VPS

Cara Install LAMP Ubuntu 16.04

Pengenalan

Melalui tutorial ini, Anda akan mengetahui cara install LAMP Ubuntu 16.04. LAMP merupakan singkatan dari Linux, Apache, MySQL, PHP. LAMP sangat berguna untuk membuat dan melakukan deploy yang dinamis pada aplikasi web.

Di paket perangkat lunak bebas ini, Linux berperan sebagai sistem operasi untuk aplikasi web. MySQL digunakan sebagai database. Apache digunakan sebagai server web. PHP digunakan untuk memproses konten yang dinamis. Varian lain dari paket perangkat lunak bebas ini menggunakan Perl alih-alih PHP atau Phyton. Akan tetapi, di tutorial cara install LAMP Ubuntu 16.04 ini, kami akan menginstall PHP karena paling sering digunakan di paket perangkat lunak bebas ini.

Yang Anda Butuhkan untuk Install LAMP Ubuntu 16.04

Sebelum memulai tutorial install LAMP Ubuntu 16.04, Anda membutuhkan:

Kami sangat menyarankan Anda untuk menggunakan sudo user daripada root user apabila ingin menginstall perangkat lunak (software) untuk tujuan keamanan. Jika Anda memiliki akses root ke server VPS, maka Anda dapat membuat sudo user dengan perintah berikut ini.

Perintah di atas membuat digunakan untuk membuat user dengan username yang telah Anda berikan. Kemudian buat sudoer untuk user yang baru saja dibuat.

Cara Kerja LAMP

Kapan pun permintaan halaman web tiba di server, permintaan tersebut akan dikirimkan ke sebuah aplikasi yang disebut server web, dalam kasus ini Apache. Apache mencari file yang diminta di URL permintaan dan membawa informasi ini ke penerjemah PHP. Penerjemah PHP menjalankan logika yang tertulis dalam file tersebut, menarik data dari database MySQL jika diperlukan, dan membuat halaman web. Apache, web server kami mengirimkan halaman web yang telah dibuat ini ke klien. Keseluruhan proses ini dijalakan dengan beberapa variasi setiap kali Anda meminta halaman web dari server LAMP.

Langkah 1 – Menginstall Server Web Apache

Sebelum memulai instalasi, perbarui sistem Anda dan pastikan Anda memiliki paket perangkat lunak bebas terbaru.

Sekarang install Apache2 mengikuti perintah di bawah ini.

Mengecek Instalasi Anda

Untuk mengecek instalasi, buka browser Anda di jaringan lokal dan masukkan alamat di bawah ini ke kolom alamat.

Sebagai contoh, jika alamat IP VPS Anda adalah 22.23.24.45, maka alamat Anda haruslah:

Anda akan melihat sebuah halaman dengan tampian seperti ini:

Install LAMP Ubuntu 16.04 - Apache 2 Default Page

Catatan: Jika Anda tidak tahu alamat IP VPS Anda, maka cara tercepat untuk mengetahuinya adalah dengan menjalankan perintah di bawah ini. Perintah ini akan menampilkan alamat IP publik dari VPS Anda.

Memecahkan Masalah Saat Menginstall

Jika gambar di atas tidak juga muncul, jangan khawatir. Kemungkinan Anda telah mengaktifkan firewall. Anda harus mengaktifkan Apache untuk menerima permintaan web pada port 80 dan port 443 di firewall Anda. Install UFWM.

Kemudian beri izin pada traffic HTTP dan HTTPS melewati firewall.

Perintah di atas mengizinkan traffic HTTP dan HTTPS melewati firewall. UFW merupakan aplikasi baris perintah yang disebut Uncomplicated Firewall. UFW digunakan untuk mengelola dan membuat rule untuk Linux firewall. Masukkan alamat IP VPS Anda ke browser untuk mengecek instalasi. Anda dapat mengecek status server Apache dengan perintah di bawah ini.

Langkah 2 – Menginstall MySQL

MySQL merupakan database untuk aplikasi Anda. Untuk menginstall MySQL, masukkan perintah berikut ini.

Pada saat instalasi berlangsung, Anda akan diminta untuk memasukkan password user root. Pastikan untuk memasukkan password yang kut. Anda harus mengisi kolom password.

Menginstall LAMP di Ubuntu - Password MySQL

User root merupakan hak akses user MySQL yang paling tinggi. Dengan menggunakan user root, Anda dapat membuat user lain untuk database tersebut. Hal ini merupakan cara yang baik untuk membuat user/role terpisah untuk database dari aplikasi web yang baru. Anda dapat mengecek status layanan MySQL dengan perintah berikut ini.

Contoh output:

Langkah 3 – Menginstall PHP

PHP menjalankan aplikasi Anda. Install PHP dan modul tambahan dengan perintah berikut ini.

Perintah ini akan menginstall versi terbaru dan stabil dari PHP dan beberapa modul tambahan yang dibutuhkan aplikasi web agar bisa bekerja dengan maksimal.

Langkah 3.1 – Mengecek Instalasi PHP Anda

Anda sudah menginstall PHP. Sekarang saatnya mengecek apakah PHP tersebut dapat berfungsi dengan benar. Caranya adalah dengan membuat file untuk mengetes dan membukanya di browser. Pertama-tama, install nano text editor.

Nano adalah baris perintah text editor dan mudah untuk digunakan oleh para pemula. Klik di sini untuk memahami lebih lanjut cara menggunakan nano text editor. Masukkan perintah berikut ini.

Perintah ini akan membuka nano editor dan menampilkan file kosong test.php untuk mulai mengedit. Direktori /var/www/html, tempat kita membuat file tes PHP, disebut sebagai webroot. Di sinilah Apache akan mencari file yang diminta di dalam URL website secara standar jika tidak dikonfigurasikan untuk mencari di tempat lain. Cek halaman dokumentasi Apache Ubuntu untuk informasi mengenai konfigurasinya. Anda pun memerlukan hak akses root agar bisa menulis di direktori ini. Kami menggunakan sudo di depan perintah yang digunakan. Masukkan teks berikut ini di dalam editor yang telah dibuka:

Setelah memasukkan teks di atas, tekan CTRL + X (atau CMD + X jika Anda menggunakan Mac). kemudian Y, lalu tekan ENTER. File akan tersimpan dan Anda keluar dari editor. Buka alamat web di bawah ini di browser Anda.

Anda akan melihat suatu halaman dengan tampilan seperti ini:

LAMP di Ubuntu telah diinstall

Fungsi phpinfo yang ada di dalam script test.php kami menampilkan informasi mengenai instalasi PHP beserta konfigurasinya. Hapur file tersebut dengan memasukkan perintah ini:

Catatan: Sangat penting untuk menghapus file test tersebut setelah mengecek instalasi. Karena jika tidak, maka dapat membuat pihak lain mencuri informasi penting mengenai konfigurasi server.

Kesimpulan

Anda telah mempelajari cara install LAMP Ubuntu 16.04. Setelah proses instalasi selesai, Anda dapat menyalin (copy) file PHP Anda ke server dan melakukan deploy pada aplikasi web Anda. Anda juga dapat menginstall phpMyAdmin untuk mengelola database Anda di software antarmuka web. Bacalah tutorial VPS kami yang lain. Jika punya pertanyaan dan saran, jangan ragu untuk memberitahu kami lewat kolom komentar.

Gabung bersama ratusan ribu pelanggan di seluruh dunia

dan dapatkan tutorial baru langsung di email Anda

Please wait...

Abone olduğunuz için teşekkürler!

Dapatkan harga hemat!

Web Hosting Gratis Domain mulai dari

Rp.3.975
/bln