December 7, 2020
6min Read
Ariata C.
Email sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari komunikasi dan marketing online. Di artikel ini, kami akan menunjukkan cara membuat email dengan domain sendiri agar bisnis Anda berjalan mulus dan kepercayaan konsumen semakin meningkat. Di samping itu, kami juga akan membahas sejumlah cara konfigurasi aplikasi email sehingga Anda dapat mengelola dan mengatur semua pesan baru yang masuk ke inbox dengan lebih efisien.
Keberadaan perangkat mobile yang kian menjamur sekarang ini memudahkan siapa pun dalam mengecek kotak masuk mereka. Mereka tak harus mengaktifkan laptop atau komputer terlebih dulu untuk membaca pesan masuk. Kemajuan teknologi ini sangat menghemat waktu, bukan? (fun fact: lebih dari setengah jumlah email yang dikirim dan diterima oleh orang-orang di dunia dilakukan melalui smartphone).
Hingga saat ini, lebih dari 90% populasi orang dewasa di Amerika Serikat mengaku menggunakan email setiap hari. Berdasarkan fakta ini, bisa ditarik kesimpulan bahwa menerapkan email marketing bisa menjadi metode paling jitu untuk menjangkau audiens yang lebih besar.
Bagi pemilik bisnis, email merupakan salah satu tool komunikasi terbaik yang dapat digunakan untuk menjembatani konsumen dan partner. Karena itulah, penting bagi pelaku bisnis untuk memiliki email pribadi yang profesional. Salah satu caranya adalah membuat email dengan domain sendiri (contoh, john@mydomain.com) alih-alih email gratis yang sangat umum tampilannya (misalnya, john@gmail.com). Dengan membuat email pribadi, Anda akan:
Tanpa basa-basi lagi, kami akan membahas cara membuat email sendiri dengan nama domain di bawah ini.
Nikmati domain gratis untuk pembelian paket hosting Premium atau Bisnis! Dapatkan web address, hosting, dan layanan email hanya dengan sekali pembelian!
Daftar Isi
Langkah pertama dalam pembuatan email pribadi adalah dengan mendaftarkan nama domain. Di Hostinger, tersedia fitur cek domain untuk mengecek ketersediaan nama domain yang diinginkan. Harga domainnya sendiri dimulai dari Rp. 10.819!
Masukkan nama domain yang ingin didaftarkan ke tool cek domain. Tunggu beberapa saat sampai tool tersebut menampilkan beberapa opsi nama domain yang tersedia.
Untuk informasi selengkapnya, silakan baca tutorial kami mengenai cara beli domain.
Anda juga bisa menggunakan nama domain yang dimiliki saat ini. Tambahkan domain tersebut ke akun hosting dan arahkan DNS ke server Hostinger. Atau transfer nama domain ke Hostinger (metode ini opsional).
Setelah mendaftarkan nama domain, langkah selanjutnya adalah memilih email hosting. Selain paket hosting reguler, Hostinger juga menawarkan layanan Email Hosting. Sebenarnya, masih banyak provider yang menyediakan layanan yang sama. Namun kami memberikan yang terbaik bagi para konsumen! 😉
Berikut dua hal yang Anda butuhkan untuk buat email pribadi:
Bagi user premium Hostinger, email premium dapat dicari di Power Store yang ada di member area.
Jika Anda hanya membutuhkan email hosting, layanan premium adalah opsi terbaik yang harus dimanfaatkan. Namun, jika di saat bersamaan Anda juga berencana untuk membuat website, maka kami rekomendasikan paket web hosting standar yang menawarkan berbagai opsi, fitur, dan kemudahan.
Cara membuat email sendiri tentu berbeda-beda, tergantung pada layanan mail yang dipilih.
Karena semua paket web hosting kami menyertakan email secara default, maka yang perlu Anda lakukan adalah memastikan domain telah diarahkan dengan benar. Setelah itu, buat kotak email dan gunakan sejumlah tool terkait yang ada di control panel.
Untuk membuat akun email, buka Email Accounts dan cari tool yang dibutuhkan.
Selesai! Anda sudah bisa mulai menggunakan email pribadi yang baru saja dibuat.
Di sini kami menawarkan tiga pilihan yang layak untuk dipertimbangkan. Jika untuk saat ini Anda belum berencana menggunakan hosting, layanan email premium bisa dijadikan solusi. Kelebihan dari menggunakan email premium adalah Anda tidak perlu membuat akun web hosting.
Layanan ini merupakan solusi dengan harga bersahabat tapi kaya akan tool powerful yang memungkinkan Anda untuk melakukan email marketing.
Segera setelah membeli layanan ini, setup wizard akan muncul di control panel.
Layanan ini menawarkan tool ekstra dan limit pengiriman email yang lebih banyak. Enterprise email didesain khusus untuk bisnis berskala besar.
Proses pembuatan email dengan layanan ini hampir sama dengan layanan Email Bisnis.
GSuite merupakan tool mail yang powerful dan dikembangkan oleh Google (tool ini juga tersedia di platform kami).
Segera setelah menginstall tool ini, setup wizard akan muncul di control panel.
Klik opsi Create yang berwarna hijau untuk memulai setup administrative mailbox.
Setelah memasukkan semua informasi yang dibutuhkan, buka akun admin yang baru saja dibuat.
Verifikasi domain di Google dan selesaikan proses setup agar bisa menggunakan layanan email.
Sebelum mulai mengirim email ke banyak akun, akan lebih baik untuk melakukan personalisasi terhadap alamat email terlebih dulu. Hal ini untuk memberi kesan lebih dekat dengan konsumen, serta meningkatkan kepercayaan mereka.
Menurut suatu penelitian terhadap aktivitas email, sekitar 60% pengguna email melihat keterangan from untuk memutuskan apakah sebaiknya membaca pesan elektronik tersebut atau mengacuhkannya.
Poin lain yang layak dipertimbangkan agar email memiliki kesempatan besar untuk dibaca oleh konsumen adalah karateristik bisnis Anda (signature). Tambahkan informasi penting mengenai perusahaan, misalnya informasi kontak dan logo, ke email untuk meningkatkan brand visibility dari bisnis Anda.
Berikut beberapa tool gratis yang dapat digunakan untuk membuat email signature yang menarik dan profesional:
Buka pengaturan email dan paste-kan alamat email yang sudah dibuat. Jika, misalnya, Anda menggunakan webmail Hostinger, maka semua tindakan dilakukan di area Webmail > Settings > Identities.
Apabila Anda punya banyak akun email, maka menginstall aplikasi email adalah salah satu cara terbaik untuk mengelolanya hanya dari satu tempat. Di bawah ini kami akan menjelaskan cara mengonfigurasikan aplikasi Thunderbird atau Mac Mail (dan cara menemukan informasi atau detail yang dibutuhkan untuk melakukan konfigurasi).
Pertama-tama, masuk ke control panel hosting. Pengaturan konfigurasi berbeda-beda tergantung pada layanan email yang dipilih. Berikut pembahasan singkat mengenai cara untuk menemukan pengaturan yang Anda perlukan.
Buka Email Accounts yang ada di bawah kategori Emails. Scroll ke bawah dan Anda akan lihat tabel Email Details dengan semua pengaturan mail server.
Buka interface Webmail dan masuk ke akun email.
Buka Settings, caranya adalah dengan memperbesar tampilan menu di sudut kanan atas (disimbolkan dengan tiga garis horizontal berwarna putih dengan warna latar biru).
Klik tab Accounts. Setelah itu, klik opsi Edit untuk melihat informasi mail server yang masuk dan keluar.
Buka dan log in Gmail. Klik ikon roda gigi yang ada di sisi kanan atas layar dan pilih Settings. Cari tab Forwarding and POP/IMAP.
Aktifkan IMAP dan simpan perubahan yang dilakukan. Area tambahan yang memuat pengaturan konfigurasi aplikasi email akan muncul.
Untuk informasi selengkapnya, silakan baca panduan resmi Google mengenai setup IMAP.
Setelah mendapatkan semua detail mail server yang masuk dan keluar, maka langkah terakhir adalah menambahkan informasi tersebut ke aplikasi email. Berikut langkah-langkah untuk menambahkan detail mail server ke dua aplikasi email terpopuler: Thunderbird dan Mac Mail.
Buka aplikasi Mozilla Thunderbird. Di bawah tab Accounts, klik opsi Email.
Masukkan informasi umum: nama, alamat email, dan password.
Kemudian masukkan value incoming/outgoing mail server dan ports. Berikut tampilannya jika menggunakan layanan email default milik Hostinger.
Selesai! Anda kini sudah bisa mengirimkan email dan mengelola semuanya langsung dari aplikasi Mozilla Thunderbird.
Masuk ke aplikasi Mac Mail dan buka Mail > Preferences > Accounts. Klik simbol “+” untuk membuat akun email baru. Tampilannya seperti pada screenshot di bawah ini:
Untuk langkah pertama, masukkan informasi dasar: nama, alamat email, dan password.
Kemudian masukkan value incoming/outgoing mail server dan ports, seperti yang digunakan di aplikasi Mozilla Thunderbird. Setelah itu, klik opsi Sign In yang berwarna biru untuk menyelesaikan proses setup.
Selamat! Sekarang Anda sudah bisa mengelola dan mengatur semua mailbox secara efektif hanya dari satu tempat.
Mengirimkan banyak email dalam sekali klik memang bukan perkara yang sulit. Hanya saja, mempersiapkan email dengan konten serta campaign berkualitas membutuhkan usaha dan dedikasi.
Berikut beberapa tips untuk menaikkan performa dan click-through-rate email:
Sampai di sini, Anda sudah tahu cara membuat email dengan domain sendiri untuk mempromosikan bisnis yang digeluti. Menjangkau konsumen dengan metode email marketing membutuhkan waktu yang lama. Jadi, tunggu apa lagi? Pilih paket email hosting dan buat email pribadi sekarang!
Ketik balasan