5 Plugin Kalender WordPress Terbaik di Tahun 2021
access_time
hourglass_empty
person_outline

5 Plugin Kalender WordPress Terbaik di Tahun 2021

Berencana merayakan suatu acara atau mengadakan event di website Anda? Gunakan plugin kalender untuk melakukannya. Ada banyak sekali plugin atau widget kalender keren untuk WordPress yang bisa Anda pilih.  Dengan memanfaatkan kalender WordPress yang memiliki beragam fitur, Anda pun bisa mengatur berbagai acara dengan mudah.

Setiap plugin menyediakan fitur yang berbeda, tetapi terkadang saling tumpang tindih. Gaya tampilannya juga mungkin bisa membuat Anda cukup kerepotan karena akan berpengaruh pada user experience website. Apalagi, di era teknologi seluler seperti saat ini, desain yang responsive sudah menjadi satu hal wajib.

Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa hal penting yang harus diperhatikan ketika memilih plugin kalender WordPress. Kami juga memberikan beberapa rekomendasi plugin kalender WordPress terbaik yang bisa memenuhi kebutuhan Anda.

Pertimbangan saat Mencari Plugin Kalender WordPress

  1. Fitur
    Pilih plugin kalender WordPress yang memudahkan Anda mengelola dan mengatur acara, misalnya menjadwalkan pertemuan lokal, diskusi, dan aktivitas lainnya dengan anggota situs maupun tamu. Jika menangani hal-hal seputar pemesanan dan penjualan tiket, Anda juga bisa menginstal plugin kalender yang memiliki add-on untuk layanan tersebut. Akan lebih baik lagi jika Anda bisa menambahkan deskripsi acara, peta lokasi, atau menyematkan Google Maps, serta mengumumkan jadwal acara di media sosial. Dengan demikian, audiens pun akan lebih mudah mengakses informasi tentang acara Anda.
  2. Elemen tampilan
    Antarmuka visual kalender yang baik juga merupakan pertimbangan yang sangat penting. Plugin harus memiliki tampilan yang menarik. Sebaiknya kalender juga dilengkapi dengan berbagai opsi gaya, misalnya grid, kolom, atau daftar. Cari kalender dengan elemen bawaan yang mudah diakses sehingga pengguna dari berbagai kalangan bisa menggunakannya dengan mudah.
  3. Desain responsif
    Sekarang ini, memiliki website yang responsive adalah suatu keharusan. Untuk mendukung desain yang responsive, plugin pun harus responsif. Menurut pengalaman kami, kalender yang memiliki desain tabel akan kurang enak dilihat di perangkat seluler. Oleh karena itu, pilihlah kalender dengan mode tile view agar tampilannya tetap optimal di perangkat seluler. Pastikan pengguna smartphone bisa menjelajahi website Anda tanpa masalah.

Dengan pertimbangan di atas, mari kita lihat 5 plugin kalender WordPress terbaik versi kami.

5 Plugin Kalender WordPress Terbaik

1. The Event Calendar

Plugin kalender WordPress The Event Calendar

The Event Calendar adalah salah satu plugin kalender keren terpopuler yang digunakan oleh lebih dari 700.000 pengguna. Meskipun antarmukanya cukup sederhana, plugin ini dilengkapi dengan berbagai fitur canggih yang bisa membantu Anda membuat dan mengatur acara.

Plugin ini memiliki versi gratis dan premium. Anda tetap bisa menikmati sejumlah fitur utama yang cukup baik menggunakan versi gratisnya. Ada tiga mode tampilan yang bisa dipilih untuk memublikasikan acara, yaitu bulan, hari, dan daftar. Tersedia joga tool pencarian bawaan yang memudahkan pengunjung situs mencari acara tertentu dalam kalender.

Anda bisa membuat reservasi acara, check-in pengunjung, dan menautkannya ke Google Maps dengan tampilan yang mobile-friendly. Anda juga bisa menambahkan add-on yang tersedia gratis, seperti Event Ticket yang memungkinkan Anda menjual tiket dan mengelola peserta acara.

Namun, Anda tidak bisa membuat acara yang berulang dan menampilkan Google Maps dengan versi gratis plugin ini. Jika ingin menggunakan fitur ini, Anda harus membeli versi premium dengan harga mulai dari $89/tahun.

2. All-in-One Event Calendar

time.ly plugin kalender wordpress

Plugin kalender keren WordPress lainnya yang patut dipertimbangkan adalah All-in-One Event Calendar. Plugin ini tersedia gratis atau dengan lisensi pro. All-in-One Event Calendar dikembangkan oleh Time.ly dan telah digunakan oleh sekitar 100.000 pengguna. Selain mudah digunakan, plugin kalender dengan antarmuka yang sederhana ini juga menawarkan sejumlah fitur canggih, seperti Timely Network yang memungkinkan Anda menambahkan acara secara kolaboratif dengan kolega.

Paket gratis Time.ly dilengkapi dengan berbagai fitur penting, misalnya filter acara dan fitur untuk berbagi informasi dengan mudah. Pengguna versi gratis juga bisa membuat acara berulang dan menampilkan Google Maps, yang hanya tersedia dengan versi premium The Event Calendar.

Jika website Anda menampilkan informasi terkait acara organisasi atau komunitas kecil, Anda bisa berlangganan paket premium mulai dari $29/bulan. Dengan paket premium, Anda akan mendapatkan fitur tambahan seperti  Public Event Submission, EventFinder, Keyword Search, dll. Untuk menambahkan add-on pengelolaan tiket, Anda harus menambah biaya lagi sebesar $59/tahun.

3. Events Manager

plugin kalender wordpress event manager

Plugin kalender WordPress milik Marcus Sykes ini telah diinstall oleh 100.000 pengguna. Events Manager menawarkan fleksibilitas dan berbagai fitur yang bisa Anda dapatkan dengan versi gratis.

Antarmukanya yang simpel memudahkan Anda membuat event dan mengaturnya sebagai acara berulang. Plugin ini juga memungkinkan permintaan acara publik, yang berarti anggota situs atau pengunjung tamu bisa membuat acara tanpa harus menjadi admin terlebih dahulu. Meski demikian, Anda tetap mengontrol permintaan tersebut sepenuhnya, apakah akan disetujui atau ditolak.

Dengan versi gratis, pengguna bisa mengelola tempat atau lokasi, seperti menampilkan Google Maps dan gambar lokasi sehingga audiens bisa menjangkaunya dengan cepat. Events Manager juga memungkinkan Anda mengelola pemesanan (booking), membuat beberapa jenis tiket beserta harganya, dan menambahkan pajak. Namun, untuk menggunakan fitur tambahan seperti pengelola diskon dan integrasi PayPal, Anda harus membeli lisensi premium seharga $75/tahun.

4. My Calendar

plugin kalender WordPress my calendar

My Calendar termasuk salah satu plugin kalender WordPress gratis yang patut dipertimbangkan. Hingga saat ini, My Calendar telah diinstal oleh lebih dari 30.000 pengguna. Kemudahan aksesnya yang sangat baik bisa membantu pengunjung dari berbagai kalangan mengakses kalender Anda tanpa masalah.

Anda bisa membuat acara berulang dengan plugin ini. Cukup masukkan berapa kali acara akan diadakan dalam satu hari, satu minggu, satu bulan, atau satu tahun. Bahkan, Anda bisa mengedit kode CSS dan JavaScript untuk menyesuaikan kalender agar selaras dengan desain situs.

Perlu lebih banyak fitur selain yang tersedia dengan versi gratis? Beli lisensi tahunan seharga $49 atau lisensi permanen seharga $179. Dengan lisensi pro, Anda bisa menggunakan mode responsive. Anda juga bisa mengundang tamu atau anggota website untuk membuat daftar acara dan mendapatkan notifikasi email ketika seseorang mendaftar ke acara tersebut.

5. EventOn

plugin kalender wordpress eventon

Jika memang mencari kalender premium, Anda bisa menggunakan EventOn seharga $24. Plugin kalender WordPress ini adalah yang paling populer di market Envanto dan dikembangkan oleh Ashan Jay. EventOn dirancang dengan apik dan memiliki desain minimalis plus fitur premium. Lebih dari 40.000 orang telah menginstal plugin ini.

EventOn dilengkapi dengan shortcode generator sehingga Anda bisa mengaturnya agar lebih responsive untuk perangkat seluler. Editor tampilannya memungkinkan Anda menyesuaikan kalender agar senada dengan gaya situs. Ada banyak opsi yang tersedia untuk tampilan kalender. Anda bisa menggunakan opsi grid, daftar, atau tile, serta menambahkan gambar, deskripsi, Google Maps, dan lainnya.

Dengan plugin ini, Anda juga bisa membuat acara berulang dalam periode apa pun atau mengatur jadwal dengan cepat. Anda bahkan bisa membuat acara kolaboratif, menambah event organizer, dan mengelola data acara dengan mudah. Akan tetapi, plugin ini tidak menyediakan fitur pemesanan atau ticketing; Anda harus membeli add-on tambahan untuk mendapatkan fitur tersebut.

Kesimpulan

Fitur-fitur yang disediakan oleh plugin kalender keren WordPress bisa benar-benar memudahkan Anda mengelola berbagai hal. Selain sebagai kalender, opsi yang telah kami rekomendasikan di sini juga bisa Anda manfaatkan sebagai event plugin WordPress. Jadi, luangkan sedikit waktu untuk mencoba semuanya dan pilih yang menurut Anda paling nyaman digunakan.

Setiap orang pasti memiliki kebutuhan yang berbeda, dan dalam hal ini, sebaiknya pilihlah plugin kalender yang fungsinya mampu memenuhi semua kebutuhan Anda.

Memiliki plugin kalender WordPress favorit yang belum kami bahas di sini? Jangan sungkan untuk membagikan rekomendasi Anda di kolom komentar sehingga kami bisa mencobanya di kemudian hari!

Penulis

Author

Faradilla Ayunindya / @faradilla

Faradilla adalah penerjemah bahasa Inggris ke bahasa Indonesia yang menyukai segala hal tentang IT dan senang mengikuti tren seputar teknologi. Ia ingin turut berbagi informasi mengenai topik yang sedang populer di dunia online melalui tutorial yang ditulisnya di blog Hostinger.

Tutorial pilihan

Tutorial terkait

Ketik balasan

Komentar*

Nama*

Email*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jadilah bagian dari Hostinger!