Website

Peluang Usaha Sampingan di Internet! Berikut 7 Ide Bisnis yang Layak Anda Terapkan

Peluang Usaha Sampingan di Internet! Berikut 7 Ide Bisnis yang Layak Anda Terapkan

Anda tidak mungkin membuat website tanpa terlebih dulu menetapkan ide atau topiknya. Website tanpa topik layaknya orang yang hilang arah, bahkan tidak akan menarik sama sekali bagi para pengunjung. Karena itulah, Anda harus membuat topik terlebih dulu untuk menarik perhatian pasar. Menentukan ide website yang tepat memang membutuhkan waktu dan terkadang cukup menantang, terlebih bagi Anda yang ingin membuat bisnis online. Karena itulah, di artikel ini, kami mencoba merangkum 7 ide bisnis yang sekiranya dapat membantu Anda.

Hampir sebagian besar orang ingin mencari uang di internet. Anda pasti sudah sering mendengar kesuksesan orang-orang yang membuat website, lalu menghasilkan banyak uang tanpa perlu berusaha lebih keras (setidaknya itu yang mereka bilang).

Namun tetap saja, menghasilkan uang lewat website tidak semudah yang dipikirkan. Salah satu tantangan yang paling nyata adalah menentukan ide, topik, atau tipe website yang hendak dibuat.

Sebenarnya, ada banyak ide dan topik yang bisa Anda eksekusi untuk menentukan tipe website. Berikut kami coba paparkan beberapa ide bisnis online yang bisa Anda aplikasikan saat membuat website:

  1. Blog afiliasi
  2. Toko online sederhana yang fokus utamanya adalah dropshipping.
  3. Menjadi reseller hosting
  4. Situs pembelajaran atau kursus online
  5. Website lowongan kerja dengan niche yang lebih spesifik
  6. Website yang menawarkan suatu layanan
  7. Website yang bisa Anda jual di kemudian hari

Ketujuh ide di atas merupakan peluang bisnis online yang bisa Anda tangkap dan kembangkan, tentu saja dengan beberapa panduan yang tepat. Pun ketujuh ide tersebut memudahkan Anda mendapatkan banyak uang tanpa harus menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer atau laptop.

Mengapa Anda Harus Menangkap Peluang Bisnis Online Mulai dari Sekarang?

Anda pasti pernah atau akan membaca artikel atau postingan blog yang memuat kisah tentang orang-orang yang berhasil memperoleh uang dari berbisnis online. Kisah-kisah tersebut – dengan beberapa pengecualian – biasanya dilebih-lebihkan untuk menarik perhatian banyak orang, termasuk Anda, agar mendaftar kursus online dengan sejumlah biaya yang tak sedikit atau membeli beragam tool dan aplikasi.

Faktanya, semua orang bisa memulai bisnis online, asalkan dua hal ini diperhatikan dengan baik:

  • Waktu untuk mengelola dan mengembangkan bisnis tersebut.
  • Modal untuk memulai bisnis.

Sebagian ide website membutuhkan biaya yang tak sedikit untuk dieksekusi. Namun, ada beberapa ide bisnis juga yang menyita waktu cukup banyak, sementara sisanya merupakan perpaduan dari uang dan waktu.

Misalkan saja blog tentang afiliasi. Sekarang ini membuat blog seperti ini dari awal cenderung murah dan tidak menghabiskan banyak biaya. Anda hanya perlu membeli domain mulai dari yang termurah kira-kira Rp. 13.212 dan memilih paket shared hosting yang harganya dimulai dari Rp. 9.900/bulan, tentu saja tergantung pada provider hosting yang Anda pilih.

Jika Anda membeli paket hosting apa pun di Hostinger dengan jangka waktu 12 bulan atau kelipatannya, maka Anda akan mendapatkan domain .com; .id; .co.id; atau .xyz – semua yang Anda butuhkan untuk mengonlinekan website.

Untuk membuat blog afiliasi, tentu Anda membutuhkan website sebagai platformnya. Salah satu CMS yang paling banyak digunakan adalah WordPress. Di layanan hosting kami, Anda bisa menginstall dan menjalankan WordPress dengan menggunakan auto-installer.

Perlu diketahui, ketika Anda baru saja mewujudkan peluang bisnis online yang menjanjikan, Anda butuh waktu untuk melihat hasilnya, apakah meningkat atau malah menurun. Pun hasilnya bisa signifikan jika Anda memposting konten baru setiap harinya. Seiring dengan semakin banyaknya postingan yang dipublish, maka semakin tinggi pula jumlah traffic yang datang dari mesin pencari ke website Anda.

Banyak orang yang pada awalnya menggebu-gebu memposting satu atau dua artikel dalam sehari untuk mulai memperoleh penghasilan. Namun sayangnya, mereka tidak sabar dan putus asa ketika hasil yang diharapkan tidak mengalami kenaikan yang berarti.

Selain afiliasi, kami juga akan membahas tentang peluang bisnis online yang mengharuskan Anda untuk meluangkan baik waktu maupun biaya, bahkan terkadang gabungan keduanya.

Karena itulah, Anda perlu memantapkan hati dan mental untuk meraih dan menciptakan hasil yang diharapkan.

7 Ide Bisnis untuk Usaha Sampingan Online

Di bawah ini merupakan ide bisnis online yang bisa Anda lakukan di waktu luang tanpa melupakan atau mengesampingkan usaha atau pekerjaan utama Anda

Hanya saja, perlu diketahui, semakin banyak waktu yang Anda berikan untuk ‘usaha sampingan’ ini, maka semakin cepat pula hasil yang diharapkan terwujud. Dengan upaya yang cukup bahkan maksimal, Anda bisa menskalakan semua bisnis online sampingan ini menjadi sumber pendapatan utama Anda.

1. Blog Afiliasi

Salah satu ide bisnis, blog afiliasi

Di atas, kita sudah sedikit membahas tentang blog afiliasi. Sekarang kita akan menjelaskannya secara lebih mendalam. Website afiliasi menggunakan konten yang ditargetkan untuk mempromosikan produk atau layanan agar pengunjung situs tertarik dan ingin mencoba apa yang ditawarkan. Pemilik website kemudian akan memperoleh sejumlah komisi dari setiap pembelian. Pembelian ini terjadi ketika pengunjung situs Anda mengklik konten atau link afiliasi Anda yang mengarah ke pembuat atau penyedia suatu layanan serta produk.

Misalkan saja Amazon. Situs ini menawarkan program online untuk afiliasi dan telah banyak diketahui oleh orang-orang. Jika Anda mengambil bagian di program ini, maka Anda akan mendapatkan sejumlah uang untuk setiap pembelian yang tercipta pada saat visitor mengklik salah satu link afiliasi Anda.

Katakanlah ada visitor yang sedang mencari informasi tentang mesin pemotong rumput. Ketika mengetikkan kata kunci tertentu, maka artikel berjudul 10 Mesin Pemotong Rumput Terbaik 2018 yang Anda tulis akan muncul di mesin pencari. Mereka kemudian tertarik untuk membaca artikel tersebut yang di dalamnya telah terpasang link afiliasi. Apabila mereka mengklik link afiliasi tersebut, lalu melakukan pembelian (entah itu mesin pemotong rumput atau produk lain di website yang sama), maka Anda akan mendapatkan komisi.

Konsep blog afiliasi sebenarnya sederhana. Hanya saja, blog jenis ini kian populer dan kenyataannya, membuat blog afiliasi yang bisa unggul bahkan menyaingi kompetitornya akan menyita banyak waktu dan perhatian. Meski demikian, blog afiliasi masih bisa menjadi pilhan ide bisnis terbaik bagi Anda yang ingin mengembangkan usaha sampingan. Blog ini dapat diskalakan, apalagi Anda hanya perlu mempublish konten jika memang punya waktu untuk membuat atau menulisnya. Jika mau bersabar di mana website diberikan kesempatan untuk terus berkembang, maka Anda akan mendapatkan penghasilan yang bisa dibilang lumayan.

Berikut beberapa tips yang Anda butuhkan jika ingin membuat website atau blog afiliasi:

  • Fokus pada niche tertentu. Misalnya, Anda hendak membuat blog afiliasi yang sepenuhnya didedikasikan untuk sepatu ortopedi alih-alih sepatu umum. Dengan menetapkan niche yang jelas, Anda bisa mulai menarik perhatian user atau visitor yang mencari informasi tentang sepatu ortopedi. Umumnya, niche yang dipilih adalah topik yang Anda kenal dan pahami dengan baik.
  • Lakukan riset tentang program afiliasi yang sesuai dengan niche Anda. Beberapa niche memiliki program afiliasi khusus, yang pastinya memberikan Anda komisi lebih banyak dari Amazon. Dengan kata lain, melakukan riset sebelum bergabung dengan program afiliasi online akan semakin mendatangkan keuntungan jangka panjang bagi website Anda.
  • Membuat jadwal konten dan selalu mengacu pada jadwal tersebut. Akan lebih mudah bagi Anda untuk menghasilkan postingan padat dan berkualitas jika sudah menetapkan jadwalnya terlebih dulu. Selain itu, dengan memposting konten secara teratur, situs Anda akan menuai keuntungan yang perlahan tapi pasti terus meningkat.

Apabila, bagi Anda, blog afiliasi adalah peluang bisnis online yang menjanjikan, maka tak ada salahnya untuk membaca informasi secara lengkapnya di tutorial kami tentang cara membuat blog.

Suatu hari, website Anda pasti berkembang dan jumlah traffic semakin banyak. Saat inilah Anda membutuhkan banyak orang untuk membantu Anda dalam pengelolaan website, misalnya menulis konten dan menskalakan situs.

2. Toko Online Sederhana yang Fokus Utamanya Adalah Dropshipping

Salah satu ide bisnis online, yaitu dropshipping

Seperti yang kita ketahui, membuat toko online lebih dari sekadar membuat blog atau website sederhana. Hanya saja, kekhawatiran macam ini jangan dijadikan sebagai penghambat untuk berkembang. Permasalahan sebenarnya baru muncul ketika toko online Anda sudah mulai dikenal publik, terlebih karena Anda harus mengurus inventaris dan pengiriman. Dua hal ini tentu saja menyita waktu yang cukup banyak. Di samping itu, apabila Anda hendak menjual produk buatan sendiri, maka sudah pasti Anda akan berurusan dengan sistem produksi.

Berdasarkan fakta di atas, jika Anda ingin menjalankan usaha sampingan, maka drop shipping adalah ide bisnis paling tepat. Dengan drop shipping, Anda bisa melakukan penjualan tapi untuk pengirimannya, Anda memercayakannya pada orang lain. Perusahaan tempat di mana Anda mengambil produknya menetapkan harga dan berdasarkan harga tersebut, Anda bisa menaikkan berapa persen untuk kemudian disimpan sebagai komisi atau keuntungan Anda.

Dalam bayangan konsumen, barang-barang tersebut disediakan, dijual, dan dikirimkan oleh Anda. Padahal Anda hanya meneruskan produk dari suatu perusahaan. Hal terbaik dari drop shipping adalah Anda tidak harus berurusan dengan pengiriman, inventaris, dan bantuan pelanggan.

Dengan kata lain, Anda hanya perlu berfokus pada kenaikan traffic dan mengoptimalkan konversi. Meskipun penghasilan yang Anda peroleh melalui program drop shipping tidak terlalu banyak, metode ini layak untuk dicoba.

Jika Anda tertarik pada peluang bisnis online ini, kami merekomendasikan WordPress sebagai CMS pembuatan website agar Anda bisa menginstall dan menggunakan WooCommerce. Selain itu, ingatlah akan dua tips ini:

  • Fokus pada niche yang spesifikSama seperti blog afiliasi, untuk toko online dengan sistem drop shipping juga memerlukan topik atau niche yang spesifik. Toko online dengan niche yang spesifik lebih cepat mendatangkan keuntungan daripada toko online yang menjual berbagai range produk.
  • Bekerja sama dengan partner yang memiliki reputasi terbaik. Produk harus dikirimkan ke konsumen tepat waktu dan dalam kondisi yang baik sehingga usaha Anda tidak dinilai buruk oleh mereka. Karena itulah, sebaiknya Anda berhati-hati dalam mencari dan menjalin kerja sama dengan supplier.

Seiring dengan bertambahnya konsumen serta jumlah traffic ke website, Anda bisa menambahkan lebih banyak produk ke katalog. Bahkan di satu titik, Anda pasti punya keinginan untuk mengirimkan sendiri produk-produk tertentu, terlebih jika Anda ingin menjadikan bisnis ini sebagai sumber penghasilan utama.

3. Menjadi Reseller Web Hosting

Ide bisnis lain yang bisa Anda lakukan adalah menjadi reseller web hosting. Apalagi kalau Anda sudah familiar dengan pengembangan website.

Menjadi reseller hosting adalah salah satu peluang bisnis online

Prinsipnya, seorang reseller hosting menyewa ruang server dan menggunakannya untuk membuat paket web hosting sendiri.

Sebagai contoh, id.hosting24.com, yang masih berada di bawah naungan Hostinger, menawarkan program reseller hosting yang sepenuhnya didukung oleh WHM dan cPanel. Software ini memudahkan Anda dalam pembuatan custom limit serta menyertakan atau mengecualikan fitur-fitur tertentu.

Software tersebut juga memiliki beragam fitur yang memudahkan Anda dalam mengelola akun.

Apabila Anda ingin mencari uang dari internet melalui website, maka reseller hosting merupakan ide bisnis online yang menjanjikan. Bahkan Anda juga bisa menawarkan layanan tambahan pada konsumen.

4. Situs Pembelajaran atau Kursus Online

Bisnis online dengan membuat situs pembelajaran

Salah satu kebaikan internet adalah kemudahannya dalam menyediakan hal apa pun yang ingin Anda pelajari. Ingin membuat website? Cari saja di internet dan Anda akan menemukan berbagai tutorial dan panduan terkait. Atau mungkin Anda ingin mencari produk, misalnya mesin pencabut rumput, bahkan hal lain seperti cara merebus telur hingga matang dengan sempurna? Semuanya ada di internet.

Namun, di beberapa kasus, tutorial dan artikel pembelajaran baru bisa Anda dapatkan setelah melakukan sejumlah pembayaran. Hal ini tentu saja masuk akal karena tentor yang dibayar dengan jumlah layak kemungkinan besar mau mengajari Anda tentang suatu hal dengan benar dan tepat. Jadi, jika Anda memiliki kemampuan dalam bidang tertentu atau orang-orang di komunitas Anda ingin belajar lebih banyak dari Anda, maka membuat situs kursus online merupakan peluang bisnis online yang menjanjikan.

Anggap saja, misalnya, Anda ingin mengajari orang-orang tentang cara membuat website dengan menggunakan WordPress. Anda bisa mulai dari pengetahuan tersebut yang kemudian dapat dikembangkan menjadi kursus online di mana di dalamnya terdapat beragam artikel dan panduan, seperti cara menghasilkan uang dengan mebuat blog, mengoptimalkan Optimasi Mesin Pencari (SEO), dan masih banyak lagi. Semakin banyak informasi yang dibagikan, maka semakin banyak pula pembaca atau visitor yang bersedia membayar, alih-alih memilih versi gratisnya.

Agar semua ini dapat terwujud, Anda harus punya website dan juga metode yang tepat untuk menawarkan dan menjual konten serta memproses pembayaran. Ada banyak tool yang tersedia agar Anda lebih mudah membuat kursus online, tapi tool yang paling sederhana adalah plugin WooCommerce dan ekstensi yang dedicated, seperti Sensei:

Sensei

Sama seperti blog afiliasi, Anda tentunya membutuhkan traffic yang besar jika ingin menghasilkan uang dari kursus online yang dibuat. Salah satu tips untuk menarik perhatian visitor adalah memposting konten gratis secara teratur. Setelah volume traffic semakin naik, Anda bisa mulai menawarkan konten premium dan menghasilkan uang dari sana.

5. Website Lowongan Kerja dengan Niche yang Lebih Spesifik

Salah satu bisnis online yang menjanjikan adalah membuat website lowongan kerja

Semua ide bisnis yang kami sebutkan di atas relatif sudah mainstream. Kali ini, kami akan membahas peluang bisnis online yang lain dari biasanya.

Kita tidak bisa memungkiri kalau sebagian besar orang kini mencari pekerjaan di internet. Hanya saja, menemukan lowongan kerja yang tepat sedikit banyak cukup menantang. Ada banyak platform yang, sayangnya, harus Anda buka, kemudian menyortir lowongannya dari pekerjaan yang tidak relevan atau sesuai pengalaman Anda. Agar tidak membuang waktu dengan ‘percuma’, para pelamar biasanya berlangganan website premium yang menyediakan informasi lowongan kerja terakurat. Dengan demikian, mereka bisa melamar pekerjaan yang paling sesuai dengan latar belakangnya.

Jika Anda tahu pekerjaan dengan niche yang spesifik dan Anda punya waktu untuk mencari informasi lebih mengenai pekerjaan tersebut, maka Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk membuat website lowongan kerja. Terapkan biaya bulanan bagi para pencari kerja agar mereka bisa mengakses dan mendaftar pada lowongan yang tersedia. Pilihan lain, kenakan biaya pada individu atau perusahaan yang memasang iklan lowongan kerja di website Anda.

Bagaimanapun cara atau metodenya, Anda membutuhkan platformuntuk membuat website lowongan kerja dan memproses pembayaran. Sekali lagi, rekomendasi kami adalah WordPress. CMS ini menawarkan beragam plugin job board agar Anda dapat menambahkan fitur yang diperlukan untuk menginstall WordPress dasar. Setelah itu, Anda bisa mulai mencari penawaran dan mengarahkan traffic ke website.

Sama seperti kursus online, metode terbaik untuk meningkatkan traffic baik dari perusahaan dan pelamar kerja adalah mempublish konten gratis. Tentunya butuh waktu sampai website Anda benar-benar meraih profit. Namun, website ini merupakan investasi jangka panjang. Selain itu, Anda juga bisa memposting lowongan kerja untk bisnis online Anda.

6. Website yang Menjual Suatu Layanan

Salah satu ide bisnis online adalah menawarkan layanan website

Istilah ‘layanan’ website dapat mencakup berbagai tipe bisnis. Sebagai contoh, situs kami, Hostinger, adalah layanan website karena di dalamnya kami menjual web hosting. Umumnya, layanan website merupakan bisnis online yang menjual sesuatu berharga tapi tidak dalam bentuk fisik atau digital.

Jika Anda tahu bahkan sadar terhadap kemampuan serta pengetahuan yang dimiliki, maka Anda akan tahu layanan yang tepat untuk ditawarkan di internet. Misalnya saja, Anda bisa menawarkan layanan mengedit, membantu mengatasi masalah pemrograman, atau hal lain yang bahkan di luar bayangan Anda. Meski tersedia sejumlah platform untuk mengiklankan usaha Anda, tetap saja Anda harus memiliki website khusus sehingga bisnis Anda terlihat lebih profesional serta mampu menggaet banyak konsumen.

Membuat website khusus layanan tidak sulit, apalagi sekarang ada platform, seperti WordPress. Dengan CMS terpopuler ini, Anda hanya perlu mendesain landing page yang menarik dan menambahkan informasi singkat mengenai diri Anda dan layanan yang ditawarkan. Kalau mau, Anda pun bisa menyertakan tabel atau daftar harga. Dengan informasi seperti ini, konsumen bisa mendapatkan gambaran singkat mengenai produk apa saja yang Anda sediakan.

Setelah website online, mulailah mengajak orang-orang untuk membuka dan mengaksesnya. Untuk itu, diperlukan adanya media sosial yang kerap dikenal sebagai tool paling efektif dalam memperkenalkan ide bisnis Anda – meskipun memang mengandalkan personal networking juga perlu. Misalnya, Anda menawarkan kartu nama yang selain data pribadi, juga tertera link website. Bagikanlah kartu nama ini saat Anda menghadiri berbagai acara terkait.

Peluang bisnis online ini akan semakin mudah Anda jalani setelah website berkembang dan mendapatkan perhatian dari banyak visitor. Bahkan Anda bisa menjadikannya sebagai sumber utama mata pencarian, apabila ingin serius di dalamnya.

7. Website yang Bisa Anda Jual di Kemudian Hari

Menjual website bisa dijadikan sebagai peluang bisnis online

Banyak sekali ide bisnis yang bisa Anda wujudkan dengan membuat website terlebih dulu. Sejauh ini, semua bisnis online yang menjanjikan seperti yang telah kami sebutkan di atas berpotensi mendatangkan keuntungan dalam jumlah signifikan. Namun, jika Anda bukan tipe orang yang suka berbisnis dengan menggunakan website, selalu ada jalan untuk bisa menghasilkan uang di internet.

Ternyata ada pasar bagi website dengan track record terbaik. Biasanya di tempat ini, ‘berkumpullah’ orang-orang yang ingin membeli situs. Misalnya, jika Anda mampu membuktikan bahwa website Anda saat ini mampu mendatangkan keuntungan setidaknya $500 per bulan, maka tidak akan sulit mendapatkan calon pembeli. Siapa pun pasti berminat membeli website dengan rekam jejak terbaik seperti ini!

Jangan khawatir jika menemukan website yang dijual lebih murah daripada situs Anda. Pembeli yang serius akan mempertimbangkan beberapa hal, seperti lamanya website Anda beredar di internet dan berapa jumlah keuntungan yang dibuatnya. Anda pun bisa membagikan informasi traffic sehingga calon pembeli dapat mengetahui secara lengkap fakta terkini dari website Anda.

Tidak ada seorang pun yang sudah dari awal ingin membuat website agar bisa dijual. Hanya saja, setelah bertahun-tahun mengelola website dengan topik atau niche yang sama, rasa bosan pasti melanda. Maka dari itu, menjual website menjadi salah satu ide bisnis yang brilian daripada Anda harus menonaktifkannya.

Dari semua website yang telah kami bahas sejauh ini, blog afiliasi dan toko online memiliki kesempatan yang bagus untuk dijual. Kursus online dan website lowongan kerja juga bisa menjadi peluang bisnis online yang menjanjikan meski memang agak susah untuk mencari calon pembeli yang tertarik dengan website tipe ini.

Lakukan riset terlebih dulu jika ingin menjual website. Ada dua platform yang bisa Anda cek, Flippa dan Empire Flippers. Flippa merupakan pasar bagi situs kecil hingga medium dan dijual dengan harga yang cukup murah:

Flippa

Empire Flippers merupakan platform bagi website yang sudah besar dan mampu mendatangkan keuntungan siginifikan:

Empire Flippers

Dua situs ini akan membantu Anda mendapatkan calon pembeli yang mampu membayar lebih untuk website dengan tampilan menarik dan keuntungan banyak.

Kesimpulan

Mewujudkan ide bisnis ke dalam bentuk website memang membutuhkan waktu yang tidak singkat. Akan tetapi, jika ditekuni, website tersebut mampu membawa keberuntungan bagi Anda meski Anda memilih untuk menjadikannya usaha sampingan. Misalnya, siapa pun dapat membuat blog afiliasi dan memposting kapan pun mereka memiliki waktu luang. Pilihlah peluang bisnis online yang menjanjikan bagi Anda.

Bagaimana pendapat Anda tentang ide bisnis online yang kami bahas? Tuliskan komentar Anda pada kolom komentar di bawah ini!

Tambah Komentar

Klik di sini untuk menulis komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Gabung bersama ratusan ribu pelanggan di seluruh dunia

dan dapatkan tutorial baru langsung di email Anda

Please wait...

Abone olduğunuz için teşekkürler!

Dapatkan harga hemat!

Web Hosting Gratis Domain mulai dari

Rp.10.275
/bln
[href]
[href]
[href]
[href]