20+ Game yang Bisa Menggunakan Dedicated Server di VPS

Game yang bisa menggunakan dedicated server memberikan pengalaman gaming yang lebih seru dan lancar untuk mode multi-player dengan server pribadi. Meskipun beberapa developer menyediakan server publik, biasanya server ini tidak mengizinkan Anda mengustomisasinya.

Dengan dedicated server atau server khusus, Anda bebas menyesuaikan kontrol agar game lebih stabil. Anda bisa membuat server ini menggunakan VPS Hostinger, yang sudah dilengkapi dengan Game Panel untuk setup berbagai game online dengan mudah.

Di artikel ini, kami akan merekomendasikan berbagai game dengan dedicated server yang memungkinkan Anda membuat server game sendiri. Semua game ini bisa menggunakan VPS Hostinger dan dikonfigurasikan melalui Game Panel.

Game yang Bisa Menggunakan Dedicated Server (Server Khusus) di VPS

Tanpa berlama-lama lagi, ini dia rekomendasi game yang bisa menggunakan dedicated server untuk bermain secara multi-player bebas lag dengan VPS game hosting dari Hostinger.

1. Minecraft

minecraft

Di Minecraft, Anda akan bermain untuk bertahan hidup dengan berpetualang ke dunia yang luas untuk mengumpulkan berbagai bahan material, membuat peralatan yang berguna, dan melawan makhluk menakutkan.

Apabila ingin bereksperimen dengan gameplay yang lebih asyik, game ini menyediakan mode uji coba terisolasi dengan mode Creative, menyediakan sumber daya yang tak terbatas bagi para pemain untuk mencoba berbagai hal.

Dengan membuat dedicated server, Anda bisa menghadirkan gameplay yang lebih seru lagi dari mode standar game survival pada umumnya. Misalnya, Anda bisa menginstal mod kustom untuk menambahkan jenis mob baru dan mengaktifkan PvP, yang tidak didukung oleh Minecraft secara default.

Selain itu, dengan membuat server Minecraft, Anda bisa menghosting proxy Geyser, yang memungkinkan permainan multi-player lintas platform antara Minecraft Bedrock dan Java Edition.

Untuk VPS Linux dengan hingga 15 pemain, Minecraft merekomendasikan RAM 3 GB, penyimpanan 16 GB, dan prosesor AMD K8 yang memiliki hingga dua CPU core. Namun, spesifikasi ini mungkin berbeda tergantung pada sistem operasi Anda.

2. Palworld

palworld

Di Palworld, hingga 4 pemain akan bermain menjelajahi dunia terbuka yang luas dan penuh dengan makhluk unik yang disebut Pals. Makhluk-makhluk ini bisa ditangkap, dilatih, bahkan digunakan dalam pertarungan. Terdengar familiar?

Palworld menggabungkan elemen survival, crafting, dan eksplorasi, mendorong pemain untuk membangun tempat berlindung, membuat senjata, bergabung dengan pemain lain, dan yang paling seru adalah memulai petualangan yang mendebarkan.

Agar lebih asyik lagi, Anda bisa membuat dedicated server Palworld untuk meningkatkan pengalaman gaming dan menghadirkan hal-hal baru yang luar biasa. Anda bisa mengubah aturan permainan, menyesuaikan frekuensi munculnya makhluk lain, atau menginstal custom content baru.

Untuk performa yang stabil, sebaiknya buat hosting Palworld menggunakan spesifikasi minimum RAM 8 GB, penyimpanan 40 GB, dan prosesor multi-core. Namun, kalau berencana menggunakan pengaturan kustom untuk menambah jumlah pemain default, Anda mungkin akan memerlukan lebih banyak resource.

Baca panduan lengkap kami kalau Anda memerlukan bantuan untuk menemukan penyedia hosting server Palworld terbaik.

3. Counter-Strike 2

counter strike 2

Counter-Strike adalah salah satu game tactical shooter online terpopuler sepanjang masa. Dalam mode kompetitif klasik 5v5, tim Anda perlu mengatur strategi untuk mencegah tim lawan meledakkan bom, dan tim yang memenangkan putaran terbanyak adalah pemenangnya.

Beberapa tahun terakhir, Counter-Strike sudah memiliki beberapa versi, dan CS2 adalah yang terbaru. Meskipun server resminya mendukung rank match, pemain bisa menyiapkan dedicated server untuk membuat mode game kustom, seperti surfing atau bunny-hopping.

Tergantung pada versi game, persyaratan minimum untuk membuat server Counter-Strike akan berbeda-beda. Misalnya, spesifikasi minimum sistem berbasis Linux adalah RAM 2 GB, penyimpanan 33 GB, dan CPU modern apa pun.

4. Enshrouded

enshrouded

Enshrouded akan mengajak Anda terjun ke dunia yang penuh dengan rahasia, teka-teki, dan sentuhan mistis. Jenisnya termasuk survival multi-player, tapi game ini punya keseruan sendiri berkat perpaduan pemecahan teka-teki kolaboratif dan mekanisme survival yang keras di dunia yang misterius dan selalu berubah.

Dengan dedicated server, Anda bisa menyesuaikan permainan sesuka Anda, baik untuk mode bermain yang santai maupun yang lebih menantang.

Apabila ingin menghosting server Enshrouded sendiri dengan 4-6 pemain, Anda memerlukan setup minimal dengan RAM 16 GB dan penyimpanan 30 GB, serta CPU yang layak agar permainan lancar.

Sedangkan untuk hingga 16 pemain, Anda memerlukan prosesor Intel Core i7 dengan kecepatan 3,7 GHz atau CPU AMD yang cocok sesuai persyaratan resmi.

5. Among Us

impostor among us

Among Us menyatukan hingga 15 pemain di dalam pesawat angkasa luar, masing-masing bertugas untuk mempersiapkan peluncuran pesawat. Namun, di antara mereka, ada Impostor yang dipilih secara acak untuk mengeliminasi anggota kru mereka tanpa ketahuan.

Dedicated server memungkinkan Anda menginstal mod di Among Us untuk mengubah mekanisme inti game dan membuat game menjadi lebih asyik. Contohnya, ada mod obrolan yang membatasi komunikasi pemain hanya dengan kru yang berada di dekatnya. Anda juga bisa menambah batas pemain, membuat tugas baru, dan menambahkan kemampuan khusus.

Among Us tidak memiliki rekomendasi spesifikasi hardware tertentu. Namun, CPU dual-core dengan RAM 1 GB dan penyimpanan 16 GB seharusnya sudah cukup untuk 20 pemain karena game ini relatif ringan.

6. DotA 2

DotA 2

DotA (Defense of the Ancients) adalah versi modifikasi game MOBA (Massive Online Battle Arena) lain yang mungkin pernah Anda mainkan juga, Warcraft III. Valve, developer game populer seperti Half-Life dan Left 4 Dead, menjadikan DotA 2 sebagai penerus dan versi sendiri dari game aslinya.

Dalam DoTA 2, dua tim yang terdiri dari 5 pemain menggunakan karakter hero masing-masing untuk menghancurkan pasukan lawan. Tim yang berhasil menghancurkan The Ancients yang berada di markas musuh di seberang wilayah mereka adalah pemenangnya.

DoTA 2 dengan dedicated server memungkinkan Anda mengatur mode game kustom dan mode komunitas yang bisa diikuti pemain lain. Contoh terkenalnya adalah Auto Chess, di mana strategi yang sudah ditetapkan dengan 8 pemain akan menentukan hasil pertempuran otomatis. Konsep ini langsung menarik perhatian developer terkenal.

Valve tidak secara spesifik menyebutkan persyaratan server minimum. Namun, sebaiknya Anda menghosting game Source-based seperti DotA 2 minimal dengan CPU 1 GHz dan RAM 512 MB.

7. Unturned

unturned

Unturned adalah salah satu game multi-player yang paling populer, di mana pemain bertahan hidup dalam zombie apocalypse dengan mengumpulkan bahan-bahan persediaan, membangun markas, dan melawan pihak yang terinfeksi virus zombie. Menariknya, gaya grafisnya menggunakan blok seperti Minecraft.

Meskipun game ini juga memiliki sistem crafting dan indikator stamina yang mirip dengan game sandbox populer, mekanisme intinya relatif lebih sederhana. Ada komunitas besar mod Unturned, yang memungkinkan Anda menambahkan lebih banyak opsi transportasi atau pertanian, misalnya.

Selain mod, membuat dedicated server Unturned memungkinkan Anda memilih lebih dari 40+ peta. Persyaratan hardware minimumnya adalah CPU quad-core, 4 GB RAM, dan minimal 10 GB penyimpanan.

8. DayZ

dayz

DayZ adalah game multi-player dengan mekanisme survival. Selain mengumpulkan persediaan untuk bertahan hidup lebih lama, pemain juga harus mencari senjata untuk melawan tidak hanya zombie, tapi juga survivor lainnya.

Dedicated server DayZ memungkinkan Anda membuat dunia dengan aturan kustom untuk menyesuaikan tingkat kesulitan. Misalnya, Anda bisa memberikan hukuman kepada orang yang menyerang pemain lain yang tidak bersenjata sehingga game menjadi lebih menyenangkan bagi pemula.

Selain itu, ada berbagai mod untuk meningkatkan dan memodifikasi gameplay, seperti DayZ-dog yang memungkinkan pemain memiliki teman berkaki empat yang setia ini.

Karena dunianya yang luas, hosting DayZ memerlukan server berperforma tinggi. Spesifikasi hardware yang direkomendasikan adalah CPU quad-core, RAM 8 GB, penyimpanan minimal 50 GB, dan kecepatan jaringan lebih dari 100 Mbps.

9. Terraria

terraria

Terraria adalah game petualangan aksi dua dimensi di mana pemain harus mengumpulkan sumber daya, bertani, menambang material, dan bertarung melawan berbagai musuh untuk bertahan hidup. Game ini mungkin mirip dengan Minecraft, tapi Terraria lebih difokuskan pada pertarungan, bukan proses membangun.

Selain itu, Terraria tidak memiliki mode kreatif yang memberikan sumber daya tak terbatas pada pemain. Namun, Anda bisa setup server game dedicated untuk memungkinkan game berbasis multi-player PvE atau PvP.

Server game pribadi juga memungkinkan Anda menambahkan mod karena ekstensi  tModLoader memerlukan dedicated hosting.

Terraria merekomendasikan minimal RAM 512 MB untuk menghosting versi vanilla dunia game ini dengan kurang dari 10 pemain. Meskipun CPU minimumnya tidak ditentukan, kami merekomendasikan setidaknya prosesor dual-core.

10. Rust

rust

Rust adalah game multi-player open world di mana Anda harus bertahan di lingkungan yang keras dengan mengumpulkan sumber daya, membangun tempat berlindung, dan melawan musuh.

Meskipun mekanismenya sederhana, Rust menawarkan berbagai mode untuk meningkatkan pengalaman gaming secara keseluruhan. Misalnya, mode Hardcore akan menaikkan tingkat kesulitan yang membuat permainan menjadi jauh lebih menantang.

Pemain Rust bisa mengubah mode permainan ini dengan membuat dedicated server. Selain itu, Anda bisa memodifikasi mekanismenya, seperti kecepatan pembuatan item dan tingkat pengumpulan sumber daya, atau mengubah siklus siang-malam.

Untuk membuat dedicated server Rust, Anda memerlukan sistem dengan performa yang lebih tinggi. Developer merekomendasikan minimal CPU quad-core, RAM 8 GB, dan koneksi 100 Mbps. Apabila ada banyak aset kustom dan pemain, Anda akan memerlukan lebih banyak resource lagi.

11. Team Fortress 2

team fortress 2

Team Fortress 2 adalah game first-person shooter multi-player berbasis karakter. Ada banyak mode game yang tersedia secara default, termasuk mode klasik seperti Capture of the Flag, King of the Hill, atau Mann vs. Machine.

Tentu saja, Anda bisa menginstal berbagai mod di server pribadi TF2. Misalnya, Anda bisa menambahkan rangkaian perbaikan tekstur untuk meningkatkan grafis game atau model pemain kustom untuk mengubah tampilan atau senjata Anda.

Persyaratan minimum servernya adalah CPU dual-core, RAM 1 GB, penyimpanan 5 GB, dan jaringan 1 Mbps. Meskipun penggunaan resourcenya cukup rendah, sebaiknya gunakan perangkat dengan spesifikasi yang lebih tinggi karena menawarkan lebih banyak ruang untuk menambah slot pemain yang tersedia.

12. Garry’s Mod

gameplay garrys mod

Garry’s Mod adalah game sandbox populer yang memungkinkan pemain membangun dan berinteraksi dengan beragam objek dalam berbagai cara (berkat mesin Source yang kuat) tanpa tujuan khusus.

Namun, membuat dedicated server memungkinkan Anda menghosting puluhan mode game online Garry’s Mod yang berbeda, seperti Prop Hunt dan Trouble in Terrorist Town.

Dalam Prop Hunt, satu tim pemain bergantian mencari tim lain yang dikendalikan oleh pemain yang bisa menyamar sebagai berbagai objek biasa dalam game.

Sementara itu, Trouble in Terrorist Town menempatkan pemain di peta khusus berbasis Counter-Strike di mana mereka harus menemukan pengkhianat di antara pemain yang ada sebelum pengkhianat tersebut mengeliminasi semua orang lain.

Karena Garry’s Mod adalah game yang cukup intensif dalam penggunaan prosesor, server Anda akan memerlukan setidaknya CPU 2 GHz, RAM 4 GB, dedicated vRAM 512 MB, dan ruang penyimpanan 5 GB.

13. ARK: Survival Evolved

ark survival evolved

Dalam ARK: Survival Evolved, pemain terdampar di pulau terpencil penuh dinosaurus yang memiliki kekuatan sendiri. Tujuan game ini adalah mengumpulkan sumber daya, membangun tempat berlindung, dan menjinakkan dinosaurus liar untuk membantu Anda bertarung.

Meskipun masih bisa dimainkan, ARK: Survival Evolved saat ini tidak memiliki server resmi lagi, dan mode multi-player publik hanya tersedia di sekuelnya, ARK: Survival Ascended. Namun, Anda masih bisa bermain dalam mode co-op menggunakan host pribadi khusus.

Seperti game lainnya dalam daftar ini, ARK: Survival Evolved memungkinkan Anda menginstal mod di server self-hosted untuk mengubah mekanisme gameplay. Persyaratan hardware untuk 10-15 pemain adalah RAM 8GB, CPU dual-core, dan penyimpanan 20 GB.

14. Don’t Starve Together

dont starve together

Don’t Starve Together adalah sekuel dari game survival single-player Don’t Starve, dengan tambahan fitur multi-player. Dalam game ini, pemain terdampar di hutan dan harus mencari petunjuk untuk menyelamatkan diri sembari bertahan dari rasa lapar dan monster.

Menggunakan dedicated server, Anda bisa mengubah mode game menjadi Battle Arena atau Time Attack. Anda juga bisa memilih tingkat kesulitan dari 5 opsi berbeda atau menyediakan server hanya untuk teman-teman Anda. Selain itu, Anda bisa menginstal berbagai mod seru, termasuk fitur integrasi Twitch.

Server Don’t Starve Together membutuhkan setidaknya RAM 65 MB dan jaringan 8 Kbps per pemain. Artinya, Anda memerlukan RAM sekitar 650 MB dan koneksi 80 Kbps untuk menghosting 10 pemain. Game ini tidak memiliki spesifikasi CPU khusus, namun prosesor dual-core seharusnya sudah cukup.

15. Valheim

valheim

Di game Valheim, Anda bermain sebagai seorang prajurit Viking dengan tujuan membuktikan diri kepada para Dewa dengan membunuh iblis di alam kehidupan berikutnya. Hingga 10 pemain harus bekerja sama untuk tetap hidup dan mengalahkan bos yang berbeda-beda.

Karena server resminya hanya mendukung hingga 10 pemain, Anda bisa membuat dedicated host untuk bermain dengan lebih banyak orang. Anda juga bisa mengaktifkan mode game lainnya, seperti mode Hardcore untuk memberikan hukuman tambahan apabila mati dan menambah tingkat kesulitan secara keseluruhan.

Selain itu, dedicated server memungkinkan Anda menginstal mod kustom untuk menyesuaikan elemen gameplay inti Valheim.

Valheim adalah game yang bisa menggunakan dedicated server dengan resource yang cukup intensif, membutuhkan prosesor minimal quad-core, 2,8 GHz, RAM 2 GB, dan penyimpanan minimal 2 GB.

16. Project Zomboid

project zomboid

Project Zomboid adalah game survival open-world yang memungkinkan Anda memilih berbagai sifat dan pekerjaan untuk menentukan titik awal game. Contohnya, kalau memilih menjadi pemadam kebakaran, Anda mungkin akan memulai game di kantor pemadam kebakaran.

Selain melawan zombie, pemain harus memperhatikan beberapa indikator agar karakternya tetap hidup, termasuk stres, kelelahan, kelaparan, dan kebosanan. Indikator ini membuat Project Zomboid menjadi jauh lebih menantang dibandingkan dengan game survival lainnya.

Nah, apabila menggunakan server khusus, Anda bisa menjalankan command untuk menyesuaikan tingkat kesulitan game. Namun, metode memerlukan spesifikasi hardware tinggi dengan CPU quad-core, RAM 8 GB, dan penyimpanan 70 GB.

Penting! Perlu diketahui bahwa persyaratan minimum server game mungkin berbeda-beda tergantung pada sistem operasi. Misalnya, server berbasis Windows Project Zomboid akan memerlukan ruang disk tambahan sebesar 10 GB.

17. 7 Days to Die

7 ways to die

7 Days to Die adalah game survival open-world lainnya yang tak kalah seru. Tujuan game ini adalah bertahan hidup dengan melawan zombie, membangun tempat berlindung, dan mencari resource.

Aspek unik dari game ini adalah mudahnya pemain untuk terjangkit infeksi selain bisa terluka dengan cara lain. Selain itu, pemain bisa memilih untuk menghasilkan peta secara acak, memungkinkan mereka menerapkan strategi khusus untuk setiap sesi permainan baru.

Setup dengan dedicated server di game ini memungkinkan Anda bermain dalam mode multi-player hingga dengan 8 orang per server. Dalam hal ini, hardware server yang direkomendasikan adalah CPU dual-core 3 GHz, RAM 8 GB, dan penyimpanan 12 GB.

18. Left 4 Dead 2

left 4 dead 2

Left 4 Dead 2 adalah game horor co-op dengan latar lokasi di East Coast yang dipenuhi zombie. Tidak seperti jenis multi-player survival lainnya, game ini mengutamakan pertarungan dan difokuskan pada alur ceritanya, mendukung hingga 4 pemain yang mengontrol para survivor.

Ada juga mode game yang disebut Survival, di mana pemain harus melawan zombie selama mungkin. Sementara itu, mode Versus menugaskan beberapa pemain sebagai Special Infected yang harus menghentikan Survivor agar tidak bisa lanjut bertahan.

Mod untuk Left 4 Dead 2 umumnya dibuat untuk mengubah model karakter dan objek, atau meningkatkan kualitas dalam game. Namun, dengan dedicated server, Anda bisa menginstal lebih dari 50 peta campaign kustom untuk memperpanjang waktu game karena konten aslinya agak terbatas.

Karena game berbasis Source engine ini sudah cukup lama, spesifikasi server minimum dengan CPU 1 GHz, penyimpanan 10 GB, dan RAM 512 MB seharusnya sudah cukup untuk menghosting game.

19. Factorio

factorio banner

Factorio adalah game survival simulasi konstruksi dan pengelolaan di mana pemain harus mengumpulkan material untuk membangun pabrik dan permesinan sembari melawan banyak monster.

Meskipun mendukung mode multi-player, game ini menggunakan arsitektur server client-hosted (juga disebut ‘listen server’) secara default. Karena PC milik salah satu pemain akan menjadi host, pemain lain mungkin mengalami latensi tinggi atau masalah performa kalau sistem atau kecepatan internet host tidak memadai.

Anda bisa membuat dedicated server untuk menjamin performa komputasi dan jaringan yang optimal. Selain itu, Anda bisa menginstal ekstensi kustom dari repositori mod resminya untuk memodifikasi game lebih lanjut.

Persyaratan hardware minimum host Factorio mencakup prosesor dual-core 2,4 GHz, RAM 2 GB, dan penyimpanan minimal 10 GB.

20. Risk of Rain 2

risk of rain 2

Dalam Risk of Rain 2, pemain mengendalikan pilot pesawat ruang angkasa yang terdampar di sebuah planet yang dipenuhi oleh alien jahat. Mereka harus bekerja sama untuk mengumpulkan resource dan barang-barang yang bisa menambah skill.

Dalam game survival ini, monster akan semakin sulit dikalahkan secara bertahap sehingga pemain harus memilih antara mendapatkan lebih banyak poin EXP atau menyelesaikan setiap level dulu sebelum musuh menjadi sangat kuat.

Secara default, game yang bisa menggunakan dedicated server ini mendukung hingga 4 orang. Anda bisa membuat server khusus untuk menambah jumlah pemain dan menginstal mod khusus agar game menjadi lebih tidak terduga dan mendebarkan.

Sementara itu, persyaratan server minimum untuk menghosting Risk of Rain 2 yaitu CPU dual-core, RAM 4 GB, dan penyimpanan 5 GB.

21. Squad

squad

Squad adalah game first-person shooter online taktis dengan simulasi realisme pertempuran. Hingga 100 pemain dibagi menjadi dua tim yang harus bertempur untuk berbagai tujuan, seperti mengambil alih area strategis dan menghancurkan gudang senjata tim lawan.

Pemain bisa memilih peran yang semuanya memiliki keterampilan sendiri. Untuk menjelajahi medan perang Squad yang luas, tim bisa menggunakan berbagai kendaraan, termasuk tank tempur dan helikopter.

Squad adalah game yang membutuhkan banyak resource, memerlukan setidaknya CPU quad-core, RAM 8 GB, dan penyimpanan sekitar 55 GB. Menggunakan dedicated server, Anda bisa menginstal mod kustom untuk meningkatkan mekanisme pertempuran lebih jauh lagi agar pengalaman menembak terasa lebih nyata.

22. Conan Exiles

conan exiles

Conan Exiles membawa pemain ke dunia yang brutal berdasarkan cerita klasik dari Zaman Hyborian. Anda harus bertahan melawan elemen alam yang kuat dengan membuat peralatan dan senjata sembari bertahan dari berbagai jenis musuh.

Anda juga bisa memilih untuk bergabung dengan berbagai tempat suci pantheon, yang akan memberikan kekuatan seperti dewa. Ada material dan musuh sendiri di Conan Exiles berdasarkan bioma tertentu. Misalnya, makhluk mitologi Yeti hanya bisa ditemukan di area bersalju pada peta.

Dengan membuat server khusus sendiri, Anda bisa menghosting dunia game yang berfokus pada PvE atau PvP. Persyaratan minimum untuk bermain dengan hingga 10 pemain adalah prosesor dual-core, RAM 8 GB, dan penyimpanan 35 GB.

Kenapa Harus Menghosting Game di Dedicated Server?

Dengan game yang bisa menggunakan dedicated server, ada beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan daripada menggunakan server resmi yang disediakan oleh developer. Kami akan menjelaskan beberapa keuntungan tersebut di bawah ini.

Performa Game Lebih Optimal

Server game publik biasanya hanya tersedia di lokasi tertentu. Apabila lokasi host jauh dari tempat Anda, latensi jaringannya mungkin akan tinggi dan menyebabkan pengalaman gaming menjadi kurang menyenangkan, bahkan mengganggu permainan.

Beberapa game online menggunakan listening server yang mengubah PC salah satu pemain menjadi host. Tentu saja ini akan berdampak pada performa game karena sistem komputer pemain tersebut perlu menangani beban server yang tinggi.

Bermain game secara multi-player menggunakan server pribadi akan memastikan latensi yang rendah karena Anda bisa memilih host terdekat dengan lokasi para pemain. Di Hostinger, Anda bisa memilih lokasi server VPS dari banyak opsi yang tersedia.

Selain itu, server game self-hosted hanya akan berfungsi sebagai host dan tidak menjalankan game tersebut sendiri. Dengan demikian, penggunaan resource menjadi lebih optimal untuk menjamin performa yang lebih maksimal.

Bebas Menyesuaikan Preferensi Gaming Sendiri

Developer biasanya tidak mengizinkan Anda memodifikasi server atau lingkungan gamenya karena alasan keamanan. Namun, Anda mungkin ingin mengubah beberapa pengaturan atau menginstal mod khusus untuk pengalaman gaming yang lebih seru. Sebab, tujuan gaming adalah untuk bersenang-senang, kan?

Server self-hosted memungkinkan Anda sepenuhnya mengontrol lingkungan game Anda sendiri. Selain itu, Anda juga bisa mengawasi pemain lain, terutama kalau mereka menimbulkan masalah atau keributan.

Misalnya, Anda bisa mem-banned penipu, pemain yang melanggar aturan, atau pemain kasar yang mengganggu orang lain. Sedangkan di server publik, Anda harus melaporkannya dan menunggu administrator merespons.

Untuk pemula yang belum memiliki pengalaman manajemen server, pilihlah layanan game server hosting terbaik yang menyediakan control panel grafis. Contohnya, Hostinger menyediakan Game Panel untuk membuat server game di sistem berbasis VPS tanpa perlu menguasai coding.

Fitur Keamanan yang Lebih Baik

Server game self-hosted memungkinkan Anda menginstal dan menyesuaikan berbagai fitur lainnya untuk menambahkan lapisan keamanan. Misalnya, Anda bisa menginstal Fail2Ban untuk mendeteksi dan memblokir percobaan login berbahaya di VPS Anda.

Server game publik mungkin juga menerapkan ekstensi dari sumber yang tidak dikenal sehingga lebih rentan terhadap masalah keamanan. Nah, dengan dedicated host, Anda bisa memilih software untuk kemudian menginstalnya dengan cermat sehingga mengurangi potensi risiko.

Selain itu, web hosting Anda juga wajib menerapkan langkah-langkah keamanan bawaan untuk melindungi server dari serangan cyber. Di Hostinger, kami menggunakan pemfilteran traffic untuk mencegah serangan DoS dan menyertakan pendeteksi malware untuk menangani software berbahaya.

Infrastruktur kami juga dipantau selama 24/7 untuk memastikan keamanan dan uptime yang optimal. Apabila Anda menghosting game untuk teman-teman Anda, dedicated server akan menjamin keamanan data karena Anda akan mengelola alamat IP mereka sendiri dan informasi jaringan lainnya.

Kesimpulan

Meskipun developer game biasanya sudah menyediakan host publik resmi untuk game berbasis multi-player, dedicated server memungkinkan Anda menyesuaikan game lebih lanjut, mengontrol berbagai aspek konfigurasi, dan meningkatkan performa game.

Di artikel ini, kami sudah membahas berbagai game yang bisa menggunakan dedicated server untuk pengalaman gaming yang lebih seru. Berikut adalah beberapa favorit kami:

  • Minecraft. Game sandbox terpopuler yang memungkinkan Anda menggunakan berbagai mod kustom, termasuk pertarungan berbasis PvP atau menambahkan mekanisme pembangunan baru.
  • Palworld. Menggabungkan misi mendapatkan makhluk unik dan pertempuran di dunia multi-player yang luas. Dengan server khusus, petualangan Anda dalam game akan terasa lebih unik dan lancar bersama teman-teman.
  • Counter-Strike 2. Game first-person shooter taktis yang selalu populer sejak versi pertamanya. Dengan dedicated server, Anda bisa menghosting game dengan mode khusus yang lebih santai daripada rank match tradisional.
  • Enshrouded. Game survival dengan misi memecahkan misteri di dunia yang misterius. Menggunakan dedicated server, Anda bisa menghadirkan tantangan khusus untuk bermain bersama teman-teman.
  • Among Us. Dedicated server memungkinkan Anda menghadirkan pengalaman baru dalam game ini. Misalnya, Anda bisa menginstal mod untuk obrolan jarak dekat atau mengubah jumlah pemain default untuk permainan yang lebih ramai.

Agar bisa bermain game di atas dengan lancar, pilihlah web hosting dengan hardware yang memadai dan antarmuka grafis untuk memudahkan proses setup game server VPS Anda. Misalnya, paket game hosting dari Hostinger menawarkan control panel server game khusus dan RAM hingga 16 GB.

Pertanyaan Umum seputar Game yang Bisa Menggunakan Dedicated Server

Di bagian ini, kami akan menjawab beberapa pertanyaan yang paling sering diajukan tentang hosting game dengan dedicated server.

Apa yang Dimaksud dengan Dedicated Server (Server Khusus) Game?

Dedicated server adalah host pribadi yang dikelola sendiri untuk bermain game, biasanya disiapkan untuk administrator atau pengguna tertentu.

Server ini memungkinkan Anda mengatur game secara lebih fleksibel dibandingkan dengan server game resmi. Meskipun Anda bisa membuat dedicated server di PC sendiri, paket hosting VPS tentunya lebih canggih dan efisien.

Apa Saja Game Terpopuler yang Bisa Menggunakan Dedicated Server?

Pilihannya ada banyak. Misalnya, Minecraft memiliki lebih dari 500.000 server pribadi secara global, menjadikannya salah satu game yang paling populer dengan hosting sendiri. Dengan dedicated host, pemain bisa menyesuaikan berbagai aspek, mulai dari menambahkan dunia game kustom hingga menginstal mod untuk mengubah mekanisme inti game. Pilihan lainnya saat ini termasuk Palworld, Counter-Strike, dan Terraria. 

Bisakah Saya Menghosting Lebih dari Satu Game di Satu VPS?

Ya, bisa. Namun, kami tidak menyarankannya kalau Anda ingin menghosting beberapa game dengan banyak pemain karena akan memperlambat performanya secara keseluruhan. Kalau perlu melakukannya, hentikan dulu server game lain yang sedang tidak digunakan sebelum memulai server yang baru.

Author
Penulis

Faradilla A.

Faradilla, yang lebih akrab disapa Ninda, adalah Content Marketing Specialist di Hostinger. Ia suka mengikuti tren seputar teknologi, digital marketing, dan belajar bahasa. Melalui tutorial Hostinger ini, Ninda ingin berbagi informasi dan membantu pembaca menyelesaikan masalah yang dialami.