Apa Itu Email Header: Panduan Lengkap
access_time
hourglass_empty
person_outline

Apa Itu Email Header: Panduan Lengkap

Di luar popularitasnya sebagai sarana komunikasi, email sebenarnya masih memiliki kekurangan. Di antaranya, email rentan terhadap spam, phishing, dan serangan lainnya. Untuk mengetahui sumber serangan tersebut, Anda perlu mempelajari apa itu header email dan manfaatnya, yang akan kami jelaskan dalam artikel ini. Mari mulai!

Apa Itu Header Email?

Banyak yang berpendapat bahwa header email adalah tempat Anda bisa melihat informasi tentang subjek, penerima, dan pengirim email. Pada dasarnya, email terdiri dari dua bagian, yaitu body atau isi (area untuk menuliskan pesan Anda), dan header.

Definisi ini tidak sepenuhnya salah, tetapi subjek, penerima, dan pengirim hanyalah beberapa informasi yang bisa Anda lihat secara kasat mata. Header ini sebenarnya memuat lebih banyak informasi yang berkaitan dengan proses transmisi email, yaitu metadata.

Ada banyak informasi yang dimuat dalam metadata, seperti “from” (dari) dan “to” (ke), jenis konten, browser yang digunakan untuk menulis email, tanggal pengiriman, dan lain-lain.

Untuk memberikan gambaran yang lebih jelas, lihat contoh di bawah ini.

detail header email

Bagaimana Cara Melihat Header Email?

Seperti pada contoh di atas, header dalam email bisa sangat panjang dan sulit dipahami. Tool (client/klien) email Anda kemungkinan besar tidak akan menunjukkannya begitu saja. Ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan untuk mengaksesnya.

Meskipun Anda mungkin harus memiliki latar belakang teknis untuk memahami informasi di dalamnya, sebenarnya mudah untuk mengakses header email.

Setiap klien email menyediakan cara yang berbeda. Di sini, kami akan menjelaskan caranya untuk klien Gmail, Outlook, Mozilla Thunderbird, dan iCloud Mail.

Gmail

Mana pun klien yang Anda gunakan, Gmail maupun Google Apps (seperti GSuite), langkah-langkahnya akan tetap sama. Berikut adalah cara melihat header email menggunakan produk Google:

  1. Buka aplikasi Gmail atau Google, lalu klik email yang ingin Anda lihat headernya.
  2. Cari tombol reply (balas), klik tombol titik tiga vertikal di sebelah kanan, dan pilih Show Original.
  3. Anda akan diarahkan ke ringkasan informasi yang ada di header. Gulir sedikit ke bawah, dan Anda akan melihat seluruh email header beserta opsi untuk mengunduhnya dalam format .eml (pesan email) atau menyalinnya.

Microsoft Outlook

Karena banyaknya versi Microsoft Outlook yang dirilis setiap tahun, caranya mungkin akan berbeda-beda. Untuk beberapa versi terbaru (Office 365, 2019, 2016, 2013, dan 2010), langkah-langkahnya akan tetap sama. Berikut cara melihat header email dengan Outlook:

  1. Buka Microsoft Outlook dan klik ganda salah satu email untuk melihat versi penuhnya.
  2. Klik File -> Properties.
  3. Anda bisa melihat beberapa bagian seperti Security, Settings, Delivery Option, dan seterusnya. Gulir sedikit ke bawah hingga Anda melihat panel kecil yang bisa digulir berisi email header.
  4. Salin dan tempelkan ke editor teks untuk melihat semua informasinya.

Jika menggunakan Office 2007, caranya akan sedikit berbeda:

  1. Buka pesan email yang ingin Anda lihat headernya.
  2. Akses tab Message, cari bagian Options, lalu klik tombol kecil di pojok untuk membuka kotak dialog.
  3. Dialog Message Options akan muncul. Cari kotak Internet header untuk melihatnya.

Mozilla Thunderbird

Anda juga bisa mengakses email header menggunakan Mozilla Thunderbird. Ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka klien email Mozilla Thunderbird.
  2. Klik ganda pesan yang diinginkan. Sebuah tab baru akan terbuka.
  3. Pada kolom menu, klik View -> Headers -> All. Anda akan melihatnya di atas pesan. Opsi ini juga bisa diubah, email header akan terus ditampilkan kecuali Anda menonaktifkannya melalui View -> Headers -> Normal.

Cara lainnya, setelah membuka email, Anda juga bisa menekan Ctrl + U di keyboard untuk melihat dari mana pesan berasal, yang memuat lebih banyak informasi.

iCloud Mail

Jika menggunakan perangkat Apple, berikut cara melihat email header di iCloud Mail. Langkah-langkahnya tidak jauh berbeda dengan klien email lainnya:

  1. Buka iCloud Mail, pilih email, lalu buka dengan mengekliknya dua kali.
  2. Dari toolbar, klik ikon tindakan yang berbentuk seperti roda gigi, lalu pilih Show Long Headers.
  3. Mirip dengan Mozilla Thunderbird, opsi ini juga bisa diubah. Klik sekali lagi jika Anda tidak ingin melihat header pesan.

Memahami Metadata

Jika ingin memahami lebih lanjut email yang diterima atau dikirim, ada baiknya Anda melihat bagian metadata email. Namun, perlu diketahui bahwa metadata juga masih bisa dipalsukan.

Ya, setiap baris metadata, terutama baris “from” yang menunjukkan asal pesan, rentan terhadap pemalsuan, kecuali baris Received (diterima). Bagian ini merupakan indikator utama untuk memvalidasi keaslian email Anda.

Baris Received dibuat oleh komputer Anda sendiri sehingga bisa dianggap cukup tepercaya. Email header juga mungkin memiliki beberapa baris Received, menunjukkan server yang dilalui email Anda hingga mencapai tujuan akhirnya.

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah informasi yang ada dalam email header:

  • From – baris ini mudah sekali dipalsukan. Informasi yang dimuatnya adalah tentang dari mana email berasal.
  • To – bagian penerima email (tidak selalu menunjukkan alamat email penerima).
  • Subject – anggaplah sebagai “judul” atau topik yang ditentukan pengirim dalam emailnya.
  • Date – tanggal dan waktu email ditulis.
  • Return-Path – disebut juga dengan Reply-To. Berisi alamat tujuan pengiriman balasan email.
  • Envelope-To – mirip dengan Reply-To. Menunjukkan bahwa email telah dikirim ke alamat di baris ini.
  • Delivery Date – informasi waktu ketika klien email menerima email.
  • Received – menunjukkan server yang telah dilalui email untuk sampai di kotak surat penerima. Untuk memahaminya secara kronologis, baca dari bagian bawah (asal email dikirim) ke atas (tujuan akhir email atau dalam hal ini adalah komputer Anda).
  • DKIM signature and Domain Key signature – DKIM adalah singkatan dari Domain Key Identified Mail. Bersama dengan Domain Key signature (tanda tangan kunci domain), keduanya merupakan bagian dari sistem identifikasi tanda tangan email.
  • Message-ID – kombinasi huruf dan angka unik yang dibuat saat email ditulis untuk kali pertama (juga bisa dipalsukan).
  • Mime-versionMIME adalah standar Internet yang memperluas format dan fungsionalitas email. Anda bisa melampirkan video, gambar, dan file lainnya berkat MIME.
  • Content-type – memberi tahu Anda apakah email ditulis sebagai teks biasa atau HTML.
  • X-Spam status – memberitahukan skor email. Jika melebihi ambang batas, email akan dianggap sebagai spam.
  • X-Spam level – levelnya bergantung pada skor status x-spam email. Untuk setiap poin yang didapat, level x-spam akan menampilkan satu tanda bintang.
  • Message body – area untuk menuliskan isi email Anda, yaitu pesan yang ingin Anda sampaikan.

Apa Manfaat Memahami Email Header?

Memang, Anda tetap bisa menggunakan email untuk berkomunikasi tanpa harus memedulikan headernya. Jadi, perlukah kita mengetahui metadata yang ada pada email header?

Tentu saja! Mengetahui informasi ini bisa membantu Anda mengetahui sumber masalah pada proses transmisi email. Berikut adalah fungsi header email yang bisa membantu Anda:

  • Melindungi kotak surat dari serangan pihak luar. Meskipun email memiliki banyak sekali kegunaan, Anda tetap harus waspada terhadap spam dan phishing (serangan yang dimaksudkan untuk mencuri informasi sensitif atau rahasia).
  • Membantu proses investigasi. Ketika Anda meminta bantuan teknisi di kantor atau penyedia email, mereka mungkin perlu mengetahui header yang ada pada email Anda.
  • Mempermudah pelacakan email. Anda bisa menggunakan data di email header untuk melacak sumber pesan dengan melihat alamat IP pengirim. Ini berguna ketika Anda menjadi korban serangan dan ingin mencari tahu pelakunya. Caranya juga mudah, cukup salin seluruh header dan tempelkan pada tool pelacakan email. Setelah menerima alamat IP pelaku, Anda bisa menggunakannya untuk menemukan lokasi fisik pengirim.

Kesimpulan

Meskipun rata-rata user tidak setiap saat membutuhkan informasi yang ada pada email header, sebenarnya bagian email ini memiliki manfaat yang sangat berguna.

Setidaknya, dengan mengetahui fungsi dan cara melihatnya, Anda tidak akan kebingungan sendiri jika sewaktu-waktu mendapatkan serangan jahat melalui email. Semoga artikel ini bisa membantu Anda lebih waspada terhadap kejahatan cyber melalui email!

Penulis

Author

Faradilla Ayunindya / @faradilla

Faradilla adalah penerjemah bahasa Inggris ke bahasa Indonesia yang menyukai segala hal tentang IT dan senang mengikuti tren seputar teknologi. Ia ingin turut berbagi informasi mengenai topik yang sedang populer di dunia online melalui tutorial yang ditulisnya di blog Hostinger.

Tutorial pilihan

Tutorial terkait

Ketik balasan

Komentar*

Nama*

Email*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jadilah bagian dari Hostinger!