Berapa Harga Website WordPress? Ini Detailnya di Tahun 2024!

Berapa Harga Website WordPress? Ini Detailnya di Tahun 2024!

Awalnya dibuat sebagai platform blogging sederhana, WordPress kini berkembang menjadi platform pembuatan website yang fleksibel dan CMS dengan fitur lengkap. Anda bisa membuat segala jenis website dengannya, mulai dari blog pribadi hingga toko online besar.

Namun, kalau belum pernah membuat website WordPress, Anda mungkin penasaran dengan harga website WordPress. Ya, menentukan harga WordPress tidak semudah menghitung biaya awalnya saja. Software inti WordPress memang gratis, tapi ada biaya tambahan yang perlu Anda keluarkan.

Oleh karena itu, kami akan membahas segala hal yang berhubungan dengan harga website WordPress, seperti paket WordPress, nama domain, tema, dan ekstensi lainnya. Kami juga akan membandingkan model harga dari kedua versinya, WordPress.org dan WordPress.com.

Detail Harga WordPress.org dan WordPress.com

WordPress adalah platform pembuatan website yang kini terdiri dari dua versi, yaitu WordPress.org dan WordPress.com. Perbedaan WordPress.org dan WordPress.com yang paling utama adalah penyedia hostingnya.

WordPress.org adalah versi WordPress self-hosted (dihosting secara mandiri), yang berarti Anda harus menghosting website WordPress di penyedia hosting terbaik pilihan Anda. Sementara itu, semua website WordPress.com dihosting oleh Automattic, sebuah perusahaan software asal Amerika Serikat.

Jadi, kalau berbicara harga dan biaya website WordPress untuk kedua platform tersebut, jawabannya akan bervariasi. Kami akan mulai dulu dengan membahas harga WordPress.org.

WordPress.org

Karena WordPress.org adalah platform self-hosted, Anda harus mendownload software inti dan menghitung biaya resource lain yang diperlukan. Biaya ini termasuk nama domain, paket web hosting, serta plugin dan tema WordPress premium.

Di Hostinger, harga layanan hosting dimulai dari Rp24990.00–Rp490000.00/bulan tergantung pada paket yang dipilih. Anda juga membutuhkan nama domain, dengan harga sekitar Rp14.000-Rp650.000/tahun, serta sertifikat SSL yang harganya dimulai dari Rp0-Rp16 juta/tahun.

Untungnya, Hostinger sudah menyertakan domain gratis selama satu tahun dengan paket hosting tertentu serta sertifikat SSL unlimited gratis dengan semua paket untuk membantu Anda berhemat.

Hal penting lainnya adalah tema dan plugin WordPress untuk menyempurnakan desain dan fungsi website Anda. Meskipun tersedia pilihan gratis, tema dan plugin premium biasanya tersedia seharga Rp35.000-Rp16 juta/lisensi.

Berikut adalah ringkasan perkiraan harga website WordPress yang dihosting secara mandiri.

Hosting WebsiteRp24990.00Rp490000.00/bulan
Nama DomainRp14.000-Rp650.000/tahun
Sertifikat SSLRp0-Rp16 juta/tahun
Tema PremiumRp35.000-Rp3,2 juta/tahun, sampai Rp16 juta untuk lisensi seumur hidup
Plugin PremiumRp35.000-Rp16 juta/tahun/plugin
TOTALRp108.900-Rp3,5 juta/bulan

Namun, perlu diingat bahwa biaya pembuatan website akan bergantung pada ukuran dan kerumitannya. Website WordPress sederhana seperti blog atau website bisnis akan lebih murah daripada website WordPress yang membutuhkan banyak resource, seperti toko online atau website streaming.

WordPress.com

Di WordPress.com, Anda bisa membuat website dengan paket gratis, namun perlu berlangganan salah satu paket apabila ingin menggunakannya untuk tujuan komersial dengan nama domain sendiri. Rentang harga website WordPress dengan platform ini berkisar antara $5-63/bulan (sekitar Rp79.000-Rp985.000).

harga wordpress com

Setiap paket premium menyertakan domain gratis selama setahun dan dukungan email unlimited. Selain itu, paket Explorer, Creator, dan Entrepreneur juga dilengkapi dengan fitur statistik tingkat lanjut, tema premium, dan dukungan live chat.

Meskipun mendukung berbagai metode monetisasi, masih ada sejumlah kekurangan WordPress.com. Misalnya, user hanya bisa menjalankan iklan melalui program periklanan mereka, WordAds, untuk menggunakan sistem bagi hasil.

WordPress.com juga mengatur metode monetisasi lainnya seperti link afiliasi, keanggotaan, dan donasi. Dengan kata lain, user WordPress.com tidak bisa sepenuhnya mengontrol opsi monetisasi website.

Apabila menginginkan opsi monetisasi yang tidak terbatas dan perlu mengelola website secara lebih fleksibel, kami merekomendasikan agar Anda membuat website WordPress dengan WordPress.org.

Berapa Harga Website WordPress?

Sekarang, setelah melihat gambaran awal tentang harga WordPress, mari lihat detail biaya utama yang kemungkinan perlu Anda keluarkan saat membuat website dengan WordPress.org.

Web Hosting – Mulai dari Rp12900.00/Bulan

Hosting dan domain adalah komponen paling utama untuk membuat website WordPress yang berfungsi penuh. Biaya hosting website bisa berbeda-beda tergantung pada jenisnya dan resource yang dialokasikan. Berikut adalah beberapa jenis hosting yang bisa Anda beli.

Managed WordPress Hosting

WordPress hosting dirancang khusus dan dioptimalkan untuk website WordPress. Jenis hosting ini menyediakan setup yang mudah untuk membuat website WordPress, dengan plugin yang sudah terinstal guna mengoptimalkan performa.

Hostinger menawarkan beberapa paket WordPress hosting terbaik, dengan harga antara Rp24990.00–Rp150000.00/bulan. Paket ini menyertakan fitur-fitur penting seperti tool staging dan update otomatis untuk memastikan maintenance yang lancar.

Terdapat juga object caching untuk meningkatkan website WordPress Anda hingga tiga kali lebih cepat.

Shared Hosting

Shared hosting adalah opsi yang paling terjangkau dan cocok untuk bisnis kecil serta website pribadi. Jenis hosting ini biasanya adalah yang termurah karena server dan resourcenya dibagi dengan beberapa user.

Harga paket shared hosting di Hostinger berkisar antara Rp24990.00–Rp45900.00/bulan.

Paket ini sudah menyertakan auto-installer yang memungkinkan Anda menginstal WordPress atau CMS lainnya hanya dalam beberapa klik. Sementara itu, malware scanner bawaan dan firewall aplikasi web akan melindungi website Anda dari serangan cyber.

Cloud Hosting

Cloud hosting menggunakan beberapa server yang saling terhubung dalam satu kluster untuk menyeimbangkan beban website dan meminimalkan downtime. Apabila satu server mati, server lain akan menjadi backup, menjaga website WordPress Anda tetap online tanpa down-time.

Di samping itu, cloud hosting menggunakan teknologi virtualisasi untuk membagi resource server fisik menjadi beberapa server virtual. Hal ini membantu meningkatkan performa dan uptime, memastikan website berjalan dengan lancar bahkan ketika ada lonjakan traffic.

Karena infrastrukturnya yang canggih, cloud hosting lebih mahal daripada jenis hosting lainnya. Harga paket cloud hosting di Hostinger berkisar antara Rp150000.00–Rp490000.00/bulan.

Kalau Anda menjalankan website dengan traffic tinggi seperti toko online atau website perusahaan, kami merekomendasikan agar Anda menggunakan cloud hosting.

VPS (Virtual Private Server) Hosting

VPS membagi satu server fisik menjadi beberapa server virtual yang terisolasi satu sama lain. Karena lingkungannya yang ‘private’, VPS hosting cocok untuk membuat website WordPress dengan konfigurasi server kustom.

Jenis hosting ini memungkinkan Anda mengontrol server secara lebih bebas, karena Anda akan mendapatkan akses root untuk mengatur server sesuai keinginan dengan lebih fleksibel.

Namun, VPS memerlukan pengetahuan teknis tingkat lanjut sehingga lebih cocok untuk user yang ingin mengatur sendiri konfigurasi servernya dan menjalankan website WordPress dengan spesifikasi khusus.

Di Hostinger, harga paket VPS hosting berkisar antara Rp89900.00 sampai Rp369900.00/bulan.

Jadi, sebagai ringkasan, harga paket hosting di Hostinger dimulai dari Rp24990.00–Rp490000.00/bulan. Perlu diingat bahwa harga bulanan awal setiap paket web hosting akan berbeda dengan harga perpanjangannya.

Misalnya, tergantung pada durasi langganan paket Business hosting Anda di Hostinger, biaya perpanjangannya bervariasi antara Rp93.900-Rp144.900/bulan.

Apabila memilih paket 48 bulan, biaya langganan bulanan Anda adalah Rp45900.00/bulan selama 4 tahun. Setelah periode berakhir, biaya bulanan untuk paket ini akan menjadi Rp93.900/bulan.

Tips Berguna

Agar biaya website WordPress Anda lebih murah, temukan paket hosting yang sudah menyertakan domain gratis. Di Hostinger, paket Premium atau yang lebih tinggi sudah menyertakan domain gratis senilai Rp144.000. Selain itu, Anda akan mendapatkan sertifikat Encrypt SSL unlimited gratis di semua paket hosting.

Untuk mendapatkan harga WordPress yang lebih hemat, pertimbangkan faktor-faktor berikut:

  • Ketahui jenis hosting yang Anda butuhkan. Cermatlah saat memilih hosting yang tepat untuk website WordPress Anda. Cari tahu kebutuhan website Anda dulu agar tidak perlu mengeluarkan uang untuk fitur yang sebenarnya tidak diperlukan. Selain itu, pertimbangkan web server yang Anda sukai, aplikasi web yang ingin digunakan, dan apakah Anda memerlukan lingkungan hosting terkelola (managed hosting).
  • Tentukan anggaran Anda. Pilih paket hosting WordPress kalau tidak menargetkan banyak pengunjung tapi ingin lingkungan yang dioptimalkan untuk WordPress. Apabila budget Anda fleksibel, paket cloud atau VPS bisa menyediakan lebih banyak ruang untuk mengakomodasi pertumbuhan website.
  • Bandingkan beberapa provider hosting. Penting untuk melakukan riset sebelum memilih penyedia WordPress hosting. Setiap web host biasanya memiliki spesialisasi dalam jenis hosting tertentu. Uji manfaat yang ditawarkan dan baca review yang tepercaya sebelum membeli paket agar Anda tidak salah pilih.

Nama Domain – Mulai dari Rp14.000/tahun

Anda memerlukan nama domain untuk membuat website dengan WordPress.org. Nama ini akan bertindak sebagai alamat website Anda, misalnya contohwebsitesaya.com.

Kalau berbicara tentang berapa harga domain, biasanya ini akan bergantung pada TLD (top-level domain) yang dipilih. gTLD (general top-level domain) yang paling umum adalah ekstensi domain .com, .net, dan .org.

Saat ini, gTLD yang paling populer adalah .com, dengan harga Rp147.900/tahun di Hostinger. gTLD lain yang juga tidak kalah populer, yaitu .net, bisa Anda dapatkan seharga Rp193.900/tahun.

TLD Registrasi Perpanjangan Transfer
.ai Rp2825800.00 Rp3139900.00 Rp2511900.00
.football Rp282900.00 Rp345900.00 Rp345185.50
.help Rp156900.00 Rp941900.00 Rp392900.00
.events Rp125900.00 Rp470900.00 Rp125900.00
.technology Rp203900.00 Rp549900.00 Rp407975.04
.team Rp62900.00 Rp470900.00 Rp62900.00
.ac Rp549900.00 Rp925900.00 -
.eu Rp58900.00 Rp108900.00 Rp109900.00
.in Rp251800.00 Rp313800.00 Rp97900.00
.com Rp294800.00 Rp399800.00 Rp156900.00
.es Rp251800.00 Rp267800.00 Rp15900.00
.co.uk Rp125900.00 Rp188900.00 Rp15900.00
.co.in Rp109900.00 Rp125900.00 Rp109900.00
.ca Rp156900.00 Rp266900.00 Rp203900.00
.media Rp94900.00 Rp470900.00 Rp470900.00
.ind.in Rp298800.00 Rp313800.00 Rp141900.00
.blog Rp31900.00 Rp470900.00 Rp407900.00
.info Rp62900.00 Rp392900.00 Rp266900.00
.community Rp313900.00 Rp564900.00 Rp219900.00
.mobi Rp565800.00 Rp941800.00 Rp345900.00
.capital Rp957800.00 Rp1569800.00 Rp172900.00
.name Rp188900.00 Rp235900.00 Rp188900.00
.gg Rp2511800.00 Rp2825900.00 Rp2338910.40
.net Rp660700.00 Rp755700.00 Rp235900.00
.video Rp203900.00 Rp517900.00 Rp517856.74
.net.in Rp188900.00 Rp219900.00 Rp141900.00
.top Rp46900.00 Rp109900.00 Rp109900.00
.org Rp377800.00 Rp503800.00 Rp203900.00
.digital Rp486800.00 Rp879800.00 Rp439900.00
.org.in Rp298800.00 Rp313800.00 Rp141900.00
.education Rp313900.00 Rp470900.00 Rp360900.00
.org.uk Rp329800.00 Rp345800.00 Rp15900.00
.zone Rp125900.00 Rp502900.00 Rp502900.00
.pw Rp753700.00 Rp941700.00 Rp15900.00
.wtf Rp94900.00 Rp533900.00 Rp407900.00
.ws Rp580900.00 Rp627900.00 Rp219900.00
.software Rp219900.00 Rp470900.00 Rp219900.00
.xyz Rp31900.00 Rp219900.00 Rp156900.00
.support Rp94900.00 Rp345900.00 Rp313900.00
.be Rp109900.00 Rp109900.00 Rp109900.00
.consulting Rp313900.00 Rp627900.00 Rp533900.00
.ch Rp109900.00 Rp109900.00 Rp15900.00
.chat Rp172900.00 Rp470900.00 Rp172900.00
.co Rp1020800.00 Rp1099800.00 Rp376900.00
.cyou Rp15900.00 Rp219900.00 Rp141900.00
.com.co Rp188900.00 Rp235900.00 Rp188900.00
.codes Rp125900.00 Rp1177900.00 Rp941686.14
.com.es Rp691700.00 Rp707700.00 Rp15900.00
.show Rp156900.00 Rp580900.00 Rp580646.28
.cz Rp423900.00 Rp423900.00 Rp15900.00
.guide Rp313900.00 Rp517900.00 Rp517856.74
.fr Rp117900.00 Rp150900.00 Rp125900.00
.healthcare Rp439900.00 Rp957900.00 Rp957383.52
.de Rp62900.00 Rp78900.00 Rp78900.00
.click Rp31900.00 Rp172900.00 Rp164900.00
.gr Rp487800.00 Rp502900.00 Rp15900.00
.properties Rp423900.00 Rp439900.00 Rp298900.00
.ist Rp345900.00 Rp345900.00 Rp345900.00
.dev Rp235900.00 Rp235900.00 Rp235900.00
.it Rp266900.00 Rp266900.00 Rp266900.00
.academy Rp235900.00 Rp470900.00 Rp470900.00
.nl Rp94900.00 Rp109900.00 Rp15900.00
.expert Rp125900.00 Rp784900.00 Rp784900.00
.nu Rp755700.00 Rp755700.00 Rp15900.00
.pro Rp46900.00 Rp392900.00 Rp313900.00
.se Rp251900.00 Rp298900.00 Rp15900.00
.jp Rp549900.00 Rp549900.00 Rp15900.00
.pl Rp455800.00 Rp785800.00 Rp15900.00
.social Rp141900.00 Rp470900.00 Rp439900.00
.online Rp15900.00 Rp549900.00 Rp439900.00
.global Rp439900.00 Rp1098900.00 Rp439900.00
.store Rp15900.00 Rp816900.00 Rp706900.00
.works Rp1036700.00 Rp1412700.00 Rp78900.00
.tech Rp31900.00 Rp816900.00 Rp612900.00
.market Rp564900.00 Rp753900.00 Rp470764.58
.ae.org Rp298900.00 Rp298900.00 Rp298900.00
.green Rp109900.00 Rp1067900.00 Rp109900.00
.ag Rp1459900.00 Rp1459900.00 Rp1459900.00
.systems Rp172900.00 Rp470900.00 Rp376900.00
.cat Rp141900.00 Rp360900.00 Rp360900.00
.coach Rp219900.00 Rp784900.00 Rp737900.00
.at Rp203900.00 Rp203900.00 Rp188900.00
.energy Rp1742800.00 Rp3139800.00 Rp172900.00
.am Rp784900.00 Rp784900.00 Rp690900.00
.cafe Rp627800.00 Rp1035800.00 Rp109900.00
.bz Rp345900.00 Rp345900.00 Rp345900.00
.boutique Rp62900.00 Rp470900.00 Rp62900.00
.cc Rp172900.00 Rp172900.00 Rp172900.00
.biz.id Rp180700.00 Rp188700.00 -
.cl Rp203900.00 Rp203900.00 Rp203900.00
.sbs Rp15900.00 Rp219900.00 Rp141900.00
.com.de Rp94900.00 Rp94900.00 Rp94900.00
.vin Rp156900.00 Rp1098900.00 Rp941686.14
.com.mx Rp219900.00 Rp470900.00 Rp360900.00
.tools Rp156900.00 Rp470900.00 Rp470764.58
.com.pl Rp62900.00 Rp188900.00 Rp15900.00
.money Rp203900.00 Rp517900.00 Rp517856.74
.com.pt Rp298900.00 Rp298900.00 Rp298900.00
.dog Rp125900.00 Rp847900.00 Rp847501.83
.com.se Rp172900.00 Rp172900.00 Rp172900.00
.credit Rp156900.00 Rp1569900.00 Rp1569581.55
.cx Rp313900.00 Rp360900.00 Rp298900.00
.photos Rp203900.00 Rp345900.00 Rp345185.50
.dk Rp141900.00 Rp141900.00 Rp15540.41
.pet Rp203900.00 Rp329900.00 Rp329488.11
.fm Rp1412900.00 Rp1412900.00 Rp1271900.00
.biz Rp251900.00 Rp266900.00 Rp266900.00
.la Rp502900.00 Rp502900.00 Rp15900.00
.com.au Rp141900.00 Rp219900.00 Rp15900.00
.lt Rp133900.00 Rp150900.00 Rp149.00
.link Rp376800.00 Rp407800.00 Rp164900.00
.lu Rp298900.00 Rp298900.00 Rp298900.00
.cloud Rp31900.00 Rp298900.00 Rp298900.00
.in.net Rp125900.00 Rp125900.00 Rp125900.00
.business Rp313800.00 Rp407800.00 Rp204900.00
.me Rp125900.00 Rp313900.00 Rp251900.00
.io Rp627900.00 Rp784900.00 Rp784900.00
.info.pl Rp62900.00 Rp188900.00 Rp188900.00
.app Rp251900.00 Rp282900.00 Rp251900.00
.li Rp156900.00 Rp156900.00 Rp109900.00
.ro Rp517900.00 Rp517900.00 Rp517900.00
.mx Rp627900.00 Rp627900.00 Rp517900.00
.center Rp141900.00 Rp313900.00 Rp313900.00
.pt Rp298900.00 Rp298900.00 Rp15900.00
.exchange Rp172900.00 Rp470900.00 Rp470900.00
.lv Rp251900.00 Rp251900.00 Rp15900.00
.finance Rp235900.00 Rp925900.00 Rp784900.00
.tv Rp549900.00 Rp549900.00 Rp502900.00
.games Rp188900.00 Rp455900.00 Rp345900.00
.wf Rp156900.00 Rp156900.00 Rp156900.00
.studio Rp235900.00 Rp392900.00 Rp392900.00
.xxx Rp1569900.00 Rp1726900.00 Rp1334900.00
.fi Rp407800.00 Rp407800.00 Rp15900.00
.net.pl Rp62900.00 Rp188900.00 Rp15900.00
.pk Rp1757800.00 Rp1757900.00 -
.pm Rp156900.00 Rp156900.00 Rp156900.00
.art Rp46900.00 Rp392900.00 Rp235900.00
.vc Rp502900.00 Rp549900.00 Rp439900.00
.bio Rp156900.00 Rp1098900.00 Rp109900.00
.re Rp141900.00 Rp141900.00 Rp141900.00
.ventures Rp219900.00 Rp784900.00 Rp674900.00
.tf Rp156900.00 Rp156900.00 Rp156900.00
.llc Rp800800.00 Rp1035800.00 Rp282900.00
.yt Rp156900.00 Rp156900.00 Rp156900.00
.city Rp94900.00 Rp313900.00 Rp94900.00
.us Rp141900.00 Rp141900.00 Rp141900.00
.fyi Rp565800.00 Rp627800.00 Rp109900.00
.id Rp210900.00 Rp252900.00 Rp210900.00
.marketing Rp109900.00 Rp470900.00 Rp470900.00
.or.id Rp60000.00 Rp60000.00 Rp106800.00
.travel Rp549900.00 Rp1883900.00 Rp1569900.00
.co.id Rp299900.00 Rp299900.00 Rp279990.00
.run Rp62900.00 Rp313900.00 Rp62900.00
.web.id Rp60000.00 Rp60000.00 Rp106800.00
.land Rp235900.00 Rp564900.00 Rp219900.00
.my.id Rp15900.00 Rp26900.00 Rp66000.00
.care Rp219900.00 Rp470900.00 Rp219900.00
.website Rp15900.00 Rp407900.00 Rp266900.00
.photography Rp518800.00 Rp691800.00 Rp407900.00
.sch.id Rp60000.00 Rp60000.00 Rp66000.00
.plus Rp156900.00 Rp517900.00 Rp109900.00
.ac.id Rp60000.00 Rp60000.00 Rp106800.00
.bet Rp486800.00 Rp627800.00 Rp172900.00
.site Rp533800.00 Rp1035800.00 Rp360900.00
.family Rp219900.00 Rp407900.00 Rp219900.00
.space Rp15900.00 Rp329900.00 Rp266900.00
.house Rp172900.00 Rp470900.00 Rp172900.00
.uk Rp471700.00 Rp518700.00 Rp15900.00
.cool Rp580800.00 Rp941800.00 Rp109900.00
.shop Rp15900.00 Rp549900.00 Rp408900.00
.coffee Rp172900.00 Rp470900.00 Rp141900.00
.club Rp251900.00 Rp251900.00 Rp188900.00
.cash Rp219900.00 Rp470900.00 Rp219900.00
.icu Rp15900.00 Rp219900.00 Rp408900.00
.farm Rp172900.00 Rp470900.00 Rp172900.00
.agency Rp109900.00 Rp298900.00 Rp298900.00
.me.uk Rp141900.00 Rp172900.00 Rp172900.00
.company Rp78900.00 Rp141900.00 Rp172900.00
.bond Rp31900.00 Rp219900.00 Rp141900.00
.email Rp94900.00 Rp298900.00 Rp298900.00
.cfd Rp15900.00 Rp219900.00 Rp141900.00
.group Rp156900.00 Rp172900.00 Rp251900.00
.ae Rp2623700.00 Rp2780700.00 Rp784900.00
.guru Rp423900.00 Rp455900.00 Rp455900.00
.pe Rp1412900.00 Rp2040900.00 Rp1569581.55
.life Rp46900.00 Rp439900.00 Rp439900.00
.mba Rp360900.00 Rp706900.00 Rp580646.28
.live Rp54900.00 Rp470900.00 Rp360900.00
.ninja Rp266900.00 Rp580900.00 Rp470764.58
.ltd Rp133900.00 Rp298900.00 Rp329900.00
.international Rp203900.00 Rp549900.00 Rp407975.04
.network Rp70900.00 Rp298900.00 Rp376900.00
.fund Rp360900.00 Rp1192900.00 Rp878896.60
.news Rp156900.00 Rp329900.00 Rp360900.00
.school Rp125900.00 Rp517900.00 Rp517856.74
.rocks Rp109900.00 Rp172900.00 Rp235900.00
.legal Rp125900.00 Rp941900.00 Rp941686.14
.services Rp102900.00 Rp423900.00 Rp423900.00
.training Rp203900.00 Rp517900.00 Rp517900.00
.solutions Rp156900.00 Rp298900.00 Rp345900.00
.sale Rp125900.00 Rp517900.00 Rp517856.74
.today Rp54900.00 Rp298900.00 Rp298900.00
.wine Rp125900.00 Rp784900.00 Rp784712.29
.world Rp54900.00 Rp423900.00 Rp423900.00
.gold Rp125900.00 Rp1569900.00 Rp1569581.55
.fun Rp15900.00 Rp517900.00 Rp282900.00
.band Rp360900.00 Rp407900.00 Rp407975.04
.press Rp46900.00 Rp941900.00 Rp863900.00
.pictures Rp125900.00 Rp188900.00 Rp188211.64
.host Rp1223800.00 Rp2353800.00 Rp1145900.00
.restaurant Rp282900.00 Rp847900.00 Rp847501.83
.uno Rp15900.00 Rp313900.00 Rp266900.00
.domains Rp282900.00 Rp580900.00 Rp580646.28
.asia Rp407800.00 Rp407800.00 Rp203900.00

Sementara itu, domain murah dengan gTLD tematik seperti .live, .tech, .online, dan .xyz bisa didapatkan mulai dari Rp16.164. Meskipun mungkin tidak sepopuler yang lain, TLD ini bisa menjadikan domain lebih unik dan spesifik sehingga boleh juga Anda pertimbangkan.

Ektensi populer lainnya adalah ccTLD atau TLD kode negara. Pada dasarnya, ccTLD dimaksudkan untuk negara-negara tertentu di seluruh dunia, seperti TLD .us untuk Amerika Serikat, .in untuk India, dan .se untuk Swedia.

Banyak bisnis dan brand menggunakan ccTLD untuk menyediakan konten lokal dan meningkatkan visibilitas. Tergantung pada registrar domain, harga nama domain kode negara berkisar antara Rp78.000-Rp700.000/tahun.

Sementara itu, ada TLD yang lebih mahal lagi, yaitu ekstensi domain .ai dengan harga Rp1.999.900/tahun. Pertimbangkan biaya ini saat membuat website WordPress tentang AI menggunakan ekstensi tersebut.

Gunakan tool cek domain kami untuk membandingkan harga domain dan melihat ketersediaan domain incaran Anda. Apabila sudah tidak tersedia, tool ini akan mencarikan alternatif untuk Anda. Pastikan Anda memilih nama domain yang mewakili bisnis sehingga pengguna bisa lebih mudah mengingatnya.

Cek Domain Murah

Ketik nama domain yang diinginkan dan segera cek ketersediaannya

Di antara semua TLD, .com adalah salah satu opsi yang paling mahal tapi paling direkomendasikan. Berikut adalah beberapa alasannya:

  • Kredibilitas. Banyak brand besar menggunakan .com sebagai ekstensi nama domain websitenya. Dengan menggunakan domain ini, Anda bisa turut meningkat kredibilitas website WordPress Anda sekaligus membangun kepercayaan pelanggan.
  • Peringkat SEO. Google dan mesin pencari lainnya lebih memilih website .com karena kredibilitas dan otoritasnya yang dianggap tinggi. Mesin pencari cenderung menampilkan hasil pencarian dari website yang menggunakan TLD umum daripada domain kode negara.
  • Popularitas. Karena sebagian besar website menggunakan ekstensi .com, banyak orang yang secara naluriah mengetikkan alamat website diakhiri dengan TLD ini. Memilih domain .com akan memudahkan pelanggan menemukan brand Anda.

Setelah Anda membeli domain dari suatu registrar, perusahaan tersebut akan membantu mendaftarkannya atas nama Anda. Untuk memastikan transaksi yang sah, pilihlah registrar domain yang diakreditasi oleh ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers).

Kemudian, Anda harus perpanjang (renew) nama domain setiap tahun agar tidak kehilangan kepemilikan. Apabila Anda tidak memperpanjang domain sebelum tanggal berakhirnya, semua layanan yang terhubung dengan domain Anda akan berhenti berfungsi.

Perlu diketahui bahwa saat mendaftarkan domain, berarti Anda mengizinkan informasi pribadi Anda untuk tersedia secara publik di database WHOIS. Oleh karena itu, sebaiknya Anda juga membeli perlindungan privasi domain. Biayanya bervariasi, tapi Anda bisa mendapatkannya gratis di Hostinger.

Penting! Biaya pendaftaran untuk setiap nama domain juga bervariasi tergantung pada penyedia domain. Harganya berkisar antara Rp185.000-Rp400.000/tahun, sesuai jangka waktu Anda mendaftarkan domain.

Maintenance dan Keamanan – Rp70.000-Rp25 juta/bulan

Penting untuk melakukan maintenance (pemeliharaan) website guna memastikan performa dan ketersediaan yang optimal. Maintenance rutin website WordPress bisa menaikkan peringkat di mesin pencari, meningkatkan traffic dari pengunjung yang kembali, dan menghasilkan konversi.

Biaya maintenance website akan bergantung pada beberapa faktor, mulai dari jenis hosting dan nama domain, hingga software dan aplikasi website. Ukuran website WordPress juga berkontribusi pada total biaya pemeliharaan.

Sebagai contoh, biaya maintenance website profesional kecil seperti portofolio milik John Green akan lebih murah dibandingkan dengan toko online raksasa seperti Amazon atau Etsy.

Untuk membantu Anda membuat perkiraan, simak tabel rata-rata biaya pemeliharaan website WordPress berdasarkan jenis-jenisnya di bawah ini.

Jenis website WordPressBiaya rata-rata per bulan
Website pribadiRp80.000-Rp400.000/bulan
Website blogging profesionalRp400.000-Rp1 juta/bulan
Website bisnis besarRp550.000-Rp4,7 juta/bulan
Toko online kecil hingga sedangRp2,5 juta-Rp25 juta/bulan
Toko online tingkat perusahaanRp25 juta/bulan

Selain ukuran website, biaya ini juga bergantung pada metode atau layanan yang Anda gunakan. Misalnya, kalau menggunakan jasa web developer untuk membuat website khusus, harga WordPress yang perlu Anda perkirakan mungkin melonjak jadi Rp220 juta hingga Rp390 juta.

Dari jumlah tersebut, ada beberapa biaya yang memang wajib, sementara lainnya opsional. Biaya wajib mencakup hal-hal seperti SEO website hingga keamanan. Sementara itu, biaya layanan email, digital marketing, dan bantuan web desainer tidak selalu diperlukan, walaupun termasuk penting.

Sertifikat SSL

SSL (Secure Sockets Layer) adalah protokol transfer data yang mengenkripsi data yang dikirim antara server dan klien.

Fungsi sertifikat SSL meliputi privasi dan perlindungan data. Semua website yang menangani informasi sensitif pengguna, seperti detail kartu kredit atau detail pembayaran, harus memiliki sertifikat SSL.

Website yang menginstal sertifikat SSL akan memiliki tanda HTTPS (HyperText Transfer Protocol Secure) di awal alamatnya. Anda juga bisa melihat ikon gembok yang menandakan bahwa website aman.

ikon gembok di website yang aman

Hostinger menyertakan sertifikat SSL gratis dengan semua paket hosting. Namun, ada opsi SSL berbayar bagi user WordPress yang menginginkan tingkat validasi yang lebih tinggi.

Harga sertifikat SSL premium bervariasi menurut jenis dan tingkat validasinya. Pastikan Anda melakukan riset lebih dulu sebelum membeli SSL berbayar untuk website WordPress Anda.

Domain Validated (DV) SSL seperti Let’s Encrypt atau Comodo PositiveSSL seharusnya cukup untuk mengamankan website pribadi atau blog kecil. Anda hanya perlu membuktikan kepemilikan domain untuk mendapatkan sertifikat ini.

Sementara itu, website toko online WordPress yang menangani transaksi online sebaiknya menggunakan sertifikat Wildcard SSL untuk mengamankan beberapa domain dan subdomainnya. Contohnya, ComodoSSL PositiveSSL Wildcard (DV) bisa didapatkan dengan harga mulai dari $69,78/tahun (sekitar Rp1,1 juta).

Penting! Keamanan website Anda juga akan sangat dipengaruhi oleh penyedia hosting. Jadi, pilihlah penyedia hosting tepercaya yang menerapkan fitur dan langkah-langkah keamanan canggih.

Tema dan Plugin Premium – Rp35.000-Rp25 juta/bulan

Setiap website WordPress memerlukan tema untuk menentukan desainnya. Meskipun ada tema default dan pilihan gratis di direktori tema WordPress, tema premium menyediakan komponen desain yang lebih kompleks dan dukungan yang tidak disediakan oleh tema gratis.

Selain tema, website WordPress memerlukan plugin untuk menginstal fitur tambahan agar website berfungsi sesuai yang diharapkan. Meskipun ada plugin gratis untuk fungsi dasar, plugin premium menghadirkan fitur canggih yang dibutuhkan beberapa pengguna untuk mengoptimalkan website dengan lebih baik.

Tema WordPress

WordPress memiliki banyak sekali tema yang tersedia untuk berbagai tujuan, mulai dari tema WordPress gratis hingga tema berbayar dengan harga mulai dari Rp35.000-Rp3,2 juta/tahun atau hingga Rp16 juta untuk lisensi seumur hidup.

Setelah menginstal WordPress, Anda bisa menemukan tema WordPress gratis melalui dashboard admin. Buka bagian Appearance (Tampilan) → Themes (Tema) → Add New Theme (Tambah Tema Baru).

bagian tambahkan tema di dashboard wordpress

Anda bisa mencari tema gratis dalam kategori tertentu, seperti yang baru diupload atau yang paling populer. Selain itu, Anda bisa memfilter tema berdasarkan subjek, fitur, atau layout. Misalnya, kalau ingin mencari tema blog WordPress, centang kotak Blog dan klik Apply Filter (Terapkan Filter).

Ingat, tema gratis tidak selalu jelek. Setiap tema di library resmi WordPress dirancang oleh WordPress developer yang kredibel dan sudah dinilai oleh tim review tema.

Namun, tema gratis biasanya tidak menyertakan elemen yang diperlukan untuk mengembangkan website WordPress dengan beragam fitur canggih. Dalam hal ini, solusinya adalah menginstal tema premium.

Apabila masih ragu untuk memilih tema premium, pertimbangkan manfaat berikut:

  • Fungsi tingkat lanjut. Tema berbayar dilengkapi dengan berbagai opsi kustomisasi dan fungsi website builder. Contohnya, tema Flatsome memiliki page builder yang mempermudah proses desain. Selain itu, fitur toko online bawaan membantu Anda mempercepat proses setup karena tidak perlu menginstal plugin tambahan.
  • Tim dukungan yang berdedikasi. Dengan lebih dari satu saluran dukungan, Anda bisa mendapatkan bantuan melalui email atau telepon kapan saja untuk mengonfigurasi tema, memperbaiki error, atau melaporkan bug. Jadi, Anda tidak perlu repot mencari-cari bantuan di forum komunitas karena akan mendapatkan dukungan eksklusif dari developer tema.
  • Update dan perbaikan reguler. Sama seperti software lainnya, tema WordPress perlu diupdate secara rutin untuk keamanan dan performa yang lebih baik. Tema premium akan menjamin update dan perbaikan rutin ini, termasuk memperbaiki segala kerentanan.
  • SEO yang Lebih Baik. Karena performanya yang optimal dan mobile-friendly, tema premium merupakan salah satu strategi SEO terbaik yang sebaiknya Anda terapkan. Sebab, Google dan mesin pencari lainnya lebih memilih website yang cepat dan responsif di halaman hasil pencariannya.

Apabila Anda memerlukan tema premium, sebaiknya beli langsung dari website developernya, seperti Astra dan OceanWP. Atau, dapatkan tema dari platform terpercaya seperti ThemeForest, Themeisle, dan Elegant Themes.

Plugin WordPress

Plugin adalah software yang berfungsi untuk menambahkan fitur baru atau meningkatkan fitur WordPress yang sudah ada. Berkat plugin, WordPress menjadi platform yang fleksibel karena user bisa menyesuaikan fungsi website tanpa perlu menulis kode sendiri.

Ada tiga jenis plugin di WordPress:

  • Plugin gratis. Biasanya bersifat open-source (sumber terbuka) dan dibuat oleh pihak atau organisasi yang tidak mencari keuntungan. Plugin ini sepenuhnya gratis tanpa biaya awal atau biaya tambahan.
  • Plugin freemium. Umumnya dikembangkan sebagai perkenalan untuk versi berbayar. User bisa menggunakan fitur dasar, tapi harus membeli paket premium untuk menikmati fungsi premium.
  • Plugin premium. Hanya menyediakan opsi berbayar, tanpa versi gratis. Plugin ini sering kali menyediakan fitur yang lengkap, dukungan pelanggan, dan update rutin.

Secara umum, harga plugin freemium dan premium berkisar antara Rp35.000-Rp16 juta/tahun. Model harganya juga bervariasi, misalnya biaya satu kali hingga langganan bulanan atau tahunan. Biaya total plugin WordPress untuk setiap website bisa berbeda-beda tergantung pada jumlah plugin yang diinstal.

Penting! Menginstal terlalu banyak plugin bisa menyebabkan masalah performa dan keamanan. Pastikan Anda hanya menginstal plugin yang diperlukan.

Dengan lebih dari 60.000 plugin di direktori plugin WordPress, ada banyak opsi terbaik untuk memenuhi kebutuhan Anda. Apabila kesulitan memilih plugin yang tepat untuk website WordPress Anda, simak rekomendasi plugin WordPress terbaik kami di bawah ini:

  • Sucuri Security. Sucuri adalah solusi keamanan gratis yang serbaguna. Plugin ini menyediakan fitur canggih seperti malware scanner jarak jauh, pemantauan integritas file, dan audit aktivitas keamanan. Sucuri juga menawarkan firewall website sebagai add-on berbayar.
  • Jetpack. Plugin ini menyediakan fungsi keamanan, performa, dan tool pemasaran sehingga Anda tidak perlu menginstal banyak plugin. Versi premium lengkapnya tersedia dengan harga mulai dari $24,95/tahun (sekitar Rp390.000), menyertakan perlindungan spam, penyimpanan backup unlimited, dan pemulihan sekali klik.
  • AIOSEO. Salah satu plugin SEO WordPress terbaik yang membantu Anda mengoptimasi konten untuk mesin pencari dengan menganalisis kata kunci utama, kepadatan kata kunci, dan meta description. Dengan harga $49,6/tahun (sekitar Rp780.000), Anda bisa mengakses tool canggih seperti analisis halaman yang mendetail dan integrasi tool AI ChatGPT.
  • MonsterInsights. Mengintegrasikan Google Analytics dengan website WordPress sehingga Anda bisa memantau analitik website langsung dari dashboard WordPress. Versi premiumnya tersedia dengan harga mulai dari $99,5/tahun (sekitar Rp1,6 juta) dan menyediakan analitik real-time, riwayat rentang data lengkap, dan laporan keyword pencarian.
  • WPForms. Plugin formulir kontak drag-and-drop yang membantu Anda mendapatkan prospek dan pelanggan. Versi premiumnya tersedia dengan harga mulai dari $49,5/tahun (sekitar Rp780.000), dilengkapi dengan logika kondisional cerdas dan berbagai template. Plugin formulir kontak ini paling cocok dipasangkan dengan plugin newsletter untuk meningkatkan strategi pemasaran Anda.
  • Mailchimp for WordPress. Menyediakan tool penting untuk meningkatkan campaign pemasaran Anda. Harga paket premiumnya dimulai dari $59/tahun (sekitar Rp925.000) dan menyertakan builder formulir WordPress serta laporan analitik yang lengkap.

Biaya untuk Blog – Mulai dari Rp190.000/bulan

Di tahun 2022, ada sekitar 32,7 juta blogger hanya di Amerika Serikat saja, dan jumlah ini diperkirakan masih akan terus bertambah. Sebab, blog merupakan salah satu sarana yang paling populer dan praktis untuk membangun reputasi online.

Apabila ingin membuat blog dan mengubah hobi Anda menjadi sumber penghasilan tambahan, ada beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan lebih dulu. Kami akan membahas harga blog WordPress yang sebaiknya Anda antisipasi.

Ingat, biaya membuat blog dan pengelolaannya akan berbeda-beda tergantung pada metode yang Anda pilih. Estimasi berikut difokuskan pada biaya awal pembuatan blog.

Nama domainRp14.000/tahun
Dengan asumsi Anda memilih domain yang paling murah.
HostingRp12900.00
Kalau baru akan membuat blog, Anda bisa mencoba paket hosting Single dari Hostinger agar lebih hemat.
Sertifikat SSLGratis
PluginAIOSEO: $49,6/tahun (sekitar RpRp780.000)
Penting untuk menginstal plugin keamanan dan SEO. Dalam estimasi ini, anggaplah Anda menginstal plugin premium untuk setiap jenis.
Tema$47/tahun (sekitar Rp740.000)
Kami memilih versi premium Astra yang menyediakan banyak template siap pakai dan fitur-fitur canggih untuk menyempurnakan blog Anda.

Estimasi harga awal blog WordPress dimulai dari Rp2,2 jutaan karena Anda harus membayar beberapa biaya tahunan atau bulanan di awal. Kemudian, biaya bulanan rutinnya adalah sekitar Rp190.000.

Perlu diingat bahwa biaya totalnya akan bergantung pada keputusan Anda. Untuk lebih hemat, Anda bisa menginstal plugin dan tema gratis. Biayanya akan lebih tinggi kalau Anda menggunakan plugin berbayar, atau memilih paket hosting atau ekstensi domain yang lebih mahal.

Biaya Toko Online – Mulai dari Rp650.000/bulan

WordPress tidak dilengkapi dengan fungsi toko online bawaan. Namun, ada WooCommerce, plugin WordPress gratis dan populer yang memungkinkan Anda menambahkan fungsi toko online pada website.

Cukup kunjungi direktori plugin dan instal WooCommerce dari dashboard admin Anda. Plugin ini menyediakan fungsi toko dasar, termasuk integrasi tanpa masalah dengan berbagai gateway pembayaran.

Penting untuk memperkirakan biaya website toko online Anda dulu sebelum memulai bisnis di internet. Dengan demikian, Anda bisa mengantisipasi banyaknya biaya yang kira-kira perlu dikeluarkan.

Untuk membantu Anda menghitung anggaran, di bawah ini kami akan menunjukkan biaya yang dibutuhkan untuk membuat website toko online dari nol.

Nama domainRp147.900/tahun
Dengan asumsi Anda memilih domain .com untuk meningkatkan kredibilitas.
HostingRp150000.00
Paket WordPress Cloud Startup dari Hostinger menyediakan skalabilitas yang sangat baik untuk bisnis kecil hingga medium yang sedang berkembang.
Sertifikat SSL$72,18/tahun (sekitar Rp1,2 juta)
Meskipun sudah ada SSL gratis dari penyedia hosting, sebaiknya Anda upgrade ke OV atau EV SSL untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan.
PluginAIOSEO: $49,6/tahun (sekitar RpRp780.000)
OptinMonster: $9/bulan (sekitar Rp141.000)
Tema$59/lisensi (sekitar Rp922.000)
Harga tema premium Shopkeeper dari daftar tema toko online WordPress terbaik kami.

Estimasi harga WordPress untuk membuat toko online adalah sekitar Rp10,5 juta, kemudian sekitar Rp450.000 untuk biaya berulang bulanan.

Anda bisa menghemat pengeluaran kalau hanya menjual beberapa produk dan menargetkan sedikit traffic di awal. Dalam hal ini, Anda bisa mulai dengan Paket Woo Starter, dengan harga Rp150000.00/bulan.

Biaya totalnya juga akan berbeda tergantung pada tool dan fungsi yang dibutuhkan oleh bisnis Anda. Sebaiknya mulailah dengan fungsi toko online dasar sebelum menambahkan plugin WooCommerce yang lebih canggih.

Harga Website Bisnis Kecil – Mulai dari Rp425.000/bulan

Untuk sukses online, setiap bisnis sebaiknya memiliki website yang profesional. Lebih dari 66% transaksi dimulai dari riset di internet, dan Anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk membangun kredibilitas dan menjangkau lebih banyak audiens.

Website bisnis juga bisa menjadi titik awal strategi digital marketing Anda. Apabila dikelola dengan baik, website bisnis bisa mendatangkan lebih banyak peluang dan membantu Anda lebih dikenal di antara para pesaing.

Berikut estimasi kami untuk harga website bisnis kecil.

Nama domainRp147.900/tahun
Gunakan .com untuk membangun otoritas domain dengan lebih mudah.
HostingRp45900.00
Paket hosting Business dari Hostinger dioptimalkan untuk website bisnis kecil.
Sertifikat SSLGratis
Paket hosting ini dilengkapi dengan SSL unlimited, yang sudah mencukupi untuk melindungi privasi website Anda.
PluginAIOSEO: $49,6/tahun (sekitar RpRp780.000)
WPForms: $49,5/tahun/tahun
Mailchimp: Rp859.000/tahun
Tema$59/tahun (sekitar Rp922.000)
Kami memilih Astra karena merupakan salah satu tema WordPress tercepat untuk berbagai tujuan.

Persiapkan dana sekitar Rp6,3 juta untuk biaya awal website bisnis WordPress kecil. Sementara itu, pembayaran bulanan berulang akan menjadi sekitar Rp425.000/bulan.

Biaya perkiraan di atas hanya mencakup infrastruktur dasar website bisnis. Kami merekomendasikan menambahkan WPForms dan Mailchimp untuk mengumpulkan prospek dan mengoptimalkan strategi pemasaran email Anda.

Harga Website WordPress Kustom – Mulai dari Rp55 juta

Website kustom adalah website yang dibuat secara khusus dari nol sesuai dengan spesifikasi dan kebutuhan yang Anda tentukan.

Dengan jenis website ini, Anda bebas mengatur desain dan fungsi website sepenuhnya menggunakan tema dan skrip kustom. Penyesuaian yang sangat fleksibel ini memungkinkan Anda memenuhi tuntutan bisnis dan pelanggan tertentu.

Namun, membuat website WordPress kustom akan memerlukan pengetahuan teknis tingkat tinggi. Apabila belum menguasai skill teknis yang dibutuhkan, Anda bisa menggunakan jasa WordPress developer atau web designer. Namun, biayanya bisa sangat mahal.

Nama domainRp147.900/tahun
Biaya domain .com untuk visibilitas yang lebih optimal di SERP.
HostingRp229900.00
Paket hosting Cloud Professional dari Hostinger ideal untuk mengoptimalkan performa dan uptime.
Sertifikat SSLGratis
Paket hosting kami sudah dilengkapi dengan SSL gratis unlimited.
Plugin kustomMulai dari Rp31,5 juta untuk sekali bayar
Plugin yang dibuat khusus, dirancang untuk menyediakan fungsi tertentu di website Anda.
Tema kustomMulai dari Rp25 juta untuk sekali bayar
Tema yang disesuaikan khusus untuk tujuan website Anda.

Harga website WordPress kustom yang perlu Anda bayarkan di awal adalah sekitar Rp55 juta. Sementara itu, biaya berikutnya tergantung pada perjanjian Anda dengan web developer. Misalnya, Anda mungkin perlu membayar sekitar Rp7,8 juta-Rp16 juta untuk maintenance bulanan.

Apabila perlu menekan budget, Anda bisa menggunakan jasa freelance terbaik dari platform seperti Fiverr atau Upwork. Biayanya biasanya dimulai dari Rp300.000/jam atau Rp6,3 juta/proyek, tapi Anda selalu bisa menawarnya. Selalu baca testimoni sebelum memilih developer untuk bekerja sama.

Kesimpulan

Ada berbagai faktor yang memengaruhi total harga website WordPress, mulai dari ukuran dan fungsinya hingga strategi maintenance dan pemasaran. Dengan melihat estimasi harga di artikel ini, Anda pun bisa memperkirakan biaya website WordPress yang kira-kira perlu dikeluarkan.

Contohnya, harga blog sederhana bisa sangat murah, mulai dari Rp300.000/bulan. Di sisi lain, website kustom dengan banyak halaman mungkin bisa mencapai Rp55 juta.

Biaya ini merupakan jumlah dari berbagai komponen utama untuk membangun website WordPress. Sebagai rangkuman, berikut adalah rekap kebutuhan untuk membuat website WordPress serta biayanya:

  • Nama domain. Secara umum, harganya adalah sekitar Rp14.000-Rp650.000/tahun.
  • Web hosting. Hosting memungkinkan Anda menyimpan data website agar bisa online di internet. Rentang harga paket hosting di Hostinger dimulai dari Rp12900.00–Rp990000.00/bulan.
  • Tema WordPress. Pilih tema gratis siap pakai dari direktori WordPress, atau beli tema premium dengan harga mulai dari Rp35.000Rp3,2 juta/tahun atau sampai Rp16 juta/lisensi. Cek model harganya untuk mencari tahu apakah Anda perlu membayar di awal atau secara berkala.
  • Plugin WordPress. Beberapa ekstensi website bisa didownload secara gratis, sementara lainnya tersedia seharga Rp35.000-Rp16 juta/tahun.
  • Biaya jasa developer. Apabila berencana untuk menggunakan jasa freelancer atau developer full-time, biaya yang dikeluarkan mungkin akan lebih mahal, muali dari Rp300.000/jam atau Rp6,3 juta/proyek.

Saat membuat website, sebaiknya mulailah dari website sederhana dulu dengan komponen opsional yang tersedia gratis. Setelah traffic dan audiens meningkat, pertimbangkan untuk menambahkan fitur dan template premium ke website Anda.

Nah, sekarang, setelah punya gambaran tentang harga website WordPress, semoga Anda bisa memulai perjalanan online Anda dengan sukses. Kalau masih memiliki pertanyaan, yuk sampaikan lewat kolom komentar di bawah artikel ini!

Tanya Jawab (FAQ) Harga Website WordPress

Untuk memahami harga WordPress dengan lebih baik, di bawah ini Anda bisa menyimak jawaban atas beberapa pertanyaan yang sering diajukan.

Apakah WordPress Bagus?

Ya, WordPress bagus untuk membuat website. Platform ini sangat fleksibel, juga memiliki komunitas developer dan user yang besar serta berbagai pilihan plugin dan tema. WordPress juga mudah digunakan, SEO-friendly, dan cocok untuk berbagai jenis website.

Berapa Rata-Rata Harga Website WordPress?

Harga WordPress rata-rata bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti hosting, domain, tema dan plugin, desain dan pengembangan, serta maintenance rutin. Namun, website atau blog sederhana biasanya cukup murah, mulai dari Rp125.000/bulan.

Apakah Ada Biaya Tambahan di WordPress?

Meskipun softwarenya gratis, ada biaya terkait pembuatan website menggunakan software tersebut. Pertama, Anda perlu hosting dan domain untuk mengonlinekan website WordPress. Kemudian, Anda mungkin perlu membeli tema premium, plugin, atau layanan pengembangan untuk mengembangkan website.

Author
Penulis

Faradilla A.

Faradilla, yang lebih akrab disapa Ninda, adalah Content Marketing Specialist di Hostinger. Ia suka mengikuti tren teknologi, digital marketing, dan belajar bahasa. Melalui tutorial Hostinger ini, Ninda ingin berbagi informasi dan membantu pembaca menyelesaikan masalah yang dialami. Kenali Ninda lebih dekat di LinkedIn.