Cara Membuat Website dengan AI, Tanpa Perlu Coding!

Cara Membuat Website dengan AI, Tanpa Perlu Coding!

Kecerdasan buatan atau AI (Artificial Intelligence) telah mengubah banyak proses di berbagai industri belakangan ini. Bahkan, Anda kini bisa go online tanpa perlu memiliki skill coding hanya dengan mengikuti cara membuat website dengan AI loh!

Baik masih pemula maupun sudah profesional, Anda bisa memanfaatkan berbagai tool AI untuk membuat website dan membuka banyak peluang untuk memulai proyek baru maupun scale-up bisnis Anda saat ini.

Penasaran bagaimana Anda bisa menggunakan AI untuk membuat website? Nah, di artikel ini, kami akan menjelaskan semuanya, mulai dari membuat website dari nol menggunakan AI hingga menerapkan marketing tool berbasis AI. Yuk, mulai!

Bagaimana Cara Menggunakan AI untuk Membuat Website?

Adanya berbagai tool AI mempermudah langkah-langkah untuk membangun website yang akan membantu Anda sukses online, seperti:

  • Membantu membuat struktur website. AI bisa menganalisis konten dan memberikan saran untuk struktur halaman web yang efisien dan intuitif, membantu Anda membuat menu navigasi dan hierarki konten yang baik.
  • Memberikan saran desain. Anda bisa memanfaatkan AI untuk meminta rekomendasi desain, seperti palet warna, tata letak, dan elemen desain berdasarkan tren desain terkini serta preferensi khusus.
  • Membuat konten. Teknologi artificial intelligence juga bisa dimanfaatkan untuk membuat konten seperti artikel berita atau ulasan produk dalam hitungan menit. Meskipun konten yang dihasilkan AI biasanya tetap memerlukan hasil pengeditan manusia, tool ini bisa mempercepat proses penggagasan ide awal.
  • Memaksimalkan strategi SEO. Dengan AI, Anda bisa mendapatkan analisis terkait keyword (kata kunci) yang relevan, menganalisis kompetitor, dan meminta saran untuk mengoptimasi halaman web agar lebih mudah ditemukan di mesin pencari.
  • Meningkatkan pengalaman pengguna (UX). Manfaatkan AI untuk menyesuaikan konten dan rekomendasi, membantu pengunjung menemukan konten atau produk yang sesuai dengan preferensi mereka, serta memasang chatbot untuk dukungan pelanggan yang lebih baik dan responsif.

Namun, di samping kemudahan tersebut, mungkin akan sulit bagi Anda untuk menemukan tool AI website yang tepat. Sebelum mulai menggunakan AI untuk membuat website, lakukan riset lebih dulu dan pilih platform pembuat situs web AI sesuai kebutuhan, skill, dan budget Anda.

Cara Membuat Website dengan AI

Selanjutnya, kami akan menjelaskan cara buat website dengan AI menggunakan tool seperti AI builder (pembuat situs web AI) untuk membantu Anda membangun website hanya dalam hitungan menit.

1. Gunakan AI Website Builder

Web builder yang didukung oleh kecerdasan buatan umumnya menggunakan machine learning dan pemrosesan bahasa alami (NLP) untuk menghasilkan halaman web kustom.

Menggunakan AI website builder, Anda bisa memanfaatkan AI untuk membuat website tanpa harus menguasai bahasa pemrograman.

Sebagian besar AI builder dilengkapi dengan editor visual drag-and-drop yang mempermudah proses pembuatan website dan desainnya. Selain itu, tool artificial intelligence ini juga dilengkapi dengan berbagai teknologi AI untuk mengimplementasikan strategi marketing dengan lebih efisien.

Untuk memilih AI website builder terbaik sesuai kebutuhan Anda, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan:

  • Kemudahan penggunaan. Cari opsi yang menawarkan setup cepat dan pastikan AI website builder yang dipilih memiliki antarmuka yang mudah dan ramah pengguna. Idealnya, pilihlah platform yang menyediakan versi demo atau jaminan uang kembali.
  • Tool AI yang disediakan. Karena setiap platform situs web AI menawarkan fitur yang berbeda, pilihlah yang dilengkapi dengan tool kecerdasan buatan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Contohnya, kalau punya blog, Anda bisa memilih tool AI untuk membuat konten yang akan sangat berguna. Sementara untuk toko online, fitur analisis website dengan teknologi AI mungkin bisa lebih membantu.
  • Harga. Pikirkan secara jangka panjang dan pastikan Anda tetap bisa menyesuaikan skala dan resource website seiring dengan bertambahnya traffic.
  • SEO. Cari AI builder yang memiliki fitur optimasi mesin pencari (SEO) untuk membantu Anda meningkatkan traffic organik. Fitur ini juga akan membantu website Anda meraih peringkat yang lebih tinggi di mesin pencari.
  • Fungsi toko online. Apabila ingin menjual produk dan layanan secara online, pilihlah AI website builder yang bisa menghitung inventaris, membuat katalog produk, mengelola pengiriman, dan menyiapkan metode pembayaran.

Di Hostinger, kami menyediakan AI website builder yang akan membantu Anda memanfaatkan AI untuk membuat website hanya dalam hitungan menit. Hanya dengan Rp24990.00/bulan, Anda akan mendapatkan domain gratis, email gratis, serta fitur toko online dan AI yang semuanya bisa diakses cukup dari satu dashboard.

Dengan fitur AI Builder, Anda bisa membuat halaman web dari nol hanya dalam hitungan menit. Cukup tuliskan nama brand Anda, jenis website yang ingin dibuat, dan deskripsinya.

Sebagai contoh, kami akan menunjukkan cara menggunakan AI Builder untuk membuat website kedai kopi (coffee shop).

contoh nama brand, jenis, dan deskripsi website di pembuat situs web ai hostinger

Klik tombol Buat website, lalu pembuat situs web AI kami akan menghasilkan template dengan konten dan elemen visual sesuai deskripsi yang Anda berikan.

Selanjutnya, Anda bisa menyesuaikan tampilan yang dihasilkan dengan mengklik Mode edit penuh di pojok kanan atas untuk mengubah berbagai elemen website.

desain yang dihasilkan oleh tool ai untuk membuat website dari hostinger

Hostinger AI Website Builder juga dilengkapi dengan berbagai tool kecerdasan buatan berikut:

  • AI Logo Maker. Hemat waktu untuk mendesain logo dengan bantuan AI. Dengan tool ini, Anda bisa membuat logo online cukup dengan memasukkan nama brand, slogan, dan deskripsi.
  • AI Heatmap. Ketahui bagian website yang paling berpotensi menarik perhatian pengunjung. Dengan informasi ini, Anda bisa mengoptimalkan desain web untuk meningkatkan konversi.
  • AI Writer. Manfaatkan teknologi AI untuk membuat konten serta menghemat waktu dan biaya. Namun ingat, sebaiknya tetap edit dan lakukan proses proofreading teks yang dihasilkan AI untuk mendapatkan hasil terbaik.

Selain itu, situs web AI ini dilengkapi dengan fitur-fitur toko online, termasuk checklist untuk membuat toko online. Tool ini akan membantu Anda melakukan berbagai tugas untuk web toko online, seperti menambahkan produk, menyiapkan opsi pembayaran, pengelolaan pengiriman, dan pelacakan pesanan.

Tak hanya itu, Anda juga bisa menyesuaikan template halaman produk dan mengatur diskon. Lebih kerennya lagi, Anda bisa menggunakan tool pembuatan website ini untuk memaksimalkan upaya SEO dengan bantuan kecerdasan buatan.

Gunakan editor meta title dan description dengan protokol IndexNow yang memungkinkan mesin pencari memahami konten website Anda dengan lebih baik. Selain itu, Anda tidak perlu repot membuat sitemap karena akan dibuat secara otomatis saat website Anda dionlinekan.

Untuk optimasi lebih lanjut, gunakan keyword generator untuk memastikan konten Anda bisa menjawab lebih banyak istilah pencarian dan menaikkan peringkat website.

Selain itu, manfaatkan juga editor alt text untuk menambahkan deskripsi gambar. Alt text akan membantu mesin pencari dan pembaca yang mungkin memiliki keterbatasan penglihatan untuk lebih memahami konten gambar Anda.

Tips Berguna

Bingung memilih website builder yang sesuai dengan kebutuhan Anda? Baca rekomendasi AI website builder gratis kami untuk menemukan opsi terbaik!

2. Sesuaikan Tampilan Website dengan AI

Ketika memilih tool AI untuk membuat website, yang dalam hal ini adalah AI builder, pastikan tool yang Anda pilih memiliki fitur-fitur berikut:

  • Editor yang mudah digunakan. Sebagian besar situs web AI menawarkan editor visual dengan fungsi drag-and-drop yang memudahkan proses pembuatan website. Sesuaikan tata letak website Anda, huruf, dan warnanya dengan mudah untuk mendesain tampilan yang khas.
  • Template yang bisa disesuaikan. Manfaatkan berbagai template siap pakai yang tersedia sehingga Anda tidak perlu memulai dari nol, yang tentu akan menghemat waktu dan biaya.
  • Desain responsive. Karena kini banyak pengguna yang mengakses website melalui ponsel, Anda harus tahu tool apa saja yang bisa membantu membuat website responsive dengan AI.

Pada dasarnya, AI website builder bisa secara otomatis menghasilkan desain web yang berfungsi penuh. Namun, masih diperlukan input manusia khususnya dalam hal estetika dan elemen kreatif.

Input ini mencakup perencanaan ide konten, menentukan struktur website, dan memilih skema warna yang sesuai dengan elemen branding Anda.

Dengan AI Website Builder kami, Anda bisa memilih kombinasi warna dan font yang cocok, lalu melihat pratinjaunya langsung. Hal ini memudahkan Anda menilai kecocokan warna-warna tersebut dengan konten visual yang ada dan memilih warna yang sesuai untuk tombol CTA.

menyesuaikan tampilan halaman dari tool ai untuk membuat website

Kalau lebih suka menggunakan template siap pakai, tersedia 150 pilihan yang bisa Anda sesuaikan lagi untuk berbagai kategori, seperti fotografi, toko online, traveling, dan blog.

Selain itu, AI Website Builder kami menyediakan analisis perilaku pengguna untuk membantu Anda membuat konten yang paling relevan. Anda bisa menggunakan tool seperti Google Analytics untuk mengumpulkan data riwayat pembelian, minat, dan pencarian audiens.

Hasilnya, Anda bisa membuat konten web yang dipersonalisasi dengan kecerdasan buatan berdasarkan profil audiens. Misalnya, website Anda akan menampilkan rekomendasi produk tertentu sesuai preferensi pelanggan. Metode khusus ini pun bisa meningkatkan penjualan untuk toko online Anda.

Terakhir, Anda bisa menggunakan AI untuk desain web. Sebagian besar AI website builder akan menghasilkan template responsive secara otomatis untuk tampilan yang optimal. Untuk memaksimalkannya, Anda bisa menggunakan preview versi mobile atau desktop untuk menyesuaikan elemen website sesuai kebutuhan.

tampilan seluler yang dihasilkan situs web ai untuk membuat website

3. Tambahkan Fitur Lain dengan Teknologi AI

Berikutnya dalam cara membuat website menggunakan AI, Anda boleh menambahkan lebih banyak fitur seperti chatbot dan asisten virtual. Fitur ini akan membantu menghadirkan proses yang lebih efisien dan hemat waktu untuk meningkatkan pengalaman pengguna (UX).

Untuk menambahkan AI chatbot, Anda bisa menggunakan platform framework kecerdasan buatan seperti IBM Watson Assistant dan Google Cloud Dialogflow. Keduanya memanfaatkan teknologi AI seperti NLP dan machine learning untuk memahami pertanyaan pengguna. Atau, Anda bisa menggunakan chatbot builder AI tanpa coding.

Pertama, tentukan dulu bagaimana Anda akan menggunakan chatbot tersebut. Biasanya, pemilik website memanfaatkannya untuk membantu pengunjung dengan live chat (obrolan langsung). Kemudian, pilih platform yang cocok untuk membangun, melatih, dan menguji chatbot AI Anda sebelum menambahkannya ke website.

Untuk memberikan pengalaman yang lebih personal, perhatikan urutan percakapan chatbot. Meskipun alur kerjanya otomatis, sebaiknya gunakan teks yang singkat dan nada yang ramah agar responsnya terasa lebih sopan.

Apabila mencari opsi live chat yang lebih mudah, AI website builder kami juga sudah terintegrasi dengan Facebook Messenger Live Chat.

Sementara itu, untuk asisten virtual, Anda bisa memanfaatkan platform populer seperti Google Assistant untuk memberikan bantuan suara dengan teknologi kecerdasan buatan kepada pengunjung. Selain membantu mereka menemukan informasi di halaman web Anda, fitur ini juga meningkatkan aksesibilitas web.

Untuk mengoptimalkan UX website lebih lanjut, pertimbangkan untuk menambahkan fungsi pencarian dan pengenalan gambar. Kemudian, implementasikan caching konten, CDN, optimasi gambar, dan alokasi resource agar website Anda mampu menangani lonjakan traffic.

4. Onlinekan Website yang Dibuat dengan Teknologi AI

Setelah selesai membuat dan menyesuaikan website, mulailah persiapan untuk mengonlinekannya. Pada tahap ini, Anda wajib melakukan pengecekan akhir untuk memastikan website berfungsi dengan baik seperti yang diharapkan.

Dengan bantuan tool AI untuk membuat website, Anda bisa mengotomatiskan pengujian website guna menemukan kesalahan, bug, dan masalah teknis lain yang mungkin memengaruhi pengalaman pengguna. Akan lebih baik untuk mengidentifikasi masalah seperti ini sebelum meluncurkan website karena akan lebih sulit untuk memperbaikinya setelah online.

Selain itu, pastikan Anda sudah memadukan elemen-elemen branding yang tepat pada website untuk memberikan kesan yang baik pada pengunjung.

Apabila menambahkan fitur berteknologi kecerdasan buatan pada website seperti chatbot dan asisten virtual, coba semua fitur tersebut untuk menguji apakah respons yang diberikan sudah benar untuk menjawab pertanyaan pengguna.

Saran kami, buat rencana mendetail yang mencakup tujuan, metrik utama, dan kampanye pemasaran Anda. Hal ini akan membantu menilai performa website secara lebih baik, mengatur berbagai tugas, dan mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan.

5. Promosikan Website dengan Bantuan AI

Selain memanfaatkan AI untuk membuat website, Anda juga bisa menggunakan teknologi kecerdasan buatan untuk mempromosikan dan meningkatkan jumlah pengunjung website, loh.

Teknologi AI bisa memberikan data analisis perilaku pengguna untuk membantu Anda membuat konten yang dipersonalisasi. Selain itu, Anda bisa menggunakan AI untuk SEO website.

Contohnya, AI Website Builder kami bisa meyarankan langkah-langkah untuk memaksimalkan strategi optimasi website Anda.

fitur optimasi yang ditawarkan situs web ai untuk membuat website dari hostinger

Selain itu, menggunakan AI untuk mempromosikan website bisa membantu Anda menargetkan iklan dan mengelola hubungan pelanggan (CRM).

Iklan yang efektif bisa meningkatkan traffic dan calon pelanggan, sementara CRM memungkinkan Anda mempertahankan pelanggan potensial dan pelanggan lama dengan penawaran khusus, seperti promosi, buletin, dan dukungan pelanggan.

Anda juga bisa memanfaatkan tool AI untuk media sosial dan mendapatkan traffic referral ke website Anda. Ada banyak tool yang tersedia untuk membuat konten, mengelola media sosial, dan membantu proses mencari ide.

Selanjutnya, Anda bisa meningkatkan engagement (keterlibatan) dengan target audiens menggunakan fitur blog. Editor visual postingan blog kami memungkinkan Anda membuat blog yang menarik dari satu dashboard builder yang sama.

postingan blog yang dibuat menggunakan ai website builder

Anda akan melihat opsi untuk menjadwalkan postingan dan mengatur kategorinya. Selain itu, Anda bisa mengatur meta title dan description postingan blog sehingga peluang Anda untuk mendapatkan traffic organik yang lebih tinggi puna akan meningkat.

Kesimpulan

Kini, dengan banyaknya tool AI untuk membuat website, Anda tidak harus menguasai bahasa pemrograman maupun coding untuk mulai go online. Selain dalam hal pembuatan website, tersedia juga berbagai tool kecerdasan buatan untuk membuat konten, SEO, dan optimasi UX.

Dalam artikel ini, kami telah menjelaskan langkah-langkah membuat website dengan AI yang bisa Anda ikuti dengan mudah.

Ada 5 langkah untuk membuat website menggunakan AI:

  1. Pilih AI website builder yang tepat dan menawarkan fitur-fitur AI.
  2. Sesuaikan website untuk menciptakan pengalaman yang lebih personal.
  3. Tambahkan lebih banyak fitur pada website Anda.
  4. Rencanakan rilis website untuk menghindari masalah.
  5. Gunakan tool pemasaran AI untuk mendapatkan lebih banyak traffic ke website Anda.

Semoga artikel ini bisa membantu Anda membuat website dengan AI serta menyesuaikannya, ya. Kalau masih memiliki pertanyaan, yuk simak bagian pertanyaan umum di bawah ini atau sampaikan melalui kolom komentar!

Pertanyaan Umum Seputar Cara Buat Website dengan AI

Di bagian ini, kami akan menjawab pertanyaan yang paling sering diajukan mengenai cara membuat website menggunakan AI.

Apa Manfaat AI untuk Buat Website Dibandingkan dengan Metode Lainnya?

Dengan AI, proses pembuatan website jadi jauh lebih cepat. Mulai dari perencanaan hingga promosi, Anda bisa memanfaatkan AI untuk mempermudah berbagai hal yang perlu dikerjakan.

Apakah Perlu Coding untuk Membuat Website Menggunakan AI?

Tidak, Anda tidak perlu menguasai coding atau menjadi web developer untuk bikin website dengan AI. Ada platform tanpa coding yang mudah digunakan bahkan oleh pemula, seperti Hostinger Website Builder.

Bisakah AI Membuat Website tanpa Bantuan Manusia?

Tidak bisa. AI bisa membuatkan template website khusus sesuai permintaan, tapi Anda tetap perlu merencanakan struktur website dan menentukan elemen visual seperti skema warna, tata letak, dan konten untuk melengkapi hasil yang diberikan AI.

Fitur AI Apa Saja yang Bisa Ditambahkan pada Website?

Fitur website umum yang bisa Anda tambahkan dengan AI mencakup chatbot dan asisten virtual. Namun, meskipun fitur-fitur ini bisa memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik, Anda tetap memerlukan pengetahuan teknis untuk menyesuaikannya.

Author
Penulis

Faradilla A.

Faradilla, yang lebih akrab disapa Ninda, adalah Content Marketing Specialist di Hostinger. Ia suka mengikuti tren seputar teknologi, digital marketing, dan belajar bahasa. Melalui tutorial Hostinger ini, Ninda ingin berbagi informasi dan membantu pembaca menyelesaikan masalah yang dialami.