access_time
hourglass_empty
person_outline

Cara Membuat Blog: Tutorial Kilat untuk Pemula

Banyak orang suka membagikan pengalaman dan juga cerita perjalanan yang dimiliki. Mereka bisa berbicara mengenai apa saja, mulai dari hobi, tips traveling, bahkan latihan kebugaran. Salah satu cara efektif dan mudah untuk membagikan cerita ataupun opini adalah dengan membuat blog. Selain sebagai wadah untuk menuangkan ide kreatif dalam bentuk tulisan, blog juga bisa menjadi alat pemasaran yang powerful bagi bisnis Anda.

Cara membuat blog tidak sesulit yang dipikirkan. Anda bahkan tidak perlu menyewa jasa web developer

Untuk membuat dan mengaktifkan blog, Anda memerlukan web hosting yang andal dan tepercaya. Di Hostinger, Anda akan memperoleh semua yang dibutuhkan untuk bikin blog. Dapatkan jaminan 30 hari uang kembali jika Anda tidak puas dengan layanan kami.

Buat Blog

Masih belum tertarik untuk memulai blog karena banyaknya aspek teknis yang diperlukan? Jangan khawatir, kami akan membantu Anda melalui tutorial kilat ini.

Cara Membuat Blog dalam 6 Langkah Mudah

Setiap langkah yang kami bahas di tutorial ini dapat dipakai untuk semua jenis blog.

1. Tentukan Niche Anda

Langkah pertama dan yang paling penting untuk memulai blog adalah menetapkan niche. Pikirkan terlebih dulu apa yang ingin Anda tulis dan buat di blog

Sebagai contoh, Anda punya bakat dan kemampuan tertentu yang ingin dibagikan kepada orang lain. Atau Anda ingin mengajak orang-orang untuk mengenal bisnis dan produk Anda lebih dekat?

Fokuslah pada niche yang dipilih, entah itu tentang fashion, makanan, atau fotografi. Meskipun rasanya sangat menarik untuk mengulas berbagai macam topik, Anda akan lebih sulit dalam menentukan target audience.

2. Pilih Platform Blogging

Anda tidak perlu memiliki kemampuan teknis, misalnya penguasaan bahasa pemrograman, untuk membangun blog. Anda bisa memanfaatkan penggunaan sistem manajemen konten atau biasa disingkat CMS.

Sistem manajemen konten didesain untuk orang-orang yang tidak ingin berkutat dengan hal teknis, melainkan hanya berfokus pada pembuatan konten. Ada banyak opsi CMS, tapi yang kami sarankan untuk bikin blog adalah WordPress.

JSalah satu contoh CMS yaitu WordPress sebagai media membangun blog

WordPress sangat user-friendly dan memiliki banyak tema dan plugin.

Wordpress menawarkan banyak plugin dan tema

Keunggulan lainnya adalah bersifat open-source dan memiliki komunitas yang besar. Jadi, jika ada kendala dengan WordPress, Anda dapat mengandalkan ribuan tutorial dan video serta meminta bantuan melalui forum dan developer profesional.

3. Pilih Web Hosting yang Tepercaya

Langkah selanjutnya yang diperlukan untuk membangun blog adalah memilih layanan web hosting tepercaya. Dengan menyerahkannya ke provider yang tepat, blog dapat diakses dengan mulus.

Selama lebih dari sepuluh tahun, Hostinger telah menjadi provider yang menyediakan layanan hosting berkualitas bagi user dari seluruh dunia. Selama masa itu pula dan sampai saat ini, kami berhasil membuat dan mengembangkan control panel sendiri demi kemudahan pengelolaan website yang dionlinekan di Hostinger.

Buat blog sekarang dan dapatkan diskon spesial.

Mulai Buat Blog

Setelah menemukan layanan hosting pilihan, langkah selanjutnya adalah menentukan paket web hosting yang diinginkan. Namun sebelumnya, ajukan beberapa pertanyaan di bawah ini pada diri sendiri:

  • Seberapa banyak traffic yang saya harapkan? Apa yang jadi tujuan saya dengan mendatangkan banyak pengunjung?
  • Seberapa banyak biaya atau bujet yang saya miliki? Berapa banyak fitur yang dibutuhkan?
  • Berapa lama waktu yang dibutuhkan sampai blog bisa online? Apakah saya akan mendapatkan bantuan bila terjadi masalah

Berikut gambaran umum paket hosting yang kami tawarkan di Hostinger:

WordPress hosting adalah salah satu paket hosting yang harganya terjangkau dan juga paling mudah untuk digunakan dalam membuat blog. Selain kemudahan, layanan ini pun menawarkan keandalan performa bagi Anda yang ingin memulai blog pribadi atau membuat website untuk pertama kalinya.

paket shared hosting unutk pemula

Beli WordPress Hosting

Untuk website perusahaan dan bisnis berskala besar, Cloud Hosting merupakan pilihan yang tepat bila Anda ingin mendatangkan traffic yang tinggi. Tidak seperti WordPress Hosting, di paket ini Anda akan mendapatkan kapasitas dedicated resource yang lebih besar. Namun, harganya sebanding dengan fasilitas yang diberikan.

harga paket cloud hosting hostinger untuk bikin blog

Beli Cloud Hosting

Virtual Private Server, atau disingkat VPS, memberikan lebih banyak kebebasan dan fleksibilitas bagi penggunanya. Hanya saja, Anda memerlukan pengetahuan dan kemampuan manajemen server untuk mengelolanya. Walau opsi ini tidak terlalu cocok untuk blog, VPS adalah pilihan tepat bagi Anda yang memiliki proyek besar.

paket vps hosting hostinger untuk membangun blog

Beli VPS Hosting

4. Pilih Domain

Nama domain sejatinya adalah alamat website. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk membuat nama yang tepat.

Nama domain setidaknya harus mampu merepresentasikan branding persona atau niche blog. Lakukan brainstroming beberapa nama yang potensial sampai menemukan pilihan yang tepat.

Gunakan tool cek domain untuk mengetahui ketersediaan nama domain, apakah sudah terdaftar atau belum. Jika domain yang Anda pilih masih tersedia, segera pilih ekstensinya dan lakukan pembayaran.

5. Install dan Aktifkan Platform Blogging

Setelah melakukan keempat langkah di atas, maka selanjutnya adalah menginstall CMS. Proses instal tool ini dapat dilakukan dengan mudah melalui hPanel. Masuk ke akun hosting Anda, lalu pilih Auto Installer, kemudian pilih WordPress.

tampilan auto installer wordpress hostinger
Anda hanya butuh beberapa menit untuk menginstal WordPress

Untuk informasi selengkapnya tentang cara install WordPress, silakan baca tutorial ini. Di sini kami menjelaskan cara install dan aktivasi CMS ini langkah demi langkah.

6. Terbitkan Konten

Jika ingin menjadi seorang blogger yang sukses, Anda harus membuat konten berkualitas. Menerbitkan banyak konten tapi minim kualitas tidak akan bisa mendatangkan traffic.

Jangan takut untuk bereksperimen. Berusahalah mencari ide-ide baru dan segar. Teruslah memberi tantangan bagi diri sendiri apakah bisa membuat dan mengembangkan blog hingga sukses di internet.

Menginstall dan mengaktifkan CMS di layanan web hosting terbaik tak hanya membantu Anda untuk tetap fokus menghasilkan konten berkualitas, tapi juga tidak perlu berurusan dengan masalah server setiap harinya.

Dengan memerhatikan kualitas konten dan SEO, trafik akan meningkat dalam waktu singkat dan bisa jadi blog Anda akan berada di halaman pertama mesin pencari.

Kesimpulan

Anda tidak perlu bersusah payah bahkan mengeluarkan banyak uang untuk memulai blog. Dengan memilih layanan hosting dan CMS blog yang tepat, Anda bisa sesegera mungkin menerbitkan konten.

Semoga tutorial ini dapat membantu Anda dalam membangun blog. Silakan tinggalkan pertanyaan di kolom komentar.

Sukses online bersama Hostinger dengan bikin blog sekarang juga!

Buat blog di Hostinger sekarang juga. Coba layanan kami selama 30 hari dan jika tidak puas, kami akan mengembalikan uang Anda sepenuhnya.

Buat Blog

Penulis

Author

Nadia Agatha / @nadiaagathapramesthi

Nadia merupakan penerjemah lepas sejak 2016, kini ia menjadi penerjemah untuk Hostinger. Ia gemar membaca dan melakukan penelitian seputar penerjemahan dan sosiolinguistik. Disamping itu, ia juga suka bermain dengan kucingnya dan bercengkrama bersama teman-temannya di waktu senggang.

Tutorial terkait

Author

Izhar Balas

May 24 2020

Halo saya mau migrasi hosting dan domain bisa kah. Hosting saya di hoster Dan domain di developer city Nama website saya awesline.com

    Author

    Ariata C.

    Dibalas pada May 25 2020

    Halo selamat siang kak, Untuk migrasi hosting dan domain bisa langsung menghubungi tim support kami melalui email di support@hostinger.co.id ya. Terima kasih :)

Ketik balasan

Komentar*

Nama*

Email*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jadilah bagian dari Hostinger!