Cara Membuat Email Baru di HP & Laptop No Ribet, 5 Menit!

Cara membuat email sebenarnya sangatlah mudah. Sekarang ini, Anda bisa daftar email hampir di semua perangkat, seperti HP, laptop, atau komputer. Ya, email benar-benar tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat modern di masa kini, baik untuk bekerja maupun keperluan administrasi.

Proses buat email pun tidak ribet, karena ada berbagai provider yang menyediakan layanan email yang mudah digunakan, dari yang gratis hingga berbayar. Nah, di artikel ini, kami akan menjelaskan cara membuat email baru di HP dan laptop menggunakan Gmail, Yahoo, dan Outlook. Yuk, simak!

Pertama, kami akan membahas cara buat email di Gmail. Untuk membuat email di HP yang sudah ada emailnya, cukup klik foto profil atau inisial akun Anda di pojok kanan atas. Kemudian, klik Tambahkan akun lainnya, lalu mulai ikuti cara daftar Gmail di bawah ini.

Tambahkan akun lainnya untuk buat Gmail baru

Cara Membuat Email di HP Android

Ikuti cara membuat email atau akun Gmail di HP Android ini:

  1. Buka aplikasi Gmail
  2. Pilih Tambahkan alamat email
  3. Pilih untuk siapa Anda membuat Gmail
  4. Isi nama depan dan belakang
  5. Masukkan tanggal lahir
  6. Pilih alamat untuk Gmail baru Anda
  7. Buat sandi yang rumit
  8. Tambahkan nomor telepon (Opsional)
  9. Setujui persyaratan dan privasi
  10. Tinjau akun, lalu selesai

Kami akan menjelaskannya cara membuat email Gmail ini secara langkah demi langkah. Pertama, buka aplikasi Gmail. Klik Lewati kalau ada layar awal. Kemudian, Tambahkan alamat email, lalu pilih Google karena Anda akan membuat akun Gmail.

langkah awal dalam cara daftar gmail

Setelah itu, pilih Buat akun, lalu tentukan untuk siapa Anda membuat Gmail tersebut. Kalau untuk keperluan pribadi, pilih Untuk diri sendiri. Anda kemudian akan diminta mengisi nama depan dan nama belakang, lalu klik Berikutnya. Isikan tanggal lahir dan gender, dan klik Berikutnya lagi.

isikan data diri untuk cara membuat email baru di gmail

Di layar berikutnya, Anda akan diminta untuk memilih username dari saran yang diberikan, atau tentukan alamat email Anda sendiri. Kalau tidak ingin membuat username dan lebih memilih untuk login menggunakan nomor ponsel, klik Gunakan seluler lalu isikan nomor telepon Anda. Setelah itu, klik Berikutnya.

Anda akan diminta membuat sandi berisi huruf, angka, dan simbol. Secara default, sandi akan ditampilkan pada langkah ini, jadi pastikan Anda berada di tempat yang aman.

pilih alamat email dan sandi untuk daftar gmail

Pada langkah selanjutnya, Anda akan diminta untuk menambahkan nomor telepon. Pilih Ya, saya ikut jika bersedia mengizinkan Google mengakses nomor telepon Anda. Atau, pilih Lewati jika tidak ingin menyertakan nomor telepon. Ada 3 pilihan untuk menyertakan nomor telepon Anda:

Opsi nomor telepon untuk membuat akun Gmail baru

Setelah itu, Tinjau info akun, dan klik Berikutnya lagi. Baca Privasi dan Persyaratan untuk buat Gmail, lalu setujui persyaratan tersebut. Terakhir, akan muncul halaman dengan email baru Anda, lalu pilih Bawa Saya Ke Gmail.

langkah terakhir dalam cara buat gmail baru

Selesai! Setelah ini, Anda pun bisa mulai menulis dan mengirimkan pesan menggunakan alamat email Gmail baru Anda.

Cara Buat Email Baru Lewat HP (Web Browser)

Untuk cara membuat email baru di HP, ikuti cara ini:

  1. Buka accounts.google.com
  2. Pilih Buat Akun
  3. Tentukan untuk siapa akun dibuat
  4. Isikan nama, username, dan password
  5. Isi nomor telepon dan email pemulihan (opsional)
  6. Masukkan tanggal lahir dan gender
  7. Baca Privasi dan Persyaratan, klik Saya setuju
cara daftar gmail di hp lewat web browser

Cara membuat email Gmail di browser ini bisa Anda lakukan apabila mengalami masalah dengan aplikasi Gmail. Atau, Anda juga bisa menggunakannya di perangkat yang tidak memiliki aplikasi Gmail.

Cara Membuat Akun Email di Laptop/PC

Ini cara membuat email baru di Gmail lewat laptop:

  1. Buka Gmail di browser
  2. Klik Buat Akun dan pilih untuk siapa
  3. Isikan nama lengkap dan username
  4. Masukkan sandi yang aman dan konfirmasi
  5. Isi nomor telepon dan email pemulihan (opsional)
  6. Masukkan tanggal lahir dan gender
  7. Tinjau persyaratan dan klik “Saya Setuju”
cara membuat email baru di laptop

Cara buat email di laptop sebenarnya hampir serupa dengan metode di atas. Anda diharuskan membuka browser dan sign-up lewat situs Google. Setelah itu, Anda pun sudah selesai membuat email baru di laptop dan email baru Anda sudah siap digunakan.

Cara Membuat Email Baru di Yahoo

Meskipun sudah lumayan berumur, masih ada beberapa orang yang masih suka menggunakan Yahoo sebagai platform mailing. Dengan tampilan yang sederhana, Yahoo bisa menghadirkan kesan minimalis yang banyak orang suka.

Selain itu, Yahoo juga menyediakan layanan premium yang berguna untuk pengoptimalan bisnis online Anda melalui email bisnis.

Cara Buat Email Yahoo di HP

Anda bisa membuat akun Yahoo baru langsung dari perangkat smartphone Anda. Untuk melakukan langkah ini, Anda hanya perlu menyiapkan browser saja.

Berikut cara buat email lewat HP di Yahoo:

cara membuat email baru di yahoo
  1. Buka login.yahoo.com/account/create
  2. Isi nama dan lengkapi data Anda
  3. Masukkan nomor telepon untuk verifikasi
  4. Kode OTP akan dikirim
  5. Masukkan kode, dan klik Verifikasi
  6. Email Yahoo Anda sudah jadi

Langkah-langkah membuat email di Yahoo memang relatif singkat. Sebab, dari layar pertama, Anda sudah diminta untuk melengkapi semua data diri Anda. Tidak seperti Gmail, nomor telepon untuk daftar email Yahoo bersifat wajib karena digunakan untuk verifikasi.

Cara Buat Email Yahoo di Laptop/PC

Apabila Anda kebetulan sedang menggunakan laptop, ada cara yang bisa dicoba untuk membuat email Yahoo yang baru. Langkah-langkahnya kurang lebih sangat mirip dengan cara bikin email Yahoo di handphone.

Ikuti langkah ini untuk bikin email Yahoo di laptop:

cara membuat email yahoo di laptop
  1. Buka login.yahoo.com/account/create
  2. Lengkapi data Anda dan klik Lanjutkan
  3. Masukkan nomor telepon Anda
  4. Klik tombol untuk menerima kode via SMS
  5. Setelah diterima, masukkan kode
  6. Klik Verifikasi dan tunggu sebentar
  7. Selesai! Email Yahoo Anda siap digunakan

Gampang sekali, kan? Setelah menyelesaikan langkah-langkah membuat email di Yahoo ini, Anda pun bisa berkirim email menggunakan layanan tersebut.

Cara Buat Akun Outlook

Apakah Anda familiar dengan Outlook? Platform ini adalah salah satu penyedia email gratis milik Microsoft yang merupakan “versi baru” dari Hotmail. Meski namanya jarang didengar oleh masyarakat, ternyata diam-diam penggunanya kian meningkat.

Desain yang rapi dan sederhana menjadi salah satu faktor menarik dari Microsoft Outlook ini. Tak hanya fungsi mailingnya saja, Anda juga bisa menikmati Outlook sebagai cloud storage serta integrasinya dengan berbagai aplikasi dokumen Microsoft.

Cara Membuat Email Outlook di HP

Langkah pembuatan akun email Outlook sebenarnya cukup mudah. Anda cukup mengikuti panduan intuitifnya untuk mulai membuat akun.

Ini cara buat email lewat HP di Outlook:

cara membuat email baru di outlook
  1. Buka link signup.live.com/signup
  2. Klik Dapatkan alamat email baru
  3. Masukkan username yang diinginkan
  4. Isikan password dengan kombinasi rumit
  5. Masukkan nama depan dan belakang
  6. Pilih negara dan masukkan tanggal lahir
  7. Selesaikan captcha dengan benar
  8. Setelah itu, akun Anda siap digunakan

Setelah punya akun Outlook, Anda kini bisa berkirim email melalui berbagai perangkat, baik menggunakan aplikasi Outlook di smartphone maupun melalui browser.

Cara Membuat Email Outlook di Laptop/PC

Anda juga bisa membuat akun email Outlook baru melalui komputer. Prosesnya pun kurang lebih sama dengan langkah-langkah di atas.

Ikuti cara ini untuk bikin email Outlook di laptop:

cara bikin email baru di outlook
  1. Kunjungi signup.live.com/signup
  2. Pilih Dapatkan alamat email baru
  3. Ketik username yang Anda mau
  4. Isi password yang rumit
  5. Isikan nama depan dan belakang Anda
  6. Pilih negara, masukkan tanggal lahir
  7. Verifikasikan captcha dengan benar
  8. Selesai! Akun Outlook Anda siap digunakan

Setelah memiliki akun Outlook, Anda pun bisa mulai mengirimkan dan menerima pesan email melalui layanan ini. Selain itu, kalau punya aplikasi Outlook di laptop, Anda bisa setting email di Outlook agar bisa memantau email secara real-time.

Kesimpulan

Nah, di artikel ini, kami sudah menjelaskan beberapa cara membuat email baru lewat HP dan laptop yang bisa Anda coba. Silakan pilih platform mana yang menurut Anda paling sesuai kebutuhan dan lebih mudah digunakan.

Seperti yang sudah kami sampaikan di atas, tiap platform memiliki kelebihannya masing-masing. Anda bisa menggunakan Gmail kalau menginginkan platform terkini yang memiliki banyak fitur. Yahoo, meskipun tampak sederhana, masih memiliki fitur berguna untuk membuat email khusus bisnis. Sementara itu, Outlook juga menyediakan integrasi perangkat, email, dan software yang tak kalah hebat.

Semoga cara-cara di atas bisa membantu Anda yang masih merasa kesulitan untuk membuat email. Apabila masih memiliki pertanyaan, silakan sampaikan pada kolom komentar di bawah ini, ya.

Author
Penulis

Faradilla Ayunindya

Faradilla, yang lebih akrab disapa Ninda, adalah SEO Content Analyst di Hostinger. Ia suka mengikuti tren seputar teknologi, digital marketing, dan bahasa. Melalui tutorial yang ditulisnya di blog Hostinger, Ninda ingin berbagi informasi dan membantu pembaca menyelesaikan masalahnya.