access_time
hourglass_empty
person_outline

Cara Membuat Situs E-learning: Panduan Lengkap

Beberapa tahun terakhir ini, terutama sejak merebaknya wabah COVID-19 di tahun 2020, popularitas platform e-learning benar-benar melesat. Dalam survei terbaru Coursera, kelas online terbukti lebih efektif memberikan berbagai ilmu praktis dan mengembangkan keterampilan sehari-hari untuk pelajaran tertentu daripada pendidikan konvensional.

Hasilnya, kredibilitas kelas online atau e-learning pun semakin meningkat. Rekruiter kini juga memperhitungkan sertifikat yang Anda peroleh dari e-learning. Metode belajar ini pun menjadi cara yang tepat dan efektif untuk membagikan pengetahuan Anda kepada semua orang.

Nah, dari sini, Anda bisa memanfaatkan peluang bisnis ini dengan membuat kelas online. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara membuat web e-learning untuk membantu Anda. Mari mulai!

Hostinger siap membantu Anda memulai cara membuat e-learning berbasis web. Miliki website yang SEO-friendly, plus gratis domain untuk 1 tahun!

Mulai Sekarang

1. Membuat Platform Online

Sebelum mulai menjalankan platform e-learning, Anda harus menentukan nama untuknya. Selain itu, pastikan nama tersebut bisa Anda jadikan nama domain. Berikut beberapa tips cara membuat domain yang terlihat menjanjikan untuk platform Anda:

  • Pikirkan ide utama untuk nama tersebut, yang sekiranya mencerminkan niche dan kesukaan Anda
  • Periksa ketersediaan domain menggunakan domain checker
  • Utamakan memilih TLD .com
  • Buat domain yang singkat agar orang lain mudah menghafalnya
  • Jangan gunakan simbol dan angka, dan buat nama yang terdengar lebih universal

Domain checker untuk memilih domain

Setelah memilih domain, Anda perlu platform hosting untuk website Anda. Hostinger menyediakan berbagai paket web hosting murah untuk segala kebutuhan Anda, dan menyediakan bantuan sepanjang waktu untuk membantu Anda menjalankan cara membuat e-learning berbasis web. Jika baru memulai, cobalah paket Premium Shared Hosting untuk situs web skala kecil hingga menengah.

Hosting murah dari Hostinger

2. Menentukan Tool untuk Website Kelas Online

Jika menggunakan WordPress, ada banyak sekali plugin yang bisa membantu Anda membuat kelas online, mulai dari membangun website hingga mengelola library video. Selain itu, WordPress juga sangat user-friendly sehingga Anda bisa menggunakan CMS ini tanpa harus memiliki pengetahuan teknis untuk mengelolanya.

Berikut beberapa plugin yang bisa membantu Anda membuat elearning dengan WordPress:

Tutor LMS (Sistem Manajemen Pembelajaran)

Plugin ini adalah bagian inti dari situs web Anda, yang merupakan sistem manajemen pembelajaran lengkap untuk menangani berbagai hal terkait e-learning. Meskipun masih tergolong baru, popularitas LMS Tutor mulai naik berkat berbagai fitur gratis dan berbayarnya yang beragam.

Anda juga bisa mencoba cara membuat situs e-learning hanya dengan versi gratis plugin ini, meskipun fitur premiumnya akan menjadi investasi yang tepat untuk mengoptimalkan penggunaan plugin ini.

harga paket Tutor LMS kelas online atau e-learning

Setelah menyelesaikan proses pembelian, temukan file LMS pada Dashboard Themeum Anda.

Menambahkan Tutor LMS plugin to WordPress

Setelah mengunduh file .zip-nya, buka panel admin WordPress Anda. Kemudian, buka Plugins -> Add New, lalu klik Upload Plugin dan pilih file yang baru saja Anda unduh.

Anda kemudian perlu menginstal dan mengaktifkan plugin ini. Agar bisa menggunakan semua fungsinya, Anda juga memerlukan versi gratis Tutor LMS. Pada kolom Search plugins, ketikkan Tutor LMS untuk menemukan Tutor Free, lalu instal dan aktifkan. Selesai, Anda berhasil menambahkan versi premium Tutor LMS ke situs Anda.

WooCommerce

WordPress menyediakan berbagai sistem monetisasi untuk para usernya, dan salah satu yang paling populer adalah WooCommerce. WooCommerce merupakan plugin e-commerce yang mudah dan tepat untuk membantu proses monetisasi. Selain itu, salah satu keunggulan utama WooCommerce adalah fiturnya yang tersedia gratis.

menambahkan WooCommerce plugin ke WordPress

Dengan pengalamannya yang sudah bertahun-tahun dalam membantu pengguna, WooCommerce memungkinkan Anda mengelola metode pembelian kursus online tanpa perlu repot. Bisa dibilang, tool ini adalah bagian terpenting dalam cara membuat e-learning berbasis web Anda.

Video Hosting

Dalam cara membuat situs belajar online, Anda memerlukan tempat yang aman untuk menyimpan dan mendistribusikan konten video premium yang Anda miliki. Jadi, penting untuk memilih platform yang terjamin agar Anda bisa mengontrol siapa saja yang bisa mengakses konten Anda.

vooPlayer

VooPlayer adalah platform video hosting premium khusus yang mampu mendistribusikan konten video Anda dengan aman kepada para subscriber. Untuk menggunakan VooPlayer, cukup buka situsnya dan pilih paket yang menurut Anda paling sesuai. Setelah menyelesaikan proses pembelian, Anda bisa mengunggah konten video dengan aman ke situs VooPlayer. Kami akan membahas cara menambahkan video pada kursus online Anda nanti.

YouTube

Jika tidak berencana memonetisasi konten kursus Anda, gunakan YouTube. Cukup buat akun dan unggah konten video Anda ke YouTube. Nantinya, Anda bisa menambahkan potongan video ke program kelas online Anda.

Tema

Tema WordPress memungkinkan Anda mengustomisasi tampilan platform LMS jika tidak ingin menggunakan tema default. Ada banyak tema berbasis platform LMS yang tersedia, baik yang berbayar maupun gratis. Namun, mungkin tidak ada tema lain yang bisa terintegrasi sempurna dengan Tutor Pro selain miliknya sendiri, Edumax.

Edumax

Edumax adalah tema yang mendukung semua fitur unik Tutor LMS, seperti dashboard analytics, course builder front end, dan sebagainya. Untuk mendapatkan Edumax, buka halaman webnya lebih dulu dan selesaikan pembelian seperti saat membeli layanan Tutor Pro. Setelah itu, file tema pun siap diunduh ke Dashboard Themeum Anda.

Seperti sebelumnya, Anda harus mengunduh file .zip yang tersedia. Kemudian, akses panel admin WordPress Anda dan buka Themes -> Add New -> Upload Theme. Unggah file .zip yang baru saja Anda unduh, lalu instal dan aktifkan temanya.

Exumax theme page untuk e-learning

3. Memulai Cara Membuat Kelas Online

Setelah menyiapkan semua elemen yang Anda butuhkan dalam cara membuat situs belajar online, sekarang mulailah membuat kontennya. Untuk cara membuat kelas online, ada dua metode yang tersedia dari Tutor LMS Pro dengan fitur dan tipe pengajarnya masing-masing:

Back-end Course Builder

Back-end course builder terdapat di panel admin back-end WordPress. Untuk membuat kursus online baru, buka Tutor LMS Pro -> Courses -> Add New. Halaman untuk membuat kelas online kemudian akan muncul. Salah satu kelebihan Tutor LMS adalah semua kursus bisa dibuat dari satu halaman ini terlepas dari skala dan panjang kontennya.

membuat e-learning new back-end Tutor LMS Pro

Di sini, Anda bisa menambahkan konten seperti Judul, Deskripsi, Tag, dan Featured Image. Jika ingin membatasi jumlah siswa, gunakan kolom Maximum Students. Anda juga bisa menentukan tingkat kesulitan kursus dengan opsi Difficulty Level.

Jika akan menyertakan lampiran yang bersifat pribadi seperti worksheet dan materi praktik, tambahkan di kolom Attachments. File ini nantinya bisa siswa Anda unduh sembari menyelesaikan kursus.

Kemudian, Anda bisa membuat sistem kursus prasyarat, yaitu kursus yang harus diselesaikan sebelum mendaftar ke kursus berikutnya. Contohnya, kursus Dasar-Dasar Bahasa Pemrograman harus diselesaikan sebelum siswa bisa mengikuti kursus Algoritme Java Tingkat Lanjut.

cara membuat kelas online dengan Tutor LMS Pro

Nah, sekarang, mari bahas bagian utama dalam cara membuat kelas online ini, yaitu course builder. Di sini Anda bisa menambahkan Topics (topik), serta memberi nama dan deskripsi singkatnya. Susunan kursus mungkin tampak sedikit membingungkan, tapi Anda pasti akan terbiasa. Setiap topik yang ditugaskan bisa menyertakan Quizzez (kuis) dan Assignments (tugas), serta pelajaran lain dalam topik tersebut.

Lesson (pelajaran) berisi sebagian besar konten Anda. Saat menyusun pelajaran untuk kelas online, Anda bisa memberinya nama, ringkasan materi yang dibahas, dan gambar serta sumber video. Di sinilah Anda memerlukan video hosting yang tadi kita bahas. Jika menggunakan VooPlayer, pilih opsi Embedded sebagai sumber video.

Kemudian, buka akun VooPlayer Anda dan salin kode embedded video. Setelah itu, tempelkan (paste) pada form pembuatan kursus. Langkah ini akan menyematkan video dari VooPlayer ke kursus e-learning Anda. Jika menggunakan YouTube, pilih YouTube sebagai sumber video, lalu tempelkan link ke video di tempat yang sama.

Anda juga bisa menambahkan kuis pada setiap topik dengan menu Quizzes. Kami akan membahas fitur ini nanti. Selain itu, Anda bisa menambahkan Video Pengantar, yang tersedia secara gratis untuk menarik perhatian pengguna.

Setelah menambahkan konten, sekarang Anda bisa memublikasikannya agar bisa dilihat oleh para audiens.

Front-End Course Builder

Front-end course builder menjadi salah satu fitur unik Tutor Pro yang tidak tersedia pada plugin LMS lainnya. Fitur ini memungkinkan pengajar baru menggunakan LMS dengan caranya sendiri tanpa harus masuk ke panel admin back-end.

membuat kelas online e-learning front-end menggunakan Tutor LMS Pro

Namun, ingat bahwa Anda masih harus memberikan persetujuan untuk memublikasikan konten dari panel admin back-end. Untungnya, semua yang ada di back-end juga tersedia di front-end.

4. Membuat Kuis

Anda bisa membuat kuis dengan cara yang sama baik di course builder front-end maupun back-end. Tutor LMS menyediakan 10 jenis pertanyaan yang bisa Anda ajukan kepada para siswa, dengan keunggulan dan opsi kustomisasinya sendiri.

kuis untuk website belajar online

Pertama, Anda harus memberikan nama dan deskripsi (opsional) untuk kuis yang akan Anda buat. Kemudian, Anda bisa mulai menambahkan pertanyaan dan jawabannya. Anda bisa memilih opsi untuk mengacak jawaban pilihan ganda, serta menentukan jawaban wajib menggunakan tombol Required. Anda juga bisa mengubah bobot pertanyaan dengan mengatur poin jawaban. Fitur ini berguna ketika Anda memiliki pertanyaan open-ended yang mememberikan lebih banyak nilai daripada jenis pertanyaan salah/benar.

quiz builder untuk membuat website belajar online

 

5. Monetisasi dan Integrasi WooCommerce

Jika ingin mencoba cara membuat e-learning premium, Anda harus menambahkan WooCommerce Product lebih dulu. Untuk melakukannya, buka panel admin WordPress Anda, lalu klik WooCommerce -> Product -> Add New. Anda sekarang bisa membuat produk dengan memberinya nama, deskripsi, harga normal, dan harga diskon.

Anda juga bisa menambahkan jadwal baru untuk penjualan produk. Selain itu, pastikan Anda mencentang For Tutor sehingga Tutor LMS bisa menggunakannya untuk penjualan produk. Setelah menambahkan produk, Anda pun bisa menawarkannya.

menambah produk untuk kelas online

Setelah selesai, kembali ke bagian back-end kursus, lalu klik tombol Edit Course untuk mengelola kursus e-learning tersebut. Gulir menurun ke bagian Add Product untuk melampirkan produk dan menjualnya. Dari drop-down Select a Product, pilih produk yang baru saja Anda buat. Langkah ini akan melampirkan WooCommerce Product ke kelas online Anda. Pastikan memilih opsi Paid pada opsi Course Type, dan Anda pun berhasil menyelesaikan langkah monetisasi program e-learning.

menambah produk website kelas online

Jika ingin menambahkan kursus baru, ulangi proses pembuatan produk baru agar Anda dapat memantau pembelian pada situs web Anda dengan mudah.

Kesimpulan

Selesai! Sampai di sini, Anda sudah mempelajari cara membuat e-learning berbasis web. Cara membuat situs belajar online yang kami jelaskan di sini menggunakan Tutor LMS sebagai platform e-learning, serta mengintegrasikan WooCommerce dan VooPlayer yang sebagai pendukungnya. Dengan demikian, Anda pun bisa membuat platform kelas online dengan mudah sekaligus mengubahnya menjadi peluang bisnis.

Dengan semakin banyaknya platfrom e-learning saat ini, kami harap semangat Anda untuk memulai bisnis di bidang ini pun kian tinggi. Jadi tunggu apa lagi? Dapatkan domain Anda dan mulai kelas online Anda!

Penulis

Author

Faradilla Ayunindya / @faradilla

Faradilla adalah penerjemah bahasa Inggris ke bahasa Indonesia yang menyukai segala hal tentang IT dan senang mengikuti tren seputar teknologi. Ia ingin turut berbagi informasi mengenai topik yang sedang populer di dunia online melalui tutorial yang ditulisnya di blog Hostinger.

Tutorial pilihan

Tutorial terkait

Author

Anang Sam Balas

January 11 2021

mantap...saya sedang mencari cara untuk membuat kelas online...alhamdulillah ketemu tutorial hostinger...jadi kepincut deh....saya siap siap kalau begitu

Ketik balasan

Komentar*

Nama*

Email*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jadilah bagian dari Hostinger!