Cara Membeli Domain (Beserta Info Harga)

Cara Membeli Domain (Beserta Info Harga)

Nama yang unik dan singkat biasanya lebih mudah diingat. Betul, tidak? Hal yang sama juga berlaku untuk website. Agar ramai dan trafik terus meningkat, website membutuhkan nama yang catchy supaya bisa menarik lebih banyak pengunjung. Nah, nama ini erat kaitannya dengan domain. Domain tidak bisa langsung aktif dan digunakan. Anda harus tahu cara membeli domain terlebih dulu dan mendaftarkannya.

Cara daftar domain susah nggak? Tentu tidak. Langkah-langkahnya simpel (akan kita bahas lebih lanjut). 

Tapi kenapa harus beli domain? Hal ini tak lepas dari peranan penting domain dalam pembuatan website atau blog. Bagaimana blog atau website bisa online tanpa domain? Ya, kan?

Secara umum, berikut ini langkah-langkah untuk cara membeli domain:

  1. Lakukan riset singkat dan pilih layanan penyedia domain (misalnya, Hostinger)
  2. Pakai tool cek domain yang disediakan penyedia dan cek ketersediaan domain yang diinginkan.
  3. Jika tersedia, langsung tambahkan ke cart dan selesaikan pembayaran.
  4. Daftar domain untuk mendapatkan hak kepemilikan domain.

Nah, kalau Anda lebih suka menyimak melalui audio atau video, kami juga punya panduan yang bisa Anda tonton tanpa harus membaca artikel ini sampai bawah. Berikut videonya:

Tapi, apabila Anda ingin tahu lebih detailnya, silakan lanjutkan ke tutorial di bawah ini. Selamat membaca!

9 Tips Memilih Nama Domain

Jangan terburu-buru beli domain! Kenapa? Karena domain menentukan masa depan website. Tak hanya itu, domain juga memengaruhi impresi netizen manakala mereka berselancar di internet dan menemukan situs Anda. Sebaiknya, lakukan riset kecil-kecilan. Nah, untuk membantu Anda, kami sudah menyiapkan sembilan tips memilih domain:

  1. Riset sangat penting. Membuat dan memilih domain tidak sekadar bersandar pada nama yang terlintas di pikiran. Anda harus melibatkan niche atau topik website dan juga keinginan dan kebutuhan user. Cari tahu juga kata kunci dan istilah pencarian yang sedang trending dan populer saat ini. Siapa tahu kata kunci tersebut bisa memberi ide dan Anda akhirnya menemukan nama domain yang tepat yang bisa merepresentasikan website Anda.
  2. Buatlah nama domain semenarik dan sesingkat mungkin. Mana yang lebih mudah diingat dari nama seseorang? Nama lengkap atau nama panggilan, atau mungkin julukan? Tentu saja jawabannya adalah nama yang paling singkat. Sama halnya dengan nama domain. Kalau nama domain yang dibuat panjang dan berbelit-belit, tidak ada satu pun pengunjung yang bisa mengingatnya dengan cepat dan tepat. Oleh karena itu, buatlah nama domain yang singkat, catchy, dan menarik. 
  3. Pilih dan beli domain .com. Hampir sebagian besar website dan blog menggunakan ekstensi domain .com. Hal ini menandakan betapa populernya TLD ini. Jangkauannya juga lebih luas dan bisa mendunia. Tidak seperti domain .id atau .co.id yang hanya merangkul wilayah Indonesia saja.
  4. Pastikan tidak terbentur merek dagang. Domain merepresentasikan bisnis, dan sudah pasti memiliki merek dagang dan hak paten. Anda harus berhati-hati agar tidak terkena masalah di kemudian hari. Jadi, saat memilih nama domain, tipsnya adalah mencari opsi yang tidak bersinggungan dengan brand yang populer dan sudah memiliki posisi yang kuat di market. Ada banyak tool di internet yang bisa Anda manfaatkan untuk mengetahui info merek dagang sebelum mendaftarkan suatu domain.
  5. Jangan gunakan angka dan tanda penghubung. Penggunaan angka dan tanda penghubung memang membuat domain terlihat lebih bervariasi. Sayangnya, pemakaian kedua jenis karakter ini terkadang mendatangkan masalah. Sebagai contoh, Anda menggunakan karakter 0 (nol) di domain. Karena bentuknya mirip dengan huruf O, pengunjung bisa salah ketik. Contoh lain, Anda menyisipkan angka 2 di nama domain. Anggap saja pengunjung mengetik alamat website Anda sembari mengeja. Tidak menutup kemungkinan mereka akan mengetik dua dan bukannya 2. Bila tidak perlu, hindari penggunaan angka dan tanda penghubung.
  6. Cari alternatifnya. Domain juga berpotensi salah ketik. Untuk menghindari hal ini dan untuk memastikan trafik tetap mengarah ke website, Anda harus memikirkan alternatif dari nama domain yang digunakan. Contohnya, Amazon mendaftarkan nama domain yang diprediksi akan salah diketik, yaitu amzon.com. Atau Facebook dengan fb.com-nya. Meskipun penulisan domain ini salah, trafik tetap diarahkan ke website resmi Amazon atau Facebook. Nah, tips memilih nama domain ini harus tetap diingat, ya!
  7. Cek platform media sosial. Media sosial juga turut memengaruhi distribusi konten website, blog, bahkan pemasaran bisnis online. Nama domain bisa digunakan sebagai nama akun dan profil media sosial. Lakukanlah riset untuk mencari tahu apakah nama domain yang Anda inginkan sudah digunakan pengguna lain atau belum. Walaupun untuk saat ini Anda belum memiliki rencana apa pun di media sosial, tidak ada salahnya, kan, mengumpulkan infonya di awal?
  8. Anggap domain sebagai investasi jangka panjang. Investasi bukan berupa uang saja. Penggunaan domain yang tepat juga bisa dijadikan investasi jangka panjang. Jadi, kami sarankan jangan memilih domain hanya karena sedang nge-hype atau banyak digunakan. Memang, sih, sangat menggoda menggunakan sesuatu yang sedang digandrungi banyak orang. Tapi yang viral sesaat akan cepat dilupakan, bukan? Berpikirlah out of the box – temukan sesuatu yang unik dan tidak biasa.
  9. Berdiskusi dengan rekan. Tips memilih domain ini dilakukan ketika Anda merasa buntu, susah banget menemukan nama yang tepat. Buka ruang diskusi. Paparkan ide Anda ke hadapan teman, rekan, atau kalau perlu keluarga. Bisa jadi dari merekalah Anda mendapatkan inspirasi.

Cara Membeli Domain

Setelah tahu tips memilih nama domain, saatnya mengulik bagaimana cara membeli domain.

Sebelum melakukan pembelian, alangkah baiknya Anda mencari penyedia domain terlebih dulu. Pastikan si registrar-nya sudah terdaftar resmi di ICANN, ya. Misalnya saja Hostinger. Biasanya biaya registrasi domain bervariasi karena tergantung pada tipe ekstensi atau TLD. Range-nya mulai dari Rp15.533 sampai Rp1.015.965.

Berikut 5 langkah yang perlu diketahui seputar cara membeli domain.

Langkah 1 – Gunakan Tool Cek Domain

Setelah brainstorming beberapa nama domain, jangan terburu-buru untuk mendaftarkannya. Cek dulu ketersediaannya di tool khusus yang biasanya sudah disediakan oleh registrar. Di Hostinger, ada tool cari domain gratis yang dapat digunakan oleh siapa pun.

Cara membeli domain - cek ketersediaannya

FAQ: Apa yang harus saya lakukan jika nama domain yang saya inginkan tidak bisa didaftarkan karena telah digunakan orang lain?

Kalau nama domain sudah ada pemiliknya dan tidak bisa didaftarkan, ada beberapa tips nih dari kami:

  • Pakai ekstensi domain yang lain. Jangan hanya terpaku pada satu TLD saja. Misalnya, kalau nama domain dengan ekstensi .com sudah tidak tersedia, coba kombinasikan dengan opsi lain, misalnya .xyz, .tech, .icu, dan lain sebagainya.
  • Bikin versi yang panjang. Coba sisipkan artikel (bila nama domain dalam bahasa Inggris) “the” atau “a” ke nama domain Anda. Atau tambahkan kata seperti “sebuah” atau “satu”. Terserah Anda. Setidaknya versi yang baru tersedia untuk didaftarkan.
  • Hubungi pemilik domain. Anda tetap ingin menggunakan domain tersebut. Satu-satunya solusi adalah menghubungi pemiliknya dan melakukan tawar-menawar. Tapi untuk solusi ini, Anda harus menyiapkan sejumlah uang.

Langkah 2 – Cek Ketersediaan Nama Domain

Seperti yang sudah kami sebutkan di langkah 1, tersedia tool khusus untuk mengecek ketersediaan nama domain. Misalnya, nih, saat ini Anda sedang membuka halaman domain Hostinger. Masukkan nama domain yang diinginkan di kolom ‘Ketik nama domain’. Setelahnya akan muncul notifikasi ‘Sedang mengecek, silakan tunggu’. Itu berarti tool sedang mengecek ketersediaan nama domain dan di saat bersamaan mencari pilihan alternatif. Gunakan filter Ekstensi kalau Anda hanya ingin memeriksa ekstensi tertentu.

Beli domain - berbagai pilihan ekstensi

Langkah 3 – Pilih Domain

Kalau sudah selesai mengecek ketersediaan domain, segera tambahkan ke keranjang belanja dan checkout. Di Hostinger, terdapat tombol Tambah ke Cart jika Anda sudah mantap dengan domain yang dipilih.

Cara beli domain - Tambah ke Cart

Setelah itu, klik Checkout Sekarang dan Anda akan dihadapkan pada beberapa metode pembayaran. Pilih dan selesaikan transaksi.

Metode pembayaran domain

Langkah 4 – Registrasikan Domain Anda

Jika sudah bayar domain, Anda kini punya akses untuk masuk ke control panel dan menyelesaikan registrasinya. Lengkapi syarat yang diperlukan di bagian pengaturan.

Selesai beli domain

Isi semua kolom yang ada dengan detail yang valid. Nantinya detail ini akan tersimpan di database kepemilikan domain yang disebut WHOIS.

Registrasi domain

Tunggu beberapa saat sampai domain berhasil didaftarkan.

FAQ: Bisakah saya mengubah detail kepemilikan domain?

Tentu saja bisa. Anda hanya perlu masuk ke control panel dan membuka bagian manajemen atau kelola domain. Email konfirmasi terkait perubahan ini akan dikirimkan ke email Anda. Dibutuhkan waktu 24-72 jam bagi detail yang diubah untuk ditampilkan di database WHOIS.

Langkah 5 – Lakukan Verifikasi Terhadap Kepemilikan Domain Baru

Langkah terakhir dari cara daftar domain adalah verifikasi kepemilikan. Verifikasi ini dilakukan menggunakan email yang diberikan pada saat registrasi. Biasanya email ini terkirim beberapa menit setelah domain selesai di-setup.

Jika tidak ada email yang masuk ke inbox, kirim kembali permintaan email verifikasi melalui control panel. Sebaiknya verifikasi dilakukan sesegera mungkin. Apabila ditunda, misalnya sampai 15 hari atau bahkan lebih, domain akan ditangguhkan sementara oleh registry.

Verifikasi kepemilikan domain

Selesai! Kini Anda sudah tahu cara membeli domain dan menyelesaikan registrasi tahap awal.

FAQ: Apa yang harus dilakukan kalau saya lupa verifikasi kepemilikan domain?

Jika domain ditangguhkan, buka email verifikasi dan selesaikan prosesnya. Dibutuhkan waktu 24-48 jam sampai domain kembali normal. Hal ini terjadi karena propagasi DNS.

Daftar Harga Domain

Salah satu tips membeli domain adalah mencari info sebanyak-banyaknya terkait registrar. Selain mengecek kredibilitasnya, biasanya registrar juga menawarkan penawaran spesial untuk domain. Di Hostinger sendiri, terdapat lebih dari 100 TLD (dan akan terus bertambah dan diperbarui) yang harganya dimulai dari Rp15.533. Harga ini berlaku untuk tahun pertama pembelian.

Ekstensi Domain  Biaya Registrasi (12 bulan) Biaya Perpanjangan (12 bulan) 
.com Rp128.255 Rp196.308
.xyz Rp16.164 Rp154.023
.online Rp16.164 Rp521.238
.store Rp16.164 Rp775.398
.tech Rp16.164 Rp730.664
.website Rp16.164 Rp313.142
.space Rp16.164 Rp313.142
.uno Rp15.533 Rp313.320
.site Rp16.164 Rp417.522
.fun Rp15.533 Rp313.320
.host Rp15.533 Rp1.177.875
.press Rp15.533 Rp940.830
.ru Rp65.416 Rp42.527
.eu Registrasi domain .eu tidak diperbolehkan
.live Rp57.997 Rp337.155
.world Rp57.997 Rp433.485
.pl Rp43.595 Rp163.775
.com.pl Rp43.595 Rp130.999
.net.pl Rp43.595 Rp130.999
.info.pl Rp43.595 Rp130.999
.biz.pl Rp43.595 Rp130.999
.nl Rp54.519 Rp69.970
.co.uk Rp82.188 Rp98.276
.de Registrasi domain .de tidak diperbolehkan
.com.ru Rp65.445 Rp76.369
.com.de Rp65.445 Rp65.445
.me Rp88.534 Rp223.902
.es Rp76.369 Rp98.163
.net.ru Rp76.369 Rp87.295
.org.ru Rp76.369 Rp87.295
.co.in Rp76.369 Rp83.964
.be Rp76.369 Rp76.369
.ch Rp76.369 Rp76.369
.li Rp76.369 Rp76.369
.in Rp87.295 Rp108.213
.pw Rp87.295 Rp237.653
.fr Registrasi domain .fr tidak diperbolehkan
.in.net Rp87.295 Rp87.295
.us Rp98.219 Rp 98.219
.me.uk Rp98.219 Rp120.075
.name Rp98.219 Rp125.204
.net.in Rp98.219 Rp109.149
.gen.in Rp98.219 Rp109.149
.firm.in Rp98.219 Rp109.149
.org.in Rp98.219 Rp109.149
.re Rp98.219 Rp 98.219
.dk Rp98.219 Rp 98.219
.cat Rp98.219 Rp251.179
.mobi Rp108.709 Rp195.696
.net Rp196.181 Rp179.065
.org.uk Rp109.149 Rp120.075
.tf Rp109.149 Rp109.149
.pm Rp109.149 Rp109.149
.jp.net Rp109.149 Rp109.149
.yt Rp109.149 Rp109.149
.wf Rp109.149 Rp109.149
.info Rp62.067 Rp182.430
.cc Rp120.075 Rp120.075
.com.se Rp120.075 Rp120.075
.org Rp187.586 Rp196.308
.com.co Rp130.999 Rp168.126
.at Rp130.999 Rp130.999
.biz Rp224.899 Rp238.965
.lt Rp130.999 Rp140.248
.se Rp141.925 Rp181.740
.asia Rp141.925 Rp166.416
.ca Registrasi domain .ca tidak diperbolehkan
.cl Rp141.925 Rp141.925
.com.mx Rp141.925 Rp266.190
.ws Rp251.179 Rp251.179
.com.es Rp152.849 Rp163.775
.nom.es Rp152.849 Rp163.775
.gr Rp174.699 Rp163.775
.nu Rp174.699 Rp174.699
.lv Rp174.699 Rp174.699
.gr.com Rp174.699 Rp174.699
.cx Rp179.725 Rp237.604
.it Registrasi domain .it tidak diperbolehkan
.ist Rp185.625 Rp347.188
.cn.com Rp196.549 Rp415.059
.ae.org Rp207.475 Rp278.710
.pt Rp207.475 Rp207.475
.lu Rp207.475 Rp207.475
.com.pt Rp207.475 Rp207.475
.istanbul Rp229.329 Rp417.462
.bz Rp240.255 Rp240.255
.ar.com Domain .ar.com tidak tersedia untuk didaftarkan.
.lc Rp251.179 Rp251.179
.co Rp332.223 Rp406.891
.cz Rp294.879 Rp294.879
.vc Rp349.509 Rp349.509
.tv Rp349.509 Rp349.509
.la Rp349.509 Rp349.509
.mx Rp360.435 Rp360.435
.frl Rp415.059 Rp415.059
.mn Rp480.615 Rp557.000
.am Rp480.615 Rp557.000
.fm Rp884.859 Rp1.045.275
.xxx Rp928.559 Rp1.048.916
.ag Rp1.015.965 Rp1.188.729
.sc Rp1.015.965 Rp1.252.170

 

FAQ: Saya berencana membeli beberapa domain, yang kemudian akan diarahkan ke satu konten yang sama. Apakah bisa?

Tentu saja bisa. Untuk mengarahkan banyak domain ke satu konten yang sama, Anda hanya perlu memarkir domain melalui control panel. Tapi kalau ingin memuat konten yang berbeda, gunakan addon domain. Baik park domain maupun addon domain, keduanya harus diarahkan ke Hostinger.

Bacaan Terkait

Ingin tahu lebih lengkap tentang nama domain dan apa saja yang dibutuhkan untuk buat website? Yuk, baca beberapa tutorial di bawah ini:

Kesimpulan

Mudah, bukan, cara membeli domain? Sebenarnya, hal yang paling sulit adalah merumuskan nama domain yang bagus dan mengombinasikannya dengan ekstensi yang tepat. Jika sudah menemukan nama domain yang tepat, Anda tinggal registrasi domain dan membuat website impian.

Semoga cara beli domain dan juga tips memilih nama domain di tutorial ini mempermudah Anda dalam menapaki perjalanan online. Apabila ada pertanyaan atau punya kritik dan saran, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini.

Author
Penulis

Ariata C.

Ariata suka sekali menulis dan menerjemahkan, dan sekarang ini bekerja sebagai translator di Hostinger Indonesia. Lewat artikel dan tutorial yang diterbitkan di blog Hostinger, Ariata ingin membagikan pengetahuan tentang website, WordPress, dan hal terkait hosting lainnya kepada para pembaca.