DNS

Cara Mengarahkan Domain ke Hosting VPS Server

Cara Mengarahkan Domain ke Hosting VPS Server

Pengenalan

Dalam tutorial ini, Anda akan mengetahui cara mengarahkan domain ke hosting yang Anda miliki (pointing). Ini juga berlaku sebagai cara mengarahkan domain ke server VPS Anda. Cara ini sangat tepat bila Anda ingin memindahkan data antar server.

Yang akan Anda butuhkan

Sebelum memulai, Anda akan membutuhkan:

  • Alamat IP server VPS Anda
  • Akses ke pengaturan domain Anda (di tempat Anda membeli domain)

Langkah 1 – Buat private nameserver

Pertama kali, pastikan Anda telah memiliki akses ke panel admin di tempat Anda membeli domain (registrar). Jika Anda ingin memastikan apa registrar Anda, Anda bisa memeriksanya melalui layanan seperti who.is. Dalam tutorial ini kita akan menggunakan nama domain fadhel.com sebagai contoh.

Selanjutnya, setelah masuk ke panel registrar tempat Anda membeli domain, cari menu/halaman yang berkaitan dengan nameserver seperti: Custom Nameservers, Nameserver Management, Create Nameserver, dll. Disana Anda akan bisa membuat sub-domain ns1, ns2, ns3, dll dan mengarahkannya ke alamat IP. Dalam hal ini, mari kita asumsikan bahwa alamat IP VPS untuk domain yang Anda arahkankan adalah 31.220.54.166

cara pointing domain ke vps

Setelah selesai, simpan perubahan dengan klik tombol Update/Simpan/Close.

Langkah 2 – Update nameserver Anda

Setelah Anda membuat private nameserver dan menentukan alamat IP, Anda harus mengupdate nameserver yang digunakan oleh domain Anda agar domain bisa mulai mengarah ke VPS. Cari bagian seperti Update Nameserver/Ganti Nameserver dan sejenisnya pada panel pengaturan domain di tempat Anda membeli domain. Sekali lagi, jangan lupa isikan informasi nameserver yang sudah dibuat sebelumnya dan klik Save/Update/Close untuk menyimpan perubahan.

cara mengarahkan domain server

Jika muncul error, Anda bisa langsung menghubungi tempat Anda membeli domain untuk mendapatkan bantuan.

PENTING! Perubahan DNS biasanya akan membutuhkan waktu max 24 jam untuk propagasi.

Metode alternatif – Gunakan A record untuk mengarahkan domain

Jika Anda tidak ingin VPS Anda bertindak sebagai DNS server, Anda bisa langsung mengarahkan domain melalui A record. Perlu diingat bahwa dalam keadaan tertentu perubahan ini harus dilakukan di tempat nameserver Anda diarahkan (di DNS zone yang benar). Anda bisa memeriksa nameserver Anda melalui layanan seperti InToDNS.com. Isikan nama domain dan klik Report, nameserver Anda kan tampil.

mengarahkan pointing domain vps

Setelah Anda mengetahui dimana DNS Anda di-host, login ke panel manajemen DNS. Ini biasanya dikenal dengan sebutan DNS Management, Edit DNS Zone, DNS Zone Editor atau sejenisnya. Jika Anda belum tahu bagaimana melakukan langkah ini, Anda bisa menghubungi penyedia DNS Anda untuk meminta bantuan.

Dalam DNS Manager, Anda harus bisa menambah / meng-edit A record. Anda bisa mencari bagian yang ssuai dan tentukan alamat IP anda di bagian A record. Klik tombol Save untuk menyimpan perubahan DNS.

PENTING! Pastikan Anda mengubah A record untuk domain utama Anda, biasanya di DNS editor ini ditampilkan dengan lambang @. Ini juga termasuk sebagai cara mengarahkan domain.

cara a record vps server

Kesimpulan

Anda baru saja belajar mengenai bagaimana cara mengarahkan domain ke VPS dengan menggunakan 2 cara. Cara pertama adalah dengan membuat private nameserver, lalu mengarahkannya ke IP VPS Anda dan mengupdate nameserver domain Anda. Cara kedua yang tidak terlalu rumit, Anda hanya perlu mengubah A record pada DNS Anda melalui DNS Zone saat ini.

Add Comment

Click here to post a comment

Gabung bersama ratusan ribu pelanggan di seluruh dunia

dan dapatkan tutorial baru langsung di email Anda

Please wait...

Abone olduğunuz için teşekkürler!

Dapatkan harga hemat!

Web Hosting Gratis Domain mulai dari

Rp.10.275
/bln