Tutorial WordPress

5 Plugin Kalender WordPress Terbaik 2019

Hendak merayakan tahun baru dan merencanakan berbagai event di website Anda? Tersedia ribuan plugin kalender untuk dipilih. Pada artikel ini kami akan mengulas beberapa plugin kalender WordPress terbaik untuk Anda! Dengan mengaktifkan kalender WordPress yang kaya akan fitur, Anda dapat mengatur berbagai acara.

Setiap plugin menawarkan berbagai fitur yang berbeda, dan terkadang saling tumpang tindih. Gaya tampilan menjadi salah satu faktor penting yang harus diperhatikan karena berpengaruh pada user experience. Terlebih, dalam era mobile, desain yang responsif adalah hal yang utama.

Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam memilih kalender WordPress.

Hal-hal Yang Perlu Dipertimbangkan Ketika Mencari Plugin Kalender WordPress

  1. Fitur

Anda memerlukan plugin kalender WordPress untuk dapat mengelola dan mengatur acara. Misalnya, dengan mengaktifkan plugin tertentu, Anda dapat mengatur pertemuan, diskusi, dan aktivitas lokal lainnya antara Anda, anggota situs, ataupun anggota tamu. Jika Anda bertanggung jawab atas pemesanan dan penjualan tiket, maka Anda perlu mempertimbangkan untuk menginstall plugin kalender yang memiliki add-on terkait. Membuat deskripsi acara tambahan, peta lokasi acara atau meng-embed Google Maps, dan mengumumkan jadwal acara di media sosial juga patut dipertimbangkan. Dengan demikian, audiens akan lebih mudah terhubung dengan acara Anda!

2.  Elemen tampilan

Penting bagi website Anda untuk memiliki kalender dengan antarmuka visual yang baik. Bagaimanapun, plugin harus menarik. Sebaiknya kalender dilengkapi dengan berbagai opsi style baik grid, kolom, maupun list. Cari juga plugin berdasarkan elemen bawaan yang dapat diakses sehingga pengguna awamt dapat menggunakannya dengan mudah.

3. Desain responsif

Sekarang ini, memiliki website yang responsif adalah suatu keharusan. Anda wajib mengaktifkan plugin yang responsif untuk mendukung desain responsif. Menurut pengalaman kami, sebagian kalender dengan desain tabel tidak cukup baik untuk tampilan seluler. Oleh karena itu, pilihlah kalender dengan mode tile view agar bisa ditampilkan di perangkat mobile. Pastikan pengunjung yang menggunakan smartphone dapat menavigasi situs web Anda dengan mudah

Dengan mempertimbangkan kategori tersebut, mari kita tilik 5 plugin kalender WordPress terbaik versi kami!

5 Plugin Kalender WordPress Terbaik

1. The Event Calendar

plugin kalender WordPress The Event Calendar

The Event Calendar adalah salah satu plugin kalender keren dan terpopuler yang digunakan oleh lebih dari 700.000 user. Meski memiliki antarmuka sederhana, plugin ini dilengkapi dengan berbagai fitur canggih yang dapat membantu Anda dalam membuat dan mengatur acara.

Plugin ini menawarkan dua versi: gratis dan premium. Walaupun memilih versi gratis, Anda tetap bisa mendapatkan sejumlah fitur inti yang bagus. Ada tiga jenis mode tampilan untuk mempublikasikan acara, yaitu bulan, hari, dan list. Pada plugin ini juga terdapat search tool bawaan yang mempermudah pengunjung situs dalam mencari acara tertentu di kalender.

Anda pun dapat membuat reservasi, check in pengunjung, dan tautan ke Google Maps dengan tampilan yang mobile-friendly. Anda juga bisa menambahkan add-on. Event Ticket, misalnya, memungkinkan Anda untuk menjual tiket dan mengatur peserta acara.

Anda tidak dapat membuat acara secara berkala dan menampilkan Google Maps pada versi gratis. Jika ingin melakukannya, Anda harus membeli versi premium dengan harga mulai dari 89 USD per tahun.

2. All-in-One Event Calendar

time.ly plugin kalender wordpress

Plugin kalender WordPress lain yang patut diperhitungkan adalah All-in-One Event Calendar. Plugin ini tersedia secara gratis maupun dengan lisensi pro. All-in-One Event Calender dikembangkan oleh Time.ly dan telah digunakan oleh sekitar 100.000 user. Selain mudah digunakan, plugin kalender dengan antarmuka yang sederhana ini juga menawarkan sejumlah fitur canggih, seperti Timely Network yang memungkinkan Anda untuk menambahkan acara secara kolaboratif dengan jaringan Anda. Paket gratis Time.ly dilengkapi dengan berbagai fitur penting, misalnya menyaring acara dan membagikan informasi acara ke media sosial. Pengguna plugin gratis juga dapat membuat acara rutin dan menampilkan Google Maps, yang mana layanan ini hanya tersedia bagi pengguna premium The Event Calendar.

Jika Anda mengelola event organisasi atau komunitas kecil di website, maka Anda bisa berlangganan paket premium mulai dari harga 29 USD per bulan. Dengan membeli paket premium, Anda akan mendapatkan fitur tambahan, seperti  Public Event Submission, EventFinder, Keyword Search, dll. Untuk menambahkan add-on ticketing, Anda harus menyiapkan biaya lagi sebesar 59 USD per tahun.

3. Events Manager

plugin kalender wordpress event manager

Events Manager milik Marcus Sykes merupakan satu dari sekian plugin kalender keren yang telah diinstall oleh 100.000 pengguna. Plugin kalender WordPress ini menawarkan fleksibilitas dan sejumlah fitur, yang bahkan bisa Anda peroleh di versi gratisnya.

Kemudahan antarmukanya membantu Anda dalam membuat berbagai acara serta mengaturnya menjadi acara rutin. Selain itu, plugin ini juga memungkinkan Anda untuk membuat suatu acara bersifat publik, yang artinya anggota situs atau pengunjung tamu dapat mengelola dan mempublikasikan acara tanpa harus menjadi admin terlebih dulu. Meski demikian, Anda tetap punya kontrol untuk menyetujui atau menolak pembuatan acara tersebut.

Pengguna layanan gratis juga dapat mengatur tempat atau lokasi, contohnya menampilkan Google Maps dan gambar lokasi, sehingga audiens bisa dengan cepat menuju ke sana. Events Manager juga memungkinkan Anda untuk mengatur pemesanan (booking), membuat berbagai jenis tiket beserta harganya, dan menambahkan pajak. Untuk menggunakan fitur tambahan, seperti pengatur diskon dan integrasi PayPal, Anda harus membeli lisensi premium seharga 75 USD per tahun.

4. My Calendar

plugin kalender WordPress my calendar

My Calendar termasuk salah satu plugin kalender WordPress gratis yang patut diperhitungkan. Hingga saat ini, My Calendar telah diinstal oleh lebih dari 30.000 pengguna. Plugin ini meningkatkan aksesibilitas yang berfungsi untuk membantu pengunjung yang kesulitan dalam mengakses kalender Anda.

Dengan plugin kalender keren ini, Anda bisa membuat acara rutin – cukup masukkan informasi berapa kali acara tersebut akan diadakan dalam sehari, seminggu, sebulan, atau setahun. Bahkan dengan plugin ini, Anda dapat mengedit kode CSS dan JavaScript untuk mengkustomisasi kalender agar selaras dengan desain situs.

Jika fitur gratis masih kurang, Anda dapat membeli lisensi tahunan seharga 49 USD atau lisensi permanen seharga 179 USD. Dengan lisensi pro, Anda dapat menggunakan mode responsif. Anda juga dapat mengundang tamu atau member website untuk membuat list acara dan mendapatkan notifikasi email ketika seseorang mendaftar.

5. EventOn

plugin kalender wordpress eventon

Jika dari awal Anda ingin kalender premium, Anda dapat menggunakan EventOn seharga 24 USD. Kalender ini merupakan plugin kalender yang paling laku di market Envanto dan dikembangkan oleh Ashan Jay. EventOn adalah plugin kalender WordPress yang dirancang dengan apik dan memiliki desain minimalis plus fitur premium. Sekitar lebih dari 40.000 orang telah menginstall plugin ini.

EventOn dibekali dengan shortcode generator sehingga Anda dapat membuatnya lebih mobile-responsive. Editor tampilan memungkinkan Anda untuk mengkustomisasi kalender agar senada dengan style situs. Ada banyak opsi bagi tampilan kalender. Anda dapat menggunakan opsi grid, list, atau tile dan menambah gambar, deskripsi, Google Maps, dan lainnya.

Dengan plugin ini, Anda juga dapat membuat acara rutin dalam periode apa pun atau mengkustomisasi jadwal dengan cepat. Bahkan Anda bisa dengan mudah membuat acara kolaboratif, menambah event organizer, dan mengatur data acara. Namun, Anda tidak mendapat fitur pemesanan atau ticketing; Anda harus membeli add-on tambahan untuk memperoleh fitur tersebut.

Kesimpulan

Berkat fitur plugin kalender keren dari WordPress, Anda bisa dengan mudah mengatur acara pada situs WordPress. Akhir kata, luangkanlah waktu Anda untuk mencoba semua plugin yang telah disebutkan di atas dan pilih yang paling nyaman digunakan. Semua orang tidak memiliki kebutuhan yang sama, dan Anda perlu memilih kalender dengan fungsi yang menyokong kebutuhan Anda.

Apakah kami belum membahas plugin kalender WordPress favorit Anda? Bagikan rekomendasi plugin kalender di kolom komentar sehingga kami dapat mencobanya di kemudian hari.

Tentang penulis

Nadia Agatha

Nadia merupakan penerjemah lepas sejak 2016, kini ia menjadi penerjemah untuk Hostinger. Ia gemar membaca dan melakukan penelitian seputar penerjemahan dan sosiolinguistik. Disamping itu, ia juga suka bermain dengan kucingnya dan bercengkrama bersama teman-temannya di waktu senggang.

Tambah Komentar

Klik di sini untuk menulis komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dapatkan harga hemat!

Web Hosting Gratis Domain mulai dari

Rp.10.275
/bln