6 Penyedia Hosting Server Palworld Terbaik & Recommended

Game online Palworld saat ini sedang sangat populer hampir di seluruh dunia. Agar bisa bermain secara multiplayer tanpa lag, Anda perlu game server hosting yang optimal dan aman. Meskipun ada server publik resmi dari game ini, Anda tidak bisa mengonfigurasinya atau menginstal mod.

Nah, apabila ingin membuat server sendiri tapi belum tahu penyedia mana yang harus dipilih, di artikel ini kami akan memberikan rekomendasi penyedia hosting server Palworld terbaik dan fitur penting yang wajib ada.

Kami menilainya berdasarkan performa, keandalan, pengalaman pengguna, dan biaya sehingga Anda bisa memilih penyedia hosting terbaik sesuai kebutuhan. Sudah penasaran? Yuk, temukan penyedia hosting server Palworld terbaik yang cocok untuk Anda!

6 Penyedia Hosting Server Palworld Terbaik

Performa dedicated server Palworld Anda akan sangat bergantung pada penyedia hosting yang dipilih.

Host server yang bagus pasti menyediakan resource yang seimbang untuk performa, keandalan, dan keamanan, serta fitur penting lainnya seperti layanan pelanggan yang responsif, kemudahan penyesuaian, dan backup otomatis.

1. Hostinger 

ilustrasi vps
  • Rating: 5/5
  • Paling cocok untuk: gamer pemula yang mencari hosting server Palworld yang canggih dan aman
  • Harga: mulai dari $6,99/bulan (sekitar Rp110.000)

Hostinger adalah salah satu pilihan terbaik bagi Anda yang sedang mencari hosting server Palworld, terutama kalau sewaktu-waktu Anda ingin menyesuaikan spesifikasi dan kapasitasnya.

Sebagai salah satu penyedia game server hosting terbaik, paket kami dirancang agar mudah diatur sesuai kebutuhan, memungkinkan Anda melakukan upgrade resource server dengan mudah seiring berkembangnya kebutuhan komunitas Anda.

Tidak seperti virtual private server (VPS) biasa, paket game hosting kami dilengkapi dengan Game Panel khusus yang didesain untuk membantu pengguna non-teknis menyiapkan dan menjalankan server Palworld sendiri tanpa ribet.

Cara Menggunakan Game Panel Hostinger untuk Hosting Server Palworld

Untuk membuat dedicated server Palworld, buka Game Panel melalui menu Pratinjau VPS Anda di tab Akses Panel. Klik Create New Instance lalu pilih Palworld dari daftar drop-down.

new instance palworld di game panel

Tunggu sampai proses download server selesai. Setelah siap, Anda bisa mengundang teman-teman Anda bermain Palworld dengan memasukkan alamat IP dan port server Anda. Selain itu, Anda juga bisa mengonfigurasi pengaturan server Palworld melalui menu Configuration.

Cara Menghosting Dedicated Server Palworld dengan Hostinger

Anda juga bisa memulai dedicated server Palworld dengan menggunakan VPS. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pilih paket game hosting Palworld Anda
  2. Mulai setup VPS
  3. Buat koneksi ke VPS dengan klien SSH
  4. Instal SteamCMD dan dependensi game server
  5. Download dan instal file server Palworld
  6. Konfigurasikan server melalui file INI 
  7. Luncurkan server Palworld
  8. Lakukan maintenance dan pengelolaan server rutin

Fitur Utama

  • Paket VPS yang mudah diatur sesuai kebutuhan. Sesuaikan resource server Palworld Anda dengan mudah untuk mengakomodasi pertumbuhan komunitas.
  • Performa tinggi. Hadirkan pengalaman gaming yang lancar dan tanpa gangguan, yang tentunya sangat penting untuk game multiplayer.
  • Harga yang terjangkau. Pilih paket dari berbagai opsi terjangkau yang sesuai dengan budget Anda.
  • Infrastruktur yang powerful. Infrastruktur server yang canggih dengan hardware berspesifikasi tinggi menjamin uptime yang maksimal dan performa yang konsisten.
  • Game Panel. Panel game intuitif untuk mempermudah penginstalan dan konfigurasi server Palworld Anda.
  • Pusat data global. Dengan lokasi pusat data yang ada di seluruh dunia, Anda bisa bermain game dengan latensi rendah terlepas dari lokasi Anda dan teman-teman Anda.
  • Dukungan 24/7. Ada tim Customer Success yang selalu siap 24 jam untuk membantu menjawab pertanyaan Anda atau menyelesaikan masalah teknis apa pun.

2. Shockbyte

shockbyte
  • Rating: 4,3/5
  • Paling cocok untuk: gamer berpengalaman yang membutuhkan kompatibilitas mod tinggi
  • Harga: mulai dari $11,99/bulan (sekitar Rp190.000)

Shockbyte menawarkan dedicated server hosting untuk berbagai game, termasuk Palworld, yang difokuskan untuk performa dan dukungan yang optimal untuk pengalaman bermain game multiplayer.

Provider hosting Palworld ini direkomendasikan karena dukungan mod yang disediakan bagi para pemain yang ingin meningkatkan pengalaman gamingnya. Dengannya, gaming akan terasa lebih personal, memungkinkan pemilik server mengonfigurasi game sesuai dengan preferensi komunitasnya.

Namun, waktu respons tim dukungan pelanggan Shockbyte terkadang cukup lambat. Selain itu, user baru yang belum pernah membuat server Palworld mungkin merasa proses setup awalnya agak sulit. Meskipun ada jaminan uptime tinggi, terkadang masih terjadi down-time atau masalah performa yang bisa berdampak negatif pada server Palworld Anda sendiri.

Fitur Utama

  • Pembersihan terjadwal. Reset server Anda secara rutin untuk menjaga performa game tetap optimal, apalagi kalau ada banyak konten yang dihasilkan pengguna.
  • Akses FTP penuh. Memungkinkan Anda menyesuaikan file server untuk kustomisasi yang menyeluruh.
  • Control panel. Lakukan pengelolaan server dengan mudah menggunakan antarmuka yang intuitif.
  • Jaringan latensi rendah. Menjamin pengalaman gaming yang lancar melalui infrastruktur jaringan yang dioptimalkan.

Kekurangan

  • Waktu respons tim dukungan pelanggan yang lambat. Beberapa pengguna melaporkan respon dari tim dukungan lebih lambat dari yang diharapkan, yang bisa menjadi masalah untuk isu-isu mendesak.
  • Pengaturan kompleks. Proses pengaturan awal mungkin menantang bagi pemula, dengan kurva belajar yang cukup terlihat.
  • Waktu tidak aktif. Meskipun ada janji uptime yang tinggi, beberapa pengguna mungkin masih mengalami downtime sporadis atau masalah performa.

3. Sparked Host

sparked-host
  • Rating: 4/5
  • Paling cocok untuk: user yang sudah cukup berpengalaman dengan game server hosting
  • Harga: mulai dari $17,60/bulan (sekitar Rp280.000)

Sparked Host memang berspesialisasi di bidang penyediaan hosting untuk komunitas gaming. Layanan mereka mengutamakan performa server yang stabil, yang tentunya menjadi syarat wajib game multiplayer yang memerlukan interaksi real-time dengan ping rendah.

Namun, bagi user atau gamer pemula, proses setup dedicated server Palworld di Sparked Host mungkin akan sedikit rumit karena membutuhkan pengetahuan teknis, yang akhirnya bisa cukup memakan waktu. Selain itu, tidak ada dukungan untuk pengguna Xbox dan Xbox Game Pass.

Artinya, gamer konsol tidak akan bisa bermain Palworld di server yang sudah Anda buat ketika dukungan dedicated host untuk Xbox dirilis.

Fitur Utama

  • Hardware berperforma tinggi. Memungkinkan gameplay multi-player yang lancar tanpa lag di dedicated server Palworld Anda.
  • Lokasi server global. Mengurangi latensi dengan menghosting server di lokasi yang paling dekat dengan pemain di seluruh dunia.
  • Perlindungan DDoS yang canggih. Membantu melindungi server dari ancaman eksternal.

Kekurangan

  • Pengaturan awal yang rumit. Proses setup server game yang rumit bisa menjadi tantangan tersendiri bagi user baru di dunia hosting server.
  • Batasan Xbox/game pass. Sparked Host saat ini tidak mendukung pengguna Xbox/Xbox game pass.

4. DatHost

dathost
  • Rating: 4,1/5
  • Paling cocok untuk: gamer yang membutuhkan server yang mudah disesuaikan dan ditingkatkan
  • Harga: mulai dari $17,23/bulan (sekitar Rp275.000)

DatHost dirancang bagi pengguna yang mencari solusi hosting server yang mudah disesuaikan, khususnya untuk game seperti Palworld. Terdapat perlindungan DDoS dan hardware berperforma tinggi di semua servernya untuk menjamin uptime yang optimal.

Salah satu fitur unggulan DatHost adalah kemudahannya untuk diatur sesuai kebutuhan, memungkinkan pengguna menyesuaikan resource server dengan mudah untuk mengakomodasi perubahan. Fleksibilitas ini sangat bermanfaat untuk mengembangkan komunitas Palworld Anda.

Namun, harga DatHost lebih mahal dibandingkan dengan penyedia lainnya, terutama saat Anda melakukan upgrade. Selain itu, meskipun tersedia dukungan mod yang canggih, implementasinya sebenarnya memerlukan skill teknis tingkat lanjut.

Fitur Utama

  • Resource server yang mudah disesuaikan. Ukuran dan kapasitas server bisa disesuaikan dengan mudah tergantung pada kebutuhan saat ini.
  • Dukungan mod tingkat lanjut. Tersedia berbagai opsi untuk kustomisasi server.
  • Control panel yang user-friendly. Memudahkan pengelolaan server untuk pengalaman gaming yang lebih lancar.

Kekurangan

  • Harga lebih mahal dalam skala besar. Biaya totalnya bisa meningkat secara signifikan saat menambah resource server.
  • Perlu skill teknis untuk menggunakan mod. Proses implementasi mod bisa cukup rumit dan memerlukan skill teknis.

5. Zap Hosting

zap hosting sebagai salah satu penyedia hosting palworld terbaik
  • Rating: 4/5
  • Paling cocok untuk: user dengan budget terbatas dan memerlukan setup yang mudah
  • Harga: mulai dari $7,71/bulan (sekitar Rp125.000)

Zap Hosting menawarkan solusi yang terjangkau untuk menghosting dedicated server Palworld, yang cocok untuk para gamer dengan budget terbatas. Provider ini menyediakan pengaturan server yang mudah, memungkinkan pemula maupun profesional mengaksesnya tanpa masalah.

Salah satu penyedia hosting Palworld terbaik ini dikenal dengan setup server yang cepat dan simpel, memungkinkan Anda menjalankan server Palworld tanpa harus memiliki skill teknis tingkat lanjut. Kemudahan ini tentunya sangat bermanfaat bagi user pemula.

Namun, opsi kustomisasinya mungkin terbatas karena dedicated server game ini sudah dikonfigurasi dari sananya secara default. Selain itu, meskipun harganya terjangkau, beberapa user pernah mengalami performa server yang tidak konsisten, yang mungkin memengaruhi game saat jam sibuk.

Fitur Utama

  • Harga yang terjangkau. Harga hosting game server di Zap Hosting cukup bersaing.
  • Setup server yang mudah. Tersedia setup yang mudah sehingga cocok untuk pemula maupun profesional.
  • Dukungan pelanggan yang responsif. Menyediakan bantuan tepat waktu untuk menjawab pertanyaan dan mengatasi masalah.

Kekurangan

  • Penyesuaian terbatas. Hanya ada sedikit opsi kustomisasi untuk penyesuaian server tingkat lanjut.
  • Performa server tidak konsisten. Beberapa user melaporkan masalah performa selama jam sibuk.

6. Pine Hosting

pine hosting
  • Rating: 3,9/5
  • Paling cocok untuk: komunitas kecil dan pemain individu
  • Harga: mulai dari $14,99/bulan (sekitar Rp240.000)

Pine Hosting dirancang untuk komunitas game kecil dan pemain individu. Fokus mereka adalah menyediakan hosting game server yang andal dan sederhana untuk game seperti Palworld.

Web host ini menyediakan metode yang lebih personal untuk mengatur hosting server, yang ideal bagi komunitas kecil atau pemain solo. Dukungan pelanggan Pine Hosting dikenal lebih perhatian dan responsif karena fokusnya pada operasi skala kecil.

Di sisi lain, performa server gamenya mungkin tidak seoptimal penyedia yang lebih besar. Hal ini mungkin sedikit merepotkan kalau Anda berencana menghosting game untuk banyak pemain. Selain itu, meskipun harganya terjangkau untuk skala kecil, hosting ini mungkin kurang efisien untuk komunitas besar.

Fitur Utama

  • Pengalaman hosting yang lebih personal. Cocok untuk komunitas kecil dan pemain solo yang membutuhkan server Palworld.
  • Dukungan pelanggan yang perhatian. Bantuan yang responsif dan personal akan sangat berguna bagi user pemula.

Kekurangan

  • Skalabilitas terbatas. Hosting ini kurang ideal untuk komunitas besar atau yang sedang berkembang pesat.
  • Kurangnya opsi harga. Penetapan harganya mungkin kurang fleksibel seiring bertambahnya kebutuhan server.
  • Lokasi server yang terbatas. Saat ini, lokasi servernya hanya ada di benua Eropa dan Amerika Utara.

Tips Berguna

Ingin membagikan pengalaman gaming Anda saat bermain Palworld? Coba buat website game sendiri yuk! Website ini bisa difungsikan sebagai sarana marketing, menjadi ruang untuk menginformasikan fitur khusus dan update server Anda, serta mengiklankan event gaming. Anda pun bisa menarik pemain baru dan mengajak pemain lama menjadi pengunjung setia.

Fitur Wajib Penyedia Hosting Server Palworld Terbaik

Saat mencari penyedia hosting server Palworld terbaik, ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan VPS hosting terutama dalam hal pengalaman gaming yang bisa diatur sesuai keinginan. Berikut alasannya:

Performa Server

Hosting yang ideal harus mampu menjamin down-time minimal dan memiliki spesifikasi hardware yang memadai, atau bahkan melebihi persyaratan Palworld. VPS menyediakan resource khusus yang dibutuhkan untuk setup server Palworld yang cepat, memastikan hampir tidak ada down-time dan memenuhi persyaratan sistem game dengan efisien.

Paket VPS Hostinger mampu memenuhi kebutuhan server game seperti Palworld, menyediakan dedicated resource untuk memastikan gameplay yang lancar dan bebas lag. Dengan jaringan berkecepatan tinggi dan penyimpanan SSD, performa server Anda pun lebih optimal, dengan loading yang lebih cepat.

Lokasi Server

Pilih penyedia VPS yang lokasi servernya dekat dengan para pemain. Hal ini bisa mengurangi ping secara signifikan sehingga gaming menjadi lebih lancar. Banyak host VPS yang memiliki lokasi server di seluruh dunia, memungkinkan Anda memilih posisi geografis yang ideal untuk server Anda.

Dengan beberapa pusat data di seluruh dunia, Hostinger memungkinkan Anda memilih lokasi server yang paling dekat dengan teman atau para pemain Anda. Pilihan lokasi ini menjamin koneksi yang optimal untuk para pemain, mengurangi latensi secara signifikan dan memberikan pengalaman gaming yang lebih menyenangkan.

Skalabilitas

Pastikan paket hosting VPS Anda bisa disesuaikan seiring dengan pertumbuhan server. Makin banyak pemain di server Palworld Anda, resource yang dibutuhkan juga akan bertambah. Jadi, pilihlah host VPS yang menawarkan opsi upgrade tanpa masalah, memungkinkan Anda meningkatkan paket tanpa down-time atau gangguan layanan dan memastikan lingkungan gaming yang konsisten untuk para pemain.

VPS Hosting dari Hostinger bisa diupgrade dengan mudah untuk memenuhi kebutuhan yang terus bertambah. Tersedianya beberapa pilihan paket memudahkan Anda upgrade resource tanpa down-time, memastikan server Anda tetap tersedia dan bisa diakses.

Keamanan

Utamakan host VPS yang menerapkan langkah-langkah keamanan ketat, termasuk perlindungan DDoS dan backup rutin otomatis. Hal ini tidak hanya akan mengamankan server Palworld Anda dari serangan cyber, tapi juga memastikan data game tetap aman dan mencegah kehilangan data.

Hostinger menyediakan hosting server Palworld yang aman dengan langkah perlindungan yang canggih, termasuk perlindungan DDoS tingkat lanjut dan backup rutin. Hal ini tentunya akan menjamin server dan data game Anda terlindungi dari ancaman eksternal, serta meminimalkan kehilangan data.

Fitur Control Panel

Pilih provider yang menyediakan control panel lengkap. Dengannya, proses setup dan pengelolaan server game akan jauh lebih mudah karena Anda bisa menggunakan GUI (antarmuka pengguna grafis) tanpa harus menulis kode.

Di Hostinger, Game Panel kami menyediakan dashboard utama untuk hal-hal seperti setup dedicated server Palworld, mengonfigurasi pengaturan dalam game, dan mengecek log. Control panel kustom kami, hPanel, juga memiliki tool monitoring bawaan yang memungkinkan Anda memantau performa VPS dengan mudah melalui web browser.

Kesimpulan

Untuk pengalaman bermain Palworld yang optimal, Anda perlu menggunakan web hosting yang tepat. Hostinger menyediakan pilihan yang terjangkau dalam hal biaya, infrastruktur yang canggih, dan dukungan pelanggan yang responsif, menjadikannya sebagai salah satu penyedia hosting server Palworld terbaik.

Data center kami tersedia di seluruh dunia, dengan dukungan 24/7 untuk menjamin pengalaman gaming yang lancar di mana pun Anda berada. Apabila berencana menyesuaikan server Palworld seiring dengan bertambahnya kebutuhan, paket VPS dan Game Panel Hostinger memungkinkan Anda upgrade resource tanpa harus mengalami down-time.

Baik Anda masih baru dalam hal hosting server game atau sedang ingin membangun komunitas bersama teman-teman sesama gamer Palworld, Hostinger menyediakan tool dan resource yang optimal untuk menciptakan lingkungan bermain yang stabil dan menyenangkan. 

Pertanyaan Umum seputar Penyedia Hosting Server Palworld Terbaik

Temukan jawaban atas pertanyaan yang paling sering diajukan tentang hosting server Palworld di bawah ini.

Apa Persyaratan Sistem Minimum untuk Menghosting Server Palworld?

Persyaratan minimum untuk menghosting server Palworld biasanya mencakup prosesor multi-core modern dan RAM minimal 8 GB, tapi lebih baik 16 GB atau lebih. Selain itu, pastikan koneksi internet Anda stabil dan cepat untuk memastikan permainan yang lancar dan stabilitas server.

Berapa Biaya Hosting Server Palworld?

Biaya server Palworld bervariasi, mulai dari Rp110.000/bulan tergantung pada faktor-faktor seperti kapasitas server, bandwidth, dan fitur tambahan yang disediakan penyedia hosting. Untuk informasi selengkapnya, cari tahu berapa biaya hosting website pada umumnya. 

Apakah Bisa Menghosting Server Palworld di PC Sendiri?

Sebenarnya Anda bisa menghosting server Palworld di PC sendiri, tapi untuk pengalaman gaming dan performa yang lebih baik, kami merekomendasikan VPS hosting. VPS mampu meminimalkan risiko terkait gangguan koneksi dan listrik yang mungkin terjadi dengan setup server di PC sendiri. 

Bisakah Upgrade Resource Seiring Berkembangnya Server Palworld?

Ya, dengan VPS hosting di Hostinger, Anda bisa upgrade resource server seiring berkembangnya komunitas Palworld Anda. Hostinger menawarkan paket VPS yang fleksibel, memungkinkan Anda upgrade CPU, RAM, dan penyimpanan dengan mudah untuk mengakomodasi pertumbuhan jumlah pemain dan memastikan pengalaman bermain game yang bebas lag.

Author
Penulis

Faradilla A.

Faradilla, yang lebih akrab disapa Ninda, adalah Content Marketing Specialist di Hostinger. Ia suka mengikuti tren seputar teknologi, digital marketing, dan belajar bahasa. Melalui tutorial Hostinger ini, Ninda ingin berbagi informasi dan membantu pembaca menyelesaikan masalah yang dialami.