7 Plugin Contact Form WordPress Terbaik
access_time
hourglass_empty
person_outline

7 Plugin Contact Form WordPress Terbaik

Menggunakan formulir kontak di situs Anda kini bisa dibilang merupakan hal wajib, baik untuk website bisnis maupun blog pribadi. Fitur ini memudahkan Anda berkomunikasi dengan para pengunjung website. Dengan formulir kontak atau contact form WordPress, pengunjung juga bisa menghubungi Anda dengan lebih cepat dan mudah.

Selain itu, formulir kontak bisa meningkatkan user experience website Anda dari berbagai sisi, di antaranya:

  • Ketersediaan
    Website Anda online 24/7 dan pelanggan datang dari berbagai negara. Jangan membuat mereka menunggu karena Anda hanya bisa dihubungi pada jam kerja. Dengan formulir kontak, mereka bisa mengirimkan pesan kapan saja dan tinggal menunggu jawaban Anda.
  • Informasi Penting
    Anda bisa mengumpulkan informasi penting tentang pelanggan. Anda bisa meminta mereka mengisi formulir tanggapan mengenai situs Anda, yang kemudian bisa dianalisis untuk meningkatkan kualitas konten.
  • Keamanan
    Formulir kontak cukup efektif untuk mengurangi spam dalam kotak masuk. Anda tidak perlu memberikan alamat email kepada pelanggan untuk menghubungi Anda. Beberapa tool tertentu bahkan bisa mencegah spam dalam kotak masuk Anda.

Ada banyak cara mudah untuk membuat contact form di WordPress. Anda bisa menggunakan formulir yang disertakan dengan tema, menggunakan coding, atau mengaktifkan plugin contact form WordPress. Jika ingin menggunakan plugin, berikut ini beberapa opsi terbaik yang telah kami rangkum.

7 Plugin Contact Form WordPress Terbaik

Dengan banyaknya pilihan plugin contact form WordPress yang tersedia, Anda mungkin cukup kebingungan untuk memilih opsi yang dirasa paling baik. Tapi jangan khawatir, kami sudah merangkum beberapa plugin form WordPress yang bisa Anda coba.

1. WPForms

WPForms untuk membuat contact form WordPress

Plugin contact form WordPress ini sangat cocok bagi pengguna pemula yang ingin memanfaatkan kemudahan tool drag-and-drop. Blogger atau bahkan pemilik bisnis bisa menggunakan plugin ini untuk menyesuaikan formulir kontak di situs WordPress mereka.

Beberapa fitur terbaik yang ditawarkan WPForms adalah:

  • Notifikasi instan
    Setelah pengguna mengisi formulir, plugin ini akan mengirimkan notifikasi email kepada Anda. Hal ini penting untuk membantu Anda merespons dengan lebih cepat.
  • Unggah file
    WPForms menyediakan fitur untuk mengunggah file karena terkadang file seperti gambar bisa bermakna lebih dari seribu kata. Cukup tambahkan kolom unggah ke formulir agar pelanggan bisa mengunggah gambar, PDF, dan lainnya.
  • Template
    WPForms menyediakan template bawaan. Cukup tambahkan atau atur template sesuai kebutuhan. Anda bisa menambahkan formulir untuk penawaran, donasi, atau berlangganan.

Contoh formulir kontak WPForms

Anda bisa menggunakan versi lite WPForms yang menyertakan formulir kontak multi-page serta fitur langganan email, integrasi pembayaran, template, dan lainnya.

Jika memiliki budget lebih, Anda bisa membeli versi premium yang menawarkan dukungan lebih lanjut. Paket Basic plugin ini dibanderol seharga $39,50/tahun (diskon dari harga awal sebesar $79), dan paket Elite seharga $299,50/tahun.

Paket Elite sangat cocok untuk developer dan agensi yang ingin mendapatkan fitur advanced seperti jumlah situs tak terbatas, bantuan premium, dan manajemen klien.

2. Form Maker by WD

Form Maker by WD

Plugin ini memungkinkan Anda membuat contact form WordPress dengan tampilan yang menarik dan fungsional untuk mengumpulkan informasi penting dari pelanggan. FormMaker by WD sangat cocok bagi pemilik bisnis dan developer.

Dengan plugin ini, Anda bisa membuat berbagai jenis formulir seperti survei registrasi, kuesioner dengan kolom bersyarat, pertanyaan pilihan ganda, dan banyak lagi.

Anda juga bisa memanfaatkan fitur drag-and-drop plugin ini dengan sesuka hati.

Contact form sederhana menggunakan Form Maker

Ada 12 add-on yang bisa Anda gunakan untuk menyempurnakan formulir. Berikut di antaranya:

  • Fitur Simpan progres agar pelanggan Anda bisa menyimpan formulir yang belum selesai.
  • Fitur Email bersyarat yang memungkinkan Anda mengirimkan notifikasi email kustom kepada beberapa penerima menurut tipe formulir yang dikirimkan.
  • Fitur integrasi Google Drive untuk menyimpan data di penyimpanan cloud Google.

Plugin form WordPress ini telah diunduh oleh lebih dari 2 juta pengguna dengan rating yang mencapai 4,5. Anda bisa mengunduhnya secara gratis dan memanfaatkan template bawaan serta beberapa fitur terbatas.

Atau, Anda bisa membeli versi premiumnya seharga $30+ untuk mendapatkan pembaruan dan bantuan selama 6 bulan. Mereka juga memberikan penawaran spesial seharga $99/tahun, dengan 12 add-on dan 50 plugin premium.

3. Contact Form 7

Banner Contact Form 7

Contact Form 7 adalah plugin form WordPress yang cukup andal untuk membuat formulir kontak dengan cepat. Setelah mengaktifkannya, Anda bisa langsung menampilkan formulir siap pakai pada situs Anda.

Dengan plugin ini, Anda bisa membuat formulir kustom dengan kolom yang sudah disiapkan. Selain itu, Contact Form 7 juga dibekali dengan fitur captcha untuk mengurangi spam dan mendukung AJAX untuk interaksi yang lebih cepat.

Halaman pengaturan Contact Form 7

Sayangnya, plugin form WordPress ini akan sedikit membingungkan bagi pemula karena tidak adanya fitur form builder. Artinya, untuk menambahkan formulir kontak, Anda harus mem-paste shortcode ke editor WordPress.

4. Caldera Forms

Caldera Forms

Caldera Forms mudah digunakan dan memiliki banyak fitur. Plugin ini dilengkapi dengan editor visual sehingga Anda bisa memastikan untuk menampilkan informasi yang diperlukan saja.

Plugin contact form WordPress ini tersedia dalam versi gratis. Namun, jika menginginkan fitur yang lebih advanced, Anda bisa menggunakan versi premiumnya yang menawarkan opsi pengiriman email lanjutan, bantuan yang optimal, dan banyak fungsionalitas lainnya.

Untuk langganan bulanan, plugin ini menyediakan paket Basic seharga $14,99/bulan. Anda akan mendapatkan formulir dalam jumlah tak terbatas, fitur pengiriman, dan antispam.

Atau, Anda bisa membeli paket tahunan dengan harga mulai dari $74,99 (Starter) hingga $549,89 (Agency). Paket tahunan ini dilengkapi dengan berbagai add-on, seperti:

  • Pengiriman formulir dalam format PDF
  • Data analitik untuk email yang diterima
  • Beberapa add-on seperti Entry Limiter, Mail Template, Easy Query, dan lainnya.

Formulir kontak Caldera Forms

Pengguna pemula bisa mencoba versi gratisnya terlebih dahulu sebelum beralih ke paket Starter untuk mendapatkan lebih banyak manfaat.

5. Formidable Forms

Formidable Forms

Formidable Forms memiliki lebih banyak fungsi dasar dibanding plugin serupa lainnya.

Versi gratisnya sangat mobile-responsive dan memiliki fitur drag-and-drop form builder yang sangat membantu bagi pengguna pemula. Tersedia juga opsi untuk menambahkan kolom formulir secara dinamis guna meminimalkan gangguan visual.

Contoh Formidable Forms

Versi Premium plugin ini dipatok seharga $49/tahun, dan paket Elite seharga $399/tahun. Keduanya menawarkan beragam fitur, bantuan pelanggan, dan lainnya.

Beberapa fitur Premiumnya adalah:

  • Tampilan
    Memberikan visualisasi data yang telah dikumpulkan dan dianalisis
  • Isi formulir otomatis
    Dengan fitur ini, pelanggan tidak perlu lagi memasukkan informasi pribadi mereka secara manual setiap kali akan mengirim pesan kepada Anda.
  • Kolom konfirmasi
    Fitur ini mengharuskan pelanggan mengisi informasi sebanyak dua kali sebagai konfirmasi untuk menghindari salah ketik dan hal lain yang bisa cukup merepotkan bagi mereka.

6. Ninja Forms

Ninja Forms

Ninja Forms tersedia dalam versi gratis, tapi sayangnya fitur yang ditawarkan cukup terbatas. Jika ingin memanfaatkan fitur tambahan, versi premiumnya tersedia seharga $499/tahun.

Versi premium plugin contact form WordPress ini menawarkan bantuan pelanggan, pembaruan rutin untuk jumlah situs tak terbatas, dan beragam add-on canggih.

Paket dasar plugin ini dibanderol seharga $29/tahun dan menyediakan bantuan pelanggan, tapi sayangnya add-on harus dibeli secara terpisah.

Ninja Forms merupakan opsi plugin form WordPress yang sangat sesuai bagi pengguna awam karena menyediakan fitur drag-and-drop builder.

Contoh form sederhana menggunakan plugin Ninja Forms

Beberapa kelebihan Ninja Forms:

  • Formulir bisa diatur sesuai keinginan Anda
  • Pengaturan multibahasa
  • Kemudahan integrasi WordPress

7. Gravity Forms

Banner plugin Gravity Forms builder

Gravity Forms bisa dibilang merupakan salah satu plugin form WordPress terbaik. Namun, tidak seperti yang lainnya, plugin ini bukan merupakan form online gratis, alias tidak menyediakan versi gratis. Tapi jika Anda membeli versi berbayarnya, plugin ini tidak akan mengecewakan.

Harganya dimulai dari $59/tahun untuk lisensi Basic, $159/tahun untuk lisensi Pro, dan $259/tahun untuk lisensi Elite. Dengan plugin ini, Anda akan mendapatkan formulir dan entri dalam jumlah tak terbatas, logika bersyarat, fitur unggah file, dan banyak lagi.

Contoh contact form yang dibuat dengan plugin Gravity Forms

Anda juga bisa mendapatkan add-on seperti MailChimp dan Slack tergantung pada paket yang Anda pilih.

Kesimpulan

Nah, demikianlah beberapa rekomendasi contact form WordPress dari kami yang bisa Anda coba. Formulir kontak ini merupakan tool wajib yang harus Anda gunakan di situs WordPress karena akan mempermudah pengunjung situs untuk menghubungi Anda.

Membuat contact form di WordPress juga tidak sulit karena ada banyak plugin terbaik yang bisa Anda pilih. Jadi, tunggu apa lagi? Coba sekarang dan sampaikan komentar Anda pada kolom di bawah ini!

Penulis

Author

Faradilla Ayunindya / @faradilla

Faradilla adalah penerjemah bahasa Inggris ke bahasa Indonesia yang menyukai segala hal tentang IT dan senang mengikuti tren seputar teknologi. Ia ingin turut berbagi informasi mengenai topik yang sedang populer di dunia online melalui tutorial yang ditulisnya di blog Hostinger.

Tutorial terkait

Ketik balasan

Komentar*

Nama*

Email*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jadilah bagian dari Hostinger!