WordPress

Cara Memperbaiki Error Establishing a Database Connection di WordPress

cara memperbaiki error establishing a database connection di wordpress

Pengenalan

WordPress diolah dengan bahasa PHP dan MySQL. Halaman web pun dibuat dengan cepat. PHP code mengakses database MySQL Anda dan memperoleh semua informasi yang diperlukan untuk membuat halaman web. Satu PHP query dibutuhkan untuk menuliskan judul post, satu PHP query untuk mendokumentasikan nama penulis, satu PHP query lainnya untuk mencari tanggal publikasi, dan lain-lain. Pesan error Error establishing a database connection. mengindikasikan adanya beberapa penyebab sehingga PHP code tidak berhasil terhubung ke database MySQL. Alhasil, PHP code tidak bisa memperoleh informasi yang dibutuhkan untuk membuat halaman web.

Ada banyak penyebab mengapa website Anda bermasalah saat hendak terhubung ke database. Pada umumnya, ada tiga jenis penyebab:

  1. Database Anda rusak. Ada banyak hal yang dapat mengakibatkan rusaknya database WordPress dan penyebab paling umum adalah mengupload plugin yang kualitasnya tidak bagus.
  2. Kesalahan informasi login database. Database WordPress menggunakan informasi login (username dan password) yang berbeda dari database lain yang terpasang di control panel akun hosting Anda. Jika informasi tersebut telah diubah atau jika website WordPress dipindahkan ke akun hosting atau penyedia hosting baru, maka website tidak bisa diakses dengan informasi yang lama. Dalam kasus kami, hal inilah penyebab paling umum.
  3. Server yang menyimpan database Anda down. Server database Anda mungkin saja sedang bermasalah (down) karena suatu masalah atau error di perusahaan web hosting, atau traffic website Anda sangat tinggi sehingga server tidak mampu menanganinya.

Di tutorial ini, Anda akan mengetahui cara memperbaiki error establishing a database connection di WordPress.

Yang Anda Butuhkan

Sebelum memulai tutorial ini, Anda membutuhkan:

  • Website WordPress yang sudah pernah digunakan sebelumnya.
  • Akses ke control panel di akun hosting di mana WordPress diinstall.
  • Akses yang dibuat ke file instalasi website WordPress.
  • Pemahaman dasar tentang struktur file WordPress.

Cara 1 – Mencari letak error

Pertama-tama, pastikan error yang terjadi di front-end situs yoursite.com juga terjadi di back-end situs yoursite.com/wp-admin (ganti yoursite.com dengan URL homepage WordPress Anda). Jika pesan error untuk kedua halaman web sama Error establishing a database connection, maka Anda bisa lanjut ke Cara 2. Namun, bilamana website Anda down dan error yang dialami sedikit berbeda dengan ketika Anda mencoba login: One or more database tables are unavailable. The database may need to be repaired , maka database harus diperbaiki.

WordPress memiliki fitur yang telah terintegrasi untuk memperbaiki database Anda. Hanya saja, Anda harus mengaktifkan terlebih dulu fitur ini. Untuk mengaktifkannya, Anda perlu mengakses file wp-config.php, yang berisikan pengaturan instalasi dan konfigurasi WordPress.

Cari wp-config.php di direktori file root WordPress Anda.

file wp-config.php file ada di direktori file root WordPress

Setelah membuka wp-config.php , tambahkan code berikut ini di bagian bawah dan simpan perubahan:

define( 'WP_ALLOW_REPAIR', true );

Baris code di atas akan mengoptimalkan dan memperbaiki database dengan cara membuka yourwebsite.com/wp-admin/maint/repair.php (ganti yourwebsite.com dengan URL yang Anda gunakan).Pilih salah satu opsi untuk melakukan perbaikan database.

Gambar layar di atas menampilkan dua pilihan untuk database Anda, yaitu to repair dan repair and optimize. Anda bisa memilih salah satunya. Akan tetapi, Anda harus ingat bahwa proses mengoptimalkan (optimize) memakan waktu lama karena pengoptimalan database berlangsung secara bersamaan dengan proses perbaikan.

Harap diingat, halaman perbaikan database tidak secure. Siapa pun bisa mengakses yourwebsite.com/wp-admin/maint/repair.php tanpa harus login terlebih dulu. Setelah selesai memperbaiki database, pastikan untuk menghapus baris code yang Anda tambahkan define( 'WP_ALLOW_REPAIR', true );  di  wp-config.php.

Untuk sementara, jangan tutup wp-config.php sampai setelah Anda yakin error sudah diatasi dan website kembali berfungsi. Jika pesan error yang sama masih ditampilkan, maka Anda harus membuka wp-config.php  untuk lanjut ke cara berikutnya.

Cara 2 – Mengecek pengaturan jaringan database di wp-config.php

Jika cara di atas tak kunjung mengatasi error yang terjadi, maka langkah berikutnya adalah mengecek pengaturan database Anda di file wp-config.php.

Bilamana Anda bertanya-tanya bagaimana bisa informasi login databse tiba-tiba berhenti berfungsi, waspadailah beberapa hal ini. Mengganti perusahaan hosting atau mengubah apa pun mengenai nama database atau informasi user dapat mengakibatkan error, apalagi jika file wp-config.php  belum diperbarui dengan informasi baru.

Tetap buka file wp-config.php  seperti yang telah Anda lakukan di cara pertama. Jika Anda sudah menutup file tersebut, log in ke File Manager di control panel akun hosting atau sambungkan ke akun FTP Anda. Buka direktori tempat WordPress diinstall dan cari file bernama wp-config.php . Buka file tersebut dan edit. Anda akan lihat informasi untuk database yang muncul di dekat bagian atas file. Tampilannya akan seperti ini:

Untuk DB_HOST , isilah dengan mysql.idhostinger.com

Seperti yang Anda ketahui, ada empat informasi yang dibutuhkan WordPress untuk mengakses database Anda:

  1. Nama database ( DB_NAME )
  2. Username untuk login ( DB_USER )
  3. Password untuk login ( DB_PASSWORD )
  4. Host database ( DB_HOST)

Jika salah satu value di atas diisi dengan tidak benar, maka WordPress tidak akan bisa terhubung ke database.

Cara yang paling bagus dan mudah untuk menjamin bahwa informasi yang dimasukkan benar adalah membandingkan value di atas dengan informasi database MySQL. Untuk membandingkannya, Anda harus membuka MySQL Databases di control panel akun hosting Anda. Screenshot di bawah ini menunjukkan tampilan simbol di cPanel; tetapi bagian database tersebut juga harus ada di control panel lainnya.cPanel MySQL Databases ada di bagian Databases.

Setelah MySQL Databases terbuka, cari Current Databases. Current Databases berisikan daftar seluruh database dan user yang siap untuk digunakan website Anda. Informasi yang kami cari ditemukan di kolom Database dan Privileged Users. Di sini kami hendak mencocokkan value DB_NAME dan DB_USER  dalam file wp-config.php.Cocokkan wp-config.php values dengan informasi yang benar di bagian Current Databases.

Anda tidak perlu menyelesaikan seluruh cara di bawah ini untuk merestore sambungan WordPress. Setelah itu, pastikan untuk refresh website WordPress guna mengecek apakah kesalahan atau error telah teratasi.

Mengecek value nama database

Awali dengan nama database.

Kita akan mulai dengan value nama database. Jika Current Databases tidak memiliki daftar database yang ditunjukkan dalam file wp-config.php dengan nama value DB_NAME , maka database hilang. Hal ini biasa terjadi ketika sebuah website ditransfer ke penyedia hosting yang baru dan database tidak sepenuhnya dipindahkan. Kami sarankan untuk menghubungi tim support penyedia layanan hosting Anda dan meminta mereka untuk memindahkan/merestore sepenuhnya database WordPress Anda. Anda perlu membuat database baru dan mengisi kontennya dengan backup database WordPress Anda.

Mengecek login username value

Selanjutnya, kita akan mengecek kolom Privileged Users. Sebagai contoh, sekilas kita bisa melihat bahwa kolom Privileged Users memiliki daftar username yang berbeda dibandingkan dengan daftar yang ditunjukkan dalam file wp-config.php  – yang terakhir tidak ada trailing ‘0’. Setelah mengupdate value DB_USER dari somuvnet_wp67 ke somuvnet_wp670, kita membetulkan username yang salah. Pastikan untuk merefresh website WordPress Anda untuk mengecek apakah langkah ini bisa mengatasi error.

Menambahkan hak akses user yang hilang

Ketika memindahkan WordPress ke penyedia layanan hosting lainnya atau ketika WordPress diinstall secara manual, pengguna mungkin saja lupa untuk menambahkan (add) user ke database. Masalah semacam ini biasanya muncul di control panel yang mensupport hak akses user tingkat lanjut. Dalam kasus ini, area Privileged Users kosong.Tidak ada user yang ditambahkan di database ini.

Untuk memperbaiki kesalahan ini, gunakan Add User To Database yang ada di bagian bawah:Area di bagian bawah layar berfungsi untuk mengolah user database and menambahkan hak akses user.

  1. Pertama-tama, cari Current Users dan cek jika  DB_USER value dari wp-config.php  terdaftar di sini.
  2. Jika telah terdaftar, pilih user di dropdown field Add User To Database -> User, lalu pilih database yang saling terkait di dropdwon field Database dan klik Add. Anda akan diminta untuk menentukan hak akses – pilih All Privileges, klik Make Changes dan kembali ke halaman sebelumya dengan mengklik Go Back.
  3. Jika tidak terdaftar, gunakan Add New User untuk membuat username MySQL. Anda harus memasukkan username atau suffix di kolom Username. Sebaiknya gunakan Password Generator untuk kolom Password. PENTING: Secepatnya update value DB_PASSWORD dalam file wp-config.php  dan gantikan dengan value baru sehingga value tersebut tidak hilang saat proses dijalankan. Setelah user ditambahkan (dibuat), Anda harus menjalankan cara (2) untuk menambahkan user tersebut ke database. Setelah itu, pastikan untuk merefresh website WordPress Anda guna mengecek apakah error telah teratasi.

Mengecek database host value

Jika cara di atas tidak berhasil menyelesaikan error, berarti ada dua informasi yang diisi dengan tidak benar – password untuk login atau host database. Database host value biasanya disediakan bersamaan dengan informasi akun. Sebaiknya Anda mengecek kembali informasi ini dengan penyedia layanan hosting Anda jika database host value sulit dtemukan di akun setup emails atau control panel. Jika Anda mengubah database host value, refresh website WordPress untuk mengecek apakah cara ini sudah mengatasi error.

Mengecek login password value

Login password dapat diupdate dengan cepat menggunakan MySQL Databases -> Current Users di control panel.

  1. Cari user yang hendak diupdate passwordnya di kolom Users dan klik Change Password di respective row.
  2. Anda bisa menggunakan DB_PASSWORD value dari file wp-config.php atau membuat password baru menggunakan Password Generator. Jika Anda memilih untuk membuat password baru, pastikan untuk mengupdate DB_PASSWORD value di file wp-config.php  dan menggantinya dengan password yang baru saja dibuat.
  3. Klik Change Password.

Jadi, file wp-config.php digunakan untuk mengecek semua yang telah disebutkan di atas. Pastikan untuk merefresh website WordPress Anda guna mengecek apakah error sudah bisa diatasi. Jika masih terdapat error, lanjutkan ke cara terakhir.

Cara 3 – Menghubungi perusahaan hosting Anda

Jika langkah penanganan di atas telah diikuti tetapi website Anda masih menampilkan pesan Error establishing a database connection , berarti masalahnya terletak di end penyedia layanan hosting Anda. Hubungi tim support perusahaan web hosting Anda. Beri tahu mereka semua informasi terkait error dan langkah penanganan yang telah Anda lakukan. Mereka akan membantu Anda mencari penyebab error.

Kesimpulan

Tutorial ini berisikan cara memperbaiki error establishing a database connection yang muncul di WordPress. Dengan mengikuti cara yang tepat, Anda bisa menangani error yang disebabkan oleh rusaknya database atau kesalahan database connection value di file wp-config.php . Kemungkinan penyebab berasal dari end penyedia layanan hosting. Namun, tidak ada salahnya untuk terlebih dulu mengikuti cara-cara di atas sebelum menghubungi tim support hosting Anda.

4 Comments

Click here to post a comment

    • Apakah Bapak Awan sudah mencoba melakukan perbaikan sesuai tutorial? Jika masih mengalami kendala, kami menyarankan Bapak untuk mengirim tiket bantuan agar bisa dicek detail kendalanya oleh tim support.

  • Saya sudah mengikuti prosedur di atas,tapi tetap saja tidak bisa

    Error establishing a database connection
    This either means that the username and password information in your wp-config.php file is incorrect or we can’t contact the database server at mysql.hostinger.co.id. This could mean your host’s database server is down.

    Are you sure you have the correct username and password?
    Are you sure that you have typed the correct hostname?
    Are you sure that the database server is running?
    If you’re unsure what these terms mean you should probably contact your host. If you still need help you can always visit the WordPress Support Forums.

    Try again:

    13 jam saya mencoba memecahkan masalah ini tetap saja tidak bisa dan saya mencari file di public_html di dalam folder setelah wordpress ekstrak maupun di folder public_html file wp-config.php tidak ada,yang ada hanya wp-config-example.php.: saya mendownload wordpress di situs resminya https://www.wordpress.org

    Bagaimana untuk memecahkan masalah ini tolong bantuannya.

    Website ecomeshareinfo.cf (sebagai uji coba pemula)

    • Mohon maaf Bapak/Ibu Azzauffy. Terjadi kekurangan pada tutorial yang kami tulis. Namun, kini sudah diupdate dan diperbaiki. Silakan Bapak/Ibu mencobanya lagi. Jika masih ada pertanyaan, jangan ragu untuk menghubungi kami. Terima kasih 🙂

Gabung bersama ratusan ribu pelanggan di seluruh dunia

dan dapatkan tutorial baru langsung di email Anda

Please wait...

Abone olduğunuz için teşekkürler!

Dapatkan harga hemat!

Web Hosting Gratis Domain mulai dari

Rp.10.275
/bln