access_time
hourglass_empty
person_outline

Cara Login WordPress dengan Dua Langkah Mudah

Pengenalan

Jika ingin membuat dan mengembangkan website, maka langkah yang harus dilakukan terlebih dulu adalah login ke WordPress. Tutorial kali ini akan menjabarkan cara login WordPress administrator area.

PENTING: Informasi login dashboard administrator WordPress dibuat pada saat instalasi WordPress berlangsung. Informasi tersebut berbeda dengan informasi yang Anda masukkan di control panel hosting.

Yang Anda Butuhkan

Agar tutorial ini dapat dipahami dengan baik, sebaiknya Anda:

  • Menginstall CMS WordPress
  • Memasukkan informasi login Admin WordPress

Langkah 1 – Mengakses WordPress Dashboard

Jika WordPress telah terinstall di root domain Anda (di folder public_html akun hosting Anda), maka untuk masuk WordPress Admin Area, gunakan link ini: domainanda.com/wp-admin.

PENTING! Apabila CMS WordPress telah diinstall dan disimpan di folder wp pada domain Anda, maka buka link domainanda.com/wp/wp-admin.

Setelah berhasil mengakses Dashboard WordPress, tampilan seperti di bawah ini akan muncul:login WordPress admin

Langkah 2 – Cara Masuk ke Dashboard WordPress

Untuk login WordPress, maka informasi yang harus Anda masukkan adalah:

  • WordPress Username – username yang Anda buat ketika menginstall WordPress.
  • WordPress Password – password yang Anda buat ketika menginstall WordPress.

PENTING! Jika Anda sudah memberi tanda centang pada kotak “Send me installation instructions via email” ketika menginstall WordPress, maka password bisa dengan mudah ditemukan di email tersebut.

Klik Login jika Anda sudah memasukkan informasi yang benar.

Tampilan di bawah ini menunjukkan jika Anda sudah berhasil masuk WordPress dashboard.WordPress dashboard

Langkah 3 – Mengatasi Masalah Ketika Login WordPress

Pada saat administrator login WordPress, ada saja masalah atau error yang tiba-tiba muncul. Berikut beberapa masalah yang kerap terjadi beserta cara penanganannya:

Memasukkan Password yang Salah

Apabila Anda mengetikkan alamat email yang benar pada saat instalasi WordPress, maka yang perlu dilakukan hanyalah klik link Lost your password? yang ada di bawah login form, kemudian masukkan username atau alamat email. Email konfirmasi password baru akan segera dikirimkan.Link lupa kata sandi WordPress

Seandainya password tidak bisa diatur ulang via email reminder, maka alternatif lainnya adalah mengganti kolom user_pass secara manual dengan phpMyAdmin. Untuk informasi selengkapnya, bisa Anda baca di artikel ini.

Memasukkan Username yang Salah

Sama seperti password, jika Anda memasukkan username yang salah, Anda bisa menggantinya dengan mengedit kolom user_login. Untuk tutorialnya yang lengkap, bisa dibaca di sini.

Kesimpulan

Sekarang Anda sudah bisa login WordPress. Buat, kembangkan, dan kelola website Anda serta install berbagai plugin dan template.

 

Penulis

Author

Ariata C. / @ariata

Ariata suka sekali menulis dan menerjemahkan, dan sekarang ini bekerja sebagai translator di Hostinger Indonesia. Lewat artikel dan tutorial yang diterbitkan di blog Hostinger, Ariata ingin membagikan pengetahuan tentang website, WordPress, dan hal terkait hosting lainnya kepada para pembaca.

Tutorial terkait

Ketik balasan

Komentar*

Nama*

Email*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jadilah bagian dari Hostinger!