8 Plugin WordPress untuk Toko Online Terbaik di Tahun 2022

8 Plugin WordPress untuk Toko Online Terbaik di Tahun 2022

Sekarang ini, siapa saja bisa membuat toko online. Sayangnya, prosesnya tidak semudah yang dibayangkan. Tanpa tool yang tepat, situs eCommerce berbasis WordPress hanyalah sebuah website dengan fitur yang tak lengkap. Misalnya, tidak ada metode pembayaran yang bisa dipilih oleh pelanggan atau pembeli, atau tidak tersedianya diskon dan riwayat pembelian.

Di artikel ini, kami akan membahas 8 plugin WordPress untuk Toko Online yang dapat Anda install dan aktifkan sehingga blog atau website mampu mendatangkan penghasilan. Anda tidak harus memilih semuanya, cukup gunakan salah satu plugin yang paling sesuai bagi website Anda.

Kriteria Plugin WordPress untuk Toko Online Terbaik

Untuk membuat daftar rekomendasi plugin WordPress terbaik dalam artikel ini, kami sudah melakukan riset yang mendalam dan menentukan sejumlah kriteria yang harus dipenuhi semua plugin.

  • Antarmuka yang user-friendly. Plugin harus bisa memudahkan Anda mengelola toko eCommerce tanpa membuang banyak waktu untuk mempelajarinya. 
  • Memiliki banyak opsi ekstensi dan integrasi. Plugin yang terintegrasi atau mendukung banyak add-on memungkinkan Anda meningkatkan fungsionalitas toko eCommerce.
  • Beberapa metode pembayaran. Dukungan untuk lebih banyak cara pembayaran akan mendorong konsumen melakukan pembelian. Metode ini mencakup kartu kredit dan cara umum lainnya seperti PayPal.
  • Kustomisasi desain yang fleksibel. Desain website Anda akan meninggalkan kesan pertama di benak konsumen terhadap bisnis Anda. Jika plugin menawarkan berbagai template desain dan memungkinkan kustomisasi yang menyeluruh, Anda pun bisa sepenuhnya mengatur tampilan toko sesuai kebutuhan.
  • Dukungan dan pembaruan yang mencukupi. Dukungan pelanggan yang baik sangatlah penting apabila Anda perlu bantuan menangani masalah, demikian pula dengan pembaruan yang selalu disediakan. 
  • Analitik yang berguna. Plugin harus terintegrasi atau kompatibel dengan tool pelaporan dan analitik sehingga Anda dapat mencari tahu dan memantau performa situs serta produk Anda, juga perilaku konsumen. Dengan begitu, Anda bisa merencanakan strategi bisnis secara lebih matang.
  • Harga terjangkau. Platform eCommerce yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan memungkinkan Anda memulai dengan budget kecil lalu menambah lebih banyak elemen seiring waktu dan ketika perlu lebih banyak fungsionalitas.

8 Plugin WordPress untuk Toko Online Terbaik

Setelah mengetahui hal-hal yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih plugin e-commerce untuk bisnis Anda, berikut ini adalah rekomendasi plugin WordPress untuk toko online terbaik dari kami.

1. WooCommerce

WooCommerce

Rating: 4.5/5

Instalasi aktif: 5.000.000+

Pengembang: Automattic

Harga: gratis, dengan harga fitur tingkat lanjut mulai dari $10/bulan

Kekurangan: fitur tingkat lanjut disertakan dalam add-on terpisah dan berbayar

WooCommerce merupakan platform eCommerce open-source yang paling populer. Meskipun tersedia gratis, plugin ini menyediakan sejumlah fitur berguna untuk membangun situs eCommerce yang lengkap. 

WooCommerce menawarkan berbagai add-ons premium, seperti tema, ekstensi, plugin, dan tool keamanan yang bisa Anda integrasikan ke toko WooCommerce untuk meningkatkan fungsionalitas toko.

Fitur yang menjadikan WooCommerce sebagai plugin toko online untuk WordPress terbaik: 

  • Mudah disesuaikan. Anda bisa mulai dari fitur yang paling dasar, lalu membeli add-on premium seiring waktu. Tersedia juga WooExperts resmi untuk membantu Anda jika memiliki toko ritel dengan banyak item dan ingin mengoptimalkan performa.
  • Komunitas global yang besar. Sebagai plugin WordPress untuk toko online terpopuler, tersedia banyak  blog berisi solusi untuk masalah yang tidak tercakup dalam dokumentasi resmi WooCommerce.
  • Plugin dan ekstensi canggih. Tingkatkan fungsionalitas dengan plugin dan ekstensi. Dengan WooCommerce Pre-Orders, misalnya, konsumen bisa memesan item sebelum tersedia, dan WooCommerce Multilingual memungkinkan Anda menjalankan website eCommerce multibahasa.
  • Tipe produk serbaguna. Jual produk apa pun, seperti barang fisik, unduhan digital, dan langganan.
  • Banyak metode pembayaran. Tersedia banyak cara pembayaran umum, seperti PayPal, transfer bank, dan COD. 
  • Pilihan tema menarik. Hampir semua tema eCommerce di direktori tema WordPress kompatibel dengan WooCommerce.
  • User-friendly. Tersedia tutorial video di bagian Bantuan (Help). Model open development plugin ini juga memungkinkan user tingkat lanjut mengustomisasi situsnya sesuai keinginan.
  • Blok produk yang modular. Atur halaman situs dengan WooCommerce Block. Buat grid produk menurut berbagai faktor, seperti item best-selling, ulasan produk, dan daftar kategori produk yang memudahkan pengunjung menemukan item yang diinginkan.
  • SEO-friendly. WooCommerce kompatibel dengan Yoast SEO untuk menaikkan peringkat toko Anda di halaman hasil pencarian.
  • Opsi pengiriman mudah. Tambahkan penyedia jasa populer dari dashboard. Hitung ongkir secara otomatis, dan mungkinkan konsumen melacak pengiriman melalui WooCommerce Shipment Tracking. 
  • Perhitungan pajak otomatis. Gunakan kalkulator pajak WooCommerce atau layanan terintegrasi lainnya untuk menghitung pajak secara otomatis.
  • Data tetap aman. Data bersifat anonim, dan jika ingin beralih ke platform lain, Anda bisa mengekspor semua konten secara gratis. 

2. BigCommerce

BigCommerce

Rating: 4.2/5

Instalasi aktif: 1.000+

Developer: BigCommerce

Harga: $29,95-$299,95/bulan atau harga khusus untuk paket Enterprise

Kekurangan: opsi kustomisasi desain yang terbatas

BigCommerce memiliki sistem manajemen serta hosting sendiri, dan sekarang layanannya tersedia bagi pengguna WordPress dengan versi beta developer awal. Untuk saat ini, Anda harus mendaftar untuk menggunakan BigCommerce, tapi mungkin sistem ini akan berubah karena masih dalam pengembangan. 

Plugin ini merupakan produk Software as a Service (SaaS), yang berarti Anda tidak memilikinya, dan harus membayar biaya bulanan untuk menggunakannya.

Di pasaran, BigCommerce merupakan salah satu plugin WordPress untuk toko online terbaik bagi bisnis skala besar. Software ini memiliki fitur untuk mengelola penjualan multi-channel dari satu control panel, mendukung katalog yang lengkap, serta trafik dan volume pesanan tinggi.

Fitur yang menjadikan BigCommerce sebagai salah satu plugin WordPress untuk toko online terbaik: 

  • Tarif kartu kredit lebih terjangkau. Tarif lebih murah karena BigCommerce bermitra dengan banyak perusahaan di area.
  • Performa lebih cepat, biaya lebih terjangkau. Area eCommerce situs WordPress Anda ada di back-end, sedangkan konten di front-end sehingga performanya lebih cepat dan biaya hostingnya lebih hemat.
  • Penanganan PCI Compliance terintegrasi. Tidak perlu pusing dengan Payment Card Industry Data Security Standard (PCI DSS). Di platform eCommerce lain, Anda harus menangani hal ini sendiri dengan host Anda.
  • Penjualan dan manajemen multi-channel. Jual produk di beberapa channel dan marketplace, seperti WordPress, Amazon, dan Google Shopping, lalu kelola dari satu control panel. Inventaris akan tersinkron otomatis sehingga meminimalkan eror.
  • Tepat untuk situs eCommerce skala besar. Anda bisa membuat katalog yang kompleks dan mengelola pesanan volume tinggi.
  • Akses instan ke fitur eCommerce. Terdapat fitur standar dan tingkat lanjut seperti penghitungan ongkir, pajak, dan mata uang tanpa ekstensi tambahan.
  • Metode pembayaran lengkap. Plugin ini terintegrasi dengan 65 metode pembayaran global. Konsumen di berbagai negara dan wilayah pun memiliki lebih banyak pilihan. 
  • Pengiriman global yang mudah. Semua penyedia internasional terpopuler didukung sehingga ongkir bisa dihitung secara real-time. Tersedia juga gratis ongkir, tarif flat, dan dropshipping. 
  • Mendukung AMP. Plugin ini mendukung Accelerated Mobile Pages (AMP). Format ini mengoptimalkan situs eCommerce di perangkat seluler dan halaman mesin pencarian.
  • Banyak opsi bantuan dan layanan. Agen bantuan tersedia 24/7 melalui telepon, chat, dan email. Tersedia juga layanan khusus untuk perusahaan besar.

3. Shopify

Shopify

Rating: 4/5

Instalasi aktif: 5,000+

Developer: WP Shopify

Harga: gratis, dengan versi Pro seharga $99-$399/tahun

Kekurangan: biaya tambahan jika menggunakan sistem pembayaran eksternal

Plugin eCommerce WordPress ini berfokus untuk memudahkan user membangun toko online. Plugin Shopify awalnya merupakan solusi Software as a Service (SaaS) mandiri, tetapi kini menawarkan layanannya sebagai plugin WordPress untuk toko online.

Anda bisa mengunduhnya gratis, tetapi ada biaya tahunan untuk menggunakan layanannya. Ada juga biaya tambahan jika Anda menggunakan sistem pembayaran eksternal, karena Shopify ingin penggunanya memanfaatkan Shopify Payments, yaitu platform pembayaran mudah milik mereka sendiri.

Fitur yang menjadikan Shopify salah satu plugin WordPress untuk toko online terbaik: 

  • Mudah bagi pemula. Shopify akan menangani area teknis eCommerce, seperti penyiapan sertifikat SSL, integrasi metode pembayaran, dan perpajakan.
  • Kustomisasi eCommerce mudah di situs WordPress. Tambahkan etalase ke blog, tampilkan tombol beli, atau semua daftar produk. Tersedia juga fungsionalitas checkout dan cart, melengkapi situs WordPress Anda dengan fitur penting eCommerce tanpa harus menambah apa pun.
  • Mendukung berbagai jenis produk. Jual produk digital maupun fisik di toko online Anda.
  • Manajemen daftar item yang mendetail. Kelola daftar produk dari dashboard dengan editor inventaris Shopify, importer massal, dan tracker pesanan.
  • Opsi pengiriman sederhana. Sistem pengiriman Shopify terintegrasi langsung dengan penyedia jasa kirim dan fulfillment populer. Anda juga bisa menyediakan informasi tracking.
  • Integrasi dengan Facebook dan Pinterest. Gunakan Shopify untuk membuat Facebook Store atau Buyable Pin di Pinterest.
  • Tema yang keren. Customize the look of your storefront to match your brand personality.
  • Tersedia berbagai aplikasi Shopify. Ada lebih dari 1.000 aplikasi yang tersedia di Shopify App Store. Tingkatkan fungsionalitas website toko online WordPress Anda dengan mengintegrasikan aplikasi seperti Xero untuk bookkeeping atau Mailchimp untuk email marketing.
  • Harga jual yang menarik. Buat calon pembeli tertarik membeli produk Anda dengan menampilkan perbandingan harga biasa dan harga diskon di halaman penjualan Anda. 
  • Berbagai variasi tombol. Memungkinkan pembeli memfilter produk berdasarkan banyak aspek seperti vendor, warna, atau jenis bahan.
  • Informasi terkait stok barang. Anda bisa menciptakan “sense of urgency” dengan menampilkan informasi sisa stok agar pembeli merasa harus segera membeli produk sebelum kehabisan.
  • Analitik yang berguna. Pantau bisnis Anda melalui Shopify Dashboard. Lihat laporan penjualan, trafik, dan lihat grafik pertumbuhan toko Anda.
  • Platform eCommerce berbasis cloud. Tidak perlu melakukan upgrade server seiring dengan berkembangnya situs eCommerce Anda. Platform ini bersifat scalable, yaitu mudah disesuaikan dengan kebutuhan.

4. Easy Digital Downloads

Easy Digital Downloads

 

Rating: 4.7/5

Instalasi aktif: 60,000+

Developer: Sandhills Development, LLC

Harga: gratis, dengan Service Pass seharga $99-$499/tahun

Kekurangan: hanya bisa digunakan untuk penjualan item digital.

Easy Digital Downloads merupakan plugin toko online WordPress yang simpel dan intuitif untuk mengelola dan menjual produk digital di WordPress. Sebenarnya, plugin WordPress untuk toko online lainnya juga mendukung penjualan item digital, tapi Easy Digital Downloads menawarkan fitur-fitur yang memang dikhususkan untuk produk ini. Fitur ini mencakup akses kontrol file, manajemen pelanggan, dan pelaporan data. 

Jika hanya menjual produk digital seperti eBook, audio, dan file PDF, Anda bisa membuat toko online di WordPress dengan plugin eCommerce WordPress ini. 

Plugin ini sendiri sebenarnya gratis, tapi untuk menikmati layanan tingkat lanjut, ada paket langganan tahunan yang perlu Anda beli. Dengan langganan ini, Anda mendapatkan bantuan pelanggan, lisensi situs, dan integrasi tingkat lanjut seperti email marketing dan opsi metode pembayaran.

Fitur yang menjadikan Easy Digital Downloads sebagai plugin eCommerce WordPress terbaik: 

  • Dioptimalkan untuk produk digital. Easy Digital Downloads memiliki berbagai solusi khusus untuk penjualan produk digital.
  • Library ekstensi yang lengkap. Plugin ini menawarkan banyak ekstensi untuk berbagai solusi terkait produk digital, seperti pelisensian software, unduhan gratis, dan pembatasan konten. Ekstensi ini dibanderol dengan harga yang bervariasi, dan ada juga yang gratis.
  • Opsi pembayaran beragam. Plugin ini terintegrasi dengan pemroses merchant yang paling umum. Gunakan ekstensi pihak ketiga untuk menyediakan lebih banyak cara pembayaran.
  • Kompatibel dengan sebagian besar tema WordPress. Anda bisa menggunakannya dengan hampir semua tema WordPress, dan plugin ini juga menyediakan tema sendiri.
  • Bisa dikustomisasi sesuai keinginan. Easy Digital Downloads bersifat open source, mudah disesuaikan, dan mudah dikembangkan. Developer tingkat lanjut bisa melakukan kustomisasi sesuka hati.
  • Komunitas aktif yang luas. Komunitas penggunanya terdiri dari para blogger, developer, dan para eCommerce enthusiast yang dengan senang hati saling berbagi solusi seputar Easy Digital Downloads atau membuat ekstensi baru yang berguna.
  • Manajemen pelanggan yang lengkap. Lihat dan kelola catatan pelanggan yang ekstensif, termasuk histori pembelian mereka.
  • Laporan eCommerce yang mendetail. Pantau performa toko online Anda, termasuk hal-hal terkait penjualan, refund, dan pendapatan total.
  • Produk yang dilindungi. Cegah user yang tidak sah mengakses produk digital Anda tanpa membelinya.
  • Mendukung kode diskon. Berikan kupon atau kode diskon kepada calon pelanggan untuk meningkatkan penjualan.
  • Dukungan dari berbagai saluran. Dokumentasi plugin ini terkelola dengan sangat baik. Tersedia forum bantuan, video, tutorial, dan chatroom gratis bagi Anda untuk meminta bantuan. User premium bahkan mendapatkan akses ke bantuan prioritas.

5. WP eCommerce

WP eCommerce

 

Rating: 3.4/5

Instalasi aktif: 10,000+

Developer: WP eCommerce

Harga: gratis, dengan add-on berbayar 

Kekurangan: masih banyak bug, opsi ekstensi lebih sedikit

WP eCommerce adalah plugin toko online WordPress yang paling lama ada. 

Plugin ini memiliki banyak fitur toko online bawaan, termasuk integrasi dengan berbagai metode pembayaran sehingga tersedia lebih banyak opsi bagi pelanggan Anda. 

Sayangnya, banyak ulasan pengguna mengatakan bahwa plugin ini masih memiliki sejumlah bug, dan hanya ada sedikit add-on dibanding kompetitornya yang lebih baru.

Meski begitu, WP eCommerce tetap menjadi salah satu yang terbaik jika Anda ingin membuat ecommerce dengan WordPress sederhana yang memiliki fitur-fitur dasar.

Beberapa fitur yang menjadikan WP eCommerce sebagai salah satu plugin WordPress untuk toko online terbaik: 

  • Simpel dan sederhana. Fitur yang disediakannya mungkin tidak banyak, tapi WP eCommerce sudah menyertakan semua fitur penting untuk membuka toko online. Beberapa di antaranya adalah shopping cart, manajemen inventaris, dan pelaporan.
  • Mendukung beberapa jenis produk. Baik untuk menjual produk digital, fisik, maupun mempership, WP eCommerce bisa memfasilitasi berbagai jenis item.
  • Developer-friendly. Optimalkan plugin dengan kustomisasi CSS dan HTML untuk mengatur situs toko online Anda sesuai keinginan.
  • Manajemen pengiriman yang mudah. Terdapat tool dan integrasi pengiriman bawaan dengan penyedia jasa populer sehingga Anda bisa mengelola pengiriman dari satu platform.
  • Tool bawaan yang canggih. Maksimalkan fungsionalitas situs dengan mengelola pesanan, katalog, dan pemasaran tanpa harus menginstal plugin lainnya. Dengan lebih sedikit plugin, performa situs pun akan lebih cepat.

6. MemberPress

MemberPress

Developer: Caseproof, LLC

Harga: $149-349

Kekurangan: tidak ada opsi satu kali pembelian sehingga cukup mahal untuk jangka panjang

MemberPress merupakan plugin membership WordPress. Dengannya, Anda bisa menjual produk berbasis member, seperti konten khusus member, langganan, dan kursus online.

Anda bisa membuat, mengelola, dan melacak langganan membership. Kelola member dengan memberikan dan menarik akses ke produk Anda, seperti video, forum, dan file digital, berdasarkan jenis membership mereka.

Mengapa MemberPress menjadi salah satu plugin eCommerce WordPress terbaik: 

  • Setup yang mudah. Instal plugin, masukkan kredensial metode pembayaran, siapkan produk, lalu selesai! 
  • Manajemen akses mendetail. Anda bisa mengontrol akses pengguna berdasarkan membership atau barang digital yang mereka beli. Kontrol ini meliputi memberikan, menarik, dan membatasi akses pengguna ke halaman, postingan, kategori, dan tag tertentu di website Anda. 
  • Bisa untuk menyediakan kursus. MemberPress bisa membantu Anda membangun dan menjual kursus online dengan mudah menggunakan add-on Courses. Karena merupakan add-on bawaan MemberPress, Anda tidak perlu mengunduhnya dari sumber lain.
  • Kupon yang mudah dikustomisasi. Buat kupon untuk promosi dan giveaway, kustomisasikan kode kupon, dan kontrol periode validitas serta jumlah penggunaan.
  • Terintegrasi dengan plugin forum. Buat forum berbasis WordPress dengan plugin seperti BBPress atau plugin forum WordPress lainnya 
  • Kompatibel dengan tema WordPress apa pun. Anda bisa menggunakan tema WordPress apa pun atau menggunakan tema kustom.
  • Publikasi konten yang mudah dikelola. Terbitkan konten kepada anggota dan atur interval waktunya, misalnya buletin mingguan. MemberPress juga bisa mengelola batas waktu anggota untuk mengakses konten tertentu dengan menetapkan tanggal berakhir konten.
  • Pelaporan yang jelas. MemberPress akan memberi Anda insight tentang performa situs membership Anda, seperti pendapatan dan produk mana yang paling laris.
  • Integrasi metode pembayaran yang simpel. Baik untuk menetapkan harga produk digital maupun keanggotaan, semua metode pembayaran yang tersedia sangat mudah dikonfigurasikan.
  • Manajemen langganan yang komprehensif. Anggota bisa membuat, memperbarui, meningkatkan, dan membatalkan langganan mereka langsung dari situs Anda. MemberPress juga memiliki sistem tagihan otomatis yang memberikan atau mencabut akses anggota berdasarkan pembayaran mereka dan memastikan penghasilan Anda diterima secara rutin.
  • Mendukung berbagai jenis langganan. Tersedia banyak jenis membership berbayar, dan opsi langganan ditampilkan di satu halaman sehingga calon pembeli bisa membandingkan paket yang tersedia.

7. WP EasyCart Shopping Cart and eCommerce Store

WP EasyCart Shopping Cart and eCommerce Store

Rating: 4.4/5

Instalasi aktif: 6,000+

Developer: WP EasyCart

Harga: gratis, $69-$99/tahun untuk paket premium

Kekurangan: ada biaya pembayaran per transaksi untuk paket gratis

WP EasyCart cocok untuk pemilik bisnis kecil yang ingin membangun toko online tetapi tidak punya banyak waktu untuk mempelajari caranya. 

Plugin ini menawarkan proses konfigurasi yang cepat dan tool yang mudah dipahami sehingga sangat sesuai bagi pengguna yang belum memiliki pengetahuan teknis tentang pengembangan website.

Paket gratis WP EasyCart menyertakan beberapa fitur tingkat lanjut, yang bisa menghemat biaya bagi Anda yang baru memulai bisnis. 

Pilih paket Premium tahunan mereka untuk mengakses fitur yang lebih canggih, seperti integrasi Quickbooks untuk bookkeeping dan AffiliateWP, untuk menangani manajemen afiliasi.

Fitur yang menjadikan WP EasyCart sebagai salah satu plugin WordPress untuk toko online terbaik: 

  • Paket gratis yang cukup lengkap. WP EasyCart menjadi salah satu kerugian e-commerce WordPress terbaik berkat fitur tingkat selanjutnya seperti display produk unlimited, manajemen pesanan, dan metode pembayaran yang terintegrasi.
  • Paket premium yang terjangkau. Harga paket tahunannya cukup murah jika dibandingkan dengan plugin e-commerce lainnya, apalagi jika melihat fitur yang disediakan.
  • Mendukung produk digital dan fisik. Baik untuk menjual barang digital, item fisik, kartu hadiah, maupun langganan, WP EasyCart bisa memfasilitasi semuanya.
  • Mendukung invoice. Di WP EasyCart, Anda bisa menawarkan jenis produk yang memungkinkan pelanggan memasukkan nomor invoice mereka dan jumlah yang harus dibayarkan. 
  • Mendukung donasi. Pasang permintaan donasi, dan mungkinkan pengunjung situs menentukan sendiri jumlahnya. Selain itu, tampilkan grafik donasi di website e-commerce Anda sehingga pengunjung bisa melihat progres donasi.
  • Bantuan pelanggan gratis. Forum untuk plugin ini masih cukup aktif, dan tutorial videonya bisa membantu Anda mengatasi masalah sendiri.
  • Antarmuka yang simpel. Antarmukanya yang sederhana memudahkan proses manajemen, dan dan memberikan user experience yang lancar kepada pengunjung.
  • Tool marketing yang berguna. Setiap produk, menu, dan kategori dioptimalkan untuk SEO sehingga membantu Anda meningkatkan penjualan. Plugin ini juga memungkinkan berbagi informasi melalui media sosial sehingga pengunjung bisa membuka link ke item yang Anda jual. Kemudian, WP EasyCart memungkinkan Anda mengelola info feed dan mempromosikan stok terakhir secara otomatis ke Instagram dan Facebook per jam, hari, atau minggu.
  • Lebih dari satu bahasa dan mata uang. Jangkau lebih banyak audiens dengan menawarkan layanan Anda dalam lebih dari satu bahasa.

8. Ecwid ECommerce Shopping Cart

Ecwid ECommerce Shopping Cart

Rating: 4.5/5

Instalasi aktif: 30,000+

Developer: Ecwid eCommerce

Harga: gratis, $15-$99/bulan untuk paket premium

Kekurangan: tidak mendukung versi AMP halaman produk

Ecwid Ecommerce Shopping Cart tidak terbatas untuk satu sistem manajemen konten saja karena terintegrasi dengan platform seperti Drupal, Tumblr, dan Facebook. 

Plugin ini lebih murah daripada plugin WordPress untuk toko online lainnya. Software utamanya tersedia gratis dan menyertakan berbagai tool bawaan. Tersedia beberapa paket pembayaran bulanan, yang akan memberi Anda akses ke lebih banyak fitur tingkat lanjut.

Fitur yang menjadikan Ecwid sebagai plugin toko online WordPress terbaik: 

  • Kompatibel dengan beberapa platform. Ecwid terintegrasi dengan berbagai website builder dan sistem manajemen konten, termasuk WordPress, Drupal, dan toko berbasis jejaring sosial seperti Instagram Store.
  • Paket gratis yang optimal. Dengan paket gratis, Anda bisa menjual produk di beberapa situs, dengan fitur seperti shopping cart yang mobile-responsive, 70+ tema, dan dukungan untuk Google Ads.
  • Etalase yang mudah disesuaikan. Paket gratisnya menampung 10 produk, tapi Anda bisa menampilkan 100 item dengan paket seharga $15/bulan, 2.500 item seharga $35/bulan, bahkan unlimited dengan $99/bulan saja. Sangat menguntungkan karena Anda bisa memulai dengan yang paling murah, lalu membeli lagi sesuai kebutuhan.
  • Besertifikasi PCI-DSS. Ecwid juga berperan sebagai host. Mereka sudah mematuhi PCI DSS untuk transaksi yang aman, sedangkan plugin lainnya harus memperoleh kepatuhan PCI dari penyedia hosting.
  • Data yang mudah disinkronkan. Instal Ecwid di satu situs, transfer semua data toko ke website lainnya, lalu sinkronkan keduanya. Anda pun bisa menjual produk secara bersamaan di beberapa etalase secara lebih terkelola.
  • Ongkir dan pajak otomatis. Ecwid terintegrasi dengan penyedia besar seperti FedEx dan UPS sehingga ongkir bisa dihitung otomatis. Tarif pajak juga bisa dihitung otomatis untuk beberapa wilayah besar. 
  • Penyimpanan unlimited, backup rutin, dan update keamanan. Karena server Ecwid menghosting semua data toko, plugin ini menyertakan penyimpanan unlimited, backup otomatis, upgrade mudah, dan pembaruan keamanan. Ecwid akan menangani hal-hal teknis, memastikan toko online Anda mendapatkan pembaruan dan bug fix terkini.
  • Desain yang mobile-responsive. Ecwid berfungsi dengan sangat baik pada semua website WordPress, khususnya dengan tema yang mobile-optimized. User experience toko online Anda pun akan lebih baik di ukuran layar apa pun.

Pertimbangan saat Memilih Plugin eCommerce WordPress

Setiap toko pasti memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, tapi ada beberapa hal yang tidak boleh ditawar saat memilih plugin toko online WordPress terbaik. 

Sebelum menginstal plugin WordPress untuk toko online, simak tips dari kami untuk memilih opsi yang paling sesuai bagi toko Anda:

1. Cari tahu kebutuhan Anda

Pada tahap ini, Anda harus mencari tahu detail produk yang Anda jual atau jenis bisnis e-commerce yang Anda jalankan. Misalnya, jika Anda hanya menjual barang digital, pilih plugin eCommerce WordPress yang dikhususkan untuk penjualan barang digital.

Atau jika bisnis Anda mencakup dropshipping, pilihlah plugin toko online WordPress yang dirancang khusus untuk membantu perusahaan dropshipping.

2. Frekuensi pembaruan plugin

Sudah menjadi peraturan tidak tertulis bahwa plugin yang baik adalah plugin yang sering diperbarui. Plugin harus selalu up-to-date dengan versi WordPress terbaru sehingga tidak ada masalah kompatibilitas yang timbul pada website Anda.

3. Komunitas yang aktif

Cari tahu jumlah unduhan, instalasi aktif, dan rating di Direktori Plugin WordPress untuk melihat popularitas suatu plugin. Biasanya, plugin eCommerce WordPress yang cukup populer memiliki banyak pengguna setia yang siap membantu jika Anda menjumpai masalah tidak biasa yang belum ada solusinya di dokumentasi resmi.

Jika plugin yang Anda cari tidak ada di direktori tersebut, maka ada dua kemungkinan: plugin hanya ditawarkan sebagai tool berbayar, atau tidak memenuhi standar WordPress. Ini dikarenakan WordPress tidak mau mencantumkan plugin yang keamanan atau dokumentasinya kurang memadai. 

Baca ulasannya untuk mengetahui performa plugin menurut orang-orang yang sudah menggunakannya. 

4. Bantuan gratis dan premium

Beberapa plugin WordPress untuk toko online hanya menyediakan dokumentasi tertulis untuk pengguna versi gratis. Sementara itu, user premium bisa mendapatkan layanan bantuan pelanggan penuh seperti telepon langsung, tiket, dan bantuan developer.

Tentukan apakah Anda sekiranya bisa menangani masalah sendiri menggunakan bantuan gratis, atau ingin mendapatkan bantuan penuh.

5. Target pasar berdasarkan negara

Jangan lupa untuk menawarkan opsi pembayaran yang juga berlaku secara internasional agar orang dari negara lain bisa membeli produk Anda. Sayangnya, beberapa metode pembayaran populer pun masih memiliki batasan di negara tertentu, jadi pilihlah plugin yang mendukung metode pembayaran yang bisa digunakan di negara target penjualan Anda.

Kesimpulan 

Memilih plugin WordPress untuk toko online harus mempertimbangkan tipe toko online seperti apa yang ingin Anda buat.

Berikut rekomendasi plugin eCommerce WordPress terbaik kami:

  • WooCommerce. Pilihan bagus jika Anda perlu banyak fitur dan kontrol kustomisasi.
  • BigCommerce. Cocok bagi bisnis atau toko e-commerce besar yang memiliki banyak inventaris.
  • Shopify. Cloud-based dan sangat mudah bagi pemula.
  • Easy Digital Downloads. Didesain khusus untuk penjualan produk digital. 
  • WP eCommerce. Menyertakan semua fitur penting untuk membuat toko online.
  • MemberPress. Sesuai bagi toko yang menjual konten membership. 
  • WP EasyCart Shopping Cart and eCommerce Store. Menawarkan paket gratis dengan fitur lengkap yang cocok untuk bisnis kecil.
  • Ecwid eCommerce Shopping Cart. Opsi yang tepat jika anda ingin menjual produk di beberapa platform.

Dengan membaca artikel ini, kami harap Anda bisa memilih plugin toko online WordPress yang paling tepat untuk online shop Anda. Namun, ingat bahwa selain dengan membaca artikel ini, Anda juga harus tahu toko online seperti apa yang ingin Anda buat dan fitur apa saja yang dibutuhkan.

Semoga bisnis online Anda sukses selalu! Jika punya pertanyaan, jangan ragu untuk menyampaikannya pada kolom komentar di bawah ini.

Author
Penulis

Faradilla A.

Faradilla, yang lebih akrab disapa Ninda, adalah Content Manager di Hostinger. Ia suka mengikuti tren seputar teknologi, digital marketing, dan belajar bahasa. Melalui tutorial Hostinger ini, Ninda ingin berbagi informasi dan membantu pembaca menyelesaikan masalah yang dialami.