Berapa Harga Domain? Apakah Domain Bisa Gratis? [2024]

Domain adalah alamat website yang berperan penting untuk membangun reputasi online yang profesional. Kalau penasaran berapa harga domain, untungnya Anda tidak harus membayar mahal untuk mendaftarkannya.

Harga domain rata-rata berkisar antara Rp140.000 – Rp280.000/tahun. Namun, biaya domain bisa bervariasi tergantung pada faktor-faktor tertentu, seperti registrar tempat Anda membelinya, periode pendaftaran, dan fitur lainnya.

Di artikel ini, kami akan menjelaskan berbagai faktor yang memengaruhi harga domain serta langkah-langkah untuk membeli domain. Apabila Anda ingin lebih hemat, kami juga akan membagikan tips dan trik untuk mendapatkan domain gratis.

Berapa Harga Domain di Tahun 2024?

Kalau melihat rata-ratanya, biaya mendaftarkan domain baru yaitu sekitar Rp140.000 – Rp280.000/tahun. Harga perpanjangan domain bisa lebih mahal, antara Rp140.000 – Rp840.000/tahun atau lebih.

Di Hostinger, Anda bisa mendaftarkan domain mulai dari Rp 115.000 – Rp187.000/tahun untuk ekstensi populer seperti .com dan .net. Kami juga menawarkan domain murah hanya seharga Rp14.000/tahun

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Harga Domain

Secara umum, ada 6 faktor yang akan memengaruhi harga domain yang Anda incar. Mari cari tahu setiap faktor tersebut selengkapnya di bawah ini.

1. Biaya Pendaftaran Domain

Setiap registrar domain memiliki kebijakan penetapan harga yang berbeda. Beberapa registrar memberikan diskon besar untuk tahun pertama lalu membebankan biaya perpanjangan yang lebih tinggi, sementara yang lainnya menawarkan harga tetap.

Untuk menghemat biaya, pilih provider hosting yang sudah menyertakan domain gratis dalam paketnya. Hostinger memberi Anda domain gratis dan perlindungan privasi di sebagian besar paket hosting.

Namun, berhati-hatilah saat memilih provider. Registrar domain ilegal sering kali rentan terhadap serangan phishing. Sebaiknya belilah nama domain dari registrar yang telah diakreditasi oleh ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers) untuk kredibilitas yang terjamin.

Hostinger sendiri sudah terdaftar di ICANN, dan Anda bisa menemukannya di Daftar Registrar Terakreditasi ICANN.

hostinger sudah terdaftar di icann sebagai registrar resmi

Cara Mendaftarkan Domain

Berikut adalah langkah-langkah mendaftarkan domain di Hostinger:

  1. Pilih nama domain yang mudah diingat dan dikenali oleh target audiens Anda.
  2. Setelah menemukan alamat yang sesuai, cek ketersediaannya melalui tool Cek Domain kami.

Cek Domain Murah

Ketik nama domain yang diinginkan dan segera cek ketersediaannya

  1. Apabila domain masih tersedia dan belum dimiliki oleh orang lain, klik Tambah ke cart.
  2. Pilih periode pendaftaran, buat akun baru, lalu pilih metode pembayaran.
  3. Verifikasi kepemilikan domain melalui email yang akan Anda terima setelah menyelesaikan pembayaran.

Tips Berguna

Sebelum mendaftarkan domain baru di Hostinger, pastikan untuk mengecek persyaratannya lebih dulu, seperti ketentuan layanan, detail kontak yang valid, dan perjanjian pendaftaran domain.

2. Harga Top-Level Domain

TLD (Top-Level Domain) atau ekstensi domain adalah rangkaian huruf setelah titik terakhir pada nama domain. Misalnya untuk domain google.com, Google adalah alamatnya dan .com adalah ekstensinya.

Ada tiga jenis TLD yang umum digunakan:

  • Generik (Umum). Jenis ekstensi domain ini tersedia untuk siapa pun tanpa ada batasan geografis. Contoh TLD generik mencakup .com, .net, .org, .store, dan .tech.
  • Sponsored (Bersponsor). Karena menjadi bagian dari lembaga tertentu, hanya pengguna dengan wewenang khusus yang bisa mendaftar TLD bersponsor. Misalnya, .gov adalah ekstensi resmi untuk badan pemerintah di Amerika Serikat, sementara .edu dikhususkan bagi lembaga pendidikan.
  • Kode negara. TLD seperti .id, .uk, dan .jp mewakili wilayah tertentu. Untuk membeli ekstensi ini, pengguna harus menyediakan alamat yang terdaftar di area tersebut.

Karena kesan dan anggapan yang melekat dengannya, ekstensi yang lebih umum dan familiar seperti .com sering kali lebih mahal.

Contohnya, Hostinger menawarkan ekstensi .com seharga Rp147.900/tahun. Sebagai perbandingan, harga ekstensi domain .store hanya Rp14.900/tahun.

TLD Registrasi Perpanjangan Transfer
.com Rp294800.00 Rp399800.00 Rp156900.00
.co.uk Rp114900.00 Rp171900.00 Rp15900.00
.info Rp62900.00 Rp392900.00 Rp266900.00
.net Rp660700.00 Rp755700.00 Rp235900.00
.xyz Rp31900.00 Rp219900.00 Rp156900.00

Faktor lainnya adalah ketersediaan nama domain. Banyak pengguna yang lebih memilih ekstensi domain populer seperti .com dan .net, sehingga banyak alamat website yang sudah tidak tersedia dengan kedua TLD tersebut.

Apabila menginginkan domain yang sudah diambil orang lain, Anda harus membuat penawaran pada pemiliknya saat ini. Atau, Anda juga bisa memilih ekstensi yang berbeda atau membuat nama lain.

3. Perlindungan Privasi Domain

Saat mendaftarkan domain, WHOIS menyimpan informasi pribadi Anda seperti nomor telepon, alamat rumah, nama domain, alamat IP, dan tanggal berakhir domain. Karena informasi tersebut bisa dilihat oleh publik, website Anda mungkin rawan menjadi korban pencurian identitas, phishing email, dan serangan spam.

Kami merekomendasikan agar Anda mengaktifkan perlindungan privasi domain sehingga informasi pribadi Anda disembunyikan di direktori WHOIS. Hostinger menawarkan perlindungan privasi domain secara gratis, sementara registrar lainnya membebankan biaya sekitar Rp14.500 – Rp290.000/tahun.

Berikut cara mengaktifkan perlindungan privasi domain di Hostinger:

  1. Akses hPanel Domain.
  2. Klik nama domain Anda, lalu scroll ke bawah ke bagian Privasi WHOIS.
  3. Klik tombol alih untuk mengaktifkannya.
mengaktifkan perlindungan privasi whois di hpanel

Kemudian, buka tool pencarian WHOIS dan masukkan nama domain Anda untuk mencari tahu apakah detail kontak Anda sudah Disembunyikan.

Perlu diketahui bahwa beberapa TLD tidak mendukung perlindungan privasi, seperti .us dan .uk. TLD lainnya secara default menyembunyikan informasi pribadi, seperti .ch dan .li. Pastikan lagi ekstensi domain yang Anda gunakan sebelum membeli perlindungan privasi domain.

4. Durasi Pendaftaran Domain

Faktor lain yang menentukan harga domain murah atau mahal adalah periode pendaftarannya. Meskipun sebagian besar registrar menawarkan periode minimum satu tahun, pilih durasi yang lebih lama untuk menghemat uang dalam jangka panjang.

Sebagai contoh, Hostinger menawarkan diskon sebesar 12% kalau Anda membeli .com untuk periode 2 tahun. Sedangkan untuk ekstensi .online di periode yang sama, Anda bahkan bisa lebih hemat lagi hingga 49%.

Pastikan untuk memperpanjang domain sebelum masa berlakunya habis. Kalau tidak, Anda mungkin perlu membayar biaya tambahan untuk mengaktifkan kembali alamat tersebut.

Untuk mencegah masalah seperti ini, sebaiknya aktifkan fitur perpanjangan otomatis. Kalau menggunakan Hostinger, Anda bisa mengaktifkannya dengan mengakses hPanel Domain lalu memilih tombol Aktifkan perpanjangan otomatis di samping nama domain.

Apabila memiliki beberapa domain, cukup aktifkan opsi untuk setiap domain tersebut.

5. Biaya Transfer Domain

Transfer domain adalah proses untuk memindahkan nama domain ke registrar lain, biasanya dilakukan untuk beralih layanan dan mendapatkan dukungan yang lebih optimal atau kebijakan refund yang lebih baik.

Sebelum mentransfer domain, bandingkan harga transfer domain dari berbagai registrar. Beberapa penyedia domain menawarkan migrasi gratis tapi membebankan biaya perpanjangan selama satu tahun.

Berikut adalah biaya transfer nama domain Hostinger untuk beberapa TLD populer:

TLDHarga Transfer
.co.idRp228.990
.comRp142.900
.netRp188.900
.orgRp141.925
.usRp98.219
.inRp95.900

Untuk mentransfernya, domain Anda harus masih aktif dan sudah lebih dari 60 hari sejak tanggal pendaftaran domain atau transfer terakhir.

Selain itu, pelajari kebijakan registrar domain karena beberapa ekstensi tidak bisa ditransfer.

Apabila registrar tidak mendukung TLD yang Anda gunakan, akses DNS (Sistem Nama Domain) dan arahkan nameserver ke web hosting baru Anda. Misalnya, gunakan nameserver berikut untuk mengarahkan domain ke Hostinger:

  • ns1.dns-parking.com
  • ns2.dns-parking.com

Tergantung pada ekstensi domain Anda, ada tiga kemungkinan yang bisa terjadi pada tanggal expired domain setelah transfer:

  • Tanggal expired diperpanjang selama satu tahun
  • Tanggal expired diulang dari tanggal transfer
  • Tanggal expired akan tetap sama

6. Akun Email Khusus

Alamat email khusus yang menunjukkan nama bisnis Anda akan memberikan kesan profesional dan membantu meningkatkan reputasi brand. Misalnya, menggunakan nama@domainanda.tld tentu akan terlihat lebih kredibel daripada nama@gmail.com yang dibuat menggunakan layanan email gratis.

Namun, ada biaya tambahan untuk membuat email profesional melalui registrar domain atau penyedia layanan email. Agar lebih hemat, sebaiknya dapatkan email bisnis dari provider web hosting seperti Hostinger.

Layanan email bisnis atau email dengan domain sendiri sudah disertakan secara gratis di semua layanan hosting kami. Paket hosting Single mendukung satu akun email, sedangkan paket Premium memungkinkan Anda membuat hingga 100 alamat email berbasis domain.

Cara Mendapatkan Domain yang Sudah Diambil Orang Lain

Kalau domain incaran Anda tidak tersedia karena sudah dimiliki orang lain, Anda tetap bisa membelinya. Opsi pertama, Anda bisa mencoba mengecek pemilik domain tersebut melalui WHOIS lalu mengajukan penawaran.

Apabila informasi pemiliknya disembunyikan, kunjungi website dengan domain tersebut dan kirimkan penawaran melalui email atau formulir kontak.

Cara lainnya, Anda bisa menggunakan website seperti SnapNames untuk membeli nama domain yang sudah teregistrasi.

Expert Tip

Cara paling aman untuk membeli domain yang sudah dimiliki orang lain adalah dengan menggunakan perantara (broker) yang akan menghubungi pemilik domain dan mengajukan penawaran atas nama Anda. Kalau berhasil deal, perantara akan memandu prosesnya untuk Anda. Mereka akan menahan dana selagi domain ditransfer ke pemilik baru, lalu dana baru akan dilepas setelah semuanya selesai.

Editor

Brian C.

Technical Writer di VPNReactor

Namun, biasanya harga domain yang sudah terdaftar akan lebih mahal daripada domain baru, terutama kalau Anda memilih domain premium.

Domain premium adalah alamat web dengan kriteria tertentu yang terkadang sengaja dibeli orang-orang untuk dijual kembali guna mendapatkan keuntungan yang signifikan.

Kalau Anda penasaran berapa harga domain terbaik dan premium, jawabannya bisa cukup mengagetkan: sekian ribu dolar hingga puluhan juta dolar. Beberapa contoh domain termahal adalah lasvegas.com seharga $90 juta (sekitar Rp1,3 triliun) dan carinsurance.com seharga $49.7 juta (sekitar Rp707 miliar).

Apabila belum memiliki budget lebih, Anda bisa menggunakan tool generator nama domain untuk menemukan TLD alternatif. Kami akan menggunakan travelnomad.com sebagai contoh.

Karena nama tersebut sudah tidak tersedia, tool pencarian domain akan memberikan saran seperti travelnomad.id dan travelnomad.online.

saran nama alternatif domain yang sudah tidak tersedia

Generator nama bisnis juga bisa dimanfaatkan untuk mencari inspirasi daftar domain. Sebagai contoh, ketika Anda memasukkan kata kunci “travel nomad”, tool ini akan menyediakan beberapa ide, seperti “Travel Journey”.

saran nama yang diberikan oleh generator nama bisnis

Setelah menemukan alamat alternatif, cari tahu ketersediaannya menggunakan tool cek domain, lalu beli domain incaran Anda.

Metode apa pun yang dipilih, pastikan Anda memilih nama domain yang tidak terlalu panjang, mudah dieja, dan mudah diingat.

Berapa Harga Domain yang Sudah Expired?

Ketika nama domain expired, pemiliknya mungkin perlu membayar biaya tambahan untuk menebusnya. Jumlahnya tergantung pada siklus domain yang saat ini menjadi status domain tersebut.

siklus masa aktif domain

Masa tenggang (grace period) biasanya berlangsung antara 0 hingga 45 hari setelah tanggal expired. Selama jangka waktu ini, penebusan masih akan menggunakan biaya perpanjangan standar.

Harga perpanjangan biasanya lebih mahal daripada biaya pendaftaran domain baru. Sebagai contoh, Hostinger menawarkan ekstensi .com seharga Rp147.900/tahun dengan biaya perpanjangan sebesar Rp229.900/tahun.

Berikut adalah daftar harga domain di Hostinger:

TLD Registrasi Perpanjangan Transfer
.link Rp376800.00 Rp407800.00 Rp164900.00
.app Rp251900.00 Rp282900.00 Rp251900.00
.live Rp54900.00 Rp470900.00 Rp360900.00
.world Rp54900.00 Rp423900.00 Rp423900.00
.photography Rp518800.00 Rp691800.00 Rp407900.00
.farm Rp172900.00 Rp470900.00 Rp172900.00
.eu Rp58900.00 Rp108900.00 Rp109900.00
.llc Rp800800.00 Rp1035800.00 Rp282900.00
.com Rp294800.00 Rp399800.00 Rp156900.00
.es Rp251800.00 Rp267800.00 Rp15900.00
.co.uk Rp114900.00 Rp171900.00 Rp15900.00
.co.in Rp109900.00 Rp125900.00 Rp109900.00
.ca Rp266900.00 Rp266900.00 Rp203900.00
.finance Rp235900.00 Rp925900.00 Rp784900.00
.in Rp175800.00 Rp275800.00 Rp91900.00
.pk Rp1692900.00 Rp1692900.00 -
.ind.in Rp298800.00 Rp313800.00 Rp141900.00
.travel Rp549900.00 Rp1883900.00 Rp1569900.00
.info Rp62900.00 Rp392900.00 Rp266900.00
.house Rp172900.00 Rp470900.00 Rp172900.00
.mobi Rp565800.00 Rp941800.00 Rp345900.00
.biz Rp251900.00 Rp266900.00 Rp266900.00
.name Rp188900.00 Rp235900.00 Rp188900.00
.rocks Rp94900.00 Rp172900.00 Rp235900.00
.net Rp660700.00 Rp755700.00 Rp235900.00
.uno Rp15900.00 Rp313900.00 Rp266900.00
.net.in Rp188900.00 Rp219900.00 Rp141900.00
.business Rp313800.00 Rp407800.00 Rp204900.00
.org Rp377800.00 Rp503800.00 Rp203900.00
.center Rp141900.00 Rp313900.00 Rp313900.00
.org.in Rp298800.00 Rp313800.00 Rp141900.00
.studio Rp235900.00 Rp392900.00 Rp392900.00
.org.uk Rp329800.00 Rp345800.00 Rp15900.00
.bio Rp156900.00 Rp1098900.00 Rp109900.00
.pw Rp753700.00 Rp941700.00 Rp15900.00
.fyi Rp423800.00 Rp627800.00 Rp109900.00
.ws Rp580900.00 Rp627900.00 Rp219900.00
.land Rp235900.00 Rp564900.00 Rp219900.00
.xyz Rp31900.00 Rp219900.00 Rp156900.00
.bet Rp486800.00 Rp627800.00 Rp172900.00
.be Rp109900.00 Rp109900.00 Rp109900.00
.coffee Rp125900.00 Rp470764.58 Rp141900.00
.ch Rp109900.00 Rp109900.00 Rp15900.00
.bond Rp46900.00 Rp219900.00 Rp141900.00
.co Rp659800.00 Rp973800.00 Rp376900.00
.guru Rp423900.00 Rp455900.00 Rp455900.00
.com.co Rp188900.00 Rp235900.00 Rp188900.00
.network Rp70900.00 Rp298900.00 Rp376900.00
.com.es Rp691700.00 Rp707700.00 Rp15900.00
.solutions Rp109900.00 Rp298900.00 Rp345900.00
.cz Rp423900.00 Rp423900.00 Rp15900.00
.press Rp46900.00 Rp941900.00 Rp863900.00
.fr Rp117900.00 Rp150900.00 Rp125900.00
.com.au Rp141900.00 Rp219900.00 Rp15900.00
.de Rp100900.00 Rp117900.00 Rp78900.00
.cloud Rp15900.00 Rp298900.00 Rp298900.00
.gr Rp486900.00 Rp502900.00 Rp15900.00
.io Rp627900.00 Rp784900.00 Rp784900.00
.ist Rp345900.00 Rp345900.00 Rp345900.00
.ro Rp517900.00 Rp517900.00 Rp517900.00
.it Rp266900.00 Rp266900.00 Rp266900.00
.exchange Rp172900.00 Rp470900.00 Rp470900.00
.nl Rp94900.00 Rp109900.00 Rp15900.00
.games Rp188900.00 Rp455900.00 Rp345900.00
.nu Rp755700.00 Rp755700.00 Rp15900.00
.fi Rp407800.00 Rp407800.00 Rp15900.00
.se Rp251900.00 Rp298900.00 Rp15900.00
.art Rp31900.00 Rp219900.00 Rp235900.00
.pl Rp455800.00 Rp785800.00 Rp15900.00
.ventures Rp219900.00 Rp784900.00 Rp674900.00
.online Rp15900.00 Rp549900.00 Rp439900.00
.city Rp94900.00 Rp313900.00 Rp94900.00
.store Rp15900.00 Rp816900.00 Rp706900.00
.marketing Rp109900.00 Rp470900.00 Rp470900.00
.tech Rp15900.00 Rp816900.00 Rp612900.00
.run Rp62900.00 Rp313900.00 Rp62900.00
.ae.org Rp298900.00 Rp298900.00 Rp298900.00
.care Rp219900.00 Rp470900.00 Rp219900.00
.ag Rp1459900.00 Rp1459900.00 Rp1459900.00
.plus Rp156900.00 Rp517900.00 Rp109900.00
.cat Rp141900.00 Rp360900.00 Rp360900.00
.family Rp219900.00 Rp407900.00 Rp219900.00
.at Rp203900.00 Rp203900.00 Rp188900.00
.cool Rp580800.00 Rp941800.00 Rp109900.00
.am Rp784900.00 Rp784900.00 Rp690900.00
.cash Rp219900.00 Rp470900.00 Rp219900.00
.bz Rp345900.00 Rp345900.00 Rp345900.00
.me.uk Rp141900.00 Rp172900.00 Rp172900.00
.cc Rp172900.00 Rp172900.00 Rp172900.00
.cfd Rp20900.00 Rp219900.00 Rp141900.00
.cl Rp203900.00 Rp203900.00 Rp203900.00
.group Rp156900.00 Rp172900.00 Rp251900.00
.com.de Rp94900.00 Rp94900.00 Rp94900.00
.life Rp46900.00 Rp439900.00 Rp439900.00
.com.mx Rp219900.00 Rp470900.00 Rp360900.00
.ltd Rp133900.00 Rp298900.00 Rp329900.00
.com.pl Rp62900.00 Rp188900.00 Rp15900.00
.news Rp156900.00 Rp329900.00 Rp360900.00
.com.pt Rp298900.00 Rp298900.00 Rp298900.00
.services Rp102900.00 Rp423900.00 Rp423900.00
.com.se Rp172900.00 Rp172900.00 Rp172900.00
.today Rp54900.00 Rp298900.00 Rp298900.00
.cx Rp313900.00 Rp360900.00 Rp298900.00
.fun Rp15900.00 Rp517900.00 Rp282900.00
.dk Rp141900.00 Rp141900.00 Rp14900.00
.host Rp1223800.00 Rp2353800.00 Rp1145900.00
.fm Rp1412900.00 Rp1412900.00 Rp1271900.00
.top Rp46900.00 Rp109900.00 Rp109900.00
.la Rp502900.00 Rp502900.00 Rp15900.00
.click Rp31900.00 Rp172900.00 Rp164900.00
.lt Rp133900.00 Rp150900.00 Rp149.00
.help Rp156900.00 Rp941900.00 Rp392900.00
.lu Rp298900.00 Rp298900.00 Rp298900.00
.properties Rp423900.00 Rp439900.00 Rp298900.00
.in.net Rp125900.00 Rp125900.00 Rp125900.00
.digital Rp486800.00 Rp879800.00 Rp439900.00
.me Rp141900.00 Rp313900.00 Rp251900.00
.dev Rp235900.00 Rp235900.00 Rp235900.00
.info.pl Rp62900.00 Rp188900.00 Rp188900.00
.ai Rp2825900.00 Rp3139900.00 Rp2511900.00
.li Rp156900.00 Rp156900.00 Rp109900.00
.academy Rp235900.00 Rp470900.00 Rp470900.00
.mx Rp627900.00 Rp627900.00 Rp517900.00
.education Rp313900.00 Rp470900.00 Rp360900.00
.pt Rp298900.00 Rp298900.00 Rp15900.00
.expert Rp125900.00 Rp784900.00 Rp784900.00
.lv Rp251900.00 Rp251900.00 Rp15900.00
.media Rp94900.00 Rp470900.00 Rp470900.00
.tv Rp549900.00 Rp549900.00 Rp502900.00
.pro Rp46900.00 Rp392900.00 Rp313900.00
.wf Rp156900.00 Rp156900.00 Rp156900.00
.zone Rp125900.00 Rp502900.00 Rp502900.00
.xxx Rp1569900.00 Rp1726900.00 Rp1334900.00
.jp Rp549900.00 Rp549900.00 Rp15900.00
.net.pl Rp62900.00 Rp188900.00 Rp15900.00
.blog Rp31900.00 Rp470900.00 Rp407900.00
.pm Rp156900.00 Rp156900.00 Rp156900.00
.social Rp141900.00 Rp470900.00 Rp439900.00
.vc Rp502900.00 Rp549900.00 Rp439900.00
.wtf Rp94900.00 Rp533900.00 Rp407900.00
.re Rp141900.00 Rp141900.00 Rp141900.00
.global Rp439900.00 Rp1098900.00 Rp439900.00
.tf Rp156900.00 Rp156900.00 Rp156900.00
.team Rp62900.00 Rp470900.00 Rp62900.00
.yt Rp156900.00 Rp156900.00 Rp156900.00
.works Rp1036700.00 Rp1412700.00 Rp78900.00
.us Rp141900.00 Rp141900.00 Rp141900.00
.software Rp219900.00 Rp470900.00 Rp219900.00
.id Rp210900.00 Rp252900.00 Rp210900.00
.market Rp564900.00 Rp753900.00 Rp470900.00
.or.id Rp60000.00 Rp60000.00 Rp106800.00
.community Rp313900.00 Rp564900.00 Rp219900.00
.co.id Rp299900.00 Rp299900.00 Rp279990.00
.green Rp109900.00 Rp1067900.00 Rp109900.00
.web.id Rp60000.00 Rp60000.00 Rp106800.00
.support Rp94900.00 Rp345900.00 Rp313900.00
.my.id Rp15900.00 Rp26900.00 Rp66000.00
.systems Rp172900.00 Rp470900.00 Rp376900.00
.website Rp15900.00 Rp407900.00 Rp266900.00
.ac Rp549900.00 Rp925900.00 -
.sch.id Rp60000.00 Rp60000.00 Rp66000.00
.coach Rp219900.00 Rp784900.00 Rp737900.00
.ac.id Rp60000.00 Rp60000.00 Rp106800.00
.consulting Rp313900.00 Rp627900.00 Rp533900.00
.site Rp533800.00 Rp1035800.00 Rp360900.00
.energy Rp1742800.00 Rp3139800.00 Rp172900.00
.space Rp15900.00 Rp329900.00 Rp266900.00
.capital Rp957800.00 Rp1569800.00 Rp172900.00
.uk Rp471700.00 Rp518700.00 Rp15900.00
.cafe Rp627800.00 Rp1035800.00 Rp109900.00
.shop Rp14900.00 Rp520900.00 Rp408900.00
.chat Rp172900.00 Rp470900.00 Rp172900.00
.club Rp251900.00 Rp251900.00 Rp150000.00
.boutique Rp62900.00 Rp470900.00 Rp62900.00
.icu Rp46900.00 Rp219900.00 Rp408900.00
.events Rp125900.00 Rp470900.00 Rp125900.00
.agency Rp109900.00 Rp298900.00 Rp298900.00
.biz.id Rp180700.00 Rp188700.00 -
.company Rp78900.00 Rp141900.00 Rp172900.00
.cyou Rp28900.00 Rp219900.00 Rp141900.00
.email Rp94900.00 Rp298900.00 Rp298900.00
.sbs Rp20900.00 Rp219900.00 Rp141900.00
.asia Rp407800.00 Rp407800.00 Rp203900.00

Setelah masa tenggang berakhir, domain akan memasuki masa penebusan (redemption period). Periode ini biasanya berlangsung selama 30 hari, tapi durasi tepatnya akan berbeda-beda untuk berbagai TLD.

Tips Berguna

Tidak ada masa penebusan untuk ekstensi khusus seperti .ru, .dk, .hu, .nu, .pl, dan .se.

Kalau sudah mencapai periode ini, ada biaya tambahan yang perlu dibayarkan untuk mendapatkannya kembali. Selain biaya penebusan, Anda juga harus membayar biaya perpanjangan.

Hostinger membebankan biaya penebusan seharga $80 (sekitar Rp1,2 juta) + biaya perpanjangan + PPN untuk sebagian besar ekstensi domain. Sedangkan untuk .com, kami membebankan biaya hingga $180 (sekitar Rp2,7 juta) + biaya perpanjangan + PPN.

Setelah periode penebusan berakhir, domain akan beralih ke status penghapusan tertunda (pending delete). Pengguna tidak bisa lagi melakukan perubahan atau menebusnya. Domain akan kembali tersedia untuk dijual, dan siapa pun bisa membelinya dengan harga normal.

Agar tidak kehilangan kepemilikan atas domain Anda, aktifkan fitur perpanjangan otomatis. Atau, pilih paket dengan periode pendaftaran yang lebih lama.

Bisakah Saya Mendapatkan Domain Gratis?

Singkatnya, ya, bisa. Ada berbagai cara untuk mendapatkan domain gratis. Sebagian besar paket hosting yang kami tawarkan akan memberi Anda gratis domain. Kami juga sudah menyertakan perlindungan WHOIS gratis dan sertifikat SSL unlimited.

Solusi lainnya, Anda bisa menggunakan subdomain gratis dari website builder seperti WordPress.com. Contohnya Anda bisa mendapatkan alamat namadomainsaya.wordpress.com dengan embel-embel subdomain, yang sayangnya kurang profesional daripada nama domain utama seperti namadomainsaya.tld.

Cara terakhir untuk memperoleh domain secara gratis adalah dengan mendaftarkannya melalui Freenom. Registrar menyediakan lima TLD kode negara yang bisa Anda pilih: .ga, .tk, .ml, .cf, .gq.

Namun, ekstensi ini bukanlah pilihan yang baik untuk website profesional atau bahkan website bisnis. TLD tersebut mewakili kode negara tertentu, yang tentunya kurang sesuai apabila Anda tidak tinggal di sana, serta kurang profesional di mata calon pelanggan dan mesin pencari.

Kesimpulan

Apabila menimbang-nimbang berapa harga domain, totalnya akan bervariasi mulai dari Rp14.000 hingga miliaran rupiah tergantung pada beberapa faktor berikut:

  • Registrar domain yang dipilih
  • Kesan dan anggapan terkait nama domain. TLD populer seperti .com umumnya lebih mahal
  • Periode pendaftaran dan biaya perpanjangan tahunan
  • Jenis domain, apakah umum, premium, atau sudah expired
  • Add-on, seperti perlindungan privasi dan akun email bisnis
  • Biaya transfer kalau Anda memutuskan untuk berganti registrar

Sekarang, setelah mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi harga domain, Anda pun bisa lebih cermat dalam memilih nama yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda. Beberapa orang mungkin lebih memilih ekstensi khusus industri tertentu seperti .tech, sementara yang lain mungkin lebih memilih investasi pada domain premium untuk branding yang efektif.

Untuk menghemat biaya, sebaiknya pilih perusahaan web hosting yang menawarkan nama domain gratis, seperti Hostinger. Apabila Anda masih memiliki pertanyaan mengenai perincian berapa harga domain, simak bagian pertanyaan umum di bawah ini.

Pertanyaan Umum Seputar Berapa Harga Domain

Bagian ini akan menjawab beberapa pertanyaan yang paling sering diajukan tentang biaya domain.

Bagaimana Cara Membeli Domain Selamanya?

Sayangnya, Anda tidak bisa mendaftarkan nama domain secara permanen. Periode pendaftaran nama domain maksimal biasanya adalah 10 tahun.

Apakah Ada Biaya Tambahan untuk Memiliki Domain?

Selain nama domain, Anda harus membeli layanan web hosting dan sertifikat SSL untuk mengonlinekan website. Untungnya, beberapa perusahaan web hosting menawarkan gratis domain dan sertifikat SSL dalam paketnya.

Kenapa Harus Membeli Domain?

Registrar domain memerlukan dana agar bisa beroperasi dan mengelola infrastruktur yang diperlukan sehingga alamat web Anda bisa terus diakses oleh pengunjung.

Bisakah Saya Nego Harga Domain?

Ya, Anda bisa menawar harga domain kepada pemiliknya. Salah satu solusi terbaik untuk melakukannya adalah melalui broker (makelar) profesional. Mereka akan menjadi jembatan untuk memudahkan proses transaksi bagi kedua belah pihak.

Apakah Saya Harus Mendapatkan Domain Premium?

Kalau punya budget lebih, kami merekomendasikan agar Anda membeli nama domain premium. Jenis domain ini sangat bagus untuk memaksimalkan branding dan peringkat website di mesin pencari. Nama domain premium tersedia melalui penjual pribadi, organisasi, atau lelang. Anda bisa menghubungi pemilik domain atau mengunjungi marketplace domain seperti Sedo dan Flippa.

Author
Penulis

Faradilla A.

Faradilla, yang lebih akrab disapa Ninda, adalah Content Marketing Specialist di Hostinger. Ia suka mengikuti tren seputar teknologi, digital marketing, dan belajar bahasa. Melalui tutorial Hostinger ini, Ninda ingin berbagi informasi dan membantu pembaca menyelesaikan masalah yang dialami.