Cara Membuat Live Chat di WordPress dan 5 Plugin Terbaiknya

Cara Membuat Live Chat di WordPress dan 5 Plugin Terbaiknya

Apabila memiliki website yang menjual produk atau jasa, mau tak mau Anda pasti harus berurusan dengan pertanyaan dan keluhan pelanggan hampir setiap hari. Tanpa adanya sistem yang tepat untuk menerima serta menjawab berbagai pertanyaan dan keluhan secara efisien, pelanggan Anda bisa saja kabur kapan pun.

Untungnya, ada sejumlah plugin WordPress yang bisa Anda gunakan untuk membuat live chat di website berbasis WordPress. Di artikel ini, kami akan membahas:

  1. Manfaat live chat WordPress di situs Anda.
  2. Tiga plugin chat WordPress terbaik.
  3. Cara membuat live chat di WordPress.
  4. Tips untuk mengetes sistem live chat WordPress di situs Anda.

Bantuan pelanggan, atau yang lebih dikenal dengan sebutan customer service, merupakan bagian terpenting dalam memberikan pengalaman belanja yang memuaskan bagi para klien di situs Anda. Jadi, Anda harus tahu cara pasang live chat di WordPress agar dapat menuai manfaatnya.

Mengapa Harus Ada Live Chat di Website WordPress?

Apabila Anda memiliki website toko online yang menawarkan produk atau jasa, live chat akan menjadi fitur yang sangat penting untuk membangun reputasi di antara pelanggan. Mereka pasti butuh cara untuk memberikan saran atau menyampaikan masalah yang sedang dialami. Walaupun Anda bisa menggunakan email atau sistem tiket, live chat WordPress tetap dirasa sebagai opsi yang paling mudah.

Berikut alasan mengapa live chat WordPress adalah yang paling populer:

  • Respons cepat. Dengan live chat, Anda bisa menjawab hampir semua pertanyaan pelanggan selama Anda online.
  • Website terlihat lebih profesional. Jika website memiliki fitur live chat, pengunjung pun akan tahu bahwa Anda selalu ada dan siap untuk menjawab pertanyaan mereka. Hal seperti inilah yang disukai oleh para pelanggan.
  • Memberikan akses yang mudah bagi pelanggan. Terkadang, ada pelanggan yang merasa enggan mengirimkan tiket atau email. Namun, dengan live chat plugin WordPress, mereka bisa langsung menghubungi admin yang bertugas.
  • Meningkatkan konversi. Biasanya, calon pelanggan akan banyak bertanya seputar keunggulan dan harga produk yang mereka incar. Dengan live chat, Anda pun bisa lebih mudah menjawab pertanyaan mereka. Selain itu, penjualan juga akan meningkat, terlebih jika Anda tahu cara melakukan komunikasi marketing.

Live chat WordPress adalah fitur yang sesuai untuk berbagai jenis website, khususnya website e-commerce dan yang menawarkan layanan. Di samping itu, website e-commerce dan website jasa adalah jenis situs yang akan berurusan dengan pelanggan serta pertanyaan dan keluhannya.

WordPress menawarkan sejumlah opsi untuk membuat live chat, bahkan ada beberapa tool yang gratis.

Selain metode tanya jawab via email, ada baiknya Anda juga menambahkan fitur live chat ke situs. Semakin banyak opsi yang disediakan, semakin nyaman klien untuk bertanya dan menyampaikan keluhan. Hasilnya, mereka pun akan lebih puas dan senang dengan layanan serta bantuan yang Anda berikan.

5 Chat Plugin WordPress Terbaik

Cara membuat live chat di WordPress yang paling mudah adalah dengan menginstall plugin WordPress. Di bagian ini, kami akan membahas lima chat plugin WordPress terbaik. Setelah itu, kami akan menjabarkan cara menginstall dan menggunakannya.

1. WP Live Chat by 3CX

WP Live Chat by 3CX
  • Unduhan: 40,000+
  • Rating: 4.6/5
  • Fitur unggulan: rating agen dan indikator pesan baru
  • Paling cocok untuk: bisnis dengan alokasi budget tertentu
  • Harga: freemium

3CX merupakan platform komunikasi lengkap yang memiliki area sentral yang cukup simpel untuk mengelola semua layanan, mulai dari panggilan hingga video dan live chat.

Tool yang menjadi keunggulan WP Live Chat adalah fitur quick response. Dengan fitur ini, user bisa menghemat waktu yang berharga untuk merespons pertanyaan umum.

Secara default, indikator “pesan baru” WP Live Chat hanya menyala satu kali saat pengunjung mulai berinteraksi. Untuk pengalaman WordPress live chat yang lebih baik, WP Live Chat juga memiliki fitur indikator dan preview pengetikan.

Untuk membantu memberikan UX yang lebih baik bagi bisnis Anda, WP Live Chat menyediakan fitur rating bagi pengunjung untuk menilai agen Anda. Selain itu, plugin ini memberikan laporan yang mendetail, statistik chat, dan halaman populer.

Selanjutnya, ada juga fitur transkrip chat untuk mengekspor percakapan kepada user dan administrator setelah sesi live chat berakhir. Anda bisa mengustomisasi isi email, header, dan footernya. Fitur ini sangat berguna untuk menyimpan histori.

Sayangnya, paket gratis plugin WordPress live chat ini memiliki batasan jumlah peserta, yaitu hanya 25 orang. Tapi jangan khawatir, jika ingin mencoba cara membuat live chat di WordPress dengan fitur lengkap tool ini, Anda bisa upgrade paket sesuai jumlah user yang Anda inginkan. Misalnya, harga paket Pro dimulai dari $1,08 per user/bulan atau sekitar $325/tahun.

DOWNLOAD

2. Tidio

Tidio, chat plugin wordpress terbaik
  • Unduhan: 90,000+
  • Rating: 4.8/5
  • Fitur unggulan: integrasi yang maksimal dan widget chat yang bisa disesuaikan
  • Paling cocok untuk: bisnis kecil dengan jumlah agen <5
  • Harga: freemium

Tidio adalah solusi komunikasi dan marketing bagi bisnis yang ingin membuat live chat di website miliknya. Tool ini merupakan plugin live chat WordPress gratis, menawarkan dukungan live chat WordPress, chatbot, dan layanan email marketing dengan integrasi Facebook Messenger.

Tidio Live Chat tersedia gratis dan terintegrasi dengan WordPress, Google Analytics, dan platform eCommerce, seperti PrestaShop dan BigCommerce.

Anda bisa mengatur widget chat sesuai nuansa website dan brand Anda. Ada banyak opsi skema warna yang tersedia, kemudian chatbox tool ini juga bisa Anda tempatkan sesuai keinginan. 

Tidio Live Chat bisa merekam pengunjung website dan mengetahui siapa saja yang menelusuri situs Anda. Informasi ini akan sangat berguna jika Anda punya produk baru dan ingin menjangkau pelanggan lama.

Apabila Anda punya jam kerja tetap, Tidio Live Chat memungkinkan Anda mengatur jadwal do not disturb (jangan ganggu), lalu memberi tahu orang lain bahwa Anda hanya bisa dihubungi pada jam dan hari tertentu. Lalu, Anda bisa mengirim pesan dan dan merespons chat secara otomatis.

Bagi bisnis kecil, paket gratis tool ini sudah cukup. Tapi, kalau ingin lebih banyak fitur, paket premium Tidio tersedia seharga $18/bulan atau $180/tahun.

DOWNLOAD

3. HubSpot

HubSpot untuk membuat live chat di website
  • Unduhan: 200,000+
  • Rating: 4.5/5
  • Fitur unggulan: penyimpanan percakapan otomatis dan integrasi 500 aplikasi
  • Paling cocok untuk: bisnis yang memerlukan solusi pemasaran terintegrasi
  • Harga: freemium

HubSpot merupakan plugin live chat WordPress gratis yang serbaguna dan lengkap, menyertakan tool customer service untuk analitik dan live chat.

Untuk cara membuat live chat di WordPress dengan tool ini, Anda bisa memanfaatkan fitur unggulannya, yaitu penyimpanan percakapan otomatis yang akan merekam interaksi. Ada juga fitur automasi marketing untuk mengirim email otomatis saat pengunjung menghubungi Anda.

Lebih kerennya lagi, Anda bisa merespons chat langsung dari inbox percakapan, sehingga memudahkan Anda menghubungi pengunjung kembali dan menulis catatan, membuat tiket dukungan, dan menjadwalkan panggilan.

Plugin live chat WordPress ini memungkinkan Anda merespons pelanggan di mana saja berkat integrasi dengan lebih dari 500 aplikasi, mencakup software live chat seperti Facebook Messenger dan Slack.

Harga paket HubSpot dimulai dari $45/bulan dengan tagihan tahunan kalau Anda ingin melakukan upgrade. Namun, harga software ini bisa diatur sesuai fitur yang Anda tambahkan.

DOWNLOAD

4. LiveChat

LiveChat untuk cara pasang live chat di WordPress
  • Unduhan: 30,000+
  • Rating: 4.7/5
  • Fitur unggulan: kompatibel dengan page builder WordPress dan mendukung integrasi
  • Paling cocok untuk: bisnis berkembang
  • Harga: mulai dari $16/bulan (free trial 14 hari)

LiveChat adalah plugin live chat WordPress yang memiliki fitur beragam, seperti undangan chat proaktif yang secara otomatis mengirimkan pesan kepada pengunjung. Chat juga akan terpicu saat pengunjung memenuhi kriteria tertentu, misalnya sudah mengunjungi sejumlah halaman atau menghabiskan waktu cukup lama di website Anda.

Membuat live chat di website dengan plugin ini sangat mudah dan menjadikan proses customer support lebih efisien. LiveChat bisa memfasilitasi beberapa sesi chat secara bersamaan, menandai chat, mengirim canned response ke FAQ, dan mengirim file. Widget chatnya juga bisa ditambahkan ke halaman mana pun di situs Anda, termasuk halaman checkout.

Plugin live chat WordPress ini cukup mudah, serta kompatibel dengan page builder WordPress terbaik dan terpopuler, seperti SiteOrigin dan Beaver Builder.

Selain itu, LiveChat bisa digunakan dengan tema WordPress apa pun tanpa harus mengutak-utik coding. Plugin ini juga kompatibel dengan platform eCommerce besar, seperti BigCommerce, WooCommerce, dan Ecwid.

Dalam hal marketing, LiveChat terintegrasi dengan aplikasi pihak ketiga populer seperti Mailchimp dan Salesforce, serta platform media sosial seperti Facebook dan Twitter.

Harga paket LiveChat dimulai dari $16/bulan sampai $50/bulan dan dibebankan secara tahunan dengan opsi untuk mengatur paket sesuai keinginan.

DOWNLOAD

5. Zendesk Chat

Zendesk Chat untuk cara membuat live chat di WordPress
  • Unduhan: 50,000+
  • Rating: 4/5
  • Fitur unggulan: ruang kerja sentral dan jenis pesan beragam
  • Paling cocok untuk: bisnis yang memiliki sedikit tim dukungan, tapi akan berkembang
  • Harga: mulai dari $19/bulan (Paket Lite gratis)

Zendesk Chat adalah tool customer support premium untuk WordPress. Software ini berfungsi untuk membuat live chat di website, yang dioptimalkan untuk perangkat mobile dan menyertakan fitur berguna seperti insight analitik dan chat proaktif.

Kemudian, Zendesk Chat juga menyimpan profil dan histori pelanggan untuk memberikan informasi masalah lebih lanjut kepada agen agar lebih siap saat merespons melalui chat. Dengan demikian, agen pun bisa memberikan dukungan lebih cepat dan lebih personal.

Sangat praktis jika Anda menerapkan cara membuat live chat di WordPress dengan plugin ini karena fiturnya sangat ter-manage dengan baik di workspace yang tersentralisasi.

Untuk UX-nya, Zendesk Chat mendukung indikator ketikan dan jenis pesan beragam, seperti emoji, GIF, balasan cepat, carousel, dan formulir.

Plugin live chat WordPress ini memungkinkan Anda terhubung di semua channel melalui web browser, perangkat seluler, atau aplikasi chat, seperti WhatsApp dan Messenger. Jadi, agen bisa melanjutkan percakapan di mana saja dan memberikan dukungan secara efisien.

Untuk harganya, plugin ini tersedia mulai dari $19 per agen/bulan apabila dibebankan secara tahunan. Namun, jika ingin menggunakan versi gratis, Zendesk Chat menawarkan Paket Lite, yaitu paket gratis khusus untuk user WordPress.

DEMO | DOWNLOAD

Bagaimana Cara Membuat Live Chat di WordPress? (2 Langkah)

Sebelumnya kami sudah menjabarkan beberapa plugin live chat WordPress terbaik. Sekarang, kami akan membahas bagaimana cara membuat live chat di WordPress. Di tutorial ini, kami akan menggunakan plugin WP Live Chat Support karena proses serta langkah setupnya mudah bahkan bagi pemula di website WordPress.

Meski kami memilih plugin WP Live Chat Support, bukan berarti plugin lainnya tidak menjadi solusi terbaik. Kami sarankan untuk menginstall plugin yang menurut Anda dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan Anda.

Langkah 1: Buat dan Konfigurasikan Plugin Live Chat WordPress

Berikut cara install chat plugin WordPress dan mengaktifkannya:

  1. Buka dashboard WordPress, lalu Plugins > Add New.
  2. Cari WP Live Chat Support di kolom pencarian:
  3. Install pluginKlik Install Now. Tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai.
  4. Setelah tulisan berubah ke Activate, klik tulisan untuk mengaktifkan live chat di WordPress.
  5. Setelah plugin diaktifkan, akan ada beberapa fitur tambahan di website:
Contoh Live Chat

Namun, Anda masih membutuhkan waktu untuk mengonfigurasikannya.

Untuk menonaktifkan live chat sementara waktu, buka tab Live Chat > Settings dan cari opsi Chat enabled. Atur ke No, lalu simpan perubahan:

Matikan chat

Anda pun bisa mengonfigurasi fitur live chat tanpa gangguan.

Mengonfigurasikan pengaturan lainnya

Ada beberapa pengaturan lain yang bisa Anda konfigurasikan. Kembali ke tab General Settings > Required Chat Box Fields > Default visitor name. Di sini, atur informasi yang kemungkinan visitor tanyakan ketika membuka obrolan/percakapan, dan cara mengidentifikasi pengunjung:

Kolom yang wajib diisi

Sebaiknya tanyakan nama dan alamat email pengunjung sebelum memulai percakapan agar Anda tahu sapaan seperti apa yang mereka harapkan. Untuk alamat email, informasi ini dibutuhkan apabila Anda ingin memberikan informasi bisnis dan layanan terbaru.

Live chat memiliki teks default untuk menyapa user atau klien. Namun, Anda bisa mengubahnya jika menginginkan yang lebih menarik dan atraktif:

Kolom input teks

Scroll ke bawah, dan Anda akan melihat pengaturan untuk menampilkan live chat WordPress di perangkat mobile. Sebaiknya aktifkan opsi ini dengan pertimbangan bahwa trafik mobile akan selalu meningkat.

Scroll lagi ke bawah dan cari Chat Transcript Settings. Di sini, Anda bisa mengatur plugin agar mengirimkan transkrip percakapan ke user yang baru saja Anda bantu:

Aktifkan pengaturan kirim transkrip teks

Meskipun berguna, fitur ini jarang digunakan, terutama jika percakapan memuat informasi sensitif. Transkrip percakapan justru akan berisiko. Jadi, sesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

Buka tab Styling yang ada di halaman pengaturan plugin. Pada tab ini, Anda bisa memilih satu dari dua tema dasar untuk live chat window. Setelah itu, pilih warna yang tepat:

Warna tema

Live chat merupakan salah satu fitur yang merepresentasikan website Anda. Pilihlah warna yang sama dengan warna website Anda. Dengan begini, warna live chat dan website bisa berpadu dengan baik.

Setelah itu, scroll sampai menemukan pengaturan First Section Text. Di sini, Anda bisa mengatur semua pesan otomatis yang terlihat oleh pengunjung atau user sebelum dan selama percakapan berlangsung.

Simpan semua perubahan yang Anda lakukan. Kembali ke live chat dan lihat bagaimana fitur ini bekerja.

Langkah 2: Mengetes Live Chat di Website

Anda sudah tahu cara pasang live chat di WordPress dan memastikannya diinstall dan diaktifkan dengan baik. Kini saatnya mengetes apakah live chat ini berfungsi dengan baik atau ada beberapa error. Pada saat user masuk ke website Anda dan mengklik ikon chat, maka tampilan seperti ini yang akan mereka lihat:

Membuka obrolan

Setelah memasukkan data, plugin akan meminta user untuk menunggu seseorang (dalam hal ini adalah Anda) yang available agar bisa bercakap dan mendengarkan pertanyaan serta keluhan mereka:

Tim Customer Support yang ada dan siap membantu

Sepanjang dashboard masih aktif dan terbuka, maka Anda akan menerima notifikasi yang memberitahukan bahwa ada seseorang yang sedang menunggu bantuan Anda di aplikasi live chat. Klik tab Live Chat, lalu daftar percakapan yang aktif akan muncul:

Terima chat

Klik Accept Chat, dan mulailah mengobrol. Terkadang visitor atau user langsung memberitahukan keperluan mereka. Namun, tidak ada salahnya untuk mengawali percakapan dengan sapaan:

Edit teks sapaan default

Baik Anda maupun user dapat mengakhiri percakapan kapan pun. Jika percakapan diakhiri, maka chat akan hilang dari tab Active Visitors. Untuk melihat riwayat chat, buka tab Live Chat > History. Riwayat chat akan berguna bagi Anda yang ingin mengevaluasi sikap dan cara kerja baik dari Anda sendiri maupun tim Customer Support.

Kini live chat sudah berhasil diinstall dan diaktifkan di website Anda. Ingat, jika menggunakan plugin WP Live Chat, Anda harus membiarkan dashboard tetap terbuka di salah satu tab browser agar bisa dengan cepat mengetahui jika ada chat baru yang masuk. Kalau tidak, user akan menunggu lama dan akhirnya mengakhiri chat. Hal ini, tentu saja, akan berimbas pada faktor kepuasan pelanggan.

Kesimpulan

Cara membuat live chat di WordPress adalah salah satu metode yang harus Anda ketahui guna meningkatkan kualitas dalam hal kepuasan pelanggan. Selain live chat, cara lain untuk menjangkau pelanggan adalah dengan menggunakan email dan telepon, tergantung pada jumlah klien yang harus ditangani. Jika menggunakan WordPress, Anda dapat menginstall plugin terkait, misalnya WP Live Chat Support, untuk membuat live chat di website.

Apakah Anda punya pertanyaan tentang cara menyediakan layanan atau bantuan pelanggan di WordPress? Silakan tulis pertanyaan Anda pada kolom komentar di bawah ini!

Author
Penulis

Faradilla A.

Faradilla, yang lebih akrab disapa Ninda, adalah Content Marketing Specialist di Hostinger. Ia suka mengikuti tren teknologi, digital marketing, dan belajar bahasa. Melalui tutorial Hostinger ini, Ninda ingin berbagi informasi dan membantu pembaca menyelesaikan masalah yang dialami. Kenali Ninda lebih dekat di LinkedIn.