Email

Cara Setting Outlook untuk Email

Cara Setting Outlook untuk Email

Pengenalan

Saat ini masih banyak sekali orang yang menggunakan Outook untuk manajemen email mereka. Sebab Outlook sangat mudah digunakan untuk mengirim/menerima email tanpa harus web browser untuk login ke Webmail (GMail, Yahoo, dll). Dalam panduan ini, kita akan belajar bagaimana cara setting email Outlook.

Beberapa bagian dalam panduan ini akan menggunakan contoh akun email yang dibuat di cPanel. Namun, bila Anda menggunakan layanan email lain seperti Yahoo/Gmail/dll, caranya tetap akan serupa.

Yang Anda butuhkan

Ada beberapa hal yang Anda butuhkan sebelum memulai panduan ini, yaitu:

  • Program Microsoft Outlook yang sudah terinstall di komputer Anda
  • Akun email aktif di layanan penyedia email
  • Informasi detail POP3/IMAP dan SMTP dari layanan penyedia email.

Langkah 1 – Mengumpulkan Informasi POP3/IMAP dan SMTP

1.1 Mengumpulkan Detail Informasi di Control Panel Hostinger

Pertama-tama, Anda harus mendapatkan informasi POP3/IMAP dan SMTP dari layanan email yang Anda gunakan. Dalam hal ini, layanan tersebut terdapat dalam control panel layanan Hostinger. Jika Anda menggunakan layanan cPanel, silakan lanjut ke Step 1.2.

1. Login ke control panel Hostinger Anda dan buka menu Email Accounts.

hostinger email accounts button 1

2. Lanjutkan ke akun email yang ingin Anda tambahkan ke Outlook dan klik tombol Manage -> Info.

hostinger emails manage info button

3. Jendela pop-up baru akan muncul, berisi semua informasi detail email.

hostinger email details

4. Catat informasi tersebut atau copy-paste ke text editor (Notepad, dll) di komputer Anda. Data ini akan Anda butuhkan nantinya.

Langkah 1.2 – Mengumpulkan Detail Informasi di cPanel

Langkah tertentu di bawah ini diterapkan di cPanel, namun bila Anda menggunakan layanan email/hosting lain, Anda bisa meminta informasi detail ini pada penyedia layanan tersebut.

Masuk ke akun hosting cPanel Anda dan lakukan langkah-langkah berikut:

1. Klik icon Email Accounts, biasanya terletak di bawah kategori Email

mail in outlook1

2. Setelah masuk di menu Email Accounts, klik Set Up Mail Client.

PENTING! Pada bagian ini, Anda harus sudah membuat akun email di cPanel.

mail in outlook2

3. Di halaman ini, Anda akan melihat detail informasi POP3 dan SMTP. cPanel, umumnya menyediakan 2 opsi: Secure SSL/TLS Settings dan Non-SSL Settings. Pilihan yang direkomendasikan biasanya adalah opsi Secure settings.

mail in outlook3

4. Copy informasi tersebut dan paste ke text editor di komputer Anda (Notepad, dll) atau Anda juga bisa membiarkan halaman tersebut terbuka.

Langkah 2 – Membuat akun email di Outlook

Pada contoh ini kita akan menggunakan Outlook 2013, namun, langkah yang sama juga bisa Anda terapkan pada versi yang berbeda.

1. Jika Anda baru pertama kali membuka Outlook, Anda akan melihat pesan selamat datang (Welcome). Klik Next.

mail in outlook4 1

2. Muncul jendela baru dengan pertanyaan. “Do you want to set up Outlook to connect to an email account?“. Pilih Yes dan klik Next.

mail in outlook5

(Opsional) Jika ini bukan pertama kalinya Anda membuka Outlook dan Anda sudah memiliki akun email sebelumnya disana, untuk menambahkan akun baru Anda cukup klik menu File di ujung kiri atas.

mail in outlook27

Kemudian klik Add Account untuk konfigurasi aku email baru:

mail in outlook28 1

3. Pada halaman selanjutnya, Anda akan melihat 2 opsi. Dalam tutorial ini, kita akan menggunakan Manual setup or additional server types.

mail in outlook6

Ingat, opsi pertama bertujuan agar Outlook melakukan konfigurasi email Anda secara otomatis. Anda tidak perlu mengisikan informasi detail server, cukup email dan password Anda saja. Namun, umumnya sangat direkomendasikan untuk mengkonfirugasi akun email secara manual, sehingga seluruh konfigurasi bisa dipastikan benar.

Klik Next.

4. Sekarang Anda perlu memilih jenis layanan yang akan Anda gunakan sebagai konfigurasi untuk akun email Anda. Pilih POP or IMAP dan klik Next.

mail in outlook7

5. Pada langkah ini, Anda harus memasukkan semua informasi detail server, seperti yang telah Anda kumpulkan di Langkah 1 sebelumnya.

mail in outlook15

  • Your Name – Nama ini akan ditampilkan kepada penerima email bila Anda mengirim email. Anda bisa mengisinya dengan apapun.
  • Email Address – Isi dengan alamat email yang ingin Anda pasang.
  • Account Type – Opsi ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Kebanyakan penyedia layanan email/hosting menawarkan untuk memilih antara POP3 dan IMAP. Tidak ada yang paling benar/salah diantara keduanya. Anda bisa mempelajari tentang perbedaan keduanya disini: Differences between POP3 and IMAP. Namun, untuk penggunaan umum, tidak akan jauh berbeda. Kita akan memilih POP3 pada contoh kali ini.
  • Untuk bagian Incoming mail server, isi nama host Incoming Server sesuai informasi detail yang sudah dikumpulkan sebelumnya di Langkah 1:
    hostinger incoming mail server
  • Untuk bagian Outgoing mail server (SMTP), isi nama host Outgoing Server sesuai informasi detail yang sudah dikumpulkan sebelumnya di Langkah 1:
    outgoind mail server hostigner
  • Untuk Logon information gunakan username dan password akun email Anda:
    hostinger email credentials
  • Jangan lupa mencentang opsi Remember password agar Anda tidak perlu mengisi password Anda setiap saat.

    PENTING! Jangan langsung klik Next. Sebelum itu, Anda harus mengkonfigurasi terlebih dahulu opsi server tambahan. Klik More Settings…
    mail in outlook11

6. Klik Outgoing Server di kotak jendela yang muncul.

mail in outlook12

Di jendela ini yang perlu Anda lakukan adalah:

* Centang kotak opsi My outgoing server (SMTP) requires authentication. Ini perlu dilakukan jika penyedia layanan email/hosting Anda membutuhkan otentikasi SMTP.

* Pilih Log on using dan isikan detail akun email Anda. Gunakan username dan password akun email Anda yang disediakan oleh penyedia layanan email.

* Jangan lupa mencentang kotak Remember password agar Anda tidak perlu mengisi password setiap saat.

Lengkapi seluruh informasi yang dibutuhkan seperti gambar berikut. Jika telah selesai, klik Advanced.

mail in outlook13

7. Sampai dibagian ini, Anda perlu mengisi bagian Ports dengan informasi detail incoming & outgoing mailservers yang telah Anda kumpulkan sebelumnya di Langkah 1.

mail in outlook16

  • Untuk bagian Incoming Server, isikan port Incoming Server (tergantung Account type yang Anda pilih – POP3 atau IMAP) dari informasi detail yang telah dikumpulkan di Langkah 1.
    hostinger incoming mail ports
  • Untuk bagian Outgoing server (SMTP), isikan port Outgoing server sesuai informasi detail yang telah dikumpulkan di Langkah 1.
    hostinger outgoing mail ports
  • PENTING! Jika Anda menggunakan Secure SSL/TLS settings saat mengumpulkan detail konfigurasi dari penyedia layanan email, Anda HARUS mencentang opsi This server requires an encrypted connection (SSL) dan pilih SSL di bagian Use the following type of encrypted connection field.
    mail in outlook19
    Alternatifnya, jika Anda menggunakan pilihan konfigurasi Not Secure, Anda tidak perlu melakukan perubahan apapun.
  • (Opsional) Dibawah bagian Delivery, Anda juga bisa membuat perubahan tambahan terkait dengan email pada server email utama. Dengan memilih opsi Leave a copy of messages on the server, salinan setiap email akan tetap tinggal di server email. Artinya, Anda akan memiliki 2 salinan email yang sama. 1 di Outlook dan 1 lagi di server penyedia layanan email Anda.
    mail in outlook20 1

8. Jika semuanya sudah terisi, klik OK.

mail in outlook21

9. Kemudian Anda akan kembali ke halaman sebelumnya. Klik Next.

mail in outlook22

10. Sekarang, Outlook akan secara otomatis melakukan pemeriksaan di kedua sisi pengiriman & penerimaan email di akun email yang telah Anda konfigurasi sebelumnya. Jika kedua test berhasil, Anda akan melihat hasil seperti ini:

mail in outlook25

Jika Anda mendapatkan pesan bahwa test gagal, silakan coba lihat kembali konfigurasi yang telah Anda lakukan sebelumnya dan jika Anda telah yakin semuanya benar namun Anda masih tetap mendapatkan pesan error, hubungi penyedia layanan hosting/email Anda untuk mendapatkan bantuan. Klik Close jika test telah berhasil.

11. Jika konfigurasi akun email Anda sukses dilakukan di Outlook, Anda akan melihat jendela seperti ini:

mail in outlook26

Sekarang Anda boleh klik Finish dan gunakan akun email yangtelah Anda konfigurasi di Outlook.

Kesimpulan

Anda telah mempelajari bagaimana cara setting outlook untuk akun email Anda, sehingga Anda bisa mengirim dan menerima email langsung tanpa harus langsung login ke layanan email. Cara setting GMail di Outlook juga kurang lebih seperti ini.

Add Comment

Click here to post a comment

Gabung bersama ratusan ribu pelanggan di seluruh dunia

dan dapatkan tutorial baru langsung di email Anda

Please wait...

Abone olduğunuz için teşekkürler!

Dapatkan harga hemat!

Web Hosting Gratis Domain mulai dari

Rp.3.975
/bln