Glosarium Tutorial WordPress

Apa Itu Sidebar WordPress?

Jika ini pertama kalinya Anda membuat website atau blog di WordPress, maka Anda akan bertanya-tanya tentang apa itu sidebar. Secara umum, pengertian sidebar merujuk pada suatu area tempat Anda meletakkan widget. Itulah mengapa nama lain dari sidebar ini adalah widget-ready area.

Sidebar adalah pelengkap dari konten utama yang terletak di tengah-tengah blog. Bisa dikatakan kalau kustomisasi sidebar tidak wajib. Namun, kustomisasi sidebar akan menjadi berguna jika Anda ingin memberi informasi informasi tambahan.

Perlu dicatat bahwa pengertian sidebar juga berlaku pada platform website apa pun, termasuk WordPress. Lihat kotak merah yang ditampilkan oleh screenshot di bawah ini:

sidebar pada halaman Hostinger

 

sidebar pada halaman blog referral candy

 

sidebar pada halaman serious eats

 

Anda bisa menaruh apapun di situs selama ada widget khusus sebagai pendukungnya. Perlu diingat bahwa sidebar tidak harus berada di samping. Bisa saja sidebar diletakkan di dekat footer – atau area widget mana pun di halaman situs.

Satu hal lagi – jangan sembarangan menjejali konten ke sidebar. Tambahkan konten atau informasi yang dipercaya bisa meningkatkan nilai website Anda. Jika tidak, user experience taruhannya.

5 Kegunaan Sidebar WordPress

Untuk mengkostumisasi area sidebar, buka Appearance > Widgets dan drag-and-drop widget pilihan Anda.

Jika Anda ingin membuat area lain, gunakan plugin Custom Sidebar. Plugin ini memungkinkan Anda untuk mengedit sidebar tanpa coding namun hasilnya tetap memuaskan.

Anda sudah menyediakan ‘tempat’. Lalu, apa yang harus diisi? Selain iklan, inilah beberapa rekomendasi kami:

  1. Rekomendasi Bacaan
    Jangan biarkan pengunjung Anda pergi begitu saja setelah membaca satu postingan. Alihkan perhatian mereka pada postingan yang populer dan berhubungan dengan artikel yang baru saja dibaca. Tidak hanya menambah trafik, trik ini juga akan meningkatkan performa SEO Anda. Semakin lama pengunjung berada di situs Anda, maka semakin tinggi pula peringkat website di mesin pencari.
    Rekomendasi plugin: WordPress Popular Post dan Jetpack.
  2.  Email Berlangganan
    Jika pengunjung website menyukai konten Anda, ada kesempatan di mana mereka ingin tahu lebih. Cobalah untuk menempatkan email berlangganan di sidebar. Pengunjung dapat berlangganan untuk memperoleh informasi atau artikel terbaru.
    Rekomendasi plugin: OptinMonster, MailChimp
  3. Fitur Sosial Media
    Postingan yang baik harus dibagikan kepada siapa pun. Letakkan fitur social media sharing di sidebar agar pengunjung bisa membagikan konten tersebut. Jika memiliki kanal media sosial, tambahkan widget untuk mengarahkan pengunjung ke akun media sosial milik Anda.
    Rekomendasi plugin: Simple Social Icons, Easy Social Share
  4. Reputasi website
    Jangan malu untuk menunjukkan reputasi Anda. Entah itu statistik berlangganan atau testimonial, perlihatkanlah pada publik. Menampilkan reputasi website di sidebar mampu meraih kepercayaan pengunjung, apalagi kalau mereka adalah pengunjung baru.
    Rekomendasi plugin: Social Count Plus, Testimonials Widgets.

    tombol share sosial media pada sidebar

  5. Sticky Sidebar
    Sebagai contoh, Anda memiliki postingan yang panjang. Selagi pengunjung membaca dan men-scroll postingan tersebut, sidebar tetap berada di tempatnya. Sticky sidebar merupakan fitur yang akan mempertahankan sidebar tetap di tempatnya dan pengunjung bisa terus melihat konten.
    Rekomendasi plugin: Q2W3 Fixed Widget, Sticky Menu (Or Anything) on Scroll

widget yang selalu menempel walau sudah di halaman bagian bawah

Kesimpulan

Sidebar WordPress kerap dipandang sebelah mata. Jika Anda tahu cara menggunakannya, sidebar sangat berpengaruh pada pertumbuhan website.

Tentang penulis

Nadia Agatha

Nadia merupakan penerjemah lepas sejak 2016, kini ia menjadi penerjemah untuk Hostinger. Ia gemar membaca dan melakukan penelitian seputar penerjemahan dan sosiolinguistik. Disamping itu, ia juga suka bermain dengan kucingnya dan bercengkrama bersama teman-temannya di waktu senggang.

Tambah Komentar

Klik di sini untuk menulis komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dapatkan harga hemat!

Web Hosting Gratis Domain mulai dari

Rp.8.739
/bln