access_time
hourglass_empty
person_outline

20+ Ide Bisnis Online dari Rumah Terpopuler 2021

Semua serba mudah dengan internet. Bahkan Anda juga bisa membangun bisnis online dari rumah tanpa harus mendirikan toko fisik. Peluang yang bagus, bukan, jika Anda menginginkan jam kerja yang lebih fleksibel dan menjadi ‘bos’ untuk diri sendiri?

Terlebih lagi di saat krisis seperti ini, di mana pandemi COVID-19 tiba-tiba membuat sejumlah orang harus bekerja dari rumah. Membuka bisnis di internet menjadi salah satu solusi yang layak dicoba agar dapur tetap mengepul.

Di artikel ini, kami akan membahas 20+ ide bisnis online yang bisa dilakukan dari rumah dan dimulai saat ini juga!

Hostinger menawarkan domain gratis (.com, .xyz, .net, atau .online) untuk setiap pembelian paket web hosting minimal setahun. Paket combo untuk mengonlinekan blog dan website Anda!

Lihat Paket

Mengapa Harus Punya Ide Bisnis Online?

Anda pasti sering membaca artikel dan blog post yang mengulas kisah sukses orang-orang yang menghasilkan banyak uang dengan minim usaha atau malah tanpa modal. Biasanya kisah-kisah seperti ini – dengan beberapa pengecualian – hanya dilebih-lebihkan agar Anda mau berlangganan kursus online atau membeli tool dan produk mereka.

Padahal kesuksesan bisa dicapai oleh siapa saja selama Anda punya ide bisnis kreatif dan juga dua hal berikut:

  • Waktu untuk mengelola dan mengembangkannya, dan
  • Sejumlah dana yang sudah dipersiapkan.

Seperti yang sudah kami sebutkan tadi, berbisnis tidak selamanya mengandalkan bangunan fisik. Duduk manis di rumah dan menyalakan laptop sudah bisa menjadi ‘modal’ yang kuat untuk mendapatkan penghasilan. Hanya saja, sama seperti bisnis offline, bisnis online juga terkadang memiliki kendala baik dari segi biaya maupun investasi waktu.

Sebagai contoh, jika ingin menjalankan ide bisnis dari rumah berupa pemasaran afiliasi, Anda harus punya blog terlebih dulu. Nah, untuk mengonlinekan blog, Anda butuh yang namanya domain dan web hosting. Perkiraan biaya yang akan dihabiskan untuk berlangganan dua layanan ini sebesar Rp400.000-an setahun (kita asumsikan Anda membeli domain .com dan berlangganan paket hosting dasar). Perlu diingat, harga layanan domain dan web hosting berbeda antara satu provider dan provider lainnya.

20+ Ide Bisnis Online Terkini 2020

Dua puluh dua ide bisnis online ini bisa Anda andalkan sebagai pekerjaan utama ataupun sampingan.

Ingat, semakin sering Anda menyediakan waktu untuk mengelola bisnis, semakin cepat hasil yang akan diperoleh. Berikut dua puluh dua ide bisnis dari rumah yang menguntungkan.

1. Pemasaran Afiliasi

Pemasaran afiliasi, atau yang disebut juga affiliate marketing, adalah salah satu ide bisnis untuk pemula yang bisa dilakukan dari mana saja. Tugas Anda hanyalah mempromosikan produk atau layanan pihak lain melalui blog atau channel YouTube.

Banyak online content creator yang mencari uang di internet dengan berbisnis afiliasi. Hal ini disebabkan pengaruh mereka yang dinilai sangat signifikan. Sebagian besar produk atau layanan yang dipromosikan influencer, terutama dengan metode dari mulut ke mulut, akan menjadi strategi pemasaran yang cukup efektif.

Bisnis afiliasi tidak dapat dilakukan kalau Anda tidak memiliki website. Dengan membangun website sendiri, Anda bisa menentukan niche afiliasi yang akan ditargetkan, misalnya headphone, makanan anjing, hingga kasur tidur.

Mengapa website punya peran penting dalam bisnis ini? Ilustrasi sederhananya seperti ini: ada pengunjung situs yang ingin membeli mesin pemotong rumput. Ia lalu mengetikkan kata kunci di Google, yaitu mesin pemotong rumput terbaik dan termurah. Nah, Google akan menampilkan hasil pencarian yang relevan, dan salah satunya adalah artikel Anda berjudul ’10 Mesin Pemotong Rumput Terbaik dan Termurah 2020′. Di dalam artikel, Anda sudah menyertakan link afiliasi. Apabila link ini diklik pengunjung dan ia melakukan pembelian, Anda akan mendapatkan komisi.

Membangun blog atau website sendiri memang memakan waktu yang tak sedikit. Apalagi menunggu sampai blog ramai, pastinya ada rasa tidak sabar, ya, kan? Namun, kalau Anda mau menunggu sedikit lebih lama dengan tetap memproduksi konten-konten berkualitas, trafik blog akan naik. Bisnis afiliasi yang dijalankan pun akan memberikan pemasukan yang cukup besar.

Berikut beberapa tips untuk membuat blog atau website afiliasi:

  • Gunakan hanya satu niche/topik yang spesifik. Misalnya, Anda berencana membuat blog yang sepenuhnya mengulas tentang ortopedi beserta alas kaki yang dirancang khusus untuk menyokong tulang dan persendian. Carilah individu atau perusahaan yang menawarkan afiliasi dengan niche ortopedi. Intinya, pilihlah niche yang memang Anda kuasai.
  • Cari program afiliasi yang tepat untuk niche. Masing-masing program afiliasi ada niche-nya. Sebagian malah bisa memberikan komisi yang lebih besar dari Amazon. Jadi, lakukanlah riset sebelum memutuskan untuk bergabung.
  • Membuat jadwal untuk posting konten. Berlatihlah membuat konten. Semakin sering melakukannya, semakin bagus kualitas konten yang dihasilkan. Setelah itu, publikasikan secara berkala untuk membuat blog Anda semakin dikenal dan menghasilkan uang.

Sebagai permulaannya, Anda bisa mendaftar di program afiliasi Hostinger, Amazon, atau ShareASale. Ada banyak sekali produk dan layanan untuk diulas dan dituliskan di blog Anda. Jangan lupa, pilihlah niche yang sesuai dengan konsep blog.

Ide bisnis online dengan bergabung di program afiliasi Hostinger

2. Ciptakan Peluang Bisnis dari Rumah dengan Bikin Blog

Mencari ide bisnis nggak perlu yang rumit. Ada blog yang dari dulu hingga sekarang selalu menghasilkan uang bagi pemiliknya. Melalui platform ini, Anda bisa berbagi informasi dan juga hobi.

Kunci sukses blogging terletak pada pemilihan niche yang tepat. Selain disesuaikan dengan minat dan bidang yang dikuasai, blog juga harus punya audiens yang ditargetkan. Dengan begini, trafik yang datang akan terus meningkat karena ada banyak orang yang menjadikan blog Anda sebagai referensi.

Pastikan juga niche punya potensi bisnis. Penghasilan utama blog biasanya berasal dari pemasaran afiliasi, penyediaan ruangan beriklan, konten bersponsor, penjualan merchandise, kursus online, dan penjualan produk.

Setelah buat blog, tulislah artikel yang menyajikan informasi berguna bagi pembaca. Pelajari juga strategi pemasaran digital untuk mengoptimasi blog dan mendatangkan lebih banyak trafik.

Anda juga bisa belajar dari beberapa blogger ternama, seperti Sue Dunlevie yang mengadakan kursus online untuk membantu subscribernya mengembangkan website.

Bisnis dari rumah dengan bikin blog

3. Bergabung Sebagai Content Creator di Patreon

Menjadi online content creator bisa di mana saja, termasuk Patreon. Platform penggalanan dana ini memiliki banyak anggota yang membutuhkan dukungan dana dari audiens yang menyukai karya mereka.

Ide bisnis dari rumah tanpa modal - bergabung di patreon

Nantinya Anda bisa membuat beberapa pilihan berlangganan karya dengan nomina biaya yang berbeda-beda. Karena mereka sudah ‘membayar’, berikanlah konten yang eksklusif mulai dari proses di balik layar hingga kursus online.

Contoh creator yang sukses membangun personanya di Patreon adalah Humans of New York dan Markus Magnusson. Bahkan mereka juga sudah memiliki fanbase di Patreon.

Jika tertarik dengan ide bisnis online ini, pilih creator plan dan daftarkan diri Anda. Patreon akan memotong beberapa persen dari keuntungan yang Anda dapatkan. Sebagai gantinya, Anda akan memperoleh fitur-fitur terbaik, seperti pelatihan (coaching) dan analytics untuk mengembangkan bisnis.

4. Menjual Produk Buatan Tangan

Ide bisnis online selanjutnya adalah menjual produk buatan tangan. Biasanya, nih, orang-orang mau membayar lebih kalau produk yang dijual itu unik dan tidak ada di tempat lain. Jadi, Anda bisa menetapkan harga jual lebih tinggi dari harga rata-rata di pasaran.

Untuk mengoptimalkan biaya dan keuntungan yang akan diperoleh, tak ada salahnya membangun toko kecil menggunakan ruangan secukupnya di rumah. Belilah produk dalam jumlah yang besar. Lalu tetapkan target konsumen untuk kemudahan desain produk.

Website Bario Neal bisa dijadikan inspirasi kalau-kalau Anda ingin tahu cara yang tepat mempromosikan dan menjual produk di internet. Toko online sederhana ini berhasil mempertahankan pelanggannya dalam kurun waktu lama.

Situs seperti Etsy, eBay, dan bahkan platform media sosial, contohnya Instagram, bisa menjadi tool marketing untuk mempromosikan bisnis atau usaha kecil-kecilan. Meskipun demikian, akan lebih nyaman dan mudah jika punya toko online sendiri. Anda punya kuasa lebih atas brand yang dipakai dan tidak perlu membayar biaya tambahan yang biasanya dibebankan oleh pihak ketiga.

Bagi yang baru pertama kali memulai bisnis dari rumah ini, bisa mencari ide dan belajar banyak hal di kursus online seperti Udemy.

5. Jualan Barang Bekas di eBay

Belakangan ini, permintaan barang bekas cukup tinggi. Ditambah lagi masih banyak orang yang suka berburu produk bagus dan berkualitas dengan harga yang cenderung murah.

Modal awal yang dibutuhkan bisnis ini tidak banyak. Cari barang dengan penawaran harga terbaik di pasar loak online atau situs pelelangan. Di tempat-tempat seperti ini tersedia berbagai barang, mulai dari furniture, pakaian, hingga permainan.

Ide bisnis kreatif dan unik - berjualan di eBay

Meskipun ada banyak pilihan situs ecommerce, eBay masih berada di urutan paling atas sebagai marketplace untuk barang-barang bekas. Popularitasnya ini berhasil menarik perhatian banyak pelanggan dari seluruh dunia. Peluang yang sangat baik jika Anda ingin memperoleh penghasilan dalam waktu cepat.

Kalau yang dijual adalah barang langka, misalnya pemutar rekaman (record player) antik atau video game console tua, Anda bisa menggunakan mode pelelangan yang ditawarkan eBay. Pendapatan yang dihasilkan melalui mode ini bisa mencapai ratusan dolar jika Anda berhasil memikat para kolektor dengan barang dagangan.

Kesuksesan Anda dalam berjualan barang bekas bisa menjadi kisah dan inspirasi yang layak dibagikan. Buat kursus online berbayar dan ajak siapa saja yang ingin bergabung dan mendapatkan info tambahan mengenai bisnis dari rumah dengan modal kecil ini. Salah satu website yang sukses mengadakan pembelajaran online tentang jual beli barang bekas adalah Flea Market Flipper.

6. Amazon FBA

Keunggulan berbisnis dari rumah secara online adalah Anda bisa berjualan di platform mana saja, termasuk Amazon. Situs jual beli ini memiliki program Fullfillment by Amazon. Nantinya Anda menyerahkan inventarisasi, pengiriman, dan bantuan pelanggan kepada Amazon.

Program ini menjadi solusi terbaik bagi para pebisnis baru yang ingin menikmati kemudahan dalam pengoperasian usaha.

Hanya saja, program ini tidak 100% gratis. Anda masih harus membayar biaya pengoperasian dan penyimpanan. Namun, kalau dibandingkan dengan biaya aspek lainnya (jika Anda mengurus segalanya sendirian), biaya FBA jauh lebih murah dan terjangkau.

7. Pilih Dropship Untuk yang Ingin Bisnis di Rumah

Ide bisnis online rumahan lainnya adalah dropship. Berbeda dari toko online pada umumnya yang harus berurusan dengan pengadaan dan pengelolaan barang, bisnis dropship hanya membutuhkan kesediaan Anda untuk membuat situs ecommerce.

Nantinya Anda bekerja sama dengan wholesaler atau supplier yang akan menyediakan sejumlah barang untuk dijual. Barang jualan tersebut bisa diganti labelnya dengan brand sendiri (tentunya sudah melalui kesepakatan bersama). Pada saat pelanggan melakukan pembelian, Anda meminta wholesaler untuk mengirimkan barang pesanannya.

Nah, kalau Anda ingin menjalankan bisnis dari rumah dengan modal yang minim, dropship bisa jadi ide yang bagus. Bahkan Anda hanya perlu membuat website, memiliki laptop, dan memperoleh akses ke direktori wholesale supplier, seperti SaleHoo dan AliDropship.

Ide bisnis rumahan - Dropshipping

Untuk membuat website dropship, kami menyarankan platform WordPress dan plugin WooCommerce. Selain itu, juga ada dua hal berikut yang patut untuk dipertimbangkan:

  • Pilih niche yang spesifik. Sama seperti blog afiliasi, Anda juga harus memilih niche yang spesifik untuk menarik perhatian pelanggan. Gunakan niche produk yang tepat untuk menjual puluhan hingga ratusan barang.
  • Bekerja sama dengan mitra yang punya reputasi bagus. Produk harus dikirimkan dalam kondisi yang bagus dan tepat waktu. Jika semuanya serba kurang, reputasi Anda yang jadi taruhannya. Berhati-hatilah dalam memilih supplier.

Satu fakta yang harus Anda tahu, sebagian besar dropshipper menjual barang yang sama. Jika ingin bersaing di pasar, Anda harus bisa menonjolkan keunikan. Biasanya para pelaku bisnis hanya bermain di satu niche yang spesifik. Misalnya, Mooshe Socks hanya menjual produk kaus kaki dengan desain yang lucu.

8. Menjadi YouTuber

Popularitas YouTube seolah tak ada matinya, apalagi di masa pandemi seperti ini. Banyak orang yang bekerja dari rumah dan mengisi waktu santainya dengan menonton video YouTube. Sebagai platform yang paling banyak ditonton, YouTube tentu bisa menjadi wadah untuk ‘mencari cuan’ sebanyak-banyaknya.

Dengan jumlah pengguna lebih dari dua miliar orang, berarti ada banyak niche bisnis yang bisa ditelusuri lebih jauh. Misalnya, membuat vlog, streaming video game, hingga cover lagu atau instrumen. Bisa dibilang pilihannya hampir tak terbatas.

Besaran revenue (pendapatan) yang dihasilkan tergantung pada usaha dan strategi pemasaran yang dilakukan melalui channel yang dimiliki. Kebanyakan YouTuber mendapatkan uang dari pemasaran afiliasi, kerja sama (sponsorship), merchandise, dan Google AdSense. Sebagiannya lagi menawarkan kursus online, seperti yang bisa ditonton di channel Jay Shetty.

Menjadi YouTuber tidak bisa hanya bermodalkan kemampuan bicara. Anda juga harus bisa mengedit video dan memiliki peralatan dan perangkat pembuatan video yang bagus.

Jalin komunikasi antara Anda dan subscriber. Bangun fanbase yang solid karena biasanya kerja sama tercipta bila Anda memiliki subscriber yang banyak dan loyal.

9. Coba Peluang Bisnis Rumahan Online dengan Menjadi Podcaster

Sadar nggak, sih, kalau podcast makin hari makin bersinar? Yap! Banyak orang yang memutuskan untuk menjadi podcaster karena bisnis ini cukup menjanjikan. Di Amerika Serikat saja terhitung lebih dari 140 juta orang mendengar podcast. Peluang ini kemudian dilihat oleh perusahaan dan pebisnis yang ingin mengiklankan produk mereka menggunakan jasa podcaster.

Membuat podcast juga harus memperhitungkan niche yang digunakan. Kalau Anda ingin memproduksi podcast dengan tema yang umum, pastikan konten yang dibagi punya ciri khas agar bisa bersaing dengan podcaster lainnya.

Tapi bisa juga, lho, kalau Anda ingin membuat podcast tentang berita terkini tapi spesifik. Misalnya, mengulas informasi dan berita seputar social distancing dan virus COVID-19.

Lalu, dari mana podcaster mendapatkan uang? Biasanya mereka akan bergabung di pemasaran afiliasi dan memproduksi konten bersponsor. Kalau podcast sudah punya pendengar yang banyak, Anda bisa mendaftar di jaringan iklan podcast, seperti Midroll.

Untuk menjalankan ide bisnis online ini, Anda wajib memiliki perlengkapan audio yang mumpuni dan juga software editing suara, misalnya Adobe Audition.

Ada dua cara untuk mempublikasikan podcast, yakni dengan bergabung di platform podcast atau membuat website sendiri. Kalau memilih mengonlinekan website, berarti Anda punya kebebasan lebih dalam mengelola brand dan pemasukan.

Setelah episode podcast dirasa layak untuk didengarkan publik, segera publikasikan di Spotify dan/atau Apple.

10. Membuka Kursus Online

Dengan adanya internet, semua orang bisa mempelajari apa pun. Sebagai contoh, jika Anda ingin tahu cara membuat website, tinggal ketik kata kunci di Google dan mesin pencari tersebut akan menampilkan hasil pencarian yang relevan. Bahkan untuk info dan tips, seperti cara memperbaiki mesin pemotong rumput atau cara merebus telur, juga tersedia di internet.

Di antara tutorial dan artikel gratis yang tersebar di internet, terdapat sejumlah konten berbayar yang materinya sangat ‘daging’. Mengapa berbayar? Alasannya cukup masuk akal. Selalu ada biaya yang disediakan untuk pengajar berkualitas yang ingin membagikan semua kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki. Melalui pembagian informasi ini, mereka mengharapkan subscriber/follower tahu teknik atau cara yang benar dalam melakukan sesuatu. Jadi, kalau ada satu bidang yang dikuasai dengan sangat baik, Anda punya peluang besar untuk memperoleh penghasilan.

Misalkan saja saat ini Anda berencana menghadirkan konten tentang cara membuat website menggunakan WordPress. Konten ini bisa dijadikan batu lompatan bagi Anda untuk kemudian mengadakan kursus berbayar mengenai cara mendapatkan uang melalui blog, optimasi SEO (Search Engine Optimization – Optimasi Mesin Pencari), dan masih banyak lagi. Semakin banyak info berharga yang dibagikan, semakin besar pula kesempatan untuk menghasilkan uang. Subscriber akan terus menantikan konten Anda dan menjadikannya pilihan utama alih-alih membaca konten gratis.

Untuk membuat kursus online, Anda harus memiliki website, strategi pemasaran konten, dan metode pembayaran. Di antara banyak tool yang menawarkan kemudahan pembuatan kursus online, ada WooCommerce dan ekstensi Sensei:

Bisnis di Rumah - Tool Buat Website Kursus Online

Sama seperti blog dan website afiliasi, kursus online juga harus menargetkan satu niche khusus. Misalnya, Anda bisa membahas topik nutrisi makanan, pengembangan diri, spiritualitas, asmara, bisnis, dan masih banyak lagi.

Kate Bagoy, misalnya, mengadakan kursus online yang berfokus pada program pelatihan bisnis bagi freelancer dan konsultan.

Bisnis yang bisa dilakukan di rumah - Contoh Tutor Kursus Online yang Sukses

Selain konten tertulis, kursus online juga bisa dihadirkan dalam bentuk video call pribadi atau video call yang dikirimkan ke audiens.

Tawarkan juga ebook gratis atau aktifkan layanan berlangganan via email sehingga klien tahu seberapa efektif kursus online Anda bisa membantu mereka.

11. Pengembangan Web (Web Development)

Saat ini banyak perusahaan yang mempekerjakan web developer. Hal ini dikarenakan sejumlah pelaku bisnis dan entrepreneur yang ingin membangun persona dan juga usaha mereka di internet.

Dibandingkan dengan ide bisnis rumahan online lainnya di daftar ini, berprofesi sebagai web developer cenderung lebih rumit. Anda harus menguasai berbagai bahasa pemrograman, mulai dari JavaScript hingga Phyton. Bahkan Anda harus tahu cara melakukan maintenance (pemeliharaan) pada website dan menerapkan strategi optimasi mesin pencari (SEO).

Jika ingin mendalami profesi ini, kunjungi situs belajar online, seperti Codecademy dan Treehouse. Tersedia juga website lain yang menyediakan materi belajar coding secara gratis.

Buatlah juga portofolio online untuk memamerkan proyek pengembangan web yang sudah dilakukan selama ini. Kalau ingin memperoleh inspirasi, kunjungi website serupa, misalnya website Matt Farley.

12. Pengembangan Aplikasi (App Development)

Sampai saat ini, aplikasi masih menjadi teknologi yang banyak digunakan. Tak heran kalau pengembangannya terus dilakukan dan kerap dipandang sebagai salah satu sumber mata pencarian terbaik, entah itu utama atau sampingan.

Aplikasi Flush, misalnya, memudahkan penggunanya menemukan toilet yang lokasinya berdekatan dengan mereka. Tool ini tentu menjadi solusi bagi mereka yang sedang di luar rumah dan ingin buang air besar atau kecil.

Kabar baiknya, untuk melakukan app development, Anda tidak wajib menguasai kemampuan coding. AppyPie dan AppShet adalah contoh software yang mengundang siapa pun tanpa latar belakang teknis untuk mendesain aplikasi mobile. Hanya saja, akan lebih baik lagi kalau Anda paham tentang user-friendly mobile experience dan desain antarmuka.

Aplikasi akan lebih banyak diunduh jika gratis. Nantinya Anda bisa menambahkan fitur premium yang harus dibeli dan ruang iklan berbayar.

13. Video Game Development

Berkembangnya industri video game yang semakin pesat bisa jadi peluang bisnis dari rumah terbaik bagi Anda untuk menghasilkan banyak uang.

Sama seperti app development, ada banyak software yang memungkinkan pemula untuk membuat video game tanpa harus menguasai pemrograman terlebih dulu, misalnya Unity dan GameMaker: Studio.

Video game yang bagus harus punya gameplay yang menarik serta challenge (tantangan) yang semakin membuat pemainnya tergoda untuk terus bermain. Semakin bagus kalau Anda juga menyertakan alur cerita.

Anda bisa membuat game sederhana, seperti Dots, atau yang lebih rumit dan kompleks, misalnya Clash of Clans.

App development bisa jadi ide bisnis online untuk pemula yang sangat menggiurkan, bukan? Buatlah aplikasi game gratis yang bisa diunduh oleh siapa pun dan tambahkan fitur pembelian dalam aplikasi. Misalnya, buat beberapa fitur premium yang akan membantu pemain mencapai tujuannya. Nah, fitur premium ini hanya bisa diakses kalau sudah dibeli.

Masukkan aplikasi game ke Play Store, App Store, atau Stream untuk menjangkau lebih banyak pemain.

14. Bekerja Sebagai Asisten Online (Virtual Assistant)

Tugas asisten online sama seperti asisten pada umumnya. Hal yang membedakan hanyalah tempat kerjanya. Karena bisa dilakukan di rumah, asisten online bisa jadi ide bisnis online unik dan menarik, lho.

Anda akan bertanggung jawab dalam menangani tugas-tugas administrasi yang diserahkan klien, misalnya membalas email, mengatur jadwal temu, membuat spreadsheet menjadi otomatis, dan lain sebagainya.

Tak hanya blog dan website, asisten online juga wajib memiliki ‘niche’ demi mempermudah fokus area dan pasar. Misalnya, Miranda Hassen menawarkan jasa digital marketing untuk enterpreneur kreatif.

Bisa dibilang, hampir tak ada satu pun hal yang membatasi ruang gerak asisten online. Sebagian klien bahkan akan meminta bantuan Anda untuk mengelola toko online, media sosial, hingga website mereka. Pekerjaan ini bisa dijadikan kesempatan untuk mempelajari berbagai bidang. Mantul, bukan?

Buatlah CV dan resume online dan tampilkan di marketplace khusus pekerjaan, misalnya Upwork. Saran kami, onlinekan website khusus portofolio karena dapat mendukung sisi profesional dan juga menjadikan Anda lebih unggul dari kompetitor.

Contoh ide bisnis online - profesi asisten online di Upwork

15. Desainer Grafis (Graphic Designer)

Punya bakat di bidang seni dan desain? Coba peruntungan dengan melamar sebagai graphic desain freelance.

Sampai saat ini, masih banyak perusahaan yang membutuhkan jasa desain grafis yang akan bertanggung jawab dalam membuat dan merancang visual branding. Bidang pekerjaan Anda meliputi logo, postingan media sosial, infografis, dan lain sebagainya.

Ide bisnis online kreatif ini cocok banget untuk siapa pun karena tidak mengharuskan adanya gelar pendidikan. Namun, bukan berarti Anda tidak perlu mengasah kemampuan desain, ya? Jangan ragu untuk mengikuti kursus online atau membaca buku desain gratis. Miliki juga komputer yang bagus, drawing tablet (tablet khusus gambar), dan software desain grafis, seperti Adobe Creative Cloud.

Lingkup pekerjaan graphic designer cukup kompetitif. Jadi, pastikan Anda punya portofolio yang memiliki ciri khas. Untuk mendapatkan gambaran, Anda bisa berkunjung ke website portofolio seperti Rafael Kfouri.

Website portofolio Rafael Kfouri

Untuk mendapatkan pekerjaan freelance graphic designer, kunjungilah situs loker, seperti Dribbble dan Behance. Kalau belum ada klien yang ingin bekerja sama, mungkin Anda bisa membuka toko online sendiri dan menjual hasil karya.

16. Guru Online (Mengadakan Kursus Berformat Video)

Penguasaan terhadap satu bidang ilmu pengetahuan bisa menjadi jalan untuk mendapatkan penghasilan sampingan atau bahkan utama. Ada banyak topik pembelajaran yang bisa diulas jika Anda memilih profesi guru online. Misalnya, matematika atau ekstrakurikuler musik.

Lebih bagus lagi kalau, misalnya, Anda membuka bimbingan belajar online yang akan mempersiapkan para murid untuk menghadapi tes masuk perguruan tinggi. Berapa pun biaya kursusnya, bakalan tetap ada murid dan orang tua murid yang tertarik.

Atau kebetulan Anda seorang warga asing yang baru saja pindah ke Indonesia dan ingin mencari pekerjaan? Mungkin bisa mempertimbangkan menjadi guru bahasa Inggris di lembaga bahasa, seperti EF, yang kerap menawarkan pekerjaan bagi mereka yang berasal dari US atau UK.

Profesi guru online ini bisa langsung dimulai di platform seperti Teachable dan Udemy. Kedua situs ini memberikan kemudahan baik bagi Anda maupun para murid yang ingin mendalami ilmu pengetahuan dari rumah.

Nah, kalau sudah banyak murid yang bergabung, Anda bisa membuat website kursus online yang memberikan keleluasaan dan kebebasan dalam menerapkan metode pengajaran dan juga sistem monetisasi.

17. Menyediakan Informasi Produk

Informasi produk merupakan materi digital berupa konten untuk audiens. Tipenya bervariasi, mulai dari ebook, webinar, hingga situs keanggotaan. Ide bisnis online unik ini sangat cocok bagi mereka yang ingin memulai usaha dengan modal minim.

Konsepnya sama seperti kursus/pelatihan online. Anda harus memahami suatu bidang untuk bisa benar-benar terjun dalam bisnis ini.

Anda bisa membuat informasi produk untuk berbagai topik, misalnya menerapkan gaya hidup ‘zen habit‘ atau tips agar diterima sebagai karyawan di bidang perbankan dan investasi.

Jika ingin ulasannya laris-manis, bahaslah sesuatu yang mampu menjawab permasalahan yang sering dihadapi audiens. Selain itu, buatlah landing page dengan image yang kuat untuk menaikkan konversi (mengubah status pengunjung menjadi pelanggan), seperti yang dilakukan Fizzle.

Beranda Fizzle

18. Amazon Kindle Writer

Bagi yang punya hobi menulis, mempublikasikan bukunya di Amazon KDP bisa jadi ide bisnis online terbaik, lho. Terlebih lagi Anda bisa melakukannya di mana saja, bahkan dari kamar sambil berbaring dan mendengarkan lagu favorit.

Dengan menerbitkan buku sendiri, Anda memiliki hak atas karya tulisan dan harga jual buku di pasaran.

Proses menerbitkan buku di Amazon tidak begitu sulit. Hanya saja, yang perlu diketahui, Amazon menetapkan potongan biaya dari royalti yang diterima. Jadi, pilihlah opsi royalti yang menurut Anda paling sesuai.

Promosikan buku melalui iklan online dan media sosial. Buatlah landing page yang memuat alasan mengapa buku Anda layak untuk dibaca, seperti yang dilakukan oleh Tim Ferriss.

Bergabunglah di program KDP Select untuk memperoleh tool promosi agar buku lebih dikenal. Namun, dengan mengikuti program ini, berarti buku Anda hanya bisa didapatkan secara eksklusif di Kindle.

19. Online Ad Manager

Iklan digital berperan besar terhadap kesuksesan suatu bisnis. Tak heran kalau banyak pebisnis yang kemudian menginvestasikan sebagian dana di iklan ini. Sayangnya, tidak tidak semua orang tahu cara mengelola iklan.

Sebagai online ad manager, Anda bertugas untuk menangani kebutuhan periklanan di berbagai platform – sesuai yang diminta klien – seperti Google, Facebook, dan Instagram.

Sempurnakan juga pengetahuan marketing Anda dengan mempelajari strategi bidding PPC, ad pricing model (model/tipe harga iklan), dan analytics.

Buatlah website profesional yang mempromosikan layanan manajemen iklan yang Anda geluti. Pasang di akun media sosial, iklan, dan situs lowongan kerja, seperti Workable, untuk mendapatkan klien.

Jika sudah berhasil membangun reputasi yang kuat, cobalah menawarkan diri sebagai seorang konsultan dan pembicara profesional, seperti yang dilakukan Kirk Williams dari Zato Marketing.

20. Membangun Website Loker dengan Niche yang Spesifik

Website loker Contena

Sekarang ini semakin banyak orang yang mencari kerja di internet. Sayangnya, tidak semudah itu menemukan lowongan kerja yang masih available. Belum lagi pihak lain yang memanfaatkan kesempatan ini dengan mengiklankan loker bodong. Satu-satunya cara adalah dengan berlangganan layanan premium. Selain menghemat waktu (karena tidak perlu scanning dari situs yang satu ke situs lainnya), pencari kerja juga bisa langsung terhubung ke lowongan kerja yang sesuai dengan bidangnya.

Kalau Anda berencana untuk membantu orang-orang yang saat ini masih dalam tahap mencari kerja, dan juga jeli melihat tawaran kerja yang bagus, nggak ada salahnya, kan, membangun website loker? Nantinya Anda bisa memberlakukan biaya berlangganan bulanan bagi mereka yang menginginkan akses premium dan kesempatan lebih besar untuk melamar pekerjaan. Atau terapkan kebijakan pembayaran bagi mereka yang ingin mengiklankan tawaran kerja di situs Anda.

Untuk membangun website loker yang kuat, Anda butuh platform yang andal dan metode pembayaran yang kredibel. Misalnya, Anda bisa mengonlinekan website di platform wordPress dan menginstall plugin untuk menambahkan fitur. Setelah itu, kelolalah dengan baik agar trafik meningkat dan website ramai pengunjung.

Untuk menaikkan trafik baik dari pemasang iklan loker maupun pencari kerja, Anda tidak bisa berharap pada konten website saja. Buatlah blog dan publikasikan konten gratis.

21. Reseller Hosting

Ide bisnis dari rumah yang juga bisa menghadirkan ‘cuan’ berlipat ganda adalah dengan menjadi reseller hosting. Peluang ini makin terbuka lebar kalau Anda juga paham pengembangan website (web development).

Reseller hosting

Konsep dasar dari bisnis online paling mudah ini adalah penyewaan ruang server yang akan digunakan untuk membuat paket web hosting.

Misalnya, sister company Hostinger, yakni Hosting24, menyediakan paket reseller hosting yang sepenuhnya didukung WHM dan cPanel. Software ini nantinya memperbolehkan Anda menetapkan batasan tertentu serta menambahkan atau mengecualikan beberapa fitur.

Jika ingin fokus di bidang pembuatan website, reseller hosting adalah bisnis dari rumah yang paling cocok untuk Anda.

22. Jual Beli Website dan Domain

Jangan sia-siakan pengetahuan web development yang Anda miliki. Coba peruntungan baru, misalnya dengan jual beli website dan domain. Anda hanya perlu membeli website dan domain, kemudian mengelolanya, lalu menjual kembali.

Tahukah Anda kalau orang-orang lebih suka membeli website yang sudah punya nama? Alasannya senderhana, membangun domain authority dan memasang backlink membutuhkan waktu yang lama. Jadi, belilah domain yang punya potensi bisnis, yang bahkan siapa pun rela membayar lebih.

Empire Flippers dan Flippa adalah contoh situs jual beli website. Pastikan website dan domain yang hendak dibeli tidak dalam masa penangguhan atau terindikasi virus.

Flippa

Tips Mencari Ide Bisnis Online Kecil-kecilan untuk Pemula

Mencari ide bisnis online untuk pemula memang susah-susah gampang, apalagi kalau ini pertama kalinya menjalankan bisnis. Berikut beberapa tips yang perlu diperhatikan saat brainstorming ide bisnis dari rumah:

  • Keahlian. Ada banyak keahlian yang harus Anda kuasai jika ingin mendirikan bisnis sendiri. Untuk mempelajari keahlian tersebut, Anda butuh waktu. Buatlah perhitungan berapa lama waktu yang diperlukan sampai Anda benar-benar khatam.
  • Investasi dan keuntungan. Semua jenis bisnis tidak langsung menuai keuntungan begitu dipublikasikan. Diperlukan waktu dan usaha yang maksimal untuk membawa bisnis hingga sukses. Kalkulasikan jumlah biaya awal yang dibutuhkan dan buat prediksi lamanya waktu bisnis berhasil memperoleh pemasukan.
  • Stabil dan bisa berkembang. Kenyatannya, bisnis sewaktu-waktu bisa bangkrut jika Anda tidak tahu cara mengelolanya dengan baik. Buatlah rencana jangka panjang sehingga bisnis Anda bisa bertahan di tengah-tengah masalah, seperti di saat pandemi ini.
  • Hobi dan minat. Jalankan peluang bisnis di rumah yang masih akan Anda geluti di beberapa tahun ke depan. Sebaiknya, bangun bisnis berdasarkan hobi dan minat.

Cara Membuat Website untuk Bisnis dari Rumah

Agar ide bisnis rumahan tetap lancar, Anda membutuhkan website. Di dunia bisnis, website berperan penting dalam membangun brand awareness. Dengan mengoptimasi SEO dan menggunakan pemasaran via media sosial, jumlah trafik akan meningkat drastis. Dan itu berarti lebih banyak konversi!

Sebelum membuat website, Anda harus membeli paket web hosting dan nama domain. Nah, untuk berlangganan kedua layanan ini, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Shared hosting hadir dengan harga bersahabat dan sangat cocok untuk website baru. Nantinya Anda bisa mengupgrade akun hosting ke layanan yang lebih premium sesuai dengan kapasitas website.

Bangun bisnis dari rumah dengan beli hosting

Buatlah nama domain yang singkat, mudah diingat, dan mudah juga diketik di kolom browser. Gunakan tool cek domain untuk mengecek ketersediaannya.

Nama domain

Pilihlah WordPress sebagai platform pembuatan website. Sistem manajemen konten ini memiliki ribuan plugin dan tema untuk menyempurnakan tampilan website. Selain itu, CMS ini juga didukung dengan banyaknya tutorial, komunitas, video, dan forum online yang menghadirkan bantuan bagi para penggunanya.

Masuk ke hPanel dan pilih auto-installer untuk menginstall platform ini. Buat akun untuk masuk ke dashboard admin. Dari dashboard inilah, Anda bisa mengatur tampilan website, mengunggah konten, dan berinteraksi dengan pengunjung situs.

Baca tutorial WordPress untuk info selengkapnya.

Kesimpulan

Berbagai kemungkinan bisa Anda lakukan dengan hanya bermodalkan internet, termasuk menjalankan bisnis dari rumah. Di saat-saat krisis seperti ini, ketika pandemi COVID-19 melanda sejumlah negara, memiliki usaha sampingan bisa menjadi solusi terbaik.

Berikut rangkuman singkat 22 ide bisnis online yang bisa langsung dimulai saat ini juga dari rumah:

  • Pemasaran afiliasi – dapatkan komisi dengan mempromosikan produk perusahaan.
  • Bikin blog – bagikan informasi dan minat pada pembaca dan hasilkan uang online melalui pemasaran afiliasi, konten bersponsir, penjualan merchandise, dan masih banyak lagi.
  • Bergabung sebagai content creator di Patreon – buat akun di Patreon dan bangun fanbase yang bersedia memberikan dukungan dana untuk karya Anda.
  • Menjual produk buatan tangan – buat toko online dan jual produk buatan tangan.
  • Jualan barang bekas di eBay -beli barang bekas dan jual kembali di eBay untuk memperoleh keuntungan sebanyak-banyaknya.
  • Amazon FBA – jual produk di Amazon dan bergabung di program FBA. Percayakan pada Amazon untuk mengelola persediaan, mengirimkan produk, dan memberikan layanan bantuan bagi konsumen.
  • Bisnis Dropship – bekerja sama dengan wholesaler dan beri label sendiri. Jual kembali di toko ecommerce.
  • YouTuber – jadilah content creator video dan dapatkan bayaran melalui Google AdSense, pemasaran afiliasi, penjualan merchandise, dan masih banyak lagi.
  • Podcaster – buat poadcast dan cari penghasilan melalui sponsorship (kerja sama) dan jaringan periklanan podcast.
  • Kursus online – buat rencana pembelajaran dan bagikan keahlian serta ilmu pengetahuan Anda melalui panggilan video konferensi atau kursus online.
  • Pengembangan web (web development) – pelajari coding dan bahasa pemrograman beserta hal-hal terkait pemeliharaan (maintenance) situs dan bangun profesi web developer.
  • Pengembangan aplikasi (app development) – jika tidak ada latar belakang pemrograman, gunakan software development untuk membuat aplikasi.
  • Video game development – buat video game gratis dan raih profit dengan menambahkan fitur premium berbayar bagi pemain.
  • Asisten online (virtual assistant) – menjalankan administrasi dan tugas lainnya yang didelegasikan oleh klien.
  • Desainer grafis (graphic designer) – rencanakan materi visual branding untuk pebisnis dan entrepreneur.
  • Guru online (mengadakan kursus berformat video) – mengajar murid-murid dari berbagai belahan dunia. Topik yang diajarkan bisa berupa akademi atau ekstrakurikuler.
  • Menyediakan informasi produk – buat ebook, situs keanggotaan, webinar, atau produk digital lainnya yang memuat konten untuk konsumen.
  • Amazon Kindle Writer – terbitkan buku Anda sendiri di Amazon.
  • Online Ad Manager – kelola iklan klien di Google, Facebook, Instagram, dan platform lainnya.
  • Membangun website loker dengan niche yang spesifik – sediakan website loker bagi para pencari kerja atau mereka yang ingin memasang iklan loker.
  • Reseller hosting – sewa server hosting dan bangun bisnis hosting sendiri.
  • Jual beli website dan domain – beli website dan domain dari situs Flippers atau Flippa dan jual kembali setelah Anda mengelolanya.

Semoga artikel ini bisa memberikan gambaran ide bisnis online terbaik yang bisa langsung Anda jalankan di tahun 2020 ini! Good luck.

Penulis

Author

Nadia Agatha / @nadiaagathapramesthi

Nadia merupakan penerjemah lepas sejak 2016, kini ia menjadi penerjemah untuk Hostinger. Ia gemar membaca dan melakukan penelitian seputar penerjemahan dan sosiolinguistik. Disamping itu, ia juga suka bermain dengan kucingnya dan bercengkrama bersama teman-temannya di waktu senggang.

Tutorial pilihan

Tutorial terkait

Author

Syam Balas

March 30 2020

bagus info ide bisnisnya... terima kasih

Author

Fanny Anastasiah Balas

October 18 2020

Bermanfaat sekali artikelnya, terimakasih..

Author

Mulyan Asika Balas

January 11 2021

Sangat lengkap dan bisa menjadi referensi bagi yang ingin berbisnis online. Salam Sukses untuk kita semua Mulyan Asika happymulya.com

Ketik balasan

Komentar*

Nama*

Email*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jadilah bagian dari Hostinger!