan pengetahuan mereka untuk target audiens kecil.

website pat flynn

Namun, sukses dalam blogging tidak akan bisa dicapai hanya dengan berbagi pemikiran mengenai suatu topik. Anda perlu fokus pada elemen-elemen berikut sebelum memulai blog:

  • Niche. Blog yang memiliki topik atau pembahasan spesifik umumnya lebih efektif daripada mencampuradukkan berbagai macam tema postingan. Untuk mendapatkan inspirasi, silakan baca artikel kami tentang ide blog yang berpotensi ramai pengunjung.
  • Kualitas konten. Membuat konten yang unik dan berkualitas bisa mengajak pengunjung untuk menjadi pembaca setia dan menaikkan peringkat blog Anda di halaman hasil mesin pencari (SERP).
  • Jumlah traffic. Blogger yang sudah memiliki traffic dan jumlah pengunjung tinggi biasanya memiliki peluang yang lebih baik untuk menarik calon mitra bisnis dan menjual produk atau layanan mereka.
  • Pilihan channel monetisasi. Ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk menghasilkan uang dari blog, seperti pemasaran afiliasi, Google Ads, dan konten berbayar. Pertimbangkan untuk menerapkan semua cara tersebut guna memaksimalkan keuntungan.

3. Membangun Channel YouTube

hostinger indonesia youtube
  • Estimasi pendapatan: Rp5 juta-Rp1 miliar/bulan rata-rata untuk channel dengan 100.000 subscriber
  • Skill yang dibutuhkan: skill komunikasi, pengeditan video, dan manajemen media sosial

Meningkatnya popularitas content creator turut menjadikan konten video sebagai salah satu ide bisnis yang menarik. Dengan lebih dari 120 juta pengguna aktif harian, YouTube kini adalah platform terpopuler untuk memublikasikan konten video.

Untuk memulai ide usaha online sebagai YouTuber, Anda bisa mulai merekam konten video dari rumah, misalnya dengan tema reaction seperti menanggapi video klip musisi tertentu atau pertandingan olahraga, hingga tutorial software dan demo memasak.

Saat memulai channel YouTube, upayakan untuk mendapatkan 1.000 pelanggan dan 4.000 jam tayangan selama beberapa bulan pertama. Sebab, ini merupakan syarat untuk mendaftar Program Mitra YouTube yang memungkinkan Anda untuk memonetisasi channel dan mendapatkan uang dari YouTube.

Setelah itu, Anda bisa mencoba metode monetisasi lainnya seperti pendanaan bersama Patreon, affiliate marketing, dan konten berbayar.

4. Jualan Foto di Internet

  • Estimasi pendapatan: Rp10.000-Rp100 juta/foto, tergantung pada lisensi, resolusi, dan channel distribusi
  • Skill yang dibutuhkan: keterampilan fotografi, artistik, dan SEO

Para fotografer stock photo memproduksi gambar dengan lisensi untuk berbagai tujuan. Sebagai contoh, beberapa perusahaan terkadang membutuhkan foto stok untuk kampanye pemasaran agar konten mereka lebih menarik.

Nah, Anda bisa memanfaatkan ide usaha online ini dengan menjual foto stok. Untuk memulai, dapatkan kamera dan peralatan pencahayaan yang bagus. Lakukan riset untuk menemukan tren foto saat ini dan optimalkan gambar Anda dengan kata kunci yang relevan.

Saran kami, sebaiknya Anda fokus pada niche tertentu untuk memperkuat branding dan ciri khas sesuai keahlian Anda. Contohnya adalah Tania Cervian, yang berfokus untuk memproduksi dan memamerkan potret kreatif minimalisnya.

website Tania Cervian

Website dan aplikasi jual foto online seperti Shutterstock dan Getty Images bisa dicoba untuk membangun portofolio apabila Anda masih pemula. Atau, buat website fotografi sendiri untuk memamerkan karya Anda dan menjualnya sendiri tanpa terikat royalti.

5. Memulai Bisnis Dropship

  • Estimasi pendapatan: Rp200.000-Rp5 juta/bulan, tergantung pada toko dan ukuran marketplace
  • Skill yang dibutuhkan: manajemen bisnis, digital marketing, dan maintenance website

Dropshipping adalah salah satu ide usaha online yang paling mudah untuk pemula karena risikonya rendah namun keuntungannya lumayan besar.

Dengan metode ini, Anda bermitra dengan pemasok untuk menjualkan produk mereka di platform Anda sendiri. Mitra akan menangani penyimpanan stok dan pengiriman barang, sementara Anda bisa fokus pada promosi barang kepada calon pelanggan.

Karena Anda tidak perlu mengelola persediaan barang, biaya awal bisnis ini relatif rendah. Rata-rata modal awal untuk memulai bisnis dropship melalui website adalah Rp750.000 yang sudah mencakup hosting dan domain.

Kalau punya budget lebih, Anda bisa mendaftar keanggotaan di direktori supplier seperti Spocket.

Namun, bisnis online ini tidak memungkinkan pelanggan untuk mengecek produk secara langsung sehingga kesuksesan Anda akan sangat bergantung pada kepercayaan pelanggan.

Pastikan untuk mengevaluasi dan melakukan riset mengenai supplier yang Anda pilih sebelum bekerja sama untuk menghindari masalah, dan berikan layanan yang optimal untuk memastikan kepuasan pelanggan.

6. Menjadi Freelancer

  • Estimasi pendapatan: sekitar Rp400.000/hari, tergantung pada industri dan lokasi pekerjaan
  • Skill yang dibutuhkan: skill dan pengalaman di bidang tertentu

Banyaknya pekerjaan online yang bisa dilakukan dari mana saja turut meningkatkan kebutuhan perusahaan akan freelancer untuk mengerjakan proyek dengan cepat tanpa harus terikat perjanjian kerja jangka panjang.

Bahkan, 75% freelancer melaporkan bahwa pendapatan mereka meningkat per bulannya dibandingkan saat mereka harus bekerja kantoran, yang mengharuskan mereka berada di tempat kerja selama 8 jam per hari.

Nah, kalau sudah punya pengalaman, manfaatkan skill dan networking yang sudah Anda bangun untuk membuka jasa sebagai pekerja freelance.

Ada banyak sekali peluang pekerjaan freelance hampir di semua industri. Namun, beberapa pekerjaan freelance online yang paling banyak dicari saat ini adalah jasa desain grafis, web developer, dan penulis.

Untuk memulai ide bisnis online gratis ini, tentukan skill dan model kerja sama yang unik agar Anda lebih dilirik calon klien di antara banyaknya kompetitor. Contohnya, freelancer Elise Dopson menawarkan jasa penulisan konten bergaya jurnalistik untuk perusahaan B2B dan SaaS.

website penulis freelance Elise Dopson

Untuk memperluas jangkauan pasar sebagai freelancer, Anda bisa membuat website portofolio untuk mempromosikan layanan. Atau, daftar ke platform seperti Fiverr dan buat profil LinkedIn guna meningkatkan online presence Anda.

7. Membuka Jasa Terjemahan

  • Estimasi pendapatan: Rp150/kata-Rp200.000/halaman, tergantung pada sertifikasi dan tingkat pengalaman
  • Skill yang dibutuhkan: pengetahuan bahasa dan budaya, keterampilan komunikasi, dan riset

Kalau menguasai lebih dari satu bahasa, ide bisnis online ini cocok untuk Anda. Namun ingat, saat menerjemahkan teks dari satu bahasa ke bahasa lain, Anda juga perlu melokalkan konten agar sesuai dengan budaya audiens target.

Anda bisa menemukan klien yang membutuhkan jasa penerjemahan di portal kerja atau freelance. Solusi lainnya, cari perusahaan atau agensi penerjemahan yang sedang membutuhkan freelancer.

Pastikan untuk mengumpulkan semua sertifikasi pelatihan, portofolio terbaik, dan daftar klien atau proyek yang pernah Anda selesaikan untuk membangun kredibilitas sebagai penerjemah.

Pertimbangkan untuk mengikuti lebih banyak pelatihan guna mendapatkan sertifikat dan meningkatkan tarif jasa penerjemahan Anda. Daftarkan diri Anda ke organisasi penerjemah di negara Anda agar bisa memperoleh pekerjaan profesional dari klien terkemuka, seperti kantor pemerintah dan perusahaan.

8. Menyediakan Layanan Transkripsi

  • Estimasi pendapatan: sekitar Rp150.000/jam
  • Skill yang dibutuhkan: kemampuan mendengar yang baik, mengetik cepat, dan menggunakan software pengolahan data

Untuk menjalankan ide usaha online yang mudah dimulai ini, Anda perlu melakukan transkripsi file audio menjadi dokumen teks.

Selain kecepatan dan akurasi ketikan, niche atau topik juga bisa memengaruhi pendapatan Anda. Jasa transkripsi medis umumnya mendapatkan bayaran tertinggi, rata-rata Rp370.000/jam.

Apabila ingin menetapkan tarif per jam yang lebih tinggi, Anda harus benar-benar memahami industri yang dipilih.

Jangan lupa, lakukan latihan mengetik secara rutin guna meningkatkan kecepatan dan akurasi Anda. Setelah itu, coba temukan pekerjaan transkripsi di beberapa platform freelance seperti Upwork, atau cek Rev dan TranscribeMe.

9. Bergabung dengan Affiliate Marketing

  • Estimasi pendapatan: sekitar Rp30 juta/tahun, tergantung pada program afiliasi dan niche
  • Skill yang dibutuhkan: content marketing

Affiliate marketing adalah salah satu ide bisnis online tanpa modal yang bisa dimulai dengan mudah. Cara kerjanya, Anda sebagai affiliate mempromosikan produk atau layanan suatu brand dengan menyertakan link mereka dalam konten Anda.

Nantinya, Anda akan menerima komisi berdasarkan jumlah klik atau pembelian yang dilakukan oleh pengunjung melalui link afiliasi dalam konten tersebut.

Untuk memulainya, Anda bisa mendaftar program afiliasi seperti Shopee Affiliate, Tokopedia Affiliate, Amazon Associates, Skimlinks, atau Hostinger Affiliate.

Kemudian, Anda bisa mulai membuat konten, misalnya postingan blog, yang memuat informasi terkait produk yang Anda afiliasikan. Ingat, jangan membuat konten spam yang hanya akan membuat pembaca sebal, tapi buatlah konten asli yang menarik untuk disimak.

Salah satu contoh affiliate yang sudah sukses adalah Baby Gear Lab, website yang menjual perlengkapan bayi dan anak. Website tersebut memberikan rekomendasi produk bayi yang lengkap beserta ulasannya.

Blog Baby Gear Lab juga memberi tahu pengunjung bahwa mereka adalah afiliasi, menyampaikan dengan jelas bahwa pemilik website akan mendapatkan uang kalau pengunjung menggunakan link di website tersebut untuk membeli produk.

10. Menawarkan Jasa Pembuatan Website

  • Estimasi pendapatan: Rp200.000-Rp2 juta/website
  • Skill yang dibutuhkan: desain web, front-end, dan pengetahuan tentang CMS

Menawarkan jasa pembuatan website adalah ide bisnis online yang menguntungkan bagi Anda yang mencari cara untuk mendapatkan uang tambahan. Seiring dengan semakin banyaknya bisnis dan individu yang membutuhkan website, permintaan akan layanan website instan pun meningkat.

Anda bisa menawarkan jasa dengan atau tanpa web hosting dan domain. Kalau klien sudah memiliki hosting dan domain sendiri, Anda bisa lebih fokus pada penginstalan CMS dan desain web. Atau, tawarkan jasa all-in termasuk hosting dan domain.

Atau, Anda bisa menggunakan AI website builder untuk membuat website cukup dengan memilih jenis website lalu mengetikkan sedikit deskripsi website yang ingin Anda buat. Setelah desain awal jadi, Anda bisa menyesuaikannya cukup dengan menggeser-geser elemen di layar.

Pertimbangkan juga untuk menawarkan maintenance rutin atau bahkan manajemen website guna memberikan lebih banyak manfaat kepada klien, tentunya dengan tarif tambahan.

Manfaatkan peluang ini, sebab kini banyak bisnis yang bersedia membayar lebih untuk layanan yang lebih optimal.

11. Menawarkan Jasa Sosial Media Marketing

  • Estimasi pendapatan: Rp50.000-Rp900.000/pekerjaan, tergantung pada tingkat keahlian
  • Skill yang dibutuhkan: content marketing dan pengetahuan seputar tren media sosial

Menyediakan jasa social media marketing adalah ide usaha online ideal bagi Anda yang sudah memahami berbagai teknik pengelolaan atau tren media sosial, seperti pembuatan konten, social listening, dan influencer marketing.

Anda bisa menggunakan akun pribadi Anda sebagai portofolio social media marketer. Menggunakan akun tersebut, terapkan teknik pemasaran sosial untuk meningkatkan visibilitas brand Anda, menarik klien, dan meningkatkan keterlibatan audiens.

Selain mempromosikan diri melalui profil media sosial sendiri, Anda juga bisa membuat website portofolio atau blog untuk memasarkan layanan Anda. Sebagai contoh, Nadine dari The Social Shells memiliki website sendiri untuk memperkenalkan dan meningkatkan kredibilitas brand miliknya secara online.

website The Social Shells

12. Membuka Toko Online

  • Estimasi pendapatan: Rp1 juta-Rp100 juta/bulan, bergantung pada model bisnis, pengeluarannya, dan target pasar
  • Skill yang dibutuhkan: manajemen bisnis, digital marketing, dan maintenance website

Anda mungkin sudah sering membaca rekomendasi peluang bisnis online dengan membuat toko online. Nyatanya, toko online memang masih menjadi salah satu cara terbaik untuk menghasilkan uang online.

Apalagi kalau Anda pintar mencari ide toko online dengan riset produk jualan online terlaris atau mengeksplorasi micro niche.

Awalnya, segmentasi niche mungkin hanya mampu menarik volume traffic rendah. Namun, hal ini akan mempersempit persaingan dan memiliki potensi pertumbuhan yang lumayan.

Neuro, perusahaan permen karet dan mint berkafein, adalah contoh bisnis micro niche yang berhasil meraih sukses. Para pendirinya menciptakan produk ini untuk menyediakan alternatif yang lebih sehat daripada minuman berenergi atau kopi.

website neuro

Sebelum memulai toko online, perkirakan budget dan pengeluaran Anda dengan cermat. Ada beberapa faktor yang akan memengaruhi biaya pembuatan website, termasuk fitur dan platformnya.

Biaya untuk membuat website bisnis kecil sederhana mungkin sekitar Rp750.000-Rp5 juta. Untuk website eCommerce dengan skala yang lebih besar dan kompleks, biayanya mungkin mencapai lebih dari Rp50 juta.

Selain menampilkan produk di website toko online Anda, pertimbangkan juga untuk menjualnya di platform media sosial seperti Facebook atau Instagram. Dengan diversifikasi channel penjualan, Anda pun bisa memperluas jangkauan audiens dan meningkatkan pendapatan.

13. Menjual Pakaian Thrift Shop

  • Estimasi pendapatan: Rp700.000-Rp7 juta/bulan
  • Skill yang dibutuhkan: keterampilan manajemen bisnis dan negosiasi

Bagi Anda yang mencari ide bisnis online untuk pemula, cobalah menjual pakaian second secara online untuk mendapatkan cuan. Cari supplier thrift shop dengan kualitas barang yang baik di wilayah Anda, atau beli dari grup jual-beli barang bekas online.

Ingat, Anda perlu cermat saat memilih pakaian bekas yang akan dijual. Sebab, kalau beruntung, Anda bisa mendapatkan brand terkenal yang dijual murah. Pastikan juga untuk mencucinya sampai bersih dan wangi sebelum menjualnya.

Setelah itu, tentukan harga yang masuk akal dan sebaiknya tidak lebih mahal daripada pakaian baru yang serupa. Atau, Anda bisa menjahit ulang dan memodifikasi pakaian yang kurang bagus untuk menciptakan model baru dan menjualnya dengan harga yang lebih bersaing.

Sebagai contoh, YouTuber fashion bestdressed merombak pakaian bekasnya dan menjualnya di pasar fashion Depop.

profil depop bestdressed

14. Membuka Bimbel Online

  • Estimasi pendapatan: sekitar Rp100.000/jam
  • Skill yang dibutuhkan: pemahaman mata pelajaran sekolah atau tes standar dan keterampilan mengajar

Apabila Anda suka mengajar atau bahkan sudah punya pengalaman mengajar, membuka bimbel online bisa menjadi ide bisnis yang menguntungkan.

Apalagi, sekarang pembelajaran jarak jauh bukanlah hal baru dan banyak orang tua atau wali murid yang membutuhkan bantuan tambahan untuk memberikan pendidikan yang lebih maksimal bagi anak-anak mereka.

Manfaatkan website seperti Ruangguru untuk mencari pekerjaan menjadi tutor online yang sesuai dengan spesialisasi Anda. Atau, kalau ingin menjangkau klien secara lebih luas, tawarkan jasa Anda di media sosial atau website freelanceuntuk menemukan calon siswa.

Untuk membantu Anda meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan calon siswa serta orang tua mereka, pertimbangkan juga untuk membuat website guru.

Kalau sudah punya banyak siswa, Anda bisa mengembangkan sistem pembelajaran menjadi kursus online lengkap di website sendiri. Untuk inspirasi, Anda bisa melihat bagaimana BMAT Crash Course membangun websitenya.

15. Buat Kursus Online

  • Estimasi pendapatan: Rp3 juta-Rp10 juta/bulan, tergantung pada biaya produksi, platform kursus online, dan jumlah siswa
  • Skill yang dibutuhkan: keterampilan mengajar dan keahlian materi pelajaran

Selain mengajar bimbel online, Anda yang suka mengajar juga bisa mencoba membuat kursus online. Bedanya, topik yang diajarkan bisa lebih beragam dan tidak sebatas materi pelajaran sekolah.

Dengan memulai ide bisnis online ini, Anda bisa berbagi pengetahuan dengan orang-orang yang ingin meningkatkan skill dan kemampuannya di dunia profesional, atau untuk mendapatkan pengalaman baru.

Namun, di tengah banyaknya persaingan kursus online saat ini, Anda perlu menemukan topik unik yang belum banyak dibahas oleh orang lain. Kemudian, lakukan riset pasar untuk mengetahui apakah topik tersebut memiliki potensi calon pelanggan.

Sebagai inspirasi, Anda bisa menyimak kursus Crystal Dawn yang berfokus pada cara membuat makanan pencuci mulut. Topik ini cukup spesifik, dan menjangkau niche market para penggemar makanan sehat berbahan tumbuhan.

Meskipun ada berbagai hosted platform untuk kursus online, kami merekomendasikan agar Anda membuat website e-Learning dengan ekstensi LMS. Dengan begitu, Anda pun bisa memilih metode pengajaran dan monetisasi sendiri sesuai preferensi.

16. Jual Karya Cetak

  • Estimasi pendapatan: komisi 10-20%/karya cetak
  • Skill yang dibutuhkan: keterampilan artistik, seperti fotografi, desain grafis, dan seni rupa

Belum familiar dengan ide usaha online yang satu ini? Nah, jadi, kalau hobi menggambar dan memiliki passion di bidang desain grafis, Anda bisa menjual versi cetak dari karya visual Anda. Apalagi kalau sebelumnya Anda sudah sering membagikan karya di media sosial.

Salah satu cara yang paling praktis untuk menjual karya cetak adalah dengan membuat toko online serta mendaftar akun layanan percetakan on-demand seperti Printful, yang akan mencetak karya visual Anda menjadi produk fisik.

Jadi, Anda tidak perlu repot mengurus proses percetakannya serta bisa lebih fokus menghasilkan karya yang menarik dan memasarkan bisnis. Selain itu, layanan percetakan tersebut juga akan mengurus hal-hal terkait penyediaan dan pengiriman item.

Atau Anda bisa mencari inspirasi dari A Beautiful Mess, yang menjual file digital karya mereka dalam ukuran penuh (HD). Dengan begitu, pelanggan bisa mencetak dan membingkai karya seni Anda sendiri tanpa harus ribet dengan pengirimannya.

Namun, Anda perlu berhati-hati terhadap tindak pembajakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab dalam menduplikasi file karya Anda tanpa izin. Selalu sertakan tanda hak cipta atau watermark pada setiap karya seni Anda, dan ambil tindakan kalau terjadi pelanggaran.

17. Jual Barang Buatan Tangan

  • Estimasi pendapatan: Rp30 juta/tahun, tergantung pada bahan dan waktu yang dihabiskan untuk membuat produk
  • Skill yang dibutuhkan: keterampilan kerajinan tangan atau pembuatan barang

Suka menghasilkan karya-karya menarik buatan tangan sendiri? Saatnya membuat barang unik untuk dijual di internet! Luasnya pasar digital juga turut mendorong hasil kerajinan tangan para pengrajin untuk lebih dikenal secara internasional.

Tidak seperti pedagang yang bekerja sama dengan pemasok, Anda bisa menjual barang-barang unik buatan tangan yang tidak bisa ditemukan pelanggan di tempat lain. Jadi, Anda juga bisa mengenakan harga yang lebih mahal untuk hasil kreasi eksklusif Anda.

Bridget Bodenham adalah salah satu contoh seniman yang berhasil menjalankan ide bisnis online dengan menjual hasil kerajinan tangan. Ia membuat set vas dan menjualnya di website toko online, memungkinkannya menerapkan strategi bisnis dan pemasarannya sendiri.

website Bridget Bodenham

Alternatifnya, Anda bisa menjual hasil kerajinan tangan di Etsy. Dengan lebih dari 96 juta pembeli di seluruh dunia, Etsy membantu Anda menjangkau pelanggan ideal dan membangun audiens. Namun, bersiaplah untuk bersaing dengan penjual lain demi mencuri perhatian pembeli.

18. Jasa Pembuatan CV dan Resume

  • Estimasi pendapatan: Rp30.000-Rp650.000/resume
  • Skill yang dibutuhkan: menulis, personal branding, serta pemahaman tentang proses rekrutmen dan ATS

Di dunia kerja yang sangat kompetitif, banyak pelamar yang membutuhkan bantuan untuk membuat CV atau surat lamaran yang baik. Manfaatkan kesempatan ini kalau Anda memahami strategi personal branding dan menulis surat lamaran yang baik.

Temukan klien yang sedang mencari pekerjaan di jaringan profesional seperti LinkedIn lalu tawarkan layanan Anda. Pastikan Anda membuatkan CV yang efektif membantu mereka mendapatkan peluang pekerjaan yang lebih baik.

Untuk memulai, bangun jaringan dan portofolio Anda dengan menyediakan layanan gratis bagi teman atau keluarga. Apabila CV buatan Anda sukses menarik pihak perekrut, tentu saja ini bisa menjadi bukti nyata yang menunjukkan skill Anda.

Pertimbangkan untuk mendapatkan sertifikasi profesional seperti PARWCC guna meningkatkan kredibilitas bisnis Anda. Dengan begitu, Anda akan memiliki nilai pasar yang lebih tinggi saat negosiasi biaya.

19. Terbitkan eBook Sendiri

  • Estimasi pendapatan: 35-75% royalti dari harga eBook, tergantung pada platformnya
  • Skill yang dibutuhkan: kemampuan menulis kreatif dan content marketing

Berkat internet, Anda kini bisa menjadi seorang penulis tanpa harus mengirimkan naskah ke penerbit. Anda bisa menjual eBook melalui website pribadi atau platform self-publishing (penerbit mandiri) seperti Amazon KDP dan Apple Books.

Apabila Anda adalah seorang blogger, eBook bisa dimanfaatkan sebagai kumpulan lengkap konten terbaik Anda.

Hal inilah yang dilakukan Elna Cain dengan beberapa artikelnya yang panjang. Ia juga menyertakan worksheet yang bisa dicetak untuk memberikan lebih banyak manfaat bagi pembeli.

Di sisi lain, website self-publishing biasanya sudah memiliki audiens sehingga Anda tidak perlu membangun reputasi dari nol. Namun, Anda tidak bisa memperoleh seluruh pendapatan dari penjualan eBook di platform tersebut.

Karena itulah beberapa penulis lebih memilih mencari cara membuat website guna memaksimalkan pendapatan mereka.

Namun, perlu diingat bahwa biaya menerbitkan buku sendiri bisa berkisar antara ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Jadi, untuk mewujudkan ide usaha online ini, pastikan Anda mengalokasikan budget dengan tepat untuk menutupi biaya awal.

20. Berjualan Produk Langganan

  • Estimasi pendapatan: Rp1 juta-Rp10 juta/bulan
  • Skill yang dibutuhkan: manajemen bisnis, digital marketing, dan maintenance website

Layanan produk langganan tidak hanya bisa diberlakukan untuk produk digital, tapi juga produk fisik. Salah satu contohnya yang paling umum adalah katering sehat, yang memungkinkan pelanggan memilih versi makanan dan durasi langganannya.

Jenis bisnis ini berhasil menarik banyak pelanggan dalam beberapa tahun terakhir. Lebih dari 50% pembeli online berlangganan setidaknya satu layanan bisnis serupa untuk mendapatkan pengalaman yang lebih personal.

Salah satu keuntungan ide bisnis online ini adalah Anda bisa menghasilkan pendapatan berulang dan menjalin relasi jangka panjang dengan klien. Jadi, kuncinya adalah Anda harus menjual produk yang sekiranya mampu menarik orang-orang untuk terus berlangganan.

Salah satu contohnya adalah Yellow Fit Kitchen yang menjual paket langganan makanan sehat untuk berbagai tujuan, misalnya untuk turun berat badan, membangun massa otot, atau makanan tinggi serat.

yellow fit kitchen

21. Memulai Bisnis Konsultasi

  • Estimasi pendapatan: sekitar Rp50.000-Rp250.000/jam, tergantung pada industri dan keterampilan
  • Skill yang dibutuhkan: keterampilan dan pengalaman di bidang tertentu

Konsultasi bisa menjadi ide bisnis ideal bagi Anda yang punya pengetahuan mendalam di bidang tertentu. Anda bisa membantu bisnis mengatasi masalahnya, misalnya di bidang marketing, operasional, atau sumber daya manusia.

Contoh bisnis konsultasi sukses adalah milik Neil Patel, seorang ahli SEO. Ia menawarkan layanan konsultasi terkait content marketing, iklan berbayar, dan media sosial. Ia dan bisnisnya bahkan sudah bekerja sama dengan lebih dari 5.000 perusahaan.

Namun, bisnis kecil yang baru terjun di dunia konsultasi mungkin akan kesulitan mencari klien. Caranya, Anda bisa fokus mencari calon klien dulu melalui LinkedIn dan cold email selama 6 bulan pertama untuk membangun reputasi.

Pastikan juga Anda memiliki email khusus bisnis untuk meningkatkan peluang sukses menggaet klien, karena email yang profesional sudah pasti akan terlihat lebih kredibel.

22. Jual Beli Domain

  • Estimasi pendapatan: Rp2 juta-Rp100 jutaan/domain
  • Skill yang dibutuhkan: digital marketing

Jual beli nama domain bisa menjadi bisnis online yang menguntungkan apabila Anda tahu triknya. Bahkan, domain dengan nilai tinggi bisa dijual hingga miliaran rupiah. Oleh karena itulah, Anda mungkin sudah sulit menemukan nama domain yang berpotensi menguntungkan.

Beberapa orang yang menggeluti bidang ini memilih nama domain dengan kata kunci lokal, misalnya lowongankerjajakarta.com. Selain lebih terjangkau, domain-domain ini juga memiliki persaingan yang lebih sempit.

Mulailah dengan mencari domain yang prospektif dan terjangkau menggunakan tool cek domain atau website lelang seperti Sedo. Pertimbangkan untuk membeli beberapa nama sekaligus guna meningkatkan prospek penjualan.

Kemudian, buatlah landing page untuk domain-domain yang ingin dijual, atau kirim email penawaran kepada pelanggan potensial. Namun ingat, Anda mungkin tidak akan langsung menemukan pembeli, jadi pastikan Anda memasarkannya secara konsisten.

23. Mengembangkan Aplikasi

Apabila Anda sudah memiliki skill di bidang pengembangan aplikasi, jangan sia-siakan peluang ide usaha online ini! Mulai tawarkan jasa pembuatan aplikasi Anda kepada klien melalui berbagai channel.

Faktanya, 78% pembeli digital lebih memilih aplikasi seluler daripada website untuk mengakses toko online. Oleh karena itu, banyak bisnis e-Commerce kini mulai menerapkan strategi multi-channel, yang turut meningkatkan permintaan akan developer aplikasi seluler.

Apabila belum memiliki skill di bidang ini, ikutilah kursus online yang relevan di platform e-Learning seperti Treehouse. Atau, gunakan software web development tanpa coding seperti AppyPie untuk memulai usaha menjadi web developer.

website AppyPie

Selain dari menjual aplikasi sendiri, Anda bisa mendapatkan dari bisnis ini melalui iklan dan pembelian dalam aplikasi. Untuk menjual aplikasi, kunjungi marketplace seperti Flippa. Jangan lupa untuk membangun portofolio yang menarik guna menjangkau lebih banyak pelanggan.

24. Jasa Reseller Website

  • Estimasi pendapatan: Rp10 juta-Rp100 jutaan/tahun
  • Skill yang dibutuhkan: skill web developer, desain web, SEO, dan digital marketing

Untuk menghasilkan keuntungan sebagai reseller website, Anda akan membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan ide bisnis online lainnya. Namun, banyak pemilik bisnis seperti Yaro Starak yang berhasil menghasilkan banyak uang dari usaha ini.

Bisnis ini dimulai dengan membeli website yang performanya kurang baik namun sebenarnya memiliki potensi pertumbuhan yang bagus. Jadi, salah satunya Anda harus jeli mencari tahu domain dan layanan yang digunakan untuk menghostingnya.

Anda bisa mulai dengan mengunjungi marketplace seperti Flippa yang mungkin menjual atau melelang website dengan kriteria tersebut dengan harga yang relatif murah.

Setelah ada kesepakatan, mulailah mengoptimasi website. Pastikan website tersebut berfungsi dengan benar dan dioptimasi untuk mesin pencari. Kemudian, lakukan riset tentang metode monetisasi yang paling efektif untuk niche website tersebut.

Website yang akan Anda jual sebaiknya sudah bisa menghasilkan traffic dan pendapatan yang signifikan. Dengan demikian, pembeli akan cenderung membelinya karena tahu website tersebut bisa menguntungkan.

Harga website biasanya ditentukan antara 2-3 kali potensi pendapatan tahunannya. Misalnya, toko online yang menghasilkan Rp10 juta/tahun mungkin dijual seharga Rp20 juta-Rp30 juta.

25. Menjadi Rekruter Virtual

  • Estimasi pendapatan: rata-rata Rp70 juta/tahun, tergantung pada industri dan tingkat pekerjaan
  • Skill yang dibutuhkan: skill komunikasi dan networking, serta pemahaman tentang proses perekrutan

Perusahaan biasanya mencari posisi ini untuk membantu mencarikan kandidat terbaik bagi lowongan yang sedang dibuka.

Bedanya dengan HRD biasa, rekruter virtual bisa bekerja di mana saja atau hanya sebagai pekerjaan sampingan. Jadi, pekerjaan ini cocok untuk Anda yang lebih suka bekerja sebagai freelancer.

Umumnya tidak ada persyaratan pendidikan formal untuk pekerjaan online ini. Namun, beberapa klien terkadang lebih memilih rekruter virtual yang memiliki gelar di bidang bisnis atau SDM.

Dapatkan klien di website freelance seperti Upwork, atau gabung dengan perusahaan outsourcing SDM. Setelah itu, Anda bisa mulai memposting lowongan di LinkedIn. Jangan lupa untuk menambahkan badge ‘Hiring’ ke profil Anda untuk menarik calon pelamar.

26. Menjadi Asisten Virtual

  • Estimasi pendapatan: sekitar Rp300.000/jam
  • Persyaratan: keterampilan administrasi, komunikasi, dan pemasaran digital

Tanggung jawab utama seorang virtual assistant adalah membantu pemilik bisnis atau pengusaha dengan tugas-tugas administratif, seperti menjadwalkan janji temu dan menjawab pertanyaan.

Biasanya, asisten virtual juga menawarkan dukungan marketing, seperti membuat newsletter email dan mengelola akun media sosial. Seorang asisten dengan skill tambahan ini bisa mendapatkan penghasilan hingga Rp850.000/jam.

Mulailah bisnis online Anda sendiri sebagai asisten virtual dengan mencari pekerjaan di portal freelance seperti Fiverr. Selain itu, Anda juga bisa membuat website untuk memasarkan layanan.

Sebagai inspirasi, Anda bisa mengunjungi website Virtual Nina Creative yang sudah mencoba ide bisnis online ini.

website Virtual Nina Creative

27. Tawarkan Jasa Entri Data

  • Estimasi pendapatan: sekitar Rp50.000-Rp4 juta/pekerjaan
  • Skill yang dibutuhkan: kecepatan mengetik rata-rata 60-90 kata/menit dan pengalaman software pengolah data

Entri data merupakan ide bisnis online untuk pemula yang sedang mencari pekerjaan fleksibel. Banyak bisnis yang membutuhkan staf di bidang ini untuk mendokumentasikan informasi dari berbagai sumber dalam format digital yang tertata.

Informasi dan data yang perlu Anda masukkan mungkin mencakup laporan penjualan harian atau notula rapat.

Semakin cepat dan akurat ketikan Anda, semakin besar potensi Anda mendapatkan bayaran yang lebih tinggi. Oleh karena itu, kami merekomendasikan agar Anda rutin latihan mengetik sebelum memulai bisnis di bidang ini, misalnya menggunakan Keybr.

Pertimbangkan juga untuk membeli keypad numerik guna meningkatkan kecepatan mengetik Anda. Selain itu, pastikan koneksi internet Anda cukup baik agar produktivitas lebih maksimal.

28. Mulai Podcast

  • Estimasi pendapatan: Rp5 juta-Rp10 jutaan/bulan, tergantung pada channel monetisasi dan jumlah download
  • Skill yang dibutuhkan: keterampilan komunikasi, pengeditan audio, dan manajemen media sosial

Podcast masih menjadi jenis konten yang lumayan populer. Sejak Juni 2022, ada lebih dari 380 juta pendengar podcast di seluruh dunia. Jadi, tetap ada peluang sukses bagi Anda untuk memulai podcast sebagai ide usaha online.

Pilihlah konsep mikro-niche agar podcast Anda memiliki keunikan sendiri di antara banyaknya konten yang sudah ada. Contohnya ada The Pen Addict, yang berfokus pada topik-topik terkait pena.

website The Pen Addict

Meskipun lingkup topiknya tampak sangat terbatas, program ini berhasil memiliki cukup banyak penggemar setia.

Anda bisa membuat website untuk menghosting podcast atau menguploadnya di Spotify dan Apple Music untuk memperluas jangkauan. Kemudian, buat profil media sosial untuk mendapatkan lebih banyak pendengar.

Podcaster pemula biasanya mendapatkan uang melalui afiliasi. Setelah audiens bertambah, Anda bisa bekerja sama dengan sponsor, membuat halaman Patreon untuk pendanaan bersama, atau bergabung dengan jaringan iklan seperti Midroll.

Meskipun pada dasarnya mudah untuk memulai podcast, sebaiknya gunakan alat rekaman yang bagus untuk meningkatkan kualitasnya. Siapkan budget produksi untuk upgrade peralatan dan software Anda.

29. Tulis Guest Post

  • Estimasi pendapatan: Rp70.000-Rp2 juta/postingan blog, tergantung pada panjang dan kualitasnya
  • Skill yang dibutuhkan: keterampilan menulis, content marketing, dan SEO

Ide bisnis online ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menghasilkan uang dengan menjadi penulis di internet tanpa harus membuat blog sendiri.

Penulis guest post bisa mendapatkan uang dengan mengirimkan artikelnya ke blog orang lain. Postingan tersebut biasanya ditulis oleh penulis bayangan (ghost writer), yang berarti nama penulisnya akan menggunakan nama orang lain.

Beberapa platform penerbitan digital seperti Business2Community dan Writer’s Digest terbuka untuk menerima guest post. Pilihlah website dengan niche yang tidak terlalu asing agar proses menulis Anda menjadi lebih menyenangkan.

30. Menjadi Narator Buku Audio

  • Estimasi pendapatan: Rp350.000-Rp800.000/jam, tergantung pada tingkat keahlian, lama pengalaman, dan lokasi
  • Skill yang dibutuhkan: kemampuan narasi dan akting

Selain eBook, audiobook kini juga mulai banyak digemari. Dengan popularitasnya yang meningkat, kebutuhan akan narator buku pun kian banyak.

Menjadi narator audiobook mengharuskan Anda membacakan tulisan dalam buku cetak maupun digital dan merekamnya menjadi file audio. Namun, Anda harus ekspresif sambil mengekspresikan nuansa dan suasananya.

Diperlukan kualitas rekaman yang jernih dan kontrol nada yang sangat baik untuk menjadi narator. Terkadang, Anda bahkan harus membuat suara yang berbeda untuk beberapa karakter. Jadi, Anda juga sebaiknya punya skill akting agar suara yang direkam menjadi lebih menarik.

Seperti podcast, sebaiknya gunakan software rekaman dan pengeditan yang baik untuk meningkatkan kualitas audio Anda. Kalau perlu, daftar kelas akting dan vokal untuk meningkatkan skill Anda lebih jauh lagi.

Kalau masih pemula, sebaiknya carilah proyek freelance dulu. Kalau sudah cukup berpengalaman, Anda bisa mencari pekerjaan profesional dari perusahaan voice-over dan website portal pekerjaan, seperti Bunny Studio dan ACX.

Apa Keuntungan Memulai Ide Bisnis Online?

Masih ragu untuk memulai ide usaha online yang sudah Anda tentukan? Mari simak beberapa keuntungannya agar Anda lebih percaya diri:

  • Jam kerja dan lokasi yang fleksibel. Dengan memulai bisnis online, Anda bisa menentukan jadwal dan tempat kerja sendiri sehingga punya lebih banyak waktu untuk aktivitas pribadi.
  • Modal yang rendah. Berbeda dengan toko fisik, bisnis online tidak mengharuskan Anda menyewa tempat atau membangun etalase. Anda bisa mencari uang di internet cukup dengan laptop dan koneksi internet yang baik.
  • Jangkauan audiens yang luas. Ruang lingkup bisnis online tidak terbatas ruang dan waktu. Internet memungkinkan Anda menjangkau pelanggan di seluruh dunia dengan cara jualan online.
  • Aliran pendapatan pasif. Ada banyak metode monetisasi yang bisa Anda tentukan, termasuk affiliate marketing dan iklan online. Dengan begitu, bisnis online bisa menjadi pekerjaan sampingan yang menarik.

Setelah Menentukan Ide Usaha Online, Apa Langkah Berikutnya?

Menemukan ide bisnis online yang menjanjikan hanyalah awal dari perjalanan panjang sebagai seorang pebisnis online. Berikut adalah langkah-langkah selanjutnya:

  1. Lakukan riset pasar untuk mengidentifikasi target audiens dan permintaan pasar.
  2. Tentukan niche yang ingin dieksplorasi.
  3. Cek apakah ada izin operasi khusus yang diperlukan.
  4. Dapatkan nama domain dan web hosting.
  5. Buat website yang mewakili brand Anda.
  6. Promosikan produk atau layanan di berbagai platform online.

Kesimpulan

Selesai! Di artikel ini, kami sudah membahas 30 ide bisnis online untuk pemula maupun profesional. Karena keuntungan yang didapat dari setiap cara tersebut akan berbeda-beda, pilihlah yang paling sesuai dengan skill, pengalaman, dan ekspektasi Anda.

Misalnya, kalau punya pengalaman menulis, Anda bisa mencoba blogging, menjadi penulis freelance, atau menerbitkan eBook. Sementara itu, kalau jago di bidang artistik, Anda bisa melukis, membuat kerajinan tangan, atau menawarkan jasa desain grafis.

Tentu saja diperlukan kerja keras dan dedikasi untuk menjadi pengusaha digital yang sukses. Oleh karena itu, pilihlah ide usaha online yang sejalan dengan minat dan passion Anda agar prosesnya terasa lebih menyenangkan.

Semoga artikel ini berhasil membantu Anda memulai ide bisnis online yang menguntungkan, ya. Semoga sukses selalu!

Pertanyaan Umum Seputar Ide Bisnis Online Paling Cuan

Di bagian ini, kami akan menjawab beberapa pertanyaan umum tentang memulai ide usaha online yang menguntungkan.

Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Mulai Menghasilkan Uang secara Online?

Umumnya, bisnis perlu 2-3 tahun untuk mulai menghasilkan keuntungan. Namun, estimasi tepatnya bervariasi tergantung pada jenis bisnis yang dijalani. Setiap bisnis akan memerlukan modal, biaya operasional, dan waktu yang berbeda-beda.

Berapa Banyak Uang yang Bisa Saya Dapatkan Secara Online?

Tergantung pada jenis bisnis, strategi, dan lingkup operasinya. Sebagai contoh, blogger yang menjual ruang iklan menghasilkan sekitar Rp2 juta-Rp35 juta/bulan, sedangkan affiliate marketer rata-rata sekitar Rp100 jutaan/bulan.

Berapa Waktu yang Harus Saya Dedikasikan Setiap Harinya untuk Bisnis Online?

Kalau sebagai sampingan, mungkin hanya 3-4 jam per hari. Sedangkan untuk pekerjaan penuh, biasanya sampai 60 jam/minggu atau lebih. Mendirikan bisnis akan memerlukan banyak waktu dan kerja keras, jadi bersiaplah untuk mendedikasikan lebih banyak waktu Anda di tahun pertama.

Apakah Saya Perlu Karyawan untuk Bisnis Online?

Merekrut karyawan akan mengurangi beban kerja Anda dan meningkatkan efisiensi, tapi tentu saja perlu biaya tambahan. Jadi, pastikan dulu bisnis Anda bisa menanggung biaya tersebut. Selain itu, evaluasi kinerja setiap kandidat, apakah mereka mampu membantu menghasilkan keuntungan lebih dari gaji yang Anda bayarkan.

Apa Ide Usaha Online yang Paling Menguntungkan?

Kalau dilakukan dengan benar, blogging adalah jenis bisnis online yang paling menguntungkan. Blogger terkenal bisa menerapkan berbagai strategi pendapatan dengan ide bisnis lainnya, seperti affiliate marketing, menjual ruang iklan, hingga bisnis konsultasi dan kursus online.

Author
Penulis

Faradilla A.

Faradilla, yang lebih akrab disapa Ninda, adalah Content Marketing Specialist di Hostinger. Ia suka mengikuti tren seputar teknologi, digital marketing, dan belajar bahasa. Melalui tutorial Hostinger ini, Ninda ingin berbagi informasi dan membantu pembaca menyelesaikan masalah yang dialami.