Website WordPress

Tips dan Cara Membuat Website Fotografi

Tips dan Cara Membuat Website Fotografi

Tahukah Anda kalau pada masa sekarang ini penghasilan dapat diperoleh dari mana saja, termasuk di internet? Hobi atau pekerjaan yang dimiliki bisa menjadi salah satu sumber pendapatan di dunia online. Misalnya, saat ini Anda berprofesi sebagai seorang fotografer atau sekadar menyalurkan hobi memotret dengan mengabadikan pemandangan, gedung, atau orang-orang di sekeliling. Apabila yakin dengan kualitas hasil jepretan, mengapa tidak mencoba membuat website fotografi? Anda hanya perlu secangkir kopi, brandstorming ide-ide website yang berpotensi, dan membuat planning untuk langkah selanjutnya.

Salah satu kesulitan terbesar yang kerap dialami oleh hampir semua proyek atau bisnis baru adalah membangun image dan mendapatkan calon pelanggan. Dengan membuat website foto, Anda bisa mulai mengembangkan image serta brand sehingga mampu mendatangkan trafik dan calon pelanggan dalam jumlah banyak. Gambarannya seperti ini:

  • Tanpa web fotografi, hanya orang-orang di lingkaran pertemanan, pelanggan yang bertemu secara langsung, atau pengikut di media sosial yang tahu seperti apa tindak-tanduk Anda sebagai seorang fotografer atau yang punya hobi memotret.
  • Dengan web fotografi, karya Anda akan dikenal di seluruh dunia. Anda menyediakan layanan serta menjual hasil jepretan ke semua user yang menggunakan atau mengakses internet.

Anggap saja memiliki web foto adalah langkah awal untuk mengenalkan bisnis di skala global. Berikut 5 langkah untuk membuat website fotografi:

Langkah 1: Buat Nama Domain yang Unik dan Menarik

Cara membuat website fotografi: pilih domain

Langkah awal dalam pembuatan web fotografi sangat simpel (tapi bisa juga sulit): buat nama website.

Nama website identik dengan nama domain, dan Anda harus membelinya agar bisa sesegera mungkin mengonlinekan situs fotografi. Proses pembelian nama domain di provider mana pun, umumnya, tidak begitu sulit. Meskipun memang, pada akhirnya beberapa nama domain yang jadi incaran Anda sudah dibeli dan digunakan oleh user lain.

Untuk mempermudah proses pembelian domain, tulislah beberapa nama domain yang menurut Anda paling pas menggambarkan calon website foto yang nantinya dibuat. Anda bisa menuliskannya di spreadsheet atau mungkin secarik kertas. Setelah itu, gunakan fitur cek domain yang biasanya disediakan oleh provider untuk mengecek ketersediaannya.

Cek domain untuk buat website fotografi

Berikut tiga tips untuk membantu Anda dalam membuat dan memilih nama domain:

  1. Buat nama domain sesingkat mungkin. Nama domain yang singkat akan memudahkan klien atau pengunjung situs dalam mengetik serta mengakses website Anda.
  2. Hindari tanda penghubung. Mengombinasikan nama domain dengan tanda penghubung hanya akan membuat para pengunjung situs kesulitan dalam menghafal bahkan mengetikkannya di kolom alamat browser. Selain itu, nama domain dengan tanda penghubung bukan trik terbaik agar laku dan laris manis di pasaran.
  3. Kombinasikan dengan domain .com. Sebagai TLD yang terpopuler dan paling banyak digunakan, nama domain .com terlihat lebih solid dan profesional, bahkan mampu meningkatkan kepercayaan calon pelanggan terhadap kualitas dan performa web foto.

Domain .com tersedia

Di satu titik, proses pemilihan nama domain akan sangat melelahkan karena yang jadi incaran Anda sudah digunakan oleh user lain. Namun, jangan patah semangat. Teruslah mencari sampai menemukan nama domain yang tepat dan tersedia untuk didaftarkan.

Langkah 2: Beli Layanan Web Hosting

Beli hosting untuk buat web fotografi

Selanjutnya, pilih layanan hosting untuk mengonlinekan web fotografi. Karena saat ini Anda sedang membaca salah satu artikel di blog Hostinger, mengapa tidak mencoba layanan kami? Semua paket hosting di Hostinger memiliki sejumlah software, tool, serta teknologi yang Anda butuhkan untuk membangun situs fotografi. Jadi, mengapa harus mencari hosting yang lain?

Jika ini pertama kalinya Anda membuat website fotografi, maka menggunakan paket shared hosting sudah lebih dari cukup. Berikut yang akan Anda dapatkan jika membeli shared hosting:

  • Control panel custom. Control panel adalah tool untuk mengelola setiap aspek yang ada di layanan web hosting Anda hanya dari satu tempat saja. Untuk gambaran umumnya, silakan lihat demo ini!
  • Registrasi domain gratis. Untuk setiap pembelian paket hosting Premium dan Bisnis, Anda akan mendapatkan registrasi domain .com; .net; .org; .online, atau .xyz gratis.
  • Layanan email yang profesional. Buat email berdasarkan nama domain yang Anda miliki. Kirimkan email atau notifikasi lainnya untuk membangun komunikasi dengan pengunjung situs serta pelanggan.
  • 1-click installer. Hanya dalam beberapa kali klik saja, Anda sudah bisa membuat website dengan WordPress, Joomla, Drupal, dan website building script lainnya.
  • Website builder. Tool editor drag-and-drop sederhana yang menawarkan berbagai tema serta kemudahan interface.

Selain itu, Anda juga akan mendapatkan bantuan pelanggan live 24/7 serta server monitoring yang selalu siap siaga dalam memastikan situs Anda agar tetap aktif dan berfungsi sebagaimana mestinya!

Beli Shared Hosting

Jika suatu saat website foto yang dimiliki sudah tidak bisa lagi menampung trafik dan performanya melambat, maka segeralah upgrade ke paket cloud hosting.

Langkah 3: Pilih Platform untuk Membuat Website Fotografi

Langkah 3 membuat website foto

Ada banyak tool yang bisa digunakan untuk membuat website, tapi tidak ada yang dapat mengalahkan WordPress. Platform ini merupakan salah satu CMS terbaik untuk membuat berbagai jenis website, termasuk web fotografi. Berikut beberapa kelebihan WordPress:

  • Kemudahan setup. Menginstall WordPress secara manual membutuhkan waktu kira-kira 5 menit. Namun, proses pemasangan ini dapat dipersingkat berkat adanya tool 1-click installer yang ditawarkan Hostinger.
  • Punya komunitas yang besar. WordPress dikembangkan oleh ribuan kontributor dan developer dari seluruh dunia.
  • Tidak menuntut usernya harus punya kemampuan dan pengetahuan teknis terlebih dulu. Memiliki kemampuan coding memang menjadi dasar untuk membuat website yang menarik. Hanya saja, bagi sebagian orang, terlebih user pemula, kemampuan ini terasa cukup berat untuk dikuasai terlebih dulu. Di situlah WordPress berperan dalam memudahkan mereka yang ingin membuat website tapi tidak punya skill coding. Dengan WordPress, mereka sama sekali tidak akan bersentuhan dengan satu pun baris kode.
  • Kaya akan fitur. WordPress memiliki library plugin dan tema bagi yang ingin menambahkan fitur baru dan memaksimalkan pengembangan website.

Alternatif WordPress yang juga punya popularitas tinggi adalah Joomla dan Drupal. Namun, masih banyak user yang mengatakan kalau kedua platform tersebut susah untuk dipelajari, bahkan koleksi ekstensi dan templatenya terbatas. Karena itulah, kami merekomendasikan agar Anda mencoba mengaktifkan WordPress terlebih dulu.

Berikut langkah-langkah untuk install WordPress di Hostinger:

  1. Masuk ke control panel web hosting.
  2. Cari tool Auto Installer.
  3. Pilih script, dan ikuti instruksi pemasangan (install).

Langkah untuk install WordPress

Dalam proses install, Anda diwajibkan untuk memasukkan informasi administrasi user. Nantinya informasi ini akan digunakan untuk masuk dan mengakses dashboard. Setelah itu, ketikkan namawebsiteanda.com/wp-admin di kolom alamat browser.

Tampilan dashboard utama WordPress

Melalui panel ini, Anda dapat mengontrol semuanya terkait website WordPress dan kontennya.

Langkah 4: Buat MVP untuk Web Fotografi Anda

Langkah untuk buat web foto

Saatnya membuat website foto! Berikut beberapa aspek utama yang harus Anda ingat sebelum mulai membuat dan mengembangkan web foto.

Pilih Tema yang Tepat dan Sesuai

WordPress memiliki ribuan tema, dan pastinya akan sangat sulit bagi Anda untuk menemukan yang sesuai dengan penggambaran website. Untungnya, platform CMS ini sudah mengklasifikasikan tema berdasarkan kategorinya. Berikut beberapa tema fotografi yang ada di WordPress:

Seos Photography

Tema Seos Photography

VW Photography

Tema VW Photography

Bard

Tema fotografi Bard

Di bawah ini merupakan langkah-langkah untuk install tema:

  1. Masuk ke Dashboard, lalu pilih Appearance.
  2. Klik opsi Add New.
  3. Tulis nama tema di kolom pencarian (atau gunakan opsi Upload Theme jika sudah punya koleksi tema sendiri).
  4. Klik Install, lalu pilih opsi Activate untuk menerapkan tema.

Buka Appearance > Customize untuk mengedit tema, header, footer, sidebar, site identity, dan lain sebagainya.

Kustomisasi tema WordPress

Selesai! Langkah-langkah yang cukup sederhana, bukan, dalam menginstall dan menerapkan tema?

Install Plugin

Jika ingin menambahkan fitur dasar, yang harus dilakukan terlebih dulu adalah menginstall plugin WordPress. Berikut beberapa plugin yang menurut kami wajib ada di website:

  • Yoast SEO. Dengan mengaktifkan plugin ini, Anda akan tahu apa saja yang harus dilakukan untuk membuat situs menjadi SEO-friendly. Anda dapat mengkustomisasikan semua hal – mulai dari sitemaps dan canonical URL hingga meta title dan meta description.
  • Envira Gallery. Nyawa fotografer adalah hasil bidikannya. Jika ingin dikenal banyak orang, ia harus memamerkan karyanya. Dengan mengaktifkan WordPress picture gallery, Anda bisa menampilkan berbagai foto agar dapat dilihat oleh para pengunjung situs.
  • Contact Form 7 atau WPForms. Membangun komunikasi dengan pengunjung situs atau pelanggan adalah salah satu hal terpenting yang harus dilakukan setelah berhasil membuat website. Dengan memasang fitur formulir kontak, pelanggan bisa langsung berkomunikasi dengan Anda melalui halaman situs.
  • TinyPNG. Kualitas gambar atau foto memang tidak bisa diabaikan, terlebih Anda membangun web fotografi. Sayangnya, ukuran foto yang terlampau besar hanya akan memengaruhi kecepatan dan performa website. Untuk itu, Anda harus mengaktifkan image compression yang akan memperkecil ukuran gambar tanpa memengaruhi kualitasnya.

Berikut langkah-langkah untuk install plugin:

  1. Masuk ke dashboard, lalu pilih Plugins > Add New.
  2. Ketikkan nama plugin di kolom pencarian (atau gunakan opsi Upload Plugin jika sudah punya koleksi plugin).
  3. Klik Install Now, kemudian pilih opsi Activate untuk mengaktifkan plugin.
  4. Buka Plugins > Installed Plugins untuk mengatur plugin.

Install plugin WordPress gallery

Selesai! Kini Anda sudah berhasil menambahkan fitur baru ke website WordPres.

Setup Galeri Foto

Galeri adalah media yang dibutuhkan oleh setiap fotografer untuk menampilkan karya mereka. Dengan menginstall plugin Envira Gallery (atau plugin sejenis lainnya), Anda bisa mengaktifkan fitur ini. Berikut langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur galeri:

  1. Pilih gambar atau foto yang hendak ditampilkan di website fotografi.
  2. Optimasi gambar dengan TinyPNG demi performa website yang lebih andal.
  3. Masuk ke dashboard, dan cari Envira Gallery.
  4. Klik opsi Add New.
  5. Upload foto dari komputer (atau media lain).
  6. Simpan galeri yang baru saja dibuat, dan Anda akan mendapatkan shortcode.
  7. Salin dan tempelkan shortcode tersebut ke postingan agar fitur galeri dapat ditampilkan.

Contoh galeri di website fotografi

Buat Halaman Tentang Saya (About Me)

Komponen terpenting lainnya dari sebuah website adalah biografi singkat tentang siapa Anda (atau tim). Buatlah halaman Tentang Saya (About Me) atau Tentang Kami (About Us) yang simpel. Agar biografinya menarik, usahakan tetap:

  • Singkat, mudah dipahami, dan lugas.
  • Mampu mengekspresikan hobi dan minat fotografi.
  • Memberi kesan pada para pengunjung situs bahwa Anda adalah seorang fotografer yang terbaik di bidangnya.

Contoh tampilan halaman tentang saya

Untuk membuat halaman Tentang Saya, pilihlah Pages > Add New, dan mulailah menulis biografi singkat. Tambahkan pula foto diri Anda (atau tim) agar halaman bersifat informatif.

Aktifkan Fitur Formulir Kontak

Pastinya Anda ingin website fotografi yang dimiliki bisa berkembang pesat di pasaran dan mampu mendapatkan kesempatan berbisnis yang lebih banyak lagi. Agar semuanya bisa terwujud, bangunlah komunikasi dengan para pengunjung situs. Salah satu caranya adalah dengan setup formulir kontak. Untuk mengaktifkan fitur ini, install plugin WPForms terlebih dulu.

Setelah plugin berhasil diinstall, masuk ke Dashboard, lalu pilih WPForms > Add New untuk membuat formulir kontak. Anda juga akan diberikan beberapa pilihan template dasar untuk memudahkan proses pembuatan formulir. Jika formulir kontak sukses ditambahkan, Anda akan mendapatkan shortcode untuk disalin dan ditempelkan (copy and paste) agar formulir kontaknya dapat ditampilkan.

Formulir kontak

Selamat! Kini Anda sudah tahu cara membuat hal-hal dasar untuk mengonlinekan situs fotografi.

Langkah 5: Buat Planning untuk Mengembangkan Website Foto

Langkah 5 membuat website fotografi

Bersiaplah dengan berbagai tantangan yang akan ada di hadapan Anda segera setelah website fotografi online. Berikut 5 tips dari kami agar website Anda tak hanya sekadar situs fotografi biasa.

Buat Postingan Blog Secara Berkala

Siapa pun, termasuk Anda, pasti ingin web fotografinya muncul di halaman pertama search engine. Terlebih lagi, ketika orang-orang memasukkan kata kunci terkait fotografi, Google atau mesin pencari lainnya akan merekomendasikan situs Anda. Untuk mewujudkan impian ini, Anda bisa membuat postingan blog secara berkala. Berikut beberapa hal yang harus dilakukan:

  1. Lakukan riset keyword (kata kunci) untuk mendapatkan ide-ide segar sehingga Anda bisa menulis artikel yang fresh dan orisinil.
  2. Cek volume kata kunci dengan menggunakan tool riset keyword gratis.
  3. Lihat bagaimana peringkat dari keyword yang dipilih di hasil pencarian.
  4. Mulailah menulis!

Ada banyak topik yang bisa diulas, dan tentunya tergantung pada tipe web foto yang Anda buat. Misalnya, Anda bisa mengulas kamera dan memasukkan link afiliasi untuk memperoleh penghasilan sampingan online.

Contoh riset kata kunci

Optimalkan SEO

Optimasi mesin pencari (SEO) merupakan poin vital yang perlu diperhatikan jika Anda ingin website memiliki performa terbaik. Mempelajari SEO memang bukan hal yang mudah, tapi sangat diperlukan untuk membangun keberadaan Anda serta website di internet.

Sebagai contoh, web foto memuat sejumlah gambar atau foto, dan memiliki image alt tags akan memberi kesempatan besar bagi website Anda untuk dikenal melalui pencarian gambar Google. Berikut beberapa artikel untuk menambah pengetahuan Anda tentang SEO:

Integrasi Media Sosial

Aktif di komunitas sosial adalah salah satu cara terbaik untuk membangun kepercayaan dan juga meningkatkan brand awareness. Karena itulah, penting bagi Anda untuk membuat profil di berbagai media sosial. Buatlah akun di Facebook, Instagram, bahkan Twitter dan mulailah menjaring customer sebanyak-banyaknya.

Integrasikanlah pula media sosial ke website fotografi dengan menginstall plugin terlebih dulu, misalnya Super Socializer dan Blog2Social (untuk fitur membagikan artikel secara otomatis).

Aktifkan Sertifikat SSL

Google telah mengonfirmasi bahwa HTTPS sangat berpengaruh pada ranking atau peringkat website di mesin pencari. Hal ini berarti website tanpa sertifikat SSL/TLS akan mengalami kesulitan untuk muncul di top result Google.

Google juga akan menampilkan peringatan atau warning “Not Secure” di browser, seperti Chrome, bagi website yang tidak memiliki sertifikat SSL.

Ilustrasi SSL

Di Hostinger, Anda bisa membeli paket hosting Bisnis untuk memperoleh sertifikat SSL seumur hidup secara gratis. Sertifikat SSL juga bisa didapatkan melalui Power Store.

Beli SSL seumur hidup

Biasanya proses setup sertifikat sangat mudah. Anda hanya perlu memilih domain yang ditampilkan di dropdown list, dan sisanya kami yang akan menyelesaikannya!

Ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan untuk mengaktifkan HTTPS di situs WordPress. Jika tidak ingin proses yang terlalu rumit, cukup install plugin Really Simple SSL yang akan mengatur proses migrasi dari website tanpa HTTPS ke website dengan HTTPS.

Naikkan Kecepatan Situs

Kecepatan loading memengaruhi peringkat dan performa website tak hanya di Google, tapi juga terhadap para pengunjung situs.

Tahukah Anda bahwa 50% pengunjung akan keluar dari situs jika waktu loadingnya lebih dari 3 detik? Karena itulah, Anda tidak bisa mengesampingkan pentingnya optimasi website.

Berikut beberapa tips dari kami untuk menaikkan kecepatan website:

  • Gunakan caching. Cache merujuk pada penyimpanan sementara yang memungkinkan Anda untuk bypass permintaan (request) PHP. Dengan adanya cache, loading website akan menjadi lebih cepat. Untuk mendapatkan hasil terbaik, install plugin caching dan lakukan leverage browser caching.
  • Optimasi gambar. Karena nantinya akan ada banyak gambar dan foto di website Anda, lakukanlah optimasi dengan tepat. Pastikan gambar yang hendak diupload memiliki ukuran yang benar dan kompreslah menggunakan tool seperti TinyPNG.
  • Aktifkan CDN. Content Delivery Networks (CDN) akan meningkatkan kecepatan dan tingkat responsif website dengan cara menyediakan resource dari lokasi yang paling dekat dengan pengunjung situs. Salah satu solusi terbaik untuk mengaktifkan tool ini adalah dengan CloudFlare (juga kami tawarkan di Power Store).
  • Tes kecepatan website. Gunakan tool seperti GTMetrix atau PageSpeed Insights by Google untuk mengetes kecepatan website.

Kesimpulan

Kini Anda sudah tahu cara membuat website fotografi dalam 5 langkah mudah.

Ingatlah bahwa website merupakan investasi jangka panjang, dan butuh waktu lama untuk bisa muncul di halaman pertama Google. Bertekunlah dan teruslah berusaha agar website Anda tampil di peringkat teratas pencarian.

Jadi, tunggu apa lagi?

Buat Website Fotografi

Tentang penulis

Ariata C.

Ariata suka sekali menulis dan menerjemahkan, dan sekarang ini bekerja sebagai translator di Hostinger Indonesia. Lewat artikel dan tutorial yang diterbitkan di blog Hostinger, Ariata ingin membagikan pengetahuan tentang website, WordPress, dan hal terkait hosting lainnya kepada para pembaca.

Tambah Komentar

Klik di sini untuk menulis komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dapatkan harga hemat!

Web Hosting Gratis Domain mulai dari

Rp.10.275
/bln