Tutorial WordPress

14 Plugin WordPress Terbaik di Tahun 2018

14 Plugin WordPress Terbaik di Tahun 2018

Salah satu alasan mengapa WordPress menjadi sangat populer belakangan ini adalah karena banyaknya pilihan plugin yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan Anda. Hanya saja, dengan begitu banyak pilihan, mungkin Anda akan mengalami kesulitan pada saat mencari plugin WordPress terbaik.

Beruntung, Anda tidak perlu berlama-lama untuk mencari plugin WordPress terbaik. Bagi pemula, ada banyak plugin gratis yang dapat ditemukan di Direktori Plugin WordPress.org. Plugin gratis tersebut memungkinkan Anda untuk menambahkan fungsionalitas lain, seperti keamanan website, media sosial, backup situs, dan masih banyak lagi.

Di artikel ini, Anda akan mendapatkan informasi mengenai 14 plugin yang kami yakini setiap pemilik dan developer website WordPress harus memilikinya di tahun 2018. Tanpa perlu berlama-lama lagi, berikut akan kami uraikan plugin WordPress yang wajib diinstall di tahun ini sehingga dapat membantu Anda mengembangkan situs!

1. WooCommerceScreenshot plugin website WooCommerce.

Digunakan oleh hampir sepertiga website e-commerce, WooCommerce merupakan salah satu plugin WordPress terbaik dan terpopuler di antara para pengguna situs yang hendak mendirikan toko online. Plugin e-commerce ini memudahkan pemilik situs untuk melakukan penjualan berbagai macam produk fisik dan digital ke pelanggan di seluruh dunia. Plugin ini juga memuat ekstensi library yang banyak dengan berbagai kisaran harga.

Selain memberikan kenyamanan pada 51% warga Amerika saat berbelanja online, memiliki pondasi yang kuat dengan memilih WooCommerce merupakan kunci keberhasilan toko online Anda.

Keunggulan Utama:

  • Berintegrasi dengan berbagai ekstensi dan plugin lainnya.
  • Mudah untuk di-setup atau diinstall.
  • Menerima berbagai opsi pembayaran.
  • Menawarkan struktur yang mudah digunakan oleh developer.

Disarankan Untuk:

Pemilik dan developer website yang ingin menjual produk atau layanan melalui website WordPress mereka.

2. Yoast SEOScreenshot plugin yoast website.

Diklaim sebagai plugin WordPress terbaik untuk Optimasi Mesin Pencari (SEO), Yoast SEO didesain untuk membantu Anda menerbitkan konten yang berkualitas tinggi dan dioptimalkan untuk pencarian. Karena cakupan SEO terkadang berubah-ubah, penting bagi Anda untuk menginstall plugin terbaik agar selalu terdepan.

Sistem operasi Yoast SEO digambarkan seperti sistem traffic light yang unik. Sistem ini menunjukkan bagaimana konten yang Anda tulis ditampilkan di mesin pencari. Selain itu, Anda pun dapat menilai kualitas post yang berarti bukan hanya mesin pencari saja yang mudah membaca artikel Anda, tetapi juga pembaca atau pengunjung situs Anda.

Meskipun Yoast SEO merupakan plugin yang sepenuhnya gratis, Anda bisa mendapatkan versi premiumnya yang dihargai mulai dari $69.

Keunggulan Utama:

  • Menganalisa halaman dan post WordPress serta mengidentifikasi kelemahan SEO.
  • Memperbarui halaman hasil analisis pada saat perubahan SEO yang sesuai dibuat.
  • Membuat XML Sitemap.
  • Membuat breadcrumbs pada tema WordPress yang kompatibel.

Disarankan Untuk:

Pegguna yang ingin membuat konten mereka tampil di halaman pertama mesin pencari terpopuler.

3. W3 Total CacheW3 Total Cache plugin

Website dengan performa lambat hanya akan memberi pengaruh buruk pada traffic dan juga penjualan Anda. Untuk mencegah hal ini terjadi, sebaiknya install plugin, seperti W3 Total Cache. Singkatnya, plugin ini menyimpan versi halaman situs Anda di komputer pengunjung web Anda. Hal ini membuat situs Anda me-loading lebih cepat saat pengunjung tersebut kembali membuka situs Anda. Plugin ini merupakan senjata ampuh untuk meningkatkan kecepatan browser, apalagi penggunaan telepon pintar semakin menjamur di tahun 2018.

Keunggulan Utama:

  • Kompatibel dengan berbagai fitur dan server hosting (berfungsi dengan baik di Hostinger).
  • Cache sebagian besar elemen website WordPress.

Disarankan Untuk:

Pemilik situs dari berbagai kalangan yang ingin meningkatkan kecepatan website mereka.

4. JetpackPlugin Jetpack untuk WordPress

Jetpack merupakan plugin yang didesain oleh developer WordPress untuk membantu Anda meningkatkan lebih banyak traffic online, mengamankan website Anda, mengawasi performa situs, dan lain-lain. Jetpack menawarkan sejumlah modul yang dapat diaktifkan (atau tidak), dan menjadi salah satu piihan bagi Anda yang ingin menambahkan fungsionalitas WordPress.

Fitur inti Jetpack sepenuhnya gratis. Versi premiumnya menawarkan backup dan scanning keamanan tambahan bersamaan dengan segudang fitur lainnya.

Keunggulan Utama:

  • Menganalisis dan membuat statistik website.
  • Mengamankan website Anda.
  • Mengawasi downtime dan uptime website.
  • Memungkinkan pengunjung web berinteraksi dengan Anda dan konten Anda melalui media sosial, komentar tingkat lanjut, dan formulir kontak yang menarik.

Disarankan Untuk:

Apabila Anda menginginkan fungsionalitas yang mudah digunakan, maka Jetpack adalah pilihan yang ideal.

5. Keyy Two Factor AuthenticationPlugin Keyy two factor authentication

Pelanggaran keamanan di dunia online kini semakin marak dan percobaan hacking sudah menjadi hal yang biasa. Oleh karena itu. penting bagi Anda untuk menerapkan langkah keamanan yang kokoh dan kuat. Salah satu metode yang paling populer adalah Two-Factor Authentication (2FA) yang memungkinkan Anda untuk memverifikasi identitas melalui perangkat pintar Anda. Plugin Keyy Two Factor Authentication adalah salah satu tool terbaik yang ada.

Setelah selesai diinstall, plugin ini akan memungkinkan Anda untuk masuk (log in) ke website WordPress menggunakan ponsel pintar Anda. Anda pun harus mengunduh aplikasi yang sesuai untuk perangkat Anda, dari situ Anda dapat membuat nomor pin atau merekam sidik jari Anda. Ketika hendak masuk ke website, cukup buka aplikasi, dan arahkan ponsel pada kode yang muncul di layar.

Meskipun tersedia versi premium, versi gratis dari plugin WordPress yang wajib diinstall ini seharusnya sudah lebih dari cukup.

Keunggulan Utama:

  • Menghapus opsi keharusan memasukkan password atau kata sandi.
  • Membuat dan menyimpan kunci digital 2048-bit RSA di perangkat pintar.
  • Mengamankan website dari akses tak dikenal.
  • Memungkinkan Anda mengakses semua website WordPress Anda hanya dengan sekali klik.

Disarankan Untuk:

Bagi pengguna situs yang mengutamakan keamanan, Keyy adalah plugin wajib WordPress terbaik yang pernah ada.

6. Broken Link CheckerPlugin Broken link checker

Seperti namanya, Broken Link Checker mencari tautan yang menyebabkan error 404 pada website Anda. Pencarian tautan kesalahan ini sangat penting sebagaimana situs Anda dapat dikenai sanksi oleh mesin pencari utama bilamana web Anda memuat missing link atau broken link.

Setelah diinstall, plugin ini akan memonitor situs Anda untuk mencari broken link dan menyediakan laporan di dashboard WordPress Anda. Di sini, Anda dapat mengedit tautan atau link yang dimasuk, atau sebaliknya mengabaikan notifikasi. Sebagai informasi tambahan, Broken Link Checker membutuhkan waktu untuk melakukan pemeriksaan awal (khususnya jika Anda memiliki website besar). Namun, Anda dapat mengecek kembali progress atau perkembangannya melalui dashboard.

Keunggulan Utama:

  • Memonitor situs Anda dan mencari broken link.
  • Mengirim notifikasi apabila ada masalah, baik melalui email maupun dashboard WordPress.
  • Menghentikan mesin pencari agar tidak mengikuti broken link atau tautan yang rusak.

Disarankan Untuk:

Bagi mereka yang ingin mengoptimalkan website dan memastikan peringkat pencarian situs berada di posisi terbaik.

7. Contact Form 7Plugin Contact Form 7

Formulir kontak merupakan metode terbaik untuk mengaktifkan percakapan dengan pengguna situs Anda dan pelanggan potensial. Perlu diingat, plugin Contact Form 7 memungkinkan Anda untuk menambahan satu atau lebih form yang dimodifikasi ke website WordPress Anda.

Desain Contact Form 7 memudahkan Anda untuk menangani permintaan pelanggan, saran, dan pesan lain yang disampaikan lewat website. Di samping itu, dengan kemampuannya mendukung sistem CAPTCHA, Akismet, dan submission yang didukung oleh Ajax, keamanan situs Anda tidak akan tergoyahkan. Kotak masuk pesan Anda pun bebas dari spam.

Keunggulan Utama:

  • Memungkinkan Anda untuk mengelola berbagai formulir kontak WordPress.
  • Menawarkan kustomisasi formulir kontak.
  • Membantu mencegah spam yang menggunakan CAPTCHA dan Akismet.

Disarankan Untuk:

Pemilik website yang ingin menampilkan formulir kontak yang menarik tanpa mengorbankan fungsionalitas dan keamanan.

8. Google Analytics Dashboard for WP (GADWP)Plugin Google Analytics Dashboard for WordPress

Adanya persaingan di bisnis online menjadikan Anda harus selalu memonitor status analytic situs Anda. Plugin Google Analytics Dashboard for WP akan menguraikan aktivitas website secara langsung dari dashboard WordPress Anda.

Proses instalasi tidak begitu sulit. Setelah penginstallan selesai, Anda akan menemukan dedicated panel di layar beranda utama WordPress Anda. Meskipun ada banyak plugin wajib WordPress yang serupa, GADWP menyediakan layout yang lebih menarik, bersamaan dengan lebih banyak metrik untuk dilacak. Plugin ini adalah tool ideal bagi Anda yang menginginkan sebanyak mungkin informasi.

Keunggulan Utama:

  • Melaporkan atau memberitahukan informasi pengunjung situs dengan cepat.
  • Melacak event penting website.
  • Menawarkan akses ke report Google Analytics yang spesifik.

Disarankan Untuk:

Internet marketer dan pemilik situs yang hendak memonitor bagaimana performa situs mereka.

9. Wordfence SecurityPlugin Wordfence security

Wordfence Security merupakan plugin all-in-one yang dirancang untuk mengamankan website WordPress Anda dari berbagai serangan online. Bisa dibilang, Wordfence Security adalah plugin keamanan terpopuler untuk WordPress yang sangat bermanfaat ketika Anda harus menghadapi ancaman keamanan terbaru.

Bagi pemula, plugin ini memuat Threat Defense Feed yang terus-menerus diperbarui dan berfungsi mengamankan situs Anda dengan rule Web Application Firewall (WAF), malware signature, dan masih banyak lagi. Selain itu, tersedia fitur yang membantu Anda melakukan blacklist dan whitelist terhadap alamat IP, memblokir pengguna dan negara secara otomatis, dan di versi premiumnya, semua pengguna akan mendapatkan 2FA.

Keunggulan Utama:

  • Mengidentifikasi dan memblokir ancaman online.
  • Melakukan pengawasan yang terus-menerus terhadap website Anda.
  • Bekerja dari database yang terus memperbarui informasi mengenai ancaman berbahaya.

Disarankan Untuk:

Siapa pun yang ingin mengamankan website mereka secara komprehensif dari ancaman online berbahaya.

10. Imagify Image OptimizerPlugin Imagify Image Optimizer

Meskipun  membuka situs di mobile version saat ini sudah banyak dilakukan, kecepatan loading website yang melambat hanya akan membawa pengaruh buruk pada website Anda. Gambar dengan ukuran file besar seringkali menjadi penyebab utamanya. Karena itulah, fitur seperti Imagify Image Optimizer sangat penting untuk mengurangi ukuran halaman (yang berakibat pada kecepatan performa).

Plugin WordPress gratis ini hampir sepenuhnya bekerja secara otomatis, dalam hal memindai dan mengoptimalkan gambar apa pun yang ada di WordPress Media Library. Sayangnya, ada batasan jumlah gambar yang dapat dioptimalkan secara gratis. Apabila menginginkan yang lebih, gunakan berbagai layanan premium dari Imagify Image Optimizer.

Keunggulan Utama:

  • Meng-compress gambar website berdasarkan pada tiga algoritma.
  • Me-restore gambar ke ukuran awal setelah melakukan uninstall.
  • Secara otomatis mengoptimalkan gambar di dalam Media Library.

Disarankan Untuk:

Bagi Anda yang mengkhawatirkan kecepatan loading halaman website, atau apabila Anda menawarkan website yang berfokus pada media, maka Imagify Image Optimizer adalah pilihan ideal.

11. SumoPlugin tool SUMO

Sama seperti Jetpack, Sumo adalah sekumpulan tool gratis yang membantu Anda meningkatkan fungsionalitas website. Namun, tool ini semata berfokus pada interaksi pengunjung situs daripada aspek lainnya.

Sebagai contoh, Anda dapat mengimplementasikan media sosial untuk konten, membuat heat map, menyediakan sejumlah opsi pop-up untuk membuat daftar subscriber, dan masih banyak lagi. Selain itu, Sumo juga dapat digabungkan dengan autoresponder terbaik, termasuk AWeber, MailChimp, dan Constant Contact.

Keunggulan Utama:

  • Menawarkan seperangkat tool interaksi.
  • Memungkinkan Anda untuk menganalisis aktivitas pengunjung situs.

Disarankan Untuk:

Online marketer yang ingin menaikkan traffic dengan menggunakan sejumlah tool canggih.

12. UpdraftPlusPlugin Updraft Plus

Backup merupakan suatu keharusan bagi semua pemilik website, dan mencari fitur terbaik terkait hal ini adalah pekerjaan pertama Anda setelah membuat website online. UpdraftPlus adalah salah satu plugin backup terpopuler yang pernah ada.

Plugin WordPress terbaik ini menyediakan backup terjadwal dan otomatis out of the box ke berbagai opsi penyimpanan, seperti email, Google Drive, dan Dropbox. Baik backup maupun pemulihan (restoration) dapat dijalankan dengan sekali klik, dan para developer telah memastikan bahwa resource yang digunakan oleh plugin berjumlah sedikit. Pun tersedia versi premium dari plugin ini yang memungkinkan Anda untuk menambahkan opsi penyimpanan lebih lanjut bersamaan dengan fitur-fitur lainnya.

Keunggulan Utama:

  • Melakukan backup dan restore situs hanya dengan sekali klik.
  • Menyediakan backup otomatis yang terjadwal.
  • Memungkinkan Anda untuk menyimpan berbagai lokasi penyimanan.

Disarankan Untuk:

UpdraftPlus direkomendasikan bagi siapa pun yang ingin membuat situsnya bernilai – plugin ini merupakan salah satu plugin terpenting yang ada.

13. NextGEN GalleryPlugin NextGen Gallery

Website modern harus memiliki tampilan visual menarik yang tidak membuat konten Anda terlihat berantakan. Plugin ini merupakan tool favorit jutaan pemilik dan developer website WordPress yang ada di galeri plugin WordPress. NextGEN Gallery menawarkan metode modern untuk menampilkan gambar.

Back end-nya menyediakan opsi kelola media yang komprehensif, apalagi Media Library standar-nya. Anda juga bisa memilih dua layout front end dan dua gaya desain. Masing-masing dari dua layout dan desain tersebut memiliki beragam opsi kustomisasi, yang berarti Anda dapat memodifikasi galeri untuk menyesuaikan perbedaan pada tampilan situs Anda. Bagi Anda yang menginginkan tambahan fitur, tersedia juga sejumlah ekstensi premium untuk membantu Anda mengubah galeri sehingga dapat sepenuhnya dimaksimalkan untuk menampilkan dan menjual gambar Anda.

Keunggulan Utama:

  • Menyediakan pengaturan gambar yang berkualitas tinggi out of the box.
  • Termasuk sejumlah desain layout, semuanya dilengkapi dengan bermacam-macam kustomisasi.
  • Memungkin Anda untuk mengembangkan fungsionalitas via ekstensi premium.

Direkomendasikan Untuk:

Bagi mereka yang ingin mengelola dan mengatur gambar secara profesional, atau bagi mereka yang menghendaki kontrol penuh dalam menampilkan gambar, maka NextGEN Gallery adalah pilihan terbaik.

14. Migrate GuruHalaman Plugin WordPress Migrate Guru

Migrate Guru merupakan plugin migrasi WordPress yang otomatis dan gratis. Plugin ini menawarkan cara yang rapi, mulus, dan dapat diandalkan untuk memindahkan situs WordPress apa pun atau jaringan multisite WordPress.

Plugin ini diaktifkan di server BlogVault (tim di balik plugin Migrate Guru). Dengan diaktifkannya di server eksternal, Migrate Guru tidak akan membuat situs WordPress overload dan memastikan bahwa situs yang memiliki kapasitas sebesar 200GB dapat dipindahkan atau ditransfer tanpa masalah. Di samping itu, proses untuk menjalankan plugin ini sangatlah mudah, hanya dalam tiga langkah, bahkan untuk pemula WordPress.

Keunggulan Utama:

  • Dapat memindahkan website yang memiliki ruang penyimpanan sebesar 200GB
  • Berfungsi di server eksternal
  • Mudah digunakan

Disarankan Untuk:

Bagi pemiliki website yang ingin berganti ke hosting WordPress berbeda, dan developer lepas WordPress.

Kesimpulan

Dengan adanya berbagai opsi plugin yang tersedia, Anda mungkin akan merasa kesulitan pada saat memilih plugin WordPress terbaik. Jika memilih plugin yang salah, maka konsekuensinya website dan peningkatan traffic akan memburuk.

Namun, dengan mengikuti panduan tepercaya (seperti artikel ini!), Anda dapat mempersempit pencarian sampai benar-benar memperoleh plugin WordPress terbaik. Misalnya, WooCommerce merupakan pilihan tepat untuk membuat toko online e-commerce, sedangkan plugin seperti Wordfence Security adalah tool yang dibutuhkan untuk mengamankan website dan pengunjung situs Anda dari serangan berbahaya.

Sebenarnya, masih banyak plugin WordPress gratis yang dapat meningkatkan performa website WordPress 2017. Jika Anda tahu beberapa di antaranya, beri tahu kami melalui kolom komentar di bawah ini!

 

 

6 Komentar

Klik di sini untuk menulis komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Rp.9
900
/bln
  • Bantuan 24/7
  • Optimasi WordPress
  • SSL & Nama Domain Gratis

Gabung bersama ratusan ribu pelanggan di seluruh dunia

dan dapatkan tutorial baru langsung di email Anda

Please wait...

Abone olduğunuz için teşekkürler!

Dapatkan harga hemat!

Web Hosting Gratis Domain mulai dari

Rp.10.275
/bln
[href]
[href]
[href]
[href]