46 Cara Menghasilkan Uang dari Internet, Pemula Juga Bisa!

46 Cara Menghasilkan Uang dari Internet, Pemula Juga Bisa!

Sekarang ini, internet tidak hanya menyediakan berbagai informasi, tapi juga bisa menjadi peluang untuk mendapatkan keuntungan. Mulai dari berjualan online, menyelesaikan misi khusus, hingga memanfaatkan hobi, ada banyak cara menghasilkan uang dari internet yang bisa Anda coba.

Seperti kata pepatah, akan selalu ada jalan bagi yang mau berusaha. Nah, Anda pun bisa mendapatkan uang secara online, baik masih pemula maupun sudah memiliki pengalaman, asalkan Anda tetap konsisten menjalaninya.

Bingung harus memulai dari mana? Jangan khawatir! Di artikel ini, kami akan membahas cara menghasilkan uang di internet, lengkap dengan alat atau platform yang Anda butuhkan untuk memulainya. Selamat mencoba dan semoga sukses!

13 Cara Mendapatkan Uang dari Internet untuk Pemula

Beberapa cara mendapatkan uang di internet untuk pemula yang bisa Anda coba adalah:

1. Mengisi Survei Online

Metode yang satu ini mungkin sedikit “too good to be true”, tapi Anda bisa loh mendapatkan penghasilan di internet dengan mengisi survei berbayar!

Saat ini, banyak perusahaan yang membayar peserta untuk mengikuti survei mereka, biasanya untuk riset pasar dan analisis perilaku konsumen. Survei ini juga membantu membuat keputusan bisnis, seperti jenis produk online terlaris apa yang perlu dijual atau lokasi penayangan iklan terbaik.

Tapi, perlu diketahui bahwa tidak semua orang bisa atau mau mengikuti survei ini. Beberapa alasannya adalah:

  • Demografi terbatas. Beberapa survei tidak terbuka untuk semua orang dan malah menargetkan orang-orang tertentu. Demografi ini mencakup jenis kelamin, usia, atau pekerjaan.
  • Bayaran rendah. Banyak situs survei yang menggunakan sistem poin. Jadi, Anda perlu mengumpulkan poin setelah menyelesaikan survei dan baru bisa menarik uang setelah mencapai batas tertentu. Misalnya, Anda bisa menghasilkan uang antara $0,50-$3/survei. Tapi, Anda tidak bisa menarik uang ini kecuali sudah mencapai batas penarikan, biasanya antara $10-$25.
  • Membutuhkan banyak waktu. Karena sistem pembayarannya, Anda harus meluangkan banyak waktu untuk mendapatkan hasilnya. Beberapa survei bahkan bisa memakan waktu sampai satu jam untuk diselesaikan.
  • Bukan untuk jangka panjang. Tidak seperti cara lainnya di artikel ini, Anda tidak bisa mengisi survei online sebagai pekerjaan penuh karena alasan di atas.

Kalau tidak ada masalah dengan alasan di atas, Anda bisa mencoba website berikut untuk dapat uang di internet melalui survei:

  • Qmee. Daftar akun dan isi beberapa data diri Anda untuk diarahkan ke survei yang sesuai. Anda juga bisa bermain sejumlah game untuk menghasilkan uang online dari platform ini.
  • Swagbucks. Dapatkan poin dan tukarkan dengan uang tunai atau gift card dengan menonton video, bermain game, dan menyelesaikan survei.
  • Harris Poll Online. Ikuti program reward dengan menjawab polling yang diadakan oleh platform survei ini.

2. Mendapatkan Uang dengan Live Stream Game

Sekarang ini, bermain game bukanlah sekadar hobi, tapi juga bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan uang secara online. Bagi Anda yang suka sekali bermain game dan ingin menghasilkan pendapatan darinya, Anda bisa mencoba live streaming.

Yap, live streaming game kini menjadi hiburan yang tak kalah serunya dengan bermain game sendiri. Banyak orang yang suka menonton orang lain bermain game dan berinteraksi dengan mereka untuk seakan-akan ikut bermain secara online.

Nah, untuk mulai menghasilkan uang online dengan menjadi live streamer game, Anda bisa mencoba tips berikut ini:

  1. Pilih platform streaming yang tepat. Tentukan di mana Anda akan streaming game sesuai preferensi dan target audiens Anda. Misalnya, Anda bisa streaming di YouTube Gaming, Twitch, atau menggunakan fitur live di Tiktok.
  2. Buat jadwal streaming yang konsisten. Dengan jadwal yang konsisten, penonton pun tahu kapan mereka bisa menonton live Anda. Hal ini nantinya akan membantu Anda membangun komunitas penggemar yang setia.
  3. Berinteraksilah secara aktif. Orang-orang sering kali menonton live stream untuk turut bermain secara online. Jadi, aktiflah menyapa penonton secara personal, sesekali turuti permintaan penonton dalam game Anda, dan hadirkan suasana yang akrab.
  4. Gunakan fitur donasi. Setelah banyak penonton, Anda bisa menawarkan fitur donasi atau gift, misalnya melalui platform Saweria. Jangan lupa untuk memberikan apresiasi kepada penonton yang memberikan gift.

3. Menjadi Mystery Shopper

Belum pernah mendengar istilah ini? Nah, jadi, sekarang ini banyak bisnis dan perusahaan yang melakukan riset pasar dengan membayar pembeli misterius untuk berpura-pura menjadi pelanggan tetap, berbelanja di berbagai lokasi ritel, lalu mengamati pengalaman mereka.

Anda juga bisa melakukan pekerjaan ini secara online melalui internet dengan menilai user experience toko online dan call center.

Beberapa perusahaan populer yang mempekerjakan mystery shopper di antaranya adalah:

  • Secret Shopper. Pilih tugas dari penawaran mystery shopping yang tersedia, seperti evaluasi online, melalui telepon, atau langsung datang ke lokasi.
  • BestMark. Nilai kualitas layanan pelanggan untuk perusahaan sebagai kontraktor independen untuk mendapatkan uang tunai atau barang gratis.
  • Market Force. Kunjungi toko setempat, evaluasi pengalaman belanja, dan selesaikan laporan selagi melakukan tugas Anda dengan aplikasi seluler Eyes:On.

Bayaran yang diberikan berbeda-beda tergantung pada perusahaan. Pembeli misterius biasanya menerima produk, voucher, dan kartu hadiah gratis atau mendapatkan sekitar Rp50.000-Rp150.000 untuk setiap tugas yang diselesaikan.

Penting! Berhati-hatilah dengan pihak yang meminta Anda membayar sejumlah uang untuk menjadi mystery shopper atau memaksa Anda melakukan sejumlah pekerjaan tertentu.

4. Jualan Foto dan Video Online

Kalau Anda suka foto-foto atau merekam video, cobalah jual foto online untuk menghasilkan uang di internet dari hobi ini. Sambil menyelam minum air, Anda bisa menjalankan hobi sambil mendapatkan penghasilan sampingan.

Banyak perusahaan dan pemilik bisnis yang membutuhkan konten stok untuk marketing campaign, iklan, dan websitenya. Para pembeli ini terus mencari konten-konten dan perspektif yang ‘fresh’ serta unik agar perusahaan mereka bisa menggaet lebih banyak pelanggan.

Untuk jual foto, Anda bisa membuat website fotografi dan menjual foto melaluinya. Atau, Anda juga bisa mendaftar ke beberapa marketplace dan mengupload konten digital.

Kenapa harus buat website dulu? Nah, fungsinya adalah agar Anda bisa memperkenalkan brand pribadi sembari mempromosikannya.

Untuk menjual foto atau video dan menghasilkan uang di internet, coba website berikut:

5. Jualan Barang Preloved (Second)

Bisnis ini sedang sangat tren saat ini, khususnya di kalangan anak-anak muda. Bisnis berjualan barang-barang bekas ini sering disebut sebagai “thrifting”, yang populer berkat kata “thrift shop”.

Nah, jika punya barang atau baju bekas layak pakai yang mungkin sudah kekecilan atau kebesaran, atau mungkin modelnya sudah tidak Anda sukai lagi, coba jual secara online di Carousell untuk menghasilkan uang di internet.

menjual baju preloved di carousell sebagai salah satu cara menghasilkan uang dari internet

Beberapa penjual juga menyediakan “paket thrift” bagi Anda yang ingin memulai bisnis thrifting. Anda bisa mencoba memulai dari sini. Berikut langkah-langkah untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari rumah melalui bisnis thrifting:

  • Siapkan sedikit modal. Beli paket baju bekas layak pakai dengan harga murah dari supplier.
  • Cuci dan rapikan produk. Bersihkan lebih dulu sebelum Anda mengirimkannya kepada pembeli
  • Ambil foto yang keren. Foto yang keren dan menarik akan membuat tampilannya tak kalah bagus dari produk baru.
  • Gunakan kemasan yang bagus. Kemasan yang bagus akan meningkatkan kredibilitas Anda sebagai penjual.

6. Content Creator di TikTok

TikTok telah berkembang pesat dibandingkan saat masih bernama Musical.ly di masa-masa awal peluncurannya. Dari yang sebelumnya hanya menampung konten-konten bertemakan musik, TikTok kini menjadi salah satu platform video paling populer di berbagai negara dengan berbagai jenis konten.

Anda bisa menemukan konten edukasi, seni, tutorial, duet musik, hingga konten-konten yang mungkin dirasa tidak begitu memberikan manfaat tapi cukup menghibur. Nah, Anda bisa memanfaatkan platform ini untuk menghasilkan uang di internet.

Tampilan website TikTok

Sebagai content creator di TikTok, Anda akan dapat uang online melalui sponsored content, donasi dari penonton saat live, atau dengan menyediakan jasa pembuatan konten.

Ada beberapa cara untuk menjadi content creator di TikTok:

  1. Usahakan video Anda masuk FYP.
  2. Sering upload konten secara konsisten.
  3. Manfaatkan hashtag dan tren.
  4. Perhatikan kualitas video Anda.
  5. Pelajari cara transisi yang bagus.

7. Menjadi YouTuber

Ada beberapa cara mendapatkan uang dari YouTube, tapi langkah pertama dan yang paling utama harus Anda lakukan adalah mendaftar YouTube Partner Program dan memastikan channel Anda memenuhi syarat monetisasi.

Cara paling populer untuk dapat uang online dari YouTube adalah melalui iklan, tapi Anda juga bisa mencoba metode monetisasi alternatif, seperti langganan channel, Super Chat dan Super Stickers, merchandise, dan YouTube BrandConnect.

YouTube mengizinkan hampir semua jenis konten dari berbagai niche, mulai dari game reaction hingga vlog tentang daily life.

Mengembangkan channel YouTube mirip dengan blog, artinya Anda harus upload konten secara rutin dan konsisten untuk mendapatkan view dan subscriber. Gunakan software video editing dan kamera yang bagus untuk mendapatkan kualitas HD dan menarik lebih banyak penonton.

Selain itu, jangan lupa untuk mempelajari teknik SEO YouTube, seperti penggunaan keyword dan tag yang relevan pada judul video dan mengoptimalkan deskripsi untuk search engine.

8. Berjualan di TikTok

Nah, setelah berhasil menjadi konten kreator di TikTok dengan konten yang sering masuk FYP dan banyak followers, Anda pun bisa mulai berjualan di TikTok dan mencoba cara mendapatkan uang dari TikTok.

Platform ini menyediakan fitur bagi para content creator yang ingin berjualan online di profilnya, yang bisa diklik oleh penonton untuk membeli produk Anda.

Selain itu, TikTok juga menyediakan layanan untuk proses pengiriman barang, sehingga cara menghasilkan uang di internet melalui TikTok pun akan lebih mudah bagi Anda yang promosi bisnis di TikTok.

9. Bergabung dengan Program Affiliate

Bergabung dengan bisnis afiliasi juga merupakan salah satu cara cepat untuk dapat uang online.

Anda bisa mendapatkan komisi sebagai seorang affiliate dengan mempromosikan produk, layanan, atau bisnis di berbagai platform. Saat pelanggan mengklik link afiliasi dan membeli produk yang ditawarkan, Anda akan mendapatkan keuntungan sekian persen.

Umumnya, seorang blogger bisa menghasilkan uang online dari ratusan hingga puluhan ribu dolar melalui pemasaran afiliasi, tergantung jumlah program afiliasi yang diikuti dan jangkauan pembaca blog.

Saat ini juga ada banyak sekali program afiliasi yang bisa Anda ikuti. Satu hal yang perlu diingat, join program yang sesuai dengan niche Anda. Misalnya, kalau Anda punya blog dengan tema komputer dan teknologi, Anda bisa mengikuti program afiliasi Hostinger.

program afiliasi hostinger

Berikut adalah beberapa program afiliasi terbaik untuk dapat uang secara online:

  • Shopee Affiliates. Dapatkan komisi mulai dari 2,5% hingga 10% kalau Anda berhasil membantu pelanggan lain menemukan produk yang mereka cari di Shopee.
  • Afiliasi Blibli. Komisi yang diberikan hingga 4% kalau Anda berhasil menggaet pembeli untuk berbelanja melalui banner Blibli yang dipasang di website Anda.
  • Tokopedia Affiliate. Menawarkan komisi hingga 10% apabila aktif menjual produk yang ada di Tokopedia melalui media sosial, pilihan tepat untuk dapat uang online lewat HP.
  • Afiliasi TripAdvisor. Cocok untuk Anda yang suka jalan-jalan dan traveling. Tawarkan booking hotel yang ada di TripAdvisor ke para traveler dan dapatkan komisi hingga 50% kalau mereka booking hotel lewat link Anda.
  • Lazada Affiliate. Sama seperti platform marketplace lainnya, Anda bisa dapat duit online melalui program afiliasi Lazada dengan komisi hingga 15% apabila pembeli melakukan transaksi dari link afiliasi Anda.

10. Memanfaatkan Cashback

Persaingan industri yang sangat ketat saat ini mengharuskan beberapa marketplace memberikan diskon atau cashback besar-besaran untuk mendapatkan sebanyak mungkin pelanggan. Nah, Anda bisa memanfaatkan cashback ini sebagai cara mendapatkan uang dari Internet.

Cashback Tokopedia untuk penghasilan tambahan

Anda bisa menjual produk digital dari berbagai platform dan memanfaatkan cashback yang diberikan. Jangan salah, meskipun kelihatannya saat ini semua orang sudah ‘melek teknologi’, ada beberapa yang terkadang masih malas atau merasa terlalu ribet menggunakan voucer untuk mendapatkan cashback.

Di sinilah peluang Anda untuk menghasilkan uang di internet, yaitu dengan memanfaatkan cashback dan diskon tersebut, untuk kemudian menjual produk lainnya lagi dengan harga yang lebih murah.

11. Menjual Karya di Etsy

Apabila suka membuat pernak-pernik atau kerajinan tangan sendiri, Anda bisa menjual karya Anda secara online untuk menghasilkan uang di internet.

Untuk memasarkannya, Anda bisa memulainya di Etsy, marketplace yang difokuskan untuk produk kerajinan atau barang-barang vintage. Apalagi kalau Anda sendiri yang memproduksi barang-barang tersebut.

Selain memperoleh penghasilan dari internet, Anda juga bisa memakai peluang ini untuk mengasah skill.

Cara mendapatkan uang dengan cepat di internet: berjualan di etsy

Etsy adalah salah satu platform jualan terbesar untuk berbagai hasil kerajinan tangan, mulai dari casing iPhone, rak sederhana, hingga cincin, dan masih banyak lagi.

Anda tidak perlu memiliki website terlebih dulu atau bahkan membuat profil layaknya media sosial. Etsy sudah memiliki banyak anggota yang tentu saja bisa Anda manfaatkan.

Selain itu, jika Anda sudah memiliki pelanggan tetap, Anda bisa mulai membuat website toko online yang menjual produk-produk sendiri.

Tips agar Anda sukses berjualan di Etsy:

  1. Lakukan riset terlebih dulu untuk memastikan kalau produk Anda nantinya diminati orang-orang di Etsy.
  2. Hitung waktu yang dibutuhkan untuk membuat suatu produk. Apakah harga jual setara dengan waktu produksi dan biaya material?
  3. Buat daftar kelebihan dan keunggulan produk Anda. Agar laris-manis di pasaran, produk Anda harus punya keunikan tersendiri tapi juga tidak mengesampingkan selera pembeli.

12. Content Creator di Instagram

Sebagai salah satu platform media sosial yang pertumbuhannya sangat pesat, Instagram bisa jadi tempat yang pas untuk memperoleh pengasilan. Kuncinya hanyalah memiliki follower yang banyak.

Memang, sih, menaikkan jumlah follower jadi ribuan atau bahkan jutaan bukan hal yang mudah. Namun, rasanya akan sebanding dengan pendapatan online yang didapatkan.

Biasanya, biaya postingan konten tergantung pada jumlah follower dan seberapa aktifnya mereka melihat dan menyukai postingan Anda. Jika memang ingin menekuni bidang ini, bukan tak mungkin Anda akan menghasilkan ratusan bahkan jutaan rupiah per postingan.

Salah satu cara paling mudah untuk memperbanyak follower adalah dengan memposting foto yang ‘instagramable’. Anda bisa mempelajari hal-hal terkait format dan konsep Flat Lay, penggunaan filter, angle pengambilan foto, pengeditan foto, dan yang terpenting, harus punya keunikan.

13. Membuat Podcast

Anda suka berbagi cerita atau mengulik informasi dengan melakukan wawancara? Podcast bisa jadi cara mendapatkan uang dari internet, bahkan tanpa harus memakai pembayaran PayPal.

Podcast digemari karena bisa menjadi teman dalam segala situasi, baik saat di perjalanan, bekerja, maupun bersantai.

Ada dua hal yang perlu dipertimbangkan untuk menjadi podcaster sukses: kualitas audio dan konten yang berisi.

Untuk mengetahui cara kerja podcast, luangkan waktu dan dengarkan podcast di iTunes atau Spotify. Dengarkan beberapa podcaster, kemudian catat persamaan yang dimiliki, seperti seberapa menarik kisah yang diceritakan, komedi atau humornya, keunikan perspektifnya, dan ciri khasnya.

Penghasilan dari podcast bergantung pada jumlah follower dan seberapa sering podcast Anda didengar. Semakin banyak follower dan jumlah unduhan podcast, semakin tinggi penghasilan yang diperoleh.

Berikut beberapa tips agar podcast makin untung:

  1. Jual produk dan layanan yang berhubungan dengan topik podcast.
  2. Lengkapi podcast dengan buat website keanggotaan.
  3. Tawarkan sponsorship atau kerja sama di setiap awal episode podcast.
  4. Membuka donasi untuk podcast.

33 Cara Menghasilkan Uang dari Internet untuk Jangka Panjang

Nah, bagi Anda yang memiliki keterampilan atau keahlian di bidang tertentu, Anda bisa memanfaatkannya untuk menghasilkan uang secara online.

Ini dia cara-cara mendapatkan uang dari internet bagi Anda yang ingin membangun bisnis jangka panjang:

1. Menjadi Freelancer

Di internet, ada banyak website freelance yang menawarkan lowongan kerja lepas. Klien akan memasang iklan untuk mencari seseorang yang sesuai dengan kriteria mereka, atau Anda bisa memposting jasa agar klien bisa menemukan Anda.

Belakangan ini, permintaan akan pekerja lepas semakin banyak, dan Anda pun bisa memanfaatkan peluang ini sebagai cara menambah penghasilan dari internet tanpa modal.

Cara mudah mendapatkan uang dari internet di Upwork

Untuk mendapatkan klien melalui platform freelance, kenali kemampuan serta keahlian yang Anda miliki lalu pilih bidang yang akan difokuskan. Misalnya, kalau ingin bekerja sebagai penulis freelance, Anda bisa fokus menawarkan jasa penulisan artikel, berita, jasa ketik tugas, dan lain sebagainya.

Saran kami, maksimalkan area yang menjadi keahlian Anda dan hindari menerima jenis pekerjaan yang topiknya tidak Anda kuasai. Setelah itu, sempurnakan profil, buat contoh karya atau bangun portofolio, dan mulai perluas jangkauan Anda.

2. Memulai Bisnis Dropshipping

Dengan cara menjadi dropshipper, Anda bisa menghasilkan uang di internet tanpa modal. Cukup jual produk kepada pelanggan langsung dari supplier, tanpa harus menyetok barang tersebut lebih dulu di gudang.

Langkah-langkahnya juga cukup mudah. Setelah memasang iklan dan pembeli bertransaksi di iklan Anda, selanjutnya Anda hanya perlu menghubungi pihak supplier untuk memesan barang tersebut. Proses pengiriman akan dilakukan oleh supplier. Mudah sekali, kan?

Namun, Anda tetap harus memperhatikan beberapa faktor untuk memulai bisnis dropship. Salah satunya adalah persaingan yang ketat dan supplier yang kurang tepercaya.

Jadi, sebelum memulai cara yang satu ini, pastikan untuk melakukan riset dan survei lebih dulu.

3. Membuat Blog dan Daftarkan AdSense

Blogging adalah cara dapat uang dari internet yang sangat cocok bagi Anda yang suka menulis. Ada banyak orang yang membuat blog untuk sekadar curhat, berbagi wawasan, menyampaikan pandangan, dan mengembangkan brand. Beberapa contoh blog populer termasuk Say Yes dan Anywhere We Roam.

Anda bisa mulai membuat blog tentang apa pun, seperti blog traveling, menjadi food blogger dan membuat blog makanan, atau sekadar blog ulasan. Atau, Anda juga bisa mencari tahu topik blog yang paling banyak dikunjungi untuk menemukan niche.

Beberapa cara umum menghasilkan uang dari blog adalah dengan mendaftarkan blog ke AdSense, atau melalui iklan, affiliate marketing, sponsor, dan penjualan produk.

Agar blog Anda ramai pengunjung dan bisa dimonetisasi, terus bangun audiens dan tetaplah konsisten untuk memposting konten. Anda juga bisa belajar digital marketing dan memahami search engine optimization (SEO) untuk meraih sukses jangka panjang.

4. Menghasilkan Uang dari Micro Job

Micro task atau micro job merupakan tugas atau pekerjaan yang membutuhkan ketelitian dan kecerdasan manusia untuk diselesaikan. Bahkan di era yang semuanya serba otomatis ini, ada pekerjaan-pekerjaan tertentu yang hanya bisa dilakukan oleh manusia.

Pekerjaan yang dimaksud adalah pekerjaan yang kecil dan sederhana serta tidak membutuhan kemampuan teknis apa pun. Misalnya, Anda diminta mengecek kembali hasil pencarian untuk keyword yang diberikan, menerjemahkan paragraf, atau mengategorikan tone dan feel dari sebuah artikel.

Anda hanya membutuhkan komputer dan koneksi internet. Beberapa platform yang menyediakan pekerjaan ini adalah Amazon Mechanical Turk, Appen, atau Clickworker.

5. Menjadi Tester Website

Tertarik dengan web design dan web development? Jangan sia-siakan peluang ini dan cobalah menjadi website tester untuk menghasilkan uang di internet. Pekerjaan ini cukup dilakukan sebagai freelancer, bisa menghasilkan uang dengan cepat, dan cukup mudah bagi pemula.

Sebagai website tester, Anda harus punya kemampuan berpikir yang kritis dan logis, skill komunikasi, serta pengetahuan yang baik tentang fungsi dan desain website. Faktor-faktor ini bisa membantu meningkatkan prospek pekerjaan dan kualitas reporting Anda.

Sistem payment biasanya berbasis proyek, dan tarifnya tergantung pada metode testing serta kebijakan pasar. Misalnya, UserTesting menawarkan pembayaran antara $4 sampai $120/tes, di mana bayaran tertinggi adalah untuk tester yang dites secara percakapan langsung dengan klien.

Kalau Anda tertarik, kunjungi market berikut untuk mendapatkan penghasilan online dengan menjadi website tester:

  • Ubertesters. Layanan testing crowdsourced yang berfokus pada pengujian aplikasi dan mobile game.
  • UserBrain. Tool online yang menawarkan UX testing untuk website dan prototipe produk digital.
  • Testbirds. Testing UX untuk produk digital, termasuk toko eCommerce, aplikasi seluler, dan fitness tracker.
  • Userlytics. Selain menguji website dan aplikasi, market ini juga menawarkan proyek yang berfokus pada review iklan video.
  • TryMyUI. Menyediakan testing tayangan untuk website dan aplikasi seluler melalui rekaman video testing atau feedback berbasis survei.

6. Menawarkan Jasa Titip Luar Negeri

Banyak sekali orang yang ingin membeli barang dari luar negeri tetapi terkendala di bagian pembayarannya. Metode pembayaran untuk pembelian internasional biasanya terbatas pada PayPal atau kartu kredit saja.

Nah, kalau sering berjalan-jalan ke luar negeri atau punya akun PayPal atau kartu kredit, Anda bisa mencoba menawarkan jasa titip dari luar negeri.

Cara lainnya, Anda bisa mencari marketplace e-Commerce luar negeri lalu memesankan barang-barang yang tidak dijual di negara Anda. Namun, sebaiknya perhatikan peraturan atau undang-undang impor yang berlaku dalam hal ini.

Anda kemudian bisa membuat akun media sosial untuk mempromosikan bisnis dan menjangkau lebih banyak pelanggan.

Cara mendapatkan uang dari internet dengan jastip

Setelah pembeli setuju, Anda bisa mencari produk di marketplace internasional atau lokal milik suatu negara, melakukan transaksi, kemudian membeli barang tersebut lalu mengirimkannya kepada pembeli.

7. Membuat Toko Online

Toko online semakin populer belakangan ini. Selain jangkauannya lebih luas, biaya awal memulai toko online juga lebih rendah sehingga Anda bisa menghemat biaya operasional.

Apa pun produk yang Anda jual, membuat toko online juga akan menjadi cara dapat uang online yang cukup menghasilkan. Sebab, karena saat ini makin banyak pembeli yang lebih suka berbelanja secara online, meskipun produk yang mereka beli adalah produk fisik.

Berikut rekomendasi empat platform eCommerce terbaik untuk membangun toko online Anda sendiri:

  • Hostinger Website Builder. Website builder yang user-friendly bagi pemula, menawarkan tema gratis dan berbagai AI tool untuk membantu operasional bisnis Anda.
  • WooCommerce. Platform open-source untuk WordPress, menyediakan semua fungsi yang diperlukan untuk membuat toko online impian Anda.
  • Prestashop. Software eCommerce ini menawarkan fungsionalitas manajemen produk yang keren dan tool analytics.
  • Shopify. Pilihan populer dengan fitur abandoned cart recovery bawaan dan tool SEO.

8. Menjadi Desainer Grafis

Profesi desainer grafis kini sedang ramai dicari di mana-mana seiring dengan meningkatnya digitalisasi dan produksi konten. Anda bisa memanfaatkan peluang ini sebagai cara menghasilkan uang secara online kalau punya bakat menggambar.

Karier di dunia desain grafis sebenarnya mirip dengan web developer. Apabila sudah tahu bidang seni rupa digital yang ingin Anda tekuni, selanjutnya pelajari skill dan software yang diperlukan. Banyak kursus desain yang tersedia di berbagai platform eLearning untuk mulai belajar.

Contohnya saja, web designer perlu mempelajari UX, UI, dan ilmu dasar HTML serta CSS. Nah, untuk menjadi graphic atau logo designer, Anda bisa mempelajari teori warna, komposisi, tipografi, dan tool desain seperti Adobe Illustrator dan CorelDRAW.

Setelah mulai membuat karya, Anda bisa mengunjungi website berikut untuk menjualnya dan memulai gig:

  • DesignCrowd. Menawarkan berbagai proyek, mulai dari logo dan website hingga desain billboard.
  • Minty. Cocok untuk artist yang sudah punya skill dan ingin mencari project desain dengan kontrak otomatis.
  • We Work Remotely. Anda bisa menemukan berbagai jenis permintaan desain dari mana saja.
  • Fiverr. Meskipun sebenarnya bisa untuk freelance apa pun, desainer grafis cukup banyak dicari di platform ini.
  • 99designs. Menyediakan jasa desain grafis berkualitas tinggi dalam berbagai kategori, seperti web dan aplikasi, pakaian dan merchandise, serta bisnis dan periklanan.

9. Menawarkan Jasa Admin Medsos

Aktif di media sosial bisa jadi salah satu cara dapat uang dari Internet. Apalagi kalau Anda sudah paham betul manfaatnya media sosial untuk membangun persona dan juga bisnis.

Anda bisa membuka jasa admin ini kepada individu maupun pemilik bisnis yang membutuhkan admin media sosial.

Manfaatkan website edukasi seperti Hootsuite Academy untuk mempelajari materi seputar media sosial. Setelah itu, cari pekerjaan admin media sosial di situs seperti Upwork dan Freelancer.

Hootsuite academy

Dengan pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki, Anda juga bisa membangun layanan admin media sosial sendiri.

10. Menyediakan Jasa Penulisan CV

Beragam bidang pekerjaan baru mulai bermunculan di berbagai industri, membuka banyak sekali peluang pekerjaan terutama di area digital. Nah, Anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk menghasilkan uang di internet dengan menyediakan jasa menulis CV.

Masih banyak pencari kerja yang merasa kesulitan untuk menulis CV yang baik dan benar, yang bisa masuk dan disaring oleh program khusus bagi para recruiter, yang disebut ATS (Applicant Tracking System).

Untuk itu, cobalah menyediakan jasa penulisan CV atau resume yang akan lolos penyaringan menggunakan ATS. Ada banyak sekali contoh CV untuk kriteria ini, yang bisa Anda pelajari untuk mulai dapat uang dari internet.

11. Jadi Reseller Web Hosting

Berikutnya, Anda bisa mencoba menjadi reseller web hosting untuk menghasilkan uang di internet. Misalnya, Anda bisa mencoba layanan Hosting24. Seperti Hostinger, provider ini juga menawarkan layanan web hosting, tetapi mereka punya program reseller web hosting.

Program ini memberi kesempatan bagi siapa pun yang ingin memperoleh penghasilan dengan menjadi reseller hosting.

Cara mencari uang di internet dengan menjadi reseller hosting

Pada dasarnya, provider reseller hosting akan memberikan ruang server dedicated bagi usernya untuk membangun brand web hosting sendiri. Nantinya Anda bisa:

  1. Membuat akun web hosting yang memiliki cPanel.
  2. Mengatur batasan resource (contohnya, disk space dan bandwidth).
  3. Mengelola semua akun menggunakan WHM.

Anda tidak perlu mengurusi aspek-aspek teknis terkait pengelolaan server meski bertindak sebagai reseller hosting. Tugas utama Anda hanyalah mengakuisisi user. Jika ada pertanyaan, tim Customer Support bisa Anda hubungi 24/7 untuk meminta bantuan.

Jika sudah paham cara kerja web hosting, Anda pasti bisa melakukannya. Siapa tahu, kan, di masa mendatang bisnis hosting Anda semakin berkembang dan besar?

12. Membuka Kursus Online

Kalau Anda punya keahlian di suatu bidang, cobalah membuat kursus online. Manfaatkan peluang ini sebagai cara dapat uang dari Internet, misalnya dengan membuat PDF sederhana hingga video YouTube atau TikTok.

Beberapa topik kursus online yang paling populer termasuk skill komputer, kesehatan dan fitness, bisnis atau digital marketing dan entrepreneurship, keuangan dan investasi, serta personal growth. Anda bisa membuat website eLearning dan menjual materi di sana.

Tapi, apabila ingin mencoba beberapa platform eLearning lebih dulu, Anda bisa menjual kursus online di website berikut:

  • Udemy. Mencakup berbagai topik dan menyediakan kursus, kuis, latihan coding, dan forum diskusi.
  • Skillshare. Cocok untuk menjual kursus seni digital dan keterampilan kreatif.
  • Teachable. Memungkinkan Anda membuat kursus online dan sesi pelatihan unlimited untuk jumlah murid yang juga unlimited.
  • OpenSesame. Mendukung integrasi dengan banyak LMS (sistem manajemen pembelajaran) untuk aksesibilitas yang lebih baik.
  • Pathwright. Mengutamakan online course dengan hasil nyata. Lengkap dengan langkah-langkah yang bisa diikuti.

13. Menjadi SEO Specialist

Selama orang-orang masih menggunakan Google dan platform sejenisnya untuk mencari informasi, kesempatan untuk jadi SEO Specialist masih terbuka lebar. Anda hanya perlu menguasai trik dan cara menaikkan ranking web di Google.

Atau, Anda juga bisa mengunjungi berbagai forum SEO untuk mempelajari segala hal mengenai optimasi mesin pencari dan menjadi SEO specialist.

14. Menjual Website

Kemudian, cara mendapatkan uang dari website adalah dengan menjualnya.

Yap, Anda tidak salah membaca! Menjual website bisa menjadi salah satu cara menghasilkan rupiah. Namun tentu saja, keuntungan yang diperoleh tergantung pada tipe dan kualitas website.

Memperoleh penghasilan dari internet dengan jual website

Nilai jual website akan lebih tinggi bila dibandingkan dengan pendapatan yang biasanya Anda terima per bulannya. Pada umumnya jumlah atau angka penjualan tergantung pada beberapa faktor.

Namun jangan khawatir, Anda masih bisa menerapkan harga jual sebanyak 12 hingga 30 kali lipat dari pendapatan pasif bulanan.

Berikut faktor-faktor yang memengaruhi hasil akhir penjualan website:

  1. Umur website.
  2. Otoritas atau kepemilikan domain.
  3. Jumlah traffic yang diterima website.
  4. Jumlah keuntungan yang dibuat website.
  5. Diversifikasi pendapatan.
  6. Kestabilan pendapatan.
  7. Perkembangan website, apakah ada progressnya atau malah ‘jalan di tempat’.

Kunjungi Empire Flipper Listings untuk cari tahu berapa nilai jual website Anda.

15. Menulis dan Menerbitkan eBook

Self-publishing atau menerbitkan sendiri buku yang ditulis semakin digandrungi akhir-akhir ini. Bagi yang suka menulis atau punya impian melihat buku tulisannya dipajang di toko buku online, sekaranglah saat yang tepat.

Menulis dan menerbitkan buku digital adalah salah satu cara mendapatkan uang dari Internet tanpa modal, bahkan untuk pemula.

Cara mencari uang di internet dengan menerbitkan buku digital

Meskipun akan ada banyak saingan, bila buku yang ditulis berisikan konten informatif dan berguna, kesuksesan niscaya siap menghampiri Anda.

Menerbitkan sendiri buku yang ditulis berarti Anda juga harus mengedit, menyusun format, mendesain sampul, menguploadnya ke platform khusus, misalnya Amazon, menulis deskripsi, dan memasarkannya.

Beberapa tips agar buku digital Anda laris manis di pasaran:

  1. Lakukan riset pasar. Pastikan topik buku digital yang hendak Anda tulis tidak memiliki saingan yang banyak, tapi tetap punya pasar dan pembaca.
  2. Tulislah buku yang memuat informasi bermutu, dan jangan ragu untuk menyewa jasa editor profesional.
  3. Pun sewalah jasa desainer untuk membuatkan sampul dan menuliskan deskripsi singkat yang menarik. Ingat, dua elemen ini menjadi salah satu faktor terpenting buku Anda laku di pasaran.
  4. Tulislah buku berseri, tentunya dengan pengetahuan, atau informasi, atau cerita yang menarik perhatian pasar.

Anda sendirilah yang menentukan keberhasilan sebagai penulis buku. Tulis buku digital sebaik mungkin dan bikin email list yang memuat pembaca potensial untuk dikirimkan newsletter.

Semakin sering Anda belajar dan mengasah kemampuan menulis, semakin tinggi peluang keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menulis.

16. Membuat Email Marketing

Setiap hari inbox Anda tidak pernah sepi. Selalu saja ada email yang masuk, dan beberapa di antaranya merupakan newsletter. Newsletter ini dikirim karena Anda setuju untuk berlangganan suatu layanan.

Nah, ketika mendapati newsletter ada di inbox, apa yang biasanya Anda lakukan? Langsung membaca pesannya atau justru malah bertanya-tanya, ‘kok bisa ada email ini di inbox saya?’.

Cara mencari uang di internet dari email marketing

Menulis email newsletter dengan niche khusus bisa menjadi salah satu cara mendapatkan uang dari internet. Benar sekali! Anda hanya harus membuat email dengan pesan yang menarik untuk menarik perhatian sekelompok orang yang jadi target pasar Anda.

Pengiriman email marketing diperlukan untuk membuat bisnis yang stabil dan solidtheSkimm, misalnya, sukses mendapatkan penghasilan hingga jutaan dollar dengan mengirimkan email newsletter harian.

ConvertKitDripMailChimp, dan Aweber adalah contoh platform yang bisa Anda andalkan untuk membuat email newsletter.

Berikut beberapa tips dari kami agar sukses menjalankan kampanye email marketing:

  1. Tentukan niche bisnis, lalu pilih gaya penulisan email marketing.
  2. Pilih provider email marketing.
  3. Buat landing page sederhana dan arahkan trafik sebanyak mungkin.
  4. Kirim email secara berkala ke pengunjung yang setuju untuk berlangganan.

Tujuan utamanya adalah membangun kepercayaan antara Anda dan pelanggan. Jadi, ketika newsletter tiba di inbox, mereka tidak akan sungkan dan langsung membaca isi pesan.

Kalau sudah banyak orang yang mengklik dan membaca email marketing yang dikirim, Anda bisa mulai berjualan, misalnya:

  1. Menawarkan produk digital.
  2. Kursus online dengan sistem berlangganan.
  3. Mengirimkan penawaran afiliasi ke subscriber sius Anda.
  4. Menawarkan sponsorship atau kerja sama.

17. Jual Beli Website

Jual beli website sama halnya dengan jual beli rumah, tapi yang satu ini bisa Anda lakukan tanpa transaksi langsung sebagai cara dapat uang dari Internet. Rumah yang punya nilai investasi tinggi dibeli, lalu diperbaiki, kemudian dijual dengan harga yang tinggi demi mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya.

Cara mudah mendapatkan uang dengan jual beli website

Meskipun jual beli website terlihat mudah, Anda tidak bisa menutup mata terhadap tingkat risikonya. Janganlah membeli website yang Anda sudah tahu tidak akan membawa arti apa-apa.

Berikut tips jual beli website:

  1. Cari website yang menurut Anda memiliki nilai jual dan masih bisa dikembangkan. Untuk mengetahui daftar website yang bisa dibeli, silakan cek marketplace, seperti EmpireFlippersFlippa, dan We Sell Your Site.
  2. Lakuan riset terhadap angka revenue dan trafik, backlink (link profile), dan alasan mengapa website dijual.
  3. Jika nomor satu dan dua sudah terjawab, segera beli website tersebut.
  4. Perbaiki kualitas situs dan optimasikan hingga jumlah trafik meningkat serta revenue naik.
  5. Jual website dengan harga bersaing.

18. Berinvestasi di Reksadana

Reksadana kini menjadi salah satu cara menghasilkan uang di internet yang paling aman. Tersedia banyak aplikasi tepercaya yang bisa Anda manfaatkan untuk mulai berinvestasi di reksadana, atau Anda juga bisa langsung berinvestasi di bank kepercayaan Anda.

Jenis reksadana pun ada beberapa macam, termasuk pasar uang, obligasi, dan saham. Sistem kerjanya adalah Anda berperan sebagai investor yang mengalokasikan uang Anda untuk dikelola oleh manajer investasi.

Nantinya, saat manajer investasi mendapatkan keuntungan, Anda juga akan turut mendapatkan keuntungan tersebut sesuai persentasenya. Makin banyak dana yang Anda investasikan, makin banyak juga keuntungan yang Anda dapatkan.

Terlebih lagi, reksadana umumnya memberikan bunga atau keuntungan yang lebih tinggi daripada deposito, tapi dengan potongan pajak yang lebih rendah.

19. Guru Bahasa Inggris Online

Bahasa Inggris menjadi pelajaran yang mau tak mau harus dikuasai sejak dini. Ada banyak syarat akademik maupun pekerjaan yang mengharuskan kita menguasai bahasa Inggris.

Nah, jika mahir berbahasa Inggris dan menguasai teorinya dengan baik, Anda bisa mencoba cara menambah penghasilan dari Internet dengan menjadi guru bahasa Inggris online.

Cara mendapatkan uang dari internet tanpa modal untuk pemula: jadi guru bahasa inggris

Agar peluang diterima semakin besar, ikutilah kursus ESL dan dapatkan sertifikatnya.

Nantinya Anda bisa memperoleh penghasilan hingga 25 USD hanya dengan mengajar bahasa Inggris melalui Skype atau platform media sosial lainnya.

Beberapa situs yang menawarkan lowongan kerja jadi guru online:

20. Membuat dan Menjual Software

Belajar pemrograman membuka banyak peluang, misalnya mempersiapkan diri untuk menjadi pekerja lepas di bidang IT atau untuk membuat dan mengembangkan software sendiri.

Sudah banyak sekali software yang dikembangkan oleh perusahaan ternama, seperti Google Play atau Apple Store. Namun, developer di balik software tersebut tadinya juga adalah orang-orang biasa.

Berikut tips menghasilkan uang di internet dengan mengembangkan software:

  1. Lakukan riset pasar. Cari tahu aplikasi seperti apa yang paling dicari dan dibutuhkan.
  2. Kembangkan versi MVP.
  3. Mintalah kritik dan saran dari user dan beta tester.
  4. Tindak lanjuti kritik dan saran tersebut.
  5. Lakukan kampanye marketing sesuai bujet.

Sebagai referensi, Anda bisa membaca kisah Nathan Barry, pendiri ConvertKit, yang berhasil membangun startup softwarenya.

Atau, Anda bisa jadi freelancer dengan mencari pekerjaan di Upwork dan Freelancer. Selain itu, juga ada Remoteok.io yang mengiklankan posisi programming remote.

21. Membuat Situs Lowongan Kerja

Tahukah Anda kalau situs loker juga bisa jadi sumber penghasilan dari internet?

Jika Anda punya website loker, pihak yang mencari pekerja dengan kriteria tertentu akan memasang iklan di situs Anda. Pengunjung pun bisa beramai-ramai mendaftar ke pekerjaan tersebut.

Memperoleh penghasilan dari internet dengan buat website loker

Ada dua cara dapat uang dari internet melalui situs ini, yakni membebankan biaya pada pemasang iklan loker dan menerapkan biaya berlangganan bulanan bagi pengunjung agar mereka dapat melihat lowongan pekerjaan yang tersedia dan mengirim aplikasi lamaran.

Sebelum memberikan tempat bagi iklan loker, usahakan situs Anda meraih trafik sebanyak mungkin. Perusahaan tidak akan mempublikasikan iklan lowongan kerja di suatu situs yang tidak mampu menghubungkan pencari kerja berkualitas serta memenuhi kualifikasi.

Contoh website loker yang berhasil adalah ProBlogger Job Board. Metode yang dipakai adalah memberlakukan biaya postingan iklan loker bagi pihak perusahaan dan juga individu.

Sementara itu, untuk pencari kerja, mereka bisa mengakses dan melamar di bidang yang diinginkan secara gratis. Situs ini juga sukses dalam membangun persona online dengan jumlah audiens yang banyak.

Tak diragukan lagi kalau akan ada ratusan pencari kerja yang tertarik pada satu iklan loker.

22. Menjadi Web Developer

Untuk menjadi web developer, Anda harus mempelajari coding dulu. Anda bisa menggunakan layanan termurah Hostinger untuk mulai membuat website dan mengaplikasikan coding yang dipelajari. Setelah itu, jika sudah mahir, kunjungi situs kerja seperti Upwork dan Freelancer dan cari pekerjaan yang pas untuk Anda.

Anda juga bisa membuat website dan menyertakan portofolio di dalamnya. Namun sebelumnya, tentukan niche terlebih dulu.

Misalnya, Anda hanya menawarkan jasa pembuatan website untuk agen real estate dan perusahaan manajemen properti atau Anda memfokuskan diri untuk mengembangkan website eCommerce dengan menggunakan platform WooCommerce dan WordPress.

23. Narator Buku Suara

Semakin populernya buku suara atau audio book belakangan ini menjadi tanda kalau sudah banyak orang yang beralih dari buku cetak ke buku suara. Mereka lebih suka ‘mendengarkan buku’ daripada membacanya. Hanya saja, koleksi buku suara tidak sebanyak buku cetak.

Jika Anda suka membaca dan memiliki suara yang bagus, narator buku suara bisa jadi pekerjaan yang menjanjikan.

Narator buku suara

Bagi yang baru pertama kali, bisa bergabung di ACX dengan membuat akun terlebih dulu. Platform ini akan mempertemukan narator dan penulis buku.

Persiapkan juga mikrofon dengan kualitas suara yang jernih dan software untuk merekam. Lalu buat beberapa contoh suara ketika Anda membaca buku.

Jika ingin memperluas jangkauan, buat akun di Upwork dan pilih pekerjaan narator buku suara (audibook narration).

24. Menawarkan Jasa Penulis Lepas Profesional

Sebenarnya, sudah sejak lama aktivitas menulis mampu menghasilkan uang bagi seseorang, apalagi di dunia online. Bahkan Anda tidak perlu khawatir jika belum memiliki pengalaman di bidang ini.

Pertama-tama, pilih topik dan tipe konten yang hendak ditulis. Misalnya:

  • Blog post untuk situs SaaS
  • Teks copy atau pemasaran di website real estate
  • Pesan email pemasaran untuk website kesehatan dan kebugaran

Setelah memilih topik, buat beberapa contoh tulisan agar lebih mudah dalam mencari pekerjaan. Anda bisa memanfaatkan platform freelancer atau mengunggah contoh tulisan ke website, seperti Medium atau LinkedIn.

linkedin

25. Menjual Desain

Cara mencari uang di internet berikutnya adalah bergabung di situs seperti Society6. Di plaform ini, Anda bisa mengunggah dan menjual desain yang dapat digunakan di berbagai barang, misalnya casing smartphone, kaos, permadani, dll.

Society6 sama sekali tidak membebankan pembayaran di muka. Anda bisa langsung menjual desain dan menghasilkan pendapatan.

Buka ‘toko online’, unggah desain, dan pilih item atau produk untuk menampilkan desain Anda. Produk jualan juga bisa dikirimkan sesuai permintaan konsumen.

26. Bergabung di Clarity.FM

Coba bergabung di situs seperti Clarity.FMSavvy.is, dan Coach.me dan bagikan keahlian Anda. Ketiga situs ini akan menghubungkan Anda dengan banyak klien.

Meskipun pendapatan yang dihasilkan tidak begitu banyak, bergabung di Clarity.FM bisa menjadi salah satu cara memperoleh penghasilan di internet dalam waktu cepat. Cukup buat akun untuk membagikan informasi atau pengetahuan yang dimiliki.

27. Remote Working

Jika menginginkan karier baru, atau tidak ingin terjebak dalam kondisi yang begitu-begitu saja, cobalah mencari pekerjaan dengan sistem remote. Banyak perusahaan saat ini mencari karyawan paruh waktu (part-time) dan penuh waktu (full-time) dengan sistem WFH.

Solidgigs

Umumnya posisi remote yang ditawarkan seperti customer support (bantuan pelanggan), desainer, atau mungkin jabatan yang sedang Anda geluti saat ini.

Informasi pekerjaan remote bisa dicari melalui internet, misalnya dengan mengunjungi beberapa situs seperti FlexjobsSolidGigsWe Work Remotely, dan Remote.

28. Penerjemah Subtitle Film

Jika menguasai bahasa asing, cobalah menjadi penerjemah lepas untuk subtitle film (subtitler). Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Anda harus punya kemampuan bahasa asing yang mumpuni, serta suka menonton film, mengikuti perkembangan dunia film, tidak cepat bosan ketika duduk berjam-jam karena harus menyimak jalan cerita, dan yang terpenting, bisa bekerja cepat di bawah tekanan.

Nah, kalau tertarik di bidang ini, Anda bisa mencoba melamar melalui situs seperti JobstreetSribu, atau Upwork.

29. Menawarkan Jasa Koreksi atau Proofreader

Tugas korektor atau proofreader adalah mengecek kualitas teks. Seorang proofreader bertugas untuk memastikan teks bebas dari kesalahan penulisan (typo), tata bahasa, penggunaan tanda baca, spasi, dan format penulisan.

Profesi ini umumnya ditawarkan oleh penerbit buku. Anda bisa mengirim lamaran melalui website resminya atau mengunjungi kantornya secara langsung.

Namun, jika ingin bekerja dari rumah, Anda bisa mengecek situs Freelancer Indonesia dan Scribendi. Kedua situs ini akan menghubungkan Anda dengan klien yang membutuhkan jasa proofreader.

30. Membuat Sistem Keanggotaan

Situs keanggotaan belakangan ini menarik banyak peminat. Proses pembuatannya juga mudah meskipun jumlah audiens yang berkunjung ke website jadi faktor utama.

Contohnya, Mark Manson mengelola blog bertemakan pengembangan diri. Di situsnya, ia menawarkan sistem keanggotaan sehingga pembaca bisa mengakses kursus online, video, dan artikel tambahan.

Terlihat bahwa audiens mengunjungi situs atau blog karena menyukai konten pembahasannya serta cara penyampaiannya. Orang-orang ini kemungkinan besar akan jadi pengunjung setia di blog Anda.

Nah, di sinilah Anda bisa mencoba cara dapat uang dari Internet dengan menawarkan sistem keanggotaan agar pengunjung bisa mengakses konten premium.

Tidak semua orang akan tertarik dengan promo keanggotaan Anda. Namun, promo ini akan jadi tawaran yang spesial bagi mereka yang suka dengan konten di blog Anda.

Sistem keanggotaan ini bergantung pada tipe atau tema website dan banyaknya konten premium yang hendak dibuat. Jika tertarik dengan salah satu cara mendapatkan uang dari internet ini, silakan baca tutorial cara membuat website keanggotaan di WordPress.

31. Menyewakan Ruang Beriklan

Cara mendapatkan uang dari internet dengan google adsense

Banyak situs yang memasang iklan di tengah-tengah konten. Ada yang tampilannya membosankan dan tidak sesuai dengan konten, tapi ada juga yang selaras dengan isi website.

Biasanya penyewaan ruang beriklan dilakukan oleh website yang sudah punya trafik tinggi. Kalau angka trafik situs Anda terus bertambah, cara mendapatkan uang dengan cepat dari internet ini bisa dipertimbangkan.

Selain kebijakan jaringan periklanan, pembayaran juga didasarkan pada total tayangan atau klik.

Jaringan iklan yang cukup populer di kalangan blogger dan pemilik website adalah Google AdSense. Untuk menggunakannya, Anda perlu mendaftarkan diri. Jika diterima, iklan sudah bisa dipasang di situs Anda.

Selain Google AdSense, juga ada Ezoic dan Media yang akan mengevaluasi website yang didaftarkan. Gunakan kedua jaringan ini untuk mengoptimasi dan memaksimalkan revenue iklan.

Salah satu cara menghasilkan uang dari internet ini juga bisa Anda lakukan tanpa perlu bergabung dengan jaringan khusus. Jika sudah memiliki audiens, cobalah menyewakan ruang beriklan ke bisnis sejenis lainnya.

Misalnya, situs Anda memuat berbagai informasi tentang manajemen tidur. Untuk memperoleh penghasilan melalui iklan, Anda bisa menawarkan jasa penyewaan ruang iklan ke perusahaan matras.

Opsi lain adalah membuat konten berbayar. Perusahaan akan membayar Anda untuk menulis konten bersponsor. Konten ini nantinya dipasang di situs Anda. Beberapa situs yang menerapkan metode ini adalah Buzzfeed dan Millo.

32. Menjadi Asisten Virtual

Kalau Anda memiliki kemampuan dalam membuat dan mengelola perencanaan, dapatkan uang secara online dengan menjadi asisten virtual. Nantinya, Anda bertugas menangani pekerjaan administrasi, misalnya pembukuan, entri data, email, riset, dan masih banyak lagi.

Selain bisa jadi sumber penghasilan, menjadi asisten virtual membuka peluang bagi Anda untuk berkenalan dengan orang penting, apalagi jasa ini semakin banyak dibutuhkan.

Saat ini pemilik bisnis kecil lebih suka menyewa jasa asisten virtual daripada mempekerjakan staff full-time. Lapangan kerjanya sendiri dapat diakses melalui situs, seperti FiverrUpwork, dan Remote.co.

33. Menawarkan Jasa di Website

Cara lain untuk mendapatkan penghasilan dari internet adalah dengan menawarkan jasa dan layanan di website.

Ada dua strategi, yakni:

Membuat Blog Edukasi

Buatlah blog berisikan satu topik penting. Misalnya Anda memiliki blog yang membahas teknik pertukangan. Lalu Anda sudah berhasil mengajak pengunjung untuk berlangganan konten situs. Trafik pun naik dan stabil.

Nah, strategi berikutnya adalah menambahkan halaman layanan yang memuat info serta pelajaran tentang pertukangan. Pembelajaran ini bisa bersifat pribadi (per satu subscriber) atau melalui media, seperti Skype.

Membuat Website Sederhana

Buat website sederhana di platform WordPress dan tawarkan layanan yang Anda miliki ke pihak individu dan perusahaan. Misalnya, Anda mencari lowongan pekerjaan untuk penulis lepas. Pilihlah niche yang tepat dan mulai bangun website sederhana.

Tambahkan beberapa halaman penting yang memuat informasi diri Anda, layanan yang ditawarkan, dan contoh hasil tulisan. Cari leads dengan membuat guest post, wawancara podcast, atau menjalankan strategi cold outreach.

Kalau ingin mendapatkan hasil yang lebih memuaskan, Anda bisa mencoba menggabungkan kedua metode di atas.

Kesimpulan

Selesai! Semua profesi di atas bisa dijadikan sumber penghasilan utama atau sampingan. Anda tidak harus melakukan semuanya, cukup pilih salah satu yang paling disukai. Pertajam kemampuan, lalu cobalah peruntungan dengan mendaftar di sejumlah situs atau perusahaan yang membutuhkan keahlian Anda.

Perlu diingat bahwa cara mendapatkan uang dari Internet yang kami bahas di artikel ini tidak serta-merta mendatangkan banyak uang. Bekerjalah sepenuh hati. Seiring dengan meningkatnya keahlian dan juga profesionalitas, pendapatan Anda juga akan bertambah.

Apakah ada cara menghasilkan uang dari internet yang belum kami bahas? Beri tahu kami melalui kolom komentar di bawah ini.

Author
Penulis

Faradilla A.

Faradilla, yang lebih akrab disapa Ninda, adalah Content Marketing Specialist di Hostinger. Ia suka mengikuti tren teknologi, digital marketing, dan belajar bahasa. Melalui tutorial Hostinger ini, Ninda ingin berbagi informasi dan membantu pembaca menyelesaikan masalah yang dialami. Kenali Ninda lebih dekat di LinkedIn.