Apa Itu Sidebar WordPress?
access_time
hourglass_empty
person_outline

Apa Itu Sidebar WordPress?

Pernahkah Anda mencoba membuat website atau blog di WordPress? Jika belum, Anda mungkin bertanya-tanya tentang apa itu sidebar. Secara umum, pengertian sidebar merujuk pada area tempat Anda meletakkan widget. Karena itulah sidebar terkadang disebut dengan nama lain, yaitu widget-ready area.

Salah satu fungsi sidebar adalah sebagai pelengkap konten utama yang ditampilkan di bagian tengah blog. Jadi, sebenarnya sidebar tidak benar-benar wajib dikustomisasi. Namun, jika Anda ingin memberikan informasi tambahan di halaman, penyesuaian ini akan cukup membantu.

Perlu diingat juga bahwa pengertian sidebar berlaku untuk semua platform website, termasuk WordPress. Lihat kotak merah yang ditampilkan pada screenshot di bawah ini:

Contoh sidebar blog Hostinger
Area sidebar di blog Hostinger

 

Sidebar blog ReferralCandy
Sidebar ReferralCandy

 

Sidebar SeriousEats
Sidebar SeriousEats

 

Anda bisa menaruh apa pun di situs Anda selama ada widget khusus yang mendukungnya. Tapi, sebenarnya sidebar tidak harus berada di samping. Sidebar boleh diletakkan di dekat footer, atau di area widget mana pun di halaman situs.

Satu lagi yang perlu Anda ingat: jangan sembarangan menjejalkan konten ke sidebar. Tambahkan konten atau informasi yang dirasa mampu meningkatkan nilai website Anda. Jika tidak, user experience website bisa menjadi taruhannya.

5 Kegunaan Sidebar WordPress

Setelah mengetahui apa itu sidebar, sekarang mari kita bahas kegunaannya. Tapi sebelumnya, apakah Anda sudah tahu cara membuat sidebar di blog atau website? Caranya, buka Appearance > Widgets lalu drag-and-drop widget pilihan Anda.

Jika ingin membuat lebih banyak area, gunakan plugin Custom Sidebars. Plugin ini memungkinkan Anda mengedit sidebar tanpa harus menambahkan coding, dengan hasil yang sama bagusnya.

Setelah menyediakan ‘tempat’, apa yang harus Anda tambahkan ke area ini?  Benar, Anda bisa menambahkan iklan, atau hal-hal lain seperti berikut:

  1. Rekomendasi Bacaan
    Jangan biarkan pengunjung pergi begitu saja setelah membaca postingan. Coba tarik perhatian mereka pada postingan populer yang masih terkait dengan artikel yang baru saja mereka baca. Tidak hanya menambah trafik, trik ini juga akan meningkatkan performa SEO Anda. Semakin lama pengunjung berada di situs Anda, semakin tinggi pula peringkat website di mesin pencari.
    Rekomendasi plugin: WordPress Popular Post dan Jetpack.
  2. Email Berlangganan
    Jika pengunjung menyukai konten Anda, ada kemungkinan mereka akan mencari tahu lebih jauh tentang website Anda. Cobalah untuk menambahkan email berlangganan di sidebar. Pengunjung pun bisa berlangganan untuk mendapatkan informasi atau artikel terbaru.
    Rekomendasi plugin: OptinMonster, MailChimp
  3. Fitur Media Sosial
    Postingan yang bagus akan membuat pengunjung tertarik untuk membagikannya. Tambahkan fitur social media sharing di sidebar agar pengunjung bisa membagikan konten Anda. Jika memiliki kanal media sosial, Anda juga bisa menambahkan widget agar pengunjung bisa mengunjungi media sosial Anda.
    Rekomendasi plugin: Simple Social Icons, Easy Social Share
  4. Reputasi Website
    Jangan malu untuk menunjukkan reputasi Anda. Entah itu statistik berlangganan maupun testimonial, Anda boleh menunjukkan semuanya. Menampilkan reputasi website di sidebar mampu membangun kepercayaan, terutama bagi pengunjung baru.
    Rekomendasi plugin: Social Count Plus, Testimonials Widgets

    Tombol berbagi di media sosial
    Reputasi website untuk membuktikan popularitas artikel
  5. Sticky Sidebar
    Misalnya Anda memiliki postingan yang cukup panjang. Selagi pengunjung membaca dan men-scroll postingan tersebut, sidebar tetap berada di tempatnya. Nah, sticky sidebar adalah fitur yang membuat sidebar tetap berada di tempatnya sembari pengunjung membaca konten Anda. Lihat rekomendasi kami di bawah ini untuk membuat sticky widget.
    Rekomendasi plugin: Q2W3 Fixed Widget, Sticky Menu (Or Anything) on Scroll
Widget yang selalu berada di tempatnya saat postingan di-scroll
Halaman terus di-scroll, dan widget tetap berada di tempatnya

Kesimpulan

Meskipun memiliki fungsi yang cukup berguna, sidebar terkadang masih kurang dimanfaatkan dengan baik. Padahal, jika tahu cara menggunakannya dengan benar, sidebar akan sangat berpengaruh pada pertumbuhan dan trafik website.

Nah, setelah mengetahui apa itu sidebar dan fungsinya beserta rekomendasi yang bisa diaplikasikan, semoga Anda kini bisa mengoptimalkan penggunaan sidebar untuk website atau blog Anda. Selamat mencoba!

Penulis

Author

Faradilla Ayunindya / @faradilla

Faradilla adalah penerjemah bahasa Inggris ke bahasa Indonesia yang menyukai segala hal tentang IT dan senang mengikuti tren seputar teknologi. Ia ingin turut berbagi informasi mengenai topik yang sedang populer di dunia online melalui tutorial yang ditulisnya di blog Hostinger.

Tutorial pilihan

Tutorial terkait

Ketik balasan

Komentar*

Nama*

Email*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jadilah bagian dari Hostinger!