WordPress

33 Tema WordPress Gratis dan Terbaik 2017

33 Tema WordPress Gratis 2017

Sama halnya dengan memilih hosting, memilih tema WordPress gratis yang sesuai kebutuhan juga memerlukan waktu agar Anda tidak salah saat mengambil keputusan. Banyaknya tema gratis yang beredar di internet – baik pada Direktori Tema WordPress maupun di situs lainnya (pihak ketiga) – membuat Anda sedikit kebingungan untuk memilih mana tema WordPress terbaik yang bisa memenuhi kebutuhan Anda.

Jujur saja, kami tidak mungkin membuat daftar semua tema yang bisa diunduh untuk situs Anda. Di artikel ini, kami hanya menjabarkan beberapa tema WordPress terbaik  dari seluruh web. Tema terbaik yang kami pilih cukup beragam dan menawarkan fungsionalitas yang berbeda-beda pula. Tema tersebut dapat Anda temukan di berbagai kategori atau topik dalam daftar yang hendak kami buat, termasuk e-commerce, news, business, dan photography.

Di artikel ini, kami akan menjelaskan betapa pentingnya memilih tema dengan benar. Kami juga akan menuliskan tiga puluh tema yang bisa Anda pertimbangkan untuk digunakan di situs WordPress 2017.

Beberapa Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Mencari Tema WordPress Gratis

Direktori Tema WordPress

Tema merupakan sekumpulan file yang mengatur tampilan konten situs Anda. Tanpa tema, tampilan website Anda akan terlihat biasa-biasa saja bahkan tidak menarik. Ibaratnya tulang tanpa kulit, meskipun situs Anda memuat komponen utama, seperti konten dan fitur, tetap saja tidak akan terlihat menarik karena tidak ada “kulit” yang membungkus tampilannya.

Cari tema website yang sesuai dengan topik dan tujuan, khususnya untuk situs WordPress. Ada beberapa tema WordPress gratis (seperti tema yang akan kami tampilkan di bawah ini) dan ada beberapa pula yang premium (memiliki fitur berbayar yang lebih canggih). Memilih tema memang tidak mudah, terlebih ada ribuan pilihan yang tersedia. Namun, jangan khawatir. Berikut beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan saat mencari tema yang sesuai:

  • Fitur dan fungsi utama. Jangan lupakan fitur dan fungsionalitas yang dibutuhkan oleh situs Anda selagi Anda mencari tema. Sebagai contoh, situs e-commerce memerlukan integrasi dengan plugin shopping cart. Untuk tema bisnis, template halaman landing yang persuasif mungkin akan sangat berguna.
  • Ulasan dan rating dari pengguna. Ulasan dari pengguna lama dan baru memberikan Anda gambaran setiap tema, termasuk kelebihan dan kekurangannya. Anda tidak harus membaca setiap ulasan yang ditulis. Namun, ulasan tersebut membantu Anda membuat keputusan.
  • Bantuan developer dan update yang terus dilakukan. Tanpa bantuan yang tepat, kemungkinan tema Anda akan menjadi usang. Memilih tema yang terus diperbarui dan menawarkan bantuan developer yang konsisten sangatlah penting jika ingin situs Anda tetap menarik.

Agar pencarian lebih mudah, buat daftar terlebih dulu tentang fitur seperti apa yang dibutuhkan oleh situs Anda. Kemudian, cari tema yang menawarkan fitur-fitur tersebut, dan persempit pencarian menggunakan dua kriteria yang telah kami buat (ulasan/rating, dan bantuan/update).

33 Tema WordPress Gratis dan Terbaik   2017

Tiga puluh tiga tema WordPress gratis di bawah ini dipilih berdasarkan dua kriteria di atas. Tema-tema ini memiliki fitur dan fungsionalitas yang beragam. Selain itu, tiga puluh tiga tema tersebut mendapatkan rating setidaknya empat atau lima bintang, dan telah diperbarui dalam enam bulan terakhir. Pilihan tema-tema berikut ini bisa menjadi pertimbangan, terlebih apabila Anda tidak tahu dari mana harus memulai pencarian.

1. Sidney

Halaman demo dari tema Sydney.

Sydney merupakan pilihan tepat bagi para pekerja lepas, instansi, dan perusahaan yang mencari tema yang berfokus pada bisnis dan dapat disesuaikan (kustomisasi). Dengan adanya slide layar penuh, navigasi menarik, dan fitur upload logo, tema ini menawarkan sejumlah elemen penting untuk membuat tampilan website terlihat profesional. Selain itu, adanya akses ke Google Fonts dan kontrol penuh terhadap opsi layout dan warna menghasilkan sejumlah kustomisasi untuk membantu Anda menyesuaikan desain terhadap brand tertentu.

Fitur tambahan yang ditawarkan, seperti mobile responsiveness, integrasi media sosial, dan kemampuan untuk menerjemahkan secara lengkap – pada dasarnya adalah fitur yang Anda butuhkan untuk menjalankan website bisnis yang fungsional dan kaya akan fitur.

2. Flash

Halaman demo dari tema Flash.

Jika Anda mencari tema dengan paket fitur premium yang lengkap – termasuk custom widget, drag-and-drop page builder, dan portfolio yang telah terinstall di dalamnya – tetapi tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun, maka Flash patut diperhitungkan. Tema WordPress gratis yang unik ini menawarkan banyak pre-built demo yang bisa diinstall dengan mudah di situs Anda dengan ThemeGrill Demo Importer. Tentu saja, Anda juga memiliki opsi (dan tool yang dibutuhkan) untuk membuat situs sendiri. Dengan Flash, Anda dapat membuat blog, website bisnis, atau situs portofolio one-page untuk menyoroti (highlight) pekerjaan Anda.

Tak peduli jika Anda adalah seorang pemula atau developer yang telah berpengalaman, Anda juga dapat memanfaatkan free documentation. Free documentation menonjolkan berbagai fitur dan opsi desain, dan Anda dapat menggunakannya untuk membuat dan menjalankan situs Anda dalam waktu singkat.

3. Shopera

Halaman demo dari tema Shopera.

Terkadang yang Anda inginkan hanyalah web sederhana untuk menampilkan produk lalu membuat penjualan. Dan semuanya ini bisa Anda dapatkan dengan Shopera. Tema WordPress gratis ini sangat modern dan responsif yang berintegrasi tanpa hambatan dengan WooCommerce. Tema ini juga menggabungkan sejumlah fitur e-commerce yang berguna, termasuk tombol opsional Scroll to Top, shop breadcrumb, dan kemampuan untuk mengupload logo brand Anda.

Tema ini ditujukan bagi para pemula yang bergelut di bidang online store. Memulai Shopera pun sangat mudah. Namun, di satu sisi, opsi pengembangan dan desain tema juga terasa sulit karena disesuaikan untuk pengguna dan developer WordPress tingkat lanjut.

4. Llorix One Lite

Halaman demo dari tema Llorix One Lite.

Anda bisa menambahkan sentuhan kemewahan saat membuat website profesional. Dengan Llorix One Lite, Anda dapat membuat website yang menarik menggunakan tema modern dan minimalis. Tema ini memiliki gambar fitur layar penuh yang diletakkan di halaman depan, dan juga berintegrasi dengan berbagai plugin popular (seperti WooCommerce, MetaSlider, dan bbPress). Bahkan, apa yang dimiliki sangatlah bagus bagi kategori tema WordPress gratis.

Llorix One Lite menawarkan fitur premium yang berbeda dari fitur lain sehingga Anda dapat membuat website fungsional dengan cepat. Namun, Anda juga dapat meluangkan waktu dan tidak terburu-buru saat menyesuaikan situs dengan kebutuhan Anda. Pada akhirnya, Anda dapat membuat situs dengan tampilan premium hanya dengan menggunakan tema minimalis.

5. Spacious

Halaman demo dari tema Spacious.

 

Layout yang rapi dan minimalis akan membuat pengunjung website dan calon klien-mu terkesima. Kelebihan ini dimiliki oleh Spacious di mana peningkatan penjualan bukan hanya satu-satunya manfaat yang ditawarkan.

Adanya akses ke opsi premium membuat Spacious menjadi tema yang dapat digunakan oleh para pebisnis, instansi, bahkan pekerja lepas untuk merancang situs dengan tampilan profesional. Salah satu tema WordPress terbaik ini memiliki berbagai fitur yang dapat menyesuaikan kebutuhan Anda, seperti halaman layout pre-built, template, dan 13 custom widget area. Bahkan Anda dapat menggunakan customizer untuk menambahkan logo brand, memasang tautan media sosial, dan melakukan personalisasi pada slider halaman depan. Dengan Spacious, Anda mampu melakukan semuanya.

6. Striker

Halaman demo dari tema Striker.

Meskipun terkadang Anda tergoda untuk memilih tema yang menawarkan fitur-fitur spesial, ada saatnya Anda ingin membuat situs dengan tampilan yang sederhana saja. Jika memang demikian, maka Striker adalah tema WordPress terbaik dan sederhana. Tema ini merupakan pilihan terbaik bagi pemilik situs dan blogger yang masih baru di dunia website.

Striker menawarkan desain yang masih fresh dan bisa Anda gunakan sebagaimana adanya, atau sesuaikan dengan kebutuhan. Opsi kustomisasi memampukan Anda untuk menambahkan logo sendiri, header, background, dan tautan media sosial. Anda juga dapat memasang skema warna brand, dan bahkan memiliki opsi untuk menambahkan area fitur. Slider yang terinstall ada di atas halaman, dan responsiveness yang muncul pada tema mengindikasikan bahwa tema tersebut terlihat bagus di semua perangkat. Apabila Anda masih pemula, extensive documentation tema akan sangat berguna.

7. Virtue

Halaman demo dari tema Virtue.

Tema berbasis Bootsrap ini memiliki keunggulan dalam kemudahan dan kustomisasi yang pasti akan sangat disukai baik oleh pengguna pemula maupun tingkat lanjut. Siapa pun Anda, seorang yang bergerak di bidang marketing, atau instansi, atau blogger, Virtue adalah pilihan yang tepat jika Anda ingin membuat situs. Anda dapat mewujudkan impian memiliki situs e-commerce (atau memuat elemen toko yang lebih kecil ke dalam situs Anda), menampilkan proyek yang terbaru dan terbaik, atau memodifikasi blog Anda.

Integrasi Schema microdata adalah salah satu fitur terbaik dari temaWordPress gratis ini. Tak hanya meningkatan pencarian mesin pencari terhadap situs Anda, tetapi fitur ini juga menaikkan peringkat website di halaman pencarian mesin pencari.

8. Shapely

Halaman demo dari tema Shapely.

Shapely merupakan tema WordPress gratis yang one-page. Tema ini memiliki widget fleksibel yang membantu Anda membuat halaman landing, situs portofolio, atau website pribadi yang menarik. Pada dasarnya, Shapely didesain sebagai one-stop shop untuk tema WordPress.

Anda dapat menampilkan sedikit informasi pada pengguna melalui widget section saat mereka melakukan scroll ke bawah halaman. Opsi yang ditawarkan termasuk testimoni, portofolio, informasi produk dan jasa, dan masih banyak lagi. Tema gratis ini juga memiliki sejumlah documentation yang akan memberitahukan Anda cara install tema yang benar, set-up halaman, dan menggabungkan tiap widget section tanpa masalah.

9. Customizr

Halaman demo dari tema Customizr.

Seperti namanya, Customizr adalah tema yang mudah untuk diubah atau disesuaikan dan ditujukan bagi para pemula dan juga profesional. Dengan Customizr, Anda dapat membuat website blog, e-commerce, atau bisnis yang menarik dan mobile-friendly. Anda juga dapat menginstall fitur premium ke situs Anda – termasuk blurb (yang keunggulannya terletak pada ikon dan teks deskriptif) dan ikon media sosial – mengintegrasikan tema dengan plugin popular, seperti WooCommerce dan bbPress.

Anda bingung bagaimana harus memulai menggunakan tema ini? Customizer menawarkan documentation yang memudahkan Anda untuk belajar dan memahami cara menggunakan tema dengan benar – beserta fiturnya yang beragam – sepenuhnya.

10. iFeature

Halaman demo dari tema iFeature.

iFeature merupakan tema multifungsi yang dapat Anda gunakan untuk hampir semua jenis website. Jika Anda bisa melakukan drag-and-drop, maka Anda pun bisa membuat website dengan iFeature. Opsi desain dapat diterapkan secara global, atau Anda dapat memodifikasi situs Anda di basis page-by-page – yang menawarkan Anda banyak kemungkinan.

iFeature pun sepenuhnya responsif terhadap perangkat popular, seperti smartphone dan tablet. Pengguna dapat sepenuhnya berinteraksi dengan semua elemen website Anda. Pengunjung website Anda ataupun pengguna sudah tentu tidak akan mengalami masalah saat menjelajah situs Anda.

11. Optimizer

Halaman demo dari tema Optimizer.

Optimizer merupakan tema WordPress gratis yang memudahkan Anda untuk membuat website apa pun – baik full-width atau boxed – tanpa harus menjadi seorang profesional terlebih dulu. Dirancang dengan HTML5 & CSS3, tema responsif, SEO-friendly, dan mobile-optimized ini siap digunakan. Bahkan, Anda dapat menggunakan live editor untuk melakukan kustomisasi penuh pada situs Anda.

Untuk membuat halaman landing yang menarik, Anda dapat menggunakan slider gambar atau opsi tema yang canggih lainnya guna membuat situs portofolio yang menampilkan karya terbaik Anda. Siapa pun dapat memanfaatkan penawaran yang diberikan oleh fitur Optimizer ini, baik yang berasal dari dunia bisnis, instansi, para pekerja lepas, dan lain-lain.

12. IsleMag

Halaman demo dari tema isleMag.

Dengan plugin carousel slider, ruang untuk menampilkan iklan, dan bahkan sistem review, IsleMag membantu Anda membuat website magazine yang modern dan menarik. Dengan adanya template standar untuk halaman utama web magazine, tema WordPress gratis ini memudahkan Anda untuk membuat situs yang canggih sesuai dengan bidang yang Anda geluti.

Bahkan, Anda pun dapat menambahkan tautan media sosial untuk menarik pengunjung agar melihat atau membaca konten di situs Anda. Tema ini juga dapat diintegrasikan dengan plugin popular lainnya, seperti SiteOrigin Page Builder, Jetpack, dan Contact Form 7 (hanya untuk beberapa nama). Plugin-plugin ini akan meningkatkan fungsionalitas situs Anda.

13. MH Magazine Lite

Halaman demo dari tema MHMagazine.

Tema lain untuk membuat situs bergaya majalah adalah MH Magazine Lite yang memiliki kelebihan dalam loadingnya yang cepat. Dengan menggunakan tab kategori yang fungsional, penempatan iklan, dan slider halaman depan, Anda dapat dengan mudah membawa website Anda ke level selanjutnya.

Dengan tema WordPress gratis ini, Anda dapat membuat situs yang dinamis dan menarik dengan desain modul drag-and-drop dan 13 area widget (termasuk placement di dalam footer dan sidebar). Anda bahkan dapat membuat layout apa pun sesuai kebutuhan, untuk semua topik. Jika ingin, Anda pun bisa melakukan upgrade ke tema premium, MH Magazine. Namun, versi gratisnya saja sudah bisa memberikan hampir apa pun yang dibutuhkan oleh situs Anda.

14. Moesia

Halaman demo dari tema Moesia.

Tema ini sesuai untuk website bisnis Anda karena menggabungkan konsep modern dan tradisional. Moesia menawarkan banyak hal dalam keterkaitannya dengan fleksibilitas dan profesionalisme. Tema ini merupakan pilihan terbaik bagi Anda yang baru saja mulai membuat website.

Keunggulan Moesia terletak pada halaman utama atau beranda. Anda dipersilakan untuk memilih salah satu dari 11 block yang telah terinstall – yang semuanya dapat dirancang secara individual –  dan mengatur block tersebut sesuai kebutuhan Anda. Selain itu, Anda juga bisa memilih dua layout blog, serta mengakses Google Fonts yang dipilih. Tema WordPress gratis ini menawarkan opsi integrasi media sosial sehingga pengunjung situs dapat terhubung dengan Anda melalui profil media sosial Anda. Anda pun tidak perlu lagi menginstall plugin ikon sosial media secara terpisah.

15. Corporate Plus

Halaman demo dari tema Corporate Plus.

Sebagai tema klasik untuk portofolio bisnis atau profesional Anda, Corporate Plus merupakan pilihan minimal dan atraktif untuk memenuhi semua kebutuhan website bisnis Anda. Anda dapat memasang slider dengan lebar penuh, bagian “tentang”, bagian “layanan”, dan bagian “informasi kontak” di halaman utama untuk situs one-page yang berfungsi penuh. Secara bergantian, Anda dapat menambahkan fitur-fitur ini ke halaman web yang berbeda untuk mendapatkan pengalaman multi-page.

Kabar baiknya, Corporate Plus sesuai untuk website WooCommerce dan merupakan pilihan terbaik bagi Anda yang ingin memperluas penawaran bisnis. Ini berarti Anda dapat menjual produk baik dalam bentuk fisik maupun digital, semuanya berasal dari situs Anda sendiri.

16. Vantage

Halaman demo dari tema Vantage.

Jika hendak membuat portofolio atau situs perusahaan, maka Anda memerlukan tema yang rapi dan profesional. Vantage menawarkan tampilan yang atraktif dan modern untuk para pembuat website dan pemilik situs bisnis. Fitur unggulan Vantage adalah integrasinya dengan plugin canggih, termasuk Page Builder dan Meta Slider, yang memampukan Anda membuat situs yang menarik dan interaktif.

Selain itu, pemilik bisnis dapat memanfaatkan integrasi Vantage dan WooCommerce. Fitur lain yang juga tak kalah bagusnya adalah opsi tampilan grid yang dapat di-filter untuk fotografi, karya seni, dan karya yang diterbitkan, serta fitur berbalas komentar sehingga para pengunjung dapat dengan mudah terhubung dengan Anda dan pengguna lain.

17. Storefront

Halaman demo dari tema Storefront.

Saat ini menjual berbagai jasa dan produk melalui online lebih menguntungkan. Tidak pernah ada kata terlambat bagi siapa pun yang ingin terjun ke dalamnya. Buat toko online Anda sekarang – dan untuk temanya, gunakan Storefront yang akan membuat tampilan situs menjadi menarik. Karena tema ini dibuat oleh para developer WooCommerce, Anda dapat mengintegrasikan platform e-commerce ke situs untuk mulai berjualan.

Dengan segudang ekstensi WooCommerce yang tersedia, Anda dapat menambahkan opsi subscription atau booking ke daftar produk, mengerjakan table dynamic pricing, dan masih banyak lagi. Di samping itu, Anda pun dapat memasang latar belakang (background) yang paralaks dan menakjubkan di halaman depan, dan membuat galeri produk yang dapat disesuaikan menggunakan berbagai opsi yang Anda inginkan.

18. Writers

Halaman demo dari tema Writers.

Writers merupakan tema dengan tampilan blog yang sangat sempurna untuk para blogger, jurnalis, dan calon penulis yang ingin mengembangkan kreativitasnya. Tema minimalis ini memanfaatkan warna putih agar hasil tampilan tidak terlihat berantakan. Writers adalah tema yang mobile-friendly, dan mudah dioptimalkan untuk kecepatan loading halaman.

Dengan tema ini, Anda dapat menambahkan widget ke sidebar – seperti arsip (archive), pencarian (search), dan kategori (category) – agar situs Anda mudah difungsikan. Selain itu, tema ini juga telah dioptimalkan untuk mesin pencari, sehingga situs Anda dapat ditemukan dengan mudah di halaman hasil pencarian Google.

19. OceanWP

Halaman demo tema OceanWP.

OceanWP adalah tema serba guna dengan berbagai fungsi, termasuk untuk membuat situs e-commerce, bisnis, blog, dan portofolio. Developer, khususnya, pasti akan menyukai fleksibilitas dari tema profresional ini. OceanWP memiliki header statis dengan lebar penuh dan halaman depan bergambar fitur, juga pilihan 13 demo dan lusinan ekstensi. Dengan demikian, OceanWP menjadi tema WordPress gratis yang paling fleksibel dalam daftar kami.

Apa pun yang Anda butuhkan, baik itu memasukkan tampilan produk, highlight post blog terbaru, maupun menguraikan penawaran produk dan jasa secara garis besar, tema ini menjadi pilihan terbaik yang ingin Anda gali lebih dalam lagi.

20. One Page Express

Halaman demo tema One Page Express.

Tema one-page semakin populer, dan memiliki kelebihan dalam hal positif. Dengan menggunakan tema ini, Anda akan mendapatkan kontrol penuh atas apa yang dilihat oleh pengunjung, juga kapan dan bagaimana mereka mengalaminya.

One Page Express menawarkan halaman utama atau beranda yang telah didesain sebelumnya, juga opsi untuk menambahkan lebih dari 30 bagian konten. Sebagai tambahan, Anda dapat menggunakan editor drag-and-drop untuk memodifikasi situs Anda lebih jauh lagi. Selain bisa digunakan untuk website apa pun, tema one-page ini merupakan pilihan ideal untuk halaman landing, situs bisnis, dan halaman portofolio.

21. Athena

Halaman demo tema Athena.Jika Anda ingin membuat tampilan website lebih menarik dan hidup, maka coba gunakan Athena. Tema paralaks yang kaya akan fitur ini sangat sesuai untuk para pebisnis, profesional, dan blogger. Tema ini memiliki slider gambar fitur dan info/keterangan animasi, bersamaan dengan layout blog grid-style yang berguna – dan Anda memiliki banyak sekali opsi kustomisasi tambahan (termasuk pilihan warna, area widget, dan tautan media sosial) yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Fitur unggul yang ditawarkan oleh Athena adalah live customizer. Fitur ini membantu Anda menghemat waktu saat menyunting atau mengedit. Live customizer memudahkan Anda untuk melihat perubahan yang dilakukan dalam waktu singkat, dan juga merupakan fitur tambahan yang sangat berharga bagi tema WordPress gratis.

22. Edge

Halaman demo tema Edge.

Edge adalah tema responsif dan minimalis yang membantu Anda untuk mengubah blog menjadi website yang sangat menarik. Edge menawarkan tampilan yang sederhana dan tidak berantakan, dan template yang dapat dikustomisasi memberikan Anda kemudahan dalam membuat sebuah situs profesional yang didesain dengan begitu baik. Space putih yang ada juga bisa ditambahkan untuk mempercantik tema.

Tema ini merupakan pilihan terbaik untuk blog perusahaan atau instansi, apalagi Edge menyertakan template kontak dan galeri, yang keduanya bisa Anda gunakan untuk mengoptimalkan website perusahaan Anda. Selain itu, bantuan untuk tema ini selalu ada dan tanggap. Sungguh suatu kelebihan yang menakjubkan bagi tema WordPress gratis!

23. Make

Halaman demo tema Make.

Banyak tema WordPress gratis yang dibuat hanya dengan satu desain saja. Namun, Make adalah tema yang membiarkan Anda untuk melakukan kustomisasi dan memodifikasi situs Anda sesuai dengan kebutuhan. Dengan menawarkan halaman editor drag-and-drop dan opsi kustomisasi yang tak terhitung jumlahnya, tema ini sangat sesuai bagi Anda yang hendak mengontrol layout halaman, dan mengelola konten.

Dengan Make, Anda dapat membuat portofolio yang profesional, situs e-commerce, atau merancang blog sederhana yang berfokus pada konten. Selain itu, Make menyediakan banyak elemen desain yang dapat Anda gunakan untuk membedakan situs Anda, seperti banner dengan lebar penuh, kolom, dan galeri.

24. Shoplsle

Halaman demo tema ShopIsle.

Jika Anda sedang mencari tema WordPress yang dapat digunakan untuk WooCommerce, maka Shoplsle adalah pilihan terbaik. Dengan Shop Isle, Anda dapat membuat situs e-commerce dengan tampilan profesional tanpa harus mengeluarkan biaya. Pun Anda dapat memasang fitur, seperti efek paralaks (parallax effect), bagian konten yang dapat diubah dan disesuaikan, dan gambar layar penuh.

ShopIsle memungkinkan Anda untuk mengatur tema ke atas atau ke bawah. Misalnya, Anda dapat menggunakan tema ini sebagai website one-page – untuk highlight product atau membuat landing page – atau membuat toko online yang berfungsi sepenuhnya. Anda bahkan dapat mengintegrasikan tema ini dengan lusinan plugin yang meningkatkan performa situs, seperti Jetpack dan SiteOrigin Page Builder.

25. The Minimal

Halaman demo tema The Minimal.

Seperti namanya, The Minimal merupakan tema WordPress yang rapi dan mudah digunakan. Oleh karena itu, sangat kami sarankan kepada para blogger, jurnalis, atau penulis (meskipun banyak situs yang dapat memanfaatkan tema dengan desain yang rapi). Dengan The Minimal, Anda dapat membuat konten situs menjadi sorotan.

Dengan memanfaatkan kelebihan widget tema yang mudah digunakan untuk blog ini – seperti untuk post terkini post terpopuler, dan tautan media sosial – Anda dapat menyesuaikan website sesuai keinginan dan menampilkan konten terbaik agar dapat dibaca oleh pengunjung situs Anda. Selain itu, tema ini memiliki struktur mesin pencari yang mudah sehingga dapat menaikkan peringkat situs Anda dengan cepat.

26. Pictorico

Halaman demo tema Pictorico.

Layout Pictorico yang mengusung single-column yang unik dan stylish memungkinkan Anda untuk menampilkan karya terbaru – apakah itu seni, fotografi, atau artikel yang diterbitkan. Portofolio online tidak harus dibuat dengan cara yang formal dan membosankan. Dengan tema berbasis grid, Anda dapat menampilkan post dan media yang sangat stylish.

Kelebihan lainnya dari Pictorico adalah Anda diberikan banyak opsi untuk memodifikasi situs Anda. Dengan custom header, background, dan icon display area, Anda dapat membuat website yang menarik dalam hitungan menit.

27. FlatOn

Halaman demo tema FlatOn.

Kini permintaan akan tema berkonsep minimalis semakin meningkat. Maka, tak heran jika website dengan tampilan biasa saja justru semakin popular belakangan ini. Lagi pula, tema minimalis menawarkan kemudahan dan kemewahan serta memastikan bahwa fokus utamanya hanya terpaku pada konten situs Anda. FlatOn merupakan tema yang didesain dalam kesederhanaan, dan digunakan untuk membuat berbagai situs menarik tanpa perlu bersusah payah.

Dengan menggunakan framework grid dan memasang plugin Jigoshop, FlatOn adalah pilihan terbaik bagi para pemilik bisnis, instansi, dan pekerja lepas. Panel opsi pada tema juga menawarkan sejumlah kemungkinan lain, seperti menggunakan tema ini untuk membuat situs blog. Developer tingkat lanjut bahkan dapat menggabungkan custom CSS ke dalam tema ini. Anda hanya perlu mengakses panel opsi pada tema, di mana Anda dapat menambahkan kode tanpa harus bergelut dengan stylesheet.

28. Freesia Empire

Halaman demo tema Freesia Empire.

Banyak tema serba guna yang tersedia, tetapi sulit untuk menemukan tema yang menawarkan opsi berkualitas. Kabar baiknya, Freesia Empire tak hanya tema serba guna, tetapi juga memberikan opsi berkualitas. Tema ini menawarkan banyak kemungkinan dalam memodifikasi website. Selain itu, opsinya pun mendukung berbagai tipe website.

Freesia Empire memungkinkan Anda untuk membuat website dengan tampilan yang ringan namun fungsional. Tema ini berfungsi tanpa kendala dengan menyediakan banyak opsi plugin yang populer – termasuk WooCommerce, bbPress, Newsletter, dan Breadcrumb NavXT – sehingga memperbolehkan Anda untuk menjual, terhubung dengan, dan menayangkan pengalaman terbaik pengguna untuk para pengunjung website. Tema ini juga menawarkan berbagai template untuk halaman, seperti informasi kontak dan galeri gambar. Setiap template memberikan widget dan sidebar khusus dengan topik yang spesifik agar Anda dapat memikat para pengunjung situs.

29. Accelerate

Halaman demo tema Accelerate.

Sesuai dengan namanya, Accelerate membantu Anda mendesain website tanpa harus berlama-lama. Tema serba guna ini dapat digunakan untuk membuat hampir semua tipe website, termasuk situs bisnis, toko online, blog dan portofolio. Accelerate memudahkan Anda untuk menampilkan visual di seluruh situs Anda sebagai gambar fitur. Penggunaan layar putihnya pun memberi nuansa segar sehingga Anda tetap berfokus pada konten.

Tak lupa pula, Accelerate menawarkan berbagai opsi bantuan yang berguna dan tool desain yang mudah digunakan. Para developer pemula dan tingkat lanjut dapat memanfaatkan kemudahan dan fleksibilitas tema ini.

30. Portfolio Lite

Halaman demo tema Portfolio Lite.

Bagi para seniman, desainer, fotografer, dan kreator lainnya yang hendak membuat website tampil menarik dan profesional, tema Portfolio Lite menawarkan tampilan website yang minimalis dan modern. Anda dapat menampilkan karya terbaik menggunakan template tema untuk tampilan slideshow, misalnya, atau menggunakan layout portofolio multi-column untuk tampilan yang lebih tradisional. Anda bahkan dapat menggabungkan dua cara tersebut.

31. TheFour Lite

Halaman demo tema TheFour.

Selain opsi kustomisasi tema yang biasa, Anda juga memiliki kontrol penuh terhadap background, header, dan menu. Tema ini memungkinkan Anda untuk membuat situs yang sangat sesuai dengan hobi atau pekerjaan Anda.

Apabila sedang mencari tema yang modern dan elegan untuk website bisnis Anda, maka TheFour Lite adalah pilihan yang tepat. TheFour Lite membantu Anda membuat website portofolio, website bisnis, atau bahkan website blog pribadi dengan cepat dan mudah.

TheFour Lite memiliki hero area yang lebar dan atraktif untuk menjadi tempat pertama Anda mengenalkan para pengunjung website kepada bisnis Anda. Tema ini juga mendukung tiga bagian di halaman beranda utama yang telah terinstall untuk meng-highlight yang ingin Anda tawarkan: bagian portofolio, testimoni,  dan klien saya.

Tema TheFour Lite sangatlah mudah untuk di-setup dan disesuaikan. Tema ini menawarkan opsi kustomisasi yang fleksibel untuk mengubah situs sesuai keinginan dan kebutuhan Anda.

32. EightyDays Lite

Halaman demo tema EightyDays.

EightDays Lite merupakan pilihan tema WordPress terbaik untuk blog pribadi dan perjalanan. Nama “eighty days” berasal dari novel berjudul Eighty Days around the World.  Tema ini dapat digunakan untuk menampilkan tempat-tempat yang Anda kunjungi, makanan yang Anda makan, bahkan kenangan dan memori yang Anda miliki.

EightyDays Lite memiliki layout yang menarik dengan galeri yang mengesankan di halaman beranda utama, di mana Anda dapat menunjukkan post paling penting. Tema WordPress gratis ini juga berfokus pada tipografi sehingga para pengunjung situs merasa nyaman saat membaca konten yang panjang.

EightyDays LIte merupakan tema yang responsif dan berfungsi dengan maksimal di semua perangkat. Tema ini sangat cepat, ringan, dan begitu mudah digunakan.

33. Yosemite Lite

Halaman demo tema Yosemite.

Yosemite Lite adalah tema WordPress yang rapi dan minimalis untuk blog pribadi. Tema ini memiliki layout yang klasik, tipografi yang stylish, dan merupakan pilihan tepat untuk blog pribadi, gaya hidup, fashion, atau perjalanan.

Dengan desainnya yang minimalis, Yosemite Lite menempatkan fokus pada konten Anda, di mana Anda dapat menampilkan teks dengan foto dalam cara yang menarik.

Selain itu, tema ini sepenuhnya responsif dan dapat digunakan di semua perangkat. Yosemite Lite juga memiliki dokumentasi terbaik yang menunjukkan cara menginstall dan memodifikasi tema.

Kesimpulan

Tema WordPress terbaik untuk website Anda tidak harus mahal atau berbayar. Karena kenyataannya, tema WordPress gratis pun juga efektif sebagaimana opsi tema premium, dan terkadang memberikan sebagian besar atau semua fitur yang Anda inginkan.

Di artikel ini, kamu telah menuliskan pentingnya memiliki tema yang berkualitas bagi situs Anda, serta meng-highlight 30 dari tema gratis dan terbaik WordPress yang bisa Anda pilih. Ketiga puluh tema tersebut termasuk tema profesional (seperti Corporate Plus dan Sydney), tema dengan gaya blog (seperti Accelerate dan Writers), dan bahkan tema e-commerce (seperti Shoplsle dan Shopera). Opsi yang ditawarkan pun berjumlah cukup banyak dan ini berarti Anda dapat membuat situs apa pun yang diinginkan.

Jadi, mana tema dari daftar di atas yang ingin Anda gunakan pada situs WordPress? Beri tahu kami di kolom komentar!

 

Gabung bersama ratusan ribu pelanggan di seluruh dunia

dan dapatkan tutorial baru langsung di email Anda

Please wait...

Abone olduğunuz için teşekkürler!

Dapatkan harga hemat!

Web Hosting Gratis Domain mulai dari

Rp.3.975
/bln