Cara Jualan Online Sampai Untung (Panduan Lengkap 2024)

Cara Jualan Online Sampai Untung (Panduan Lengkap 2024)

Ingin menjual barang untuk mendapatkan keuntungan? Atau punya barang tidak terpakai yang sayang dibuang? Anda bisa menjualnya secara online untuk menghasilkan cuan!

Belum tahu caranya? Tenang, di artikel ini, kami akan memandu Anda memahami cara jualan online, mulai dari menentukan barang untuk dijual hingga memilih platform terbaik untuk mulai berjualan di internet.

Kami akan mengulas berbagai marketplace dan keuntungan membuat toko online sendiri. Kami juga akan membagikan strategi yang tepat untuk menetapkan harga jual, membuat iklan yang menarik, dan mempromosikan barang Anda secara efektif.

Baik masih pemula maupun sudah berpengalaman, Anda bisa mengikuti semua tips di artikel ini untuk mulai berjualan online dan mendapatkan keuntungan. Yuk, lanjutkan ke bawah ini untuk menyimak selengkapnya!

Cara Jualan Online untuk Pemula

Menjual barang di website, media sosial, atau marketplace online merupakan salah satu ide bisnis online terbaik. Berkat platform online ini, Anda bisa menjangkau pembeli dari mana saja, bahkan tanpa harus keluar rumah.

Anda juga bisa melayani pembeli sepanjang waktu dengan berjualan online, memastikan produk Anda tersedia kapan pun bagi pelanggan untuk menghasilkan lebih banyak keuntungan.

Untuk mulai berjualan online, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Persiapkan Barang yang akan Dijual

Pertama, Anda perlu menentukan dulu barang seperti apa yang akan Anda jual secara online. Barang ini bisa berupa produk terbaru yang sedang tren, atau barang-barang second di rumah Anda.

Apabila ingin menjual barang second secara online, beberapa item yang kemungkinan memiliki nilai jual tinggi dan stabil di antaranya adalah barang elektronik, barang fashion seperti pakaian atau perhiasan, atau barang buatan tangan. Kategori produk ini termasuk cukup laris di website jualan online.

Pastikan untuk mencari tahu nilai barang tersebut dan mengecek kelayakannya untuk dijual.

Setelah selesai, siapkan barang-barang Anda untuk mulai berjualan online. Artinya, Anda perlu membersihkan, memperbaiki, atau bahkan melakukan reparasi barang untuk meningkatkan daya tariknya. Upaya ini bisa berdampak signifikan pada harga jual barang, karena calon pembeli cenderung rela membayar harga yang lebih tinggi untuk barang yang masih dalam kondisi bagus.

Apabila ingin menjual produk baru secara online, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengidentifikasi tren saat ini dan target pasar yang menjanjikan untuk mulai menghasilkan pendapatan secara online.

2. Ambil Foto Produk yang Bagus

Foto produk memiliki peran yang signifikan dalam penjualan online. Sebab, pembeli tidak bisa mengecek barang secara langsung sehingga foto HD yang jelas dan berkualitas akan sangat memengaruhi keputusan pembelian mereka.

Berikut beberapa manfaat mengambil foto produk yang bagus:

  • Memperjelas fitur-fitur terbaik barang jualan Anda
  • Meyakinkan pembeli untuk melakukan transaksi
  • Meningkatkan angka penjualan

Contohnya, kalau Anda menjual karya seni, foto yang menampilkan tekstur, warna, dan detail dengan jelas bisa membuat kolektor maupun pencinta seni merasa lebih tertarik, dan akhirnya memutuskan untuk membeli karya Anda meskipun mereka tidak melihatnya secara langsung.

Luangkan waktu untuk mengambil foto yang jelas dan terang dari berbagai sudut untuk memamerkan produk Anda secara efektif. Kalau perlu, gunakan background foto sederhana yang rapi dan bersih untuk memperjelas fitur-fitur produk Anda. Untuk barang rumah tangga yang lebih besar seperti meja atau kursi, pastikan untuk memberikan perbandingan ukuran yang jelas.

Ingat, saat berjualan online, Anda harus tetap memberikan pengalaman belanja yang semirip mungkin dengan pembelian langsung.

3. Pilih Platform Jualan Online yang Tepat

Platform jualan yang berbeda memfasilitasi jenis pembeli dan barang yang juga berbeda-beda. Memilih platform yang tepat bisa secara signifikan meningkatkan peluang sukses Anda saat berjualan online.

Sederhananya, beberapa platform akan lebih cocok untuk barang-barang umum, sementara lainnya melayani pasar khusus dan menargetkan audiens yang lebih spesifik.

Penting untuk memahami struktur biaya setiap platform, termasuk biaya iklan, transaksi, dan langganan, untuk memastikan semuanya sesuai dengan margin keuntungan yang Anda harapkan. Selain itu, pahami kemudahan setiap platform, layanan dukungan, dan jangkauannya secara keseluruhan untuk mengoptimalkan potensi penjualan dan pengalaman pelanggan Anda.

Untuk meningkatkan potensi penjualan online secara signifikan, kami merekomendasikan agar Anda membuat website e-Commerce sendiri. Mulailah dengan memilih platform e-Commerce yang tepat sesuai kebutuhan bisnis, rangkaian produk, dan target audiens Anda.

Untuk membantu Anda memilih platform jualan online yang tepat, kami telah membandingkan biaya keseluruhan dan fitur utama dari beberapa marketplace online terpopuler di bawah ini:

PlatformBiaya IklanBiaya TransaksiBiaya BulananFitur Utama
Website Builder HostingerRp0Rp0Mulai dari Rp24990.00/bulanTool AI bawaan, 150 template buatan desainer, editor drag-and-drop, tanpa biaya tambahan
TokopediaTopAds mulai dari Rp250/iklanMulai dari 1%-1,8% per transaksiTidak adaPengelolaan mudah, jumlah pelanggan yang besar
ShopeeIklan CPC mulai dari Rp150/iklanMulai dari 3,5% per transaksiTidak adaSistem tingkatan penjual, jumlah pelanggan yang besar
Etsy$0,20/item (sekitar Rp3.300)6,5% dari harga jual$10/bulan (sekitar Rp16.500) untuk Etsy Plus (opsional)Komunitas pengrajin dan seniman, barang-barang unik
Facebook MarketplaceTidak ada5% untuk Pembayaran di FacebookTidak adaAudiens langsung di media sosial yang sama, tanpa biaya pendaftaran

Membuat Toko Online Sendiri

Biaya

  • Langganan bulanan mulai dari Rp24990.00

Apabila berencana jualan online untuk jangka panjang, kami sarankan Anda membuat toko online sendiri. Anda akan mendapatkan beberapa keuntungan dengan menggunakan website builder terbaik untuk toko online, termasuk:

  • Kemudahan penyesuaian. Atur tampilan dan nuansa toko Anda agar sesuai dengan brand sendiri sehingga mampu memberikan pengalaman pelanggan yang tidak ada di tempat lain.
  • Lebih leluasa mengatur toko. Anda bisa lebih bebas menyesuaikan strategi keterlibatan pelanggan serta cara Anda menyajikan dan menjual produk.
  • Analisis lengkap. Dapatkan data mendetail tentang performa toko Anda, perilaku pelanggan, dan lainnya untuk membantu Anda membuat keputusan yang tepat.
  • Mudah diatur seiring pertumbuhan bisnis. Tambahkan lebih banyak fitur atau resource ke toko Anda dengan mudah untuk mengakomodasi peningkatan traffic dan angka penjualan seiring dengan berkembangnya bisnis Anda.
  • Integrasi optimal. Integrasikan berbagai tool dan platform ke toko Anda untuk pengelolaan stok barang, pemrosesan pembayaran, dan digital marketing.
  • Peluncuran yang mudah. Dengan website builder, Anda tidak harus menguasai bahasa pemrograman atau keterampilan desain website untuk membuat toko online dan mulai berjualan.

Selain itu, memiliki website sendiri memungkinkan Anda mengontrol branding dan keterlibatan pelanggan untuk mencapai sukses jangka panjang. Anda juga bebas menjual produk apa pun di toko sendiri, termasuk produk digital seperti eBook dan kursus online.

Nah, untuk membuat toko online tanpa perlu repot, Anda bisa menggunakan builder toko online Hostinger. Editor visualnya yang intuitif dan tool AI yang lengkap memudahkan siapa pun untuk mengonlinekan bisnisnya dan mulai menghasilkan pendapatan.

Dengan toko sendiri, Anda juga bebas menyesuaikan desainnya. Hostinger Website Builder memiliki template e-Commerce keren yang bisa Anda sesuaikan untuk memulai toko online dengan cepat. Cukup pilih tata letak yang disukai, perbarui kontennya, lalu Anda pun siap menjual produk.

Apabila perlu inspirasi, Anda bisa melihat berbagai contoh desain web terbaik di internet.

Dalam hal membuat iklan produk, perhatikan seluruh detailnya. Tambahkan foto produk HD dan deskripsi yang jelas untuk menyajikan informasi seefektif mungkin, serta meningkatkan daya tarik produk Anda secara keseluruhan.

Di samping itu, Anda bisa menerapkan berbagai strategi SEO dengan toko online sendiri. Buat judul dan kata kunci yang SEO-friendly serta tambahkan meta description pada iklan produk agar produk dan toko Anda muncul di halaman hasil mesin pencari, yang berpotensi meningkatkan traffic website.

Dengan Website Builder Hostinger, Anda bisa memanfaatkan tool SEO terintegrasi kami untuk semua langkah di atas, memudahkan Anda mengoptimalkan konten untuk memperluas jangkauan toko online di internet.

Berjualan Online di Tokopedia

homepage website tokopedia

Tokopedia menyediakan tempat bagi Anda untuk menjual barang secara online, baik sebagai penjual individu maupun toko online.

Nantinya, Anda perlu membuat iklan, mengatur jasa kirim, dan menunggu ada pembeli yang melakukan transaksi. Saat pelanggan melakukan pembelian, Anda kemudian perlu mengemas barang lalu menyerahkannya ke jasa kirim yang dipilih oleh pembeli. Setelah itu, jasa kirim akan mengirimkan barang Anda kepada pembeli.

Agar sukses berjualan online di Tokopedia, Anda perlu mengoptimalkan iklan di etalase Anda. Hal ini termasuk riset kata kunci yang menyeluruh untuk memahami bagaimana pelanggan Anda mencari produk seperti yang Anda jual.

Masukkan kata kunci ini ke dalam judul dan deskripsi produk agar lebih mudah ditemukan oleh calon pembeli. Selain itu, selalu gunakan foto produk berkualitas tinggi dan buat deskripsi produk mendetail yang menjelaskan fitur dan manfaat produk Anda beserta spesifikasi produk lainnya untuk menarik pelanggan.

Agar bisa bersaing di Tokopedia yang kompetitif, Anda perlu menetapkan harga yang strategis, mengelola stok secara efektif, dan memanfaatkan tool analisis yang disediakan platform ini.

Namun, karena merupakan marketplace pihak ketiga, Anda harus mematuhi syarat dan ketentuan yang ditetapkan aplikator. Hal ini termasuk batasan fitur, biaya admin, dan biaya per transaksi yang mungkin akan lebih tinggi kalau Anda menjual banyak produk.

Berjualan Online di Shopee

homepage website shopee

Mirip seperti Tokopedia, Shopee adalah marketplace pihak ketiga yang memungkinkan Anda berjualan secara online. Untuk menjadi penjual, Anda tidak perlu membuat akun terpisah dan bisa langsung memanfaatkan fitur toko dari akun biasa.

Untuk menghasilkan penjualan di platform ini, Anda harus membuat iklan yang menarik. Tuliskan judul dan deskripsi yang menjelaskan setiap produk secara mendetail, apalagi kalau Anda menjual beberapa item dalam satu iklan.

Gunakan foto produk berkualitas yang Anda ambil sendiri, bukan diambil dari internet, untuk menjelaskan kondisi dan fitur barang secara jujur. Selain itu, tambahkan kata kunci dalam judul dan deskripsi agar barang jualan Anda lebih mudah ditemukan calon pembeli di hasil pencarian Shopee.

Perlu diperhatikan bahwa Shopee memiliki banyak program, termasuk program iklan, gratis ongkir, dan cashback. Program ini mungkin membebankan biaya sendiri pada Anda sebagai penjual, yang mungkin dikenakan per transaksi. Jadi, sebaiknya pahami dulu semua persyaratannya sebelum mulai berjualan di platform ini.

Jualan Online di Platform Media Sosial

Platform media sosial menyediakan akses ke audiens yang lebih luas serta memungkinkan Anda berinteraksi secara langsung dengan calon pembeli. Namun, media sosial biasanya kurang fleksibel dan tidak memiliki opsi penyesuaian yang lengkap.

Apa pun media sosial yang Anda pilih, simak beberapa tips cara jualan online terbaik di bawah ini:

  • Buat konten yang menarik. Konten yang membagikan cerita, pengalaman penggunaan sebenarnya, atau memberikan manfaat kepada audiens bisa meningkatkan keterlibatan dan angka penjualan.
  • Fokus pada penceritaan visual. Gunakan gambar dan video berkualitas tinggi untuk menceritakan kisah brand Anda dan menampilkan fitur unik produk Anda.
  • Prioritaskan interaksi langsung. Tulis komentar, pesan, dan postingan untuk berinteraksi langsung dengan audiens, menjawab pertanyaan, dan membangun hubungan yang lebih dekat dengan mereka.
  • Manfaatkan iklan bertarget. Gunakan tool periklanan setiap platform media sosial untuk menjangkau lebih banyak audiens sesuai niche produk Anda.

Nah, tergantung pada platform sosial yang Anda gunakan untuk berjualan, berikut beberapa hal yang bisa Anda terapkan:

Instagram

Instagram adalah platform berbasis visual yang cocok untuk produk seperti pakaian, karya seni, atau barang buatan tangan. Dengan fitur seperti Instagram Shopping, Anda bisa menandai produk di postingan dan story untuk mengarahkan followers langsung ke toko online Anda.

Tips terbaik jualan online di Instagram

  • Gunakan gambar dan video berkualitas tinggi yang diambil di bawah cahaya yang bagus untuk memamerkan produk Anda.
  • Manfaatkan hashtag yang relevan dengan kategori untuk memudahkan pembeli menemukan produk.
  • Aktiflah berinteraksi dengan followers melalui komentar, story, dan DM untuk membangun hubungan pelanggan yang baik.

Facebook

Facebook Marketplace dan Toko Facebook adalah tool yang ampuh untuk berjualan secara langsung di platform ini. Jangkauan demografis Facebook yang luas menjadikannya cocok untuk berbagai macam produk.

Tips terbaik jualan online di Facebook

  • Siapkan Toko Facebook melalui halaman bisnis Anda untuk mempermudah proses pembelian bagi pelanggan.
  • Gunakan iklan bertarget untuk menjangkau audiens tertentu berdasarkan minat, perilaku, dan demografi mereka.
  • Update halaman bisnis secara teratur dengan produk baru, konten yang menarik, dan testimoni pelanggan untuk membangun kepercayaan dan meningkatkan penjualan.

Pinterest

Pinterest adalah platform visual yang banyak digunakan untuk mencari inspirasi sehingga sangat cocok untuk barang-barang khusus, terutama yang berhubungan dengan dekorasi rumah, DIY, fashion, dan kecantikan.

Tips terbaik jualan online di Pinterest

  • Buat pin yang menarik, yang menampilkan produk Anda secara kreatif.
  • Gunakan rich pin (pin kaya) untuk menambahkan detail tambahan, seperti harga dan deskripsi produk, langsung ke pin Anda.
  • Atur produk menjadi beberapa papan bertema dan gunakan kata kunci dalam deskripsi pin untuk meningkatkan visibilitasnya dalam hasil pencarian.

TikTok

Konten video berdurasi pendek TikTok bisa mempromosikan produk Anda secara viral, terutama kalau produk tersebut menarik bagi demografi yang lebih muda. Fitur TikTok Shop juga memungkinkan Anda mempromosikan dan menjual produk secara langsung.

Tips terbaik jualan online di TikTok

  • Buat video yang menarik dan kreatif yang menampilkan penggunaan produk Anda.
  • Ikuti ‘challenge’ atau tantangan yang sedang tren atau buat tantangan sendiri untuk menambah jumlah view.
  • Berkolaborasilah dengan influencer untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan menambah kredibilitas brand Anda.

Jualan Online di Etsy

homepage website etsy

Biaya

  • Iklan: $0,20/item (sekitar Rp3.300)
  • Transaksi: 6,5% dari harga jual
  • Pemrosesan pembayaran: berbeda-beda di setiap negara

Etsy adalah marketplace online global yang populer untuk menjual barang-barang buatan tangan, vintage, dan unik, cocok untuk seniman, perajin, dan kolektor. Untuk mulai berjualan di Etsy, pahami dulu budaya berbasis komunitasnya apakah cocok dengan item yang akan Anda jual secara online.

Di Etsy, Anda bisa mengustomisasi etalase untuk menyesuaikan tampilan toko. Meskipun membantu menyelaraskan toko dengan brand dan desain web Anda, tetap saja fitur-fiturnya tidak sefleksibel atau selengkap toko online sendiri. Jadi, Anda mungkin akan sedikit kesulitan mengikuti tren desain web dengan toko Etsy.

Kustomisasi di Etsy berfungsi untuk meningkatkan pengalaman belanja, tapi masih ada beberapa batasan desain platform. Pada akhirnya, toko Etsy Anda mungkin tidak bisa sepenuhnya mencerminkan identitas brand Anda.

Platform ini menyediakan tool terintegrasi untuk analisis, pemasaran, dan komunikasi guna mempermudah pengelolaan dan meningkatkan performa toko. Tool ini memberikan data tentang aktivitas toko dan preferensi pelanggan, dukungan untuk promosi iklan, dan opsi keterlibatan pelanggan.

Namun, tingkat kontrol dan integrasi yang ditawarkan mungkin masih jauh dibandingkan dengan solusi e-Commerce mandiri, yang memungkinkan penjual mengontrol fitur dan operasional toko sepenuhnya.

Jualan Online di Platform Lokal

homepage website olx

Untuk barang yang sulit dikirim atau lebih baik dicek langsung, jual barang secara lokal dengan platform online seperti Facebook Marketplace atau OLX. Platform-platform ini memungkinkan Anda menjangkau pembeli di wilayah Anda, mempermudah penjualan tanpa perlu repot dengan pengirimannya.

Di platform lokal, Anda harus menulis deskripsi yang jelas dan harga yang sesuai di pasaran. Jujurlah tentang kondisi barang Anda dan tetapkan harga yang sesuai dengan standar pasar. Ambil foto barang yang jelas dan menunjukkan kondisi barang secara akurat untuk meyakinkan pembeli.

Ingat, keamanan adalah hal yang paling penting saat melakukan transaksi secara langsung. Untuk melakukan transaksi langsung secara lebih aman, ikuti tips berikut ini:

  • Bertemulah di tempat umum. Selesaikan transaksi langsung di area yang ramai, seperti mal, minimarket tepi jalan, atau kedai kopi.
  • Jadwalkan jual beli pada siang hari. Rencanakan pertemuan Anda di siang hari untuk memastikan proses yang lebih.
  • Ajak seseorang untuk menemani Anda. Berjaga-jagalah dengan mengajak seseorang menemani Anda selama bertransaksi.
  • Pilih tempat di dekat kantor polisi untuk barang-barang mahal. Kalau bisa, manfaatkan tempat yang aman dan berada dekat dari kantor polisi setempat untuk transaksi yang melibatkan barang berharga.

4. Buat Iklan yang Menarik

Iklan adalah aset utama dalam promosi penjualan Anda, yang akan meyakinkan pembeli untuk melakukan transaksi.

Buat iklan yang baik yang menjawab pertanyaan pembeli, meminimalkan kekhawatiran mereka, serta menjelaskan manfaat dan fitur barang Anda agar lebih menarik bagi calon pelanggan.

Mulailah dengan membuat judul yang jelas dan ringkas. Sertakan kata kunci penting yang mungkin digunakan pembeli untuk menemukan barang seperti milik Anda. Dalam deskripsi produk, jelaskan kondisi barang secara jujur dan mendetail, terutama kalau Anda menjual barang hasil reparasi atau barang second.

Contohnya untuk produk kamera antik, buatlah iklan yang menjelaskan kondisi, sejarah, dan fitur uniknya, serta perbedaannya dengan kamera modern untuk memikat para penggemar dan kolektor fotografi.

Untuk produk baru, sertakan detail penting seperti harga, ukuran, dan pilihan warna, serta tuliskan kebijakan pengiriman dan pengembalian barang yang jelas dan transparan.

Contoh

Judul iklan: Kamera Rangefinder Leica M3 1950an [RARE ITEM], Good Condition

Deskripsi: Kamera Leica M3 Rangefinder ikonik yang diproduksi tahun 1950-an, barang langka yang dicari para kolektor dan penggemar fotografi. Kamera sudah diservis penuh, berfungsi tanpa masalah untuk berbagai mode. Body 90% mulus hanya lecet pemakaian biasa. Lengkap dengan lensa Summicron 50mm f/2, sangat cocok untuk mengambil gambar yang tajam dan jelas. Hanya ada satu item, silakan ajukan penawaran Anda.

5. Tentukan Harga yang Tepat

Harga akan memengaruhi daya tarik produk di mata pembeli dan menentukan profitabilitas Anda. Untuk menetapkan harga jual, Anda perlu mempertimbangkan permintaan pasar, kondisi barang, pajak penjualan, serta biaya yang dikeluarkan sendiri, seperti kemasan dan label pengiriman, serta margin keuntungan yang diinginkan. Harga yang kompetitif bisa menarik lebih banyak pembeli sekaligus memastikan Anda tidak menjual barang terlalu murah.

Lakukan riset pasar untuk mengetahui harga barang serupa. Perhitungkan segala biaya yang terkait dengan platform yang digunakan, serta biaya pengiriman saat menetapkan harga Anda. Kalau menggunakan sistem lelang, tetapkan harga yang lebih murah untuk mendorong penawaran yang lebih tinggi.

Sebagai contoh, masih dengan contoh kamera vintage tadi, cari tahu iklan kamera vintage serupa yang pernah terjual untuk membantu Anda menetapkan harga yang terjangkau tapi masih menekankan nilai dan kelangkaan barang tersebut.

Misalnya, model yang serupa dengan Leica M3 Rangefinder tahun 1950-an biasanya dijual dengan harga Rp14 juta-Rp20 juta, tergantung pada kondisi dan aksesori yang disertakan.

Dengan mempertimbangkan kondisi kamera Anda yang masih sangat bagus dan menyertakan lensa 50mm, Anda memutuskan untuk menetapkan harga Rp17 juta.

Harga ini memperhitungkan nilai dan kelangkaan kamera, serta biaya tambahan untuk potongan admin platform dan pengiriman, memastikan Anda tetap mendapatkan keuntungan dengan harga yang kompetitif dan menarik bagi calon pembeli.

6. Posting Iklan di Platform Pilihan

Setelah iklan siap, saatnya Anda menerbitkannya. Apabila menggunakan marketplace online, jangan lupa memilih kategori yang tepat untuk produk jualan Anda guna meningkatkan visibilitasnya bagi pembeli yang tertarik.

Gunakan tag secara efektif untuk membantu calon pembeli menemukan iklan Anda, serta pertimbangkan waktu posting Anda.

Misalnya, menerbitkan iklan di akhir pekan atau malam hari bisa meningkatkan kemungkinannya dilihat lebih banyak orang, karena calon pembeli biasanya memiliki lebih banyak waktu luang untuk belanja online.

7. Aktiflah Berkomunikasi Dengan Pembeli

Komunikasi yang baik bisa meningkatkan peluang penjualan produk Anda.

Jawab setiap pertanyaan atau penawaran dengan cepat dan jelas menggunakan bahasa yang sopan. Hal ini tidak hanya akan meningkatkan angka penjualan, tapi juga reputasi Anda sebagai penjual tepercaya, yang tentunya sangat penting untuk sukses berjualan online dalam jangka panjang.

Contohnya, kalau calon pembeli belum begitu paham dengan fungsi kamera vintage Anda, berikan jawaban cepat yang menunjukkan kesediaan Anda untuk memberikan detail atau foto tambahan guna meyakinkan mereka dan meningkatkan peluang penjualan.

Dorong calon pembeli untuk bertanya kembali dan menjelaskan kekhawatiran mereka. Dialog terbuka ini bisa membantu Anda memahami hal umum yang sering ditanyakan serta keraguan yang timbul sehingga Anda bisa menjelaskannya dalam deskripsi iklan atau obrolan di masa mendatang.

Selain itu, Anda mungkin bisa menambahkan bagian tanya jawab (FAQ) di website berdasarkan interaksi ini untuk memberikan bantuan dan informasi selengkapnya kepada calon pembeli.

8. Selesaikan Proses Penjualan

Pastikan kelancaran dan keamanan proses pembayaran untuk produk Anda. Kalau ada, gunakan sistem pembayaran yang disediakan oleh platform jualan online karena biasanya lebih tepercaya bagi Anda dan pembeli.

Setelah pembayaran dikonfirmasi, segera kemas barang dengan aman dan kirimkan ke pembeli. Berikan nomor resi kepada pembeli untuk memastikan transparansi, membantu melindungi Anda kalau terjadi masalah pengiriman, dan tentunya meningkatkan kepercayaan mereka.

Sertakan instruksi yang jelas atau panduan bagi pembeli tentang cara menyelesaikan pembelian, terutama kalau platform Anda memiliki beberapa opsi atau langkah pembayaran.

Pertimbangkan juga untuk mengirimkan ucapan terima kasih kepada pembeli atau bonus kecil setelah pengiriman, seperti kode voucher untuk pembelian berikutnya untuk memberikan pengalaman unboxing yang lebih menyenangkan dan membangun hubungan yang baik dengan pembeli.

9. Berikan Layanan After-Sale

Memberikan layanan after-sale atau purnajual bisa membantu Anda memperoleh ulasan positif dan pelanggan setia. Misalnya, kirimkan pesan singkat yang mengonfirmasi kedatangan barang dan menanyakan kepuasan mereka. Hal ini sangat berguna dalam membangun hubungan pelanggan yang baik.

Ajak pembeli untuk memberikan ulasan atau masukan, dan beri tahu mereka bahwa Anda sangat mengharapkannya untuk meningkatkan layanan Anda. Tangani setiap masalah yang mungkin muncul setelah pembelian untuk meningkatkan kepuasan mereka.

Selalu beri tahu pelanggan tentang iklan baru atau promosi khusus untuk meningkatkan pembelian berulang dan menjaga keterlibatan mereka dengan toko Anda.

Agar pembeli senang melakukan pembelian lagi dan lebih percaya terhadap brand Anda, pertimbangkan untuk menerapkan strategi berikut:

  • Penawaran eksklusif. Buat pelanggan merasa istimewa dengan menawarkan diskon eksklusif atau kesempatan untuk mencoba produk baru sebelum dirilis secara umum. Bentuk apresiasi ini bisa meningkatkan loyalitas pelanggan secara signifikan.
  • Program loyalitas. Berikan hadiah kepada pelanggan atas dukungan setia mereka melalui program loyalitas yang dirancang dengan baik. Misalnya, Anda bisa memberikan poin, diskon, atau fasilitas khusus untuk pembelian berulang. Hal ini tidak hanya akan meningkatkan angka pembelian berikutnya, tapi juga menumbuhkan rasa memiliki bagi pelanggan Anda.
  • Penawaran dalam paket. Tingkatkan manfaat dan kenyamanan yang didapat oleh pelanggan dengan membuat penawaran paket. Sesuaikan paket berdasarkan pembelian mereka sebelumnya guna memberikan pengalaman belanja khusus yang akan turut meningkatkan angka dan frekuensi pembelian.
  • Rekomendasi yang dipersonalisasi. Manfaatkan data dari riwayat pembelian pelanggan untuk menawarkan saran produk yang dipersonalisasi. Rekomendasi khusus ini bisa secara signifikan meningkatkan pembelian berulang dengan memberikan pilihan yang sesuai dengan minat dan kebutuhan pelanggan.

Kesimpulan

Untuk mulai menjual barang secara online, Anda hanya perlu mencari produk jualan yang bisa mencakup barang baru atau barang second yang tidak digunakan lagi, memotretnya, lalu mengiklankannya secara online.

Meskipun tersedia platform untuk menjual barang secara online seperti Tokopedia, Facebook Marketplace, dan Shopee yang sudah memiliki infrastruktur siap pakai dan audiens sendiri, ada banyak batasan platform yang kurang ideal untuk branding, kustomisasi, dan kontrol.

Nah, apabila perlu menyesuaikan proses jual beli sepenuhnya secara fleksibel, Anda bisa membuat toko online sendiri. Dengan toko sendiri, Anda bisa meningkatkan branding, menyesuaikan pengalaman belanja audiens, dan membangun hubungan yang lebih dejat dengan pelanggan.

Proses membuat toko online pun tidak sulit berkat adanya platform seperti Hostinger Website Builder. Anda bisa membangun website toko online yang berfungsi penuh tanpa perlu coding menggunakan editor yang intuitif, tool AI yang lengkap, template website buatan desainer, serta tool SEO dan marketing yang terintegrasi.

Dengan menggunakan website builder terbaik untuk toko online, Anda pun bisa memaksimalkan margin keuntungan karena tidak ada potongan biaya admin platform. Selain itu, website memungkinkan Anda membangun branding seiring pertumbuhan bisnis untuk meraih sukses jangka panjang. Semoga berhasil!

Tanya Jawab (FAQ) Cara Jualan Online

Temukan jawaban atas beberapa pertanyaan yang paling sering diajukan tentang cara berjualan online di bawah ini.

Bagaimana Cara Jualan Online dengan Aman?

Kalau menggunakan marketplace online seperti Shopee atau Tokopedia, Anda biasanya tidak perlu cemas dengan masalah keamanan. Namun, dengan toko online sendiri, Anda bisa sepenuhnya menyesuaikan tampilan dan UX toko online serta menerapkan payment gateway yang aman, canggih, dan mematuhi undang-undang perlindungan data.

Apakah Menjual Barang Secara Online Menguntungkan?

Ya, kalau sudah tahu cara memulai bisnis online sendiri, menjual produk secara online sangat menguntungkan karena Anda tidak perlu membayar biaya admin dan bisa menentukan harga sendiri. Dengan menjangkau target audiens secara langsung dan menawarkan produk melalui toko sendiri, Anda bisa memaksimalkan margin keuntungan dan memperoleh pelanggan setia sehingga cocok untuk investasi jangka panjang yang menguntungkan.

Apakah Ada Peraturan untuk Berjualan Online?

Peraturan umumnya biasanya tergantung pada setiap platform. Namun, Anda harus selalu mematuhi undang-undang yang berlaku serta memberikan deskripsi barang yang jelas dan akurat. Pastikan untuk selalu membaca syarat dan ketentuan platform, termasuk biaya transaksi dan biaya iklan untuk membantu Anda menghindari biaya tak terduga.

Author
Penulis

Faradilla A.

Faradilla, yang lebih akrab disapa Ninda, adalah Content Marketing Specialist di Hostinger. Ia suka mengikuti tren teknologi, digital marketing, dan belajar bahasa. Melalui tutorial Hostinger ini, Ninda ingin berbagi informasi dan membantu pembaca menyelesaikan masalah yang dialami. Kenali Ninda lebih dekat di LinkedIn.