access_time
hourglass_empty
person_outline

25 Topik Blog yang Paling Banyak Dikunjungi

Blogging merupakan salah satu cara terbaik untuk memberikan informasi tentang hobi dan ide Anda sembari mencari keuntungan. Namun, membuat blog tidak semudah yang orang-orang pikirkan. Anda perlu mencari suatu topik blog yang menarik dan menggelutinya. Kadang, mencari ide blog yang relevan itu sulit. Pada artikel ini, kami akan membagikan 25 ide topik blog yang menarik untuk Anda!

Permulaan

Sebelum memilih topik blog, Anda harus tahu tentang bagaimana cara membuat blog. Pertama, Anda perlu memilih platfrom – software media blogging. Anda dapat memilih salah satu platform di antara Zyro, Weebly, Squarespace, dan WordPress.

Perlu diingat bahwa ada beberapa platform yang self-hosted, sedangkan yang lainnya tidak. Platform self-hosted memuat blog Anda dan menyimpan databasenya di dalam server. Sedangkan, platform lain memerlukan layanan hosting. Untuk memastikan bahwa performa blog Anda bagus, Anda harus menggunakan paket hosting dengan uptime yang tinggi.

Setelah memilih layanan hosting, silakan install platform blogging pilihan Anda. Banyak hosting provider yang menawarkan kemudahan dalam instalasi platform populer seperti WordPress.

Setelah itu, Anda perlu membuat nama domain. Domain adalah alamat yang akan digunakan oleh blog Anda. Pastikan bahwa Anda memilih nama yang unik dan relevan dengan niche yang dipilih. Cari alternatif lain yang masih relevan jika pilihan pertama Anda tidak tersedia.

Terakhir, Anda harus mengatur tema dan menginstal beberapa add-on. Tema yang Anda pilih akan membentuk tampilan blog yang ingin Anda hadirkan. Biasanya, platform blogging sudah menyediakan tema dan add-on gratis yang bisa Anda pilih.

Ide Blog Terpopuler

Apakah Anda masih bingung dalam menentukan niche blog Anda? Berikut kami berikan daftar 25 topik blog yang paling banyak dikunjungi. Kami akan ulas mengapa orang gemar berkunjung ke blog dengan tema tertentu dan apa saja yang dapat Anda tulis dengan tema tersebut.

1. Review

Banyak orang ingin mencari opini netral tentang suatu produk sebelum membelinya. Untuk itu, review online selalu menjadi komoditas dengan permintaan tinggi – apalagi barang-barang yang sedang tren.

Jika Anda dapat menulis review berkualitas tinggi, blog Anda berpotensi mendapatkan traction dengan cepat. Ditambah lagi, jika Anda menulis artikelnya panjang namun tetap memperhatikan kualitasnya, pembaca akan menggap Anda adalah pakar dari dunia review.

Namun, Anda harus terkonsentrasi pada satu industri. Jika Anda tertarik untuk membuat lebih dari satu, maka Anda perlu membuat blog terpisah.

Dalam menulis review, Anda tidak hanya memuat satu brand atau perusahaan saja. Anda juga harus memasukkan nilai plus dan minus dari tiap produk yang Anda ulas, sehingga Anda mendapatkan kepercayaan dari pembaca.

2. Artikel Tutorial

Jika Anda memiliki pengetahuan luas tentang bidang tertentu – menulis blog tutorial bisa menjadi ide brilian.

Sekarang ini, banyak orang mencari solusi atas permasalahan mereka secara online. Orang-orang akan menuju Google ketika ada pertanyaan dalam benak mereka. Dengan begitu, tidak ada alasan bagi Anda untuk melewatkan ide blog yang satu ini. Anda dapat membagi pengetahuan dan kemampuan Anda melalui internet.

Anda dapat menyasar pembaca yang ingin memperbaiki sesuatu dengan cepat ataupun pembaca yang ingin meningkatkan kualitas proyek mereka. Topik ini tidak terbatas. Itulah mengapa topik artikel tutorial menjadi salah satu topik blog yang paling banyak dikunjungi.

3. Panduan untuk Pemula

Panduan pemula mirip dengan artikel how-to. Tetapi seperti namanya, mereka lebih fokus pada pembaca yang tidak pernah belajar tentang topik yang Anda liput. Jika Anda ingin membantu orang belajar – panduan pemula adalah ide blog yang bagus.

4. Resep

Jika Anda seorang penggila masakan, membuka blog resep bisa menjadi ide blog yang bagus. Kami sarankan Anda menulis resep asli! Perluas cakrawala kuliner Anda dan pembaca Anda.

Misalnya, Anda dapat mendiskusikan memasak orang lain, meninjau peralatan dapur, mencoba bahan-bahan asing, dan banyak lagi.

Jika Anda mencari inspirasi, lihat lah blog Food52.

contoh blog makanan untuk ide blog

Food52 tidak hanya membahas tentang makanan. Di blog ini, Anda juga dapat menemukan unggahan tentang desain interior, restoran, dan minuman. Bahkan mereka memiliki toko di mana Anda dapat membeli furnitur dan peralatan memasak.

5. Berita

Jika Anda seorang pemula, membuat blog yang meliput berita skala nasional mungkin agak terlalu sulit. Lagi pula, Anda tidak harus bersaing dengan kantor berita besar.

Alih-alih memulainya dari skala luas, cobalah menulis cerita seputar topik yang lebih dekat dengan Anda. Cari acara terbaru di daerah Anda atau kota di sekitarnya. Misal, sebagai penggemar seni jalanan, Anda dapat melaporkan peristiwa terkait yang terjadi di kota terkait hal itu.

Meskipun Anda memulainya dari langkah kecil, membangun tone Anda juga sangat penting. Tentu saja, Anda perlu menyesuaikan tone dengan target audiens Anda! Menemukan gaya bahasa yang dinikmati pembaca memungkinkan Anda terhubung dengan mereka dengan lebih baik.

6. Saran

Selain menulis ulasan dan panduan, memberikan saran dapat menjadi pilihan lain untuk membantu audiens Anda dengan membuat konten. Banyak kolom saran online yang melibatkan masalah kehidupan, tetapi Anda juga dapat berbicara tentang topik lainnya.

Tidak peduli apa nichenya, Anda dapat menjalankan blog saran dalam dua cara. Anda dapat menulis artikel tentang masalah yang dimiliki pembaca Anda, atau bahkan, blog Anda memasang fitur obrolan langsung.

7. Travelling

Jika bepergian adalah hobi Anda, bagilah pengalaman tersebut melalui blog bertemakan travelling. Jurnal perjalanan online tidak hanya menghibur tetapi juga bermanfaat bagi audiens dengan minat yang sama.

Ada banyak jenis posting yang dapat Anda buat sebagai travel-blogger. Artikel yang dapat Anda tulis bisa berupa petualangan kuliner, rekomendasi hotel, dan saran anggaran.

8. Kebugaran

Kini semakin banyak orang yang mengusung gaya hidup sehat. Karena itu, memiliki blog kebugaran merupakan prospek yang menguntungkan!

Ada banyak hal dapat dibahas seputar kebugaran, tergantung pada bidang keahlian Anda. Pelatihan olahraga, saran nutrisi, dan tips kesehatan mental hanyalah beberapa topik yang bisa Anda tulis.

Dengan blog kebugaran, Anda juga dapat memasarkan layanan Anda! Misalnya, seperti Badass Fitness.

contoh blog kebugaran

Shannon, pemilik blog, adalah pelatih berpengalaman yang berspesialisasi dalam style workout Tabata. Dengan blognya, Shannon dapat menginspirasi orang untuk bergabung dengan kamp pelatihannya di Florida.

9. Bela Diri

Sangat penting untuk mengetahui bagaimana caranya melindungi diri kita sendiri dalam situasi berbahaya. Namun, alasan keterbatasan waktu dan jarak, banyak orang yang belum bisa mendapatkan ilmu membela diri.

Saat ini, orang dapat mempelajari teknik bela diri dari blog. Topik ini pun sedang berkembang, dan Anda dapat membuat blog yang populer tentang bela diri.

Ide tulisan yang dapat Anda buat bisa berupa saran keamanan, gerakan bela diri, dan senjata tidak mematikan.

10. Proyek DIY

Banyak orang suka mendekorasi rumah mereka tanpa harus menghabiskan terlalu banyak biaya. Itulah sebabnya banyak orang mencintai blog kerajinan DIY.

Namun, Anda dapat memilih topik blog DIY selain dekorasi rumah. Kosmetik, aksesoris, dan life-hack sehari-hari adalah beberapa ide yang dapat digunakan untuk posting Anda.

11. Walkthrough Video Game

Siapa yang tidak suka video game? Industri game terhitung besar. Maka dari itu, peluang mengembangkan blog game juga besar.

Jika Anda ingin membuat blog gaming, menulis walkthrough dapat menjadi pilihan yang bagus. Walkthrough sangat membantu, terutama untuk game yang sulit.

Walkthrough dapat menarik pembaca dengan mudah, terutama jika topiknya tentang game terkenal dan beken.

12. Berkebun

Berkebun adalah topik blog yang begitu dicari, terutama bagi orang-orang perkotaan. Anda dapat memanfaatkan momentum tersebut dengan membuat blog tema berkebun.

Ada banyak ide tentang berkebun yang dapat Anda bahas. Jika kehabisan inspirasi, Anda dapat mengunjungi blog Stephanie Rose yang bernama Garden Therapy untuk mendapatkannya.

contoh blog tema berkebun

Garden Therapy tidak hanya mencakup topik tentang teknik dan alat berkebun. Di blog ini, Anda juga dapat membaca tentang kerajinan tangan dan membuat kosmetik dari tanaman serta buah-buahan.

13. Fotografi

Teknologi digital membuat fotografi dapat diakses oleh semua orang. Karena itu, kini banyak orang bercita-cita untuk menjadi pandai dalam hal fotografi.

Dengan begitu, memiliki blog fotografi dapat memberi keuntungan besar. Menghasilkan uang dari niche ini terbilang mudah. Misalnya, Anda dapat membuat kursus fotografi online.

Blog fotografi juga dapat berfungsi sebagai portofolio. Di sisi lain, beberapa fotografer membagikan karya mereka sebagai buku harian.

14. Daftar Situs Menarik

Beberapa orang menggunakan internet untuk bersantai. Untuk melakukannya, mereka biasanya mencari situs web yang tidak biasa namun menghibur. Namun, terkadang situs semacam itu sulit ditemukan.

Jika mencari situs seperti BuzzFeed dan Bored Panda adalah hiburan Anda, maka buatlah topik mengenai hal ini. Meskipun kedengarannya aneh, blog yang membagikan situs menarik menghasilkan banyak traffic.

15. Instuktur Alat Musik

Mengajar secara online adalah salah satu cara meningkatkan penghasilan Anda sebagai instruktur alat musik. Anda dapat melakukannya dengan membuat blog mengenai ini.

Untuk menarik calon siswa, Anda dapat menawarkan uji coba gratis. Tunjukkan keterampilan bermusik Anda! Dengan begitu, orang-orang akan tertarik kepada Anda.

16. Belajar Bahasa

Belajar bahasa baru adalah kegiatan yang fantastis. Namun, bagi sebagian orang, hal ini bisa menjadi pengalaman yang sulit. Namun, blog pembelajaran bahasa membuat tugas lebih mudah.

Di blog bahasa, Anda tidak harus selalu memposting pelajaran. Lihatlah blog milik Ellen Jovin yang bernama Words and Worlds of New York.

contohide blog untuk niche bahasa

Dalam blognya, Ellen tidak hanya membahas tentang tata bahasa dan kosakata di Big Apple. Ia juga memposting tentang buku-buku bahasa, konferensi, dan restoran-restoran asing.

17. Desain Web

Saat ini, ada banyak platform untuk membuat situs web. Karena itu, desain web adalah salah satu topik blog yang paling banyak dikunjungi di dunia blogging.

Blog tentang desain web biasanya berfungsi sebagai platform pembelajaran bagi developer. Topik blog yang menarik dapat berkisar tentang ulasan website builder, kiat pengkodean, dan fitur desain web terbaik yang dapat digunakan. Dapat disimpulkan bahwa ini adalah ide blog yang bagus jika Anda tertarik dengan topik desain situs web!

18. Desain Interior

Membuat blog untuk perusahaan desain interior Anda menarik banyak klien. Untuk melakukannya, Anda perlu melibatkan audiens Anda dengan unggahan yang bermanfaat.

Misalnya, Anda dapat membahas tentang saran dekorasi, kombinasi warna terbaik, dan ulasan furnitur. Lebih baik lagi, Anda harus menunjukkan proses desain Anda.

19. Olahraga

Jika olahraga adalah kegemaran Anda, merealisasikan topik blog ini bisa menjadi perjalanan yang sangat menyenangkan. Anda dapat menggunakan blog sebagai platform berita. Misalnya, berita tentang pertandingan sepak bola kampus atau acara maraton lokal.

Di sisi lain, blog Anda juga dapat mengulas peralatan atau tempat olahraga.

20. Hewan

Blogging tentang binatang bisa menghibur dan juga mendidik bagi pengguna internet. Mari lihat blog dengan topik binatang peliharaan. Selain menunjukkan kehidupan sehari-hari hewan peliharaan yang imut, blog topik ini juga berbagi kiat tentang menjadi perawat yang baik bagi hewan peliharaan.

Beberapa blog hewan lainnya memilih topik blog mendukung gerakan anti kekerasan terhadap hewan. Contohnya adalah Animal Justice Project.

contoh ide blog hewan

Selain menyebarkan kesadaran akan kesejahteraan hewan, organisasi non-profit ini juga mengundang orang untuk bergabung bersama mereka.

21. Pengembangan Diri

Jarang sekali ada sekolah yang memberi pelajaran tentang kehidupan, dan kebetulan banyak orang tidak senang dengan kehidupan yang mereka jalani. Karena itu, mereka mengaduh pada blog self improvement.

Dari menata pikiran seseorang hingga menemukan makanan terbaik untuk tubuh yang lebih sehat, ada banyak topik untuk ditulis untuk jenis ide blog ini.

22. Wirausaha

Bekerja di perusahaan mungkin bukan untuk semua orang. Saat ini, semakin banyak orang menjadi pengusaha dan freelancer. Namun, memulai bisnis sendiri tidaklah semudah yang dipikirkan banyak orang.

Blog wirausaha dapat memberi panduan untuk orang-orang yang tertarik dengan lifestyle ini. Kebanyakan dari topik blog ini biasanya membahas tentang bagaimana cara membangun koneksi untuk freelancer atau bagaimana cara membuat jadwal yang baik.

23. Public Speaking

Berbicara di depan umum bisa menjadi pengalaman yang menakutkan. Untungnya, ada banyak blog yang membimbing orang untuk menjadi pembicara yang lebih baik.

Salah satu nama besar di antara blog yang memilih ide blog public speaking adalah TED Talks.

tampilan ted talk sebagai inspirasi blog public speaking

TED Talks adalah pusatnya video presentasi. Blog ini mencakup berbagai topik, tetapi Anda juga dapat menemukan seminar yang mengajarkan keterampilan berbicara di depan umum.

24. Hidup Hemat

Menjalani hidup dengan baik namun memiliki pengeluaran yang minim menjadi topik blog yang paling banyak dikunjungi. Jumlah blog yang membahasnya juga meningkat, hal ini menjadikan ide blog tentang hidup hemat sebagai topik yang berpotensial untuk dijelajahi.

Jika Anda ingin memotivasi orang lain untuk berhemat, topik blog ini bisa menjadi ide blog yang bagus. Anda dapat memposting tentang resep, kiat daur ulang, bahkan aspek kehidupan sederhana lainnya.

25. Story Sharing

Apakah Anda suka berbagi cerita? Topik blog ini adalah salah satu ide blog paling favorit, terlebih jika Anda bercita-cita untuk meningkatkan kualitas tulisan Anda.

Anda juga dapat mengijinkan orang lain untuk ikut memposting sesuatu di blog. Dengan melakukan ini, Anda akan belajar dari orang lain juga.

Kesimpulan

Terlepas dari topik blog yang telah dibahas di atas, ada banyak ide blog lain untuk direalisasikan. Jika Anda dapat memikirkannya – Anda dapat membuat blog tentang hal tersebut. Jika merasa bingung, coba pikirkan apa yang terbaik dari Anda! Orang akan tertarik pada blog Anda jika Anda yakin dengan apa yang Anda tulis di dalamnya.

Penulis

Author

Nadia Agatha / @nadiaagathapramesthi

Nadia merupakan penerjemah lepas sejak 2016, kini ia menjadi penerjemah untuk Hostinger. Ia gemar membaca dan melakukan penelitian seputar penerjemahan dan sosiolinguistik. Disamping itu, ia juga suka bermain dengan kucingnya dan bercengkrama bersama teman-temannya di waktu senggang.

Tutorial terkait

Ketik balasan

Komentar*

Nama*

Email*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jadilah bagian dari Hostinger!