Cara Membuat Email di HP Android Tanpa Ribet

Cara Membuat Email di HP Android Tanpa Ribet

Jika dulunya orang-orang bertukar kabar atau melakukan urusan bisnis dengan mengirim surat konvensional via kantor pos, kini semuanya sudah jauh lebih mudah. Surat elektronik, atau yang kita kenal dengan sebutan e-mail (electronic mail), memungkinkan siapa saja mengirim surat dengan alamat email. Nah, dalam artikel ini, kami akan membahas cara membuat email dengan mudah menggunakan perangkat Android.

Ada banyak layanan yang bisa Anda gunakan, seperti Yahoo, Gmail, Hotmail, Outlook, dan lain sebagainya. Namun, di lingkup profesional, Gmail adalah layanan yang paling sering digunakan.

Cara yang kami bahas di sini akan menggunakan layanan Gmail. Kemudian, kami juga akan menunjukkan cara buat email bagi yang menginginkan akun profesional berbasis domain. Setelah membaca tutorial ini, Anda pun bisa mengirim dan membalas pesan dari mana saja. Mari mulai!

Mengapa Memilih Gmail?

Anda pasti beranya-tanya, kenapa kita harus buat email di Gmail? Kenapa tidak menggunakan layanan lainnya?

Ada banyak alasan mengapa akun Google menjadi yang terbaik di kalangan profesional, di antaranya:

1. Otomatis punya akun Google untuk semua produknya

Dengan buat akun Gmail, Anda bisa menggunakan semua produk Google, seperti Google Calendar, Google Docs, Google Sheet, dan bahkan Gmaps. Selain itu, setelah mengakuisisi Android tahun 2005, Google mewajibkan usernya memiliki alamat Gmail. Anda bisa mengakses Google Play Store untuk mengunduh berbagai aplikasi penunjang aktivitas, hiburan, streaming film, dll.

2. Akun bisa didaftarkan gratis

Gmail sama sekali tidak membebankan biaya pendaftaran akun Gmail. Anda bisa langsung membuka situs resminya atau mengunduh aplikasinya di Smartphone dan mulai mengisi data-data yang diperlukan.

3. E-mail lebih rapi

Salah satu keunggulan Gmail adalah fitur label. Label adalah ‘folder’ untuk e-mail. Fitur ini sangat membantu pengelolaan agar lebih rapi dan tertata. Secara default, Gmail memiliki label Starred, Snoozed, Important, Chats, Scheduled, dll yang bisa Anda atur apakah akan ditampilkan atau disembunyikan. Anda bisa menambahkan label lain dengan membuat dan menyesuaikannya sendiri.

4. Kapasitas yang besar

Tersedia kapasitas sebesar 15 GB untuk setiap akun Gmail. Angka yang sangat besar, kan? Apalagi kalau kita pintaar mengelolanya. Apabila kapasitas ini terasa kurang, Anda bisa mengupgrade alamat Gmail gratis ke versi premium. Biayanya bervariasi, tergantung besaran kapasitas yang Anda perlukan.

5. Sinkronisasi Chrome

Google Chrome memang bisa diakses tanpa harus buat akun Gmail terlebih dulu. Akan tetapi, jika akun Google Anda tersinkron dengan Chrome, semua riwayat (history) dan bookmark penting dapat terhubung. Anda tak hanya bisa memakai satu perangkat untuk mengakses bookmark dan riwayat. Cukup login ke akun Gmail dari perangkat mana saja dan semua data di Google Chrome dapat dipantau.

Cara untuk Buat Akun Gmail di HP Android

Cara membuat email Gmail di HP sangat gampang. Pastikan Anda sudah mengunduh aplikasi Gmail di Play Store terlebih dulu. Berikut cara untuk buat akun Gmail:

  1. Buka aplikasi Gmail, lalu Add an email address. Anda akan diarahkan ke halaman Set up. Pilih Google.

Pilih Google untuk membuat akun Gmail

  1. Pilih Create account, lalu For myself.

Pilih Create account untuk mendaftarkan akun Gmail

  1. Isi nama depan dan nama belakang Anda. Kemudian klik Next.

Isi nama depan dan nama belakang

  1. Isikan tanggal lahir beserta jenis kelamin Anda.

lengkapi tanggal lahir dan jenis kelamin

  1. Pilih alamat yang disediakan Gmail atau buat sendiri. Untuk tutorial ini, kami menggunakan saran dari Gmail. Selanjutnya klik Next.
  2. Buat password akun Google dengan kombinasi angka, huruf, dan simbol. Sebaiknya jangan gunakan tanggal lahir karena mudah ditebak.

Buat password untuk akun Gmail

  1. Tambahkan nomor telepon. Pilih Skip (lewati) atau Yes, I’m in (jika ingin menambahkan nomor telepon ke akun Google).
  2. Cek kembali informasi akun yang sudah Anda isikan sejauh ini untuk membuat email baru di HP.
  3. Setelah klik Next, halaman Syarat dan Ketentuan (Privacy and Terms) akan terbuka. Klik I Agree.
  4. Jika ingin backup semua data ke Google Drive, aktifkan opsinya. Pilih Accept.
  5. Akun berhasil ditambahkan ke aplikasi Gmail. Klik Take Me To Gmail untuk melihat tampilannya.

Akun email berhasi dibuat

 

Selesai! Kini Anda sudah selesai buat Gmail. Setelah memiliki akun Gmail, Anda pun bisa mulai menulis dan mengirimkan pesan.

Cara Membuat Email Berbasis Domain di HP Android

Untuk cara membuat email bagi kalangan profesional, berikut langkah-langkahnya:

1. Buka Pengaturan E-mail di Akun Hosting Anda

Sebelum memulai cara membuat email menggunakan domain sendiri, cari informasi akun di pengaturan. Pengaturan ini ada di dashboard hPanel.

  1. Masuk ke akun Hostinger, lalu pilih Email -> Email Accounts.

Akun e-mail hPanel

Halaman ini memuat semua informasi yang ada.

Pengaturan akun

  1. Jika belum membuat akun, scroll ke Create a New Email Account dan isikan data yang diperlukan, lalu klik Create.

Buat akun baru

2. Cara Membuat Alamat Email Baru

Informasi yang ada di akun hosting Anda nantinya dibutuhkan dalam cara membuat email di smartphone atau tablet.

Biasanya, perangkat Android menggunakan aplikasi Gmail sebagai default. Jadi, di artikel ini, kami akan membahas cara membuat email menggunakan Gmail. Meskipun demikian, Anda masih bisa menggunakan layanan lainnya. Langkah-langkahnya tetap sama.

  1. Klik foto atau ikon akun Anda di sudut kanan atas aplikasi Gmail (jika sebelumnya sudah punya akun pribadi), lalu akan muncul Add another account. Pilih opsi tersebut, dan halaman berikutnya akan terbuka. Pilih Other.

Cara buat alamat email - pilih Add another account

  1. Masukkan alamat email Anda, tapi jangan langsung mengeklik Next. Pilih Manual Setup.

Masukkan alamat email

  1. Pilih protokol, antara POP3, IMAP, atau Exchange. Jika ingin menyinkronkan dari banyak perangkat, pilih IMAP. Untuk informasi selengkapnya mengenai POP dan IMAP, cek artikel ini.

Cara membuat alamat email - tipe akun POP3 IMAP

  1. Masukkan password dan klik Next.

Masukkan password

  1. Selanjutnya, konfigurasikan pengaturan server masuk (Incoming server settings). Isi kolom Server dengan nama server yang tersimpan di Email Accounts di hPanel akun hosting Anda.

Buat akun Gmail - incoming server settings

Apabila Anda menggunakan provider hosting lain (bukan Hostinger) atau akan menghubungkan akun ke layanan lainnya, masukkan nomor port. Jika saat ini berlangganan Hostinger, nomor port yang harus Anda masukkan adalah:

    • POP3 Port (Secured) – 995
    • IMAP Port (Secured) – 993
    • SMTP Port (Secured) – 587

Pada kolom Security type, ada menu drop down. Dari beberapa pilihan, klik SSL/TLS.

Buat akun Google - pilih Security Type

  1. Di pengaturan server keluar (Outgoing server settings), isi kolom SMTP server, lalu klik Next.

Atur server keluar

  1. Kemudian, aktifkan Sync frequency dengan menandai semua pengaturan tambahan. Klik Next.

Opsi akun - Account options

  1. Masukkan nama akun (opsional) beserta nama lengkap untuk memfilter pesan yang masuk ke akun pribadi dan akun profesional.

Langkah terakhir cara buat e-mail dengan domain sendiri

Selesai! Demikian adalah cara membuat email berbasis domain di HP Android. Mudah, kan?

Kesimpulan

Melalui tutorial ini, Anda sudah mempelajari cara bikin akun Google di perangkat Android, baik untuk akun pribadi maupun profesional.

Jika ada pertanyaan tentang cara bikin email atau kritik dan saran, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah ini!

Author
Penulis

Ariata C.

Ariata suka sekali menulis dan menerjemahkan, dan sekarang ini bekerja sebagai translator di Hostinger Indonesia. Lewat artikel dan tutorial yang diterbitkan di blog Hostinger, Ariata ingin membagikan pengetahuan tentang website, WordPress, dan hal terkait hosting lainnya kepada para pembaca.