10 Brand Name Generator untuk Buat Nama Perusahaan yang Bagus

10 Brand Name Generator untuk Buat Nama Perusahaan yang Bagus

Nama bisnis merupakan satu hal yang sangat krusial dan wajib dimiliki bagi Anda yang akan merintis bisnis. Sebab, nama akan merepresentasikan citra yang ingin Anda tampilkan kepada semua orang. Namun, menentukan nama perusahaan yang bagus terkadang bukanlah hal yang mudah. Untungnya, ada beberapa tool berupa business name generator atau generator nama bisnis yang bisa Anda gunakan.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi 10 brand name generator terbaik yang harus Anda coba untuk menemukan ide nama perusahaan.

10 Tool untuk Membuat Nama Perusahaan yang Bagus

1. Zyro’s Business Name Generator

Generator anma bisnis Zyro

Peringkat pertama dalam daftar generator ide nama bisnis kami adalah generator nama brand AI-powered yang dikembangkan oleh Zyro. Dengan tool ini, Anda bisa mendapatkan saran nama perusahaan yang bagus berdasarkan keyword yang dimasukkan. Bahkan, Anda bisa menambahkan beberapa ketentuan untuk mendapatkan hasil yang lebih spesifik.

Jika merasa pilihan yang diberikan terlalu banyak, tersedia tips berguna tentang cara memilih nama yang paling cocok bagi bisnis Anda, yang terletak di bagian bawah Zyro Business Name Generator.

Selain membuat nama, Anda juga bisa membuat logo online gratis untuk perusahaan Anda dengan tool inI! Keren sekali, kan? Zyro memiliki pembuat logo yang canggih dan web builder  yang akan menjadikan bisnis Anda terlihat lebih profesional dan menarik bagi para audiens.

Lebih hebatnya lagi, fitur-fitur ini tersedia secara gratis!

2. Shopify Business Name Generator

landing page shopify name generator

Jika ingin membuat toko online, Shopify Business Name Generator mungkin akan menjadi tool yang pas untuk membuat nama toko yang bagus. Tool ini menyediakan pilihan jenis toko yang Anda inginkan, seperti pakaian, perhiasan, furnitur, dan sebagainya.

Jadi, saran nama bisnis akan dioptimalkan untuk industri yang Anda pilih. Satu-satunya kekurangan dari tool ini adalah Anda tidak bisa memasukkan lebih dari satu ketentuan untuk menyortir hasil pencarian agar lebih spesifik.

Kemudian, Shopify Name Generator juga memiliki layanan keren lain yang disebut Exchange market. Dengan layanan ini, Anda bisa membeli toko yang sudah berdiri beserta nama bisnisnya. Kalau Anda tidak berencana untuk memulai toko online dari nol, platform ini mungkin akan menjadi solusi yang cukup tepat dan cepat.

3. BusinessNameGenerator.com

tampilan tool businesnamegeneraotr

Industry Filter dan Result Filter adalah dua fitur yang membuat Business Name Generator lebih unggul dari kompetitornya. Tool ini memungkinkan Anda mengubah preferensi pencarian sehingga Anda akan menerima saran yang paling relevan.

Namun, Anda harus mengklik tombol generate terlebih dahulu untuk mengakses fitur-fitur ini.

Yang membuat tool ini nyaman digunakan adalah, setiap item hasil query bisa diklik dan Anda bisa melihat ketersediaan domain di waktu yang sama. Di bagian bawah halaman, tool ini juga menawarkan beberapa nama dan logo premium yang bisa Anda beli.

Terlepas dari fitur-fiturnya yang canggih dan berguna, perlu diingat bahwa Business Name Generator menampilkan banyak sekali iklan yang mungkin terasa menyebalkan bagi sebagian pengguna.

4. Oberlo Name Generator

tampilan generator nama bisnis oberlo

Mungkin, Oberlo Brand Name Generator adalah yang paling simpel dibanding tool yang lain terlalu banyak menyediakan filter. Cukup masukkan keyword Anda, klik generate names, kemudian akan muncul beberapa halaman ide nama bisnis untuk Anda.

Masalahnya adalah, nama bisnis yang dihasilkan mungkin terdengar terlalu biasa, seolah-olah tool ini hanya memasukkan kata-kata tambahan secara acak untuk setiap item hasil query.

5. Namelix Business Name Generator

generator nama untuk bisnis namelix

Namelix adalah business name generator yang bisa Anda gunakan untuk membuat nama bisnis secara cukup mendetail. Sebelum menampilkan hasil ide nama bisnis, tool ini akan mengharuskan Anda menerapkan beberapa filter terlebih dahulu. Anda perlu menentukan panjang nama dan memilih opsi di antara berbagai varian nama, seperti nama yang akan dijadikan brand, rima kata, compound words dan banyak lagi.

Untungnya, tersedia dua contoh di samping setiap opsi sehingga Anda bisa membandingkan dan memilih ide nama perusahaan yang bagus. Setelah hasilnya muncul, Anda akan mendapatkan logo berbayar atau gratis.

Minusnya, tool ini tidak memberikan keterangan apakah nama bisnis yang dihasilkan tersebut sudah pernah dipakai oleh bisnis lain. Jadi, untuk menghindari masalah hak cipta, pastikan Anda selalu memeriksa hak nama tersebut.

6. Novanym

banner novanym business name generator

Dengan Novanym, Anda akan mendapatkan ide nama bisnis dan logo berdasarkan gaya dan industri yang Anda pilih.

Meskipun tool ini mungkin tampak cukup simpel dan keren, Novanym masih memiliki kekurangan. Misalnya, hasil query tidak selalu menyertakan keyword yang Anda masukkan. Belum lagi logo-logonya mahal dan tidak terlihat sebagus beberapa tool lain.

Namun, setidaknya tool ini tetap bisa membantu Anda membuat nama toko yang bagus dan siap digunakan dengan ekstensi domain .com jika ada.

7. SquadHelp

squadhelp generator nama untuk bisnis

Keunggulan SquadHelp adalah Anda bisa menerapkan banyak filter pencarian sebelum mendapatkan hasilnya, termasuk kategori bisnis, ekstensi domain, panjang kata, suku kata, emosi, dan gaya.

Semua ide nama bisnis dan logo yang disediakan merupakan produk premium yang harganya bisa mencapai hingga 4000 USD. Untungnya, ada opsi untuk mengurutkan hasil dari harga terendah dan membayar melalui cicilan dengan tenor tiga atau enam bulan.

Selain itu, setiap nama sudah mencakup biaya pendaftaran domain dan desain logo gratis. Jadi, selain membuat nama toko yang bagus, Anda juga bisa mendapatkan domain dan logo.

SquadHelp juga menawarkan audience testing. Fitur ini memungkinkan Anda menguji beberapa variasi desain yang sama dan melihat desain mana yang lebih disukai oleh target demografis Anda.

8. Dot-o-mator

generator nama bisnis dotomator

Dot-o-mator menggunakan metode yang berbeda untuk membuat nama bisnis. Anda harus menulis beberapa kata untuk bagian depan dan akhir, kemudian menggabungkan kata-kata tersebut untuk memberikan saran nama bisnis.

Setelah itu, Dot-o-mator akan menunjukkan nama-nama yang tersedia, atau yang tidak lagi tersedia. Setelah menentukan namanya, Anda bisa membelinya dari registrar yang tersedia.

Dot-o-mator adalah generator nama bisnis yang keren dan unik, tapi tentu saja tetap memiliki kekurangan. UI-nya tampak kurang up-to-date dan aplikasi selulernya hanya kompatibel dengan perangkat iOS.

9. Company Name Generator

landing page company name generator

Untuk urusan tampilan yang simpel, Company Name Generator adalah juaranya. Tidak ada iklan, filter, atau tips apa pun di website mereka. Anda hanya akan melihat kolom pencarian dan ratusan saran acak di bawahnya.

Lebih kerennya lagi, Company Name Generator tetap akan bekerja meskipun Anda tidak memasukkan keyword apa pun.

Company Name Generator cocok bagi Anda yang menyukai tool yang ringkas. Namun, jika Anda mencari fitur yang lebih canggih, tool ini mungkin kurang suseuai.

Satu hal yang menjadi keunggulannya adalah, tool ini bisa mendaftarkan nama domain secara langsung atau memungkinkan Anda menentukan jenis industri untuk membuat nama brand keren untuk bisnis Anda.

10. NameMesh Company Name Generator

generator nama bisnis namemesh

Tool ini memiliki dua jenis generator. Yang pertama adalah tipe generator yang memungkinkan Anda untuk menggunakan dua atau tiga keyword. Sementara pada tipe kedua, Anda bisa memasukkan tiga hingga empat kata.

Namun, karena NameMesh sebetulnya adalah generator nama domain, tool ini juga akan menyarankan nama bisnis berdasarkan domain yang tersedia.

Setelah Anda mengklik Generate, NameMesh Company Name Generator akan mengelompokkan rekomendasi menjadi delapan kelompok, yaitu:

  • Common — menggabungkan keyword yang dimasukkan dan menggabungkannya dengan ekstensi terkenal seperti .com, .net
  • New — menggunakan GTLD (Generic Top Level Domains) baru saat mencari nama yang tersedia, seperti .shop, .online, .space, dll.
  • Short — mempersingkat nama dengan mengubah dua kata terakhir dari nama bisnis Anda menjadi ekstensi domain (mis. Rabb.it, stori.es)
  • Extra — menyisipkan ekstensi domain yang kurang populer ke nama bisnis Anda, termasuk .biz, .asia, dan sebagainya.
  • Similar — mengganti keyword yang dimasukkan dengan yang serupa untuk membuat nama yang unik
  • SEO – mengoptimalkan nama bisnis Anda sehingga orang dapat menemukannya dengan mudah pada search engine
  • Fun – merekomendasikan nama bisnis out-of-the-box dengan mengatur ulang dan menyesuaikan keyword yang dimasukkan
  • Mix – tambahkan sufiks seperti -ly, -er, -able ke keyword Anda.

Tips Membuat Nama Bisnis yang Keren

Meskipun tool generator brand di atas bisa memberikan banyak sekali saran nama brand keren, Anda tetap boleh memilih nama bisnis apa pun yang Anda inginkan. Untuk membantu Anda memilih nama yang tepat, berikut tips memilih nama toko yang bagus:

  • Periksa ketersediaannya — pastikan bahwa nama, username media sosial untuk bisnis, dan nama domainnya masih tersedia. Anda bisa memeriksanya secara manual dengan menggunakan tool seperti Trademark Electronic Search System yang disediakan oleh US Patent and Trademark Office
  • Buat nama yang mudah diingat — buatlah nama yang pendek dan original sehingga mudah diingat dan memberikan kesan yang baik (contoh, Amazon dan Apple)
  • Pikirkan niche Anda — gunakan nama bisnis Anda untuk memberi tahu audiens tentang apa yang Anda jual, terlebih lagi jika niche Anda spesifik.
  • Pikirkan pasar internasional — pastikan nama tersebut tidak memiliki arti negatif pada bahasa target konsumen. Jika tidak, maka brand image Anda akan dipertaruhkan
  • Tetap sederhana — jangan menghabiskan waktu untuk memikirkan nama yang sempurna. Jika nama bisnis Anda memiliki segala kriteria di atas, maka yakinlah akan nama yang dipilih.

Kesimpulan

Memilih nama bisnis yang bagus dan tepat adalah langkah yang penting untuk memulai bisnis. Walaupun kadang prosesnya sulit, ada banyak tool generator nama bisnis yang bisa membantu Anda menemukan nama yang tepat.

Dalam artikel ini, kami sudah mengulas sepuluh business name generator terbaik yang bisa membantu Anda menentukan ide nama bisnis. Untuk membantu Anda mengingat, kami akan meringkas pembahasan yang sudah dijelaskan di atas.

Berikut 10 tool untuk membuat nama perusahaan yang bagus:

Bagaimana, sudah siap memulai bisnis Anda dan mulai menghasilkan uang dari internet ataupun offline? Jika ada pertanyaan atau saran, silakan sampaikan lewat kolom komentar di bawah ini ya!

Author
Penulis

Faradilla A.

Faradilla, yang lebih akrab disapa Ninda, adalah Content Manager di Hostinger. Ia suka mengikuti tren seputar teknologi, digital marketing, dan belajar bahasa. Melalui tutorial Hostinger ini, Ninda ingin berbagi informasi dan membantu pembaca menyelesaikan masalah yang dialami.