35 Produk Jualan Online Paling Laris untuk Tahun 2021

35 Produk Jualan Online Paling Laris untuk Tahun 2021

Ingin memulai bisnis toko online tapi tidak tahu apa yang harus dijual dan lumayan menguntungkan? Tenang, Anda bisa mencari tahu lebih dulu tentang produk jualan online paling laris saat ini. Meskipun banyak pesaing, penjualan Anda bisa tetap tinggi karena item tersebut kini sedang sangat diminati.

Dalam artikel ini, kami akan membahas 35 produk jualan online terlaris yang bisa dicoba untuk memulai bisnis online Anda. Selain itu, kami juga akan membagikan cara mengidentifikasi tren jualan online paling laku untuk toko eCommerce Anda.

Produk Jualan Online Paling Laris di Tahun 2021

Jika masih belum memiliki gambaran tentang produk jualan online terlaris yang cukup menjanjikan bagi bisnis online Anda, baca artikel ini untuk mencari tahu item yang sangat diminati tahun lalu dan akan tetap menguntungkan di tahun ini.

1. Masker

Jumlah kasus COVID-19 yang terus meningkat menjadikan masker sebagai salah satu jualan online paling laris dalam satu tahun terakhir. Menurut Google Trends, hasil pencarian masker pada mesin pencari di Indonesia masih konsisten berada di angka yang cukup tinggi.

Masker

Ada banyak pesaing dengan bisnis serupa, tapi banyak juga cara yang bisa membuat bisnis Anda berbeda dari yang lainnya. Salah satunya adalah dengan membuat desain masker yang unik untuk menarik perhatian para pencinta fashion, karena masker saat ini sudah seperti bagian pakaian yang wajib dikenakan.

2. Skincare

Grafik yang ditunjukkan oleh Google Trends di bawah ini menunjukkan bahwa skincare sungguh sedang menjadi barang jualan online paling laris belakangan ini.

Skincare

Beberapa brand skincare lokal yang tengah cukup melejit di pasaran di antaranya adalah Avoskin, yang digadang-gadang menggunakan bahan alami sehingga aman untuk berbagai jenis kulit. Mereka juga memberikan rekomendasi produk kecantikan apa saja yang akan cocok untuk Anda tergantung pada jenis kulit Anda.

Untuk memasarkan skincare, Anda bisa mencoba metode dropshipping, atau mencari supplier tepercaya dengan harga borongan yang jauh lebih murah untuk kemudian dipasarkan kembali. Namun ingat, pastikan bahwa skincare yang Anda jual benar-benar aman dan sudah terdaftar secara legal di badan pengawas setempat.

3. Matras Olahraga

Matras juga menjadi salah satu jualan online paling laris di segmen item olahraga.

Tren olahraga di rumah menjadi salah satu faktor yang mendorong minat masyarakat terhadap barang ini. Orang-orang mulai mencoba yoga, pilates, dan aerobik yang biasanya memerlukan matras agar olahraga menjadi lebih nyaman tanpa takut terpeleset atau sakit.

Google Trends menunjukkan bahwa pencarian matras melonjak banyak di Indonesia pada pertengahan tahun lalu.

Matras

Untuk memasarkannya, buat video tentang aktivitas olahraga di rumah yang menunjukkan fungsi matras. Atau, buat bundel dengan produk fitness lainnya seperti exercise band, yoga block, atau foam roller agar konsumen merasa bahwa mereka mendapatkan banyak item dengan harga yang lebih murah.

4. Perangkat Wearable

Perangkat wearable adalah gadget yang bisa digunakan sebagai aksesori, misalnya smartwatch. Orang-orang membelinya untuk memantau aktivitas fisik, mencatat data kesehatan, dan mendapatkan notifikasi pesan langsung.

Sayangnya, gadget ini cukup mahal untuk diproduksi. Jadi, cobalah sistem dropship dari supplier barang elektronik, seperti Alibaba yang menjual banyak jenis smartwatch dan fitness tracker dengan harga terjangkau.

Smartwatch di Alibaba

5. Produk Pakaian Sporty

Jika mengamati tren, Anda pasti menyadari bahwa model pakaian olahraga/fitness kini kian beragam. Lululemon adalah salah satu brand besar yang memulai tren ini. Para ahli fashion menamai tren baru ini dengan sebutan “athleisure.”

Ada banyak sekali item fashion fitness yang bisa dijual online, mulai dari sport bra, kaus, celana gym, legging, hingga celana yoga. Anda bisa membelinya secara massal dari brand grosir seperti S&S Activewear.

Homepage S&S Activewear

Tren fashion seperti ini juga sedang populer di kalangan para Milenial. Anda perlu strategi marketing media sosial yang tepat, salah satunya adalah dengan menggaet fitness influencer yang cukup aktif mengampanyekan hidup sehat.

6. Posture Corrector (Penyangga Punggung)

Masih karena pandemi, salah satu barang jualan online paling laku akhir-akhir ini adalah posture corrector yang mampu mengurangi pegal-pegal di punggung. Popularitasnya melejit karena sistem work from home dan sekolah online yang diberlakukan hampir di seluruh dunia.

Jumlah pencarian untuk item ini bahkan meningkat tajam beberapa bulan terakhir.

Posture Corrector

Untuk membedakan item Anda dari kompetitor, cobalah posture corrector untuk anak-anak. Orang tua sering merasa khawatir ketika anak-anak mereka duduk membungkuk, jadi, manfaatkan peluang ini untuk pasar Anda.

7. Hoodie dan Sepatu Lokal

Apabila sering melihat-lihat platform e-commerce, Anda pasti pernah melihat beberapa produk fashion lokal yang desainnya tidak kalah keren dari barang impor. Dari segi kualitas, item tersebut juga bisa diadu dengan barang impor, dengan harga yang jauh lebih murah.

Item jualan online terlaris di segmen fashion untuk merek lokal biasanya adalah hoodie dan sepatu. Untuk kedua barang ini, salah satu brand yang cukup berhasil adalah NAH Project.

NAH Project

Banyak sekali penjual yang menyediakan sistem grosir bagi Anda yang ingin menjadi reseller. Caranya juga cukup mudah, Anda bisa menjualnya secara dropship dari platform eCommerce, atau membeli barang dalam jumlah banyak dengan harga grosir, melakukan QC (quality control), mengambil foto yang berbeda dari foto penjual, lalu membuat toko online dan halaman produk sendiri.

8. Botol Minum Reusable

Botol minum merupakan salah satu item jualan online paling laris saat ini. Menurut sebuah studi, orang-orang kini lebih peduli terhadap lingkungan dan mulai beralih dari kemasan plastik sekali pakai ke botol reusable.

Target pasar yang tepat untuk barang ini adalah para pencinta alam atau komunitas peduli lingkungan. Untuk pemasaran, Anda bisa membuat konten edukasi tentang bahaya penggunaan plastik sekali pakai, seperti yang dilakukan oleh S’well di akun Instagram mereka.

Swellbottle di Instagram

9. Casing Handphone

Dengan semakin banyaknya pengguna smartphone, permintaan untuk aksesori casing ponsel kini juga kian tinggi. Kueri pencarian untuk item ini terus meningkat dalam 5 tahun terakhir.

Casing HP

Casing handphone cukup murah dan mudah dibuat, menjadikannya salah satu barang jualan online paling laris bagi Anda yang baru memulai bisnis. Jika ingin memproduksinya sendiri, Case Escape menjual startup kit dengan harga yang cukup terjangkau.

Buat desain yang unik untuk membedakan casing ponsel Anda dari kompetitor. Untuk menemukan inspirasi, Anda bisa menjelajahi Pinterest dan Instagram.

Anda juga harus mengambil foto yang menarik. Jika hanya memiliki sedikit anggaran, buat studio foto di rumah dan gunakan smartphone untuk mengambil foto.

10. Tripod Handphone

Tripod menjadi barang jualan online paling laris lainnya di Indonesia dalam kategori aksesori. Dengan semakin populernya vlogging dan live-streaming, banyak orang membutuhkan produk ini untuk membantu mereka mengambil video.

TikTok turut membuat popularitas aksesori ini melejit. Di samping itu, volume pencarian untuk tripod juga naik dratis karena pandemi yang memaksa orang-orang lebih banyak berkomunikasi menggunakan ponsel.

Tripod HP

Para kreator konten biasanya menjadi target pasar utama tripod handphone. Atau, Anda bisa menargetkan pencinta fotografi ponsel. Tripod umumnya dibutuhkan untuk mengambil foto dalam cahaya redup, long exposure, atau panorama.

11. Phone Holder

Hampir semua orang kini memanfaatkan teknologi peta digital di smartphone sebagai penunjuk jalan. Untuk penggunaan yang lebih mudah, mereka memerlukan phone holder atau tempat ponsel guna meletakkan ponsel di kendaraan agar bisa melihat layarnya secara lebih aman saat berkendara.

Phone holder menjadi salah satu barang jualan online paling laris di Amazon. Produk dari Beam Electronics di bawah ini memiliki 44.000+ ulasan dari seluruh dunia.

Phone holder di Amazon

Anda bisa mendapatkan margin profit yang cukup tinggi dengan menjual item ini. Jika mencari supplier di Alibaba, Anda bisa mendapatkan phone holder mulai dari harga $1 atau sekitar Rp14.100. Pastikan rating vendor dan barang yang akan dibeli cukup bagus agar kualitasnya terjamin.

12. Ring Light

Selain tripod, ring light kini juga merupakan produk online terlaris dari segmen gadget. Demam TikTok dan Instagram yang memang sedang melanda hampir semua kalangan masyarakat menjadikan item yang satu ini cukup laris di pasaran seperti pada grafik Google Trends di bawah ini.

Ring light

Di samping itu, banyak juga yang membutuhkannya untuk keperluan meeting online. Orang-orang membutuhkan ring light untuk menciptakan pencahayaan yang maksimal di depan kamera.

Untuk memasarkannya, Anda bisa menjualnya sendiri di toko online, atau membuat bundel produk bersama tripod dan phone holder. Tentukan nama bundel sesuai kebutuhan pengguna, misalnya “Paket Influencer” bagi pembeli yang memerlukan aksesori ini untuk kepentingan media sosial, atau “Paket Meeting Online” untuk pasar bisnis.

13. Aksesori Handphone

Di segmen aksesori handphone ini, Anda bisa menjual item-item seperti pop-socket, ring holder, kepala charger, powerbank lucu, kabel USB warna-warni, USB OTG, atau splitter untuk handphone yang tidak memiliki lubang jack 3,5 mm.

Berbeda dari tiga poin sebelum ini, aksesori seperti ini bisa menjadi barang jualan online paling laris karena memiliki pasar dan fungsi yang berbeda, biasanya untuk mendukung style konsumen.

Aksesori hp

Untuk memasarkannya pun tidak sulit. Anda bisa membeli produk dalam jumlah banyak agar lebih murah dari produsen di marketplace yang menyediakan jasa shipping internasional, misalnya Shopee, lalu menjualnya kembali dengan harga yang lebih tinggi. Atau, Anda juga bisa menggunakan metode dropshipping.

14. Voucher Game atau Langganan

Orang-orang yang mulai bosan sering kali mencari berbagai aktivitas agar tetap terhibur, dan beberapa di antaranya adalah dengan bermain game, mendengarkan musik, atau menonton film melalui platform berbayar. Manfaatkan peluang ini dengan menjual voucher game atau menjual langganan untuk layanan berbayar, seperti Netflix, Disney+ Hotstar, atau Spotify.

Layanan-layanan tersebut biasanya menyediakan paket “rombongan” atau family dengan harga yang lebih murah untuk satu orang daripada paket individu. Anda bisa mengumpulkan beberapa orang pembeli dulu sebelum menyatukan mereka dalam satu langganan. Namun, jangan lupa untuk selalu membaca syarat dan ketentuan setiap layanan.

Untuk voucher game, Anda bisa memanfaatkan cashback untuk menjual voucher kepada para gamer. Memang, harus ada modal yang dikeluarkan di awal untuk memasarkan produk jualan online yang lagi trend ini. Namun, jika cashback dan base pelanggan Anda sudah cukup besar, Anda pun bisa memperluas pasar untuk meraup keuntungan lebih besar lagi.

15. Perlengkapan Bayi

Perlengkapan bayi seperti gendongan, playmat, dan kursi makan menjadi produk jualan online paling laris untuk segmen perlengkapan anak-anak. Para orang tua yang bekerja dari rumah membutuhkan banyak peralatan pendukung demi bisa bekerja efektif sembari menjaga bayinya.

Kemudian, karena imbauan untuk tetap berada di rumah, mau tidak mau aktivitas untuk mengunjungi kawan atau kerabat yang baru saja memiliki bayi pun harus diminimalkan. Nah, manfaatkan peluang ini dengan menjual perlengkapan bayi lainnya seperti tempat makan, pakaian, atau mainan, lalu kemas dalam bentuk kado agar pembeli tetap bisa menghadiahkannya kepada orang lain tanpa harus berkunjung secara langsung.

16. Makanan Hewan Peliharaan

Karena jumlah permintaan yang selalu tinggi, makanan hewan peliharaan juga bisa menjadi barang jualan online paling laris saat ini.

Banyak orang memutuskan mengadopsi hewan peliharaan untuk menghilangkan kesepian, yang turut meningkatkan pertumbuhan industri di bidang ini. Produk makanan hewan juga dianggap lebih tahan terhadap resesi karena para pemilik menganggap peliharaan mereka seperti keluarga sendiri, dan ingin memberikan yang terbaik demi kesehatan serta kebahagiaan peliharaannya.

Ada banyak sekali jenis makanan hewan yang tersedia. Menurut Pet Food Industry, produk online terlaris untuk kategori ini adalah makanan kering anjing dan kucing, kemudian snack anjing dan kucing.

Karena pemilik biasanya membeli makanan hewan secara rutin, Anda mungkin bisa mencoba menawarkan layanan langganan. Tawarkan berbagai varian makanan dan mungkinkan pembeli memilih paket produk khusus bagi hewan peliharaannya.

17. Tempat Makanan Hewan

Masih dalam kategori perlengkapan hewan peliharaan, produk jualan online paling laris lainnya saat ini adalah tempat makanan hewan. Permintaan untuk produk ini kian meningkat, seperti yang bisa Anda lihat pada grafik Google Trends untuk produk ini.

Ada berbagai varian tempat makanan hewan yang tersedia. Biasanya, model berbahan plastik diberi harga yang cukup murah. Tapi, jika ingin menyasar pemilik yang lebih peduli terhadap kesehatan hewan peliharaannya, Anda bisa menjual produk berbahan stainless steel atau keramik yang diklaim lebih aman dari bakteri dan alergi.

Di Instagram, ada sejumlah pemilik yang menjadikan hewan peliharaannya sebagai micro-influencer. Cobalah bekerja sama dengan mereka untuk mempromosikan produk Anda. Meskipun hanya memiliki sedikit follower, akun influencer hewan peliharaan biasanya memiliki tingkat interaksi yang lebih tinggi dan harga endorsement yang lebih murah.

18. Kalung Kucing

Hampir semua cat owner memberikan nama kesayangan pada kucing peliharaannya. Aksesori seperti kalung pun digunakan untuk memperjelas identitas si hewan kesayangan. 

Nah, kalung kucing dengan ukiran nama kini sedang sangat diminati karena terasa lebih eksklusif dan lebih aman jika sewaktu-waktu kucing kesayangan para pemilik ini bermain cukup jauh dari rumah.

Menurut Google Trends, volume pencarian untuk frasa kalung kucing cenderung tinggi dari tahun ke tahun, dan naik cukup tinggi beberapa bulan terakhir.

Kalung nama kucing

Jika suka membuat kerajinan, rancang item limited edition buatan sendiri dan jual dengan harga yang cukup tinggi. Atau, coba produk kalung anti kutu untuk kucing yang cukup aktif bermain di luar dan berisiko terkena kutu.

19. Tas Kucing atau Anjing

Bepergian bersama hewan peliharaan akan cukup sulit tanpa aksesori khusus, misalnya tas yang bisa memudahkan kita membawa mereka ke mana saja. Nah, tas kucing atau anjing kini sedang cukup digemari dan menjadi produk online terlaris.

Tas hewan Tokopedia

Ada beberapa jenis tas atau pet carrier yang bisa Anda jual. Salah satu yang paling populer di Indonesia adalah tas punggung dengan kaca melengkung transparan yang memungkinkan hewan kesayangan bebas melihat ke arah luar.

Sebagai contoh, lihat barang-barang yang disediakan oleh Vanderpump Pets. Toko online mereka menyasar pemilik hewan peliharaan yang stylish, membuat brand mereka menjadi lebih mudah diingat.

20. Vacuum Cleaner Portabel

Selanjutnya, produk jualan online paling laku tahun ini adalah vacuum cleaner portabel, dikarenakan orang-orang kini lebih banyak melakukan aktivitas di rumah. Varian ini lebih ringan dan fleksibel dibanding vacuum cleaner biasa, juga lebih praktis karena bisa digunakan untuk membersihkan mobil. Menurut Grand View Research, pertumbuhan pasar untuk produk ini terlihat cukup signifikan.

Jika akan menjual vacuum cleaner, cobalah meng-endorse YouTuber yang membahas tren teknologi, seperti Vacuum Wars. Orang-orang mengikuti kreator konten seperti ini untuk mencari tahu produk apa saja yang cukup bagus untuk dibeli. Kirimkan item Anda untuk diulas dan berikan link afiliasi untuk penonton channel mereka.

21. Solar Panel

Tenaga matahari semakin banyak dimanfaatkan beberapa tahun terakhir. Jumlah rumah yang memasang solar panel meningkat drastis di AS, dan penjualan produk ini tampaknya akan terus naik.

Beberapa laporan terbaru mengeklaim bahwa tenaga matahari dan angin akan mendominasi di tahun 2050, jadi, inilah saat yang tepat untuk memulai tren tersebut.

Permintaan pasar untuk solar panel sangat tinggi karena merupakan salah satu alternatif solusi yang hemat biaya dan ramah lingkungan. Beberapa orang menggunakannya untuk menghemat biaya tagihan listrik, atau menjadikannya sebagai sumber energi cadangan.

Renogy, perusahaan yang bergerak di bidang ini, memasarkan produknya dengan menawarkan kredit kepada pengguna yang membagikan link referral. Anda bisa menyasar masyarakat pencinta lingkungan untuk mempromosikan item dari mulut ke mulut.

Renogy

22. Lampu LED

Dengan semakin canggihnya teknologi, beberapa orang kini mulai mengubah desain rumahnya menjadi automated home. Mereka melengkapi rumahnya dengan gadget yang bisa menjalankan perintah secara otomatis, salah satunya adalah lampu smart. Google Trends menunjukkan minat masyarakat yang meningkat terhadap produk ini, terlihat dari volume pencarian yang juga bertambah belakangan ini.

Selain itu, lampu ini bisa membantu orang-orang yang mengalami kesulitan tidur. Manfaatkan peluang ini dengan membuat postingan blog menggunakan keyword terkait masalah tidur. Anda bisa menyebut produk ini sembari memberikan edukasi kepada pembaca tentang cara membangun kebiasaan tidur yang berkualitas.

23. Kursi Kerja

Jika ingin fokus pada kategori perlengkapan rumah, Anda bisa mencoba menjual kursi kerja. Peraturan pemerintah yang memberlakukan work from home menjadikan kursi sebagai produk jualan online paling laku saat ini karena hampir semua orang memerlukan kursi yang nyaman untuk bekerja dari rumah. Menurut data Google Trends, volume pencarian untuk barang ini telah mengalami peningkatan drastis.

Manfaatkan niche inspirasi tempat kerja di Instagram untuk memasarkan kursi kerja. Hashtag seperti #workspacegoals sedang sangat populer, dengan ribuan like untuk beberapa postingan teratas. Untuk memulai, posting foto-foto kantor rumah yang tampak rapi dan menarik agar produk yang Anda jual terlihat estetik dan nyaman.

24. Bantal Kursi

Bagi yang tidak memiliki cukup bujet, bantal kursi bisa menjadi alternatif agar tetap nyaman menggunakan kursi yang lama. Produk ini menjadi salah satu produk jualan online paling laku di beberapa situs e-commerce, lagi-lagi karena tren WFH. Produk di Amazon ini memiliki 30.000+ ulasan dari seluruh dunia.

Bantal kursi banyak dijual murah dari supplier seperti Alibaba. Kemungkinan untuk mendapatkan margin profit yang tinggi juga cukup menjanjikan, khususnya jika Anda menjualnya secara massal.

25. Earphone Bluetooth

Earphone wireless memang bukan produk baru di pasaran, tapi demand untuknya terus meningkat. Laporan ini mengatakan bahwa akan ada peningkatan hingga 12,3% untuk produk earphone wireless dalam 5 tahun mendatang.

Sama seperti produk smartwatch, Anda bisa mencoba sistem dropship karena gadget ini cukup mahal untuk diproduksi sendiri. Situs seperti SaleHoo memiliki banyak pemasok grosir yang bisa Anda ajak kerja sama.

Salehoo

Untuk memasarkannya, gaet situs seperti RTINGS.com yang fokus untuk mengulas produk elektronik, Manfaatkan link afiliasi agar pembaca bisa mengecek produk Anda.

26. Air Fryer

Anda pasti sudah sering mendengar tentang alat yang sedang sangat diminati ini. Ya, kemampuannya untuk memasak makanan tanpa minyak membuatnya menjadi salah satu produk jualan online paling laris akhir-akhir ini.

Google Trends menunjukkan adanya peningkatan drastis pada permintaan produk ini di pasar.

Air fryer

Buat infografik yang membandingkan kalori makanan yang dimasak menggunakan air fryer vs. metode menggoreng tradisional. Atau, buat blog tentang resep makanan sehat dan sertakan video penggunaan air fryer pada postingan Anda.

27. Alat Masak Berbahan Granit

Sejak diharuskan untuk di rumah saja, orang-orang mulai mencoba belajar memasak agar tidak perlu keluar rumah. Akibatnya, muncul tren perlengkapan dapur untuk mendukung hobi memasak mereka. Beberapa di antaranya adalah wajan dan panci berbahan granit.

Target pembelinya adalah orang-orang yang hobi memasak atau para koki. Pasarkan produk ini dengan membuat blog tentang makanan lalu posting resep memasak mudah dengan alat ini, tips memasak, panduan membeli, dan seterusnya. Tautkan artikel ini di jejaring sosial dan terapkan metode SEO untuk menaikkan trafik.

28. Biji atau Bubuk Kopi

Kopi atau biji kopi menjadi produk jualan online paling laris dengan tren yang cukup konsisten. Karena popularitasnya, Anda bisa menemukan pemasok produk ini dengan mudah apabila ingin menggunakan sistem dropship, salah satunya adalah Otten Coffee.

Anda bisa memasarkannya kepada pembeli perseorangan maupun menjadi pemasok kedai kopi. Sampaikan tentang manfaatnya, seperti menghilangkan rasa kantuk, mengurangi kelelahan, membuat tubuh rileks, dan lain sebagainya.

Anda juga bisa membuat bundel produk dengan alat untuk membuatnya. Tetapkan harga kombinasi yang terhitung lebih murah daripada membeli produk individu agar pembeli merasa mereka untung lebih banyak jika membeli bundel tersebut.

29. Perlengkapan Memancing

Menurut Grand View Research, memancing adalah salah satu niche yang popularitasnya terus naik di pasaran. Di samping itu, masa pandemi ini juga turut memicu orang-orang untuk mencari hobi yang menjauhi kerumunan, salah satunya adalah memancing.

Untuk menarik minat orang-orang terhadap produk yang Anda jual, bekerjasamalah dengan kreator konten memancing di YouTube atau Instagram. Berikan produk Anda secara cuma-cuma untuk dipromosikan di platform mereka guna memperkenalkannya kepada calon pembeli.

Selain itu, Anda bisa mencoba bergabung sebagai penjual di aplikasi media sosial khusus memancing seperti Fishbrain. Platform ini memiliki lebih dari 10 juta pengguna yang kemungkinan akan menyukai produk Anda. Sistem platform ini bisa mengimpor produk dari website Anda sehingga Anda bisa langsung menjualnya.

Fishbrain

30. Kacamata Anti Radiasi

Menurut Google Trends, volume pencarian untuk kacamata anti radiasi mengalami kenaikan tajam tahun lalu.

Kacamata anti radiasi

Orang-orang yang semakin peduli akan kesehatan mata akibat terlalu banyak menatap layar membuat aksesori ini menjadi produk jualan online paling laku di pasaran. Kacamata ini mampu menghalau radiasi yang dipancarkan oleh perangkat digital yang menyebabkan sakit kepala dan masalah tidur.

Anda bisa mendapatkan kacamata ini dari optik pemasok seperti Frame & Optic yang menjualnya secara grosir mulai seharga $22.

Untuk memasarkannya, ambil foto bertema gaya hidup menggunakan produk ini dan pasang di iklan jejaring sosial Anda. Atau, buat konten edukasi di blog website Anda tentang dampak blue light untuk meyakinkan calon pembeli.

31. Tanaman Hias

Sejak mewabahnya COVID-19 di awal tahun 2020, tanaman hias juga menjadi populer karena orang-orang merasa perlu mencari cara untuk menyingkirkan rasa bosan, atau rehat dari aktivitas di depan layar.

Google Trends menunjukkan bahwa pencarian untuk item ini naik cukup signifikan di akhir tahun lalu.

Tanaman hias di Google Trends

Temukan tanaman hias dari marketplace khusus tanaman, seperti Bibit Online. Anda juga bisa mencari model tanaman seperti bonsai dan zen garden yang unik dari eBay, membelinya dengan harga rendah kemudian menjualnya kembali dengan harga lebih tinggi.

Lebih baiknya lagi, Anda bisa membudidayakan tanaman sendiri. Mulailah dengan menjualnya melalui promosi kepada pembeli langsung, lalu Anda bisa membuat website atau membuka toko online sendiri jika sudah memiliki pelanggan. 

Untuk mempromosikan produk, gabung dalam forum seperti komunitas pencinta tanaman hias di Facebook. Aktiflah di forum ini agar Anda semakin dikenal, dan sebut produk Anda bila perlu.

32. Bean Bag

Bean bag juga sudah lama ada di pasaran, tapi kini popularitasnya kembali naik khususnya di kalangan anak muda yang tinggal di apartemen atau menjadi pemilik kafe. Volume pencarian untuk bean bag terlihat konsisten, dan sempat memuncak pada pertengahan tahun lalu.

Anda bisa menjual berbagai jenis bean bag, mulai dari mini bean bag, bean bag berbahan anti air, hingga yang bisa menjadi kasur. Lakukan riset pada pasar untuk melihat produk yang paling laris, kemudian perbanyak pilihan produk seiring dengan berkembangnya bisnis Anda.

Untuk memulai, Anda bisa membuat akun bisnis Pinterest lalu menautkan pin ke produk bean bag Anda. Jejaring sosial ini sangat populer di antara orang-orang yang menyukai dekorasi rumah.

33. Mesin Cuci Portable

Ukuran alat ini yang tidak terlalu besar seperti mesin cuci pada umumnya menjadikannya sebagai salah satu produk jualan online paling laris tahun lalu. Orang-orang lebih memilihnya dibanding harus membayar jasa laundry, terutama di tengah pandemi ini yang membuat semua orang cemas akan higiene di lingkungannya.

Perlengkapan rumah agak mahal untuk dibuat sendiri, jadi cobalah metode dropship dari pemasok produk ini secara online.

Untuk menarik pembeli, buatlah demo produk yang menarik. Pastikan Anda menunjukkan cara kerja produk, yang terutama akan sangat praktis digunakan di ruangan terbatas seperti apartemen, indekos, dan asrama.

34. Helm

Berdasarkan data produk di Shopee, helm merupakan salah satu produk jualan online paling laris di tahun 2021 ini. Jumlah produk yang dijual di platform e-commerce ini saja sudah mencapai 504 ribu produk. Selain helm untuk sepeda motor, helm untuk sepeda kayuh juga sedang naik daun bersamaan dengan meningkatnya hobi masyarakat Indonesia untuk bersepeda.

Helm di Shopee

Apabila ingin menjual helm stylish dan bukan untuk riding jarak jauh, coba promosikan produk dengan endorse influencer fashion di TikTok, YouTube, atau Instagram untuk memperkenalkan produk. Minta mereka membagikan tips-tips riding-in-style menggunakan produk Anda atau cukup dengan menandai brand Anda pada postingan mereka.

35. Pensil Alis

Pensil alis menjadi salah satu produk jualan online paling laris akhir-akhir ini jika dilihat pada data Google Trends di bawah ini.

Pensil alis di Google Trends

Meskipun naik-turun, industri kecantikan melihat adanya kenaikan yang konsisten pada demand produk make-up. Penyebabnya tak lain adalah pandemi virus corona, yang membuat orang-orang lebih fokus pada make-up area mata dan alis karena bagian wajah lainnya tertutup masker.

Agar berbeda dari pesaing, Anda bisa menjual produk pensil alis waterproof bagi konsumen yang aktif berada di luar rumah, misalnya karena pekerjaan, tapi tidak punya banyak waktu untuk melakukan touch-up make-up.

Atau, Anda juga bisa menjual cetakan alis, spooler atau kuas pensil alis, dan aksesori lainnya untuk melengkapi produk utama.

Bagaimana Cara Mencari Tahu Produk Jualan Online Paling Laris yang Menjanjikan?

Untuk memulai, Anda harus melakukan riset di tempat yang tepat. Cobalah rekomendasi berikut untuk menemukan produk jualan online paling laku yang menjanjikan:

Marketplace eCommerce

Anda bisa memanfaatkan hampir semua marketplace eCommerce untuk mencari tahu produk jualan online yang lagi trend. Marketplace biasanya memiliki berbagai halaman khusus untuk produk baru dan produk online terlaris, seperti Movers and Shakers di Amazon. Halaman ini menunjukkan produk apa saja yang paling laris setiap jamnya dari berbagai kategori.

Atau, kunjungi halaman Most Wished For untuk melihat barang-barang apa saja yang diminati orang-orang untuk dibeli berikutnya.

Beberapa situs juga memiliki kolom pencarian yang memberikan saran otomatis menurut hasil pencarian terbanyak dari pembeli. Jika mengunjungi Etsy, fitur yang disediakannya bisa menampilkan keyword populer dengan label ‘Popular right now’ (Sedang populer).

Etsy

Selain itu, gunakan eRank untuk mencari tahu selengkapnya tentang produk jualan online paling laris di Etsy. Tool SEO Etsy menampilkan keyword apa saja yang memiliki volume pencarian tinggi.

Media Sosial

Menurut studi baru-baru ini, 74% konsumen melihat-lihat channel media sosial dan influencer lebih dulu sebelum membeli produk secara online.

Alasannya cukup jelas; berbagai brand kini memanfaatkan social commerce dan influencer marketing sehingga platform ini menjadi tempat orang-orang mencari tahu produk jualan online yang paling laku saat ini.

Cari tahu hashtag populer di Twitter dan Instagram untuk mencari tahu produk yang lagi trend. Di Pinterest, gunakan kolom pencarian untuk melihat keyword yang sedang populer.

Atau, cari tahu komunitas niche yang memiliki potensi bisnis di Facebook dan Reddit. Dengan begitu, Anda pun tahu produk apa saja yang akan cukup laris jika menyasar demografi spesifik mereka.

Situs Pelaporan Tren

Platform ini bisa menunjukkan topik dan produk apa saja yang sedang diminati banyak orang. Berikut beberapa di antaranya:

  • Google Trends. Umum digunakan oleh marketer, tool ini menyediakan data real-time tentang topik yang dicari orang-orang di Google. Filter menurut wilayah, waktu, kategori topik, dan jenis pencarian untuk hasil terbaik.
  • Think with Google. Fitur Category Trend bisa menunjukkan item yang sedang tren dan produk dengan demand
  • Trend Hunter. Situs ini merangkum produk-produk best-selling e-commerce baru dan populer setiap bulannya. Tersedia juga versi premium jika Anda ingin memantau topik tertentu dan mengakses laporan tren selengkapnya.

Tool Lain untuk Menilai Produk Jualan Online Paling Laku bagi Bisnis Anda

Setelah mengetahui barang-barang yang sekiranya cukup potensial, gunakan situs berikut agar lebih yakin:

  • Tool evaluator produk Better Lemonade Stand. Cukup isikan beberapa informasi tentang toko dan produk e-Commerce Anda untuk mengetahui skor terkait keunggulan dan kelemahan produk Anda.
  • Viral Launch. Meskipun umumnya digunakan oleh penjual di Amazon, tool ini juga akan berguna bagi toko online lainnya. Manfaatkan fitur Market Intelligence untuk mendapatkan feedback tentang ide produk Anda dan memperkirakan profit, serta melihat tren pasar.

Apa Faktor yang Membuat Suatu Item Menjadi Produk Jualan Online Terlaris?

Untuk hasil yang lebih akurat, ingat kriteria berikut saat mencari produk jualan online paling laris yang bisa menghasilkan bagi bisnis Anda:

  • Sesuai dengan minat Anda. Jika memiliki ketertarikan tersendiri pada produk yang Anda jual, proses pemasarannya juga akan lebih mudah. Dengan demikian, Anda pun akan lebih mudah terhubung dengan pembeli.
  • Mampu mengatasi masalah. Beberapa produk populer mudah dipasarkan karena fungsi dan manfaatnya di kehidupan sehari-hari.
  • Memiliki potensi brand. Produk yang dijual menentukan strategi marketing yang harus dijalankan. Pastikan produk Anda menceritakan kisah brand yang berkesan agar lebih mudah diingat oleh audiens.
  • Menghasilkan profit. Harga jual harus mampu menutup semua biaya overhead dan menghasilkan pendapatan.
  • Sulit dicari. Menjual produk yang tidak ada di pasar atau toko online lokal akan membuat pembeli tertarik dan penasaran. Plus, persaingan pasar juga akan lebih rendah.

Sudah Menemukan Produk Online Terlaris yang Bisa Anda Jual?

Demikianlah rekomendasi kami untuk 35 produk jualan online paling laris yang bisa Anda sediakan di toko online Anda. Namun, memilih produk yang tepat untuk dijual hanyalah langkah awal dari sebuah proses panjang untuk membangun bisnis yang sukses.

Apa pun produk yang Anda pilih, pastikan untuk membuat toko online yang menarik serta maksimalkan strategi digital marketing Anda. Apabila tidak menemukan produk atau tren yang dicari, kunjungi situs-situs yang sudah kami cantumkan di atas untuk menemukan lebih banyak opsi.

Jadi, mulailah amati pasar dan pilih produk, tentukan platform eCommerce yang akan digunakan, kemudian bangun bisnis Anda sekarang juga. Semoga sukses selalu!

Author
Penulis

Faradilla Ayunindya

Faradilla adalah penerjemah bahasa Inggris ke bahasa Indonesia yang menyukai segala hal tentang IT dan senang mengikuti tren seputar teknologi. Ia ingin turut berbagi informasi mengenai topik yang sedang populer di dunia online melalui tutorial yang ditulisnya di blog Hostinger.