14 Domain Name Generator untuk Cari Ide Nama Domain

14 Domain Name Generator untuk Cari Ide Nama Domain

Mencari nama domain yang bagus dengan cara biasa memang memakan waktu. Tapi, tahukah Anda kalau sekarang kita bisa menemukan nama domain dengan jauh lebih mudah dan cepat? Yap, semua ini berkat bantuan domain name generator.

Penting sekali untuk memilih nama domain yang bagus dan sesuai, khususnya bagi Anda yang memiliki bisnis. Sebab, domain adalah wajah brand Anda. Nama ini akan turut meningkatkan kredibilitas bisnis, serta memudahkan orang-orang mengingatnya.

Jangan khawatir kalau Anda masih bingung bagaimana cara mencari ide nama domain. Di artikel ini, kami mencantumkan 14 domain name generator terbaik untuk membantu Anda menemukan nama domain yang tepat, sekaligus mengecek ketersediaannya. Selamat membaca!

14 Domain Name Generator Terbaik Tahun 2022

Umumnya, tool ini akan meminta Anda memasukkan beberapa kata kunci atau nama domain yang diinginkan ke kolom pencariannya. Kemudian, hasil pencarian akan menampilkan ketersediaan nama domain tersebut dan sejumlah pilihan alternatif yang terkait dengan kata kunci Anda.

Beberapa generator nama domain memungkinkan Anda memilih Top Level Domain (TLD), termasuk .org, .net, atau TLD khusus negara seperti .us dan .uk. Apabila TLD ini tidak ditentukan, tool tersebut akan mencari domain dengan TLD .com, yang merupakan opsi paling populer.

Fitur lain yang mungkin Anda jumpai di tool domain name generator adalah link untuk membeli domain cukup dengan beberapa klik. Beberapa tool menampilkan beberapa opsi harga dari registrar domain yang berbeda, sehingga Anda bisa memilih yang terbaik.

Nah, berikut ini adalah 14 domain name generator terbaik di tahun 2022.

1. Cek Domain Hostinger

Cek Domain Murah

Ketik nama domain yang diinginkan dan segera cek ketersediaannya

Hostinger, provider web hosting dan registrar domain, juga menawarkan tool untuk mencari nama domain. Tool ini akan mengecek apakah nama domain impian Anda tersedia, serta memberikan alternatif yang relevan.

Beli paket shared web hosting kami selama minimal 12 bulan dan dapatkan domain gratis di tahun pertama pembelian!

Opsi pertama pada hasil pencarian menggunakan berbagai ekstensi domain berbeda. Scroll ke bawah sedikit lebih jauh, dan Anda pun akan menemukan nama alternatif yang terkait dengan kata kunci Anda.

Anda bisa memfilter ekstensi TLD, mulai dari yang populer seperti .com dan .net, hingga yang lebih spesifik seperti .eu dan .fm. Selain itu, Anda bisa menetapkan harga maksimum, dari Rp14.900 hingga Rp1.430.900.

Hasil pencarian tool ini juga menunjukkan harga beserta tombol Tambah ke cart di samping nama yang disarankan. Klik tombol tersebut setelah menemukan nama domain yang sesuai, lalu Anda akan diarahkan ke proses pembelian dan pendaftaran nama domain pilihan.

Pendaftaran nama domain gratis selama satu tahun sudah termasuk dalam sebagian besar paket hosting web kami.

2. Domain Name Generator Zyro

Zyro adalah website builder online yang menyediakan berbagai tool berbasis AI, termasuk pembuat nama domain. Cukup ketik nama domain yang diinginkan di kolom pencarian, dan tool ini pun akan langsung mengecek ketersediaannya.

Apabila tersedia, hasil pencarian akan menyertakan TLD .com di bagian atas, diikuti oleh beberapa ekstensi lainnya.

Tool ini tidak menyediakan nama domain alternatif yang mengandung kata lain. Namun, Anda bisa menggunakan generator nama bisnis Zyro kalau memang membutuhkan bantuan seputar saran kreatif.

Domain generator ini menampilkan harga pendaftaran domain dan harga perpanjangannya. Informasi ini penting untuk membantu menentukan budget atau perencanaan jangka panjang. Tombol Tambah ke cart akan mengarahkan Anda ke proses pembelian di website Zyro.

Sebagian besar paket Zyro menyertakan domain gratis 1 tahun.

3. Nameboy

Nameboy adalah generator nama domain dengan antarmuka yang sederhana. Kolom pencarian terletak langsung di homepage, jadi Anda cukup mengetikkan keyword untuk domain yang diinginkan. Setelah mengklik Submit, hasilnya akan muncul di bawah area pencarian.

Hasil yang ditampilkan dibagi menjadi dua kategori: ekstensi dan generator. Di bawah bagian ekstensi, Anda akan menemukan nama domain dengan berbagai TLD. Anda pun bisa menemukan nama domain bagus yang tersedia dan mengandung kata kunci yang diinginkan.

Kemudian, bagian generator berisi alternatif nama domain dengan berbagai nama atau kata kunci terkait yang menggunakan ekstensi .com.

Tombol Buy di samping saran nama akan mengarahkan Anda ke mitra registrar domain Nameboy untuk proses pembelian.

Lean Domain Search adalah generator yang menyediakan banyak nama domain .com. Tool ini juga relatif sederhana. Masukkan keyword yang diinginkan ke dalam kolom pencarian untuk menemukan berbagai saran nama yang memuat frasa lengkap.

Kalau Anda mengklik salah satu hasilnya, akan muncul layar pop-up yang berisi link untuk mendaftarkan nama domain. Fitur menarik lainnya adalah, tool ini juga menunjukkan apakah nama domain yang sesuai tersedia sebagai nama pengguna (username) Twitter.

Fitur sortir dan filternya memudahkan pencarian nama yang Anda inginkan. Urutkan hasil berdasarkan popularitas, panjang, atau urutan abjad. Untuk pemfilteran, Anda bisa memilih apakah istilah yang Anda cari perlu ditempatkan di bagian awal atau akhir nama yang diinginkan.

Meski bisa dibilang cukup sederhana, Lean Domain Search adalah tool generator nama domain yang cocok untuk mendapatkan domain .com dan username Twitter yang serupa.

Instant Domain Search adalah tool pencarian lengkap yang menawarkan berbagai cara untuk mengecek ketersediaan domain dan memberikan ide nama domain yang bagus.

Selagi Anda menuliskan keyword di kolom pencarian, akan muncul bagian baru yang menunjukkan ketersediaan nama domain dengan ekstensi .com.

Hasilnya dibagi menjadi tiga kolom: Domain Extensions (Ekstensi Domain), Generator, dan Domains for Sale (Domain Dijual). Bagian Domain Extensions berisi nama domain dengan kata kunci lengkap Anda dan berbagai jenis TLD.

Kolom Generator menunjukkan banyak saran domain yang menggabungkan berbagai kata kunci terkait. Fitur ini sangat membantu kalau ide domain asli yang Anda inginkan tidak tersedia dan Anda memerlukan nama alternatif.

Domain For Sale mencantumkan domain premium yang tersedia untuk dibeli atau ditawar. Bagian ini akan menyediakan harga atau link untuk membuat penawaran bagi setiap domain.

Generator nama domain ini menggunakan sistem kode warna pada tombol call-to-action (CTA). Tombol Buy untuk nama domain yang tersedia berwarna hijau, sedangkan tombol domain premium berwarna biru.

Sementara itu, nama domain yang tidak tersedia akan diberi kode warna merah pada tombol WHOIS. Fitur seperti ini mungkin tampak sepele, tapi benar-benar akan membantu Anda ketika perlu mengecek banyak saran nama.

Instant Domain Search bermitra dengan lima registrar domain sehingga Anda bisa mendapatkan penawaran terbaik dengan lebih mudah.

6. Business Name Generator

Business Name Generator menyediakan beberapa fitur untuk menghasilkan banyak ide bisnis dan nama domain.

Generator nama domainnya memiliki banyak filter untuk memfokuskan saran yang dihasilkan. Pertama, Anda bisa memilih industri apa yang sesuai dengan bisnis Anda, seperti otomotif, pendidikan, dan wisata.

Filter selanjutnya berlaku untuk kata kunci nama domain. Dengan fitur ini, Anda bisa menentukan jumlah karakter maksimum, jumlah kata, posisi kata kunci, bahkan rima kata.

Terakhir, ada filter untuk ekstensi nama domain. Business Name Generator mendukung banyak TLD, mulai dari ekstensi domain populer seperti .com, .net, dan .org hingga ekstensi yang tidak umum seperti .uno, .cheap, dan .buzz.

Setelah menemukan nama yang sesuai dengan kebutuhan Anda, link pendaftaran akan mengarahkan Anda ke registrar domain untuk memulai proses registrasi domain.

7. DomainTyper

DomainTyper memberikan hasil pencarian mendetail berdasarkan kata kunci. Pertama, tool ini akan menampilkan ketersediaan domain menurut ekstensinya.

Tool ini juga menampilkan perbandingan harga dari beberapa registrar untuk setiap domain yang tersedia sehingga Anda bisa mendapatkan penawaran terbaik. Kemudian, ada juga opsi untuk menambahkan atau mengedit filter ekstensi untuk memfokuskan hasil.

Selanjutnya ada fitur Instant Domain Generator, menampilkan domain yang tersedia dengan berbagai keyword terkait. Apabila menemukan saran yang menarik, Anda bisa membeli atau menggunakannya sebagai istilah pencarian baru lalu mengulang proses pencarian.

Fitur keren lainnya adalah “domain hacks” serta pengecekan username media sosial. Tenang, ‘hacks’ di sini bukan berarti peretasan, melaikan trik padu padan domain yang menampilkan saran berdasarkan kombinasi keyword dan ekstensi.

Misalnya, keyword mysite bisa dikombinasikan dengan ekstensi .site, sehingga tool ini akan menyarankan nama seperti http://my.site.

Untuk username media sosial, tool ini juga akan mengecek ketersediaannya berdasarkan keyword. Ketersediaan username dicek pada lebih dari 30 platform, termasuk Tumblr, Vimeo, dan Pinterest, yang tentunya sangat berguna untuk membangun brand bisnis yang konsisten di berbagai media sosial.

Kemudian, DomainTyper tersedia di perangkat seluler, dan aplikasinya bisa Anda download di App Store atau Google Play secara gratis.

8. Looka

Looka sangat membantu untuk melakukan brainstorming ide nama bisnis. Tool ini juga merupakan salah satu generator nama bisnis yang paling lengkap dan kaya akan fitur.

Anda bisa mulai dengan mengetikkan kata kunci ke kolom pencarian dan menentukan batas karakter. Kemudian, tool ini akan menampilkan tiga bagian hasil: Invented names, Compound names, dan Multiword names.

Apabila Anda mengklik salah satu hasil, sidebar pop-up akan muncul di sebelah kiri, menampilkan informasi yang lebih mendetail seperti cara melafalkan nama tersebut.

Looka juga menampilkan volume pencarian nama, membantu Anda menemukan nama yang sempurna untuk mendukung upaya SEO Anda.

Informasi lain yang akan Anda temukan adalah ketersediaan domain dalam berbagai ekstensi, nama alternatif, dan ketersediaan username media sosial.

Link ke US Trademark Electronic Search System (TESS) memungkinkan Anda mengecek apakah nama tersebut sudah terdaftar. Tool ini juga memberikan ide logo untuk setiap hasil.

9. Panabee

Panabee menyediakan ide nama domain yang dikategorikan menurut cara penyusunan nama tersebut. Masukkan istilah pencarian yang terdiri dari dua kata untuk menampilkan ketersediaan nama domain dari keyword yang tepat dengan ekstensi .com.

Kemudian, ada lebih banyak saran lainnya menurut berbagai kategori, di antaranya yaitu Extension (Ekstensi) dan AI-Powered.

Saran nama di bagian Extension menggunakan kata kunci lengkap yang Anda sediakan, diikuti oleh berbagai TLD. Bagian AI-Powered berisi nama alternatif yang terkait dengan kata kunci yang Anda masukkan.

Scroll ke bawah lagi untuk menemukan saran nama domain dengan susunan kata kunci yang berbeda, misalnya perpaduan frasa kunci Anda atau ejaannya secara terbalik. Tool ini juga menyarankan nama domain dengan mengganti huruf tertentu, seperti c dengan k atau i dengan ee.

Fitur filter di sidebar kiri memungkinkan Anda memfilter hasil yang diberikan. Atur generator nama domain ini untuk menemukan kumpulan ekstensi populer, startup, atau komersial. Kemudian, tetapkan aturan untuk penataan ulang nama.

10. TRUiC

TRUiC adalah domain name generator yang memungkinkan Anda menemukan nama domain yang dilokalkan. Ketik dua keyword atau lebih beserta kota atau provinsi di kolom yang tersedia, lalu pilih ekstensi dari menu drop-down.

Hasilnya akan menampilkan domain yang tersedia berdasarkan kata kunci, lokasi, dan kata alternatif. Tool ini juga akan menampilkan nama bisnis yang direpresentasikan setiap domain untuk membantu Anda menghasilkan nama bisnis yang kreatif.

Selain itu, Anda bisa melihat lebih banyak saran domain atau semua hasil dengan men-scroll ke bawah. Mengingat saran nama yang dihasilkan bisa ribuan, domain name generator ini memiliki fitur untuk menyimpan beberapa pilihan tanpa harus mendaftar. Cukup klik ikon hati di samping hasil yang ditampilkan.

11. Domainr

Domainr memiliki tampilan yang sederhana, namun memungkinkan Anda melakukan pencarian domain instan tanpa perlu repot. Kolom pencariannya ada di pojok kiri atas homepage, dan akan menampilkan saran langsung setelah Anda mengetikkan istilah pencarian.

Saran yang dihasilkan oleh tool ini mencakup nama dengan berbagai ekstensi dan kata kunci terkait. Domainr juga mencantumkan nama domain premium, serta nama domain yang tersedia dari proses lelang atau penawaran.

Tidak ada fitur filter yang rumit, sehingga domain name generator ini kurang canggih dibandingkan dengan yang lain. Namun, tampilannya yang simpel akan sangat membantu apabila Anda memerlukan alat pencarian domain cepat.

12. NameStation

NameStation mengharuskan Anda membuat akun agar bisa menggunakannya. Untungnya, domain name generator ini tersedia gratis, dan Anda bisa mendaftar dengan cepat menggunakan akun Google.

Setelah Anda log in, NameStation akan menyediakan berbagai fitur untuk mencari nama domain impian Anda secara efektif.

NameStation domain results page.

Pencarian domain yang mudah dengan keyword memungkinkan Anda menentukan apakah nama domain tersebut harus memuat, diawali, diakhiri, atau berhubungan dengan keyword Anda. Tersedia juga opsi untuk menentukan kategori pemilik nama domain dan menu drop-down untuk memilih ekstensi.

Atau, pilih kategori generator lain dari panel kiri:

  • Compound words – nama dengan awalan atau akhiran tambahan yang relevan dengan industri.
  • Tweaked names – nama dengan huruf yang disusun ulang. Anda bisa menentukan apakah akan menggunakan tweak yang telah ditentukan atau acak.
  • Alliterations – nama yang mengandung kata-kata dari bahasa lain.
  • Domain for sale– domain premium relevan yang saat ini dijual atau sedang dilelang.

Fitur keren lainnya dari NameStation adalah kontes penamaan untuk mendapatkan ide-ide kreatif dari komunitas NameStation. Anda bisa mengadakan kontes dengan memberikan deskripsi proyek dan kata-kata pilihan.

13. Domain Wheel

Domain Wheel adalah generator nama domain sederhana. Anda hanya perlu memasukkan kata kunci dan memilih ekstensi domain yang Anda inginkan pada menu drop-down di sebelah kotak pencarian.

Hasilnya hanya mencantumkan nama domain yang tersedia, termasuk saran yang menggunakan kata-kata yang relevan. Kalau tidak ada yang cocok bagi Anda, tool ini juga menyediakan keyword alternatif yang relevan dengan topik awalnya.

Cukup klik salah satu saran, dan tool ini akan menyajikan lebih banyak ide domain untuk Anda.

14. Bust A Name

Bust A Name menggunakan metode yang berbeda untuk menemukan ide nama domain terbaik. Ada dua tool di Bust A Name: Domain Search (Pencarian Domain) dan Domain Maker (Pembuat Domain), yang tersedia di tab atas.

Pilih salah satu dari dua metode untuk menemukan nama domain di tab Pencarian Domain. Opsi pertama yaitu menggunakan Quick Domain Check. Cukup tulis kata kunci untuk mengecek apakah domain tersedia untuk ekstensi .com, .net, dan .org.

Metode kedua adalah menggunakan Word Combiner. Tambahkan beberapa kata di kolom teks, kemudian Anda akan melihat ide domain yang sesuai di kolom tengah.

Tool ini menggabungkan kata-kata yang Anda masukkan untuk menghasilkan saran. Sesuaikan preferensi Anda di bagian bawah, seperti ekstensi domain, kombinasi kata, atau penggunaan awalan.

Perlu diketahui, tool Domain Maker mengharuskan Anda mengetik kata-kata untuk bagian awal atau akhir nama domain. Anda juga harus memilih jumlah karakter maksimum. Setelah semuanya siap, hasilnya akan muncul di tabel.

Tips Mencari Nama Domain Terbaik

Nama domain yang bagus akan turut membangun kredibilitas dan memajukan bisnis Anda. Meskipun pembuat nama domain bisa membantu proses brainstorming dan memberikan banyak saran, semuanya tetap kembali kepada Anda.

Berikut adalah beberapa tips untuk memilih nama domain yang tepat:

  • Singkat – nama domain yang ideal harus kurang dari 15 karakter atau tiga kata. Selain itu, orang-orang akan lebih mudah untuk mengingat dan mengetikkan nama domain yang pendek.
  • Gunakan ekstensi yang tepat – pertimbangkan untuk menggunakan ekstensi yang lebih relevan seperti .store atau .shop kalau Anda punya toko online. Dengan begitu, calon pengunjung akan tahu industri atau lokasi website.
  • Gunakan kata kunci yang relevan – nama domain yang berisi kata kunci yang relevan membantu orang-orang mengetahui konten apa yang sekiranya ada di website Anda. Contohnya, website kursus musik bisa menggunakan nama domain musiclesson.com.
  • Gunakan nama brand – sertakan nama brand Anda dalam nama domain kalau memungkinkan. Apabila menggunakan generator nama bisnis untuk mendapatkan ide domain dan nama bisnis baru, pastikan untuk mengecek nama tersebut tidak serupa dengan merek dagang terdaftar untuk mencegah masalah hukum.
  • Hindari tanda hubung dan angka – tanda hubung membuat nama domain sulit diingat, karena calon pengunjung bisa saja lupa di mana harus meletakkan tanda tersebut. Selain itu, sebaiknya hindari menggunakan angka. Sebabm saat Anda mengejanya kepada orang lain, mereka bisa saja kebingungan apakah angka tersebut dieja sebagai huruf atau angka.
  • Pastikan nama mudah dieja dan diucapkan – baik menggunakan nama brand maupun kata kunci, nama domain harus mudah dieja dan diucapkan untuk menghindari kesalahan ketik dan memudahkan Anda memberitahukannya secara langsung kepada orang lain.

Kesimpulan

Seperti kata pepatah, bahwa “nama adalah doa“. Jadi, memilih nama domain yang tepat untuk website Anda bisa dibilang adalah hal yang sangat penting. Nama ini bisa merepresentasikan bisnis atau diri Anda untuk meraih sukses di dunia online.

Domain yang dipilih harus bermakna dan mudah diingat. Untungnya, ada beberapa tool domain name generator yang akan membantu Anda menemukan nama yang bagus dengan cepat. Saran yang diberikan pun lengkap bersama ekstensi dan berbagai variasinya.

Ingat, satu rangkaian nama domain lengkap dengan ekstensinya hanya bisa dipegang oleh satu pemilik. Apabila nama impian Anda sudah diambil, tidak perlu khawatir. Anda bisa cek pemilik domain tersebut dulu untuk membelinya, atau mencari alternatif lain dengan tool generator di artikel ini.

Pertanyaan Umum Seputar Domain Name Generator

Bagaimana Cara Membuat Nama Domain yang Menarik?

Buat nama domain yang pendek dan mudah dieja. Sebaiknya sertakan nama brand untuk membuat nama domain yang memiliki potensi bisnis, atau gunakan kata kunci yang relevan dengan konten website Anda. Terakhir, gunakan ekstensi nama domain .com jika memungkinkan.

Bagaimana Cara Mencari Nama Domain Keren dengan Tool Generator?

Ketik beberapa kata kunci ke tool domain name generator. Nama brand, industri yang relevan, atau lokasi bisnis bisa membantu Anda mencari inspirasi nama domain yang lebih baik. Fokuskan hasilnya menggunakan fitur filter, misalnya dengan memilih ekstensi domain tertentu.

Apakah Domain Harus Sama dengan Nama Brand?

Sebisa mungkin harus sama. Kalau nama lengkapnya sudah diambil, pilihlah yang paling mirip. Nama yang sangat berbeda bisa membingungkan calon pengunjung yang mencari website bisnis Anda.

Apa Pertimbangan saat Memilih Nama Domain?

Pikirkan relevansi nama tersebut dengan bisnis Anda. Pertimbangkan juga untuk menggunakan TLD kode negara kalau bisnis Anda ada di beberapa wilayah berbeda. Terakhir, kalau Anda mencari 
domain yang murah, ingatlah bahwa TLD juga akan memengaruhi harganya.

Apa Ekstensi Domain Terbaik?

.com adalah ekstensi domain paling tepercaya. Ketika orang-orang mencoba mengingat alamat website, mereka cenderung berpikir bahwa akhirannya adalah .com. Untuk website komersial, ekstensi .com juga bisa menunjukkan bahwa website tersebut bisa diakses dari seluruh dunia.

Apa Alternatif Ekstensi Domain .com?

Alternatif untuk ekstensi .com bergantung pada website Anda. Untuk website regional, cobalah gunakan ccTLD seperti .id. Sedangkan untuk bisnis online, pertimbangkan untuk menggunakan  .biz atau .shop.

Apakah Tempat Membeli Domain Harus Dipertimbangkan?

Selama memilih penyedia yang tepercaya, tempat Anda membeli domain tidak akan menjadi masalah. Tapi, setiap registrar domain mungkin memiliki harga yang berbeda untuk domain yang sama.

Bagaimana Cara Dapat Domain Milik Orang Lain yang Tidak Digunakan?

Cari pemilik domain tersebut melalui tool pencarian WHOIS, yang juga bisa cek domain expired. Jelaskan alasan Anda secara masuk akal, lalu tanyakan apakah pemilik bersedia menjualnya.

Bagaimana Cara Mendapatkan Domain Gratis?

Beberapa provider web hosting menawarkan nama domain gratis dalam paketnya. Kalau Anda tertarik untuk membuat website, pilihlah paket yang sudah menyertakan nama domain gratis. Di Hostinger, kami menawarkan nama domain gratis selama satu tahun dengan paket tertentu. Mau tahu lebih lanjut? Silakan baca tutorial kami tentang cara mendapatkan nama domain gratis.

Author
Penulis

Faradilla A.

Faradilla, yang lebih akrab disapa Ninda, adalah Content Manager di Hostinger. Ia suka mengikuti tren seputar teknologi, digital marketing, dan belajar bahasa. Melalui tutorial Hostinger ini, Ninda ingin berbagi informasi dan membantu pembaca menyelesaikan masalah yang dialami.