Cara Membuat Email Baru di HP & Laptop, Cuma 5 Menit!

Email benar-benar tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat modern di masa kini. Mulai dari pekerjaan, sekolah, hingga keperluan administrasi, berbagai sistem memerlukan email untuk keperluan verifikasi maupun korespondensi.

Untungnya, membuat email tidaklah sulit. Anda bisa daftar email hampir di perangkat apa pun, seperti HP, laptop, atau komputer. Prosesnya pun tidak ribet, karena ada berbagai provider yang menyediakan layanan email yang mudah digunakan, dari yang gratis hingga berbayar.

Nah, di artikel ini, kami akan menjelaskan cara membuat email baru di HP dan laptop menggunakan Gmail, Yahoo, dan Outlook, serta membuat email bisnis menggunakan layanan profesional. Yuk langsung saja simak artikelnya!

Cara Membuat Email Gmail di HP Android

Di bagian ini, kami akan membahas cara membuat email di HP Android menggunakan platform buatan Google, yaitu Gmail. Platform email ini merupakan yang paling mudah diakses karena sudah disertakan hampir di semua perangkat Android.

Ini cara membuat email atau akun Gmail pertama kali di HP Android:

  1. Buka aplikasi Gmail
  2. Pada layar selamat datang, pilih Lewati
  3. Pilih Tambahkan alamat email
  4. Di layar pilihan platform, pilih Google
  5. Berikutnya pilih Buat akun dan untuk siapa akun tersebut
  6. Isi nama depan dan nama belakang
  7. Masukkan tanggal lahir dan gender
  8. Pilih alamat yang direkomendasikan, atau buat alamat sendiri
  9. Buat kata sandi yang aman
  10. Tambahkan nomor telepon (opsional)
  11. Tinjau informasi akun dan cek apakah sudah benar
  12. Baca Privasi dan Persyaratan, lalu klik Saya setuju
  13. Selesai! Klik Bawa Saya ke Gmail untuk mulai menggunakan email baru Anda

Untuk membuat email di HP yang sudah ada emailnya, cukup klik foto profil atau inisial akun Anda di pojok kanan atas. Kemudian, klik Tambahkan akun lainnya. Setelah itu, Anda bisa mengikuti langkah-langkah yang sama di atas.

Tambahkan akun lainnya untuk buat Gmail baru

Apabila tidak memiliki aplikasi Gmail di perangkat Anda, gunakan aplikasi web browser yang ada untuk membuat akun Gmail. Yuk ikuti langkah-langkahnya di bagian selanjutnya!

Cara Membuat Email Gmail di Web Browser HP

Cara ini bisa Anda lakukan menggunakan aplikasi web browser apa pun yang ada di perangkat, seperti Chrome, Opera, Safari, atau browser bawaan.

Berikut ini adalah langkah-langkah membuat akun Gmail menggunakan web browser di HP:

  1. Buka accounts.google.com
  2. Pilih Buat Akun dan tentukan untuk siapa akun dibuat
  3. Isikan nama depan dan nama belakang
  4. Selanjutnya, masukkan tanggal lahir dan gender
  5. Pilih alamat yang direkomendasikan, atau buat alamat sendiri
  6. Masukkan kata sandi dan konfirmasikan
  7. Isi nomor telepon untuk verifikasi melalui SMS
  8. Masukkan email pemulihan (opsional)
  9. Tinjau info akun apakah alamat dan nomor telepon sudah benar
  10. Baca Privasi dan Persyaratan, klik Saya setuju

Setelah menyelesaikan langkah-langkah di atas, Anda pun berhasil membuat akun Gmail dan siap menggunakannya untuk berbagai keperluan. Lanjutkan dengan membuka aplikasi Gmail atau tetap di browser.

Cara Membuat Email Gmail di Laptop atau PC

Sama seperti cara sebelumnya, gunakan aplikasi browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Microsoft Edge, atau Safari di laptop atau komputer Anda.

Berikut ini adalah cara membuat akun Gmail lewat laptop atau PC:

  1. Buka Gmail di browser
  2. Klik Buat Akun serta pilih untuk siapa
  3. Isikan nama depan dan nama belakang
  4. Masukkan tanggal lahir dan gender
  5. Pilih alamat yang direkomendasikan, atau buat alamat sendiri
  6. Masukkan sandi yang aman dan konfirmasikan
  7. Isi email pemulihan (opsional)
  8. Masukkan nomor telepon (opsional)
  9. Tinjau informasi akun
  10. Baca Privasi dan Persyaratan, lalu klik Saya setuju

Selesai! Anda kemudian akan diarahkan ke halaman pengelolaan email di Gmail untuk mulai mengirim atau menerima pesan.

halaman kotak masuk gmail

Cara Membuat Akun Email Profesional

Apabila Anda akan menggunakan alamat email untuk keperluan bisnis, sebaiknya gunakan platform profesional. Sebab, alamat email yang menggunakan platform gratisan tentunya akan terlihat kurang kredibel dan kurang tepercaya baik bagi klien maupun mitra bisnis.

Nah, untuk membuat email profesional, ada beberapa langkah yang bisa Anda ikuti. Kami akan menjelaskan caranya berikut ini.

Membuat Email melalui Hostinger

Untuk bikin email profesional, sebaiknya siapkan alamat email bisnis dengan paket web hosting, karena akan memudahkan Anda mengelola website dan email cukup dengan satu layanan dari provider hosting.

Di bagian ini, kami akan membahas cara setting email bisnis untuk user Hostinger.

1. Pilih Paket Web Hosting

Pertama, Anda perlu memilih paket hosting. Di Hostinger, sebagian besar paket kami sudah menyertakan domain gratis dan layanan email.

Kalau memerlukan lebih dari satu email, sebaiknya pilih paket Web Hosting Premium dengan harga mulai dari Rp24990.00 karena Anda bisa membuat hingga 100 alamat email dengan domain sendiri.

Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk setup akun hosting:

  1. Buka halaman Web Hosting di Hostinger, pilih paket hosting yang sesuai, lalu klik Tambah ke Cart.
harga wordpress hosting di hostinger
  1. Pilih durasi antara 1 bulan – 4 tahun, kemudian buat akun Anda atau login kalau sudah punya, lalu pilih metode pembayaran. Setelah memasukkan informasi kontak dan pembayaran, klik Buat Tagihan Pembayaran untuk menyelesaikan prosesnya.
  2. Setelah menyelesaikan pembayaran, Anda akan diarahkan ke hPanel. Setelah halaman utamanya terbuka, klik Setup untuk mengonfigurasi paket hosting.
  1. Pilih apakah Anda ingin membuat website baru menggunakan CMS, memindahkan website yang sudah ada, atau membuat website dari awal. Dalam contoh ini, kami memilih Lewati, saya mau buat website dari awal.
  1. Klik Pilih di bagian Klaim Domain Gratis untuk mendaftarkan domain baru yang akan ditampilkan setelah simbol “@” pada alamat email profesional Anda, misalnya emailprofesionalku@domain.tld. Gunakan tool cek domain kami untuk mencari referensi ide nama domain.
  1. Masukkan nama domain pilihan Anda, klik Cari untuk mengecek ketersediaannya, lalu pilih Lanjutkan.
  1. Tinjau lokasi server dan nama domain, setelah itu klik Selesaikan setup untuk menyelesaikan prosesnya.
  1. Isi semua kolom dengan informasi Anda. Nantinya, informasi ini akan tercantum di tool pencarian database WHOIS. Setelah selesai, pilih Selesaikan pendaftaran.
  2. Verifikasi nama domain untuk mengaktifkannya. Anda harus melakukannya segera karena apabila tidak diverifikasi dalam 15 hari, domain mungkin akan gagal Anda klaim.

Tips Berguna

Setelah Anda beli nama domain dari registrar, tambahkan ke akun hosting Anda dan arahkan DNS ke server kami. Atau, Anda juga bisa mentransfer domain ke Hostinger.

2. Setup Alamat Email Profesional Anda

Ini dia cara setup email profesional di akun hosting Anda:

  1. Buka dashboard hosting, klik Email, lalu pilih Akun Email.
Akun email hpanel
  1. Pilih domain Anda, lalu pilih Kelola.
  1. Klik Buat Akun Email.
tombol buat akun email di hpanel untuk bikin email baru
  1. Masukkan nama email dan kata sandi Anda, lalu pilih Buat.
  1. Pilih aplikasi email atau perangkat seluler untuk mengonfigurasi email Anda. Untuk Apple Mail, Hostinger menyediakan opsi Setup perangkat Apple otomatis. Ikuti petunjuknya lalu klik tombol untuk menyelesaikan setup.

Cara lainnya, Anda bisa mengonfigurasi email secara manual dengan menambahkan protokol IMAP, POP3, dan SMTP.

Anda juga bisa memilih tombol Tambah akun email untuk membuat lebih banyak alamat email kustom.

Penting! Pastikan domain sudah diarahkan dengan benar ke servernya sebelum Anda buat alamat email.

3. Sesuaikan Alamat Email

Tambahkan dan sesuaikan berbagai elemen pada alamat email profesional agar semakin kredibel saat digunakan untuk menunjukkan identitas, bisnis, atau perusahaan Anda.

Salah satunya, Anda bisa membuat tanda tangan email. Dengan membuat tanda tangan email yang profesional, Anda bisa memasukkan nama lengkap, nama perusahaan, kontak, dan logo dalam setiap pesan.

Ikuti panduan berikut untuk menambahkan tanda tangan menggunakan Hostinger Webmail:

  1. Buka dashboard hosting Anda, buka Email, lalu pilih Akun Email.
  2. Pilih alamat email dan klik Webmail.
  1. Masuk ke akun email Anda, lalu pilih Pengaturan.
  1. Klik Identitas, lalu pilih alamat email.
  1. Tambahkan tanda tangan email di bagian Tanda Tangan. Pilih ikon gambar untuk membuka opsi format.
  1. Setelah selesai, klik Simpan.

Anda juga bisa menggunakan tool gratis untuk mendesain tanda tangan email, seperti Designhill Email Signature Generator, MySignature, Mail-Signatures, dan HubSpot.

Beberapa sudah menyediakan template siap pakai, dan yang lainnya memiliki fungsionalitas drag-and-drop untuk mengatur desain Anda sendiri.

Cara Membuat Email Outlook

Apakah Anda familiar dengan Outlook? Platform ini adalah salah satu penyedia email gratis milik Microsoft yang merupakan “versi baru” dari Hotmail. Meski namanya jarang didengar oleh masyarakat, ternyata diam-diam penggunanya kian meningkat.

Desain yang rapi dan sederhana menjadi salah satu faktor menarik dari Microsoft Outlook ini. Tak hanya fungsi mailingnya saja, Anda juga bisa menikmati Outlook sebagai cloud storage serta integrasinya dengan berbagai aplikasi dokumen Microsoft.

Menggunakan HP atau Tablet

Langkah pembuatan akun email Outlook sebenarnya cukup mudah. Anda cukup mengikuti panduan intuitifnya untuk mulai membuat akun.

Ini cara buat email lewat HP di Outlook:

cara membuat email baru di outlook
  1. Buka link signup.live.com/signup
  2. Klik “Dapatkan alamat email baru”
  3. Masukkan username yang diinginkan
  4. Isikan password dengan kombinasi rumit
  5. Masukkan nama depan dan belakang
  6. Pilih negara dan masukkan tanggal lahir
  7. Selesaikan captcha dengan benar
  8. Setelah itu, akun Anda siap digunakan

Setelah punya akun Outlook, Anda kini bisa berkirim email melalui berbagai perangkat, baik menggunakan aplikasi Outlook di smartphone maupun melalui browser.

Menggunakan Laptop atau PC

Anda juga bisa membuat akun email Outlook baru melalui komputer. Prosesnya pun kurang lebih sama dengan langkah-langkah di atas.

Ikuti cara ini untuk bikin email Outlook di laptop:

cara bikin email baru di outlook
  1. Kunjungi signup.live.com/signup
  2. Pilih “Dapatkan alamat email baru”
  3. Ketik username yang Anda mau
  4. Isi password yang rumit
  5. Isikan nama depan dan belakang Anda
  6. Pilih negara, masukkan tanggal lahir
  7. Verifikasikan captcha dengan benar
  8. Selesai! Akun Outlook Anda siap digunakan

Setelah memiliki akun Outlook, Anda pun bisa mulai mengirimkan dan menerima pesan email melalui layanan ini. Selain itu, kalau punya aplikasi Outlook di laptop, Anda bisa setting email di Outlook agar bisa memantau email secara real-time.

Cara Membuat Email Yahoo

Meskipun sudah lumayan berumur, masih ada beberapa orang yang masih suka menggunakan Yahoo sebagai platform mailing. Dengan tampilan yang sederhana, Yahoo bisa menghadirkan kesan minimalis yang banyak orang suka.

Selain itu, Yahoo juga menyediakan layanan premium yang berguna untuk pengoptimalan bisnis online Anda.

Menggunakan HP atau Tablet

Anda bisa membuat akun Yahoo baru langsung dari perangkat smartphone Anda. Untuk melakukan langkah ini, Anda hanya perlu menyiapkan browser saja.

Berikut cara buat email lewat HP di Yahoo:

cara membuat email baru di yahoo
  1. Buka login.yahoo.com/account/create
  2. Isi nama dan lengkapi data Anda
  3. Masukkan nomor telepon untuk verifikasi
  4. Kode OTP akan dikirim
  5. Masukkan kode, dan klik Verifikasi
  6. Email Yahoo Anda sudah jadi

Cara membuat email di Yahoo memang relatif singkat. Sebab dari layar pertama Anda sudah diminta untuk melengkapi semua data diri. Tidak seperti Gmail, nomor telepon untuk daftar email Yahoo bersifat wajib karena digunakan untuk verifikasi.

Menggunakan Laptop atau PC

Apabila kebetulan sedang menggunakan laptop, ada cara yang bisa dicoba untuk membuat email Yahoo yang baru. Langkah-langkahnya kurang lebih sangat mirip dengan cara bikin email Yahoo di handphone.

Ikuti langkah ini untuk bikin email Yahoo di laptop:

cara membuat email yahoo di laptop
  1. Buka login.yahoo.com/account/create
  2. Lengkapi data Anda dan klik Lanjutkan
  3. Masukkan nomor telepon Anda
  4. Klik tombol untuk menerima kode via SMS
  5. Setelah diterima, masukkan kode
  6. Klik Verifikasi dan tunggu sebentar
  7. Selesai! Email Yahoo Anda siap digunakan

Gampang sekali, kan? Setelah menyelesaikan langkah-langkah membuat email di Yahoo ini, Anda pun bisa berkirim email menggunakan layanan tersebut.

Kesimpulan

Nah, di artikel ini, kami sudah menjelaskan beberapa cara membuat email baru lewat HP dan laptop yang bisa Anda coba. Silakan pilih platform mana yang menurut Anda paling sesuai kebutuhan dan lebih mudah digunakan.

Seperti yang sudah kami sampaikan di atas, tiap platform memiliki kelebihannya masing-masing. Anda bisa menggunakan Gmail kalau menginginkan platform terkini yang memiliki banyak fitur. Yahoo, meskipun tampak sederhana, masih memiliki fitur berguna untuk membuat email khusus bisnis. Sementara itu, Outlook juga menyediakan integrasi perangkat, email, dan software yang tak kalah hebat.

Semoga cara-cara di atas bisa membantu Anda yang masih merasa kesulitan untuk membuat email. Apabila masih memiliki pertanyaan, silakan sampaikan pada kolom komentar di bawah ini, ya.

Author
Penulis

Faradilla A.

Faradilla, yang lebih akrab disapa Ninda, adalah Content Marketing Specialist di Hostinger. Ia suka mengikuti tren teknologi, digital marketing, dan belajar bahasa. Melalui tutorial Hostinger ini, Ninda ingin berbagi informasi dan membantu pembaca menyelesaikan masalah yang dialami. Kenali Ninda lebih dekat di LinkedIn.