Cara Setting Email di Thunderbird
access_time
hourglass_empty
person_outline

Cara Setting Email di Thunderbird

Mengelola banyak akun email akan jauh lebih mudah bila Anda menggunakan aplikasi seperti Mozilla Thunderbird. Di tutorial ini, Anda akan mempelajari cara setting email di Thunderbird.

Mozilla Thunderbird adalah aplikasi email open-source yang dikembangkan oleh Mozilla Foundation pada tahun 2004. Sejak saat itu, aplikasi ini dikenal sebagai salah satu platform manajemen email yang paling banyak digunakan selain Outlook.

Bangun brand awareness. Populerkan bisnis Anda dengan berlangganan email hosting di Hostinger.

Selengkapnya

Cara Setting Mozilla Thunderbird

Proses setupnya terbilang cukup sederhana. Hanya saja, ada beberapa istilah teknis yang belum sepenuhnya dipahami oleh user pemula. Oleh karena itu, kami akan menjelaskan proses dan panduannya secara terperinci.

PENTING: Jika domain sudah diarahkan ke akun web hosting di Hostinger, Anda bisa menggunakan layanan AutoConfig yang telah kami kembangkan. Setelah akun email dibuat, masukkan informasi login ke jendela “Set Up Your Existing Email Address” di Thunderbird. Sisanya akan dijalankan secara otomatis. Informasi login tersimpan di hPanel -> Email Accounts.

1. Mengecek Pengaturan Akun Email

Meskipun versi terbaru Thunderbird sudah secara otomatis mengonfigurasikan protokol mail server dan port di setup awal, Anda masih bisa mengubah pengaturan akun secara manual untuk meningkatkan keamanan pada pertukaran data email.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mencari detail setup manual dan membuat akun baru:

  1. Setelah masuk ke akun Hostinger, cari Email Accounts. Menu ini ada di Email.

Cara setting email di Thunderbird - Email Accounts hPanel

  1. Halaman ini menampilkan informasi email yang dibutuhkan. Mail server Hostinger menggunakan IMAP sebagai server mail masuk (incoming mail) dan SMTP untuk mail keluar (outgoing mail). Jika ingin tahu bedanya IMAP dan SMTP, info selengkapnya bisa dibaca di tutorial ini.

PRO TIP: IMAP bisa diganti dengan POP3.

setting email thunderbird - info detail akun email hPanel

  1. Scroll ke bawah ke pengaturan pembuatan akun baru. Di bagian ini, Anda bisa membuat akun jika tidak punya sebelumnya. Setelah itu, klik Create.

2. Cara Setting Email di Thunderbird

Akun sudah berhasil dibuat. Selanjutnya, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Unduh dan install Thunderbird jika belum ada.

Cara setting email Thunderbird - beranda utama Thunderbird

  1. Buka aplikasi. Jika ini pertama kalinya menggunakan aplikasi Thunderbird, akan ada notifikasi pop up berisi perintah “Set Up Your Existing Email Address”. Buka File -> New -> Existing Mail Account.

Existing Mail Account

  1. Lengkapi nama, alamat email, dan password. Lalu klik Configure manually. Masukkan informasi email, misalnya incoming/outgoing mail server. Di Hostinger, informasi mail server adalah:
imap.hostinger.com
smtp.hostinger.com

Konfigurasi Thunderbird

  1. Klik Re-test agar aplikasi mengumpulkan informasi yang dibutuhkan secara otomatis. Isi kolom User Name dengan alamat email.

PENTING: Jika tidak dapat terhubung secara otomatis, Anda bisa memasukkan informasi, seperti angka port, secara manual.

  1. Jika setupnya berhasil, klik Done. Kotak masuk email yang baru kini sudah bisa dilihat di sisi kiri jendela aplikasi.

Kesimpulan

Selamat! Kini Anda sudah mempelajari cara setting email Thunderbird.

Atur email agar tetap rapi dan terorganisir dengan Mozilla Thunderbird.

Penulis

Author

Ariata C. / @ariata

Ariata suka sekali menulis dan menerjemahkan, dan sekarang ini bekerja sebagai translator di Hostinger Indonesia. Lewat artikel dan tutorial yang diterbitkan di blog Hostinger, Ariata ingin membagikan pengetahuan tentang website, WordPress, dan hal terkait hosting lainnya kepada para pembaca.

Ketik balasan

Komentar*

Nama*

Email*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jadilah bagian dari Hostinger!