Website

Butuh Uang Saku Tambahan? Berikut 37 Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Butuh Uang Saku Tambahan? Berikut 37 Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Bisa kami tebak, Anda membaca artikel ini karena ingin mencari tahu lebih lengkap cara mendapatkan uang dari internet.

Ada beberapa alasan mengapa Anda menggunakan internet untuk mencari uang, dua di antaranya adalah ingin memperoleh penghasilan tambahan di samping pendapatan utama dan mencoba pekerjaan baru setelah mundur dari jabatan yang lama.

Apa pun alasannya, internet sudah menjadi bagian dari kehidupan seseorang yang menginginkan penghasilan tambahan. Hanya saja, mendapatkan penghasilan dari internet tidak begitu mudah karena masih ada sebagian yang berkedok penipuan atau bahkan menyajikan metode yang tidak efektif.

Dengan adanya artikel ini, kami berharap Anda bisa mengetahui cara menghasilkan uang dari internet yang tepat dan efektif.

Di artikel ini, Anda akan mengetahui 35 cara mendapatkan uang online. Sebagian cara menuntut Anda harus membuat website, sedangkan cara lain memberikan kesempatan bagi Anda untuk memanfaatkan berbagai platform yang sudah ada.

Cara Mendapatkan Uang dari Internet dengan Membuat Website atau Blog

Salah satu cara mencari uang di internet adalah dengan memanfaatkan website Anda. Buat niche, ciptakan traffic, dan mulailah menjual produk dan layanan kepada para pengunjung situs.

Jika membuat website, Anda memiliki kebebasan penuh untuk mengelola dan mengatur keuntungan yang didapat.

Di sub-bab ini, Anda akan mempelajari beberapa hal, seperti mendapatkan penghasilan dari produk afiliasi, menjual barang-barang fisik, membuka kursus online, dan masih banyak lagi.

Berikut ini 10 cara mendapatkan uang dari internet dengan membuat website.

Untuk mengonlinekan website, Anda membutuhkan web hosting. Hostinger menawarkan paket hosting terbaik, terlebih bagi kamu yang masih pemula di dunia website.

1. Membuat Blog

Orang-orang memanfaatkan blog sebagai sarana untuk mengekspresikan pendapat atau platform yang memuat seni dan kreativitas mereka.

Namun ternyata, ada juga sebagian orang yang mengubah blog menjadi ‘mesin uang’ untuk memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari. Bahkan ada yang berhasil mengantarkan blog atau situsnya menjadi perusahaan online besar, seperti Huffington Post.

Cara mendapatkan uang dari internet dengan membuat blog

Sayangnya, tidak semua blogger berhasil menjadikan situsnya terkenal dan menghasilkan uang. Namun, apabila Anda tekun dan menemukan metode yang tepat, mendapatkan uang dari blog merupakan hal yang mungkin.

Dengan memanfaatkan blog, Anda harus punya visi dan misi jangka panjang. Perlu diingat, Anda tidak akan langsung mendapatkan uang begitu blog aktif. Namun, seiring dengan meningkatnya kemampuan menulis dan memilih konten berkualitas, situs Anda akan kebanjiran traffic. Tentunya hal ini memberi peluang yang baik bagi Anda.

Jika tujuan Anda adalah membuat blog yang menghasilkan uang, maka simak beberapa tips berikut ini:

  1. Pilih topik yang tidak akan pernah ‘kedaluwarsa’, misalnya tentang kesehatan, keuangan, hubungan, hobi, atau pengembangan diri.
  2. Selalu berusaha menghadirkan konten dengan resource yang bermutu dan berkualitas.
  3. Pelajari lebih mendalam tentang SEO dan naikkan peringkat situs Anda di mesin pencarian.
  4. Jalin relasi dengan blogger populer dan influencer lainnya.

Keempat tips di atas akan membantu Anda untuk tetap berada di jalan yang benar. Setelah blog mendapatkan banyak traffic , kesempatan memperoleh penghasilan dari internet makin terbuka lebar. Anda pun bisa melakukan beberapa hal ini:

  • Iklan berbayar;
  • Menawarkan kursus online dan bahan pembelajarannya;
  • Menjual produk afiliasi;
  • Dan masih banyak lagi!

Dengan blog, Anda bisa melakukan hampir apa pun untuk mendapatkan pemasukan.

2. Membuat Website Afiliasi

Mempromosikan produk adalah salah satu cara mendapatkan uang dari internet. Bagaimana caranya? Anda bisa menjadi anggota afiliasi di berbagai situs, contohnya Hostinger.

Cara menghasilkan uang dari internet dengan membuat website afiliasi

Situs afiliasi dibuat untuk merekomendasikan atau mengulas produk-produk tertentu. Jika ada pengunjung situs yang membeli produk melalui link afiliasi yang dipasang di website Anda, maka Anda akan mendapatkan komisi.

Meskipun penghasilan yang diberikan tidak begitu besar, ada banyak situs yang mendasarkan pendapatannya hanya pada afiliasi. Sebagai contoh, Pat Flynn of Smart Passive Income mendapatkan penghasilan bulanan dengan melakukan affiliate marketing.

Contoh lain adalah the WireCutter. Situs ini, pada dasarnya, merupakan website populer yang mengulas produk. Situs ini kemudian mendatangkan keuntungan yang lebih banyak setelah dibeli oleh New York Times seharga $30 juta.

Mulailah membuat situs afiliasi dan dapatkan penghasilan dengan merekomendasikan dan mengulasi berbagai produk. Atau, Anda bisa mengintegrasikan affiliate marketing ke blog yang sudah dibuat sebelumnya dengan menampilkan resource yang Anda rekomendasikan.

Misalnya, anggap saja Anda memiliki website yang didedikasikan untuk membahas cara menghilangkan atau mengurangi lemak di perut. Beberapa hal yang perlu Anda lakukan adalah membuat postingan yang mereview produk dan suplemen terkait dan menyertakan link afiliasi setiap kali produk disebut.

3. Membuat Website eCommerce

Situs eCommerce semakin populer belakangan ini. Dengan adanya platform yang mendukung, seperti WordPress dan WooCommerce, situs eCommerce dapat dibuat kapan pun dan di mana saja.

Cara mendapatkan uang online dengan membuat situs eCommerce

Apakah saat ini Anda ingin menjual berbagai produk fisik? Buat dan onlinekan bisnis Anda dan raih banyak pelanggan.

Ada dua metode yang bisa menjamin keberhasilan toko online:

  1. Menjual produk fisik niche ke sekelompok pembeli yang berdedikasi.
  2. Membeli barang-barang yang dibuat di pabrik dengan harga lebih murah di luar negeri, kemudian mengemasnya kembali, lalu menjualnya dengan harga lebih tinggi.

Jika memilih cara pertama, Anda harus melalukan banyak riset, pengembangan produk, dan uji coba.

Jangan khawatir, usaha tidak pernah mengkhianati hasil. Buktinya perusahaan-perusahaan besar, seperti SkinnyMe Tea, BeardBrand, dan Ratio Coffee, mampu mengukuhkan kedudukannya sebagai toko online yang berhasil.

Apabila Anda tidak nyaman atau merasa cara pertama terlalu berisiko, maka pilihlah cara kedua, yaitu membeli barang-barang keluaran pabrik di luar negeri. Untuk cara ini, Anda tidak perlu pergi ke luar negeri, cukup buka platfrom seperti AliExpress, pilih produk, dan jual kembali di toko online Anda.

Selain menjual, Anda pun perlu memikirkan cara pengiriman produk. Anda bisa menangani pengirimannya sendiri atau menggunakan metode yang sedang populer, yakni drop shipping. Dengan drop shipping, pabrik atau perusahaan yang akan mengirimkan barang yang dipesan oleh klien Anda.

4. Menjadi Reseller Web Hosting

Ada banyak cara mendapatkan uang dari internet, dan salah satunya adalah dengan menjadi reseller web hosting. Jika tertarik, Anda bisa memanfaatkan layanan reseller yang ditawarkan oleh Hosting24.

Cara mendapatkan penghasilan dari internet dengan menjadi reseller web hosting

Pada dasarnya, menjadi reseller hosting berarti menyediakan ruang server yang dedicated dalam membangun brand web hosting Anda sendiri. Dengan menjadi reseller, berarti Anda bisa melakukan:

  1. Membuat akun web hosting yang telah dilengkapi dengan cPanel;
  2. Mengatur custom batasan resource (disk space, bandwidth, dan sebagainya);
  3. Dengan mudah mengelola semua akun menggunakan WHM.

cPanel dikenal dengan kemudahannya dalam mengelola akun hosting dan tool ini dapat digunakan untuk meraih lebih banyak pelanggan atau user baru. Uptime server-nya pun dimonitor oleh tim administrator in-house yang menjamin ketersediaan dan uptime terbaik.

Di samping itu, juga terdapat tim support yang selalu ada 24/7 untuk menjawab dan mengatasi semua permasalahan Anda.

Meskipun reseller, Anda tidak perlu menangani akuisisi user. Biarkan tim hosting yang akan mengelola segala aspek teknis terkait manajemen server.

Jika sebelumnya Anda sudah familiar dengan fungsi dan cara kerja web hosting, maka aktivitas reselling tidak akan membingungkan. Siapa tahu suatu saat bisnis reseller hosting Anda semakin naik dan sukses?

5. Membuat Kursus Online

Akhir-akhir ini kursus online semakin populer dan memiliki banyak peminat. Jadi, jika Anda ingin membagikan informasi dan pengetahuan yang dimiliki, membuat kursus online bisa menjadi salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan dari internet.

Agar kursus online Anda berkualitas dan dilirik banyak user, Anda harus memantapkan diri dan pribadi Anda terlebih dulu. Anda bisa mempersiapkan diri menjadi instruktur dengan memperkaya pengetahuan melalui berbagai platform belajar online, misalnya BitDegree. BitDegree menawarkan kesempatan bagi Anda yang ingin meningkatkan kemampuan dan berbagi dengan ratusan orang yang juga tertarik untuk mempelajari teknologi terbaru.

Memperoleh penghasilan dari internet dengan membuka kursus online

Panduan dan bahan pembelajaran kursus online hadir dalam berbagai format, mulai dari unduhan PDF sampai video kursus dengan durasi berjam-jam yang menampilkan diri Anda sebagai instrukturnya.

Kursus online pastinya akan memberikan keuntungan berlebih, apalagi layanan ini berada di bawah pengawasan Anda dan Anda pula yang mengatur keuangannya.

Seperti halnya cara mencari uang di internet yang telah kami sebutkan sebelumnya, kursus online dapat diintegrasikan dengan berbagai tipe blog, misalnya blog, situs eCommerce, dan situs afiliasi.

Jika Anda memang berniat untuk membuka kursus online tapi belum mendapatkan topik yang tepat, maka Anda bisa melakukan polling. Tanyakan pada audience topik apa yang tepat untuk kursus online Anda. Anda akan terkejut karena mereka bisa memberitahukan topik yang ingin dipelajari banyak user.

Sebagai contoh, kursus online Learn Scrivener Fast sepenuhnya didedikasikan untuk membantu para penulis dalam mempelajari kelebihan dan kekurangan software Srivener. Pendiri kursus ini, Joseph Michael, menentukan topik yang terinspirasi dari komentar-komentar yang ditulis di blog Michael Hyatt. Sampai saat ini, Learn Scrivener Fast menjelma sebagai salah satu kursus online terbaik.

6. Membuat Situs Membership

Siapa bilang situs membership tidak begitu terkenal? Buktinya situs ini memiliki peminatnya sendiri. Untuk pengelolaannya pun tidak begitu sulit.  Namun, seperti halnya situs lain, situs membership juga membutuhkan audience atau traffic dengan jumlah tinggi.

Cari uang online dengan membuat situs membership

Sebagai contoh, Mark Manson mengelola blog tentang pengembangan diri. Di situsnya, terdapat halaman tertentu yang memuat tentang keanggotaan sehingga user bisa mengakses kursus online, video, dan artikel yang berguna unuk proses pembelajaran. Bagi para pengikutya, keanggotaan atau membership tersebut merupakan kesempatan langka.

Orang-orang mengakses situs Anda karena mereka menyukai hal-hal yang Anda bagikan. Jadi, sudah selayaknya Anda menambahkan halaman membership bagi para klien yang menginginkan konten premium. Tentu saja, untuk mendapatkan akses tersebut, mereka harus membayar terlebih dulu.

Pastinya akan ada beberapa orang yang menganggap halaman keanggotaan tidak begitu memberikan manfaat bagi mereka, tapi untuk sebagian orang yang mengikuti informasi dan konten yang Anda bagikan tentu saja melihat membership ini sebagai kesempatan yang tidak boleh disia-siakan.

Jenis membership yang Anda tawarkan tergantung pada tipe situs yang Anda kelola dan seberapa banyak konten premium yang disediakan.

7. Menyediakan Ruang Periklanan

Mencari uang online dengan menyediakan ruang periklanan

Sudah ada banyak situs yang memasang iklan di konten mereka. Terkadang iklan tersebut terdengar tidak natural dan terkesan ‘dipaksa’, tapi ada juga iklan yang ‘mengalir’ secara alami sesuai konten.

Jika situs Anda menerima traffic dengan jumlah yang cukup banyak, maka sangatlah mudah bagi Anda untuk membuat penghasilan online. Karena itu, pastikanlah untuk terus memposting konten-konten berkualitas agar traffic semakin naik dan situs Anda bisa berada di peringkat satu mesin pencari.

Biasanya, besaran uang yang Anda dapat tergantung pada jenis network, tapi tidak menutup kemungkinan dipengaruhi oleh jumlah klik.

Pilihlah ad network sesuai kebutuhan.

Anda pasti sudah familiar dengan Google Adsense. Untuk menggunakannya, buka ad network ini dan buat akun. Setelah akun berhasil didaftarkan, Anda bisa mulai memasang iklan di situs. Perlu diketahui, bayaran untuk iklan Adsense tidak begitu besar kecuali situs Anda sudah ramai pengunjung atau diakses jutaan visitor per bulannya.

Ad network lain yang bisa digunakan adalah Ezoic dan Media.net. Kedua ad network ini bisa digunakan setelah Anda melalui proses pendaftaran dan evaluasi situs. Ezoic dan Media.net juga dapat dimanfaatkan untuk mengoptimasi pendapatan dari iklan.

Apabila Anda tidak begitu familiar atau mungkin tidak suka bekerja dengan ad network, maka Anda harus berusaha untuk mengiklankan situs dengan cara manual. Jika situs Anda menargetkan visitor tertentu, maka cara mendapatkan uang dari internet dengan ad network sangatlah mudah. Anggap saja situs yang Anda kelola saat ini difokuskan untuk membahas manfaat dan optimasi tidur. Alih-alih mengaktifkan ad network, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Anda menawarkan ruang atau space bagi perusahaan matras untuk mengiklankan produk mereka.

Pilihan terakhir jika tidak ingin memanfaatkan ad network dan menyediakan ruang iklan adalah menulis konten berbayar atau konten bersponsor. Dalam hal ini, suatu perusahaan akan membayar Anda untuk konten bersponsor yang Anda tulis. Konten ini kemudian dipublish di situs Anda. Situs-situs yang menerapkan metode ini adalah Buzzfeed dan Millo.

8. Menawarkan Layanan

Salah satu cara mendapatkan uang dari internet yang paling cepat adalah menawarkan layanan yang Anda miliki di website.

Ada dua metode untuk menawarkan layanan:

Buat Blog Pendidikan dan Tawarkan Layanan yang Anda sediakan

Buat blog niche yang memuat informasi berguna tentang suatu topik. Misalkan Anda memiliki blog yang membahas tentang kesehatan holistik, dan di sana Anda sudah membuat daftar email atau bahkan berhasil mengarahkan traffic yang tinggi ke situs Anda.

Tambahkan halaman layanan yang menjelaskan bahwa Anda menawarkan pelatihan mengenai kesehatan yang bisa diakses user baik melalui Skype atau bertatap muka secara langsung.

Membuat Website Sederhana dan Tawarkan Layanan yang Anda Sediakan

Alternatif lainnya, buat website yang memang hanya ditujukan untuk menawarkan layanan Anda kepada perseorangan dan perusahaan.

Misalnya, Anda ingin bekerja sebagai seorang penulis lepas.

Pilih niche dan onlinekan website untuk mulai memperkenalkan keahlian dan kemampuan Anda. Tambahkan beberapa halaman yang memuat informasi tentang diri Anda, jenis layanan yang ditawarkan, dan contoh portofolio atau hasil tulisan.

Setelah itu, lakukan hal-hal seperti guest blogging, podcast interview, dan mengirimkan email cold outreach untuk menarik perhatian para user.

Jika Anda ingin lebih meroketkan bisnis berbasis layanan, maka Anda bisa menggabungkan kedua metode tersebut. Dengan demikian, hasil yang maksimal akan tercapai.

9. Buat Website yang Menawarkan Lowongan Pekerjaan

Informasi mengenai lowongan pekerjaan bisa dijadikan salah satu topik untuk membuat website dan menarik banyak keuntungan.

Menghasilkan uang dengan membuat website tentang lowongan pekerjaan

Dengan website ini, Anda bisa meminta bayaran dari individu atau perusahaan yang memposting lowongan kerjaan di situs Anda. Atau Anda juga bisa mewajibkan user untuk menjadi anggota premium agar bisa mengakses dan melamar ke pekerjaan yang diinginkan.

Namun ada hal terpenting yang harus diingat, pastikan website Anda sudah memiliki traffic yang tinggi. Suatu perusahaan tidak akan percaya bahkan mau memposting lowongan pekerjaan di website Anda bilamana traffic rendah dan minim user dengan kriteria yang tepat dan terbaik.

Mari kita lihat ProBlogger Job Board sebagai contohnya. Di sini, baik perusahaan maupun individu, diwajibkan untuk membayar sejumlah biaya jika ingin memposting lowongan pekerjaan. Sementara itu, bagi para pelamar tidak akan dikenai biaya untuk mengakses bahkan melamar pekerjaan. Karena ProBlogger merupakan situs resmi dengan traffic yang tinggi, perusahaan atau pribadi yang memposting lowongan pekerjaan akan mendapatkan calon bakal karyawan sesuai dengan kriteria yang dihrarapkan.

Sekali lagi, jika ingin menghasilkan uang dari website lowongan kerja, pastikan situs Anda sudah terlebih dulu mendapatkan traffic yang banyak. Hal ini layaknya simbiosis mutualisme di mana perusahaan mendapatkan karyawan yang diharapkan dan Anda memperoleh imbalan yang setimpal.

10. Membuat Direktori Online

Saat ini memang direktori online tidak sepopuler jenis website lainnya, tapi kita tidak bisa menutup mata kalau opsi ini juga bisa mendatangkan penghasilan untuk Anda.

Sistem kerjanya hampir sama dengan website pencari kerja. Hanya saja, Anda tidak menuntut bayaran dari perseorangan maupun perusahaan. Merekalah yang akan membayar Anda per bulannya untuk mendapatkan daftar direktori.

Jika website yang Anda kelola saat ini mendapatkan traffic dalam jumlah tinggi, maka menawarkan directory listing merupakan kesempatan yang bagus.

Sebagai contoh, Anda membuat website yang ditujukan untuk pengembangan dan desain website. Konten berkualitas tinggi pun dihasilkan guna mempertahankan jumlah pengunjung dan traffic. Dengan website seperti ini, Anda bisa menyediakan listing bagi web developer dan agensi.

Tak hanya backlink resmi, dengan listing direktori, Anda menyediakan traffic atau sourse yang tepat bagi bisnis para klien.

Pada umumnya, klien akan membayar biaya berlangganan per bulan agar direktori dapat didaftarkan. Bahkan Anda juga bisa menerapkan sistem biaya premium di mana perorangan atau perusahaan bisa mencantumkan listing mereka di bagian paling atas direktori sehingga menarik lebih banyak perhatian.

11. Menjual Website

Terakhir, cara menghasilkan uang dari internet jika Anda memiliki website atau blog adalah dengan menjualnya!

Tentunya nilai jual website tergantung pada tipe atau jenis situs yang Anda jalankan saat ini. Meskipun memang tidak seberapa, menjual website bisa menghasilkan sejumlah rupiah.

Menghasilkan uang online dengan menjual website

Nilai jual rata-rata website Anda dikalikan dengan pemasukan per bulannya. Kelipatan tersebut tentunya bergantung pada berbagai faktor, tapi jangan khawatir, Anda bisa menjual website dengan ketentuan mulai dari 12 hingga 30 kali lipat.

Berikut faktor-faktor yang memengaruhi kelipatan dari nilai jual website:

  1. Umur website;
  2. Otoritas atau kepemilikan domain;
  3. Jumlah traffic yang diterima website;
  4. Jumlah keuntungan yang dibuat website;
  5. Diversifikasi pendapatan;
  6. Kestabilan pendapatan;
  7. Perkembangan website, apakah ada progressnya atau malah ‘jalan di tempat’.

Jika ingin tahu berapa nilai jual situs Anda, bisa cari tahu di Empire Flipper listings.

Pastikan Anda sudah memperhitungkan baik buruknya menjual website karena Anda tidak akan lagi menerima pendapatan per bulannya.

Cara Mendapatkan Uang dari Internet Tanpa Perlu Membuat Website

Membuat website tentu menjadi cara terbaik untuk mendapatkan penghasilan online dalam jangka panjang. Namun, memiliki website bukanlah satu-satunya cara mendapatkan uang dari internet. Ternyata Anda bisa memperoleh uang tanpa harus membuat dan mengonlinekan website.

Berikut 20 cara menghasilkan uang dari internet tanpa perlu mengelola website.

12. Menerbitkan Buku Digital Hasil Tulisan Sendiri

Tahukah Anda bahwa menulis buku lalu menerbitkannya bisa mendatangkan keuntungan? Di zaman yang serba maju ini, ada berbagai cara untuk menerbitkan buku, termasuk self-publishingSelf-publishing adalah menerbitkan buku sendiri tanpa bantuan penerbit . Bahkan Anda bisa mengatur serta mengedit sendiri naskah, layout, bahkan judul.

Menghasilkan uang online dengan menerbitkan buku sendiri

Karena self-publishing begitu populer belakangan ini, maka tak menutup kemungkinan jika Anda akan menghadapi banyak kompetitor atau saingan. Namun, jika Anda berkomitmen untuk menulis buku dengan konten yang berkualitas dan berhasil memuaskan keingintahuan para pembaca, Anda bisa sukses hanya dengan melakukan self-publishing.

Menerbitkan buku digital sendiri berarti terdapat berbagai aspek yang ditangani oleh Anda sendiri. Seperti yang telah disebutkan di atas, menerbitkan buku sendiri berarti Anda bertanggung jawab terhadap penulisan, penyuntingan, penyusunan, pembuatan sampul atau cover, penjualan melalui situs-situs, misalnya Amazon, penulisan deskripsi buku, dan pemasaran.

Di balik susah-payah yang dilakukan untuk menerbitkan dan memasarkan buku, Anda akan mendapatkan pembagian yang menguntungkan. Tergantung pada price point yang dimiliki buku, Anda akan mendapatkan keuntungan sebesar 70% di setiap penjualan.

Berikut beberapa tips agar berhasil menerbitkan buku Anda:

  1. Lakukan riset pasar. Pastikan topik buku digital yang hendak Anda tulis tidak memiliki saingan yang banyak, tapi tetap punya pasar dan pembaca.
  2. Tulislah buku yang memuat informasi bermutu, dan jangan ragu untuk menyewa jasa editor profesional.
  3. Pun sewalah jasa desainer untuk membuatkan sampul dan menuliskan deskripsi singkat buku yang menarik. Ingat, dua elemen ini menjadi salah satu faktor terpenting buku Anda laku di pasaran.
  4. Tulislah buku berseri, tentunya dengan pengetahuan, atau informasi, atau cerita yang menarik perhatian pasar.

Keberhasilan Anda sebagai penulis sepenuhnya ditentukan oleh Anda sendiri. Tulislah buku dengan konten sebaik mungkin dan buatlah daftar email dari calon pembaca yang menurut Anda layak untuk dihubungi. Semakin sering Anda menerbitkan buku, maka semakin banyak pula uang yang dihasilkan.

13. Email Marketing

Sering menghabiskan waktu di internet? Maka ‘kebiasaan’ ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Pernah mendengar kata-kata seperti mendapatkan uang dari menyusun daftar email? Kata-kata ini benar adanya.

Menghasilkan uang dengan melakukan email marketing

Ingat-ingat kembali berapa banyak email yang masuk ke inbox Anda. Sebagian besar email tersebut berupa newsletter yang telah Anda setujui untuk berlangganan. Ada user yang senang sekali mendapatkan email seperti itu, tapi ada pula yang bingung ‘kok bisa email ini ada di inbox saya?’.

Membuat niche email newsletter bisa menjadi salah satu opsi terbaik untuk menargetkan sekelompok orang guna menciptakan relasi bisnis yang solid dan berkelanjutan. Berbagai website dengan penghasilan jutaan dolar, contohnya The Skimm, telah menulis dan membuat email newsletter setiap harinya.

Membuat email newsletter sebenarnya tidak sulit. Anda bisa memanfaatkan tool, seperti ConvertKit, Drip, MailChimp, dan Aweber.

Berikut prosesnya:

  1. Tetapkan niche atau topik yang ingin Anda tawarkan, lalu tentukan gaya email Anda;
  2. Pilih penyedia email marketing;
  3. Buat landing page sederhana dan arahkan traffic ke page tersebut;
  4. Kirim email biasa berdasarkan list atau daftar pemilik email yang telah Anda buat.

Tujuan dari dibuatnya daftar email adalah membangun kepercayaan sehingga mereka bisa membaca informasi dari Anda setiap harinya.

Setelah mengetahui seberapa banyak orang yang membuka dan membaca email yang dikirimkan, Anda bisa memulai mencari uang lewat email. Caranya:

  1. Jual produk digital;
  2. Tawarkan kursus online di mana harus menjadi anggotanya terlebih dulu;
  3. Mengirimkan penawaran afiliasi pada subscriber;
  4. Menawarkan sponsorship.

14. Melamar Sebagai Pekerja Lepas di Situs, seperti Upwork

Di internet, terdapat banyak situs yang menawarkan lowongan kerja freelance. Di situs ini, klien akan memasang iklan guna mencari seseorang yang sesuai dengan kriteria mereka. Belakangan ini, permintaan akan pekerja lepas semakin banyak.

Mendapatkan uang dengan menjadi freelancer

Berikut beberapa situs populer yang menawarkan pekerjaan freelance:

  1. Upwork
  2. Freelancer
  3. Fiverr
  4. Guru

Agar berhasil di-hire, Anda harus membangun niche. Hal terburuk yang bisa dilakukan adalah menganggap diri Anda seorang generalis atau ahli dalam beberapa bidang. Saking ketatnya persaingan, mau tak mau Anda harus mengukuhkan pribadi Anda sebagai satu-satunya yang ahli dalam suatu bidang tertentu.

Sebagai contoh, apakah Anda seorang developer WordPress untuk perusahaan SaaS, atau penulis cryptocurrency, atau pendiri startup di bidang ghostwriter?

Setelah menetapkan spesialisasi Anda, kini saatnya membuat profil, menyertakan beberapa contoh atau portofolio yang relevan dengan kemampuan Anda, dan mulailah memperkenalkan keahlian Anda.

Jika ingin memperoleh penghasilan melalui platform seperti Upwork, terlebih dulu Anda bisa membaca informasi dan seluk-beluknya di Freelance to Win. Situs ini didedikasikan untuk membantu Anda berhasil menjadi freelancer profesional.

15. Membeli dan Menjual Website

Membeli dan menjual website sama halnya dengan membeli dan menjual sebuah rumah. Anda membeli rumah yang sederhana dan kurang memiliki nilai jual, kemudian Anda memperbaikinya, lalu menjualnya untuk mengeruk keuntungan.

Menghasilkan uang online dengan menjual kembali website

Proses beli-jual website tidak begitu susah. Namun yang perlu Anda ketahui, semuanya ini tentu tidak terlepas dari adanya risiko. Oleh karena itu, jangan membeli website yang seakan-akan tidak memiliki masa depan atau yang sudah pasti tidak memberi Anda keuntungan.

Berikut cara-cara membeli dan menjual kembali situs untuk mendapatkan profit:

  1. Cari website yang ratingnya tinggi tapi tidak begitu terkenal. Anda bisa mengecek pasar website di situs-situs, seperti EmpireFlippers, Flippa, dan We Sell Your Site.
  2. Lakukan riset situs untuk mengetahui tentang revenue dan jumlah traffic, profil tautan, serta alasan sesungguhnya di balik tujuan menjual suatu website.
  3. Jika menarik dan memiliki nilai jual tinggi, segera beli website tersebut.
  4. Perbaiki situs untuk memaksimalkan traffic dan revenue atau pendapatan.
  5. Jual situs dan mulailah memperoleh keuntungan!

Jika ingin mengetahui informasi yang lebih lengkap mengenai metode ini, silakan baca beberapa kisah sukses dari pengguna Hostinger:

16. Membeli dan Menjual Nama Domain

Website bisa dibeli lalu dijual kembali. Namun, tahukah Anda ternyata domain pun bisa diperjualbelikan?

Mendapatkan uang online dengan memperjualbelikan nama domain

Membeli dan menjual kembali domain dengan harga lebih tinggi disebut domain flipping. Anda membeli domain dengan harga murah, lalu melihat potensi domain, kemudian menjualnya kembali dengan harga tinggi.

Berikut proses jual-beli domain:

  1. Gunakan tool seperti Just Dropped dan beli nama domain yang unik.
  2. Daftarkan ulang nama domain.
  3. Tunggu calon pembeli.
  4. Jual dan dapatkan keuntungan.

Beberapa orang telah sukses menghasilkan ratusan bahkan ribuan dolar per tahunnya dengan menerapkan strategi yang tepat. Anda pun bisa melakukan hal yang sama di Hostinger dengan memanfaatkan fitur cek domain kami.

17. Menjual Kumpulan Foto dan Video (Footage)

Menghasilkan uang dengan menjual kumpulan foto

Anda suka memotret atau merekam sesuatu? Menjual kumpulan karya Anda bisa menjadi salah satu cara mencari uang di internet.

Ada berbagai macam website yang memperbolehkan Anda untuk mengupload rangaian foto dan video. Situs-situs ini memiliki user base yang besar dan jika ada user yang ingin menggunakan foto berlisensi milik Anda, maka mereka harus membelinya.

Berikut beberapa website fotografi ternama:

Jika Anda adalah seorang videographer, maka berikut beberapa situs yang bisa dimanfaatkan:

Saat membuat portofolio, luangkan waktu Anda terlebih dulu untuk browsing atau mencari tahu style foto atau video seperti apa yang paling banyak digunakan.

Buat niche dan upload foto serta video yang Anda ciptakan sesering mungkin. Semakin banyak portofolio yang dibuat, maka semakin besar pula kesempatan Anda untuk sukses.

Selain sebagai tempat untuk menghasilkan uang, situs-situs yang telah disebutkan di atas juga bisa menjadi wadah bagi orang-orang yang mengagumi karya Anda.

18. Berinvestasi di Cryptocurrency

Belakangan ini cryptocurrency memiliki banyak penggemar. Ketenaran bidang ini tentu tak lepas dari Bitcoin yang memang booming pada tahun lalu. Jika tahun kemarin Anda belum berinvestasi dengan Bitcoin dan atau cryptocurrency lainnya, maka inilah saatnya. Anda belum terlambat.

Menghasilkan uang melalui cryptocurrency

Berinvestasilah sekarang dan dapatkan keuntungan dengan menjadi early adopter.

Sebenarnya, berinvestasi pada cryptocurrency sama halya dengan berinvestasi pada bidang lain, dan tentu saja menawarkan sejumlah risiko. Namun, dengan mempelajari lebih dalam tentang cyrptocurrency, Anda bisa berhasil melakukan investasi jangka panjang.

Langkah pertama jika ingin melakukan cyrptocurrency adalah memperdalam pengetahuan dan kemampuan. BitDegree merupakan resource terbaik yang menawarkan sejumlah tutorial dan kursus online agar Anda bisa memahami dengan benar dan tepat tentang cryptocurrency.

Ada banyak pendekatan atau metode untuk menghasilkan uang melalui cyrptocurrency, seperti:

  1. Investasi pada koin sebelum IPO atau sebelum value-nya naik.
  2. Belajar cara memprogram dan bekerja dengan blockchain.
  3. Menjadi penulis atau cryptocurrency writer.
  4. Melamar pekerjaan pada perusahaan startup di bidang cryptocurrency.

Karena cryptocurrency dan teknologi blockchain masih berada di tahap awal, maka Anda bisa mempelajari kemampuan yang dibutuhkan untuk sukses.

19. Menjual Hasil Kerajinan Tangan di Etsy

Suka membuat kerajinan tangan? Jika Anda sangat mahir dalam bidang ini, maka Anda bisa menghasilkan sejumlah uang dengan menjual berbagai hasil karya Anda di internet.

Menjual hasil kerajinan tangan di Etsy

Etsy merupakan salah satu platform terbesar yang bisa Anda manfaatkan untuk menjual berbagai hasil kerajinan tangan, mulai dari casing iPhone, rak sederhana, hingga cincin, dan masih banyak lagi.

Keunggulan menggunakan Etsy adalah Anda tidak perlu mengonlinekan website atau bahkan membuat profil layaknya media sosial. Etsy sudah memiliki banyak pengikut yang tentu saja bisa Anda manfaatkan. Selain itu, jika Anda sudah memiliki pelanggan tetap, Anda bisa mulai membuat website toko online sendiri yang menjual produk-produk unggulan.

Agar berhasil memasarkan produk kerajinan tangan di Etsy, Anda perlu menyimak tips-tips berikut ini:

  1. Lakukan riset untuk mengetahui berapa banyak jumlah permintaan terhadap hasil karya yang setipe dengan produk Anda.
  2. Hitung berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat dan memproduksi setiap item. Apakah waktu dan biaya material sebanding dengan harga jual yang ditetapkan?
  3. Pikirkan apa saja yang membuat kerajinan tangan Anda unggul jika dibandingkan produk lainnya. Sebagai contoh, kerajinan tangan Anda memiliki style tersendiri yang unik. Tentu saja Anda bisa memanfaatkan kelebihan ini sambil terus memenuhi ekspektasi dan harapan para klien atau pembeli.

20. Menjual Produk di Amazon (FBA)

Amazon merupakan salah satu retailer online terbesar dan di dalamnya terdapat lebih dari jutaan produk terdaftar.

Seperti yang telah kami jelaskan di atas ketika Anda hendak menjual kerajinan tangan di eCOmmerce Etsy, proses yang sama pun berlaku di platform sejenis Amazon.

Jika tertarik menjual barang di platform ini, Anda bisa terlebih dulu mencari tahu barang-barang apa saja yang paling banyak dibeli di Amazon. Setelah itu, Anda mencari kemudian menjual versi murahnya dengan menetapkan branding terlebih dulu.

Ada dua metode untuk berjualan di Amazon. Pertama, jual barang secara langsung dan tidak melalui perantara. Kedua, bekerja sama dengan pabrik yang akan mengirimkan produk yang diminta klien atau pembeli. Dengan kata lain, Anda melakukan drop shipping.

Apabila ingin mempelajari metode ini lebih dalam, beberapa sumber online ini bisa dijadikan acuan:

21. Membuat Channel YouTube

YouTube adalah salah satu mesin pencari terbesar dan paling banyak digunakan. Hanya saja, situs ini tidak berfokus pada pencarian website, melainkan soal hiburan, kesenangan, entertainment, atau bahkan video informatif lainnya.

Mendapatkan penghasilan dengan membuat channel YouTube

Untuk membuat penghasilan dari YouTube, Anda dapat memanfaatkan sistem periklanan platform ini atau mengarahkan subscriber atau viewer ke website yang Anda kelola.

Membuat dan memperkenalkan channel YouTube Anda hampir sama dengan membuat website. Hanya saja, pada YouTube, Anda diharuskan untuk membuat video, bukan konten tertulis.

Jika Anda lebih suka beraksi di depan kamera dan ingin mencoba peruntungan dengan membuat video, maka tentukan dari sekarang topik dan konten channel YouTube Anda. Umumnya, ada dua tipe channel YouTube (yang tentu saja membawa keuntungan bagi authornya):

  • Konten bersifat hiburan atau entertainment. Video ini nantinya meliputi web series, video komedi, prank, video berisikan demonstrasi sebuah permainan atau game, dan masih banyak lagi.
  • Konten bersifat edukasi. Video nantinya memuat informasi mengenai cara atau petunjuk ‘how to’. Sebagai contoh, video tentang ‘bagaimana menaikkan peringkat SEO’ atau ‘bagaimana membuat atau mengelola kebun tomat’. Jika Anda memiliki segudang informasi atau bahkan kemampuan yang ingin dibagikan melalui video, maka solusi terbaiknya adalah membuat channel YouTube.

Pertama, buat channel YouTube dan tentukan nama yang unik serta menarik. Kedua, ikuti beberapa tips ini:

  1. Untuk merekam video, gunakan kamera berkualitas tinggi;
  2. Tak ada salahnya untuk berganti-ganti style, format, dan teknik mengedit sampai Anda menemukan yang benar-benar pas.
  3. Optimalkan judul, deskripsi, dan gambar sampul Video agar orang-orang tertarik untuk mengklik dan menonton video Anda.
  4. Buat dan umumkan jadwal publish video agar subscriber bisa tahu dengan jelas kapan harus menonton konten video Anda.

22. Menjadi Asisten Virtual

Jika Anda ahli dalam perencanaan dan pengelolaan, maka cobalah peruntungan dengan menjadi asisten virtual. Asisten virtual bertanggung jawab atas berbagai tugas, misalnya book keeping atau pembukuan, entri data, pengelolaan email, riset, dan masih banyak lagi.

Dengan menjadi asisten virtual, tak hanya pemasukan yang meningkat, tapi koneksi Anda pun bertambah banyak. Selain itu, kesempatan Anda di-hire menjadi asisten virtual semakin terbuka lembar.

Alih-alih mencari karyawan tetap, pemilik bisnis saat ini lebih suka menyewa jasa asisten virtual.

Lowongan kerja asisten virtual bisa Anda temukan di situs pencari kerja, misalnya Fiverr, Upwork, dan Remote.co.

23. Menawarkan Layanan atau Software Programming

Mempelajari bahasa pemrograman bisa mengantarkan Anda ke dunia yang lebih besar. Tak masalah jika tujuan Anda mempelajari pemrograman adalah untuk mencari kerja sebagai freelancer atau mengembangkan software milik sendiri.

Jika tahu cara mengembangkan software, maka dijamin Anda bisa membuat aplikasi untuk pelanggan, niche aplikasi untuk website atau mobile phone, atau bahkan permainan di smartphone. Suksesnya suatu bisnis ditentukan oleh ketepatan dan keberhasilan software yang dimiliki dan dikembangkan.

Meski ada banyak software yang dikembangkan oleh perusahaan besar, jika dilihat di Google Play atau Apple Store, bisa Anda lihat bahwa ada juga software populer yang dibuat dan dikembangkan oleh orang-orang biasa seperti Anda.

Jika Anda ingin menghasilkan uang dari software atau aplikasi yang dikembangkan sendiri, berikut cara atau metode yang sebaiknya diperhatikan:

  1. Lakukan riset pasar untuk mengetahui kebutuhan terhadap software atau aplikasi;
  2. Buat versi MVP dari software yang Anda kembangkan;
  3. Dapatkan feedback dari pengguna awal dan tester beta;
  4. Kumpulkan semua feedback dan luncurkan versi pertama dari software atau aplikasi Anda;
  5. Mulailah memasarkan software Anda.

Kisah pendiri ConvertKit, Nathan Barry, yang sukses dalam memperkenalkan startup software-nya bisa menjadi salah satu referensi Anda.

Jika mengelola kemudian menjual software sendiri memakan waktu cukup lama, maka Anda bisa menghasilkan uang dari kemampuan programming yang dimiliki. Caranya, Anda melamar sebagai freelancer di bidang programming.

Carilah sebanyak mungkin informasi tentang lowongan kerja lepas di beberapa platform, seperti Upwork dan Freelancer. Anda juga bisa mengakses situs Remoteok.io yang menyoroti berbagai posisi programming yang bisa Anda lamar dan kerjakan di rumah.

24. Tutor Online untuk Anak-anak

Cara mendapatkan uang dari internet lainnya adalah dengan menjadi tutor online khusus Bahasa Inggris. Keuntungan tentu akan menjadi berlipat ganda jika Anda adalah seorang native atau penutur asli bahasa Inggris atau mungkin yang telah tinggal bertahun-tahun di negara dengan bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya.

Kesempatan akan semakin terbuka lebar jika Anda melengkapi resume dengan sertifikat ESL.

Rata-rata penghasilan yang dibuat dari profesi tutor online yang mengajar via Skype adalah sekitar $25 atau kira-kira Rp. 372.000 per jam.

Tertarik untuk mengenal profesi ini lebih jauh? Cari tahu informasi lengkapnya di beberapa situs ini:

25. Mengetes Website dan Memberi Kritik serta Saran

Apakah Anda teliti soal desain atau selalu memerhatikan hingga hal terkecil yang memengaruhi bagus atau tidaknya sebuah website atau aplikasi? Jika ya, maka Anda bisa menghasilkan uang dengan menawarkan jasa untuk mengetes masalah yang mungkin terjadi di website atau aplikasi.

Menghasilkan uang dengan menjadi tester website

Menghabiskan banyak waktu di internet tentu menjadi pengalaman tersendiri karena pastinya Anda tahu beberapa faktor yang menentukan bagus atau tidaknya sebuah situs. Sebagai contoh, apakah website memuat konten yang kurang jelas atau tidak lengkap? Apakah layout website membingungkan user? Apakah menu navigasi terlalu kompleks?

Ada banyak pemilik website yang bersedia membayar Anda untuk mengetes dan menilai situs mereka. Umumnya, feedback Anda akan disampaikan dalam bentuk lisan, tertulis, atau bahkan menggunakan screen recording software.

Berikut beberapa website dan aplikasi yang menawarkan kesempatan bagi Anda untuk menjadi tester:

26. Menjadi Developer Website

Tahukah Anda kalau Anda bisa menghasilkan uang dari profesi developer website?

Jika Anda kurang ahli dalam pengembangan website, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah mempelajari coding atau bahasa pemrograman. Setelah mahir, saatnya mencari lowongan pekerjaan sebagai developer website.

Buatlah profil di Upwork dan Freelancer dan fokuskan pada pengembangan web!

Agar kesempatan di-hire semakin terbuka lebar, tentukan niche yang tepat, perbaiki profil atau resume, dan sertakan portofolio terkait.

Sebagai contoh, Anda ingin membuat website untuk agen real estate dan perusahaan manajemen properti. Atau mungkin Anda ingin berfokus pada pembuatan website eCommerce yang berbasis WooCommerce dan WordPress.

27. Narator Audiobook

Industri audiobook kian populer belakangan ini. Rupanya semakin banyak orang yang lebih suka mendengarkan daripada menghabiskan waktu untuk membaca buku. Namun, sebagian besar buku masih belum diubah ke dalam format audiobook. Padahal audiobook bisa mendatangan keuntungan berlipat bagi penulisnya. Tak hanya uang, tapi juga pengakuan akan karya mereka.

Menghasilkan uang dengan menjadi narator audiobook

Suara Anda bagus dan suka membaca? Raih kesempatan dengan menjadi narator audiobook.

Salah satu cara termudah untuk memulai karier ini adalah dengan mendaftar di ACX. Layanan ini menghubungkan narator audiobook dengan para penulis buku.

Hal-hal berikut yang harus Anda persiapkan selain mendaftar di layanan ACX adalah microphone dan recording software berkualitas tinggi serta portofolio atau contoh rekaman suara Anda.

Jika ingin memperluas kesempatan untuk di-hire, Anda juga bisa membuat profil di Upwork, kemudian cari lowongan kerja sebagai narator audiobook.

28. Menjadi Desainer Grafis

Punya kemampuan dasar tentang desain atau familiar dengan tool, seperti Photoshop dan Illustrator? Mungkin sudah saatnya Anda memanfaatkan keahlian Anda untuk mendapatkan penghasilan dari internet.

Cari platform khusus lowongan kerja lepas, seperti yang telah disebutkan di atas, lalu daftar dan buat profil, kemudian mulai mengetikkan desainer grafis untuk mencari posisi yang tersedia. Anda juga bisa mengetes kemampuan desain terlebih dulu di platform seperti 99Designs. Di situs ini, Anda akan bersaing dengan desainer lainnya untuk mengerjakan proyek tertentu. Jika klien menyukai hasil karya Anda, maka Anda akan diberikan proyek untuk diselesaikan.

Cara lain untuk mengenalkan profesi Anda ke publik adalah dengan melakukan pendekatan secara manual. Cobalah untuk mendatangi pemilik bisnis atau komunitas lokal dan tawarkan keahlian Anda. Kesempatan bagi Anda untuk unjuk gigi dalam mendesain sesuatu semakin terbuka lebar – apakah nantinya Anda diminta untuk mendesain logo baru, brosur, atau bahkan seragam perusahaan.

Alternatif lainnya adalah mendatangi co-working space yang sedang ngetren belakangan ini. Di tempat ini, Anda akan menemui berbagai orang yang berasal dari perusahaan startup dan perusahaan lainnya yang sudah pasti membutuhkan jasa desain.

29. Menjadi Influencer di Instagram

Instagram adalah salah satu platform media sosial yang pertumbuhannya sangat pesat. Tahukah Anda bahwa Anda bisa memperoleh pendapatan online dari Instagram? Kuncinya hanyalah punya followers yang banyak!

Meski tampaknya sulit menaikkan jumlah followers hingga ribuan bahkan jutaan, mendapatkan penghasilan dari Instagram tetap patut untuk dicoba. Brand ternama bahkan sebagian besar perusahaan pasti rela membayar Anda untuk sebuah postingan. Cukup posting gambar atau video lengkap dengan caption atau deskripsi singkat mengenai apa yang kamu unggah.

Biasanya, biaya postingan konten tergantung pada jumlah follower dan seberapa aktifnya mereka membuka akun dan melihat postingan Anda. Namun, jika Anda memang niat dan menekuni bidang ini, bukan tak mungkin Anda akan menghasilkan ratusan bahkan jutaan rupiah per postingan.

Jumlah followers yang masih sedikit sama sekali bukanlah penghalang bagi Anda untuk maju. Anda bisa menaikkan jumlah followers dengan cara mengunggah foto. Tentunya foto terlebih dulu harus difilter dan diedit. Jangan lupa juga untuk mempostingnya secara teratur.

Berikut beberapa bacaan yang memuat informasi bagaimana cara menaikkan jumlah followers Instagram:

30. Menawarkan Keahlian SEO

Memiliki kemampuan dan pengetahuan untuk menaikkan peringkat suatu website merupakan keahlian yang sangat berharga.

Selama mesin pencari tetap digunakan untuk mencari berbagai sumber di internet, keahlian menganalisis SEO tetap dibutuhkan.

Berikut beberapa artikel yang bisa Anda baca untuk menaikkan kemampuan SEO:

Setelah tahu dan paham mengenai apa saja yang dibutuhkan untuk menaikkan peringkat SEO, saatnya membuktikan keahlian Anda. Biasanya orang-orang akan membuat website atau blog untuk mengetes kemampuan SEO mereka, tapi sebenarnya itu tidak terlalu penting.

Nyatanya, Anda bisa langsung mendapatkan klien tanpa harus mengonlinekan website.

Pertama-tama, buat akun di situs freelance, seperti Upwork dan Freelancer.com.

Anda juga bisa mencoba cara lain, yaitu dengan mulai mempromosikan jasa dan layanan Anda ke perusahaan atau bisnis lokal yang ingin menaikkan peringkat situsnya.

31. Mengelola Akun Media Sosial

Jujur saja, pastinya Anda meluangkan lebih banyak waktu untuk aktif di media sosial, kan? Hobi atau kebiasaan ini sebenarnya bisa menghasilkan uang. Caranya adalah dengan melamar sebagai pengelola akun medial sosial.

Pekerjaan seperti ini tidak begitu sulit, apalagi kalau Anda sudah sangat familiar dengan media sosial dan paham tentang seberapa besar pengaruhnya. Anda hanya perlu meyakinkan orang-orang, terlebih yang sudah terkenal, untuk menyewa Anda sebagai pengelola akun media sosial mereka.

Namun, apabila belum sepenuhnya mengerti dan paham tentang pengaruh dan kekuatan media sosial, Anda bisa memanfaatkan artikel atau panduan online yang tersebar di internet. Sebagai contoh, Hootsuite Academy merupakan situs yang memberikan informasi tentang kelebihan dan kekurangan media sosial.

Setelah yakin bahwa kemampuan dan keahlian Anda sudah lebih baik dari sebelumnya, jadilah anggota di situs freelance, seperti Upwork dan Freelancer dan mulailah mencari lowongan pekerjaan yang cocok.

Terapkan apa pun yang Anda pelajari untuk memperoleh lebih banyak klien itu. Selain itu, informasi yang didapat juga bisa digunakan untuk mengelola brand Anda dan mengembangkan media sosial milik perusahaan.

32. Membuat Podcast

Suka berbicara dan mengeluarkan pendapat, atau mungkin suka mewawancari seseorang bisa menjadi salah satu sumber penghasilan online. Belakangan ini pasar podcast sedang naik-naiknya dan itu adalah kabar baik bagi Anda yang gemar akan hal tersebut.

Banyak orang yang suka akan kemudahan podcast karena seringnya mereka bepergian. Tentunya akan lebih nyaman jika mendengar podcast daripada membaca surat kabar, buku, atau teks online lainnya.

Agar berhasil mendapatkan uang melalui podcast, Anda harus membuat sesuatu yang berkualitas. Tak hanya audio, tapi konten pun harus berkualitas. Sebagai permulaan, beli micropon yang menghasilkan suara yang bagus.

Jika ingin membuat podcast dengan tema utama mewawancari orang-orang, maka Anda harus mencari narasumbernya. Awali proyek podcast Anda dengan mewawancari orang-orang terdekat, misalnya keluarga, teman, atau rekan kerja. Cara ini melatih Anda untuk terbiasa agar nantinya tidak gugup saat haru mewawancari orang-orang penting.

Sebagai referensi, Anda bisa mendengarkan top podcast di iTunes untuk mendapatkan gambaran umumnya, seperti kualitas dan topik podcast. Dengarkan seluruh episode podcast dan buat indikator atau riset kecil-kecilan yang menunjukkan kesamaan dan perbedaan di masing-masing podcast, seperti:

  • Apakah podcast yang Anda dengarkan bercerita tentang kisah-kisah yang menarik?
  • Apakah podcast yang Anda dengarkan menyisipkan unsur komedi atau humor?
  • Apakah podcast yang Anda dengarkan memberikan perspektif atau pandangan yang menarik?
  • Apakah podcast yang Anda dengarkan melibatkan interview yang berciri khas?

Dari podcast-podcast terbaik yang sering didengar, Anda akan tahu apa saja yang harus disertakan dan dihindari saat memproduksi setiap episode podcast.

Dengan membuat podcast, Anda mampu menghasilkan sejumlah uang, tentu saja hal ini tergantung pada jumlah dan interaksi audience Anda. Semakin banyak jumlah audience yang dimiliki dan semakin banyak podcast yang diunduh, maka semakin besar pula penghasilan yang akan Anda peroleh.

Berikut beberapa tips agar podcast Anda semakin sering mendatangkan keuntungan:

  1. Lakukan penjualan terhadap produk dan layanan yang Anda bicarakan di podcast;
  2. Sertakan situs membership atau mastermind di backend podcast Anda;
  3. Tawarkan sponsorship yang sebaiknya Anda tekankan pada saat podcast berlangsung;
  4. Beri tahu pada audience bahwa podcast Anda terbuka bagi donasi.

33. Menjadi Penulis Lepas

Sebenarnya, sudah sejak lama aktivitas menulis mampu menghasilkan uang bagi seseorang, apalagi di dunia online. Bahkan Anda tidak perlu khawatir jika belum memiliki pengalaman di bidang ini.

Hal pertama yang sebaiknya dilakukan adalah membuat niche dan memutuskan tipe penulisan seperti apa yang akan Anda ambil, misalnya:

  • Apakah Anda hendak membuat blog yang mengulas lengkap tentang situs SaaS?
  • Apakah Anda hendak membuat salinan website untuk agen real estate?
  • Apaka Anda hendak membuat email penjualan untuk website kesehatan dan kebugaran?

Sesungguhnya masih banyak topik dan konten yang menunggu untuk dieksplor. Anda hanya perlu memutuskan ingin menjadi penulis di bidang apa.

Setelah tahu bidang yang ingin ditekuni, buatlah beberapa contoh atau portofolio tulisan dan mulailah menarik perhatian klien.

Cara menghasilkan uang dari internet yang paling cepat adalah mendaftar di situs freelance. Sertakan pula beberapa portofolio dan upload ke situs seperti Medium atau LinkedIn.

Bacalah beberapa artikel di bawah ini jika Anda tertarik untuk bekerja sebagai penulis lepas:

34. Menjual Karya Seni dan Desain Anda

Anda suka mendesain sesuatu? Mengapa tidak dijual saja karya seni Anda? Tentu dengan cara ini Anda akan mendapatkan uang yang banyak. Tak harus menyewa galeri, Anda bisa mendaftar dan membuat akun di situs seperti Society6 untuk mengupload desain terbaik dan menjualnya dengan beberapa versi atau pilihan, seperti casing smartphone, kaos, permadani, dan masih banyak lagi.

Society6 menyediakan kesempatan bagi Anda untuk memperoleh penghasilan online tanpa menuntut uang muka.

Onlinekan toko sendiri, upload desain terbaik Anda, dan pilih item atau produk di mana Anda ingin menampilkan desain Anda. Selain itu, pastikan untuk mengirim produk yang dibeli klien sesuai permintaan.

Jika ada desain yang sudah terlebih dulu memikat hati dan perhatian orang-orang, maka Anda tak perlu lagi membuat promosi. Hal ini bisa menjadi cara terbaik untuk mendapatkan penghasilan.

35. Micro Jobs atau Pekerjaan Kecil-kecilan

Micro task atau micro job merupakan tugas atau pekerjaan yang membutuhkan ketelitian dan kecerdasan manusia untuk diselesaikan. Bahkan di era yang semuanya serba otomatis ini, ada pekerjaan-pekerjaan tertentu yang hanya bisa dilakukan oleh manusia.

Pekerjaan yang dimaksud adalah pekerjaan yang kecil dan sederhana serta tidak membutuhan kemampuan teknis apa pun. Sebagai contoh, Anda diminta mereview hasil pencarian untuk keyword yang diberikan, menerjemahkan paragraf, atau menggolongkan tone dan feel dari sebuah artikel.

Sebenarnya, micro job sangat mudah untuk dilakukan dan yang Anda butuhkan hanyalah komputer dan koneksi internet. Salah satu platform yang menyediakan micro job untuk diselesaikan adalah Amazon Mechanical Turk.

Siap bekerja dan dibayar? Daftar dan buat akun Anda sekarang juga!

36. Melakukan Survei Online

Untuk saat ini, melakukan survei online memang belum menjadi cara terbaik yang mampu menghasilkan banyak duit. Namun, jika Anda membutuhkan uang dengan cepat dan tidak mengharuskan siapa pun memiliki keahlian khusus, maka survei online bisa dipertimbangkan.

Survei online sama halnya dengan survei offline yang sering dilakukan. Lakukan survei di internet dan dapatkan kompensasi berupa uang tunai, kupon, hadiah, atau kartu hadiah (gift cards).

Agar survei dapat dilakukan, terlebih dulu Anda wajib memasukkan info demografis, misalnya tentang latar belakang dan hobi. Kini Anda sudah bisa menghasilkan uang melalui survei.

Berikut beberapa situs survei oinline yang populer:

37. Menjual Keahlian Anda di  Clarity.FM

Sama seperti ketika menawarkan jasa Anda untuk pekerjaan lepas atau freelance, Anda juga bisa menjual pengetahuan dan keahlian Anda. Jika Anda ahli dalam bidang tertentu atau memiliki pengetahuan khusus, maka Anda bisa menghasilkan uang dari kemampuan atau keahlian tersebut.

Selain itu, Anda juga tidak harus menghabiskan waktu untuk membuat website dan platform sendiri.

Beberapa situs, misalnya Clarity.FM, Savvy.is, dan Coach.me, memiliki banyak klien yang tentu saja sedang mencari keahlian seperti yang Anda miliki.

Meski pendapatan yang Anda hasilkan nantinya tidak begitu banyak dan terbatas, menjual keahlian Anda di beberapa situs bisa menjadi salahs atu cara efektif untuk memperoleh uang di internet. Anda hanya perlu membua akun untuk mulai membagikan pengetahuan serta petuah kepada user lain.

Kesimpulan

Sekarang Anda sudah tahu cara mendapatkan uang dari internet. Semuanya kini merupakan keputusan Anda, apakah ingin menjadikan berbagai ide di atas sebagai usaha sampingan atau pekerjaan utama.

Daftar pekerjaan-pekerjaan online yang telah disebutkan di atas hanyalah acuan dan referensi. Semuanya berpulang pada diri Anda, kira-kira kemampuan dan keahlian seperti apa yang dimiliki sehingga bisa mendaftar salah satu pekerjan online. Kembangkan kemampuan Anda dan manfaatkan berbagai kesempatan yang datang.

Namun ingatlah, segala sesuatunya membutuhkan waktu. Anda tidak serta-merta langsung mendapatkan penghasilan dalam jumlah banyak. Butuh niat dan dedikasi agar apa yang Anda lakukan berhasil.

Punya saran atau ide lain terkait cara menghasilkan uang dari internet? Beri tahu kami melalui kolom komentar di bawah ini.

1 Komentar

Klik di sini untuk menulis komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Gabung bersama ratusan ribu pelanggan di seluruh dunia

dan dapatkan tutorial baru langsung di email Anda

Please wait...

Abone olduğunuz için teşekkürler!

Dapatkan harga hemat!

Web Hosting Gratis Domain mulai dari

Rp.10.275
/bln
[href]
[href]