Website

8 Platform CMS Terbaik 2018 untuk Membuat Website

8 Platform CMS Terbaik 2018 untuk Membuat Website

Membuat website kian mudah di tahun 2018. Anda disodori berbagai platform CMS terbaik di mana sebagian besarnya memungkinkan Anda untuk membuat website apa pun. Hanya saja, memilih Sistem Manajemen Konten (CMS) rupanya sedikit menantang karena ada banyak sekali platform yang tersedia.

Melalui artikel ini, kami akan membantu Anda memilih mana CMS website terbaik. Kami akan menjabarkan apa pun yang ingin Anda ketahui tentang CMS terbaik, dan kami juga akan merekomendasikan delapan CMS website yang paling banyak digunakan, yakni:

  1. WordPress
  2. Joomla!
  3. Drupal
  4. Typo3
  5. Serendipity
  6. Dotclear
  7. ImpressPages
  8. Chamilo

Ingin mencoba satu per satu CMS di atas? Hostinger menawarkan paket web hosting dengan fitur 1-click setup yang serba cepat dan live support 24/7.

Diharapkan setelah membaca artikel ini, Anda sudah tahu mana CMS yang paling tepat untuk digunakan!

Pengertian CMS (Sistem Manajemen Konten) Secara Umum

Contoh CMS terbaik

CMS adalah aplikasi Sistem Manajemen Konten yang memungkinkan Anda untuk mempublish dan mengelola konten web dengan cara yang intuitif. Sebagai contoh, anggap saja CMS sebagai text editor (misalnya Notepad atau TextEdit) yang digunakan untuk mempublish artikel secara langsung ke website Anda.

Pemisalan di atas merupakan hal paling mendasar tentang CMS. Meski tentu saja, CMS masa sekarang menawarkan yang lebih banyak dari sekadar memposting konten. Berbagai platform sistem manajemen konten memudahkan Anda untuk mengindeks konten, mengubahnya, memformatnya menggunakan editor visual, dan masih banyak lagi.

Terkadang kita bingung membedakan mana CMS dan mana website builder. Website builder merupakan tool yang membantu Anda membuat website tanpa harus menguasai bahasa pemrograman dan pengetahuan teknis lainnya. Biasanya, tool ini menyediakan akses ke editor visual drag-and-drop. Akan tetapi, website builder dinilai jauh lebih sederhana karena memiliki opsi kustomisasi yang tidak banyak serta sedikit kendali terhadap cara setup website.

Sementara itu di sisi lain, user dulunya sering kesulitan memilih mana CMS website terbaik dan untuk menggunakannya pun tidak mewajibkan Anda harus mengetahui bahasa pemrograman. Hanya saja, saat ini, beberapa CMS terbaik dan terpilih sudah dilengkapi dengan sejumlah tool untuk mendesain dan membuat website modern.

Pada dasarnya CMS adalah solusi satu langkah dalam pembuatan website dan pengelolaan konten di dalamnya. Selain itu, tergantung pada CMS yang digunakan, Anda akan mendapatkan berbagai fitur tambahan yang bisa digunakan untuk menginstall ‘plugin’ atau ‘ekstensi’. Hal ini, tentu saja, akan kami bahas secara singkat.

Apa Saja yang Bisa Anda Buat dengan Menggunakan Platform CMS Terbaik?

Sebagian besar orang menganggap CMS hanya digunakan untuk membuat blog. Pada satu sisi, hal ini memang benar karena beberapa platform CMS terbaik pada awalnya dibuat untuk blogging. Namun, setelah developer selalu mengembangkan dan mengupgrade sistemnya, kini CMS bisa Anda modifikasikan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan Anda. WordPress, misalnya, menjadi platform bagi 30% web di internet.

Salah satu fakta mengenai CMS masa kini adalah sifat fleksibilitasnya di mana Anda dapat menggunakan platform tersebut untuk membuat website apa pun. Sebenarnya, CMS lebih berfokus pada pembuatan serta berbagi konten. Hal ini berarti CMS digunakan untuk membuat blog sederhana, website tutorial, portofolio, situs berita, dan lain-lain. Dengan tool yang tepat, Anda pun bisa membuat website yang profesional, misalnya toko online, situs membership, dan forum.

Di artikel ini, kami akan memperkenalkan beberapa CMS terbaik yang bisa Anda gunakan. Namun sebelumnya, kita akan membahas hal-hal apa saja yang patut menjadi pertimbangan saat memilih CMS website.

Apa Saja Kriteria CMS Terbaik?

Secara teori, Anda memang sudah paham mengenai apa itu CMS beserta kegunaan dan fungsinya. Akan tetapi, Anda juga membutuhkan informasi terkait kriteria apa saja yang harus dimiliki suatu CMS. Berikut beberapa kriteria yang sebaiknya Anda ketahui:

  • Kemudahan dalam mempublish konten baru. CMS berkualitas apa pun pasti menawarkan editor yang canggih dan juga sejumlah opsi untuk memastikan agar konten dan tampilannya menarik.
  • Memiliki opsi taksonomi konten. Semakin banyak konten yang dimiliki website, maka semakin penting pula Anda harus menjaga agar semuanya teratur dan tetap pada tempatnya. Karena itulah, CMS harus memungkinkan Anda untuk membuat kategori, assign tags ke artikel, dan sebagainya.
  • Fungsionalitas mengedit atau menyunting halaman. Berdasarkan pengalaman kami, platform CMS terbaik sangat mudah untuk dikonfigurasi. Hal ini berarti, dengan CMS tersebut, Anda bisa menambahkan hampir semua fitur yang diinginkan. Alhasil, keinginan membuat website yang keren dan profesional dapat terwujud.
  • Komunitas yang solid. CMS dengan komunitas yang aktif menandakan bahwa sistem manajemen konten tersebut akan terus-menerus diperbarui. Dengan demikian, CMS yang dipilih dan website yang dibuat selalu up-to-date. Pun jika menemui masalah, orang-orang dalam komunitas siap membantu Anda untuk mengatasinya.

Kelima hal di atas merupakan hal-hal utama yang layak untuk dipertimbangkan dalam memilih CMS website terbaik. Di samping itu, CMS website terbaik juga bervariasi dalam hal fitur dan tipe proyek yang sesuai.

Selanjutnya, kami akan membahas beberapa platform CMS terbaik menurut kami. Kami juga akan menjabarkan keunikan, kelebihan, serta kekurangan CMS dan membantu Anda memilih platform mana yang paling baik.

8 CMS Terbaik di Tahun 2018

Kami telah memilih beberapa CMS paling baik untuk Anda. Meski terkesan banyak, CMS-CMS ini memiliki satu kesamaan – semuanya bersifat open source dan dapat diinstall di Hostinger! Anda tidak perlu lagi mengunduh satu per satu software CMS untuk dicoba. Manfaatkan paket web hosting Hostinger dan install CMS yang ingin Anda coba.

Berikut delapan CMS website terbaik yang bisa diperoleh secara gratis di tahun 2018!

1. WordPress

CMS website WordPress

WordPress sangat populer dan kami yakin Anda sudah atau sering mendengar tentang CMS ini. Sistem manajemen konten ini menguasai sebagian besar pasar, dan sangat mudah untuk tahu alasannya.

Meskipun pada awalnya ditujukan untuk platform blogging, WordPress telah berkembang dan menawarkan banyak keunggulan. Platform ini mudah digunakan, bahkan bisa dimodifikasi sesuai keinginan Anda dengan menginstall plugin dan tema terlebih dulu.

Terkait manajemen konten, WordPress menawarkan kemudahan yang sangat berarti. Anda tidak akan menemukan kesulitan tertentu saat membuat halaman dan postingan baru. Di samping itu, Anda juga memiliki akses ke powerful editor yang memungkinkan Anda untuk memformat konten. Bahkan platform ini juga menawarkan registrasi user, informasi update secara tertur, dan komunitas besar yang sangat membantu.

Keunggulan Utama:

  • Menawarkan opsi publishing dan manajemen konten yang intuitif.
  • Menawarkan editor yang powerful untuk memformat konten dengan mudah.
  • Mudah dikonfigurasikan, semuanya karena ribuan plugin dan tema yang tersedia.
  • Memiliki komunitas yang besar dan solid.

Satu-satunya kelemahan WordPress adalah terkadang Anda harus mix and match berbagai plugin untuk akhirnya mendapatkan fungsionalitas yang diinginkan. Meskipun ada juga CMS yang memberikan pengalaman blogging lebih baik, tetap saja belum mampu mengalahkan WordPress dalam hal kustomisasi.

2. Joomla!

Joomla

Berbicara soal software CMS terbaik, maka Joomla! adalah salah satu platform yang paling banyak digunakan setelah WordPress. Walaupun pengelolaannya tidak semudah WordPress, kenyataannya di beberapa aspek, Joomla lebih fleksibel.

Sebagai contoh, Joomla merupakan  opsi terbaik jika Anda ingin mengelola banyak ‘custom post type’. Artinya, Joomla adalah pilihan yang ideal apabila Anda hendak menjalankan website yang tidak sepenuhnya berfokus pada konten teks. Di samping itu, platform ini juga menawarkan berbagai opsi terkait pengelolaan atau manajemen user. Karena itulah, Joomla bisa menjadi CMS yang tepat bilamana Anda ingin mengonlinekan situs berbasis membership.

Joomla juga menawarkan bantuan multibahasa. Hal ini berarti Anda tidak harus menginstall plugin atau ekstensi untuk menambahkan opsi bahasa ke situs. Dengan Joomla, Anda bisa menggunakan berbagai template atau tema sekaligus untuk beragam tipe konten.

Keunggulan Utama:

  • Menawarkan support yang optimal untuk custom post types.
  • Menawakan opsi manajemen user tingkat lanjut.
  • Menyertakan support multibahasa.
  • Template yang unik bisa digunakan di setiap tipe halaman.

Teorinya, Joomla merupakan kandidat CMS terkuat dan terbaik. Sayangnya, platform ini tidak mudah dikelola oleh pemula, seperti halnya WordPress. Anda membutuhkan waktu yang lebih lama karena harus mempelajari beberapa pengetahuan teknis terlebih dulu jika ingin membuat website dengan CMS ini.

Joomla juga tidak memiliki ekstensi atau template yang banyak seperti yang ditawarkan oleh saingannya. Meski kedengarannya sepele, terbatasnya opsi fitur berpengaruh pada tampilan serta fungsi website yang Anda inginkan. Anda, mau tak mau, harus mengaktifkanya secara manual. Karena itulah, Joomla lebih baik digunakan oleh para developer atau user yang sudah berpengalaman.

3. Drupal

Drupal adalah salah satu CMS open source terbaik. Walaupun popularitasnya masih berada di belakangan WordPress dan Joomla, bukan berarti Drupal tidak layak untuk dimiliki.

Dalam praktiknya, Drupal memiliki keunggulan yang hampir sama dengan Joomla. Sebagai contoh, CMS ini menawarkan sistem yang sangat fleksibel untuk mengelola custom post type. Drupal juga memberikan kendali tingkat lanjut bagi Anda terhadap user dan permissionnya, bahkan mampu menangani situs multibahasa.

Terdapat beberapa area di mana Drupal lebih unggul daripada Joomla. Contohnya, sistem taksonomi Drupal lebih powerful jika dibandingkan dengan CMS kompetitoronya. Selain itu. Drupal juga dinilai sebagai platform yang lebih aman ketimbang WordPress dan Joomla.

Keunggulan Utama:

  • Menawarkan pembuatan custom post dan sistem manajemen yang fleksibel.
  • Menawarkan manajemen user dan pengaturan permission tingkat lanjut.
  • Mampu meng-handle situs multibahasa.
  • Memiliki sistem taksonimi yang mendetail.
  • Memiliki sistem keamanan terbaik untuk website Anda.

Website apa pun dapat dibuat di platform CMS ‘tiga besar’, yakni WordPress, Joomla, dan Drupal. Hanya saja, Drupal dikenal akan skalabilitas dan keamanannya, menjadikannya opsi yang lebih baik jika Anda ingin membuat situs enterprise dan bisnis.

Sama seperti Joomla, Drupal juga memiliki learning curve yang cukup sulit. Maka dari itu, kami tidak menyarankan para pemula untuk menggunakan CMS ini, kecuali jika Anda memang sudah benar-benar paham tentang pengembangan web. Namun, jika Anda sedang mempelajari pengembangan web dan ingin menguji kemampuan yang dimiliki. maka Drupal wajib masuk dalam list CMS website terbaik.

4. Typo3

Typo3

Selama ini kita hanya tahu WordPress, Joomla, atau Drupal sebagai platform CMS yang paling banyak digunakan. Padahal di luar sana, masih ada CMS yang memang popularitasnya tidak semasif ‘the big three’. Ketenaran yang tak seberapa bukan menjadi tolak ukur bahwa CMS demikian tidak layak untuk dimiliki. CMS yang tidak begitu populer tersebut diakui lebih spesifik dan menyasar website-website tertentu.

Typo3, misalnya, adalah CMS dengan skalabilitas sebagai poin utamanya. Tak heran jika platform ini memang didedikasikan untuk website pada level enterprise. Sebagai contoh, jika Anda ingin membuat intranet dengan memanfaatkan CMS, maka Typo3 adalah sistem manajemen konten yang paling tepat.

Apabila berbicara soal kemudahan, di satu sisi, Typo3 bukanlah CMS yang paling pertama ada dalam daftar. Berdasarkan pengalaman kami, CMS ini lebih cocok bagi user yang sudah memiliki keahlian dan kemampuan di bidang pengembangan web. Typo3 sama sekali bukan CMS yang tepat untuk webiste yang kecil dan sederhana.

Typo3 memiliki sekumpulan fitur keren, termasuk bantuan multibahasa. CMS ini pun memungkinan Anda untuk menjalankan berbagai situs hanya dari satu instalasi saja. Dengan begini, waktu Anda tidak akan terbuang sia-sia.

Keunggulan Utama:

  • Pilihan terbaik untuk situs level enterprise.
  • Mampu mengelola website multibahasa.
  • Memudahkan Anda untuk mengelola berbagai situs hanya dari satu instalasi saja.
  • Memungkinkan pembagian data dan tool di antara beberapa website Anda.

Jika Anda hendak mengelola beberapa situs yang berada dalam satu ‘atap’, maka Typo3 adalah CMS terbaik. Dengan platform ini, Anda bisa berbagi template, ekstensi, dan bahkan user di antara situs-situs yang dimiliki. Keunggulan ini belum tentu dimiliki oleh platform CMS lainnya.

5. Serendipity

Serendipity

Berbeda dari Typo3, Serendipty justru termasuk ke dalam CMS yang mudah digunakan untuk membuat website sederhana, seperti blog. Berdasarkan pengalaman kami, Serendipity adalah salah satu CMS teringan.

‘Ringan’ bukan berarti pilihan fitur yang sedikit. Justru CMS ini menawarkan performa terbaik bagi website karena memiliki pengaturan caching dinamis bawaan.

Berbicara soal fungsionalitas, Anda dapat memodifikasi platform dengan menggunakan tema dan plugin. Selain itu, Anda dipersilakan mencari plugin yang spesifik untuk front atau back-end, yang mana pencarian tool semakin lebih mudah.

Keunggulan Utama:

  • Pilihan terbaik untuk website yang berorientasi terhadap performa.
  • Memiliki berbagai tema dan plugin yang siap membantu Anda mengelola website.

Secara keseluruhan, Serendipity merupakan alternatif CMS terbaik utnuk website sederhana. Bahkan Anda juga bisa membuat blog sederhana dengan tampilan yang menarik dan elegan. Sayangnya, kapasitas platform ini masih kurang sehingga bukanlah solusi utama jika Anda ingin mengonlinekan website yang lebih besar. Apabila Anda sedang mencari CMS dengan struktur yang tidak sesulit WordPress atau Joomla serta mudah dipelajari, maka Serendipity patut untuk diperhitungkan.

6. Dotclear

Dotclear

Ingin mendapatkan segala kemudahan dan pengalaman terbaik saat membuat blog? Aktifkan dan jalankan Dotclear. Setelah melakukan uji coba terhadap beberapa CMS, kami menemukan bahwa hanya sedikit platform yang mudah digunakan, termasuk Dotclear. Meskipun demikian, platform ini menawarkan berbagai opsi untuk mengedit konten yang hampir sama dengan apa yang ditawarkan oleh WordPress.

Di Dotclear, Anda akan menemukan sekumpulan opsi untuk mempublish postingan, manajemen, dan taksonomi. Platform ini memungkinkan Anda untuk menulis post dalam bentuk teks, HTML, dan bahkan Wiki syntax.

Anda juga bisa membuat RSS feed di Dotclear. Bahkan Anda pun diizinkan untuk menambahkan fungsionalitas baru ke situs dengan menginstall plugin dan tema terlebih dulu.

Keunggulan Utama:

  • Sangat mudah digunakan dan di-setup.
  • Mendukung plain teks, HTML, dan Wiki syntax.
  • Memudahkan Anda mebuat RSS feed di situs.

Dotclear dan Serendipity hampir sama. Keduanya merupakan CMS terbaik jika Anda ingin membuat blog atau website sederhana. Selain itu, masing-masing CMS memiliki semua fitur yang dibutuhkan agar website berhasil online dan menjaring banyak visitor. CMS mana yang akan Anda gunakan tentunya kembali ke selera masing-masing.

7. ImpressPages

ImpressPages

Pernah dengar tentang ImpressPages? CMS satu ini memang belum semua orang mengetahuinya. Meski demikian, ImpressPages termasuk ke dalam salah satu platform terbaik jika Anda ingin mengonlinekan blog. Editornya mulus dan juga terdapat interface atau software antarmuka yang modern. Di samping itu, dengan ImpressPages, Anda dapat menambahkan beberapa elemen yang belum tentu bisa ditemukan di CMS yang lain – setidaknya tanpa ekstensi – misalnya, maps dan formulir (form).

Selain blogging dan editing, desain merupakan keunggulan lain yang dimiliki CMS ini. Tampilan dashboardnya modern, mudah digunakan, dan tersedia berbagai opsi untuk mengonfigurasikan halaman dan situs agar dapat berfungsi dengan baik.

Jika Anda sedang mencari CMS dengan interface yang mudah dan menarik, maka ImpressPages adalah jawabannya. Dalam CMS ini, juga terdapat drag-and-drop builder yang intutif sehingga pembuatan halaman situs menjadi lebih mudah. Bahkan Anda juga dapat mengustomisasi ImpressPages dengan menginstall plugin dan tema.

Walaupun unggul dalam beberapa hal, popularitas ImpressPages masih kalah jauh jika dibandingkan dengan WordPress (jika berbciara tentang sejumlah ekstensi yang dimiliki). Hal ini menandakan bahwa membuat website dengan custom fungsionalitas akan lebih sulit.

Keunggulan Utama:

  • Menawarkan interface yang simpel dan modern bahkan mudah digunakan.
  • Memiliki editor yang powerful dan telah dilengkapi dengan fungsionalitas tingkat lanjut.
  • Memudahkan Anda untuk membuat konten dengan menggunakan drag-and-drop page builder.
  • Menyediakan berbagai pilihan plugin dan tema.

Menurut kami, platform CMS yang ‘kurang dikenal’ bisa menjadi senjata terbaik untuk membuat landing page yang sederhana, atau jika Anda menginginkan CMS yang mudah dioperasikan.

8. Chamilo

Chamilo

Terakhir, kami punya CMS website terbaik, yaitu Chamilo. Platform ini berbeda dari tujuh CMS yang telah kami sebutkan. Mengapa? Karena Chamilo ditujukan khusus untuk tipe website tertentu – platform pembelajaran. Bahkan Chamilo juga disebut sebagai Sistem Manajemen Pembelajaran (Learning Management System) yang kemudian disingkat menjadi LSM, di mana jenis ini merupakan CMS yang spesifik.

Di Chamilo, Anda bisa membuat website kursus online yang memuat konten mulai dari yang sederhana hingga kompleks. Kelas kursus yang Anda tawarkan nantinya memiliki teks, elemen multimedia, dan pertanyaan pilihan ganda. Bahkan Anda juga bisa membuat tugas. Anda tidak perlu mencari CMS lain jika ingin membuat website tentang pekerjaan rumah atau tugas-tugas tertentu karena Chamilo adalah pilihan terbaik.

Kami tidak bisa membedakan secara spesifik antara Chamilo dan CMS lainnya karena CMS terakhir yang kami ulas ini sangat unik dan berbeda. Namun, kami bisa dengan tegas menyatakan bahwa Chamilo masuk ke dalam kategori CMS yang mudah digunakan. Chamilo adalah pilihan yang sangat ideal jika Anda membutuhkan platform yang mampu menampung banyak guru. Pun CMS ini juga menyediakan beragam tool untuk membuat kursus online.

Keunggulan Utama:

  • Merupakan platform yang powerful untuk situs kursus online.
  • Memungkinkan banyak guru untuk bekerja berdampingan.
  • Kemudahan dalam membuat quiz, pertanyaan pilihan ganda, tugas-tugas, dan bahan pembelajaran lainnya.

Sejauh ini, satu-satunya kekurangan Chamilo adalah updatenya tidak semasif atau seaktif CMS yang lain. Namun di sisi lain, jika membutuhkan bantuan, Chamilo memiliki komunitas yang cukup solid dan tersedia dalam bahasa Spanyol dan Inggris.

Kesimpulan

Seperti memilih Sistem Operasi (OS), memutuskan mana CMS yang akan digunakan juga tergantung pada kebutuhan website dan pribadi Anda. Semua CMS terbaik yang telah kami sebutkan di atas memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berdasarkan penilaian pribadi, kami memilih WordPress karena kemudahan penggunaannya dan beragamnya opsi untuk kustomisasi. Saran kami, cobalah menginstall satu per satu CMS sampai Anda menemukan mana yang mampu memenuhi ekspektasi Anda.

Bagaimana pendapat Anda tentang CMS website terbaik di tahun 2018 yang kami rangkumkan ni? Tuliskan pendapat Anda pada kolom komentar di bawah ini!

Tambah Komentar

Klik di sini untuk menulis komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Gabung bersama ratusan ribu pelanggan di seluruh dunia

dan dapatkan tutorial baru langsung di email Anda

Please wait...

Abone olduğunuz için teşekkürler!

Dapatkan harga hemat!

Web Hosting Gratis Domain mulai dari

Rp.10.275
/bln
[href]
[href]
[href]
[href]