Email

Cara Membuat Email di Perangkat Android

Pengenalan

Jika Anda memiliki akun email dengan domain misalnya john@yourdomain.com dan ingin setup email ini di perangkat Android, maka tutorial cara membuat email ini merupakan bacaan yang tepat untuk Anda.

Yang Anda Butuhkan

Sebelum memulai tutorial ini, Anda sebaiknya mempersiapkan:

  • Akun email. Di Hostinger, Anda bisa membuat akun email baru. Informasi server email Anda di Hostinger dapat ditemukan di bagian Control Panel -> Akun Email
  • Perangkat Android.

Cara membuat email baru di Android

Anda dapat menggunakan aplikasi email apa pun yang dimiliki di perangkat Android Anda. Sebagai contoh, kami akan menggunakan aplikasi mail Gmail. Langkah-langkahnya juga dapat digunakan jika Anda ingin menggunakan aplikasi mail yang lain.

Pertama-tama, buka aplikasi mail Anda di perangkat Android dan buka bagian Settings -> Add Account.

tombol tambah akun

Pilih Other dari daftar untuk menambahkan akun email yang Anda inginkan.

Pilih Lainnya

Masukkan alamat email dan klik Next.

masukkan alamat email

Pilih jenis server masuk yang ingin Anda gunakan – POP3 or IMAP. Umumnya, server yang lebih banyak digunakan adalah IMAP karena Anda dapat melakukan sinkronisasi semua email melalui berbagai perangkat. Di Hostinger, kedua protokol dapat digunakan dan didukung sepenuhnya.

tipe akun

Masukkan password akun email Anda dan klik Next.

Masukkan Password

Untuk pengaturan server masuk, Anda harus menentukan alamat server mail yang benar. Di Hostinger, nama server dapat ditemukan di bagian Control Panel -> Kelola Email. Setelah itu, klik Next.

pengaturan server masuk

Jika Anda menggunakan hosting lain dan bukannya Hostinger, maka konfigurasi otomatis dari server email akan gagal. Dalam hal ini, Anda akan diminta untuk memasukkan informasi berikut ini:

  1. Username – alamat email Anda.
  2. Password – password akun email Anda.
  3. Server – Biasanya Anda dapat menggunakan nama domain atau mail.domainanda.com. Agar lebih yakin, Anda bisa menghubungi penyedia hosting untuk meminta informasi semacam ini.
  4. Port – Ports juga dapat bergantung pada penyedia hosting, tetapi port standar untuk POP3 dan IMAP adalah:
    • 110 POP3 tanpa SSL
    • 143 IMAP tanpa SSL
    • 993 IMAP tanpa SSL
    • 995 POP3 tanpa SSL
  5. Security type – opsi ini digunakan apabila Anda ingin menggunakan layanan email dengan sertifikat SSL/TLS. Jika tidak ada sertifikat yang digunakan, maka pilih None.
  6. Delete email from server – Jika Anda ingin menghapus email dari server ketika Anda menghapusnya melalui aplikasi mail, maka pilih opsi When I delete from Inbox. Jika Anda tidak ingin menghapus email dari server, maka pilih Never.

Sama seperti server masuk, Anda harus mengubah nama server email keluar.

nama server keluar

Apabila Anda menggunakan layanan penyedia hosting lain dan bukannya Hostinger, maka Anda akan diminta untuk memasukkan port SMTP secara manual dan pilih jenis keamanan. Kami sangat menyarankan Anda untuk memilih SSLL/TSL atau tipe keamanan STARTTLS dan cek dengan penyedia hosting Anda terkait port SMTP. Jika semua informasi telah dimasukkan, klik Next.

Pilih interval waktu yang diinginkan untuk melakukan sinkronisasi email Anda dengan server mail. Apabila sinkronisasi email biasa tidak begitu diperlukan, maka pilihlah angka yang lebih tinggi untuk mengurangi penggunaan baterai. Di samping itu, Anda juga dapat memilih untuk diberitahu apabila ada email masuk, sinkronisasi email dari akun ini, dan secara otomatis mengunduh lampiran ketika Wi-Fi aktif. Jika semua pengaturan disetujui, maka Anda akan menerima pesan konfirmasi.

Pembuatan Email di Android Selesai

Selesai! Sekarang Anda dapat menggunakan alamat email personal melalui aplikasi mail di perangkat Android Anda.

Kesimpulan

Melalui tutorial cara membuat email ini, kami menyediakan panduan agar Anda dapat setup email di perangkat Android. Sekarang Anda sudah bisa membaca dan membalas email melalui ponsel pintar.

 

Add Comment

Click here to post a comment

Gabung bersama ratusan ribu pelanggan di seluruh dunia

dan dapatkan tutorial baru langsung di email Anda

Please wait...

Abone olduğunuz için teşekkürler!

Dapatkan harga hemat!

Web Hosting Gratis Domain mulai dari

Rp.10.275
/bln