14 Logo Maker Terbaik untuk Membuat Logo Online Gratis & di Android

14 Logo Maker Terbaik untuk Membuat Logo Online Gratis & di Android

Sedang mencari rekomendasi tool atau aplikasi untuk membuat logo online gratis? Anda sudah di artikel yang tepat. Saat ini, logo adalah salah satu elemen wajib bagi bisnis Anda jika ingin terlihat lebih profesional dan unggul dibanding kompetitor. Jadi, agar berhasil membranding bisnis, Anda harus meluangkan waktu untuk buat desain logo keren.

Dulu, orang-orang harus menyewa jasa profesional untuk bikin logo keren dan unik. Kini, Anda bisa membuat desain logo dengan mudah di Internet maupun dengan aplikasi membuat logo di HP. Ada banyak aplikasi untuk membuat logo online gratis, juga offline, yang tersedia di berbagai platform.

Dalam artikel ini, kami akan mengulas 9 tool untuk buat logo online gratis dengan mudah, serta 5 aplikasi terbaik untuk cara membuat logo di HP. Selamat membaca!

9 Aplikasi untuk Buat Logo Online Gratis

Berikut rekomendasi aplikasi pembuat logo online gratis:

1. Zyro Logo Maker

Membuat logo online gratis dengan Zyro Logo Maker

Zyro Logo Maker merupakan salah satu tool terbaik untuk membuat logo online gratis, yang juga mudah digunakan dan intuitif. Anda tidak perlu menjadi web designer profesional untuk membuat desain logo keren.

Cukup klik tombol Create Your Logo untuk masuk ke halaman template. Situs web ini memiliki pengaturan yang mudah dipahami dan ribuan ikon siap pakai.

Buat logo dengan Zyro Logo Maker

Tool ini sangat praktis karena Anda bisa memilih desain hanya dengan mengetikkan nama atau gambar yang diinginkan. Anda juga bisa mengatur posisinya dengan mengeklik empat ikon yang terletak sejajar dengan kata Layout.

Tuangkan kreativitas Anda melalui berbagai bentuk, ukuran, warna, dan font untuk membuat desain logo sesuai keinginan. Setelah berhasil membuat desain yang diinginkan, Anda bisa langsung mengunduhnya dalam format PNG.

2. Visme

Desain logo dengan Visme Logo Maker

Visme memiliki template siap pakai. Pembuat logo ini juga sangat mudah digunakan, dan Anda bisa mengatur grafis, warna, font, serta lainnya.

Opsi autosave pembuat logo ini juga akan sangat membantu Anda. Kemudian, tersedia daftar histori yang menampilkan semua layer dan elemen yang Anda pakai untuk membuat desain.

Meskipun pendaftarannya gratis, fitur dan template premiumnya hanya tersedia melalui upgrade langganan dari paket Basic ke Standard atau Complete.

Desain logo online dengan Visme

Hanya dengan sekali klik, Anda bisa melihat pratinjau, membagikan, atau mengunduh logo. Anda bisa membagikannya melalui Google atau dalam bentuk link. Apabila tidak ingin membagikannya, terdapat opsi untuk mengunduhnya dalam format JPEG, PNG, atau PDF.

3. Oberlo

halaman depan oberlo

Sebenarnya, Oberlo adalah perusahaan jasa dropshipping. Namun, mereka juga melebarkan sayap dengan menyediakan tool marketing, seperti business name generator dan profit margin calculator. Bahkan, mereka memiliki tool untuk membuat logo online secara gratis yang mudah digunakan.

Untuk menggunakannya, cukup klik tombol Generate Logo, lalu Anda akan diarahkan ke halaman pembuatan dan pengaturan. Di halaman ini, tersedia berbagai macam desain yang tak hanya bisa dipilih, tapi juga bisa diatur warna dan ukurannya.

Membuat logo dengan Oberlo

Setelah selesai mendesain, klik Get Your Logo dan masukkan alamat email Anda untuk mendapatkan link unduhan. File akan diunduh dalam PNG, format yang cocok untuk memublikasikannya secara online.

4. Canva

Halaman template logo Canva

Canva memiliki beragam template profesional untuk proyek apa pun, seperti resume, postingan media sosial, kartu nama, dan banyak lagi.

Di Canva, Anda bisa membuat logo online gratis, misalnya untuk toko online. Pilih template yang tersedia, lalu edit sesuai keinginan Anda. Ubah latar belakang, tambahkan teks, unggah gambar, dan seterusnya.

Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda harus membuat akun terlebih dulu. Jika merasa fitur-fitur di paket gratis sangat terbatas, Anda bisa berlangganan paket berbayar agar lebih leluasa memilih layout dan elemen desain lainnya.

Koleksi template logo Canva

Secara otomatis, desain logo akan tersimpan di akun Anda dan bisa diakses lagi nanti. Klik All your designs di sidebar kiri untuk melihat template yang tersimpan. Anda bisa mengunduh file dalam format PNG, JPG, dan PDF.

5. FreeLogoDesign

Halaman depan FreeLogoDesign

Tool yang memiliki lebih dari 1000 template ini sangat mudah digunakan.

Pertama, ketikkan nama perusahaan atau nama bisnis lalu klik Get Started. Anda kemudian akan diminta untuk memilih desain.

Ide logo di FreeLogoDesign

Selanjutnya, edit desain dengan menambahkan teks, ikon, atau template lainnya. Anda juga bisa mengombinasikan beberapa desain untuk mendapatkan hasil akhir yang diinginkan.

Logo editor FreeLogoDesign

Klik opsi Save untuk menyimpan desain yang sudah dibuat. Anda lalu akan diarahkan ke halaman khusus untuk memilih resolusi.

Untuk paket gratis, resolusi yang disediakan adalah 200 x 200. Sementara itu, paket berbayar seharga 39 USD akan memberikan resolusi gambar yang lebih tinggi hingga 5000 x 5000 piksel.

Dengan paket berbayar, Anda akan mendapatkan file berformat PNG dan JPG serta file SVG. Namun, jika hanya ingin menggunakan file berukuran kecil, paket gratis sepertinya sudah lebih dari cukup.

6. LogoMakr

Buat desain logo dengan LogoMakr

Saat membuka situs LogoMakr, Anda akan disambut dengan halaman pengeditan. Aplikasi pembuat logo ini memiliki banyak tool dasar yang mudah bagi pemula. Tuliskan keyword atau kata kunci di kolom pencarian dan pilih desain logo yang disukai.

LogoMakr template dan desain

Anda bisa membuat logo online sendiri dengan mengombinasikan bentuk, teks, dan warna. Kemudian, klik opsi untuk menyimpan desain Anda (Save) di sudut kanan atas. Ada berbagai opsi untuk mengunduh gambar.

Gambar beresolusi tinggi dikenai biaya 19 USD, dan akan memberi Anda file vektor berformat PDF dan SVG. Sedangkan untuk resolusi rendah, Anda dapat mengunduhnya secara gratis.

7. DesignEvo

template logo DesignEvo

Dengan tool ini, Anda bisa membuat logo online gratis dengan berbagai template siap pakai. Klik salah satu template yang diinginkan, lalu Anda akan diarahkan ke halaman khusus untuk mendesain dan mengaturnya.

Desain logo online dengan DesignEvo's Logo Maker

Untuk mengunduh file, klik Download di kanan atas. Kemudian, akan muncul pilihan untuk mengunduh versi resolusi tinggi atau rendah.

Namun, untuk resolusi tinggi, Anda harus membeli paket Basic senilai 24,99 USD atau paket Plus seharga 49,99 USD.

Pada paket Plus, Anda tidak hanya akan mendapatkan file PNG transparan dan bantuan seumur hidup seperti di paket Basic, tetapi juga file vektor dalam format SVG serta hak cipta atas desain logo yang dibuat.

8. Namecheap

membuat logo gratis dengan Namecheap's Free Logo Maker

Namecheap adalah aplikasi pembuat logo gratis berbasis web yang sangat praktis. Ketika mengklik Create Your Logo, akan ada beberapa pertanyaan mengenai gaya font , ikon, dan skema warna yang Anda inginkan. Namecheap kemudian akan membuat desain sesuai dengan jawaban dari pertanyaan yang diajukan.

Buat gambar logo keren dengan Namecheap

Kelebihan logo maker ini adalah tidak ada biaya apa pun jika Anda ingin mengunduh logo beresolusi tinggi dan file vector. Anda dapat menggunakan gambar vektor untuk mengedit dan mengatur ukurannya.

9. Hatchful

Hatchful untuk membuat logo online gratis

Hatchful adalah aplikasi pembuat logo online gratis (logo maker free) dari Shopify untuk buat logo online gratis. Dengan website ini, Anda bisa membuat logo keren secara gratis dan mudah. Langkah-langkah yang perlu Anda ikuti pun sangat mudah berkat UI yang intuitif. Cukup dengan beberapa langkah, Anda bisa membuat dan mengedit logo sesuai keinginan.

Aplikasi pembuat logo online gratis Hatchful

Tersedia beberapa jenis desain logo keren yang bisa Anda pilih untuk berbagai tipe bisnis, misalnya bisnis kecantikan, teknologi, obat-obatan, jasa, dan lain sebagainya. Pilihan gaya logonya juga beragam, seperti klasik, futuristik, dan lain-lain. Untuk mengunduh logo yang sudah Anda edit, cukup daftar menggunakan alamat email.

5 Aplikasi untuk Membuat Logo di Android

Selain membuat logo online menggunakan tool di website, saat ini juga sudah ada banyak sekali aplikasi membuat logo di HP yang bisa Anda manfaatkan dengan mudah. Jika dengan logo maker prosesnya dilakukan secara online, aplikasi buat logo di HP memungkinkan Anda mendesain logo secara offline.

Aplikasi yang kami cantumkan dalam artikel ini berfokus pada aplikasi buat logo di HP Android, yang bisa Anda unduh di Google Play Store. Menggunakan aplikasi-aplikasi di bawah ini, Anda bisa mencoba cara membuat logo di HP secara offline dan gratis.

Berikut rekomendasi aplikasi membuat logo di HP:

1. Canva

Canva aplikasi buat logo di HP

  • Rating: 4,7/5
  • Ukuran: 25 MB
  • Unduhan: 100+ juta
  • Harga: gratis, dengan pembelian dalam aplikasi

Selain versi web untuk membuat logo online gratis, Canva juga bisa Anda gunakan untuk cara bikin logo di HP melalui aplikasi mobile. Aplikasi ini cukup populer di kalangan pengguna ponsel Android karena fitur-fiturnya yang sangat berguna untuk mendesain berbagai hal. Anda bisa membuat logo keren, poster, resume, mengedit foto, dan lain sebagainya.

Ada lebih dari 100 juta user yang sudah mengunduhnya, menjadikannya sebagai aplikasi membuat logo di HP terpopuler saat ini. Rating-nya pun cukup tinggi, hampir mencapai 5/5 dan menjadi aplikasi Pilihan Editor.

Cara membuat logo di HP dengan aplikasi ini juga sangat mudah. Anda bisa memanfaatkan template yang tersedia, atau membuat desain sendiri dengan UI yang sangat intuitif. Tidak perlu susah-susah mempelajari cara menggunakannya karena semuanya sudah dirancang untuk memudahkan user, bahkan bagi yang tidak memiliki latar belakang desain grafis.

2. Logo Maker 2021 dari Splendid App Maker

Logo Maker aplikasi buat logo di HP

  • Rating: 4,6/5
  • Ukuran: 19 MB
  • Unduhan: 10+ juta
  • Harga: gratis, memuat iklan

Kemudian, ada aplikasi Logo Maker dari Splendid App Maker. Aplikasi buat logo di HP ini tersedia gratis, dan menyediakan 5000+ template untuk memudahkan Anda mendesain logo keren di ponsel. Desain yang mereka sediakan juga terlihat cukup modern sehingga cocok untuk segala bisnis, baik untuk toko e-commerce maupun ide usaha lainnya.

Rating aplikasi ini mencapai 4,5/5 serta sudah memiliki lebih dari 10 juta pengguna. Meskipun belum terlalu populer daripada aplikasi lainnya, developer aplikasi ini cukup aktif menerima kritik dan saran serta membalas komentar pengguna di halaman Google Play mereka.

Untuk menggunakannya, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sedikit pun, karena aplikasi ini tersedia gratis. Hanya saja, Anda mungkin akan menjumpai beberapa iklan saat menggunakannya.

3. PixelLab dari App Holdings

PixelLab untuk buat logo di HP

  • Rating: 4,4/5
  • Ukuran: 27 MB
  • Unduhan: 50+ juta
  • Harga: gratis, memuat iklan dan pembelian dalam aplikasi

Aplikasi buat logo di HP berikutnya adalah PixelLab dari App Holdings. Ada beberapa aplikasi dengan nama yang sama, jadi pastikan Anda mengunduh aplikasi yang benar. PixelLab juga merupakan aplikasi buat logo di Android yang tersedia gratis, meskipun Anda mungkin akan menjumpai iklan di dalamnya.

Fitur yang akan cukup berguna untuk membantu Anda membuat logo keren adalah background eraser dan fitur untuk menambahkan teks. Anda juga bisa menambahkan stiker, font, dan teks 3D untuk mengaplikasikan cara membuat logo di HP.

Jika sudah punya nama bisnis, Anda bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk mengubahnya menjadi logo profesional bagi bisnis Anda. Namun, apabila baru akan memulai, Anda bisa mencari ide bisnis online lebih dulu untuk menentukan logo keren yang akan Anda buat.

4. Logo Maker dari Iris Studios and Services

Logo Maker Iris Studios

  • Rating: 4,8/5
  • Ukuran: 28 MB
  • Unduhan: 10+ juta
  • Harga: gratis, memuat iklan dan pembelian dalam app

Selanjutnya ada Logo Maker dari Iris Studios and Services. Anda mungkin akan menemukan banyak aplikasi dengan nama yang sama. Nah, yang satu ini dibuat oleh Iris Studios and Services.

Aplikasi pembuat logo di HP yang satu ini sangat praktis. Selain karena khusus untuk membuat logo, tersedia juga banyak library untuk elemen grafis, bentuk, latar belakang & tekstur untuk membuat logo keren dengan cepat.

Selain itu, tersedia fitur untuk mengedit foto dan teks agar terlihat lebih profesional. Lebih kerennya lagi, selain membuat logo, Anda juga bisa membuat poster, iklan, pengumuman, foto cover, brosur, dan materi branding lainnya untuk membangun reputasi toko atau website Anda.

5. Mobi Logo Maker

Mobi Logo Maker

  • Rating: 4,7/5
  • Ukuran: 18 MB
  • Unduhan: 5+ juta
  • Harga: gratis, memuat iklan dan pembelian dalam app

Masih dengan nama yang sama, aplikasi buat logo di HP yang satu ini adalah rancangan Mobi App & Thumbnail Maker Inc. Dari semua aplikasi yang kami rekomendasikan di sini, Mobi Logo Maker ini adalah yang paling ringan, dengan ukuran hanya 18 MB. Rating dari penggunanya juga cukup tinggi, yaitu 4,7/5, yang merupakan akumulasi dari 100.000+ ulasan pengguna.

Tidak kalah dengan yang lain, aplikasi pembuat logo di HP ini menyertakan juga fitur-fitur keren, seperti template, stiker kreatif, text art, serta banyak opsi bentuk dan desain grafis. Penggunaannya juga cukup mudah dan Anda tidak harus memiliki keahlian di bidang desain grafis untuk mengaplikasikan cara membuat logo di HP dengan aplikasi ini.

Selain itu, aplikasi ini menyediakan mockup latar belakang logo keren, berbagai kategori untuk logo bisnis, kategori teknologi, dan banyak lagi. Anda bisa mengunduh dan menggunakannya secara gratis, tetapi mungkin akan menjumpai iklan dan beberapa fitur yang hanya tersedia melalui pembelian.

Apa Saja yang Menjadikan Logo Keren dan Unik?

Karena logo sangat penting untuk setiap brand, Anda harus memilih desain yang terbaik. Agar bisa sesuai dengan brand Anda, buatlah logo yang sederhana, mudah diingat, desainnya selalu up-to-date, dan mudah disesuaikan dengan pasar. Jangan gunakan desain yang rumit; karena rumit tidak berarti unik. Pilihlah desain yang sederhana karena akan lebih berkesan dan melekat di pikiran pelanggan.

Pastikan juga logo mudah diingat. Tentu saja, Anda tidak ingin orang salah mengira merek lain sebagai milik Anda, kan?

Tetaplah berpegang pada prinsip desain logo pilihan Anda. Jangan terlalu sering mengubah logo karena akan membuat pelanggan bingung. Selalu pastikan logo Anda sesuai dengan tone dan brand bisnis Anda. Keduanya harus konsisten di semua saluran komunikasi.

Terlebih lagi, saat membuat logo, pastikan untuk mengunduh gambar resolusi tinggi. Dengan begitu, Anda bisa memasangnya di internet dan juga mencetaknya. Apple, Amazon, Nike, dan brand lainnya adalah contoh perusahaan yang logonya dibuat dengan tepat. Logo mereka mudah dikenali, tidak lekang oleh waktu, dan sederhana.

Pertimbangan saat Memilih Tool Logo Terbaik

Dari sekian banyak pilihan, Anda mungkin bingung untuk menentukan mana yang akan menjadi aplikasi pembuat logo terbaik. Ada beberapa kriteria yang bisa Anda pertimbangkan untuk menentukan pilihan, di antaranya:

  • UI yang intuitif. Antarmuka yang baik dan mampu memandu Anda membuat Anda tidak harus repot mempelajari penggunaannya.
  • Fitur yang disediakan. Cari tahu kebutuhan Anda lebih dulu, lalu pilih tool yang fiturnya mampu memenuhi semuanya.
  • Ulasan pengguna. Baca ulasan dari user yang sudah menggunakan tool tersebut untuk membantu Anda memilih.
  • Value for money. Jika harus membeli fitur dalam aplikasi, tanyakan pada diri Anda, apakah biayanya sebanding dengan fitur yang Anda dapat?

Kesimpulan

Jika Anda ingin membuat logo profesional, cobalah 14 tool di atas. Selain mudah dan simpel, Anda juga tidak perlu membayar biaya berlangganan.

Berikut 9 aplikasi untuk membuat logo online gratis:

  • Zyro Logo Maker – memiliki antarmuka yang sederhana dan mudah bagi pemula.
  • Visme – rapi dan mudah untuk bikin logo online gratis.
  • Oberlo – pembuat logo yang menawarkan kemudahan pengoperasian.
  • Canva – menawarkan ribuan desain atau template profesional yang bisa Anda pilih.
  • FreeLogoDesign – sangat fleksibel, tetapi Anda harus melakukan pembelian untuk gambar logo beresolusi tinggi.
  • LogoMakr – sangat mudah, tetapi Anda harus membayar untuk mengunduh logo dengan resolusi yang lebih tinggi.
  • DesignEvo – memiliki banyak template logo.
  • Namecheap – satu-satunya pembuat logo yang menawarkan file vector yang bisa Anda unduh gratis.
  • Hatchful – mudah dan intuitif, menyediakan desain logo keren untuk berbagai bisnis dan gaya desain.

Kemudian, berikut 5 aplikasi membuat logo di HP:

  • Canva UI yang intuitif dan mudah, serbaguna, dan paling populer.
  • Logo Maker 2021 (Splendid App Maker) – 5000+ template untuk segala bisnis.
  • PixelLab (App Holdings) – bisa untuk mengubah nama bisnis Anda menjadi logo.
  • Logo Maker (Iris Studios and Services) – tidak hanya bisa untuk buat logo, tapi juga bisa untuk poster, brosur, dan lainnya.
  • Mobi Logo Maker – ringan, serta memiliki berbagai kategori untuk bisnis.

Jaid, silakan pilih salah satu tool di atas dan mulailah bikin logo online gratis untuk meningkatkan brand awareness bisnis Anda. Selamat mencoba!

Author
Penulis

Faradilla Ayunindya

Faradilla adalah penerjemah bahasa Inggris ke bahasa Indonesia yang menyukai segala hal tentang IT dan senang mengikuti tren seputar teknologi. Ia ingin turut berbagi informasi mengenai topik yang sedang populer di dunia online melalui tutorial yang ditulisnya di blog Hostinger.