40 Ecommerce dan WooCommerce Theme Terbaik 2021
access_time
hourglass_empty
person_outline

40 Ecommerce dan WooCommerce Theme Terbaik 2021

Perpaduan WordPress dan WooCommerce menghasilkan website ecommerce yang berfungsi sepenuhnya. Terlebih lagi ada ratusan WooCommerce theme menarik yang akan membuat pengunjung toko online semakin betah dan mendapatkan pengalaman berbelanja yang memuaskan.

WooCommerce adalah salah satu plugin ecommerce yang paling banyak digunakan dan telah diaktifkan oleh lebih dari 2 juta pemilik toko online. Nah, di artikel ini, kami akan membahas 14 themes WooCommerce + 10 theme ecommerce WordPress yang nantinya bisa membuat toko online Anda lebih hidup dan berwarna.

Berdasarkan data yang dirilis oleh Statista, sebanyak 1,79 miliar orang di seluruh dunia melakukan aktivitas berbelanja online. Di sisi lain, data yang dikeluarkan oleh Monetate menunjukkan kalau 2,86% audiens melakukan pembelian melalui website. Angka yang sangat menakjubkan, bukan?

Buat toko online dengan Hostinger! Jangkau sebanyak mungkin pelanggan dengan website yang optimal dan SEO-friendly. Diskon hingga 64%!

Buat toko online

Mengapa Menggunakan WooCommerce?

Alasan utamanya adalah gratis. Siapa pun bisa menginstall plugin ini tanpa harus mengeluarkan biaya sepeserpun. Alasan lain mengapa WooCommerce bisa begitu populer untuk digunakan dalam bisnis toko online adalah:

  • WordPress adalah salah satu platform yang paling banyak digunakan untuk membuat website. Sementara itu, WooCommerce adalah plugin WordPress yang akan menghadirkan semua fitur dan fungsi ecommerce ke website Anda.
  • Stabil. Setiap pemilik toko online pasti menginginkan websitenya baik-baik saja dan jauh dari kata error atau down. WooCommerce dapat diandalkan untuk hal ini. Platform ini diperbarui secara berkala dan hanya ada sedikit bug jika dibandingkan dengan kompetitornya.
  • Fleksibel. WooCommerce memudahkan Anda dalam mengatur dan mengelola toko online, misal mengategorikan produk, menawarkan diskon spesial, dll.
  • Kemudahan Pembayaran. Jika ingin menaikkan konversi, sediakanlah payment gateway untuk memudahkan transaksi jual beli. Payment gateway sendiri merupakan layanan yang akan mengidentifikasi kartu pembayaran si pembeli dan mengirimkan informasi ke bank agar proses selanjutnya dapat dijalankan.
  • Tema. Salah satu alasan utama mengapa ada banyak orang yang menggunakan WooCommerce adalah koleksi temanya. Platform ini menyediakan kumpulan tema yang cantik dan mudah dikustomisasikan.

Tips Memilih Template Toko Online WordPress Terbaik

1. Desain yang menarik

Hal paling pertama yang dilihat audiens saat berkunjung ke toko online Anda adalah tampilan atau desainnya. Mengapa? Bisa dibilang pemilihan desain menentukan tindakan audiens selanjutnya. Apabila tampilan situs ecommerce cenderung membosankan dan monoton, bisa jadi mereka akan keluar dari situs dan berpindah ke ecommerce lainnya. Dengan alasan inilah, kami menghadirkan 10 ecommerce WordPress theme yang akan memukau pengunjung toko Anda.

2. Kemudahan navigasi

Dalam beberapa aspek, toko online tak jauh berbeda dari toko offline atau toko fisik. Saat bertandang ke toko Anda, pengunjung akan melihat-lihat produk apa saja yang tersedia. Bahkan tak jarang mereka juga akan bertanya dan mengecek apakah ada penawaran diskon spesial, produk terlaris, dan kategori produk lainnya. Oleh karena itu, pilihlah template online shop yang mendukung perilaku pengunjung situs guna memastikan kenyamanan mereka saat berbelanja. Tak hanya itu, website dengan kemudahan navigasi juga akan menjamin pengunjung terus kembali.

3. Optimasi kecepatan

Selain antarmukanya yang menarik dan rapi, alasan lain yang membuat pengunjung situs mau terus kembali ke toko online Anda adalah kecepatan loadingnya. Berdasarkan data yang dikumpulkan oleh Forrester Research, hampir setengah responden ingin website terbuka sepenuhnya hanya dalam waktu 2 detik. Sedangkan 40% responden akan keluar dari situs apabila loadingnya lebih dari 3 detik. Berkaca dari hasil ini, kami sarankan Anda untuk memilih tema yang akan mendukung kecepatan loading sehingga pengunjung tidak terlalu lama menunggu.

4. Kompatibel dengan plugin

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, WooCommerce adalah plugin WordPress yang akan menghadirkan fitur dan fungsi untuk kelancaran situs ecommerce berbasis WordPress. Namun, untuk mendapatkan tambahan fungsi, Anda perlu menginstall plugin lainnya. Misalnya, Anda harus membuat formulir kontak, mengoptimasi SEO di konten atau halaman, dan mengecek biaya pengiriman. Pastikan kalau tema yang dipilih bisa kompatibel dengan semua plugin.

5. Responsif

Sudah jadi keharusan bagi semua orang untuk memiliki website yang responsif. Hal ini tak lepas dari naiknya jumlah pengguna perangkat mobile yang bisa Anda ‘ubah statusnya’ menjadi pelanggan setia. Riset yang dilakukan Statista menunjukkan bahwa 86% pelanggan berbelanja online melalui smartphone. Oleh karena itu, pilihlah tema yang mampu menghadirkan interface dengan kemudahan navigasi meskipun di layar paling kecil sekalipun. Di daftar tema ecommerce kali ini, kami sudah merangkum rekomendasi terbaik sehingga Anda tidak perlu menginstall tema satu per satu untuk mengecek tingkat responsifnya.

Daftar WooCommerce Theme Gratis Terbaik

Anda tidak harus selalu membayar mahal untuk menggunakan WooCommerce theme yang keren. Sebenarnya, ada banyak theme WooCommerce dengan tampilan memukau yang bisa Anda dapatkan tanpa harus merogoh kocek sepeser pun.

Untuk itu, kami telah merangkum beberapa rekomendasi terbaik yang bisa membantu Anda. Berikut 10 WooCommerce theme gratis terbaik yang bisa Anda unduh.

1. Astra

WooCommerce theme Astra

  • Unduhan: 1,000,000+
  • Rating: 5/5
  • Fitur unggulan: loading cepat, Google Fonts, menyertakan drag-and-drop builder untuk header dan footer
  • Paling cocok untuk: berbagai situs e-commerce
  • Harga: freemium

Astra merupakan tema WordPress yang bisa digunakan dengan WooCommerce, serta cukup ringan dan memiliki banyak opsi kustomisasi. Tema ini dirancang dengan kode yang dioptimalkan dan hanya memerlukan resource kurang dari 50 kB sehingga mampu mempercepat loading halaman.

Anda bisa mengunduh Astra secara gratis, tapi jika ingin lebih banyak fitur, tersedia versi premium seharga $47/tahun. Dengan versi premium ini, Anda akan mendapatkan WooCommerce template kustom, bantuan langsung, dan pelatihan ekstensif.

PREVIEW / UNDUH

2. Zigcy Lite

WooCommerce template Zigcy Lite

  • Unduhan: 3,000+
  • Rating: 5/5
  • Fitur unggulan: slider dan bagian promo, integrasi mendalam dengan WooCommerce
  • Paling cocok untuk: toko baju, elektronik, perhiasan, perabotan
  • Harga: gratis

Jika memerlukan WooCommerce theme gratis untuk memulai website e-commerce Anda, Zigcy Lite bisa menjadi opsi yang tepat. Theme WooCommerce ini dilengkapi dengan tiga layout demo yang bisa Anda impor dengan sekali klik untuk memulai toko online dengan cepat.

Selain itu, theme WooCommerce yang dioptimalkan sepenuhnya untuk SEO ini juga kompatibel dengan Elementor, memungkinkan Anda mengubah desain web menggunakan page builder drag-and-drop. 

PREVIEW / UNDUH

3. Woostify

Theme WooCommerce Woostify

  • Unduhan: 8,000+
  • Rating: 5/5
  • Fitur unggulan: langkah checkout yang jelas, galeri video, pengoptimalan video
  • Paling cocok untuk: toko baju
  • Harga: freemium

Woostify merupakan salah satu WooCommerce theme terbaik yang dioptimalkan untuk kecepatan. Tema ini mematuhi WordPress Coding Standards, yang menjamin kompatibilitasnya dengan versi terbaru WordPress dan WooCommerce.

Tema WooCommerce untuk toko online ini menyertakan beberapa layout halaman produk, serta sistem checkout beberapa langkah yang mendetail. Ada juga fitur galeri video jika Anda ingin mengunggah video ke halaman produk.

Woostify menawarkan tiga paket berbayar, dengan harga mulai dari $49/year. Semua paket ini menyertakan bantuan selama satu tahun serta update dan akses ke add-on tingkat lanjut.

PREVIEW / UNDUH

4. WooCommerce Storefront

WooCommerce Storefront

  • Unduhan: 4,000,000+
  • Rating: 4.5/5
  • Fitur unggulan: dikembangkan oleh WooCommerce, rancang untuk penggunaan langsung dengan opsi ekstensi WooCommerce
  • Paling cocok untuk: semua kategori produk
  • Harga: gratis

Storefront memiliki layout yang responsive, yang berarti tema ini akan tetap terlihat keren pada semua perangkat yang digunakan pengunjung. Anda bisa menggunakan WordPress Customizer atau plugin kustom untuk memodifikasi desain website dan menyesuaikannya dengan brand Anda.

Tampilkan produk terbaru atau best-selling di homepage Anda untuk menarik pelanggan potensial. WooCommerce menawarkan Ekstensi Storefront yang tersedia gratis atau cukup dengan pembelian satu kali apabila Anda memerlukan kustomisasi lebih lanjut.

PREVIEW / UNDUH

5. Shophistic Lite

Shophistic Lite

  • Unduhan: 2,000+
  • Rating: 4/5
  • Fitur unggulan: desain yang rapi, mendukung beberapa bahasa
  • Paling cocok untuk: toko baju
  • Harga: gratis

Shophistic Lite merupakan WooCommerce theme dengan gaya minimalis. Meski begitu, tidak ada batasan untuk mencantumkan produk, dan Anda bisa membuat menu kustom dengan mudah serta menambahkan ikon media sosial.

Desain tema ini tampak rapi dan elegan, menjadikannya sebagai salah satu theme WooCommerce terbaik untuk perusahaan busana.

Namun, versi gratisnya tidak menyertakan fitur seperti tampilan multiproduk atau visual composer. Anda harus membeli versi premium seharga $59/tahun untuk mengakses opsi tersebut.

PREVIEW / UNDUH

6. MaxStore

Maxstore

  • Unduhan: 1,000+
  • Rating: 4.5/5
  • Fitur unggulan: tutorial video, wishlist 
  • Paling cocok untuk: toko baju, toko olahraga
  • Harga: freemium

MaxStore merupakan free WooCommerce theme yang cocok untuk menjual produk olahraga dan fitness. Versi gratisnya kompatibel dengan plugin YITH WooCommerce Wishlist dan menyertakan fitur WooCommerce bawaan.

Theme WooCommerce gratis ini juga menawarkan kustomisasi sidebar, tab homepage, dan preview real-time untuk melihat perubahan yang sudah Anda lakukan. Tersedia juga dokumentasi dan tutorial video yang lengkap untuk membantu Anda memulai.

Untuk mengakses opsi tingkat lanjut seperti countdown penjualan dan menampilkan kategori produk di homepage, Anda harus membeli versi premium MaxStore, yang tersedia hanya seharga $49 untuk penggunaan seumur hidup.

PREVIEW / DOWNLOAD

7. OceanWP

OceanWP

  • Unduhan: 700,000+
  • Rating: 5/5
  • Fitur unggulan: loading cepat, dialog add-to-cart floating, pop-up cart
  • Paling cocok untuk: segala toko
  • Harga: gratis

OceanWP merupakan WooCommerce theme serbaguna yang cukup populer dan cocok untuk berbagai kategori produk. Selain integrasi WooCommerce, tema ini menyertakan fitur dialog add-to-cart floating dan pop-up shopping cart untuk meningkatkan pengalaman berbelanja pelanggan.

WooCommerce themes gratis untuk toko online ini juga kompatibel dengan sejumlah page builder drag-and-drop WordPress sehingga Anda bisa mengustomisasinya dengan mudah. Jika memerlukan lebih banyak fitur, OceanWP menawarkan beberapa ekstensi dalam versi gratis maupun berbayar.

PREVIEW / UNDUH

8. Shopstar

Shopstar

  • Unduhan: 600+
  • Rating: 5/5
  • Fitur unggulan: desain yang fully-responsive, integrasi dengan beberapa plugin WordPress 
  • Paling cocok untuk: toko baju
  • Harga: freemium

Shopstar menyuguhkan gaya yang simpel dan stylish. WooCommerce theme ini cocok untuk toko baju, dengan desain minimalis nan elegan yang akan memberikan sorotan pada produk Anda.

Tema ini memiliki tiga template halaman berbeda yang bisa Anda pilih: sidebar kanan, sidebar kiri, dan lebar penuh. Untuk mengakses lima template dan fitur tambahan agar anda bisa menyempurnakan toko WooCommerce Anda, tersedia versi premium Shopstar hanya seharga $25.

PREVIEW / UNDUH

9. Customify

Themes WooCommerce Customify

  • Unduhan: 40,000+
  • Rating: 5/5
  • Fitur unggulan: optimasi SEO dan kecepatan, opsi kustomisasi lengkap
  • Paling cocok untuk: semua situs e-commerce
  • Harga: free

Customify adalah WooCommerce theme yang paling fleksibel. Tema ini memiliki header dan footer builder yang sangat mudah digunakan, memungkinkan Anda membuat layout header yang unik untuk halaman mobile.

Selain itu, Customify dirancang secara khusus untuk memudahkan penggunaan page builder. Tema ini juga kompatibel dengan delapan builder WordPress yang berbeda sehingga Anda memiliki banyak opsi untuk mengustomisasi website.

Kemudian, Customify memungkinkan Anda mengimpor website dengan mudah sehingga Anda bisa memulai toko e-commerce dengan cepat.

PREVIEW / UNDUH

10. eStore

eStore

  • Unduhan: 10,000+
  • Rating: 5/5
  • Fitur unggulan: loading cepat, mudah dikustomisasi, kompatibel dengan beberapa page builder
  • Paling cocok untuk: semua kategori produk
  • Harga: gratis

eStore juga kompatibel sepenuhnya dengan WooCommerce dan plugin YITH WooCommerce Wishlist. Theme WooCommerce gratis ini sangat mudah dikustomisasi sehingga Anda bisa menyesuaikannya dengan berbagai jenis toko online. 

Dengan tema ini, Anda bisa menggunakan page builder WordPress seperti Brizy untuk membuat layout kustom bagi toko online Anda. Di samping itu, eStore menyertakan widget, warna, dan tipografi kustom untuk menunjukkan produk dan brand Anda secara lebih profesional. 

PREVIEW / UNDUH

Daftar WooCommerce Theme Premium Terbaik

Apabila tidak memerlukan banyak fitur dan hanya memiliki alokasi budget terbatas, tema gratis mungkin sudah cukup untuk Anda. Namun, jika ingin fitur yang lebih advanced, cobalah menggunakan tema premium.

Nah, berikut ini kami juga memiliki rekomendasi WooCommerce theme terbaik dan fitur apa saja yang ditawarkannya.

1. Divi

Divi

  • Unduhan: 700,000+
  • Rating: 5/5
  • Fitur unggulan: integrasi page builder, 100+ website pack
  • Paling cocok untuk: semua toko WooCommerce
  • Harga: $89 untuk langganan tahunan, $249 untuk lisensi seumur hidup

Divi merupakan salah satu WooCommerce theme terbaik yang serbaguna. Tema ini memiliki integrasi page builder yang memudahkan Anda mendesain toko online Anda. 

Dengan versi premium ini, Anda mendapatkan 21 paket layout untuk website eCommerce, dan tiap-tiapnya menyertakan desain siap pakai untuk berbagai halaman. Menggabungkan layout ini dengan page builder, Anda pun bisa mendesain website yang sempurna dengan cepat tanpa perlu repot. 

Divi menawarkan tema ini sebagai langganan tahunan atau sekali pembelian. Keduanya juga memungkinkan Anda menggunakan theme WooCommerce ini untuk website dalam jumlah tak terbatas, serta menyediakan bantuan premium 24/7.

PREVIEW / UNDUH

2. Artemis

Artemis

  • Unduhan: 1,000+
  • Rating: 5/5
  • Fitur unggulan: widget Elementor, desain yang classy dan rapi
  • Paling cocok untuk: toko baju dan aksesori
  • Harga: mulai dari $59/lisensi

Artemis merupakan WooCommerce theme serbaguna yang dilengkapi dengan plugin premium.

Tema ini kompatibel dengan page builder drag-and-drop Visual Composer dan WPBakery. Namun, saat menggunakan Elementor, Anda akan mendapatkan akses ke 18 widget kustom dan website siap pakai yang didesain khusus untuk eCommerce.

Di samping itu, Artemis menyertakan banyak situs demo elegan dan stylish yang bisa Anda impor dengan sekali klik. Kemudian, fitur lain yang disertakannya mencakup quick-view produk, wishlist bawaan, dan menu shopping cart.

Secara keseluruhan, tema ini menawarkan paket yang lengkap untuk memulai toko online Anda.

PREVIEW / UNDUH

3. Metro

Metro

  • Unduhan: 2,000+
  • Rating: 5/5
  • Fitur unggulan: desain minimalis, plugin bawaan, SEO friendly
  • Paling cocok untuk: semua toko e-commerce
  • Harga: mulai dari $59/lisensi 

Metro menjadi salah satu theme WooCommerce terbaik dengan gaya minimalis. Tema ini menyertakan tujuh layout homepage siap pakai dengan elemen yang lugas dan modern.

Bagi Anda yang menginginkan desain yang fokus pada produk dan layanan, bukan pada fitur website, tema ini adalah pilihan yang tepat.

Kemudian, tema ini menyertakan beberapa plugin, seperti Variation Images Gallery, dan kompatibel dengan Yoast SEO.

Dalam hal kustomisasi, Metro menawarkan berbagai gaya header dan kombinasi warna tak terbatas.  

PREVIEW / UNDUH

4. Hongo

Hongo

  • Unduhan: 1,000+
  • Rating: 5/5
  • Fitur unggulan: hotspot foto, tampilan produk 360°
  • Paling cocok untuk: toko fashion dan perabotan
  • Harga: mulai dari $59/license

Hongo juga merupakan theme WooCommerce terbaik yang serbaguna, dilengkapi dengan berbagai fitur untuk membantu Anda membangun toko online yang mengagumkan.

Tema ini memiliki fitur hotspot yang memungkinkan Anda menambahkan pin pada gambar untuk menautkannya ke produk tertentu. Elemen keren lainnya adalah Anda bisa mengunggah beberapa foto produk untuk membuat tampilan 360°.

Selain itu, Hongo juga terintegrasi tanpa masalah dengan Mailchimp untuk membuat kampanye email marketing menggunakan newsletter plugin for WordPress terpopuler.

Singkatnya, Hongo adalah theme WooCommerce terbaik bagi toko yang memerlukan tool tambahan untuk meng-highlight detail produknya.

PREVIEW / UNDUH

5. Goya

Goya

  • Unduhan: 2,000+
  • Rating: 5/5
  • Fitur unggulan: popup login, opsi halaman checkout
  • Paling cocok untuk: toko dekorasi dan baju
  • Harga: mulai dari $29/lisensi

Jika Anda mencari WooCommerce theme dengan tampilan yang modern dan minimalis, Goya bisa menjadi pilihan yang tepat. 

Fitur yang disertakannya mencakup plugin seperti WPBakery dan Slider Revolution, memungkinkan Anda mengakses layout siap pakai serta slideshow builder drag and drop.

Goya juga menyertakan 10 situs demo yang cocok untuk toko dekorasi serta fashion online. Di samping itu, jika Anda ingin menambahkan gambar sendiri, versi demo basic-nya hanya memuat placeholder.

Tool lain yang disertakan tema ini mencakup popup login, diagram mini, dan tampilan ringkas produk. Terdapat juga dua opsi halaman checkout, yaitu checkout single-page dan bertahap.

PREVIEW / UNDUH

6. TheGem

TheGem

  • Unduhan: 50,000+
  • Rating: 5/5
  • Fitur unggulan: 400+ demo, layout serbaguna 
  • Paling cocok untuk: bisnis kreatif
  • Harga: mulai dari $59/lisensi

TheGem merupakan WooCommerce theme yang serbaguna dengan performa yang cukup baik, serta menawarkan template kreatif yang beragam. Tema ini kompatibel dengan plugin WooCommerce untuk membangun website eCommerce modern.

Anda tidak akan kehabisan pilihan dengan tema ini karena menyediakan lebih dari 400 template dan layout halaman. Kemudian, TheGem juga memiliki footer dengan widget yang memungkinkan Anda menambahkan widget kustom sesuai keinginan.

Fitur kustomisasi lainnya meliputi mega menu, video, dan background dengan parallax effect. Anda juga bisa menampilkan tabel harga dan testimoni konsumen di toko WooCommerce Anda dengan elemen konten yang tersedia.

PREVIEW / UNDUH

7. PeakShops

Themes WooCommerce Peakshops

  • Unduhan: 1,000+
  • Rating: 5/5
  • Fitur unggulan: pengoptimalan kecepatan, layout halaman produk unlimited
  • Paling cocok untuk: semua jenis toko eCommerce
  • Harga: mulai dari $59/lisensi

PeakShops juga merupakan salah satu WooCommerce themes terbaik untuk membuat toko online. Tema ini memiliki demo siap pakai untuk bisnis perabotan, elektronik, winery, dan banyak lagi.

Theme WooCommerce ini juga menyertakan layout toko yang fleksibel dan variasi halaman produk unlimited. Dengan fitur seperti like sampel produk, listing, dan gaya kategori, PeakShops akan sangat memudahkan Anda membangun toko online dengan tampilan yang modern dan efisien.

PREVIEW / DOWNLOAD

8. Rey

Rey

  • Unduhan: 2,000+
  • Rating: 5/5
  • Fitur unggulan: manajemen dependensi, widget AJAX
  • Paling cocok untuk: toko baju, perabotan, kesenian
  • Harga: mulai dari $59/lisensi

Rey adalah theme WooCommerce yang memiliki tampilan rapi dan stylish. Tema ini menawarkan banyak pilihan situs dan halaman siap pakai untuk bisnis fashion, furnitur, dan kesenian Anda.

Dengan mengimpor salah satu demo yang tersedia, Anda dapat menggunakan fitur manajemen dependensinya guna memilih plugin mana yang akan diinstal di website WordPress Anda. Jadi, Anda tidak akan kerepotan dengan banyaknya plugin yang tidak perlu.

Tema Rey kompatibel dengan page builder Elementor untuk mempermudah proses kustomisasi. Untuk meningkatkan UX konsumen, Rey juga menyertakan widget WooCommerce seperti pencarian dan navigasi AJAX.

PREVIEW / UNDUH

9. Lens

WooCommerce theme Lens

  • Unduhan: 4,000+
  • Rating: 5/5
  • Fitur unggulan: integrasi video, lebih dari satu galeri, dan layout portofolio
  • Paling cocok untuk: fotografi, toko kesenian
  • Harga: $75/tahun atau $95/sekali pembelian

Lens adalah tema fotografi WordPress yang mendukung WooCommerce. Tema ini bisa mengubah website fotografi Anda menjadi toko online untuk menjual foto digital, foto cetak, dan karya seni lainnya.

Ada lebih dari satu layout galeri yang bisa Anda pilih. Untuk bagian toko, terdapat layout masonry (seperti tumpukan batu bata) dengan efek hover yang menarik pada thumbnail-nya.

PREVIEW / UNDUH

10. Velure

Theme WooCommerce Velure

  • Unduhan: 75,000
  • Rating: 5/5
  • Fitur unggulan: one-click update, kolom Instagram terintegrasi
  • Paling cocok untuk: toko baju
  • Harga: $69/tahun

Velure didesain khusus untuk para blogger fashion dan gaya hidup, serta kompatibel dengan WooCommerce untuk membantu Anda membangun website eCommerce yang stylish.

Untuk fiturnya, tema ini menyediakan kolom Instagram yang terintegrasi untuk membantu Anda mempromosikan toko online melalui online presence. Velure adalah theme WooCommerce yang tepat bagi para blogger yang ingin mulai menjual produk secara online.

PREVIEW / UNDUH

Daftar Theme Toko Online WordPress Gratis Terbaik

Tema toko online WordPress gratis benar-benar tidak mengharuskan Anda merogoh kocek sepeser pun. Fitur dan pembaruan yang tersedia mungkin lebih sedikit, tapi biasanya semua itu sudah cukup untuk membantu Anda memulai toko eCommerce.

1. Astra

Theme toko online WordPress Astra

  • Unduhan: 1,200,000+
  • Rating: 5/5
  • Paling cocok untuk: semua tipe bisnis online
  • Harga: gratis (versi premium seharga $59/tahun sampai $523/tahun)

Seperti tema WooCommerce di atas, Astra juga merupakan salah satu template toko online WordPress yang paling populer saat ini. Astra kompatibel dengan berbagai page builder, seperti Elementor, Visual Composer, dan Beaver Builder. 

Theme ecommerce WordPress ini sangat mudah dikustomisasi dan memiliki berbagai template eCommerce sehingga cocok untuk niche pasar eCommerce apa pun. Astra juga menyertakan banyak add-on dan widget kustom untuk menambahkan lebih banyak fitur ke situs Anda.

Sebagai tema WordPress yang ringan, waktu loading Astra mencapai kurang dari 0,5 detik

Kemudian, Anda bisa membuat website multibahasa dengan tema ini untuk menjangkau lebih banyak calon pelanggan di seluruh dunia. Terjemahkan bahasa apa pun dengan file .po dan .mo agar pengunjung dari berbagai negara bisa menampilkan website Anda dalam bahasa mereka.

PREVIEW / UNDUH

2. Zakra

Zakra

  • Unduhan: 50,000+
  • Rating: 5/5
  • Paling cocok untuk: semua jenis toko
  • Harga: gratis (versi premium seharga $69/tahun sampai $299/tahun)

Zakra menyediakan lebih dari 50 demo desain siap pakai, yang tentunya sangat banyak untuk sebuah theme toko online WordPress gratis. 

Ukurannya juga cukup ringan, dan sudah terintegrasi dengan plugin WooCommerce. Zakra berfokus pada dua kualitas utama situs eCommerce: kecepatan dan pengalaman berbelanja yang luar biasa.

Theme ecommerce WordPress ini juga AMP-ready, yang berarti website Anda akan langsung mobile-optimized jika menggunakan tema ini. Fitur seperti ini cukup penting agar website Anda mendapatkan peringkat yang baik di mesin pencari. 

Desain layout menu tema ini untuk perangkat mobile juga sangat mudah dikustomisasi, tapi Anda harus menggunakan versi premium untuk memanfaatkannya.

PREVIEW / DOWNLOAD

3. Rife Free

Tema toko online WordPress Rife Free

  • Unduhan: 30,000+
  • Rating: 5/5
  • Paling cocok untuk: toko fashion atau desain
  • Harga: gratis (versi premium seharga $39/tahun sampai $219/tahun)

Rife Free juga merupakan salah satu opsi tema toko online WordPress terbaik untuk toko fashion dan desain. Tema serbaguna ini fokus pada bisnis online yang memerlukan banyak elemen visual. 

Kompatibilitasnya dengan WooCommerce sangat berguna untuk toko eCommerce, dengan tujuh pilihan demo agar Anda lebih bebas mengustomisasinya.

Fitur Live Preview yang disediakan tema ini memungkinkan Anda melihat secara real-time perubahan yang diterapkan pada situs Anda. Selain itu, Anda bisa menjadwalkan perubahan untuk rilis berikutnya sehingga bisa mengatur peluncuran produk baru dan event lainnya secara lebih efektif.

Anda juga bisa melakukan upgrade ke Rife Pro untuk mendapatkan fitur yang lebih canggih, seperti halaman HTML 404 kustom, yang sebenarnya cukup penting tapi sering dilewatkan.

PREVIEW / UNDUH

4. SparkleStore

SparkleStore

  • Unduhan: 1,000+
  • Rating: 4/5
  • Paling cocok untuk: segala jenis toko
  • Harga: gratis (versi premium seharga $59/tahun sampai $399/tahun)

SparkleStore bisa diintegrasikan sepenuhnya dengan plugin WooCommerce untuk mengubah website Anda menjadi toko online. 

Anda bisa menggunakannya untuk produk apa pun, mulai dari retail hingga unduhan digital. Tema ini juga bisa memfasilitasi berbagai kalangan audiens berkat kompatibilitasnya dengan plugin multibahasa dan dukungan bahasa RTL (right to left). 

Kompatibilitas SparkleStore dengan plugin page builder populer, seperti Gutenberg, Elementor, dan Beaver Builder, membuat kustomisasi toko menjadi lebih mudah dan cepat. SparkleStore juga menawarkan pembaruan dan dukungan lanjutan seumur hidup tanpa biaya tambahan, memastikan situs Anda selalu up-to-date dan aman sepanjang waktu.

PREVIEW / UNDUH

5. Shops

Shops

  • Unduhan: 400+
  • Rating: 5/5
  • Paling cocok untuk: segala jenis toko
  • Harga: gratis (versi premium seharga $39/lisensi)

Shops merupakan theme toko online WordPress yang serbaguna. Tema ini kompatibel dengan Gutenberg, memudahkan Anda mengustomisasi situs eCommerce Anda langsung dari dashboard WordPress. 

Selain itu, Shops juga mendukung plugin WooCommerce. Opsi kustomisasinya sudah lebih dari cukup untuk memulai toko online, seperti logo header untuk menunjukkan identitas brand Anda dan tombol “kembali ke atas” untuk pengalaman pelanggan yang lebih baik.

Versi premiumnya tersedia dengan fitur lanjutan seperti zoom produk untuk melihat produk lebih dekat, opsi gambar parallax untuk home page yang lebih menarik, dan bagian testimonial sebagai social proof.

PREVIEW / UNDUH

6. OceanWP

Theme ecommerce WordPress OceanWP

  • Unduhan: 3,400,000+
  • Rating: 5/5
  • Paling cocok untuk: tipe toko apa pun
  • Harga: gratis (versi premium seharga $39/lisensi sampai $129/lisensi

OceanWP cocok untuk industri apa pun karena fitur eCommerce bawaannya akan sangat berguna bagi segala jenis toko online. Theme toko online WordPress ini juga terintegrasi dengan WooCommerce dan kompatibel dengan delapan page builder populer.

Kemudian, OceanWP merupakan tema yang fully responsive dan retina-ready untuk menyempurnakan pengalaman pelanggan Anda. 

Manfaatkan fitur seperti kolom Add to Cart bergaya floating, dan tombol Add to Cart yang dinamis. 

PREVIEW / UNDUH

7. Sydney

Sydney

  • Unduhan: 100,000+
  • Rating: 5/5
  • Paling cocok untuk: toko yang perlu banyak kustomisasi 
  • Harga: gratis (versi premium seharga $59/tahun)

Sydney merupakan tema bisnis yang mampu memenuhi segala kebutuhan website eCommerce. 

Tema toko online WordPress ini menawarkan banyak sekali opsi kustomisasi dan memberi Anda akses penuh ke library Google Fonts. Panel opsi Sydney juga memungkinkan Anda mengubah tampilan situs melalui layout dan warnanya.

Lebih kerennya lagi, Sydney menyediakan header sticky yang memudahkan pelanggan Anda menjangkau kolom menu dan shopping cart kapan pun saat berbelanja karena keduanya selalu tersedia di bagian atas.

Selain itu, tema ini juga menyertakan fitur media sosial dalam bentuk ikon sehingga pengunjung dapat menemukan Anda di platform lainnya. 

Baik versi gratis maupun berbayar tema ini menyertakan update rutin, mencakup perbaikan bug dan fitur baru. Versi premiumnya juga menyertakan demo toko dan akses 24/7 ke bantuan pelanggan.

PREVIEW / UNDUH

8. Castell

Template toko online WordPress Castell

  • Unduhan: 100+
  • Paling cocok untuk: toko yang hanya perlu kustomisasi standar
  • Harga: gratis

Desain tema Castell berfokus pada perusahaan dan agensi. Namun, homepage miliknya yang terdiri dari beberapa bagian juga bisa menampilkan sejumlah produk sehingga Anda bisa menggunakannya sebagai theme toko online WordPress. 

Waktu loading Castell cukup cepat, dan tema ini benar-benar gratis. Desainnya yang simpel menyertakan berbagai opsi kustomisasi, memungkinkan Anda menyesuaikan elemen tema seperti background, layout halaman, dan slider sesuai preferensi.

Kemudian, Castell juga mendukung semua plugin WordPress populer, termasuk WooCommerce. Terdapat juga beberapa fitur SEO untuk membantu menaikkan peringkat situs Anda di mesin pencari.

PREVIEW / UNDUH

9. Storeship

Storeship

  • Unduhan: 600+
  • Rating: 3/5
  • Paling cocok untuk: segala jenis toko
  • Harga: gratis (versi premium seharga $59/lisensi sampai $599/lisensi)

Storeship merupakan template toko online WordPress yang serbaguna. Desainnya yang rapi cocok untuk toko eCommerce di berbagai industri, mulai dari industri fashion hingga makanan. 

Tema ini mendukung live editing dengan fitur customizer miliknya sendiri, memungkinkan Anda melihat perubahan langsung saat dibuat. Storeship juga merupakan tema yang fully responsive sehingga tampilannya tetap sesuai di perangkat seluler maupun desktop.

Tombol Add to Cart pada tema ini bersifat dinamis sehingga pembeli bisa langsung menambahkan item yang diinginkan tanpa harus menutup halaman produk. Tersedia juga opsi untuk menampilkan badge pembayaran aman di panel opsinya. Dengan demikian, Anda bisa meyakinkan pengunjung bahwa transaksi di website Anda aman dan terproteksi.

PREVIEW / UNDUH

10. ShoppingCart

ShoppingCart

  • Unduhan: 10,000+
  • Rating: 5/5
  • Paling cocok untuk: toko yang memiliki banyak kategori produk
  • Harga: gratis (versi premium seharga $59/tahun sampai $99/tahun)

ShoppingCart merupakan theme eCommerce WordPress yang ekstensif. Tema ini menawarkan pengaturan kustomisasi yang mudah, seperti menu sosial dan navigasi, pilihan untuk menampilkan logo, dan widget yang beragam.

Untuk fitur media sosial, ShoppingCart memiliki banyak ikon sosial yang memungkinkan pelanggan mengeklik share pada produk Anda dan mengikuti Anda di medsos.

Namun, untuk mendapatkan bantuan cepat, Anda harus membeli paket premium.

PREVIEW / UNDUH

Daftar Tema Toko Online WordPress Premium Terbaik

Tema eCommerce premium biasanya menyertakan lebih banyak fitur dan pembaruan otomatis dibanding tema gratis. Jika saat ini masih menggunakan tema gratis, ada baiknya Anda meng-upgrade ke versi premium untuk memenuhi kebutuhan toko online Anda yang terus bertambah.

Berikut daftar theme toko online WordPress terbaik versi premium/berbayar.

1. Divi

Divi

  • Unduhan: 700,000+
  • Rating: 5/5
  • Paling cocok untuk: toko yang harus tampil kreatif dengan banyak opsi desain
  • Harga: $89/tahun atau $249/lisensi

Divi menjadi tema toko online WordPress dengan penjualan terbanyak dalam daftar ini berkat desainnya yang keren dan fiturnya yang canggih.

Tema ini menyertakan Divi Builder, yaitu page builder drag-and-drop yang dirancang untuk membantu Anda mengustomisasi layout dan desain situs. Terdapat juga beberapa layout siap pakai untuk mempercepat pekerjaan Anda.

Kemudian, Divi memungkinkan Anda mengatur desain website sesuka hati dengan mengelola semua elemennya. Fitur pencarian pengaturan yang tersedia akan menghemat waktu Anda saat mencari opsi yang ingin diubah.

Selain itu, Divi juga bisa diintegrasikan dengan Slider Revolution, yang akan semakin memudahkan kustomisasi tema ini. Fitur tambahan ini akan menyempurnakan tampilan konten visual situs Anda dan mengoptimalkan pengalaman pengguna.

Apabila merasa bingung dengan banyaknya opsi elemen Divi, coba gunakan sistem split testing bawaannya untuk menguji desain terhadap satu sama lain. Dengan demikian, Anda pun tahu opsi mana yang performanya paling baik untuk kebutuhan Anda. 

PREVIEW / UNDUH

2. Shopkeeper

Shopkeeper

  • Unduhan: 31,000+
  • Rating: 5/5
  • Paling cocok untuk: segala jenis toko
  • Harga: $59/lisensi

Shopkeeper merupakan template website ecommerce yang cukup populer untuk WordPress dan terintegrasi dengan with WooCommerce. 

Jika ingin memanfaatkan website sebagai katalog atau etalase produk, tema ini menyediakan opsi untuk menonaktifkan fungsi eCommerce situs menggunakan Catalog Mode. Apabila ingin mulai menjual lagi, aktifkan kembali opsi tersebut.

Paket Shopkeeper menyertakan WPBakery Page Builder, termasuk beberapa plugin premiumnya. Tema ini juga kompatibel dengan editor Gutenberg WordPress, plugin page builder Elementor, dan Visual Composer, memberi Anda banyak opsi untuk mengustomisasi layout situs.

PREVIEW / UNDUH

3. TheGem

The Gem

  • Unduhan: 53,000+
  • Rating: 5/5
  • Paling cocok untuk: segala jenis toko
  • Harga: $59/lisensi reguler atau $2900/lisensi extended

TheGem mendukung dua website builder drag-and-drop terpopuler, yaitu Visual Composer dan Elementor. Dengannya, Anda bisa membuat layout sesuai preferensi dan kebutuhan Anda. Tema TheGem juga menyertakan akses ke ratusan template untuk berbagai tujuan, termasuk template e-commerce.

Desain theme toko online WordPress ini memiliki storefront yang cantik, dengan efek rollover menarik yang menampilkan gambar alternatif saat Anda mengarahkan mouse ke thumbnail-nya. Selain itu, tema ini juga ringan, mudah digunakan, serta memiliki performa dan kecepatan yang luar biasa. 

Lebih kerennya lagi, TheGem juga mendukung penerjemahan ke bahasa lain dengan integrasi integrasi WPML yang disertakannya.

PREVIEW / UNDUH

4. Savoy

Savoy

  • Unduhan: 10,000+
  • Rating: 5/5
  • Paling cocok untuk: toko dengan desain modern dan minimalis
  • Harga: $59/lisensi

Desain Savoy yang modern dan minimalis sangat cocok untuk memamerkan produk yang juga bergaya modern. Tema toko online WordPress ini dirancang untuk mendukung platform WooCommerce yang sudah kaya akan fitur, menawarkan paket yang saling berpadu untuk memulai bisnis online Anda. 

Savoy memungkinkan Anda merancang segala bentuk desain yang Anda inginkan dengan Visual Composer miliknya, kemudian menyajikan produk jualan Anda dalam tampilan yang lebih menarik dengan plugin Slider Revolution. Berbagai opsi kustomisasi theme toko online WordPress ini dijamin akan menyempurnakan halaman produk Anda dan membuat calon pelanggan tertarik membeli produk Anda.

PREVIEW / UNDUH

5. Metro

Metro

  • Unduhan: 2,100+
  • Rating: 5/5
  • Paling cocok untuk: toko multivendor dengan desain minimal
  • Harga: $29/lisensi reguler atau $3000/lisensi extended

Metro merupakan salah satu template website eCommerce terbaik untuk WordPress dalam kategori desain minimal. 

Antarmukanya yang tidak bertele-tele memberikan UX yang lancar bagi calon pembeli Anda. Desainnya yang classy dan simpel memberikan spotlight pada konten Anda sehingga fokus pengunjung akan lebih terarah pada produk Anda. 

Tema Metro menyertakan beberapa plugin premium WooCommerce, seperti Variation Swatches Pro. Plugin ini menyempurnakan halaman produk Anda agar tampak lebih menarik dengan memungkinkan pengunjung melihat variasi warna produk yang tersedia.

Theme toko online WordPress ini juga memiliki tujuh template multihalaman yang akan membantu Anda menghemat waktu untuk mendesain layout dari nol. 

Toko online Anda merangkul beberapa vendor? Tenang, Metro mendukung plugin Dokan Multivendor. Dengan demikian, Anda pun bisa memfasilitasi tipe toko marketplace online dan manajemen pesanan yang rumit.

PREVIEW / UNDUH

6. Flatsome

Flatsome

  • Unduhan: 150,000+
  • Rating: 5/5
  • Paling cocok untuk: segala jenis toko
  • Harga: $59/lisensi reguler atau $2950/lisensi extended

Flatsome juga merupakan salah satu template toko online WordPress premium terbaik. Ada banyak fitur eCommerce bawaan yang disertakannya, yang berarti user tidak perlu mengunduh plugin tambahan.

Template website toko online untuk WordPress ini sudah disertai dengan plugin WooCommerce, yang akan mengubah website Anda menjadi toko online hanya dengan beberapa klik. UX Builder Flatsome akan membantu Anda mengustomisasi elemen website, termasuk dropdown kustom dan pencarian langsung.

Selain itu, tema ini juga memiliki banyak library elemen dan desain dalam koleksinya sendiri, Flatsome Studio. Tersedia lebih dari 300 layout, bagian, dan elemen siap pakai yang bisa Anda tambahkan ke toko online Anda cukup dengan sekali klik.

PREVIEW / UNDUH

7. Nitro

Nitro

  • Unduhan: 4,800+
  • Rating: 5/5
  • Paling cocok untuk: segala jenis toko
  • Harga: $59/lisensi reguler atau $2950/lisensi extended

Sebagai salah satu template toko online WordPress premium, Nitro mampu memenuhi kebutuhan penting setiap situs eCommerce: UX yang intuitif, performa super cepat, dan fungsionalitas yang bisa meningkatkan penjualan.

Nitro memiliki banyak template website toko online untuk berbagai industri, mulai dari bisnis perhiasan hingga alat elektronik. Semua desainnya memiliki tampilan yang minimalis dan rapi, menempatkan konten Anda di area yang paling menarik perhatian pengunjung.

Developer tema Nitro juga menyertakan tiga desain demo baru setiap bulannya secara gratis sehingga Anda bisa mencoba lebih banyak opsi desain. 

Kemudian, tema ini memiliki fungsionalitas toko online yang cukup canggih. Ada sejumlah fitur bawaan yang disertakannya, seperti pop-up promo, pencarian langsung, wishlist, dan widget kustom lainnya untuk menyempurnakan toko Anda.

PREVIEW / UNDUH

8. Hongo

Hongo

  • Unduhan: 1,900+
  • Rating: 5/5
  • Paling cocok untuk: toko eCommerce dengan konten blog
  • Harga: $59/lisensi reguler atau $3000/lisensi extended

Sebagai salah satu theme toko online WordPress, Hongo menyertakan 10 demo toko yang dirancang untuk berbagai jenis produk, mulai dari perhiasan hingga perabotan.

Tema WordPress ini juga memiliki fitur filter produk yang efektif untuk memudahkan pelanggan Anda menemukan produk yang mereka inginkan, juga dengan fitur quick view.

Hongo memiliki banyak template blog yang memungkinkan Anda mengumumkan rilis produk baru atau event mendatang, seperti diskon musiman.

Nah, tema ini juga fully-responsive dan dioptimalkan untuk SEO sehingga cocok untuk membuat toko WooCommerce, website perusahaan, dan blog profesional.

PREVIEW / DOWNLOAD

9. Merchandiser

Theme ecommerce WordPress Merchandiser

  • Unduhan: 2,300+
  • Rating: 4/5
  • Paling cocok untuk: web store dengan desain minimalis
  • Harga: $59/lisensi

Merchandiser juga merupakan salah satu template toko online WordPress yang memiliki desain minimalis. Fokus utamanya adalah efisiensi sehingga desain tema ini cukup rapi untuk menyajikan produk Anda secara efisien.

Gunakan Merchandiser untuk segala jenis produk, baik unduhan digital, barang fisik, maupun produk afiliasi. Tema ini memiliki fitur WooCommerce terbaik, seperti manajemen stok, laporan bisnis, dan perhitungan pajak, memungkinkan Anda mengontrol semua aspek toko online Anda di satu platform saja.

Plus, Merchandiser menggunakan plugin WPBakery Page Builder untuk fungsionalitas desainnya. Halaman produknya sangat terlihat, jelas, dan rapi sehingga mampu menarik perhatian pelanggan. 

Theme toko online WordPress ini juga diperbarui secara rutin agar toko online Anda selalu berfungsi dengan baik dan aman.

PREVIEW / UNDUH

10. Halena

Halena

  • Unduhan: 1,500+
  • Rating: 5/5
  • Paling cocok untuk: toko bergaya minimalis, rapi, modern, atau bergaya Nordic
  • Harga: $49/lisensi ($2950/lisensi extended)

Sudah ada beberapa tema bergaya minimalis yang kami sebutkan dalam artikel ini, tapi Halena menjadi satu-satunya theme toko online WordPress premium yang bergaya Nordic.

Nah, tema toko online WordPress ini menawarkan empat layout demo yang cocok untuk toko eCommerce yang menjual barang-barang dengan gaya Nordic klasik. Anda juga bisa memadukan konten demo ini serta pengaturannya satu sama lain untuk mencoba lebih banyak opsi desain. 

Selain itu, Halena mendukung Visual Composer, website builder praktis yang memungkinkan Anda membangun toko online WordPress tanpa perlu ribet. Anda juga bisa menggunakan video pendek atau gambar produk 360 derajat agar pengunjung bisa melihat produk Anda dari berbagai sisi.

PREVIEW / UNDUH

Kesimpulan

Tampilan toko online menjadi faktor penting yang harus Anda perhatikan. Oleh karena itu, pilihlah WooCommerce theme yang sesuai dengan konsep toko, branding, dan bahkan produk jualan.

Baik WooCommerce theme maupun theme ecommerce WordPress, pastikan kedua kategori tema ini memiliki fitur terbaik untk mendukung keberadaan serta keberlangsungan toko online atau situs ecommerce Anda. Pada akhirnya, kenyamanan pengunjung dalam berbelanja menjadi poin yang harus selalu diperhatikan dan dipertimbangkan pada saat mendesain tampilan website.

Penulis

Author

Ariata C. / @ariata

Ariata suka sekali menulis dan menerjemahkan, dan sekarang ini bekerja sebagai translator di Hostinger Indonesia. Lewat artikel dan tutorial yang diterbitkan di blog Hostinger, Ariata ingin membagikan pengetahuan tentang website, WordPress, dan hal terkait hosting lainnya kepada para pembaca.

Tutorial pilihan

Tutorial terkait

Ketik balasan

Komentar*

Nama*

Email*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jadilah bagian dari Hostinger!