25 Website Terbaik untuk Belajar Coding Online Gratis
access_time
hourglass_empty
person_outline

25 Website Terbaik untuk Belajar Coding Online Gratis

Dicari Full-stack Developer!

Pernah melihat iklan lowongan kerja seperti itu entah di LinkedIn, Jobstreet, Instagram, atau  di kanal media sosial lainnya?

Posisi programmer dan developer menjadi primadona akhir-akhir ini. Alasannya, sudah banyak bisnis dan perusahaan yang akhirnya menyadari pentingnya memiliki website profesional sendiri. Mereka memerlukan orang yang memang ahli dalam membuat, mengelola, dan memelihara website.

Itu baru satu alasan. Belum alasan lainnya, misalnya kemudahan beraktivitas yang terbantu dengan adanya sejumlah aplikasi. Gojek dan Grab merupakan contoh aplikasi yang membantu masyarakat dalam memesan ojek. Nggak perlu ke pangkalan. Cukup buka aplikasi, lalu sesuaikan alamat, kemudian klik tombol Pesan. Gampang, kan?

Website dan dua aplikasi yang dicontohkan di atas dibuat dari coding. Apa itu coding? Apa manfaat dari belajar coding? Dan di mana sih kita bisa belajar coding untuk pemula? Nah, di artikel ini, kami akan membahas berbagai hal seputar pengkodean (coding) dan juga website belajar coding yang dapat diakses secara gratis.

Apakah Anda sedang mencari web hosting untuk mengasah skill coding?

Beli Hosting Murah

Apa Itu Coding?

Udaranya adem banget, nih. Jadi pengen makan bakso.

Tanpa ragu Anda langsung mengambil smartphone, lalu membuka aplikasi ojek online, kemudian memesan seporsi bakso di warung langganan. Tak lupa pula disertakan catatan ‘kuahnya dipisah, sambal dibanyakin, nggak pake kecap’. Beberapa saat kemudian, driver ojol membawakan bakso sesuai pesanan dan instruksi yang ditulis di notes aplikasi.

Seperti itulah coding. Anda tidak bisa langsung berkomunikasi dengan penjual (komputer). Solusinya, Anda menuliskan pesanan dan instruksi (kode) di aplikasi ojol yang kemudian akan dibaca oleh driver (bahasa pemrograman) dan disampaikan kepada penjual.

Dalam kalimat sederhana, coding adalah pemberian instruksi oleh programmer atau developer kepada komputer untuk menjalankan task tertentu. Pada penulisan coding, ada dua hal yang perlu diperhatikan, yakni harus disesuaikan dengan bahasa pemrograman yang dipakai dan mengikuti aturan syntax. 

Jika dimisalkan, syntax layaknya tata bahasa atau grammar dalam komunikasi manusia sehari-hari. Apabila terjadi kesalahan tata bahasa, pesan yang diterima akan berbeda. Misalnya, ada kalimat ‘Rania adalah pecinta alama’. Sekilas kalimat ini benar. Tapi kalau yang dimaksud adalah orang yang menyukai alam, penggunaan kata ‘pecinta’ jelas salah. Sama halnya dengan syntax. Kalau kode yang dimasukkan tidak sesuai dengan syntax, siap-siap saja Anda harus melakukan debugging berkali-kali.

Pentingnya Belajar Coding

Belajar bahasa pemrograman dan coding akan memudahkan Anda dalam pembuatan aplikasi dan software. Selain itu, dengan skill ini, Anda juga bisa mengembangkan jenjang karier dalam dunia IT, lho. Mau tahu manfaat lain dari belajar dasar-dasar coding?

  1. Punya keahlian untuk menjalankan bisnis aplikasi dan software. Di zaman yang sudah serba maju ini, siapa pun bisa jadi pebisnis. Cakupan bidangnya pun luas, tak melulu seputar sandang, pangan, dan papan. Jika berhasil menciptakan aplikasi yang menjawab kebutuhan pasar, Anda akan untung hingga jutaan rupiah. Menarik, kan? Tapi untuk meraih kesuksesan ini, Anda harus belajar coding dan bahasa pemrograman web terlebih dulu.
  2. Membuat website sendiri. Dengan adanya tool website builder, setiap orang punya peluang yang sama untuk membuat website sendiri. Tanpa bantuan jasa pembuatan web. Namun, jika menginginkan website yang lebih fleksibel, menarik, intuitif, dan profesional di saat bersamaan, buatlah website dari nol menggunakan kode, misalnya HTML dan CSS.
  3. Mengembangkan karier agar kian melesat. Bosan dengan posisi saat ini atau ingin mencoba pekerjaan yang baru? Anda bisa belajar coding otodidak untuk mempersiapkan diri memasuki dunia IT. Pekerjaan di bidang ini masih terbuka lebar dan sepertinya akan terus menarik peminat.

Langkah-langkah untuk Memulai Belajar Coding

Bagi pemula, coding terdengar mengintimidasi. Bagaimana tidak? Anda berkomunikasi dengan komputer bukan menggunakan bahasa seperti biasanya, melainkan angka dan kombinasi karakter lainnya. Wajar bila pemula bingung harus memulai dari mana. Nah, di sini kami akan membahas secara umum langkah-langkah yang perlu diambil ketika hendak mempelajari coding.

  1. Tanyakan ini pada diri sendiri: Kenapa ingin mempelajari coding? Apa yang memotivasi saya? Untuk apa coding ini nantinya? Apakah untuk membuat website, software, atau aplikasi?
  2. Memilih bahasa pemrograman. Setelah tahu tujuan belajar dasar coding, langkah selanjutnya adalah memilih bahasa pemrograman. Misalnya, Anda berencana mempelajari pengkodean karena ingin buat website sederhana. Maka, tipe bahasa pemrogramannya adalah HTML dan CSS.
  3. Mempelajari struktur data dan algoritma. Pengkodean dan pemrograman tidak hanya membutuhkan pengetahuan kode, tapi juga kemampuan memecahkan masalah. Asahlah dengan mempelajari struktur data dan algoritma.
  4. Jangan cepat menyerah. Setiap orang pasti punya titik jenuh terhadap aktivitas atau pekerjaan yang dialami. Tak terkecuali developer dan programmer. Perasaan ini wajar. Meskipun demikian, jangan cepat putus asa dan menyerah. Teruslah mempertajam skill coding.
  5. Buat portofolio. Cara cepat belajar coding adalah dengan mempraktikkannya secara langsung. Buatlah suatu proyek, misalnya aplikasi seluler, game, atau aplikasi web. Lakukan pengujian. Jika gagal, jangan berhenti. Teruslah berlatih sampai Anda berhasil memiliki portofolio.

25 Website Belajar Coding Gratis

Belajar coding dan bahasa pemrograman untuk pemula bisa dari mana saja, termasuk website. Ada, lho, website yang dengan suka rela memberikan sumber terbaik seputar coding tanpa pungutan bayaran. Jadi, buat kalian yang ingin mengubah karier menjadi seorang programmer, atau ingin tahu bagaimana caranya membuat website, atau hanya ingin sekadar memahami soal coding dan dunianya, 25 website ini akan jadi tempat belajar yang tepat.

1. BitDegree

bitdegree untuk belajar coding

Sebagai tempat belajar coding, BitDegree menawarkan kursus gratis yang membahas berbagai topik, mulai dari programming hingga game development.

Ada dua jenis kursus di BitDegree, yaitu kursus online standar dan kursus gamifikasi. Kursus gamifikasi sendiri menerapkan proses pembelajaran yang interaktif sehingga peserta bisa melakukan sejumlah pencapaian. Tidak ada persyaratan khusus untuk mengikuti kursus ini, cukup pilih bahasa dan Anda sudah bisa mulai belajar.

Ada banyak bahasa pemrograman yang dapat dipelajari di sini, beberapa di antaranya:

Keunikan kursus online ini terletak pada program blockchainnya. Reward yang transparan dan sistem pencapaian memudahkan perusahaan merekrut talenta terbaik, dan juga membantu peserta dalam mengukur keberhasilan belajar.

2. Coursera

Coursera Coding

Coursera menyediakan kursus, tutorial, dan resource berbasis coding yang langsung diajarkan oleh pengajar dari beberapa universitas ternama. Kerja sama antara Coursera dan sejumlah kampus terkemuka menjadi bukti bahwa Anda bisa mendapatkan pengalaman belajar terbaik di sini.

Setiap kursus di sini terbuka gratis untuk semua orang. Tapi kalau Anda ingin memperoleh sertifikat, Anda harus membayar biayanya.

Beberapa kursus yang tersedia:

  • Python
  • Java
  • HTML dan CSS
  • IoT Programming
  • C Language
  • Introduction to programming

3. Code Academy

Code Academy

Code Academy adalah salah satu situs belajar coding gratis, dan sudah lebih dari 24 juta orang bergabung di dalamnya.

Di sini Anda bisa mempelajari berbagai topik kursus, mulai dari pengenalan dan belajar pemrograman dasar sampai bahasa pemrograman tingkat lanjut. Metodenya interaktif sehingga Anda bisa langsung mengaplikasikan yang dipelajari. 

Total durasi kursus lebih dari 300 jam. Jadi, Anda punya banyak waktu untuk mengasah skill. Begitu selesai, Anda akan jadi programmer yang andal.

Beberapa bahasa pemrograman yang dapat dipelajari di Code Academy, yaitu:

  • HTML
  • JavaScript
  • CSS
  • jQuery
  • PHP
  • Python
  • Ruby

Masih ada kursus lainnya, tapi yang difokuskan adalah ketujuh bahasa di atas.

4. edX

edX computer science courses untuk latihan coding

edX adalah platform pembelajaran yang sudah memiliki lebih dari 5 juta siswa.

Di website ini, Anda akan menemukan berbagai kategori yang tak hanya membahas seputar pemrograman. Bagi yang ingin mendapatkan materi cara belajar bahasa pemrograman beserta coding untuk pemula, pilih kategori ‘Computer Science’.

edX menyediakan tutorial yang mencakup bahasa dan skill:

  • HTML dan CSS
  • Java
  • jQuery
  • C++
  • C#
  • Python
  • SQL
  • Mobile app development

Meskipun ada kursus berbayar, kursus gratis sudah lebih dari cukup jika Anda ingin mempelajari dasar-dasar coding.

5. Khan Academy

halaman Khan Academy untuk belajar coding

Kalau ingin mengembangkan pengetahuan dan skill coding, Khan Academy adalah tempatnya. Di sini, Anda bisa mengikuti kursus dan membaca tutorial yang meliputi berbagai topik, mulai dari dasar-dasar programming komputer sampai aplikasi tingkat lanjut.

Semua kursusnya diajarkan oleh ahlinya. Lebih bagus lagi, di Khan Academy, Anda didorong untuk membagikan pengalaman dan apa saja yang sudah didapat melalui proses pembelajaran. 

Anda nggak perlu mengikuti semua topik, cukup pilih bahasa pemrograman yang disukai, seperti:

  • HTML
  • CSS
  • Javascript
  • Database

Tersedia juga kursus yang mengajarkan filosofi dan skill di balik pemrograman komputer.

6. Codewars

codewars login and sign up page

Berbeda dari kursus online sebelumnya, Codewars memakai metode tantangan untuk mengajarkan bahasa pemrograman. Mereka terinspirasi dari seni bela diri. Bisa dilihat dari penamaan setiap tantangan yang merujuk pada kata.

Tujuan tantangan ini adalah untuk mempertajam skill bahasa pemrograman yang sudah dimiliki atau memotivasi pemula yang baru belajar programming otodidak.

Setiap kali kata berhasil ditaklukkan, akan muncul tantangan yang juga semakin sulit. Nah, kalau sudah menyelesaikan semua tantangannya, Anda bisa melihat perbandingan solusi yang selama ini dipakai dengan solusi orang lain. Dengan begitu, Anda jadi tahu teknik lain untuk menangani suatu masalah di bidang pengembangan.

Beberapa bahasa pemrograman yang dapat dipelajari di Codewars adalah:

  • Java
  • Javascript
  • C#
  • Ruby
  • Python
  • SQL

7. Code.org

login page mendaftar code org

Tujuan dibangunnya Code.org adalah untuk menjadikan pemrograman sebagai bagian dari kurikulum pendidikan umum. Situs belajar coding gratis ini sudah digunakan oleh lebih dari jutaan orang yang ingin mengasah pengetahuan dan kemampuan pemrograman.

Metode pembelajarannya bisa dipilih. Misalnya, Anda lebih suka mengikuti tutorial satu jam atau ternyata Anda lebih nyaman dengan pembelajaran yang terstruktur.

Di Code.org, kursus juga dikategorikan berdasarkan umur. Levelnya mulai dari K-5, 6-12, hingga Universitas.

8. Udemy

udemy web development course untuk coding

Siapa yang tidak tahu Udemy? Portal edukasi online ini mengadakan ribuan kursus baik yang gratis maupun berbayar. Mereka pun sering memberikan kupon dan penawaran spesial. Keuntungannya, Anda akan mendapatkan potongan harga atau bahkan versi gratis dari kursus berbayar.

Beberapa topik kursus yang ada di Udemy, seperti:

  • Pengembangan web
  • Pengembangan game
  • Pengembangan aplikasi seluler
  • Pembuatan situs eCommerce
  • Bahasa pemrograman.

9. Dash General Assembly

dash general assembly login page

Dash adalah kursus online gratis di mana Anda bisa mempelajari dasar-dasar pengembangan web.

Di sini, Anda akan mempelajari dasar-dasar HTML5, CSS3, dan Javascript, serta cara kerja bahasa pemrograman untuk membuat dan mengembangkan website modern. Di samping itu, dengan Dash, Anda juga bisa membuat serangkaian proyek kecil yang dapat mengintegrasikan semuanya sehingga Anda bisa membuat website tanpa kesulitan berarti.

Di website ini pula, Anda bisa mendapatkan pemahaman dasar mengenai pengembangan website. Cari web belajar coding untuk pemula yang benar-benar tidak menguasai materi pengembangan? Maka di sinilah tempatnya.

10. Free Code Camp

Free Code Camp untuk coding

Free Code Camp adalah website yang menawarkan komunikasi real-life dan komunitas seputar pembelajaran bahasa pemrograman. Di situs ini, Anda bisa belajar coding dengan berpartisipasi dalam berbagai tantangan atau challenge. Anda akan mendapatkan akses ke tutorial dan kursus pemrograman sehingga Anda bisa dengan mudah menyelesaikan tantangan tersebut.

Setelah yakin bisa menguasai pemrograman, Anda bisa menerapkan apa yang dipelajari dengan membuat proyek dan coding yang bisa diperjualbelikan untuk lembaga nirlaba. Berikut beberapa bahasa pemrograman yang bisa dipelajari di situs belajar coding ini:

  • HTML5
  • CSS3
  • Javascript
  • Node.js
  • React.js
  • D3.js
  • Databases
  • Git and Github

Kabar baiknya, Anda bisa mendapatkan bantuan dari forum komunitas yang juga sedang belajar coding, sama seperti Anda. Bahkan, Anda juga dapat bertemu dengan sesama anggota forum yang berdomisili sama seperti Anda untuk sekadar bertukar pikiran.

Apakah Anda sedang mencari web hosting yang kuat dan powerful?

Beli Paket Hosting Premium Hostinger


11. Code Conquest

code conquest les coding gratis

Code Conquest merupakan pilihan yang tepat jika Anda saat ini sedang mencari web belajar coding untuk pemula secara gratis dan tanpa bayar. Untuk mendaftar di platform ini, Anda tidak perlu khawatir jika Anda belum bisa menulis baris kode atau bahkan tidak tahu coding sama sekali karena situs ini akan membantu Anda dari awal,

Code Conquest didesain agar Anda mampu:

  1. Mempelajari coding.
  2. Memilih bahasa pemrograman yang ingin dipelajari.
  3. Meningkatkan pengetahuan dan skill Anda.
  4. Menerapkan skill dan pengetahuan yang didapat di kehidupan sehari-hari.

Situs ini menawarkan berbagai tutorial dan panduan yang akan membantu Anda mempelajari bahasa pemrograman, seperti:

  • HTML dan CSS
  • Javascript
  • PHP
  • Ruby
  • jQuery
  • Python
  • MySQL

Nantinya Anda akan memperoleh rekomendasi khusus untuk memperpanjang program pembelajaran dengan tool dan platform berbeda.

12. MIT Open C0urseware

Learn to code online for free with MIT Open Courseware

OpenCourseWare Initiative menyajikan semua kursus online untuk semua undergraduate an graduate MIT. Meskipun tidak menutut ilmu di salah satu universitas top dunia ini, Anda bisa mengaksesnya dan bahkan memperoleh pendidikan setingkat MIT.

Ada banyak mata pelajaran yang tersedia, dan salah satunya tentang computer science. Anda bisa mengambil kursus untuk program degree atau individual courses.

Sebagai contoh, Anda hendak mengikut kursus pengenalan bahasa pemrograman, seperti Phyton, C and C++, dan Java.

13. The Odin Project

the odin project untuk belajar coding

The Odin Project menyediakan yang Anda butuhkan untuk mempelajari pengembangan web.

Pada saat Anda belajar untuk memprogramkan sesuatu, akan terasa cukup sulit karena Anda menggabungkan semua yang telah dipelajari atau diketahui. Platform ini menawarkan proses logis yang telah dirangkum dari berbagai sumber kursus terbaik yang ada di web. Dengan The Odin Project, Anda juga bisa membuat proyek bahkan bergabung ke dalam komunitas aktif yang siap membantu Anda bilamana menemui kesulitan.

Berikut bahasa pemrograman yang bisa dipelajari melalui situs ini:

  • HTML dan CSS
  • Git
  • Javascript
  • Ruby and Ruby on Rails
  • Database
  • Cara mendapatkan pekerjaan dengan skill Anda saat ini.

14. W3Schools

W3Schools home page for hmtl css

W3Schoold juga dibekali dengan tutorial coding, resource, contoh dan latihan untuk membantu Anda mendalami coding. Slogan platform yang berbunyi ‘The World’s Largest Web Developer Site,’ tidak akan mengecewakan.

Mulai dari memilih bahasa pemrograman pilihan Anda. Lalu Anda akan dialihkan ke programnya atau memilih opsi pembelajaran yang berbeda. Anda akan memulainya dengan kuis singkat untuk mengetahui seberapa jauh pengetahuan Anda dan harus memulai pelanajran dari mana. Atau, Anda dapat menguji diri sendiri dengan latihan contoh singkat dan review.

Berikut adalah bahasa pemrograman yang disediakan oleh W3Schools:

  • HTML
  • CSS
  • JavaScript
  • SQL dan PHP
  • Python dan Java
  • C++ dan C#
  • Dan lain-lain

15. Hackr.io

Hackr.io homepage to begin coding

Dari halaman depan situs ini, Anda dapat melihat bahwa Hackr.io memiliki berbagai bahasa pemrograman yang dapat Anda pelajari. Setelah memilih salah satu programnya, Anda akan diaarahkan ke daftar tutorial di mana Anda dapat memilah course sesuai dengan keinginan. Anda dapat memilih antara menjadi pengguna gratis atau premium, tingkat pemula atau tengah, sekaligus memilih bahasa pembelajarannya.

Berikut adalah course programing dan tutorial yang disediakan oleh platform ini:

  • Python
  • JavaScript  dan Java
  • Android Development
  • C dan C++
  • PHP
  • Data Structures and Algorithms
  • Dan lainnya

Ditambah lagi, Hackr.io memiliki blog berisi tips tentang berbagai bahasa pemrograman dan juga menjawab pertanyaan usernya. Hackr.io juga memiliki Roadmap yang akan mengarahkan Anda ke jalur pembelajaran yang sesuai dengan skill Anda. Roadmaps dapat membantu user yang bingung harus memulai dari mana untuk mencapai tujuan mereka.

16. Bento.io

Bento learn how to code homepage

Bento.io mampu membantu developer. Pengembang platform ini percaya bahwa Anda tidak perlu membauat untuk belajar kode. Platform ini juga memberikan semua pengetahuan coding agar Anda leluwasa mempelajarinya.

Dashboardnya yang modern menyambut Anda dengan feed yang berisi seluruh topik dan task yang Anda minati. Fitur ini memudahkan Anda untuk mengetahui topik yang dinggalkan, atau bahkan beralih ke topik yang berbeda. Dashboard Bento.io juga menampilkan rencana pembelajaran Anda.

Tutorialnya diurutkan dalam track dan Anda dapat melihat perkiraan berapa lama waktu yang Anda butuhkan dan apakah Anda telah menyelesaikan tutorialnya. Bahkan, merekomendasikan pembelajaran yang dapat Anda ambil selanjutnya.

Topik yang ditawarkan oleh Bento.io adalah:

  • HTML
  • CSS
  • JavaScript
  • Git
  • Python
  • SQL
  • Shell
  • Flask
  • Heroku

Tidak hanya menyediakan materinya sendiri, Bento.io juga memiliki halaman berisi link ke situs lain jika Anda membutuhkan informasi tambahan. Anda dapat mencari topik yang dibutuhkan dengan mudah dan menemukan website dengan informasi berbeda.

17. Code Avengers

code avenger login page to start coding as a junior student or teacher

Code Avengers menggunakan metode dan pendekatan pembelajaran yang fun dan ineraktif. Ada banyak variasi kursus yang bisa Anda manfaatkan untuk belajar coding website, aplikasi, bahkan game.

Anda punya waktu selama 12 jam untuk menyelesaikan setiap kursus. Kursus-kursus tersebut dapat diakses dalam berbagai bahasa. Di samping itu, Code Avengers juga menawarkan komunitas yang dapat membantu Anda menjadi ahli coding.

Di Code Avengers, Anda dapat mempelajari bahasa pemrograman berikut ini:

  • HTML dan CSS
  • Python
  • Javascript
  • jQuery
  • Web Development

Website ini bahkan menawarkan layanan uji coba gratis selama 7 hari sehingga Anda bisa mencobanya terlebih dulu untuk tahu apakah situs ini layak dimiliki atau tidak.

18. Solo Learn

Solo learn website to online how to code

Solo Learn adalah website yang menawarkan pelatihan berbagai bahasa pemrograman. Salah satu bagian terbaik dari platform ini adalah websitenya yang mobile-friendly.

Di Sole Learn Playground, terdapat area untuk membagikan kode yang sedang dikerjakan dan orang lain dapat berkolaborasi dengan Anda. Mereka akan memberikan masukan atau bahkan mendapatkan inspirasi dari kode dan ide Anda.

Beberapa pelatihan yang disediakan oleh Solo Learn adalah:

  • Ruby
  • jQuery
  • Swift 4 Fundamentals
  • HMTL
  • CSS
  • PHP
  • SQL
  • C / C# / C++
  • JavaScript
  • Python

Ditambah lagi, Anda dapat mengunjuki halaman blog Solo Learn dan membaca berita terkini terkait aplikasi, teknologi dan tips belajar coding.

19. Google Android Training

Google Developers Training free online coding programs

Platform ini dikembangkan oleh tim Google Developers Training. Tentunya pengajar terbaik datang dari sang ahli itu sendiri, bukan? Tidak hanya mempelajari pengkodean, namun juga Anda juga akan mendapatkan Google Developers Certification, yaitu sertifikasi ketika Anda menyelesaikan course dari Google Android Training.

Anda dapat membaca tutorial coding, petunjuk terkait coding dan latihan-latihan terbaik untuk meningkatkan pengetahuan coding. Platform ini juga menyediakan tool seperti Chrome DevTools, Lighthouse, Workbox, dan lainnya untuk mempermudah pembelajaran Anda.

Karena situs ini ditujukan untuk developer level menengah ke atas, Anda perlu memahami dasar-dasar bahasa pemrograman dahulu sebelum memulai pelatihan di sini.

Program yang ditawarkan antara lain:

  • Android development
  • Web development
  • Firebase
  • Machine learning
  • Tensor Flow

Anda juga dapat terlibat dalam proyek lain dan memberi masukan ke pelajar lain. Seperti idealnya sebuah komunitas, semuanya tentang membantu satu sama lain samapi sukses.

20. Upskill

upskill login and sign up page

Upskill merupakan platform untul belajar coding online dan bisa diakses baik oleh pemula maupun advanced developer. Fokus utama dari kursus online ini adalah web development. Website belajar online ini tidak mensyaratkan jika Anda harus menguasai web development terlebih dulu. Meski pemula, Anda bisa mempelajari semua hal tentang pengembangan web di Upskill.

Berikut beberapa coding skill yang bisa Anda pelajari di platform ini:

  • WordPress plugin development
  • WordPress best practicess
  • Javascript
  • HTML5 dan CSS3
  • PHP
  • MySQL
  • Node.js
  • Ruby on Rails

Kurikulumnya sendiri 100% berbasis proyek, yang berarti Anda akan menerapkan langsung keahlian dan pengetahuan yang didapat di kehidupan nyata. Kesempatan ini bisa Anda pergunakan sebagai portofolio.

21. Plural Sight

plural sight login page begin coding online

Plural Sight, dikenal juga sebagai Code School, adalah sebuah platform belajar coding online yang menawarkan paket gratis dan berbayar. Platform ini memiliki metode pembelajaran berbeda dan ditentukan oleh bahasa dan skillnya. Pendekatan studi yang digunakan dijelaskan sebagai berikut:

  1. Anda memilih jalur pembelajaran sendiri yang mana jalur tersebut dibuat oleh pelatih profesional.
  2. Anda mempraktekkan apa yang telah Anda pelajari secara langsung melalui browser dan sesegera mungkin mendapatkan feedback.
  3. Anda akan mendapatkan poin setelah menyelesaikan tiap level dari course yang dijalani.
  4. Anda memonitor kemajuan Anda dan memantau semua pencapaian, lencana yang diperoleh dan materi yang dipelajari.

Materi yang ditawarkan oleh Plural Sight di antaranya:

  • CSS and HTML
  • Javascript
  • Ruby
  • Elixir
  • PHP
  • Python
  • iOS
  • Databases

22. Codeasy.net

Codeasy.net

Codeasy.net menawarkan cara-cara yang fun dan unik untuk belajar coding. Anda akan seolah-olah berada dalam suatu petualangan yang membutuhkan keahlian programming agar berhasil menemukan jalar keluar.

Sepanjang petualangan, Anda akan mempelajari berbagai hal mulai dari dasar0dasar C# sampai topik dan fungsi tingkat lanjut. Metode dan pendekatan yang digunakan pada situs ini didesain khusus bagi para pemula. Anda yang belum menguasai software development pun bisa memanfaatkan situs ini untuk menjadi seorang yang profesional.

Hal terbaik dari kursus online ini adalah lingkungan yang fun dan Anda tidak seperti sedang belajar. Tujuan dari educational experience ini adalah menyelamatkan dunia dari invasi mesin. Skill coding inilah yang akan Anda pakai di dunia nyata.

23. Hack.pledge ()

Hack.pledge ()

Hack.pledge () adalah komunitas yang anggotanya adalah developer berpengalaman, yang dengan senang hati membagikan pengetahuan serta mengajarkan berbagai hal kepada programmer masa depan. Di situs ini, Anda bisa memaksimalkan skill development dengan belajar dari developer top pada bidangnya.

Untuk memulai kursus online ini, langkah paling pertama yang harus dilakukan adalah mendaftar sebagai anggotanya. Setelah itu, pelajarilah software development sampai mahir. Anda juga bisa memanfaatkan berbagai informasi yang dapat mengembangkan skill coding Anda.

Selain belajar online, keunggulan lain yang Anda peroleh dari situs ini adalah terhubungnya Anda ke mentor terhebat yang berpengalaman di bidangnya.

24. aGupieWare

aGupieWare

aGupieWare adalah website belajar coding gratis yang menawarkan kursus dengan kurikulum berbasis MIT, Carnegie Mellon, Berkeley, Standford, dan Columbia. Di program ini, Anda bisa mempelajari 15 kursus yang telah diklasifikasikan ke dalam 3 kelas pengenalan, 7 kelas inti, dan 5 kelas pilihan.

Situs ini merupakan platform yang tepat jika Anda ingin belajar tentang dasar-dasar programming. Skill yang bisa Anda dapatkan, di antaranya adalah:

  • Computer Science
  • Swift programming
  • Python
  • Security Testing
  • Linux
  • Hacking

25. Edabit

Edabit untuk latihan coding

Edabit agak sedikit berbeda dalam hal pemberian materi pembelajaran kode. Alih-alih menonton video dan mengulangi arahan tersebut saat praktek, Edabit memberi tantangan mudah untuk melatih kemampuan Anda.

Program pembelajaran yang ditawarkan oleh Edabit adalah:

  • C# and C++
  • Java and JavaScript
  • PHP
  • Python
  • Ruby
  • Swift

Cukup mendaftar secara gratis di situsnya, maka Anda dapat mengakses materi sesegera mungkin. Anda dapat memilih level, dari easy hingga expert. Halaman Shufle membuat soal acak yang belum terselesaikan. Menghabiskan waktu coding satu jam di situs web ini dengan cepat akan berubah menjadi 5 jam.

Kesimpulan

Biasanya belajar coding tidaklah gratis dan Anda harus membayar agar bisa mempelajari berbagai hal mengenai pengembangan website dan lainnya selama beberapa jam. Untungnya, seiring dengan berjalannya waktu, Anda bisa mempelajari pengkodean dari berbagai sumber online terbaik tanpa harus mengeluarkan sejumlah biaya.

Tentu saja kursus online berbayar tetap ada dan masih menjadi pilihan mumpuni. Akan tetapi, resource gratis yang telah kami bahas sudah cukup bagi Anda untuk mengetahui dasar-dasar pengembangan sehingga bisa menjadi seorang programmer yang andal.

Anda tak perlu menjadi anggota dari semua website di atas. Pilihlah salah satu dan mulailah mempelajari setiap kursus dan material yang diberikan.

Punya pertanyaan, tips, atau trik tentang belajar coding? Beritahukan kami lewat kolom komentar di bawah ini!

Penulis

Author

Ariata C. / @ariata

Ariata suka sekali menulis dan menerjemahkan, dan sekarang ini bekerja sebagai translator di Hostinger Indonesia. Lewat artikel dan tutorial yang diterbitkan di blog Hostinger, Ariata ingin membagikan pengetahuan tentang website, WordPress, dan hal terkait hosting lainnya kepada para pembaca.

Tutorial terkait

Author

unduk zahara Balas

August 06 2019

info yang bagus

Author

indrak Balas

October 10 2019

hi kk cantik makasih ya informasinya cukup membantu saya.. semoga tambah cantik ya kk , dan webnya bisa membantu orang dalam pembelajaran web..

Ketik balasan

Komentar*

Nama*

Email*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jadilah bagian dari Hostinger!